Jaringan Pada Hewan: Jaringan Epitel

download Jaringan Pada Hewan: Jaringan Epitel

of 25

  • date post

    09-Feb-2016
  • Category

    Documents

  • view

    104
  • download

    4

Embed Size (px)

description

Jaringan Epitel Pada Hewan

Transcript of Jaringan Pada Hewan: Jaringan Epitel

JARINGAN PADA HEWAN

JARINGAN PADA HEWANJARINGAN EPITELJaringan EpitelTersusun atas struktur yang rapat dengan sedikit atau tidak ada ruang interseluler, dan bagian dasarnya disokong oleh suatu membran basal. Epitel PenutupJaringan EpitelEpitel kelenjarCiri-Ciri Jaringan EpitelTerdiri atas sel sel yang berisi, bersudut banyak (poligonal) dan terkadang bentuknya tidak teratur.Sel sel tersusun rapat tanpa atau sedikit ruang interseluler.Sel epitel memiliki daya regenerasi yang tinggi untuk menggantikan sel sel epitel yang rusak.Beberapa jenis jaringan epitel memiliki tonjolan yang disebut mikrovili.Tidak mengandung pembuluh darah dan pembuluh limfa, sehingga nutrisi diperoleh secara difusi dari cairan jaringan ikat dibawahnya.

Fungsi Jaringan EpitelUntuk melindungi jaringan di bawahnya dari dehidrasi atau pengaruh agen kimiawi maupun biologi.Absorbsi (penyerapan sari makanan), misalnya pada epitel sel usus halus.Sekresi, menghasilkan zat atau enzim dari epitel membran maupun kelenjar.Ekskresi, membuang sisa sisa metabolisme air, CO2, dan garam garam tertentu.Eksteroreseptor, menerima stimulus dari lingkungan.Membantu respirasi, misalnya pada hewan yang hidup di air.

Jaringan Epitel Berdasarkan Bentuk SelEpitel Pipih SelapisCiri ciri :Berbentuk pipih dan hanya terdiri dari satu lapisan saja.Semua sel terletak di atas membran basal dan mencapai permukaan.Jika dilihat dari permukaan, tampak seperti ubin dengan batas tepi sel yang tidak teratur.Inti sel berbentuk bulat.Nukleusnya terletak di tengah-tengahSitoplasmanyatampak jernih.Fungsi :Sebagai endothelium atau selaput tipis di bagian dalam rongga dan saluran.Tempat terjadinya difusi zat.Tempat terjadinya infiltrasi zat.Tempat terjadinya osmosis zat.Tempat terjadinya ekskresi.

Epitel Pipih SelapisContohEpitel pipih selapis terdapat pada:Endotelium.Mesotelium.Lapisan parietal kapsul Bowman dan lengkung Henle pada ginjal.Alveolus paru paru.Selaput pada telinga tengah.Selaput pada telinga dalam.

Epitel Pipih BerlapisCiri ciri :Tersusun atas beberapa lapis sel-sel pipih dan tersusun sangat rapat, tetapi pada lapisan sel-sel yang lebih dalam dapat berbentuk koloid atau silindris.Sel selepitel pipih memiliki sitoplasma yang jernih dan inti sel berbentuk bulat.Fungsi :Melindungi dari pengaruh luar yang membahayakan.Selaput pelindung saluran dalam.Penghasil lendir mucus (lendir pada peristiwa sekresi).

Epitel Pipih BerlapisContohEpitel pipihberlapis terdapat pada :Kulit.Laring.Dinding vagina.Rongga mulut.Esofagus.Anus.Kornea mata.

Epitel Kubus SelapisCiri ciri :Tersusun dari satu lapisan sel berbentuk kubus.Inti sel berbentuk bulat besar.Epitel ini memiliki nukleus di tengah.Sitoplasmanya jernih.

Fungsi :Sebagai lapisan pelindung atau proteksi.Tempat penyerapan zat atau absorbsi.Penghasil lendir mucus.

Epitel Kubus SelapisContohEpitel kubus selapis terdapat pada :Pada ginjal (bagian nefron, tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal).Pada ovarium (bagian permukaan luar).Kelenjar ludah.Tiroid.Pankreas.Lensa mata.

Epitel Kubus BerlapisCiri ciri :Terdiri atas lebih dari satu lapis sel sel berbentuk kubus.Sel sel bagian permukaannya berukuran lebih kecil daripada sel sel yang terletak pada lapisan basal.

Fungsi :Sebagai proteksi, yaitu sebagai lapisan pelindung.Sebagai absorbsi atau tempat penyerapan zat.Sebagai sekresi.

Epitel Kubus BerlapisContohEpitel kubus berlapis terdapat pada :Saluran keluar kelenjar keringat.

Epitel Silindris SelapisCiri ciri :Tersusun dari satu lapis sel sel berbentuk silinder atau tabung.Diantara sel sel silindris umumnya terdapat sel goblet, yaitu sel sel berbentuk piala yang menghasilkan lendir.Sitoplasmanya jernih.Nukleusnya terletak di dekat dasar.

Fungsi :Fungsi proteksi, yaitu sebagai lapisan pelindung.Fungsi absorbsi atau tempat penyerapan zat.Fungsi difusi atau tempat terjadinya pertukaran zat.

Epitel Silindris SelapisContohEpitel silindris selapis terdapat pada :Uterus (rahim).Tuba uterina (buluh rahim).Duktus eferens pada testis.Bronkus intrapulmoner.Kanalis sebtralis pada medula spinalis.Saluran pencernaan (lambung, usus halus, dan kantong empedu).

Epitel Silindris Selapis BersiliaCiri ciri :Bentuknya hampir sama dengan epitel silindris berlapis.Memiliki bulu-bulu getar atau silia.Sitoplasmanya jernih.Nukleusnya terletak di dekat dasar.

Fungsi :Penghasil lendir mucus yang berguna menangkan berbagai benda asing yangmasuk.Getaran silianya mampu menghalau benda asing yang masuk atau yang melekat pada mucus.

Epitel Silindris Selapis BersiliaContoh :Epitel silindris selapis bersilia terdapat pada :Uterus (rahim).Tuba uterina (buluh rahim).Duktus eferens pada testis.Bronkus intrapulmoner.Kanalis sebtralis pada medula spinalis

Epitel Silindris BerlapisCiri ciri :Tersusun dari lapisan sel sel berbentuk silindris pada lapisan permukaanya, tetapi sel sel pada lapisan basal relatif lebih pendek dan berbentuk polihedral tidak teratur.Tingginya bervariasi.Nukleus sel terdapat pada ketinggian yang berbeda beda.

Fungsi :Sebagai proteksi.Sebagai sekresi.

Epitel Silindris BerlapisContohEpitel silindris berlapis banyak terdapat pada :Uretra.Laring.Trakea.Faring.Kelenjar ludah.

Epitel TransisionalCiri ciri :Bentuknya dapat berubah dan berlapis lapis.Pada lapisan basal terdiri atas sel sel kubus hingga silindris, lapisan tengah terdiri atas sel sel kubus polihedral, dan lapisan permukaan dalam (superfisial) terdiri atas sel sel yang bentuknya bervariasi dari kubus hingga pipih, bergantung pada peregangan.

Fungsi :Memungkinkan perubahan bentuk.Menahan regangan dan tekanan.

Epitel TransisionalContoh :Epitel transsisional ini terdapat padalapisan sistem urinaria, yaitu:Pelvis renalis.Ureter.Kandung kemih.Uretra.

Epitel KelenjarFungsi :Mengeluarkan sekret. Material sekresinya biasanya cair dan berisi substansi seperti enzim, hormon, mucin atau asam lemak.Kelenjar terbentuk karena pelipatan, penumpukan dan invaginasi lapisan epitel yang terjadi dalam masa pembentukan jaringan sehingga terbentuk kelenjar.

Epitel KelenjarEpitel PenutupFungsi:Pelindung atau proteksi jaringan yang berada di sebelahdalamnya, misalnya jaringan epitelium kulit dan selaputrongga mulut.Sebagai kelenjar, yaitu jaringan yang menghasilkansekret. Ada dua macam kelenjar yaitu kelenjar eksokrindan kelenjar endokrin.Penerima rangsang (reseptor) disebut epiteliumsensori atau neuroepitelium. Epitelium sensorikebanyakan berada di sekitar alat indra.Pintu gerbang lalu lintas zat, berfungsi melakukanpenyerapan zat ke dalam tubuh dan untuk mengeluarkanzat dari dalam tubuh, misalnya:pada alveolus paru-paru, untuk keluar masuknyaO2dan CO2,pada jonjot usus halus, untuk penyerapan zat makanan,danpada nefron, untuk lewatnya urine.

Thank You