Isbd manusia & lingkungan

download Isbd   manusia & lingkungan

of 13

Embed Size (px)

Transcript of Isbd manusia & lingkungan

  1. 1. Manusia & Lingkungan OLEH: NAFI HADI TAUFIQUL KIROM RIZQIANA FITRIA NINYOMAN SILFIA ANGGRAINI
  2. 2. Latar Belakang Jika kita menelusuri kembali sejarah peradaban manusia di bumi, maka akan terlihat adanya usaha dari manusia untuk menyempurnakan serta meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Ketika awal peradaban manusia hidup mengembara, mereka hidup dari hasil buruan, mencari buah-buahan serta umbi-umbian yang terdapat di hutan dan tempat tinggalnya selalu berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Setelah itu barulah manusia mengenal perihal bercocok tanam dan mulai untuk menetap di suatu wilayah secara berkelompok. Tampaklah disini manusia mempunyai hubungan dengan lingkungan hidupnya, lebih dari itu, manusia telah berusaha pula mengubah lingkungan hidupnya demi kebutuhan dan kesejahteraan. Dari sinilah lahir peradapan sebagai akibat dari kemampuan manusia mengatasi lingkungan.
  3. 3. Pengertian Manusia dan Lingkungan Manusia adalah makhluk hidup ciptaan tuhan dengan segala fungsi dan potensinya yang tunduk kepada aturan hukum alam, mengalami kelahiran, pertumbuhan, perkembangan dan mati dan seterusnya. Lingkungan adalah media dimana makhluk hidup tinggal, mencari kehidupannnya dan memiliki karakter serta fungsi yang khas yang terkait secara timbal balik dengan keberadaan makhluk hidup yang menempatinya.
  4. 4. Manusia dan Lingkungan Hidup Pada hakikatnya, manusia dan lingkungan sangat berhubungan erat, manusia tidak mampu memenuhi kebutuhannya apabila tidak ada lingkungan. Lingkungan amat penting bagi kehidupan manusia. Unsur-sunsur lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu: Unsur hayati (biotik) Unsur sosial budaya Unsur fisik
  5. 5. Unsur hayati (biotik) adalah Komponen biotik pada umumnya merupakan faktor lingkungan yang mempengaruhi makhluk-makhluk hidup
  6. 6. Unsur sosial budaya Adalah lingkungan sosial dan budaya yang dibuat manusia yang merupakan sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk sosial. Kehidupan masyarakat dapat mencapai keteraturan berkat adanya sistem nilai dan norma yang diakui dan ditaati oleh segenap anggota masyarakat.
  7. 7. Unsur fisik (abiotic) Adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri dari benda-benda tidak hidup, seperti tanah, air, udara, iklim, dan lain-lain. Keberadaan lingkungan fisik sangat besar peranannya bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi.
  8. 8. Lingkungan bagi Manusia Arti penting lingkungan bagi manusia adalah sebagai berikut : Lingkungan merupakan tempat hidup manusia. Manusia hidup, berada, tumbuh, dan berkembang di atas bumi sebagai lingkungan. Lingkungan memberi sumber-sumber penghidupan manusia. Lingkungan memengaruhi sifat, karakter, dan perilaku manusia. Lingkungan member tantangan bagi kemajuan peradaban manusia. Manusia memperbaiki, mengubah, bahkan menciptakan lingkungan untuk kebutuhan dan kebahagiaan hidup.
  9. 9. Pengaruh Manusia pada Lingkungan Warga atau masyarakat dapat berperan serta dalam pengelolaan lingkungan hidup. Kesempatan berperan serta itu dapat dilakukan melalui cara sebagai berikut: Meningkatkan kemandirian, keberdayaan masyarakat, dan kemitraan. Menumbuhkankembangkan kemampuan dan kepeloporan masyarakat. Menumbuhkan ketanggapsegeraan masyarakat untuk melakukan pengawasan sosial. Memberikan saran dan pendapat. Menyampaikan informasi dan/atau menyampaikan laporan.
  10. 10. Permasalahan yang Timbul pada Lingkungan Banyak permasalahan-permasalahan yang timbul di lingkungan diantaranya adalah : 1. Kerusakan lingkungan hidup 2. Masalah erosi dan banjir 3. Pencemaran tanah 4. Pencemaran air 5. Pencemaran udara 6. Pencemaran suara
  11. 11. Hakikat Pengolahan Lingkungan oleh Manusia Hakikat pengelolaan lingkungan hidup oleh manusia adalah bagaimana manusia melakukan berbagai upaya agar kualitas manusia meningkat sementara kualitas lingkungan juga semakin baik. Lingkungan yang berkualitas pada akhirnya akan memberikan manfaat bagi manusia, yaitu meningkatkan kesejahteraan.
  12. 12. Tujuan Pengelolaan Lingkungan Pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya terpadu dalam pemanfaatan, penataan, pemeliharaan, pengawasan, pengendalian, pemulihan, dan pengembangan lingkungan hidup. Pengelolaan lingkungan memiliki tujuan sebagai berikut : Mencapai kelestarian hubungan manusia dengan lingkungan hidup sebagai tujuan membangun manusia seutuhnya Mengendalikan pemanfaatan sumber daya secara bijaksana. Mewujudkan manusia sebagai Pembina lingkungan hidup. Melaksanakan pembangunan berwawasan lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang dan yang akan dating. Melindungi Negara terhadap dampak kegiatan di luar wilayah Negara yang menyebabkan kerusakan dan pencemaran lingkungan.
  13. 13. Sekian Trimakasiiiih..