Jaringan Komputer - Web view Jaringan Komputer. A. Jaringan Komputer. Jenis jaringan komputer...

download Jaringan Komputer - Web view Jaringan Komputer. A. Jaringan Komputer. Jenis jaringan komputer terbagi

of 28

  • date post

    06-Oct-2020
  • Category

    Documents

  • view

    6
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of Jaringan Komputer - Web view Jaringan Komputer. A. Jaringan Komputer. Jenis jaringan komputer...

Jaringan Komputer

A. Jaringan Komputer

Jenis jaringan komputer terbagi dalam dua klasifikasi, yaitu berdasarkan teknologi transmisi dan berdasarkan jarak. Berikut ini uraiannya:

1. Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Teknologi Transmisi

Jenis berdasarkan teknologi transmisi dibagi menjadi dua, yaitu jaringan broadcast dan jaringan point-to-point. Berikut ini uraiannya.

a. Jaringan Broadcast

Jaringan ini menggunakan saluran komunikasi tunggal yang digunakan semua komputer atau mesin yang terhubung pada jaringan ini secara bersama-sama. Data yang berukuran kecil dalam paket dikirimkan oleh satu mesin dan akan diterima oleh mesin-mesin lainnya yang terhubung dalam jaringan. Mesin yang menerima paket tersebut akan mengecek alamat tujuan paket. Bila paket tersebut ditujukan kepada mesin yang menerima, maka paket akan diproses, tetapi bila ditujukan kepada alamat mesin lain, maka mesin akan mengabaikan paket tersebut.

b. Jaringan Point-to-Point

Jaringan in terdiri atas beberapa komputer atau mesin yang seringkali harus memiliki banyak rute karena jaraknya berbeda. Dalam mengirimkan paket dari satu mesin sumber ke suatu tujuan, paket jenis jaringan ini harus melalui mesin perantaranya yang bisa melalui banyak rute.

Umumnya jaringan lokal atau jaringan yang secara geografis kecil cenderung memakai broadcast, sedangkan jaringan yang lebih besar dapat menggunakan point-to-point.

2. Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jarak

Jenis jaringan berdasarkan jarak terbagi tiga, yaitu Local Area Network, Metropolitan Area Network (MAN) dan Wide Area Network (WAN). Berikut ini uraiannya.

a. Local Area Network (LAN)

Jaringan ini disebut sebagai jaringan area lokal, yaitu jaringan yang terbatas untuk area kecil, seperti pada lingkungan perkantoran di sebuah gedung, sekolah atau kampus. Dalam jaringan LAN, terdaapt satu komputer yang biasanya dijadikan file server. Fungsinya adalah unnntuk memberikan layanan perangkat lunak (software), mengatur aktivitas jaringan dan menyimpan file. Selain adanya komputer server, ada pula komputer lain yang terhubung dalam jaringan (network) yang disebut dengan workstation (Client). Pada umumnya teknologi LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan komputer-komputer yang digunakan.

Jenis Jaringan

Jarak antar Processor

Letak Processor di Tempat Sama

Local Area Network

10 m

Ruangan

100 m

Gedung

1 km

Kampus

b. Metropolitan Area Network (MAN)

Jaringan ini mempunyai area jaringan lebih luas dari LAN. Jaringan ini disebut sebagai Jaringan Area Metropolitan yang menjangkau antarwilayah dalam satu propinsi. Jaringan MAN menghubungkan jaringan-jaringan kecil yang ada, seperti LAN yang menuju pada lingkungan area yang lebih besar. Contoh beberapa Bank yang memiliki jaringan komputer di setiap cabangnya agar dapat berhubungan satu sama lain sehingga setiap nasabahnya dapat melakukan transaksi menyimpan, mengambil uang atau transaksi di cabang manapun dalam propinsi yang sama.

Jenis Jaringan

Jarak antar Processor

Letak Processor di Tempat Sama

Metropolitan Area Network

10 km

Kota / Propinsi

c. Wide Area Network (WAN)

Jaringan ini mencakup geografis dengan luas area ang mampu menjangkau batas propinsi bahkan sampai negara yang ada dibelahan lain bumi. Jaringan WAN dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dengan menggunakan satelit atau kabel bawah laut. Komunikasi dan transmisi dilakukan dengan menggunakan perangakat mesin atau komputer yang disebut Host.

Jenis Jaringan

Jarak antar Processor

Letak Processor di Tempat Sama

Wide Area Network

100 km

Negara

1000 km

Benua

B. Topologi Jaringan (Bentuk Jaringan)

Topologi jaringan yang di kenal pada umumnya adalah sebagia berikut:

1. Topologi Jaringan Mesh

Pada topologi jaringan mesh, semua komputer yang terhubung adalah sentral atau node. Setiap sentral ini terhubung secara penuh. Setiap kmputer harus menyediakan jumlah saluran yang dibutuhkan olrh setiap sentral lainnya dengan jumlah saluran yang dibutuhkan oleh setiap komputer dihitung dengan rumus jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n = jumlah sentral).

· Kelemahan

o Kurang ekonomis

o Relatif mahal dalam pengoperasiannya

o Semakin banyak jumlah sentral, maka tingkat kerumitan dalam saluran semakin tinggi

2. Topologi Jaringan Star

Topologi jaringan star hanya memiliki satu komputer sebagai sental. Setiap komputer dalam jaringan dihubungkan ke komputer server secara ;langsung atau melalui hubungan dengan tingkat kerumitan lebih ringan dibandingkan Mesh.

· Keunggulan

o Penambahan jumlah sakuran hanya dilakukan oleh satu komuter saja sebagai sentral dengan menggunakan hub

o Dapat menngkatkan unjuk kerja jaringan

o Memiliki Bandwidth atau lebar jalur komunikasi yang lancar

o Setiap komputer mempunyai kabel sendiri sehingga bila terjadi gangguan pada salah satu kabel, maka workstation yang bersangkutan saja yang mengalami gangguan dengan server.

o Penambahan komputer sentral berbarti penambahan pada setiap komputer sentral

· Kelemahan

o Komputer sentral memmiliki beban yang cukup berat sehingga memungkinkan terjadinya kerusakan atau gangguan komputer sentral.

o Jaringan jenis ini membutuhkan banyak kabel

3. Topologi Jaringan Ring

Dalam jaringan Ring, komputer sentral dihubungkan dengan komputer sentral lainnya atau workstation lainnya sehingga membentuk lingkaran jaringan. Dalam proses informasi, setiap server dan workstation akan menerima dan melewati satu komputer ke komputer lain. Informasi hanya diterima bila sesuai dengan alamat server atau workstation dan bila tidak sesuai alamatnya, maka informasi akan dilewatkan.

· Keunggulan

o Tidak terjadi tabrakan data karena hanya satu node yang dapat mengirimkan data pada satu saat pengiriman

· Kelemahan

o Setiap node akan menerima informasi dan mengelolanya untuk selanjutnya diterima atau dilewatkan sehingga bila terjadi gangguan pada salah satu node, maka seluruh jaringan akan terganggu.

4. Topologi Jaringan Bus

Dalam jaringan topologi bus, komputer yang berfungsi sebagai server dan workwtation dihubungkan oleh kabel tnggal atau kabel pusat.

· Keunggulan

o Mudah dalam menambah workstation baru tanpa mengganggu workstation lain

· Kelemahan

o Bila terjadi gangguan kabel pusat, maka seluruh jaringan dalam worksatation akan terganggu

5. Topologi Jaringan Tree

Topologi jaringan ini disebut juga dengan jaringan pohon atau jaringan bertingkat. Topologi jenis ini digunakan untuk interkoneksi antarsentral dengan tingkat atau hirarki yang berbeda

· Keunggulan

o Jika salah satu kabel putus pada workstation atau client, tidak akan mempengaruhi hubungan workstation atau client lainnya

o Kemudahan dalam instalasi dan pemeliharaan

Mengenal Ms. PowerPoint 2007

Micorosoft PowerPoint 2007 adalah program aplikasi untuk membuat presentasi secara elektronik yang handal. Presentasi Power Point dapat terdiri dari teks, grafik, objek gambar,clipart, movie, suara dan objek yang dibuat program lain.

Program ini pun dapat dicetak secara langsung menggunakan kertas, atau dengan menggunakan transparansi untuk kebutuhan presentasi melalui Overhead, serta dapat dicetak untuk ukuran slide film. Apabila dibutuhkan dibagikan kepada audiens sebagai bahan pendukung dalam presentasi, maka kita dapat mencetaknya seperti notes, handout dan outline. Kita juga dapat menampilkan presentasi secara online baik melalui internet maupun intranet.

Tampilan Ms. PowerPoint 2007 mengalami perubahan yang cukup signifikan dibandingkan versi sebelumnya. Pada dasarnya semua tools yang ada pada Ms.

PowerPoint 2007 juga ada versi yang belumnya, tetapi tampilannya sangat berbeda dan terdapat beberapa fitur tambahan. Jika Anda telah menguasai Ms. PowerPoint sebelumnya, maka Anda akan lebih mudah untuk mempelajari kembali penggunannya pada Ms. PowerPoint 2007.

1. Mengaktifkan Ms. PowerPoint

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan Ms. Power Point 2007 yang ada di komputer Anda.. Pengaktifan Ms. Power Point 2007 ini bisa dilakukan dengan langkah berikut :

· Klik START, pilih Program, pilih Microsoft Office, dan kemudian klik Power Point.

Start  Program Microsoft Office  Micorosoft Office PowerPoint 2007

Posisi menu bisa saja tidak sama antara satu komputer dengan computer lainnya,

Gambar 1.1.

Mangaktifkan Ms. PowerPoint 2007

· Jika Anda sudah membuat shortcut dan menempatkannya pada desktop, makaAnda dapat mengaktifkan Ms. PowerPoint 2007 dengan mengklik (double click)icon shortcut tersebut.

2. Lembar Kerja Ms. PowerPoint

Seperti telah disampaikan di atas, tampilan lembar kerja Ms. PowerPoint 2007 berbeda dengan Ms. PowerPoint sebelumnya (mis: Ms. PowerPoint 2003), begitu juga dengan penggunaan istilahnya.

Gambar 1.2.

Lembar Kerja Ms. PowerPoint 2007

Gambar 1.3.

Tool in Ms. PowerPoint

3. Fungsi dari Tools dalam Ms. PowerPoint 2007

Terdapat perbedaan istilah yang digunakan Ms. PowerPoint 2007 dibandingkan versi sebelumnya, antara lain penggunaan istilah Ribbon Tabs untuk menggantikan menubar dan Ribbon untuk kumpulan toolbar (tools group).

1. Fungsi Utama Tombol Ms. Office (Ms. Office Button)

Ms. Office Button berisi fungsi-fungsi utama dari File, antara lain : New, Open,Save, Save as, Prit, Prepare, Send & Publish.

Fungsi Ms. Office Button

2. Quick Access Toolbar berisi