Intelligensi, Bakat dan

download Intelligensi, Bakat dan

of 19

  • date post

    08-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    239
  • download

    9

Embed Size (px)

Transcript of Intelligensi, Bakat dan

Intelligensi, Bakat dan Kreativitas

BY : CEVY AMELIA.,Chts.,MPsi.,psikologTES INTELLIGENSI INDIVIDUAL PADA ANAK

IntelligensiArtinya menghubungkan atau menyatukan satu sama lainIntelligensi adalah kemampuan untuk berfikir abstrak (Sukardi, 1987)Intelligensi adalah kemampuan untuk membuat kombinasi (Notoatmodjo, 1997)Intelligensi adalah kemampuan individu untuk berfikir & bertindak secara terarah, serta mengolah & menguasai lingkungan secara efektif (Sarwono, 2000)PENGGUNAAN TES PSIKOLOGISFungsi tes psikologis: Mengukur perbedaan-perbedaan antara individu.Penggunaan tes di berbagai bidang: pendidikan, industri, militer, konseling perorangan, penelitian dasar.

RAGAM TES PSIKOLOGISTes kognitif, kepribadian (emosi, motivasi, minat, sikap, nilai, perilaku interpersonal), cara kerja.Tes Individual dan Klasikal.Speed Test dan Power Test.APA TES PSIKOLOGIS ITU?Sampel perilaku Tergantung pd jumlah dan hakekat soal. Nilai diagnostik atau prediktif tes tergantung pada sejauh mana tes itu menjadi indikator dari bidang perilaku yang relatif luas dan signifikan.Standardisasi Baku/keseragaman cara dlm penyelenggaraan (instruksi, batas waktu, contoh, kondisi testing) dan skoring).Pengukuran kesulitan yang objektif Penyelenggaraan, penilaian, interpretasi bersifat objektif. Reliabilitas/kehandalan Konsistensi skor yang diperoleh individu ketika dites ulang dlm waktu dan tempat yang berbeda.Validitas Sejauh mana tes itu mampu mengukur apa yang hendak dikur. Koefisien validitas menunjukkan seberapa dekatnya kinerja kriteria dapat diprediksi dari skor tes.

PENYELENGGARAAN TESSkor tes seharusnya dapat digunakan untuk membantu memprediksi testee. Tester. Diperlukan persiapan sebelum tes: waktu testing, materi tes, instruksi tes, briefing penyelenggara. Cara dan perilaku tester, usia, etnik, status profesional, pelatihan dan pengalaman, sifat kepribadian, penampilan, dll.

Rapport. Upaya untuk membangkitkan minat testee, meningkatkan kerja sama, dan mendorong untuk memberikan respon secara tepat pada sasaran tes.

SambunganTestee. Kondisi fisik dan emosi, pengalaman sebelumnya tentang tes, kecemasan yang dimiliki.

Kondisi testing. Bebas dari suara dan gangguan. Pencahayaan, ventilasi, tempat duduk, ruang tes yang memadai. Mencegah interupsi selama tes.

Faktor yang menentukan IntelligensiHerediterKematanganPembentukanTeori-teori Intelligensi1. Teori daya (Faculty theorities)ThorndikeDalam otak manusia terdapat daya-daya jiwa khusus. Intelligensi adalah integrasi daya-daya jiwa khususSAMBUNGAN2. Teori pragmatisDikemukakan oleh Boring. Intelligensi adalah hal yang diuji oleh tes intelligensi3. Teori faktora. Two factor theoritiesSpearmanKecakapan intelektual manusia dimungkinkan karena adanya 2 faktor, yaitu umum & khususSambunganFaktor umum berkaitan dengan herediterFaktor khusus dipengaruhi oleh lingkunganMultiple faktor theoriesThorndikeIntelligensi ada pertalian aktual & potensial yang khusus antara stimulus & responsSambungan4. Primary mental ability theoryThurstonIntelligensi tidak terdiri dari dua faktor maupun multifaktor, tetapi terdiri dari sejumlah kecakapan-kecakapan mental primerSambungan5. Teori struktur Intelek Guilford Intelligensi memiliki 3 dimensi, yang masing-masing terdiri dari kecakapan intelek, yaitu: operasi, isi, & produkPengukuran IntelligensiPrinsip pengukuran intelligensi adalah membandingkan individu yang dites dengan norma tertentuYang dipakai sebagai norma adalah intelligensi kelompok sebayaCara mengetahu Intelligence Quotient (IQ) menurut Binet yaitu dengan membandingkan antara umur kecerdasan (mental age = MA), dengan umur kalender (cronological age = CA)Penghitungan IQIQ = MA x 100 CAMA = mental age diperoleh dari hasil tes intelligensiCA = chronological age diperoleh dari menghitung umur berdasarkan tanggal kelahiran atau umur kalenderJenis Tes IntelligensiTes IndividualStanford binet intelligence scale, weschler intelligence for children (WISC), weschler preschool and primary scale of intelligence (WPPSI)SambunganTes Inteligensi kelompok : pintner cunningham primary test, the california test of mental maturity, the henmon nelson test mental ability, otis lennon mental abiliity test & progressive matricesTingkat kecerdasanTingkatan IQDeskripsi130 +Very superior120-129Superior110-119High Average90-109Average80-89Low average70-79Borderline69 and belowExtremely low Gangguan IntelligensiRetardasi MentalKeadaan dengan intelligensi kurang (abnormal) sejak masa perkembangan (sejak lahir atau sejak masa kanak-kanak) atau keadaan kekurangan intelligensi sehingga daya guna sosial & dalan pekerjaan seseorang menjadi terganggu (Marais, 1990)