Jasmerah #01 juni-juli 2013

49
  • date post

    21-Oct-2014
  • Category

    Education

  • view

    1.463
  • download

    2

description

Jasmerah adalah majalah elektronik non-komersial yang dikelola oleh komunitas pecinta sejarah dari forum online Kaskus.

Transcript of Jasmerah #01 juni-juli 2013

Page 1: Jasmerah #01 juni-juli 2013
Page 2: Jasmerah #01 juni-juli 2013

BERANDA

“Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah!”Itulah sepatah kalimat yang diucapkan Sukarno, presiden pertama Republik Indo-nesia pada saat pidato terakhirnya pada hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang kedua puluh satu. “Jasmerah”, singkatannya, merupakan semboyan yang men-gajak kita untuk tidak melupakan apa yang sudah terjadi pada bangsa dan negara, dan menjadikannya sebagai sebuah pelajaran.

Berdasarkan kepada semboyan tersebut, kami dari subforum Sejarah & Xenology Kaskus mempersembahkan Jasmerah, sebuah majalah online yang menyorot ma-salah sejarah serta budaya Indonesia dan dunia. Jasmerah akan terbit dua bulan sekali, setiap tanggal 22 dan dapat diunduh secara gratis.

Dalam edisi pertama ini, berbarengan dengan banyak spanduk yang menyatakan bulan Juni ini adalah bulan Sukarno, kami akan mengupas sisi lain Sang Putra Fajar, di luar gonjang-ganjing kehidupan politiknya sebagai topik utama. Selain itu, kami juga akan membahas secara singkat biografi dua cendekiawan dunia, Nikola Tesla dan Al-Khawarizmi, dan kisah-kisah sejarah lainnya.

Akhir kata, kami haturkan selamat membaca, selamat mengikuti dan sampai jumpa lagi dalam edisi Jasmerah berikutnya yang akan terbit pada bulan Agustus. Semoga apa yang kami sajikan ini, berguna untuk pembaca sekalian.

what_a_jokeREDAKSI

Susunan Redaksi

Koordinator Umumwhat_a_joke

KualitasShuma-Gorath

KontributorShuma-Gorath, mahasiswapetra, Jokiez, Ekspresi2nd, socceripoy, Sophie Riswand, nissanote

Tata Letakdigim

Penyuntingzhulato, rambut basah

PublikasiEkspresi2nd (Koordinator), panjihermawan, eugen

Kontak Redaksi

http://facebook.com/jasmerah.magz

http://kaskus.co.id/forum/246

https://twitter.com/JasmerahMagz

Page 3: Jasmerah #01 juni-juli 2013

BERITA

24 Hanung Bramantyo Garap Biopic Sukarno

24 Wright Bersaudara Bukan Lagi “Penerbang Pertama”

25 Arkeolog Menemukan Kota Hilang di Rimba Kamboja KISAH

26 Gerakan Mahasiswa Era Sukarno

42 Mengenang Kejayaan Tim Nasional Era orde Lama

DWIBULAN

32 28 Juni 1919 Perjanjian Versailles Ditandatangani

35 1 Juli 1997 Hong Kong Kembali ke Pangkuan Cina

BIOGRAFI

39 Nikola Tesla Sang Jenius yang Terlupakan

46 Al-Khwarizmi Tokoh Dibalik Al-Jabar

TOPIK UTAMAThe Curious Case of Sukarno

04 Pembuka

05 Sukarno dan Wanita

14 Sukarno dan Amerika

19 Sukarno dan Upaya Pembunuhan

21 Sukarno dan De-Sukarnoisasi

22 Juni 1527 - Fatahil-lah, komandan pa-sukan gabungan De-mak-Cirebon mengusir Portugis dari pelabu-han Sunda Kelapa dan menamakannya kem-bali sebagai Jayakarta. Peristiwa ini dirayakan sebagai hari ulang ta-hun Jakarta.

TODAY IN HISTORY

DAFTAR ISI

Page 4: Jasmerah #01 juni-juli 2013

Sudah 43 tahun semenjak Sukarno, sang proklamator meninggal-kan bumi Indonesia. Sosok presiden pertama Indonesia yang kar-ismatik, orasi-orasinya yang menggelegar dan lika-liku kehidupan-nya yang penuh gejolak ini meninggalkan kesan dan pesan yang tak tergantikan dalam perjalanan bangsa ini. Perjuangannya dan andilnya dalam memerdekakan negara ini dimulai dengan seder-hana, begitu pula akhir hidupnya. Kehidupan seorang pemimpin yang penuh wibawa dan bersahaja pun berakhir di sebuah pen-gasingan berkedok wisma setelah ia tidak lagi berkuasa.

Jejak perjalanan hidup Sukarno yang penuh warna memang mem-berikan banyak kisah yang menarik untuk disimak. Lewat topik utama Jasmerah edisi pertama ini, kami ingin mempersembahkan beberapa cerita tentang Bapak Bangsa Indonesia. Selamat mengi-kuti “The Curious Case of Sukarno.”

THE CURIOUS CASE OF SUKARNO

Page 5: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JUNI 2013 JASMERAH 05

Di luar kisah dan intrik yang terjadi pada Sukarno dalam perjalanan politiknya, sang presiden juga punya petulangan cinta yang seru untuk diikuti. Tidak tanggung-tanggung, Sukarno punya sembilan orang wanita yang ia persunting sebagai istri. Karisma dan serta rayuan-rayuan mautnya sukses membuat wanita-wanita ini jatuh hati kepada sosok Sukarno. Mereka pun ikut mewarnai kehidupan Sukarno, baik secara personal, maupun secara politis.

Sukarno Dan

Wanita

“Lak, tahukah engkau bakal istriku kelak? …orangnya tidak jauh dari sini, kau ingin tau?

boleh..Orangnya dekat sini kau tak usah beranjak, karena orangnya ada di sebelahku”

Perkawinan pertama Sukarno terjadi ketika Sukarno masih remaja. Ketika itu Sukar-no yang baru berusia 20 tahun dan masih menimba ilmu di Surabaya tinggal di ru-mah kawan ayahnya, H.O.S Tjokroaminoto, pimpinan dari SI (Sarekat Islam). Di sana Sukarno bertemu dengan Oetari Tjokroami-noto yang merupakan putri H.O.S Tjokroami-noto. Ketika itu Sukarno yang baru berusia 20 tahun dinikahkan dengan Oetari yang ketika itu baru berusia 16 tahun. Perbedaaan antara keduanya pun sangat besar, Sukarno yang ketika itu sudah sibuk terjun kedalam perger-akan politik disandingkan dengan Oetari yang masih bersifat kekanak-kanakan. Pernikahan keduanya hanya bertahan seumur jagung, Oetari yang pada awalnya ikut pindah ke Bandung bersama Sukarno untuk melanjut-kan pendidikannya di THB (Technische Hooge-school te Bandoeng - sekarang ITB –red) pun dipulangkan kerumah kedua orang tuanya di Surabaya.

Oetari Tjokroaminoto

Page 6: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JASMERAH JUNI 201306

“Aku kembali ke Bandung..dan kepada tjintaku yang sesungguhnya.”

baya dan Haji Sanusi menceraikan Inggit, Su-karno langsung mempersunting Inggit pada tahun 1923. Pada waktu itu Sukarno berusia 22 tahun sedangkan Inggit sudah berusia 36 tahun. Inggit adalah seorang wanita yang tangguh, meskipun ia tidak pernah terjun secara langsung membantu politik suaminya, tetapi Inggit menjadi penopang keluarganya dengan berjualan bedak dan jamu. Dengan berjualan itu, Inggit bisa membiayai sekolah Sukarno di THB dan menyediakan makanan serta keperluan hidup mereka. Pada saat Sukarno masuk penjara, Inggit berjalan kaki dari rumahnya ke penjara Sukamiskin setiap hari untuk mengantarkan makanan. Bahkan ketika Sukarno hampir bertekuk lutut dan menyerah, Inggitlah yang menopang Sukarno untuk kembali berdiri diatas kakinya.

Titik balik kehidupan Inggit terjadi ketika Sukarno diasingkan di Bengkulu. Sukarno yang jatuh cinta kepada Fatmawati membuat Inggit mengambil keputusan untuk kembali ke Bandung karena beliau berpegang teguh pada prinsipnya untuk tidak dimadu. Ses-uai dengan judul biografi beliau yang ditulis Ramadhan K.H, “Kuantar ke Gerbang” pada tahun 1943, 2 tahun sebelum Indonesia men-capai kemerdekaanya. Sukarno bercerai den-gan istri yang menjadi inspirasi & penopangn-ya selama 20 tahun masa-masa sulit sebelum kemerdekaan Indonesia diproklamasikan.

Sukarno yang waktu itu masih berstatus se-bagai suami dari Oetari sedang mencari tem-pat tinggal di Bandung. Tempat pertama yang dituju adalah rumah dari Haji Sanoesi di Jalan Kebon Jati, kawan dari mertua Sukarno, H.O.S Tjokroaminoto yang merupakan seorang pengusaha dan aktifis dari Sarekat Islam. Dis-ana Sukarno bertemu Inggit yang merupakan istri dari Haji Sanusi. Singkat cerita setelah Sukarno menceraikan dan mengantarkan pulang Oetari ke rumah orangtuanya di Sura-

“Engkau menjadi terang dimataku. Kau yang akan memungkinkan aku melanjutkan

perdjuanganku yang maha dahsyat.”

Periode antara 1935-1940 banyak hal pent-ing terjadi dalam rangka perjuangan ke-merdekaan Indonesia. Founding fathers Indo-nesia, Mohammad Hatta dan Sutan Sjahrir “dipindahkan” ke Belanda, Petisi Soetarjo dicanangkan, dan Sukarno yang sedang da-lam masa penahanan Belanda diasingkan ke Bengkulu. Di masa inilah Sukarno berkena-lan dengan Fatmawati, yang kelak kita kenal sebagai Ibu Negara Indonesia yang pertama. Pertemuan pertama kali Sukarno dengan Fatmawati terjadi saat Sukarno mengajar di organisasi Muhammadiyah setempat. Fat-mawati sendiri adalah salah satu muridnya.

Inggit Ganarsih

Fatmawati

TOPIK UTAMA By mahasiswapetra

Page 7: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JUNI 2013 JASMERAH 07

TOPIK UTAMA By mahasiswapetra

Peristiwa ini dikemudian hari kita kenal dengan nama peristiwa Rengasdengklok. Peristiwa ini adalah salah satu momentum kemerdekaan Indonesia. Bendera yang su-dah dijahit tangan oleh Fatmawati diserahkan untuk kemudian dikibarkan oleh para pemu-da di Rengasdengklok sebagai persiapan proklamasi kemerdekaan Indonesia kee-sokan harinya.

Setelah kemerdekaan Indonesia, ternyata ke-hidupan Fatmawati sebagai Ibu Negara masih jauh dari kata tenang. Agresi Militer Belanda datang lagi, Fatmawati yang di Yogyakarta harus berpisah dengan Sukarno yang diasing-kan di Pulau Bangka. Disaat itulah Fatmawati melahirkan putri pertamanya, Megawati Sukarno Putri yang di kemudian hari akan kita kenal sebagai Presiden Indonesia yang keempat. Setelah kelahiran Megawati, beliau dikarunia berturut-turut dua putri lagi yaitu, Rachmawati dan Sukmawati. Baru setelah itu pada tahun 1952, anak bungsu Sukarno dan Fatmawati lahir yang diberi nama Gu-ruh Sukarno Putra. Setelah kelahiran Guruh ini hubungan Fatmawati dan Sukarno bagai terjun ke jurang. Sukarno yang saat itu jatuh hati terhadap Hartini ditolak permintaannya untuk menikah lagi oleh Fatmawati. Meski-pun akhirnya Fatmawati bersedia untuk mengijinkan Sukarno menikah lagi dengan Hartini, Fatmawati memilih untuk keluar dari Istana Negara meskipun anak-anaknya tetap hidup di Istana.

Fatmawati merupakan putri dari tokoh Mu-hammadiyah setempat, Hasan Din. Pada awal pertemuannya Sukarno masih bersta-tus sebagai suami dari Inggit Garnasih yang mengikuti Sukarno ke pembuangannya di Bengkulu. Kedekatan antara Inggit dan Fat-mawati membuat Fatmawati ditawari untuk tinggal bersama dengan keluarganya. Dari situlah kedekatan antara Sukarno dan Fat-mawati semakin berkembang dan menim-bulkan percikan cinta diantara mereka. Inggit yang tak bersedia untuk dipoligami dengan terpaksa diceraikan oleh Sukarno dan kem-bali ke Bandung.

Tahun 1943, Sukarno yang sudah berkepala empat menikahi Fatmawati yang baru be-rusia 20 tahun. Dari pernikahan ini jugalah akhirnya Sukarno mendapatkan buah hati pertamanya, karena dari dua perkawinan sebelumnya, Sukarno tidak memiliki anak kandung (Sukarno dan Inggit mengangkat anak, Ratna Djuami dan Kartika). Guntur Su-karno lahir tahun 1944, satu tahun sebelum kemerdekaan Indonesia tercapai. Tahun 1945 Perang Dunia sudah hampir mencapai akh-irnya, kekalahan Jepang di berbagai medan pertempuran semakin mengobarkan seman-gat Indonesia untuk mencapai kemerdekaan-nya. Pada tanggal 16 Agustus 1945 keg-aduhan terjadi diluar rumah Sukarno, para pemuda yang sudah “membawa” Moh. Hatta dan Soetan Sjahrir berteriak-teriak memang-gil nama Sukarno.

Page 8: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JASMERAH JUNI 201308

TOPIK UTAMA By mahasiswapetra

“Tien, I can’t work without you. Meski kamu istri kedua (setelah Fatmawati), kamu tetap

istri saya yang sah. Biarpun kamu tidak tinggal di Istana Negara, kamu tetap mejadi

ratu. Kamu akan menjadi ratu yang tidak bermahkota di Istana Bogor.”

sayur lodeh yang dimakannya, Bung Karno kemudian mempertanyakan siapa yang me-masak sayur lodeh itu.

Didorong oleh teman-temannya Hartini pun maju untuk menemui sang Presiden. Bung Karno yang mengulurkan tangan untuk men-jabat tangan Hartini pun seperti kagum terh-adap kecantikan hartini yang berwajah lem-but dan berkulit kuning langsat. Dari sanalah titik awal perkenalan Sukarno dan Hartini. Kembali ke Jakarta ternyata Sukarno masih belum bisa melupakan Hartini. Maka berkirim suratlah Sukarno kepada Hartini, beginilah isinya “Tuhan telah mempertemukan kita tien, dan aku mencintaimu. Ini adalah takdir”. Tak selesai sampai disitu telegram-telegram lainnya pun menyusul surat pertama itu. Srihani begitulah Sukarno memberikan nama sandi terhadap Hartini, sedangkan Sukarno sendiri “memanggil” dirinya sebagai Srihana.Setahun setelah pertemuan pertama mereka, keduanya bertemu kembali di kawasan Candi Prambanan. Sukarno yang sudah mengu-tarakan keinginannya untuk menikahi Hartini membuat hati Hartini gundah-gulana. Hartini sendiri adalah seorang janda beranak lima, sedangkan Sukarno sendiri adalah seorang presiden Indonesia yang juga sudah beristri. Tak kuasa menolak pinangan sang Presiden, Hartini pun menerima pinangan Sukarno dengan syarat Sukarno tidak menceraikan istri pertamanya yaitu Fatmawati.

Ya, dalem bersedia menjadi isteri Nandalem (Ya, saya bersedia menjadi isteri tuan), tapi dengan syarat, Ibu Fat tetap first lady, saya is-teri kedua. Saya tidak mau Ibu Fat diceraikan, karena kami sama-sama wanita.” Akhirnya keduanya pun menikah di Istana Cipanas tahun 1954. Berbeda dengan Fatmawati, Har-tini lebih banyak terjun didalam politik dan berperan sebagai ibu negara. Hartini mengi-kuti Sukarno dalam berbagai diplomasi dari luar negeri, dan bertemu dengan figur seperti Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko dari Je-pang, Raja Norodum Sihanouk dari Kamboja dan tokoh revolusi Vietnam, Ho Chi Minh.

Tahun 1953 di kota sejuk Salatiga, Sukarno yang sedang melakukan kunjungan ke Jawa Tengah dan DIY (Daerah Istimewa Yogyakar-ta) singgah di kota kecil nan sejuk, Salatiga yang terletak dikaki gunung Merbabu. Disa-na ternyata sang Presiden bertemu dengan wanita yang kelak akan mengisi hari-harinya. Hartini, itulah nama wanita yang membuat Sukarno kepincut.

Hartini pada waktu itu sedang membantu ibu-ibu lainnya didapur kediaman walikota Salatiga untuk menyiapkan penganan bagi Presiden dan rombongan. Hartini yang mera-sa percaya diri dengan sayur lodehnya pun mempersiapkan sayur lodeh untuk disuguh-kan bersama masakan lainnya kepada Pres-iden dan rombongan. Presiden yang selesai berpidato di Lapangan Tamansari pun lanjut singgah di kediaman walikota Salatiga untuk menikmati jamuan makan siang. Bung Karno yang merupakan orang jawa memang peng-gemar sayur lodeh begitu terkesan dengan

Hartini

Page 9: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JUNI 2013 JASMERAH 09

TOPIK UTAMA By mahasiswapetra

korban lainnya, Sukarno pun lengser dan Suharto naik jadi Presiden Indonesia. Sukar-no kemudian “diasingkan” di Wisma Yasso. Ketika inilah orang bisa melihat kekuatan cinta Hartini untuk Sukarno yang sedemikian besar. Meskipun pada waktu itu Sukarno su-dah menikah beberapa kali lagi, Hartini tetap teguh untuk menemani Bung Karno hingga akhir hayatnya.

Akan tetapi masa-masa bahagia Hartini dan Sukarno pun menemui akhirnya. Masuk ke tahun 1960-an, kekuasaan dan populari-tas Sukarno semakin memudar. PKI mulai berkembang dan puncaknya setelah terjadi peristiwa GESTOK (atau lebih dikenal dengan G30S/PKI –red). Lima bulan setelah kejadian mengerikan yang mengakibatkan kematian 6 perwira militer tinggi Indonesia dan beberapa

“Aku mempunyai seorang istri, yang aku cintai dengan segenap jiwaku. Namanya Ratna Sari

Dewi.”

18 Agustus 1959, Presiden Sukarno berkirim surat yang berbeda dari biasanya, pada kesempatan kali ini Presiden Sukarno men-gundang Nemoto untuk datang dan berlibur ke Indonesia. Kurang dari satu bulan setelah diterimanya surat itu, Nemoto datang ke Indonesia dengan menyamar sebagai salah satu karyawan perusahaan Tonichi milik Kubo Masao.

Selama di Indonesia, Sukarno secara prib-adi sering mengajak Nemoto untuk ber-jalan-jalan. Setelah menjalin hubungan beberapa waktu, Sukarno pun akhirnya melamar Nemoto untuk menjadi istrinya. Waktu itu Sukarno sudah memiliki tiga orang istri, yakni Fatmawati, Hartini dan Yurike. Hal itu membuat kebimbangan dihati Nemoto, tetapi pada akhirnya Sukarno mampu meya-kinkan Nemoto untuk menikahinya. Mereka berdua menikah pada tanggal 3 Maret 1962 dengan upacara yang berlangsung sederhana dan dengan mas kawin sebesar Rp. 5,-. Se-teleh menikah dengan Sukarno, nama Nemo-to pun diubah menjadi Ratna Sari Dewi.

Pada awal pernikahannya, Dewi merasa kehidupannya sangat berat. Dirinya yang merupakan orang Jepang dibenci oleh orang-orang disekitarnya dan ibunya sendiri pun merasa sangat sedih karena hal ini, hingga akhirnya meninggal dunia. Sukarno yang pa-ham mengenai kesedihan istrinya ini mendiri-kan sebuah rumah yang kelak dinamai Wis-ma Yaso, sesuai dengan nama adik Dewi yang sudah meninggal dunia. Untuk bisa diterima lebih baik oleh masyarakat Indonesia Dewi pun belajar bahasa Indonesia dan seringkali

Berbeda dengan wanita-wanita sebelumnya yang mengisi hari-hari Sukarno Ratna Sari Dewi adalah seorang wanita dari luar negeri, yaitu Jepang. Nemoto Naoko, adalah nama asli gadis Negeri Sakura ini. Dia pertama kali bertemu dengan Sukarno ketika Sukarno melakukan kunjungan ke Jepang dan sedang melepas lelah di kawasan Akasaka. Dewi per-tama kali dikenalkan oleh salah satu kolega Sukarno dari Jepang, Kubo Masao. Nemoto Naoko yang pandai dalam menyanyi dan menari pun langsung memicu ketertarikan Sukarno yang mencintai dunia seni. Setelah pertemuan itu, Sukarno dan Nemoto sering berkirim surat melalui kedutaan besar Indo-nesia di Tokyo. Puncaknya pada tanggal

Ratna Sari Dewi

Page 10: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JASMERAH JUNI 201310

TOPIK UTAMA By mahasiswapetra

mengenakan pakaian adat Indonesia. Meski-pun ada perbedaan umur yang sangat men-colok di antara keduanya, hal itu tak men-ghalangi besar cinta Sukarno terhadap Dewi. Sukarno pernah menuliskan Surat kepada Dewi yang isinya sangat romantis. Begini petikannya,

“Kalau aku mati, kuburlah aku di bawah po-hon yang rindang. Aku mempunyai seorang istri, yang aku cintai dengan segenap jiwaku. Namanya Ratna Sari Dewi. Kalau ia meninggal kuburlah ia dalam kuburku. Aku menghendaki ia selalu bersama aku.”

Masa ora aku seneng! Lha wong sing mundhut wanodja palenging atiku kok! Adja maneh

sakados alrodji, lha mbok apa apa ja bakal tak wenehke”

penari istana menarik perhatian sang Pres-iden dengan kecantikannya. Haryati yang waktu itu sebetulnya sudah menjadi kekasih orang lain tak kuasa untuk melawan rayu-an-rayuan maut yang diucapkan oleh Sukar-no. Keduanya pun akhirnya menikah pada tahun 1963 saat-saat dimana kekuasaan Sukarno sudah mulai pudar. Perkawinan keduanya tidak bisa bertahan lama karena sudah tidak ada kecocokan antara mereka berdua. Tanpa dikaruniai anak, akhirnya 3 tahun berselang semenjak pernikahan mere-ka Sukarno memutuskan untuk menceraikan Haryati. Perkawinan Haryati dengan Sukarno jarang terekspos oleh media, tapi sewaktu Irian Barat (sekarang Papua-red) kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi, Haryati lah yang diba-wa Sukarno untuk menemani kunjungannya ke sana.

Kecintaan Sukarno yang begitu mendalam terhadap seni mengalir deras dari darah ibunya, Ida Ayu Nyoman Rai, yang merupa-kan orang bali. Passion yang mendalam ter-hadap seni membuat Sukarno banyak men-goleksi karya seni dan mengagumi tarian dan lagu-lagu. Oleh karena itu, tidak heran koleksi seni Istana berjumlah paling besar ketika Sukarno masih berkuasa. Banyak penari, pe-lukis maupun pekerja seni lain yang sering di-undang Sukarno ke Istana untuk menghibur tamu negara atau dalam acara-acara khusus. Tapi ada satu cerita spesial diantara para pekerja seni Istana, Haryati namanya. Haryati yang sebelumnya bekerja sebagai -

Haryati

Page 11: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JUNI 2013 JASMERAH 11

TOPIK UTAMA By mahasiswapetra

“Aku mencintai kamu, aku ingin kau membalas cintaku….sekarang juga saya minta

kepastian darimu ya atau tidak”

Basuki Abdullah, salah satu maestro lukis Indonesia, merupakan salah satu pelukis kes-ayangan Bung Karno. Banyak karya-karyanya menghiasi dinding-dinding Istana Negara. Dari lukisan Basuki Abdullah juga Bung Karno pertama kali bertemu seorang wanita berna-ma Kartini Manoppo. Kartini Manoppo sebe-tulnya berprofesi sebagai pramugari di mas-kapai penerbangan Indonesia, yakni Garuda Indonesia. Semenjak saat itu, setiap kali Sukarno melawat ke luar negeri, Kartini pasti ikut serta dalam rombongan kepresidenan. Kartini yang terlahir dari keluarga bangsawan Bolaang Mongondow, menutup rapat-rapat pernikahannya dengan Sukarno, jadi tidak banyak yang bisa diketahui dari pernikah-an keduanya. Dari pernikahan ini, Sukarno dikarunai seorang putra bernama Totok Suryawan Sukarno, yang lahir di Jerman.

Kartini Manoppo

“Yury,I came to you today,but were out. I came only to say “I love you”

Yours,Sukarno”

pelajar remaja yang akan mengenakan pa-kaian adat dan tampil acara-acara kenega-raan. Yurike yang masih berstatus pelajar adalah anggota termuda dari Barisan Bhin-neka Tunggal Ika waktu itu. Yurike pertama kali mengikuti acara kenegaraan di sebuah acara kepresidenan digelar di Istora. Yurike yang memang memiliki paras yang ayu men-genakan kebaya ala Jawa di acara tersebut. Ketika seluruh anggota Barisan Bhinneka Tunggal Ika tengah berbaris rapi, Sukarno yang sedang berjalan di depannya tiba-tiba menghentikan langkahnya tepat didepan Yurike.

Gadis belia inipun kaget bukan kepalang karena sang presiden berdiri tepat dihada-pannya. Tanpa diduga sang Presiden malah menyempatkan diri untuk mengobrol den-gannya. Dari perkenalan singkat itu, Yurike tidak bisa menyembunyikan kekagumannya pada sosok Sukarno yang memang berkha-risma. Seiring dengan intensitas kegiatannya di Barisan Bhinneka Tunggal Ika ini, semakin intens pula pertemuan antara keduanya. Sukarno pun semakin tertarik kepada Yurike, mulai dari sekadar menyuruh duduk

Yurike Sanger

Awal mula kisah percintaan Sukarno dan Yurike dimulai ketika sekolah Yurike Sanger kedatangan seorang artis bernama Dahlia. Dahlia sedang mencari anggota untuk Bari-san Bhinneka Tunggal Ika, sebuah kelompok

Page 12: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JASMERAH JUNI 201312

TOPIK UTAMA By mahasiswapetra

meminta waktu untuk mendiskusikan mas-alah pernikahan ini kepada kedua orangtu-anya terlebih dahulu. Beberapa waktu kemu-dian, Bung Karno pun mengajak orangtua Yurike untuk makan malam. Pada waktu itulah Bung Karno kembali mengutarakan keinginannya untuk memperistri Yurike. Tentu saja hal ini membuat kedua orangtua Yurike terkejut. Setelah beberapa saat me-rundingkan lamaran ini, akhirnya kedua orangtua Yurike pun menyetujui lamaran dari sang Presiden. Raut muka sang presiden pun berubah dari yang sebelumnya tegang men-jadi lega.

Hari-hari yang dinanti pun akhirnya tiba, tanggal 6 Agustus 1964, Sukarno resmi me-nikahi Yurike Sanger. Tapi hari-hari manis itu cepat berlalu. Karena saat-saat akhir kekua-saan Sukarno di Indonesia sudah tiba. Pada tahun 1967, ketika Suharto diangkat menjadi presiden kedua Republik Indonesia, Sukarno harus angkat kaki dari istana yang selama puluhan tahun sudah menjadi tempat ting-galnya. Kemudian Sukarno pun mulai jatuh sakit. Tidak ada lagi aliran keuangan untuk menggaji pembantu-pembantunya. Sukarno pun menggugat cerai Yurike, karena ia takut kondisi kesehatannya dan stabilitas negara pasca kepemimpinannya dapat memmber-ikan efek buruk pada Yurike. Dengan berat hati, Yurike pun menyetujui permintaan tersebut.

didekatnya hingga memberikan kue kepada Yurike.

Suatu ketika setelah acara resmi usai, Yurike yang sedang mengobrol dengan pegawai di Istana tiba-tiba di panggil oleh Sukarno. Ternyata Yurike diajak makan malam oleh Bung Karno. Ia diminta duduk dikursi sebe-lah Bung Karno yang sengaja dikosongkan. Di kesempatan lain, Yurike ditawari untuk menggunakan mobil istana untuk dijemput ketika Yurike mengikuti acara Barisan Bhinne-ka Tunggal Ika. Mulai disaat itulah perasaan cinta mulai tumbuh di benak gadis muda ini. Perhatian demi perhatian khusus yang diber-ikan Sukarno tak mampu dibendung gadis muda ini, sampai-sampai pada suatu kesem-patan Sukarno mengantarkan Yurike pulang ke rumahnya secara pribadi.

Setelah itupun hubungan keduanya menjadi semakin dekat. Pada suatu malam Sukarno mengajak Yurike untuk bersantai di tepian pantai, di waktu itulah Sukarno pertama kali mengutarakan rasa cintanya kepada Yurike. Setelah menjalin hubungan yang lebih dalam lagi selama beberapa saat, Bung Karno yang saat itu usianya lebih dari setengah abad pun akhirnya mengutarakan keinginannya untuk memperistri Yurike yang tatkala itu masih duduk di bangku SMA. Yurike yang masih dilanda oleh kebingungan tak bisa memberi-kan jawaban langsung kepada Bung Karno. Ia

Heldy Djafar

Page 13: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JUNI 2013 JASMERAH 13

hanya tersenyum dan memberikan Heldy hadiah, yaitu sebuah jam tangan bermerek Rolex. Setelah itu Bung Karno pun menga-jak Heldy dan kakaknya makan diluar. Heldy satu mobil bersama Bung Karno sementara kakaknya di mobil yang lain bersama ajudan Bung Karno. Di dalam mobil itu Bung Kar-no mengeluarkan rayuan mautnya kepada Heldy.

“Dik, kau tahu... Kau tidak pernah mencari aku, aku juga tidak mencari kau. Tapi Allah sudah mempertemukan kita.” begitu ucap Bung Karno, Heldy yang tak bisa berkata apa-apa hanya terdiam didalam mobil.

Usia Heldy ketika itu baru 18 tahun semen-tara Bung Karno sendiri sudah mencapai 64 tahun, hampir setengah abad perbedaan usia mereka. Sejak pertama kali mengungapkan rasa cintanya yang berujung dengan peno-lakan itu, Bung Karno tidak menyerah, tapi makin giat dan semakin sering berkunjung ke rumah Heldy. Lama kelamaan hati Heldy pun luluh dan menerima cinta Bung Karno. Heldy pun sering diajak Bung Karno untuk bertemu koleganya seperti Dasaad, Chairul Saleh, J Lei-mena dan Soebandrio. Bung Karno memang jago kalo dalam urusan memikat wanita, selain dari tutur katanya yang lembut, Bung Karno juga sering memberikan hadiah-had-iah dari yang kecil seperti mangga atau salak hingga minyak wangi dan perhiasan.

Akhirnya pada tahun 1966 Heldy dinikahi oleh Bung Karno dan diberikan rumah di Kebayoran Baru. Usia perkawinan mereka hanya bertahan sebentar. Hanya dua tahun. Gejolak politik Indonesia semakin tidak me-nentu, Sukarno harus lengser dari tampuk kekuasannya dan “diasingkan” di Wisma Yasso. Pada waktu itu Heldy sempat mengu-cap ingin berpisah dari Bung Karno, tapi Bung Karno menolak walaupun pada akhirnya keduanyapun berpisah. Setelah perpisahan-nya dengan Bung Karno Heldy menikah lagi dengan Gusti Suriansyaah Noor, keturunan dari Kerajaan Banjar.

Heldy Djafar, gadis asal Kutai Kartanega-ra ini adalah wanita terakhir yang dinikahi oleh Sukarno. Heldy menghabiskan masa kecilnya di Tenggarong, sebelum waktu SMP dia dan sekeluarga pindah ke Samarinda karena perusahaan tempat ayahnya bekerja dinasionalisasikan oleh pemerintah. Setelah Heldy tamat SMP, Heldy memutuskan un-tuk pindah ke Jakarta dan tinggal bersama kakaknya, Erham. Pertemuan Heldy dengan Sukarno ternyata tidak jauh berbeda dengan pertemuan Yurike dengan Sukarno. Heldy juga didaulat untuk menjadi Barisan Bhin-neka Tunggal Ika. Ketika itu istana sedang bersiap-bersiap untuk menyambut tim Piala Thomas yang baru saja memenangi perlom-baan yang diadakan di Tokyo, Jepang.

Pertemuan pertama Sukarno dan Heldy terja-di ketika Sukarno sedang menaiki anak tang-ga di Istana. Waktu itu Sukarno menyempat-kan diri untuk bercakap-cakap dengan Heldy sejenak. Ternyata dari pertemuan itu Sukar-no langsung merasa suka terhadap Heldy, maka dalam beberapa pertemuan berikutnya Sukarno pun terkesan memberikan perhatian khusus kepada Heldy.

Suatu ketika rumah Erham, kakak Heldy di datangi oleh utusan istana untuk menyam-paikan bahwa presiden akan datang seben-tar lagi. Erham yang terkejut pun langsung menanyakan kepada Heldy perihal kedatan-gan Presiden. Heldy pun tak tahu menahu mengenai permasalahan tersebut. Bung Karno hadir tanpa mengenakan pakaian ke-besarannya, hanya memakai kemeja lengan pendek, celana hitam dan sandal jepit. Rupa-nya maksud kedatangan Sukarno waktu itu adalah untuk menguraikan isi hatinya kepada Heldy, akan tetapi Heldy yang merasa dirinya masih terlalu muda secara halus menolak Bung Karno. Sukarno tidak marah. Ia

TOPIK UTAMA

“Dear dik Heldy,I am sending you some dollars,Miss Dior, Diorissimo, Diorama

of course also my love,Mas”

By mahasiswapetra

Page 14: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JASMERAH JUNI 201314

Negara digdaya itu dibikin malu Indonesia ketika pilotnya, Allen Pope ditembak jatuh di pulau Morotai. Lebih malu lagi, karena dengan tertangkapnya pilot itu, kedok AS dan CIA akhirnya terbuka. Kedok yang membuktikan AS melalui CIA sudah main api dengan petualangannya di balik pemberontakan separatisme di Indonesia. Termasuk juga infiltrasi AS yang mempersenjatai para pemberontak itu. Ini yang bikin Bung Karno geram, dan mulai memainkan kartu trufnya. Bung Karno yang tadinya dikerjai Amerika, sekarang balas mengerjai Amerika. Bung Karno sadar, tertangkapnya Allen Pope mendongkrak posisi tawar Indonesia di hadapan Amerika. Cerita selanjutnya adalah bagaimana Ike dan John F. Kennedy jadi repot dibuatnya.

Inilah moment bersejarah ketika Indonesia yang miskin

untuk pertama kalinya punya posisi tawar tinggi di hadapan “juragan kaya”, Amerika. Bung Karno tidak cuma menuntut Amerika mesti minta maaf. Tapi masih ada sederet permintaan lain yang membuat Amerika “maju kena mundur kena”. Eisenhower minta Indonesia melepaskan pilot Allen Pope. Tapi Bung Karno tidak mau melepasnya begitu saja dengan gratis. Pilot itu adalah kartu truf-nya.

Inilah kisah bagaimana Bung Karno dengan amarah “memiting leher Allen Pope” sambil telunjuknya memberi isyarat agar Amerika mau “bersimpuh” di kaki Bung Karno. “Gantung Allen Pope! Hukum mati Allen Pope!”. Begitu gelombang protes di depan kedutaan AS di Jakarta setelah Allen Pope tertangkap. tahun 1958 itu . Rakyat Indonesia memang dibuat naik darah oleh kelakuan Allen Pope, karena pilot ini sudah menjatuhkan bom di daerah Ambon yang memakan tak sedikit korban jiwa.

Di tengah suasana panas itu, teman-teman Mas Tok atau Guntur Sukarnoputra tidak berhenti menjejalinya dengan pertanyaan-pertanyaan seputar pilot Allen Pope. Percakapan Bung Karno dengan putra sulungnya berkaitan hal itu, sudah banyak diungkap berbagai sumber. Tapi

Sukarno dan Amerika

COVER STORY By Sophie Riswand & socceripoy

Bung Karno geram. Ike mencoba merayunya. “To-long bebaskan pilotku,” kata Ike. Tapi Bung Kar-no tetap saja geram. Mungkin juga karena yang merayu Sukarno adalah Ike, seorang pria tua, bu-kan wanita cantik. Ike itu adalah nama panggilan Dwight D. Eisenhower, presiden AS di masa itu. Kali ini Amerika Serikat memang kena batunya.

Bung Karno dan Ike EisenhowerSumber gambar: penasukarno.wordpress.

Page 15: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JUNI 2013 JASMERAH 15

sebetulnya ada yang lebih penting lagi di balik percakapan antara Bung Karno dan Mas Tok berikut ini...

Bung Karno sedang mandi. Mas Tok yang masih remaja menggedor-gedor pintu kamar mandi. Tidak sabar. Karena pintu terus digedor, Bung Karno melongok sebentar. “Ada apa toh, Mas Tok? Bapak belum selesai mandi.” Begitu pintu terbuka, Mas Tok langsung menyambar ayahnya dengan pertanyaan, “Bener nggak sih bapak menukar pembebasan Allen Pope dengan tebusan pesawat Hercules?”. Mas Tok memang tidak sabar ingin segera tahu jawabnya. Saat itu juga dia harus mendapatkan bocoran jawabannya. Memang sebelumnya di antara teman-temannya, mereka sudah kasak-kusuk membenarkan gosip itu. Mas Tok jadi panas juga. Soalnya sebagai anak Bung Karno, seharusnya dia lebih tahu

dari teman-temannya. Mas Tok yang penasaran tidak perlu menunggu lama menanti jawab ayahnya. Pertanyaan Mas Tok itu langsung disambar dengan tawa khas ayahnya. “Hahahahaha! Biar saja Amerika kasih Hercules itu buat Bapak. Kalau Amerika kirim pesawat lagi, nanti Bapak suruh tembak lagi. Sebagai tebusannya, Bapak mau minta Marilyn Monroe dan Ava Gardner”.

Itu humor khas Bung Karno. Humor seorang negarawan nyentrik. Cara Bung karno bercanda dengan politikus sejawatnya sehari-hari, tidak beda jauh dengan guyonan-nya dengan anak-anaknya. Mas Tok dan adik-adiknya sudah hafal adat ayahnya. Tetapi, sebetulnya di balik canda itu, mungkin bahkan Bung Karno dan Mas Tok sendiri waktu itu belum menyadari sesuatu. Yaitu, buntut dari posisi tawar Indonesia tadi. Bung Karno

telah memulai tonggak lahirnya sejarah armada baru bagi AURI, yaitu lahirnya skuadron Hercules di Indonesia. Armada ini kelak turut punya andil dalam merebut Irian Barat dari Belanda.

Itu semua berawal dari negosiasi tarik ulur demi pembebasan seorang pilot yang membuat Amerika gelisah. Bagaimana tidak? Soalnya kalau tidak segera diselamatkan, bisa-bisa pilot itu buka mulut tentang info rahasia yang berkaitan dengan permainan CIA. Dulu serangan Maukar ke Istana didesas-desuskan akibat Bung Karno menggoda tunangan sang pilot. Gosip selanjutnya menghantam Bung Karno lagi. Yaitu, pembebasan pilot Allen Pope digosipkan karena Bung Karno dirayu oleh istri Pope, yang sengaja didatangkan dari Amerika. Kedengaran seperti gosip murahan, tetapi tunggu dulu! Sejarah kadang memang diwarnai gosip murahan, yang bermuara pada hasil yang tidak murahan. Konon itu yang namanya intrik politik tingkat tinggi. Intrik yang menggunakan sisi kelemahan Bung Karno. Kelemahan apalagi kalau bukan soal perempuan? Mentang-mentang Bung Karno mata keranjang. Bung Karno memang mata keranjang. Tapi pihak yang anti Bung Karno kadang memanipulasi sisi ini.

COVER STORY By Sophie Riswand & socceripoy

Persidangan Allen Pope di JakartaSumber gambar: wikipedia.org

Page 16: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JASMERAH JUNI 201316

COVER STORY By Sophie Riswand & socceripoy

Sama halnya CIA yang menggunakan kelemahan don yuan-nya Bung Karno untuk menjatuhkan kredibilitas presiden RI di mata rakyatnya. Menjatuhkan Bung Karno adalah satu-satunya cara agar Amerika bisa bercokol kuat di Indonesia. Sudah dicoba segala cara agar Bung Karno jatuh, tidak berhasil juga. Dicoba dengan cara ancaman embargo, penghentian bantuan malah Bung Karno balik berteriak,”Go to hell with your aid!”.

Akhirnya CIA pakai cara lain. Yaitu infiltrasi ke berbagai pemberontakan di Indonesia. Puncaknya terjadi dalam pertempuran di pulau Morotai, tahun 1958. Ketika itu TNI (pasukan marinir, pasukan gerak cepat AU, dan AD) menggempur Permesta, gerakan pemberontakan di Sulawesi Utara. Persenjataan Permesta tidak bisa dianggap enteng. Soalnya ada bantuan senjata dari luar. Tadinya tudingan bahwa CIA adalah biang kerok semua ini masih dugaan saja. Ketika kapal pemburu AL dan mustang AU melancarkan serangannya, satu pesawat Permesta terbakar jatuh.Sebelum jatuh, ada dua parasut yang tampak mengembang keluar dari pesawat itu. Parasut itu tersangkut di pohon kelapa. TNI segera membekuk dua orang. Yang satu namanya Harry Rantung anggota Permesta dan yang tak terduga, satunya lagi bule Amerika. Itulah si pilot Allen

Pope. Dari dokumen-dokumen yang disita, terkuak bahwa Allen Pope terkait dengan operasi CIA. Yaitu, menyusup digerakan pemberontakan di Indonesia untuk menggulingkan kekuasaan Sukarno.

Tak pelak lagi, tuduhan bahwa Amerika dengan CIA adalah dalang pemberontakan separatis, bukan isapan jempol! Peristiwa tertangkapnya Allen Pope adalah tamparan bagi Amerika. Itu mungkin terwakili dalam kalimat Allen Pope ketika tertangkap. Setelah pesawat B-26 yang dipilotinya jatuh dihajar mustang AU dan kapal pemburu AL, komentar Pope, “Biasanya negara saya yang menang, tapi kali ini kalian yang menang.” Setelah itu dia masih sempat minta rokok. Tetapi, sebetulnya yang lebih membuat malu Amerika bukan soal kalah yang dikatakan Pope tadi. Tertangkapnya Allen Pope

mengungkap permainan kotor AS untuk menggulingkan Sukarno.

Amerika terus ngeyel menyangkal. Tapi bukti-bukti yang ada, akhirnya membungkam mulut Amerika. Taktik kotor itupun menjadi pergunjingan internasional. Tanpa ampun, kedok Amerika dengan CIA-nya berhasil dibuka Indonesia, lengkap dengan bukti-bukti yang telak. Amerika terpaksa berubah 180 derajat menjadi baik pada Sukarno. Semua operasi CIA untuk mengguncang Bung Karno (untuk sementara) dihentikan.

Amerika berusaha mati-matian meminta pilotnya untuk dibebaskan. Segala carapun mulai dilakukan untuk mengambil hati Bung Karno. Eisenhower mengundang Sukarno ke AS bulan Juni 1960. Lalu

Deklarasi pendirian PERMESTASumber gambar: wikipedia.org

Page 17: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JUNI 2013 JASMERAH 17

COVER STORY By Sophie Riswand & socceripoy

Sukarno juga diundang John Kennedy di bulan April 1961. Dibalik segala alasan diplomatik tentang kunjungan itu, tak bisa disangkal itu semua buntut dari cara Bung Karno memainkan kartunya terhadap Amerika. Selama periode itu, Bung Karno main tarik ulur dengan pembebasan Pope. Tarik ulur itu berjalan alot. Karena Bung Karno ogah melepaskan Pope begitu saja. Bung Karno sengaja berlama-lama “memiting leher” Allan Pope sebelum Amerika meng-iya-kan permintaan Indonesia, Amerika mati kutu. Tak ada jalan lain negosiasipun segera dimulai. Negosiasi alot yang memakan waktu 4 tahun, sebelum akhirnya Allen Pope benar-benar bebas.

Dimulai dengan Ike atau Eisenhower yang membujuk, merayu dan mengundang Bung Karno ke Amerika. Namun sesudahnya Bung Karno tetap tidak mau tunduk

diatur-atur Ike. Situasi mulai berubah sedikit melunak setelah kursi kepresidenan AS beralih ke John F. Kennedy. John Kennedy tahu, kepribadian Sukarno sangat kuat dan benci di-dikte. Karena itu dengan persahabatan dia mampu “merangkul” Sukarno. h“Kennedy adalah presiden Amerika yang sangat mengerti saya”, kata Bung Karno. Dengan John, negosiasi mulai mengarah ke titik terang. Berkaitan itu pula, John mengirim adiknya Robert Kennedy ke Jakarta. Robert membawa sejumlah misi, diantaranya: “membebaskan Pope”.

Konon ketika itu juga Amerika mengirim istri Allen Pope yang cantik. Perhitungannya, wanita cantik mampu meluluhkan hati Bung Karno. Ini asal mula beredar issue bahwa Bung Karno dirayu istri Allen Pope. Yang tidak banyak disebutkan orang, yaitu ibu dan

saudara perempuan Allen Pope juga datang memohon-mohon dengan tangisan minta belas kasihan Bung Karno. Buat Bung Karno, pilot itu dibebaskan atau tidak dibebaskan, hasilnya sama saja, yaitu, tidak membuat korban-korban bom si pilot bisa hidup kembali. Jadi kenapa tidak memanfaatkan saja ketakutan Amerika yang ciut kalau pilot itu buka mulut?

Bung Karno memainkan kartu trufnya atas dasar apa yang dibutuhkan bangsa Indonesia pada waktu itu. Indonesia betul-betul sengsara dan kelaparan. Indonesia butuh uang dan nasi. Indonesia sedang bertempur melawan Belanda untuk merebut Irian Barat, butuh senjata, sejumlah perangkat perang dan armada tempur. Permintaan Bung Karno itu tentu saja tidak disampaikan dengan cara mengemis. Tapi dengan cara yang menyeret Amerika untuk membuat interpretasi diplomatik. Mau tidak mau, isyarat diplomatik Sukarno membuat Amerika harus bisa membaca yang tersirat di balik yang tersurat.

Dibanding Ike alias Eisenhower, John F. Kennedy lebih peka membaca isyarat itu. Itulah yang dimaksud Bung Karno bahwa John F. Kennedy mengerti dirinya. Kennedy tidak cuma sekedar mengundang Bung Karno ke Amerika untuk plesiran.

Bung Karno saat menghadiri undangan diplomatik di Amerika SerikatSumber gambar: LIFE

Page 18: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JASMERAH JUNI 201318

COVER STORY By Sophie Riswand & socceripoy

Tetapi, juga ada tindak lanjut nyata di balik undangan itu. John paham Indonesia butuh perangkat perang untuk merebut Irian Barat. Di antaranya armada tempur. Karena itu diajaknya Bung Karno mengunjungi pabrik pesawat Lockheed di Burbank, California. Di sana Bung Karno dibantu dalam pembelian sepuluh pesawat Hercules tipe B, terdiri dari delapan kargo dan dua tanker.

Negosiasi pembebasan Pope antara Ike dan Bung Karno tadinya alot namun menjadi licin jalannya dengan John. Dia tidak pelit membalas “kebaikan” Bung Karno yang memenuhi permintaan AS untuk membebaskan Allen Pope. hasilnya? Hercules dari Amerika, menjadi cikal bakal

lahirnya armada Hercules bagi AURI (armada yang kelak ikut bertempur merebut Irian Barat). Bung Karno bisa membuat Amerika menghentikan embargo lalu menyuntikkan dana segar ke Indonesia. Juga beras 37.000 ton dan ratusan persenjataan perangkat perang.

Kebutuhan itu semua memang sesuai dengan kondisi Indonesia saat itu. Ternyata beginilah yang disebut dengan negosiasi tingkat tinggi. Akhirnya Allen Pope dibebaskan secara diam-diam oleh suatu misi rahasia di suatu subuh di bulan Februari 1962. Negosiasi itu seluruhnya tentu makan biaya yang tidak sedikit. Siapa yang mesti membayar semua itu? Konon rekening Permesta

yang harus membayar ganti ganti rugi akibat negosiasi itu. Sempat terdengar selentingan bahwa jalan by pass Cawang-Tanjung Priok dan Hotel Indonesia lama di Bundaran HI Thamrin, adalah wujud dari ganti rugi itu. Benarkah demikian? Wallahualam.

Sayang hubungan mesra Bung Karno dengan Amerika berakhir setelah Kennedy terbunuh tahun 1963. Terbunuhnya Kennedy membuat CIA kembali leluasa mewujudkan mimpi lama yang sempat terhenti. Yaitu terus mengguncang kursi Bung Karno, hingga Putra Sang Fajar itu akhirnya benar-benar terbenam. Kita semua tahu bagaimana akhir episode itu.

Bung Karno dan John F KennedySumber gambar: penasukarno.wordpress.com

Page 19: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JUNI 2013 JASMERAH 19

TOPIK UTAMA By Sophie Riswand & socceripoy

Sukarno dan Upaya Pembunuhan“Saya ingin mengambil satu contoh konkrit. Presiden Sukarno itu mengalami percobaan pembunuhan dari tingkat yang namanya baru rencana sampai eksekusi sebanyak 23 kali,” tutur Megawati tentang rencana pembunuhan kepada ayahnya, yang juga presiden pertama RI. Berikut ini akan dibahas sebagian upaya pembunuhan yang ditujukan terhadap Bung Karno.

mendaratkan pesawatnya di persawahan daerah garut karena kehabisan bahan bakar. Ia kemudian dijatuhi hukuman mati. Tetapi, sebelum sempat menjalani hukumannya, Bung Karno mengumumkan amnesti umum terhadap PRRI/PERMESTA yang pernah memberontak dan Maukar adalah yang termasuk unsure PRRI/PERMESTA langsung dibebaskan.

Pelemparan Granat di Cikini

Terjadi pada tanggal 30 November 1957 di Cikini, dimana pada saat itu Bung Karno menghadiri bazaar peringatan ulang tahun Yayasan Perguruan Cikini. Guntur dan Megawati adalah murid SD Yayasan Perguruan Cikini. Bung Karno sempat meninjau berkeliling sekitar 25 menit dan ketika pulang tiba-tiba terdengar ledakan hebat yang belakangan adalah ledakan granat yang dilempar dari sekitar sekolah.

Para pelakunya adalah Yusuf Ismail, Saadon bin Mohammad, Tasrif bin Husein dan Mohammad Tasin bin Abu Bakar, yang akhirnya berhasil dibekuk dan di hadapkan ke pengadilan militer. Mereka di jatuhi hukuman mati pada 28 April 1958.

Pada tanggal 14 Mei 1962 saat rakyat Indonesia termasuk Bung Karno sedang berjajar dalam shaf hendak melaksanakan Sholat Idul Adha dengan mengambil tempat di lapangan rumput antara Istana Merdeka dan Istana Negara tiba - tiba

Penyerangan Pesawat MiG-17 di Istana Negara

Pada tanggal 9 Maret 1960, Bung Karno sedang berada di Istana Merdeka. Tiba-tiba sebuah pesawat terbang MiG-17 terbang rendah dan melepaskan rentetan tembakan tepat mengenai Istana Merdeka. Beruntung Sukarno tidak berada di tempat. Letnan Daniel Maukar yang merupakan pilot pesawat

Penembakan pada Hari Raya Idul Adha

Page 20: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JASMERAH JUNI 201320

terdengar tembakan pistol bertubi-tubi diarahkan kepada Bung Karno.

Ketika diperiksa, penembak mengaku melihat Bung Karno yang dibidiknya ada dua orang dan menjadi bingunglah ia saat hendak menembak yang mana. Tembakannya meleset tidak mengenai Bung Karno yang menjadi sasaran, sebaliknya menyerempet bahu Ketua DPR Zainul Arifin dari NU yang mengimami shalat. Orang tersebut divonis mati tetapi, ketika disodorkan kepada Bung Karno untuk membubuhkan tandatangan untuk di eksekusi Bung Karno tidak sampai hati untuk merentangkan jalan - jalan menuju kematiannya karena ia berpikir bahwa pembunuh sesungguhnya

adalah orang-orang terpelajar fanatik yang merencanakan perbuatan itu. Seorang kiai yang memimpin pesantren di daerah Bogor H. Moh Bachrum dituduh telah mengatur rencana tersebut dan memerintahkan melakukannya. Setelah meletus G30S, tempat tahanannya dipindahkan ke Penjara Salemba berbaur dengan ribuan tahanan G30S. ditempat itu juga ditahan seorang kapten CPM yang pernah menginterograsinya. Haji Moh. Bachrum menyangkal semua tuduhan tersebut. Sikapnya terhadap tahanan G30S sangat baik dan selama di Salemba ia ditunjuk mengimami sembahyang berjamaah yang diikuti oleh semua tahanan yang beragama Islam yang diselenggarakan di lapangan

Pada tanggal 8 Januari 1962, Bung Karno dilempar granat pada malam hari di Jalan Cenderawasih saat dalam perjalanan menuju Gedung Olahraga Mattoangin ( untuk memberikan pidato perihal tri-komando pembebasan Irian Barat.

Lemparan granat itu meleset dan jatuh mengenai mobil lain yang beriringan dengan mobil Bung Karno. 31 orang menjadi korban, dimana 3 diantaranya tewas terkena ledakan.

Pelemparan Granat di Makassar

penjara. Ia bebas lebih cepat dari pada para tahanan G30S karena dianggap berkelakuan baik.

TOPIK UTAMA By Sophie Riswand & socceripoy

Page 21: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JUNI 2013 JASMERAH 21

TOPIK UTAMA By Jokiez

Sukarnopura dan Puncak Sukarno mungkin merupakan nama yang asing di telinga kita, terlebih kita yang hidup pada masa reformasi. Nama-nama tersebut sebenarnya merupakan nama-nama yang digunakan berdasarkan nama dari Bung Karno (Sukarno) yang digunakan untuk nama tempat-tempat tertentu.

Sukarnopura misalnya, merupakan nama kota yang sebelumnya bernama Hollandia di tanah Papua. Sukarnopura atau Hollandia merupakan ibukota dari Papua Barat (red: sekarang Provinsi Papua), dan sekarang nama dari ibukota Papua Barat tersebut lebih dikenal sebagai kota Jayapura. Begitu pula dengan Puncak Sukarno, nama tersebut sebenarnya merupakan nama dari puncak tertinggi yang ada di pulau Papua yang sekarang lebih dikenal dengan nama Puncak Jaya. Lalu mengapa nama-nama tempat yang menggunakan nama Sukarno tersebut diubah dari yang awalnya “Sukarno” diganti dengan kata lain yaitu “Jaya”? Sebelumnya, perlu ditarik garis sejarah yang cukup lama jauh sebelum penggunaan kata

Sukarno dan De-SukarnoisasiSukarno pada nama-nama tempat di pulau Papua. Dimulai dari kemerdekaan Indonesia yang diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945, pada masa itu the Founding Father Indonesia mengklaim bahwa seluruh tanah jajahan Belanda yang berada di wilayah yang pada waktu itu disebut sebagai Hindia Belanda merupakan wilayah Indonesia.

Wilayah Hindia Belanda yang dimaksud adalah dari ujung barat Pulau Sumatera sampai dengan Papua Barat (karena Papua Timur dijajah oleh Australia). Namun, secara de facto wilayah Indonesia pasca proklamir kemerdekaan adalah wilayah yang diklaim tersebut dikurangi Papua Barat, karena pada saat itu Papua Barat masih diduduki oleh pemerintah Belanda.

Presiden Sukarno kemudian pada tahun 1960-an mengadakan langkah agar bagaimanapun juga wilayah Papua Barat bisa direbut dari tangan Belanda. Akhirnya, tanggal 19 Desember 1961 dipilih sebagai tanggal permulaan Operasi Trikora (red. Operasi pembebasan Papua Barat) di alun-alun Yogyakarta. Mayor Jenderal Suharto dipilih sebagai panglima Komando Mandala, dimana Komando Mandalalah yang terlibat dalam operasi ini untuk melawan Belanda dan merebut Papua Barat. Operasi Trikora sendiri terjadi dalam 3 tahapan besar, tahapan tersebut adalah :

Tahap Infiltrasi (penyusupan) (sampai akhir 1962), yaitu dengan memasukkan 10 kompi di sekitar sasaran-sasaran tertentu untuk menciptakan daerah bebas

Bung Karno dan MayJen Suharto saat Operasi Trikora Sumber gambar: wikipedia.org

Page 22: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JASMERAH JUNI 201322

de facto yang kuat sehingga sulit dihancurkan oleh musuh dan mengembangkan penguasaan wilayah dengan membawa serta rakyat Irian Barat.

Tahap Eksploitasi (awal 1963), yaitu mengadakan serangan terbuka terhadap induk militer lawan dan menduduki semua pos-pos pertahanan musuh yang penting.

Tahap Konsolidasi (awal 1964), yaitu dengan menunjukkan kekuasaan dan menegakkan kedaulatan Republik Indonesia secara mutlak di seluruh Irian Barat.

Operasi Trikora akhirnya berakhir dan pemerintah Indonesia dalam hal ini Komando Mandala dengan bantuan militer dari Uni Soviet berhasil mengambil alih wilayah Papua Barat. Setelah operasi tersebut sukses,

lantas pemerintah Indonesia mengumumkan untuk mengganti namayang berbau Belanda untuk selanjutnya digunakan nama-nama lokal Indonesia. Karena pergantian itulah nama ibukota dari Papua Barat yang semula adalah Hollandia kemudian diubah menjadi Sukarnopura, begitu pula dengan puncak tertinggi di Papua Barat (red. Juga tertinggi di Oceania) dinamai dengan nama Puncak Sukarno, selain di Papua memberian nama Sukarno juga dilakukan pada Gelora Olah Raga yang ada di Jakarta yaitu menjadi GOR Bung karno.

Peristiwa De-Sukarnoisasi

Namun, setelah peristiwa G30S yang akhirnya melalui Supersemar Presiden Sukarno menyerahkan kekuasaan kepada Mayor Jenderal Suharto. Akhirnya pada tahun

1967, Mayjen Soeharto menjadi Pejabat Presiden Indonesia dan pada tahun 1973 dipilih kembali menjadi Presiden Indonesia. Untuk mengurangi pengaruh Sukarno pada masyarakat Indonesia, maka pemerintah Orde Baru (red. Sebutan untuk pemerintah Presiden Suharto) mengubah nama-nama tempat yang ada kata Sukarno menjadi nama-nama lain. Kota Sukarnopura yang merupakan ibukota dari Papua Barat diubah menjadi Jayapura begitu pula dengan Puncak Sukarno yang merupakan puncak tertinggi di Papua (red. Juga merupakan puncak tertinggi di Oceania) diubah namanya menjadi Puncak Jaya. Selain kedua nama tempat tersebut, pemerintah Orde Baru (orba) juga mengubah nama stadion/GOR di Jakarta dari yang awalnya adalah GOR Bung Karno, diubah menjadi GOR Senayan.

Nugroho Notosusanto yang dikenal sebagai Sejarahwan Orba yang dikenal dekat dengan militer (red. Pemerintah orba merupakan pemerintah militer) mencetuskan bahwa Mr. Mohammad Yamin adalah pencetus Pancasila pada tanggal 29 Mei 1945. Sejatinya pencetus Pancasila adalah Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945. Pada pemerintah Orba juga dikenal adanya istilah P-4 yaitu Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila yang digunakan

TOPIK UTAMA By Jokiez

Operasi Trikora Sumber gambar: wikipedia.org

Page 23: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JUNI 2013 JASMERAH 23

Orba sebagai program agar mencintai negara Indonesia terutama cinta pada pemerintah Orba yang telah berhasil mengembalikan Pancasila yang pada tanggal 30 September 1965 diklaim Orba akan digantikan oleh PKI dengan ideologi Komunisme.

Selain pergantian nama-nama tempat yang terdapat kata Sukarno, pemerintah Orba juga mengabaikan pesan Bung Karno yang ingin dimakamkan di Istana Batu Tulis Bogor, dan lebih memilih Blitar dimana rumah dari orang tua Bung Karno untuk tempat pemakaman Bung Karno yang wafat pada tanggal 21 Juni 1970 (red. 15 hari setelah ulang tahun Bung Karno ke 69). Istilah penggantian nama-nama tempat yang terdapat kata Sukarno dengan nama-nama lain kemudian dikenal dengan istilah De-Sukarnoisasi. Lalu apakah alasan pemerintah Orde Baru melakukan De-Sukarnoisasi?

Presiden Sukarno dikenal sebagai salah satu presiden Indonesia yang sangat merakyat dan sangat bersahaja dengan rakyat terutama rakyat kecil. Karena pengaruhnya yang luas, bahkan pada masa pemerintah Bung Karno, bila ada Pidato yang disampaikan oleh beliau ada ratusan bahkan ribuan rakyat yang tetap setia mendengarkan Pidato dari Beliau. Hal inilah yang dikemu dian hari dirasa oleh pemerintah Orba sebagai

batu sandungan untuk menancapkan pengaruh pemerintahan mereka ke dalam pikiran dan hati rakyat. Hal pertama yang dilakukan Pemerintah Orba adalah melakukan pergantian nama-nama tempat yang terdapat kata-kata Sukarno, kemudian mengabaikan amanat Bung Karno tentang tempat pemakaman dan terakhir adalah penetapan ide-ide tentang dasar negara yaitu Pancasila yang sebenernya dicetuskan oleh Bung Karno diklaim oleh sejarahwan Orba sebagai ide-ide dari Mohammad Yamin.

Surat Keputusan Presiden No. 7/2001 adalah surat penting yang dikeluarkan pada masa pemerintahan Abdurahman Wahid yang berisi bahwa nama dari GOR Senayan diubah menjadi GOR Bung Karno. Alasan Abdurahman Wahid karena gagasan dari pembangunan GOR tersebut adalah dari Bung Karno.

Stadion yang pada pertengahan tahun 1958 dilakukan pembangunan awal dan fase awalnya selesai pada kuartal ketiga 1962 dengan bantuan dana dari Uni Soviet, merupakan salah satu stadion terbesar di dunia. 24 Agustus 1962 merupakan tanggal dari pembukaan resmi Asian Games yang diselenggarakan di Jakarta yang dibuka di GOR tersebut. Untuk nama-nama tempat di Provinsi Papua tetap menjadi Jayapura dan Puncak Jaya. Karena dianggap Pengaruh Bung Karno pada kedua tempat tersebut dinilai kurang dibandingkan dengan pengaruh Bung Karno terhadap GOR yang ada di Jakarta. Sehingga penggunaan kembali nama Sukarno pada kedua tempat tersebut masih kurang sesuai.

TOPIK UTAMA By Jokiez

Proses Pembangunan Stadiion Gelora Bung Karno tahun 1962Sumber gambar: wikipedia.org

Page 24: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JASMERAH JUNI 201324

Sutradara Hanung Bramantyo (37) akan menggarap film biopic keduanya setelah Sang Pencerah. Setelah menceritakan kehidupan pendiri Muhammadiyah, K.H Ahmad Dahlan, Hanung kini akan mengangkat ke layar lebar kisah Sukarno, presiden pertama Indonesia lewat film Sukarno: Indonesia Merdeka.

Bagian awal film ini akan menceritakan kehidupan Sukarno di akhir tahun 1929, ketika ia disergap oleh pemerintahan Hindia Belanda yang akhirnya mengasingkannya ke Penjara Banceuy, Jawa Barat. Selama masa tahanan ini, Sukarno menuliskan buku Indonesie Klaagt Aan (Indonesia Menggugat) yang akhirnya akan mengangkat namanya sebagai salah satu penggerak utama kebangkitan nasional Indonesia. Cerita kemudian akan berlanjut ke petualangan politik Sukarno pada tahun 1940, pendudukan Jepang atas Indonesia, dan akhirnya, proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Sukarno: Indonesia Merdeka yang akan dirilis pada bulan Desember 2013 ini melibatkan sejarawan dari Yayasan Pendidikan Sukarno dalam penulisan naskahnya. Ario Bayu, salah satu protagonis Java Heat akan memerankan Sukarno, setelah memenangkan audisi dan mengalahkan aktor-aktor terkenal lainnya semacam Agus Kuncoro, Anjasmara dan Darius Sinathrya. Lukman Sardi yang memer-ankan tokoh K.H Ahmad Dahlan dalam Sang Pencerah akan memerankan tokoh Moham-mad Hatta, sementara Maudy Koesnadi ber-peran istri kedua Sukarno, Inggit Garnasih.

BERITA

Hanung Bramantyo Garap Biopic Sukarno

Buku-buku pelajaran sejarah banyak mencatat bahwa Wilbur Wright dan Orville Wright yang biasa dikenal dengan julukan “Wright Bersaudara” sebagai pihak yang pertama kali terbang dengan pesawat terbang. Hal itu mungkin akan berubah di masa mendatang, sebab senat negara bagian Connecticut, Amerika Serikat telah meloloskan tuntunan yang menyatakan bahwa penerbang pertama bukanlah Wilbur Bersaudara, namun Gustave Whitehead, imigran asal Jerman. Whitehead dianggap oleh sebagian pengamat penerbangan sebagai orang yang pertama kali mengguna

kan pesawat terbang mesin untuk pertama kalinya pada bulan Agustus 1901, dua tahun sebelum Wright Bersaudara lepas landas menggunakan Kitty Hawk di Carolina Utara pada bulan Desember tahun 1993.

Wright Bersaudara Bukan Lagi “Penerbang Pertama”

Salah satu adegan dan film SukarnoSumber gambar: filmsukarno.com

Gustav WhiteheadSumber gambar: nydailynews.com

Page 25: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JUNI 2013 JASMERAH 25

BERITA

Whiteman diberitakan di setidaknya dua surat kabar Connecticut di masa itu telah menerbangkan pesawat terbang rakitannya di Bridgeport, Connecticut selama satu setengah menit. Berita ini akhirnya semakin membumbui debat panas antara berbagai “faksi” dalam kurang lebih 110 tahun sejarah dunia penerbangan. Pendukung Wright Bersaudara menyatakan bahwa penerbangan yang dilakukan oleh Whiteman tidak sah,

karena kurangnya saksi mata. Beberapa bahkan menyatakan bahwa pesawat terbang rakitan Whiteman tidak pernah lepas landas. Jika tuntutan ini dinaik-bandingkan menjadi hukum, maka sejarah yang selama ini men-catat Wright Bersaudara sebagai pionir dun-ia penerbangan harus ditulis ulang. Negara bagian Carolina Utara pun harus mengubah slogan “First in Flight” yang selama ini ada di plat kendaraan resmi mereka.

Sekelompok arkeolog yang dipimpin oleh Damian Evans dari University of Sydney, dan Jean-Baptiste Chevance dari London’s Archaeology and Development Foundation berhasil menemukan sebuah kota hilang di tengah rimba Kamboja. Kota Mahendraparvata yang disebut-sebut dibangun Javayarman II, pendiri Kekaisaran Khmer yang memerintah Kamboja dari tahun 802 hingga 1431 ini ditemukan di gunung Phnom Kulen, provinsi Siem Reap. Kota ini berjarak sekitar 40 km dari landmark nasional Kamboja, Angkor Wat. Mahendraparvata diperkirakan berumur 1.200 tahun, sehingga berumur 350 tahun lebih tua dari kawasan reruntuhan kota Angkor.

Mahendraparvata berhasil ditemukan dengan bantuan teknologi laser LiDAR. Laser LiDAR ditembakkan dari helikopter di ketinggian 800 meter. Lewat penembakan yang dilakukan berulang kali, data ketinggian akan dikumpukan lalu digunakan untuk membuat peta tiga dimensi dari landskap

sekitar. Evans dan timnya memperhatikan sesuatu yang tidak biasa dari peta tersebut. Ada sebuah daerah yang tidak ditutupi oleh tumbuh-tumbuhan. Saat mengkonfirmasi penemuan tersebut, mereka mendapatkan bahwa di daerah tersebut terdapat jaringan kanal, tanggul dan jalan. Hal-hal tersebut merupakan indikasi bahwa daerah ini pernah lama ditinggali.

Pemetaan pun dilanjutkan hingga tim arke-olog mendapatkan penemuan yang lebih mengejutkan, sebuah kota. Ekspedisi pun segera dilakukan. Dipandu oleh penduduk setempat, Heng Heap, mantan tentara Khmer Rouge, tim arkeolog pun memulai petual-angan layaknya Indiana Jones. Mereka men-elusuri hutan rimba dan anak sungai sambil menghindari ranjau darat peninggalan pe-merintahan Khmer Rouge, dan akhirnya men-emukan kota hilang Mahendraparvata. Pene-muan ini mengejutkan penduduk setempat.

Mereka bahkan tidak menyadari adanya sebuah reruntuhan kota seperti Mahen-draparvata di daerah tersebut. Ini memang bukan pertama kalinya penemuan seperti ini terjadi di Kamboja. Bulan Agustus tahun lalu, sekelompok anak-anak yang sedang mandi di sebuah kolam galian menemukan 6 patung buddha yang diperkirakan berumur sekitar 1.000 tahun.

Arkeolog Menemukan Kota Hilang di Rimba Kamboja

Kelompok Arkeolog yang berhasil menemukan Kota hilangSumber gambar: nydailynews.com

Page 26: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JASMERAH JUNI 201326

Sangat menarik untuk dibicarakan jika kita berbicara mahasiswa, karena mahasiswa adalah predikat yang amat eksklusif. Disebut eksklusif karena mahasiswa adalah sosok yang istimewa dipandang dari sudut apapun dan dari manapun serta mempunya cerita yang istimewa dari masa ke masa, baik di negara maju maupun di negara berkembang, begitu juga halnya dengan mahasiswa di Indonesia.

Pada artikel ini akan dibahas tentang gerakan pelajar, terutama mahasiswa di era pemerintahan Sukarno.

Prolog

Dalam perkembangan gerakan pemuda pasca era Boedi Utomo dan Sumpah Pemuda, yaitu era Proklamasi. Dinamika Pergerakan Nasional ditandai dengan kehadiran kelompok- kelompok studi, akan tetapi pengaruh sikap penguasa Belanda yang menjadi liberal memunculkan kebutuhan baru untuk menjadi partai politik, terutama dengan tujuan memperoleh basis massa yang luas. Kelompok Studi Indonesia berubah menjadi Partai Bangsa Indonesia (PBI), sedangkan Kelompok Studi Umum menjadi Perserikatan Nasional Indonesia (PNI).

Secara umum kondisi pendidikan maupun kehidupan politik pada zaman pemerintahan Jepang jauh lebih represif dibandingkan dengan Kolonial Belanda, antara lain dengan melakukan pelarangan terhadap segala kegiatan yang berbau politik dan hal ini ditindak lanjuti dengan membubarkan organisasi pelajar dan mahasiswa, termasuk partai politik, serta insiden kecil di Sekolah Tinggi Kedokteran Jakarta yang mengakibatkan mahasiswa dipecat dan dipenjarakan.

Akibat kondisi yang vakum tersebut, maka mahasiswa kebanyakan akhirnya memilih

untuk lebih mengarahkan kegiatan dengan berkumpul dan berdiskusi bersama para pemuda lainnya, terutama di asrama-asrama. Tiga asrama yang terkenal dalam sejarah berperan besar dalam melahirkan sejumlah tokoh adalah Asrama Menteng Raya, Asrama Cikini, dan Asrama Kebon Sirih. Tokoh-tokoh inilah yang nantinya menjadi cikal bakal generasi 1945 dan menentukan kehidupan bangsa.

Salah satu peran angkatan muda 1945 yang bersejarah, dalam kasus gerakan kelompok bawah tanah yang dipimpin oleh Chairul Saleh, Soekarni dan Wikana saat itu,

Gerakan Mahasiswa Era Sukarno

KISAH By Ekspresi2nd

Page 27: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JUNI 2013 JASMERAH 27

yang terpaksa menculik dan mendesak Sukarno dan Hatta agar secepatnya memproklamirkan kemerdekaan, peristiwa ini dikenal kemudian dengan Peristiwa Rengasdengklok.

Sebelum membahas lebih jauh tentang gerakan mahasiswa, akan lebih baik jika mengetahui dulu, pengertian dari mahasiswa itu sendiri, yaitu :

“Mahasiswa adalah sebuah lapisan masyarakat yang terdidik yang menikmati kesempatan mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Sesuai dengan perkembambangan usianya yang secara emosional sedang bergejolak menuju kematangan dan berproses menemukan jatidiri, dan sebagai sebuah lapisan masyarakat yang belum banyak dicemari kepentingan-kepentingan praktis dan pragmatis, alam fikiran mahasiswa berorientasi pada nilai-nilai ideal dan kebenaran. Karena orientasi idealis dan pembelaannya pada kebenaran, sebagian ahli memasukkannya ke dalam cendikiawan.” (Arif Budiman 1983:150)

dan yang menurut Julien Benda

“whose activity not the pursuit of pratical aims”, atau seperti kata Lewis Coser, “tidak pernah puas dengan kenyataan sebagaimana adanya - mereka mempertanyakan kebenaran yang berlaku pada zamannya dan mencari kebenaran yang lebih tinggi dan lebih luas.” ( Lewis A. Coser 1997 : xvi )

KISAH By Ekspresi2nd

3 tokoh pemuda berpengaruh dalam peristiwa Ren-gasdengklok. Kiri ke kanan: Sukarni, Chairul Saleh, Wikana. Sumber gambar: roelrocker.devianart.com

Peserta Kongres Sumpah Pemuda Sumber gambar: wikipedia.org

Page 28: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JASMERAH JUNI 201328

Pasca Proklamasi hingga akhir Orde Lama

Di era Pasca Kemerdekaan, mulai bermunculan secara bersamaan organisasi - organisasi mahasiswa di berbagai kampus. Berawal dari munculnya organisasi mahasiswa yang dibentuk oleh beberapa mahasiswa di Sekolah Tinggi Islam (STI) di Yogyakarta, yang dimotori oleh Lafran Pane dengan mendirikan organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) pada tanggal 14 Rabiul Awal 1366 H yang bertepatan dengan 05 Februari 1947.

Organisasi ini dibentuk sebagai wadah pergerakan mahasiswa yang dilatarbelakangi oleh 4 faktor utama yang meliputi situasi dunia internasional, situasi NKRI, kondisi mikrobiologis ummat Islam di Indonesia, kondisi perguruan tinggi dan dunia kemahasiswaan. Selain itu pada tahun yang sama, dibentuk pulalah Perserikatan Perhimpunan Mahasiswa Indonesia (PPMI) yang didirikan melalui kongres mahasiswa di Malang.

Lalu pada waktu yang berikutnya didirikan juga organisasi - organisasi mahasiswa yang lain seperti Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) yang berhaluan pada ideologi Marhaenisme Sukarno, Gerakan Mahasiswa Sosialis Indonesia (GAMSOS) yang lebih cenderung ke ideologi

Sosialisme Marxist, dan Concentrasi Gerakan Mahasiswa Indonesia (CGMI) yang lebih berpandangan komunisme sehingga cenderung lebih dekat dengan PKI (Partai Komunis Indonesia).

Sebagai imbas daripada kemenangan PKI pada pemilu tahun 1955, organisasi CGMI cenderung lebih menonjol dibandingkan dengan organisasi-organisasi mahasiswa lainnya. Namun justru hal inilah yang menjadi cikal bakal perpecahan pergerakan mahasiswa pada saat itu yang disebabkan karena adanya kecenderungan CGMI terhadap PKI yang tentu saja dipenuhi oleh kepentingan-kepentingan politik PKI. Secara frontal CGMI menjalankan politik konfrontasi dengan organisasi-organisasi mahasiswa lainnya terutama dengan organisasi HMI yang

lebih berazazkan Islam.

Berbagai bentuk propaganda politik pencitraan negatif terus dibombardir oleh CGMI dan PKI kepada HMI, beberapa bentuk propaganda yang mereka wujudkan yaitu salah satunya melalui artikel surat kabar yang berjudul Quo Vadis HMI. Perseturuan antara CGMI dan HMI semakin memanas ketika CGMI berhasil merebut beberapa jabatan di organisasi PPMI dan juga GMNI, terlebih setelah diadakannya Kongres Mahasiswa V tahun 1961.

Atas beberapa serangan yang terus menerus dilakukan oleh pihak PKI dan CGMI terhadap beberapa organisasi mahasiswa yang secara ideologi bertentangan dengan mereka, akhirnya beberapa organisasi mahasiswa yang terdiri dari HMI, GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia)

KISAH By Ekspresi2nd

Aksi mahasiswa era Sukarno Sumber gambar: didaktikaunj.com

Page 29: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JUNI 2013 JASMERAH 29

KISAH By Ekspresi2nd

melancarkan perlawanan terhadap PKI menjadi lebih terkoordinasi dan memiliki kepemimpinan.Munculnya KAMI yang dimotori oleh wakil PB HMI Ma’arie Moehammad dan diikuti berbagai aksi lainnya, seperti Kesatuan Aksi Pelajar Indonesia (KAPI), Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI), Kesatuan Aksi Sarjana Indonesia (KASI), dan lain-lain. Berawal dari semangat kolektifitas mahasiswa secara nasional. Inilah perjuangan mahasiswa

yang dikenal sebagai Gerakan Angkatan ‘66, inilah yang kemudian mulai melakukan penentangan terhadap PKI dan ideologi komunisnya yang mereka anggap sebagai bahaya laten negara dan harus segera dibasmi dari bumi nusantara.

Namun sayangnya, di tengah semangat idealisme mahasiswa pada saat itu ada saja godaan datang kepada mereka yang pada akhirnya melunturkan idealisme perjuangan mereka, dimana setelah masa Orde Lama berakhir, mereka yang dulunya berjuang untuk meruntuhkan PKI mendapatkan hadiah oleh pemerintah yang sedang berkuasa dengan disediakan kursi MPR dan DPR serta diangkat menjadi pejabat pemerintahan oleh penguasa Orde Baru. Namun di tengah gelombang peruntuhan idealime mahasiswa tersebut, ternyata ada sesosok mahasiswa yang sangat dikenal idealismenya hingga saat ini dan sampai sekarang

tetap menjadi panutan para aktivis-aktivis mahasiswa di Indonesia, yaitu Soe Hok Gie.

Ada seuntai kalimat inspiratif yang dituturkan oleh Soe Hok Gie yang sampai sekarang menjadi inspirasi perjuangan mahasiswa di Indonesia, secara lantang ia mengatakan kepada kawan - kawan seperjuangannya yang telah berbelok idealismenya dengan kalimat “lebih baik terasingkan daripada hidup dalam kemunafikan”.

“Lebih baik terasingkan daripada hidup dalam kemunafikan”

(Soe Hok Gie )

PMKRI, PMII, Sekretariat Bersama Organisasi-organisasi Lokal (SOMAL), Mahasiswa Pancasila (Mapancas), dan Ikatan Pers Mahasiswa (IPMI), sepakat untuk membentuk KAMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia). Dimana tujuan pendiriannya, terutama agar para aktivis mahasiswa dalam

Aksi mahasiswa era Sukarno Sumber gambar: jakarta.go.id dan bluefame.com

Soe Hok GieSumber gambar: wikipedia.org

Page 30: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JASMERAH JUNI 201330

Sukarno berlangsung ringkas saja, yaitu saat berlangsung Sidang Paripurna Kabinet 15 Januari. Delegasi mahasiswa menyampaikan tuntutan-tuntutan pembubaran PKI, reshuffle kabinet dan penurunan harga. Pertemuan 18 Januari adalah pertemuan yang terjadwal. Dalam pertemuan itu, delegasi KAMI terdiri antara lain dari Cosmas Batubara, David Napitupulu, Zamroni, Mar’ie Muhammad, Elyas, Lim Bian Koen, Firdaus Wajdi, Abdul Gafur dan Djoni Sunarja. Tentang pertemuan ini, David Napitupulu pernah mengisahkan di tahun 1986, betapa Sukarno masih berhasil menunjukkan wibawa dan membuat beberapa tokoh mahasiswa “melipatkan” dan merapatkan tangan di depan perut bawah dengan santun. Menjawab tudingan Sukarno yang disampaikan dengan nada keras, salah satu anggota delegasi menjelaskan kepada Sukarno, kalau ada ekses-ekses yang terjadi dalam aksi-aksi KAMI, semisal corat-coret dengan kata-kata kotor, itu adalah pekerjaan tangan-tangan kotor yang menyusup ke dalam barisan mahasiswa Progresif Revolusioner. Sukarno antara lain mempersoalkan corat-coret yang menyebut salah satu isterinya, Nyonya Hartini, sebagai “Gerwani Agung”. Gerwani adalah organisasi wanita onderbouw PKI. Delegasi KAMI menyampaikan tiga tuntutan rakyat. Dan Sukarno menjawab

KISAH By Ekspresi2nd

TRITURA, KAMI, Dan Sukarno 1966, KAMI pada waktu itu menggugat pemerintahan Sukarno beserta seluruh menteri kabinetnya karena dianggap telah menyimpang dari cita-cita kemerdekaan 1945. Ketika pada waktu itu, para mahasiswa yang tergabung dalam KAMI yang selanjutnya diikuti oleh kesatuan-kesatuan aksi yang lainnya seperti Kesatuan Aksi Pelajar Indonesia (KAPI), Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI), Kesatuan Aksi Buruh Indonesia (KABI), Kesatuan Aksi Sarjana Indonesia (KASI), Kesatuan Aksi Wanita Indonesia (KAWI), dan Kesatuan Aksi Guru Indonesia (KAGI), serta didukung penuh oleh angkatan bersenjata. Mereka pada waktu itu menyerukan 3 tuntutan kepada pemerintah saat itu, yang dikenal dengan sebutan TRITURA (Tiga Tuntutan Rakyat). Dan pada waktu itu, ketika dimana gelombang demonstrasi menuntut

pembubaran PKI semakin keras, pemerintah tidak segera mengambil tindakan. Keadaan negara Indonesia ketika itu sudahlah sangat parah, baik dari segi ekonomi maupun politik. Harga barang naik sangat tinggi terutama BBM. Oleh karenanya itu, pada tanggal 12 Januari 1966, KAMI dan KAPPI mempelopori kesatuan aksi yang tergabung dalam Front Pancasila mendatangi DPR–GR menuntut TRITURA.

Dan dari mana isi TRITURA tersebut ialah seperti dibawah ini:

1. Bubarkan PKI beserta ormas – ormasnya.

2. Perombakan kabinet DWIKORA.

3. Turunkan harga dan perbaiki sandang – pangan.

Selasa 18 Januari 1966, delegasi KAMI bertemu dengan Sukarno. Ini adalah yang kedua kalinya. Cuma, pertemuan pertama dengan

Sumber gambar: flickr.com/photos/bintangputih

Page 31: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JUNI 2013 JASMERAH 31

KISAH By Ekspresi2nd

akan marah-marah selama kurang lebih 30 menit”. Apa yang dikatakan Mayor Widjanarko memang benar. Setengah jam pertama Presiden Sukarno marah dan mengatakan bahwa para mahasiswa sudah ditunggangi oleh Nekolim (Neo Kolonialisme dan Imperialisme). “Kemudian secara khusus Presiden Sukarno marah kepada saya” dengan mengatakan, “saudara Cosmas sebagai orang Katolik, mengapa ikut-ikut demonstrasi dan saya dapat laporan bahwa anggota PMKRI menulis kata-kata yang tidak sopan terhadap Ibu Hartini. Saudara harus tahu bahwa Paus menghargai saya dan memberi bintang kepada saya. Betul kan saudara Frans Seda bahwa Paus baik dengan saya?”. Frans Seda yang ikut hadir dalam pertemuan itu mengangguk. “Presiden Sukarno tidak sadar bahwa para mahasiswa yang datang masing-masing sangat

independen” tulis Cosmas lebih lanjut. “Kalau saya diserang secara pribadi bukan berarti yang lain akan diam”. Setelah Sukarno marah-marah, para peserta pertemuan satu persatu melakukan reaksi dan akhirnya Presiden Sukarno kewalahan. Lalu sambil menoleh kepada Roeslan Abdoelgani, Sukarno berkata, “Roeslan, Mereka ini belum mengerti Revolusi. Bawa mereka dan ajar tentang Revolusi”.

Akhirnya pertemuan selesai tapi belum ada putusan Presiden tentang TRITURA. “Seperti hari-hari sebelumnya para mahasiswa mulai lagi demonstrasi. Dalam puncak kejengkelannya terhadap demonstrasi KAMI maka pada tanggal 25 Februari 1966, Sukarno mengeluarkan putusan membubarkan KAMI yang diikuti pengumuman tidak boleh berkumpul lebih dari lima orang”.

“saya mengerti sepenuhnyasegala isi hati dan tuntutan para mahasiswa”, dan menyatakan tidak menyangsikan maksud-maksud baik mahasiswa. Tetapi dengan keras Sukarno menyatakan tidak setuju cara-cara mahasiswa yang menjurus ke arah vandalisme materil dan vandalisme mental, yang menurut Sang Presiden bisa ditunggangi golongan tertentu dan Nekolim yang tidak menghendaki persatuan Sukarno dan mahasiswa. Dalam pertemuan yang disebut dialog ini, yang terjadi adalah Sukarno mengambil kesempatan berbicara lebih banyak daripada para mahasiswa. Tentang pembubaran PKI, kembali Sukarno tidak memberikan jawaban memenuhi tuntutan pembubaran, dan hanya menyuruh mahasiswa menunggu keputusan politik yang akan diambilnya.

Tentang “kemarahan” Sukarno saat pertemuan tersebut, juga diceritakan tokoh 1966 Cosmas Batubara, dalam tulisannya ‘Napak Tilas Gerakan Mahasiswa 1966’ (dalam OC Kaligis – Rum Aly, Simtom Politik 1965, Kata Hasta, 2007). Sebelum kami diterima Presiden, tulis Cosmas, ajudan Presiden yaitu Mayor KKO Widjanarko mengatakan “Presiden akan marah kepada Anda semua”. Karena itu, kata Widjanarko, “saran saya, diam saja dan dengar. Biasanya Presiden itu

Cosmas Batubara bersama SukarnoSumber gambar: Cover buku “Cosmas Batubara: Sebuah Otobiografi Politik”

Page 32: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JASMERAH JUNI 201332

28 Juni 1919:Perjanjian Versailles Ditandatangani

DWIBULAN By Shuma-Gorath

bersekutu dengan Austria-Hungaria dan Ottoman (Turki) terlibat perang melawan negara-negara Sekutu yang mencakup Inggris, Prancis, Italia, Belgia, Rusia, dan lainnya. Seiring berjalannya waktu, perang mulai memasuki fase kebuntuan menyusul sedikitnya pergeseran yang terjadi di garis depan. Situasi makin runyam bagi Jerman menyusul bergabungnya Amerika Serikat (AS) ke pihak Sekutu dan memburuknya kondisi internal Jerman akibat huru-hara. Merasa tidak sanggup berperang lebih lama lagi, Jerman akhirnya setuju untuk menyerah dan menandatangani Perjanjian Versailles.

Dicapainya perdamaian lewat Perjanjian Versailles harus ditebus secara mahal oleh Jerman. Karena berdasarkan perjanjian damai tersebut, Jerman harus menyerahkan wilayah-wilayahnya kepada negara-negara

Dalam perjanjian damai tersebut, Jerman setuju untuk berhenti melanjutkan kontak senjata dan membayar kompensasi kepada negara-negara anggota Sekutu (Entente) yang menjadi lawan Jerman dalam Perang Dunia I. Dicapainya Perjanjian Versailles secara efektif berhasil mengakhiri Perang Dunia I antara pihak-pihak terkait.

Sedikit mundur ke belakang. Saat Perang Dunia I masih berlangsung, Jerman yang

Perjanjian Versailles (Treaty of Versailles; Traité de Versailles) adalah perjanjian damai pasca Perang Dunia I yang ditandatangani pada tanggal 28 Juni 1919 di kota Versailles, Prancis.

Sumber gambar: users.dickinson.edu/~laurent

Page 33: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JUNI 2013 JASMERAH 33

anggota Sekutu. Beberapa contoh wilayah yang harus dilepaskan Jerman tersebut antara lain daerah Schleswig Utara (diserahkan ke Denmark), Prussia Barat (diserahkan ke Polandia), Alsace, Lorraine (diserahkan ke Prancis), Saarland (dikelola oleh organisasi Liga Bangsa-Bangsa), Danzig (dijadikan kota bebas), dan daerah-daerah koloni Jerman yang berlokasi di Afrika serta Oseania.

Seolah ingin menaburi luka bangsa Jerman dengan garam, pihak Sekutu juga meminta Jerman membayar biaya ganti rugi perang yang jumlahnya sudah pasti sangat besar.

Sebagai tindakan lebih lanjut untuk menjamin agar Jerman tidak cukup kuat untuk menunjukkan ancaman militer lagi ke depannya, pihak Sekutu juga membatasi jumlah maksimal tentara Jerman menjadi hanya 100.000 personil dan melarang Jerman menerapkan wajib militer,

DWIBULAN By Shuma-Gorath

memproduksi kendaraan militer, serta melakukan transaksi persenjataan dengan negara lain. Poin-poin dari Perjanjian Versailles sendiri mulai dijalankan pada bulan Januari 1920.

Perjanjian Versailles kerap disebut-sebut sebagai salah satu faktor tidak langsung yang menyebabkan partai politik pimpinan Adolf Hitler yang bernama Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei - biasa dikenal sebagai Nazi - bisa muncul sebagai penguasa baru Jerman. Karena poin-poin dalam Perjanjian Versailles dianggap terlalu memberatkan dan menginjak-injak harga diri bangsa Jerman, rakyat Jerman merasa frustrasi dan memendam kebencian mendalam pada negara -

Presiden AS, Woodrow Wilson bersama delegasi AS(Sumber gambar: kingsacademy.com)

Sumber gambar: wikipedia.org

Page 34: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JASMERAH JUNI 201334

negara Sekutu. Situasi tersebut lantas dimanfaatkan oleh Nazi untuk menggalang dukungan hingga berhasil tumbuh menjadi kekuatan politik baru yang mendominasi Jerman.

Di bawah kepemimpinan Nazi, Jerman mulai melakukan militerisasi besar-besaran. Tindakan tersebut sebenarnya bertentangan dengan isi dari Perjanjian Versailles, namun negara-negara Sekutu tidak bisa berbuat apa-apa untuk menekan Jerman karena mereka sendiri sedang bergulat dengan krisis Ekonomi Global ( Great Depression). Hasilnya, Jerman pun berhasil meraih kembali predikatnya sebagai raksasa Eropa dan siap mencaplok wilayah milik negara - negara tetangganya karena Jerman

DWIBULAN By Shuma-Gorath

mengganggap wilayah-wilayah tersebut sebagai wilayah Jerman yang “dirampas” negara-negara lain lewat Perjanjian Versailles. Sebagai akibatnya, pecahnya Perang Dunia II pun tak bisa dihindari lagi.

Pecahnya Perang Dunia II sekaligus menunjukkan bahwa Perjanjian Versailles gagal menjamin terciptanya perdamaian di Eropa untuk jangka panjang. Belajar dari pengalaman pahit tersebut, ketika Perang Dunia II berakhir dengan kekalahan Jerman, negara-negara musuh Jerman dalam Perang Dunia II tidak lagi menerapkan poin-poin perjanjian damai yang terlalu memberatkan pihak lawan seperti halnya yang mereka lakukan dalam

Perjanjian Versailles. Sebagai gantinya, negara-negara pemenang Perang Dunia II hanya melakukan proses de-Nazifikasi di tanah Jerman, sementara biaya perbaikan perang mayoritasnya ditanggung oleh AS serta Uni Soviet.

Proses jalannya acara Perjanjian Versailles(Sumber gambar: treatyversailles.wordpress.com)

Page 35: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JUNI 2013 JASMERAH 35

DWIBULAN Shuma-Gorath

1 Juli 1997:Hong Kong Kembali ke Pangkuan Cina

Inggris. Dalam traktat itu pula, nama Hong Kong untuk pertama kalinya disebut dalam dokumen resmi. Menjelang akhir abad ke-19, teritori Hong Kong bertambah luas setelah Inggris berhasil menekan Cina untuk menyerahkan Semenanjung Kowloon dan Teritori Baru (New Territories).

Sejak menjadi koloni Inggris, Hong Kong berkembang menjadi kota pelabuhan dagang yang penting dan jumlah penghuninya mengalami peningkatan pesat. Fasilitas-fasilitas umum modern mulai bermunculan. Jika pada tahun 1861 populasi Hong Kong hanya sekitar 120.000 jiwa, pada tahun 1916 populasi penghuni Hong Kong

Adalah Inggris yang menguasai Hong Kong sejak abad ke-19 yang berjasa mengubah Hong Kong hingga bisa menjadi semaju sekarang. Adapun sebelum dikuasai oleh Inggris, Hong Kong sendiri awalnya merupakan bagian dari wilayah dinasti Cina. Lalu, bagaimana Hong Kong bisa menjadi milik Inggris sebelum kemudian kembali menjadi milik Cina?

Tahun 1839 pecah Perang Candu Pertama antara Dinasti Qing (Cina) melawan Inggris. Perang tersebut berakhir pada tahun 1842 dengan kemenangan pihak Inggris. Lewat Traktat Nanking yang ditandatangani pada bulan Agustus 1842, Hong Kong lalu diserahkan ke pihak Inggris sehingga sejak itu Hong Kong berada di bawah kekuasaan

Hong Kong di masa kini dikenal sebagai salah satu daerah terpadat dan termakmur di dunia. Namun siapa yang menyangka jika beberapa abad sebelumnya, daerah yang kini dikenal sebagai Hong Kong dulunya hanyalah berupa perkampungan nelayan miskin?

Perang Candu Pertama antara Inggris melawan Dinasti Qing (Cina).Sumber gambar: wikipedia.org

Page 36: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JASMERAH JUNI 201336

DWIBULAN Shuma-Gorath

melonjak menjadi 716.000 jiwa. Salah satu penyebab peningkatan populasi tersebut adalah karena lokasi dari Hong Kong yang berada dekat dengan Cina daratan dan dikelola oleh Inggris sehingga Hong Kong kerap menjadi tujuan bagi orang-orang yang melarikan diri dari gejolak sosial dan politik yang sedang terjadi di Cina saat itu.

Tahun 1937, pecah perang Cina-Jepang dan ribuan orang Cina melarikan diri ke Hong Kong untuk menyelamakan diri dari pasukan Jepang.

2 tahun kemudian, pecah Perang Dunia II sehingga posisi Hong Kong menjadi semakin genting karena Inggris dan Jepang berada di pihak yang berseberangan dalam perang. Hong Kong akhirnya benar-benar diinvasi oleh Jepang pada bulan Desember 1941. Pasukan Inggris yang berada di Hong Kong awalnya berusaha melawan sekuat tenaga, namun keunggulan personil dan persenjataan membuat Jepang berhasil menamatkan perlawanan tersebut. Selama menguasai Hong Kong, Jepang menerapkan metode

pemerintahan tangan besi. Kelangkaan makanan dan bahan bakar terjadi di mana-mana. Banyak wanita Hong Kong yang diperkosa tentara Jepang. Setiap hari rakyat Hong Kong hidup dalam penindasan dan ketakutan. Untuk menghemat jatah makanan bagi tentara, Jepang juga mendeportasi banyak warga Hong Kong ke kawasan Cina daratan yang sedang dilanda wabah kelaparan dan penyakit. Sebagai akibatnya, jumlah penduduk Hong Kong pun menurun drastis - dari yang awalnya 1,6 juta jiwa sebelum perang menjadi

Page 37: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JUNI 2013 JASMERAH 37

DWIBULAN Shuma-Gorath

tinggal 600.000 ribu jiwa saat perang berakhir.Bulan Agustus 1945, pihak Sekutu menjatuhkan bom atom ke kota-kota Jepang dan Jepang pun menyerah tanpa syarat di bulan yang sama. Menyerahnya Jepang lantas diikuti dengan kembalinya Hong Kong ke pangkuan Inggris.

Proses pemulihan dan rekonstruksi pasca perang lalu dilakukan. Beberapa tahun kemudian, populasi Hong Kong kembali meningkat pesat usai kemenangan pihak komunis dalam perang saudara Cina di tahun 1949. Karena tidak ingin hidup di bawah pemerintahan komunis, banyak warga Cina daratan

yang kemudian menyeberang ke luar negeri, salah satunya ke Hong Kong.Tahun 1950-an, Hong Kong mengalami periode industrialisasi dan pertumbuhan ekonomi yang pesat. Fenomena tersebut sayangnya diikuti pula dengan makin merajarelanya aktivitas korupsi dan penyogokan pegawai pemerintah di Hong Kong.

Untuk mengatasinya, sebuah badan anti korupsi bernama Independent Commission Against Corruption (ICAC) lalu didirkan pada tahun 1974. Tidak lama usai terbentuk, ICAC melakukan penangkapan massal ratusan pejabat pemerintah yang dianggap korup. Hasilnya, perlahan tapi pasti aktivitas korupsi di Hong

Kong mengalami penurunan yang signifikan.

Sejak tahun 1982, Inggris dan Cina terlibat pembicaraan intensif mengenai masa depan Hong Kong karena berdasarkan perjanjian terakhir antara Cina dan Inggris mengenai Hong Kong di tahun 1899, kekuasaan Inggris atas Hong Kong akan berakhir di tahun 1997. Hasilnya, dicapailah kesepakatan kalau Inggris akan menyerahkan Hong Kong ke tangan Cina di tahun 1997. Tepat pada tanggal 1 Juli 1997 dini hari lewat sebuah upacara resmi, Hong Kong menjadi provinsi baru Cina dengan status otonomi khusus dan sistem politik “1 negara 2 sistem”.

Hongkong dari masa ke masa.

Bendera Hong Kong di bawah pemerintah Inggris (Kanan) dan di bawah pemerintah Cina (kiri)

Page 38: Jasmerah #01 juni-juli 2013

" If you wish to understand the universe, think of energy, frequency and vibration.”

Nikola Tesla (1856 - 1943)

Sumber gambar: forums.3dtotal.com by PredragKrishan

Page 39: Jasmerah #01 juni-juli 2013

39

Lahir pada tanggal 10 Juli 1856 di kota kecil Smiljan (sekarang berlokasi di Kroasia), Tesla adalah anak ke-4 dari 5 bersaudara. Ayahnya berprofesi sebagai pendeta Kristen Ortodoks Serbia, sementara ibunya adalah pembuat perabotan rumah tangga. Sejak kecil, Tesla sudah menunjukkan bakat kecerdasanya seperti mampu menghafal kalkulus integral dan membayangkan benda-benda hingga ke detil-detilnya. Otak encernya lantas membuat dia bisa diterima di Sekolah Politeknik Austria jurusan kelistrikan pada usia 18 tahun. Namun rasa ketagihannya pada judi membuat dia kehabisan uang untuk membiayai studinya sehingga dia terpaksa keluar sebelum berhasil menamatkan studinya.

Tesla lalu pindah ke Hungaria dan kemudian Prancis

Bagi banyak orang, nama Nikola (atau Nikolai) Tesla sebagai ilmuwan mungkin tidak setenar Albert Einstein atau Thomas Alva Edison. Namun, kurang tenar bukan berarti tidak ada yang mengenalnya sama sekali.

Sebagian orang pertama kali mendengar nama Tesla dalam pelajaran fisika karena namanya digunakan sebagai satuan kekuatan medan magnet. Sebagian lagi mengenal Tesla dari game strategi populer Red Alert. Ada pula yang pertama kali mengenal Tesla dari film The Prestige buatan sutradara berbakat Christopher Nolan karena nama dan penemuannya pernah disinggung sekilas di film tersebut.

Jadi, siapa sebenarnya Nikola Tesla, sosok yang di banyak artikel luar negeri kerap disebut sebagai “ilmuwan besar yang terlupakan”? Nikola Tesla adalah seorang ilmuwan fisika yang terkenal karena penemuannya soal gelombang radio dan arus

listrik bolak-balik (alternating current / AC).

Namun selain kedua penemuan tadi, Tesla juga terkenal karena dia pernah mengajukan ide-ide ilmiah yang sifatnya futuristik dan tidak logis pada zamannya, misalnya soal konsep mesin pengendali cuaca HAARP (High Frequency Active Auroral Research Program) dan listrik tanpa kabel. Hal-hal tersebut lantas membuat Tesla menjadi salah satu topik pembicaraan favorit para pecandu teori konspirasi.

BIOGRAFI By Shuma-Gorath

Sang Jenius yang Terlupakan

Nikola Tesla

Tesla (nomor 9 dari kiri) bersama ilmuwan-ilmuwa terhebat pada jaman ituSumber gambar: wikipedia.org

Page 40: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JASMERAH JUNI 201340

untuk bekerja pada perusahaan-perusahaan setempat. Atas rekomendasi dari atasan perusahaan tempatnya bekerja di Paris, Tesla lalu pergi ke Amerika Serikat (AS) pada tahun 1884 untuk bekerja pada perusahaan milik Thomas Alva Edison. Di sana, Tesla berhasil mendesain ulang generator milik perusahaan Edison sekaligus menemukan arus listrik AC setelah Edison menjanjikanya bayaran puluhan ribu dollar AS. Namun alih-alih membayar Tesla sesuai dengan kesepakatan, Edison justru mengklaim kalau dia hanya bercanda soal bayaran tersebut sehingga Tesla mengundurkan diri dari

perusahaan Edison tak lama kemudian.

Tesla lalu mendirikan laboratorium dan perusahaan sendiri atas bantuan para investor yang tertarik akan ketrampilannya. Selama periode inilah, Tesla mempatenkan banyak penemuan yang memakai arus listrik AC. Situasi tersebut tidak disukai oleh Edison dan perusahaan pendukungnya yang masih memakai arus listrik DC (Direct Current) pada benda-benda produksinya sehingga mereka pun berupaya meyakinkan publik kalau AC adalah arus listrik yang berbahaya. Salah satu contoh upaya tersebut adalah ketika

mereka menyetrum seekor gajah bernama Topsy di depan umum hingga tewas. Kendati demikian, arus listrik AC pada akhirnya tetap lebih disukai publik karena arus listrik AC lebih efisien dan lebih sederhana ketimbang arus listrik DC.

Dimulainya Masa-Masa Sulit

Tahun 1895, Tesla tertimpa musibah setelah laboratoriumnya terbakar bersama dengan hasil-hasil penelitiannya. Namun, Tesla tidak patah semangat dan terus melanjutkan penelitiannya - kali ini mengenai gelombang radio. Tesla berhasil mendapatkan hak paten atas penemuannya

BIOGRAFI By Shuma-Gorath

Magnifying Transmitter, salah satu hasil eksperimen TeslaSumber gambar: wikipedia.org

Page 41: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JUNI 2013 JASMERAH 41

BIOGRAFI By Shuma-Gorath

tersebut di tahun 1900. Namun beberapa tahunkemudian, lembaga hak paten AS meralat keputusannya dan malah menyerahkan hak paten radio ke Gugliemo Marconi yang baru menyerahkan hasil penemuannya ke lembaga hak paten AS beberapa bulan setelah Tesla melakukannya! Tesla merasa tidak terima dan menuntut Marconi di tahun 1911, namun keterbatasan finansial membuat kasus tersebut berakhir dengan kemenangan Marconi. Baru pada tahun 1943 alias beberapa bulan sesudah Tesla meninggal, pemerintah AS kembali menyatakan Tesla sebagai pemilik hak paten.

Tahun 1901, Tesla mulai membangun menara pemancar gelombang tanpa kabel bernama Wardenclyffe di Long Island, AS. Tesla berharap jika proyeknya ini berhasil, menara tersebut nantinya bisa digunakan sebagai sarana komunikasi tanpa kabel melintasi Samudera Atlantik. Untuk mendukung proyek tersebut, Tesla mendapat dukungan finansial dari pebisnis John Pierpont Morgan. Namun malang bagi Tesla, proyek tersebut harus dibatalkan di tengah jalan akibat kekacauan finansial, masalah buruh, dan terhentinya dukungan dari Morgan. Menara Wardenclyffe akhirnya benar-benar musnah setelah pada tahun

1917, tentara AS meledakkannya karena khawatir menara tersebut bisa digunakan oleh mata-mata Jerman dalam Perang Dunia I.

Tahun 1916, Tesla dinyatakan bangkrut, sejak itu ia harus bertahan hidup dengan kondisi keuangan seadanya. Situasi tersebut tidak mengurangi semangat Tesla untuk terus melakukan eksperimen. Tahun 1930-an, Tesla mengklaim bahwa ia berhasil menemukan konsep “sinar kematian” (death ray), sebuah perangkat penembak sinar destruktif yang bisa menghancurkan 10.000 pesawat dalam radius 200 mil! Tesla lantas mulai menawarkan idenya ke pemerintah negara-negara besar seperti AS, Inggris, serta Yugoslavia. Namun, ide Tesla tersebut tak pernah berhasil diwujudkan menjadi senjata versi nyata hingga sekarang.

Bulan Januari 1943, Tesla menghembuskan nafas terakhirnya di kamar hotel tempatnya tinggal akibat terkena trombosis koroner. Ia meninggal dalam kesendirian, kemiskinan, dan penuh hutang. Akhir yang memilukan untuk seseorang yang sudah berjasa besar bagi perkembangan teknologi umat manusia. Jasadnya lalu dibakar pada bulan yang sama dengan kematiannya dan abunya dikirim ke Belgrade (sekarang berada

Berbagai penemuan tesla: Radio Controler, Wardenclyffe Plant dan AC GeneratorSumber gambar: wikipedia.org

di Serbia) pada tahun 1957. Pasca kematiannya, banyak kertas hasil risetnya yang menghilang sehingga ide-idenya yang belum terealisasi pun kini menjadi topik pembicaraan hangat di antara para penggemar teori konspirasi, utamanya soal HAARP dan sinar kematian.

Page 42: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JASMERAH JUNI 201342

Kegemilangan timnas di era Orla tidak lepas dari kebijakan Sukarno yang ingin menjadikan sepak bola sebagai alat pemersatu bangsa dan menunjukkan kedigdayaan Indonesia di mata dunia. Sebagai langkah awal, R. Maladi ditunjuk sebagai ketua umum PSSI di tahun 1950. Maladi adalah mantan kiper yang aktif memperkuat timnas pada

tahun 1930 hingga 1940-an dan merupakan salah satu tokoh sepak bola nasional paling menonjol saat itu sehingga ia dianggap sebagai sosok yang paling tepat untuk menahkodai PSSI.

Kejayaan timnas sendiri tidak datang secara instan. Di tahun 1950, timnas mengikuti ajang Asian Games di New Delhi dan langsung tersingkir

dini karena dihajar tim tuan rumah India 0-3. Setahun kemudian, timnas diundang untuk mengikuti turnamen persahabatan di Singapura. Dalam turnamen inilah timnas mulai menunjukkan peningkatan performa dan memikat perhatian khalayak sepak bola Asia. Indonesia sukses membenamkan Singapore Malays (juara Liga Malaysia dan Singapura) 7-0, Singapore A 4-1, dan Combine Singapore (juara Piala Malaya) 4-1. Kemenangan-kemenangan tersebut dianggap mengejutkan karena skornya yang telak dan reputasi timnas Indonesia saat itu yang masih kurang dikenal.

Tahun 1953, Indonesia melakukan pertandingan persahabatan melawan Yugoslavia di Lapangan Ikada, Jakarta, dan kalah 0-2. Walaupun kalah, pertandingan ini menjadi penting karena pertandingan tersebut menjadi ajang perekat hubungan negara Indonesia dan Yugoslavia

Mengenang Kejayaan Tim Nasional Era Orde Lama

KISAH By Shuma-Gorath

Sepak bola adalah olah raga paling populer di Indonesia selain badminton. Sayang, prestasi tim nasional Indonesia di kancah sepak bola dunia dan Asia bisa dibilang memprihatink-an. Namun jika kita mundur ke belakang, kita boleh sedikit berbangga karena di era Orde Lama (Orla) pimpinan Sukarno, timnas Indone-sia merupakan salah satu timnas paling dise-gani di Asia walaupun tidak pernah lolos ke Piala Dunia.

Pertandingan indonesia VS Yugoslavia tahun 1953

Page 43: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JUNI 2013 JASMERAH 43

yang notabene memiliki kesamaan ideologi. Makin dekatnya hubungan antara Indonesia dan Yugoslavia pada gilirannya membuat PSSI sukses merekrut Tony Pogacnik sebagai pelatih baru timnas. Sejak dilatih oleh pria kelahiran Split, Yugoslavia inilah, timnas mengalami lonjakan performa yang signifikan dan memasuki masa-masa emasnya.

Dimulainya Era Pogacnik

Ujian pertama Pogacnik adalah Asian Games 1954 di Manila, Filipina. Di bawah kepemimpinannya, Indonesia berhasil menggilas Jepang 5-3 dan India 4-0 di babak penyisihan grup sehingga Indonesia berhak maju ke babak semifinal. Sayang, di babak semifinal ini pula langkah Indonesia harus terhenti usai dikalahkan Taiwan 2-4.

Indonesia lagi-lagi harus tersungkur setelah pada perebutan tempat ketiga, timnas kalah di tangan Burma (Myanmar) dengan skor tipis 4-5.

Tahun 1956 alias 2 tahun kemudian, Indonesia untuk pertama kalinya tampil di Olimpiade yang mengambil tempat di Melbourne, Australia. Lolosnya Indonesia ke Olimpiade sendiri sedikit berbau keberuntungan karena Taiwan yang harusnya menjadi lawan Indonesia di babak kualifikasi dinyatakan kalah WO akibat telat mengirimkan daftar pemain. Di babak awal Olimpiade, Indonesia lagi-lagi kejatuhan durian runtuh setelah tim-tim yang harusnya menjadi lawan Indonesia pada babak tersebut (Cina, Mesir, Hongaria, Turki, dan Vietnam) dinyatakan kalah WO karena tidak hadir.

Pada pertandingan perdana Indonesia di Olimpiade, Ramang dkk. harus langsung bertemu dengan Uni Soviet yang saat itu merupakan salah satu raksasa sepak bola dunia dan masih diperkuat oleh kiper legendaris Lev Yashin. Secara fenomenal, Indonesia yang tampil dengan formasi agresif 4-3-3 berhasil menahan imbang Uni Soviet 0-0! Pertandingan tersebut lantas kerap disebut-sebut sebagai salah satu pencapaian terbaik timnas hingga sekarang. Sayang, akibat terlalu lelah Indonesia akhirnya digunduli Soviet 0-4 dalam partai ulangan 2 hari sesudahnya. Uni Soviet sendiri akhirnya keluar sebagai juara setelah berhasil mengalahkan Yugoslavia di final.

Tidak lama seusai Olimpiade, timnas dikirim ke Eropa Timur untuk beruji coba

KISAH By Shuma-Gorath

Lapangan Ikada, Jakarta

Tony Pogacnick, Pelatih TimNas Indonesia asal Yugoslavia

Page 44: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JASMERAH JUNI 201344

dengan timnas-timnas kawasan setempat. Pada partai uji coba pertama yang digelar di Beograd, Yugoslavia, pada tanggal 9 September, Indonesia digulung tim tuan rumah 0-2. Beberapa hari kemudian, Indonesia bertanding melawan Kroasia di Zagreb dan dicukur 0-5. Pertandingan terakhir Indonesia dalam rangkaian kunjungannya di Eropa Timur adalah melawan Jerman Timur di mana Indonesia lagi-lagi menelan kekalahan - kali ini dengan skor 1-3. Meskipun selalu mengalami kekalahan, pertandingan tersebut sukses menambah pengalaman timnas dan memperkuat hubungan diplomatik Indonesia dengan negara-negara Eropa Timur.

Tahun 1957, Indonesia berpartisipasi dalam Turnamen Merdeka yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia. Dalam turnamen tersebut, Indonesia berhasil mengukuhkan statusnya sebagai “macan Asia Tenggara” usai menerkam Thailand, Vietnam Selatan, dan tuan rumah Malaysia. Sayang, Indonesia gagal menjadi juara karena kalah dari Hong Kong di partai final. Masih di tahun yang sama, Indonesia juga mulai mengikuti kualifikasi Piala Dunia dan sukses membenamkan Cina di babak awal kualifikasi dengan agregat 5-4. Namun, impian Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia batal terwujud setelah

KISAH By Shuma-Gorath

Indonesia dinyatakan kalah WO usai menolak bertanding melawan Israel karena alasan solidaritas dengan Palestina.

Tahun-Tahun Terakhir

Kendati “gagal” di kualifikasi Piala Dunia, Indonesia masih menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu raksasa sepak bola Asia. Di Asian Games 1958, Indonesia berhasil meraih medali perunggu cabang sepak bola usai menyingkirkan tim-tim kuat pada masa itu seperti India, Filipina, dan Burma. Tahun 1960, Indonesia lagi-lagi menjadi juara ketiga, namun kali ini dalam Turnamen Merdeka

R. Maladi, Ketua Umum PSSI Tahun 1950

Ramang, salah satu bintang sepakbola yang dimiliki oleh Idonesia pada era Sukarno

Page 45: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JUNI 2013 JASMERAH 45

di Malaysia. Baru pada Turnamen Merdeka tahun 1961 dan 1962, Indonesia bisa keluar sebagai juara pertama. Tahun 1962, Indonesia mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah Asian Games. Namun, upaya timnas untuk tampil dengan kekuatan penuh di rumah sendiri mendapat ujian berat setelah beberapa pemain idak bisa diikutsertakan akibat terjerat skandal suap. Berkurangnya kekuatan timnas lantas ikut mempengaruhi performa mereka di lapangan hijau. Setelah berhasil menghajar Vietnam 3-1 dan Filipina 6-0, tuan rumah Indonesia akhirnya tersingkir dini usai dikalahkan tim negeri jiran Malaysia dengan skot tipis 2-3.

Asian Games 1962 juga membawa cerita lain bagi Indonesia. Karena kondisi

KISAH By Shuma-Gorath

politik internasional saatitu, Indonesia menolak keikutsertaan Israel dan Taiwan sehingga keanggotaan Indonesia di Olimpiade pun dibekukan oleh International Olympic Commitee (IOC). Sebagai balasan atas tindakan IOC tersebut, Indonesia menggelar turnamen Olimpiade tandingan dengan nama Games of New Emerging Forces (Ganefo). Ganefo digelar pada tahun 1963 dan diikuti oleh 40 lebih negara. Layaknya Olimpiade, Ganefo juga mempertandingkan banyak cabang olah raga dan sepak bola termasuk salah satu di antaranya.

Tahun 1965, terjadi peristiwa penting dalam sejarah Indonesia. Pecah peristiwa Gerakan 30 September (G30S) yang berujung pada dibubar kannya Partai Komunis Indonesia (PKI)

dan berakhirnya rezim Sukarno. Perubahan iklim politik nasional yang begitu cepat lantas berdampak pula pada sepak bola. PSSI memecat Pogacnik dan menggantinya dengan E. A. Mangindaan. Pengembangan sepak bola nasional menjadi agak terbengkalai karena Suharto selaku penerus dari Sukarno lebih tertarik untuk fokus membangun perekonomian nasional.

Upaca Pembukaan GANEFO I yang diseleng-garakan di Jakarta, tahun 1963

Page 46: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JASMERAH JUNI 201346

COVER STORY By Jokiez

Melihat jawaban dari pertanyaan tersebut rasanya timbul rasa tergelitik. Mengapa? Karena sepertinya banyak yang kurang mengenal siapa Al-Khawarizmi, padahal dalam pelajaran matematika sehari-hari, kita sedang belajar tentang karya beliau. Al-Khawarizmi adalah seorang tokoh matematika, astronomi dan geografi yang berasal dari Persia (sekarang Iran, red). Beliau adalah seorang pengajar di sekolah kehormatan di Baghdad. Muḥammad bin Mūsā al-Khawārizmī adalah nama asli dari Al-Khawarizmi. Beliau lahir pada tahun 780 di Khwārizm (sekarang Khiv turut serta diperkenalkana, Uzbekistan) dan meninggal sekitar tahun 850 di Baghdad.

Salah satu peninggalan beliau yang sangat mazhur dan terkenal adalah aljabar. Kata aljabar yang berasal dari kata Al-Jabr adalah satu dari dua operasi dalam matematika untuk menyelesaikan notasi kuadrat. Selain Al-Jabr, beliau juga melakukan translasi bahasa Latin dari Arimethica. Al-Khawarizmi juga mengenalkan penggunaan numerik India, yang akhirnya diperkenalkan ulang lagi dalam “Sistem Penomoran Posisi Desimal” di dunia barat.

Mengenal Al-Khwarizmi,Tokoh Dibalik Al-JabarQ : Kamu tahu siapa itu Al-Khawarizmi?A : Wah, enggak tahu.Q : Kalau aljabar?A : Itukan salah satu materi yang ada di pelajaran matematika!

Sumber gambar: Cover buku Al Khwarizm - The Inventor of Algebra by Corona Bresina

Page 47: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JUNI 2013 JASMERAH 47

2. Kuadrat jumlah yang sama (ax^2 = c)

3. Jumlah yang sama akar (bx = c)

4. Kuadrat dan akar jumlah yang sama (ax^2 + bx = c)

5. kuadrat dan akar yang sama nomor (ax^2 + c = bx)

6. Akar dan jumlah yang sama kotak (bx + c = ax^2)

Kehidupan Pribadi Al-Khawarizmi Al-Khawarizmi lahir di Persia dengan nama aslinya adalah Muhammad ibn Musa al-Khwārizmī al-Majousi al-Katarbali), nama/gelar Al-Khawarizmi berasal dari tempat kelahirannya yaitu Khwarezm (oasis besar di daerah Asia Tengah). Ibnu al-Nadim dalam Kitab al-Fihrist menulis sedikit tentang biografi Al-Khawarizmi. Tahun 813 sampai 833 merupakan tahun dimana Al-Khawarizmi bekerja menjadi seorang ilmuwan di Baghdad.

Kitab al-Jabr wa-l-Muqabala

Al-Jabr, atau aljabar adalah karya Al-Khawirizmi yang paling terkenal. Geometri, teori angka dan analisis adalah inti dan basis daripada Al-Jabr. Dalam bahasa Inggris, aljabar disebut dengan algebra. Penjelasan tentang aljabar disampaikan oleh Al-Khawarizmi dalam bukunya yang berjudul Al-kitāb al-mukhtasar fī hisāb al-ğabr wa’l-muqābala dalam bahasa inggris diterjemahkan menjadi “The Compendious Book on Calculation by Completion and Balancing” yang di dalamnya ditulis dalam bahasa Arab, di dalamnya terkandung bahasan lebih mendalam tentang aljabar.

Pada abad ke-12 buku ini diterjemahkan ke dalam bahasa latin dan diberi judul “Liber Algebrae et Almucabola”. Selain nama Al-Khawarizmi, dalam buku ini terdapat juga nama Abū Hanīfa al-Dīnawarī,

Abū Kāmil Shujā ibn Aslam, Abū Muhammad al-’Adlī, Abū Yūsuf al-Missīsī, ‘Abd al-Hamīd ibn Turk, Sind ibn ‘Alī, Sahl ibn Bišr, and Šarafaddīn al-Tūsī yang terpublis di dalamnya.

Apa isi buku ini? Al-jabr wal-Muqabala berisi tentang operasi dan persamaan kuadrat dan cara penyelesaiannya dengan menggunakan metode aljabar. Kata muqabala yang menjadi judul dalam buku ini memiliki arti korespondensi atau keseimbangan, yaitu tanda sama dengan (=) yang menyelesaikan persamaan kuadrat. Terjemahan dalam bahasa Latin biasa menyebut operasi ini dengan nama algebra yang diterjemahkan oleh Robert of Chester.

Operasi-operasi yang ada dalam buku ini dapat diringkas menjadi :

1. Kuadrat akar yang sama (ax^2 = bx)

COVER STORY By Jokiez

Khwarezm - Persia, tanah kelahiran Al KhwarizmiSumber gambar: wikipedia.org

Page 48: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JASMERAH JUNI 201348

memperlihatkan tentang koordinat dan lokasi dasar di bumi, dengan berani dalam mengevaluasi sebuah nilai panjang dari Laut Mediterania dan lokasi pada kota-kota Afrika dan Asia dengan mengoreksi data dari Ptolemeus. Buku ini dianggap sebagai versi revisi dari Geographia karya Ptolemy.

Zīj al-sindhind merupakan karya Al-Khawarizmi yang membahas astronomi. Buku ini berisikan 37 simbol kalkulasi pada kalender astronomi dan juga 116 tabel dengan cakupan kalenderial, astronomial dan data astrologikal yang sampai sekarang diakui menjadi referensi yang apik. Al-Khawarizmi juga menulis sebuah risalah, atau penelitian pada kalender Yahudi yang dikenal dengan judul Risāla fi istikhrāj taʾrīkh al-yahūd.

COVER STORY By Jokiez

Salah satu halaman dalam kitab Al-jabr wal-Muqabala karangan Al KhwarizmiSumber gambar: wikipedia.org

Sosoknya diabadikan dalam sebuah patungSuber gambar: wikipedia.org

Masa kegemilangan Islam adala periode dimana Al-Khawarizmi berkarya dan menelurkan karya-karya besar seperti aljabar. Pada masa ini pulalah Baghdad menjadi pusat Ilmu, bahkan para pencari ilmu dari Cina dan India menyempatkan untuk datang ke Baghdad guna belajar tentang ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada disana.

House of Wisdom (disebut juga Bait Al-Hikmah) yang dibangun pada masa Khalifah Al-Ma’mun adalah tempat kerja dari Al-Khawarizmi yang bekerja sebagai seorang pengajar, di tempat inilah beliau mengajarkan tentang teori-teori matematika yang ditranslasikan kedalam tulisan yunani dan sansekerta. D.M Dunlop menduga beberapa kemungkinan bahwa Muhammad ibn Mūsā al-Khwārizmī adalah orang yang sama dengan Muhammad ibn Mūsā ibn Shākir, yang tertua dari Bani Musa.

Kontribusi lain dari Al-Khawarizmi

Selain kontribusi pada bidang juga berkontribusi di bidang Geografi, Astronomi dan kartografi. Ada juga karyanya berupa trigonometri dan kalkulasi yang berbasis pada numerik India. Beliau juga melakukan berbagai koreksi dari karya Ptolemeus di Afrika dan Timur Tengah, dan beberapa buku lain di bidang selain matematika. Buku kedua beliau dengan judul Dixit algorizmi (Seperi Kata Al-Khawarizmi) merupakan buku yang juga membahas masalah aritmatika. Sayangnya hanya ada versi bahasa Latin dari karyanya ini. Versi asli dalam bahasa Arab sudah hilang. Translasi pada buku ini diperkirakan dikerjakan oleh Adelard of Bath pada abad keduabelas.

Kitab Surah al-Ard juga merupakan karya besar beliau yang lain di bidang geografi dan merupakan buku ketiga dari Al-Khawarizmi yang mana isi dari buku tersebut adalah

Page 49: Jasmerah #01 juni-juli 2013

JUNI 2013 JASMERAH 49

VENI, VIDI...

Kota Yakutsk yang terletak di Rusia adalah kota terdingin di dunia. Suhu terendah yang pernah tercatat di kota tersebut adalah minus 64,4 derajat Celcius!

Bangsa Arab pernah mendirikan kerajaan di Pulau Sisilia (sebuah pulau yang terletak di selatan Italia) pada abad ke-9 hingga abad ke-11.

Saat Khmer Merah masih menguasai Kamboja, orang-orang berkacamata menjadi sasaran penangkapan massal karena orang berkacamata dianggap sebagai golongan terpelajar yang sudah terkontaminasi oleh pendidikan Barat.

Kazakhstan adalah negara tanpa wilayah laut terluas di dunia.

Israel dalam sejarahnya pernah menjadi anggota dari 3 konfederasi sepak bola sekaligus: Asia / AFC (1954-1974), Oseania / OFC (1974-1991), dan Eropa / UEFA (1991-sekarang).

Liberia adalah satu- satunya negara Afrika yang tidak pernah dijajah dan diduduki oleh bangsa Eropa.

Diktator Soviet di era Perang Dunia II, Josef Stalin, tidak menyandang nama demikian sejak lahir. Nama aslinya adalah Losif Vissarionovich Dzhugashvili.

Ia baru menyebut dirinya dengan nama ‘Stalin’ (Manusia Baja) sejak tahun 1910.

Nepal adalah satu- satunya negara yang bendera nasionalnya tidak berbentuk segi empat.

Ikan nila bukanlah ikan asli Indonesia. Ikan tersebut aslinya berasal dari Afrika dan baru masuk ke Indonesia pada tahun 1960-an.

Jerry Siegel dan Joe Schuster pertama kali menciptakan karakter Superman pada tahun 1933. Bukan sebagai pahlawan super, namun sebagai penjahat botak dan berkekuatan telepati!

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10