Integritas Universitas Mulawarman

download Integritas Universitas Mulawarman

of 28

  • date post

    26-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    220
  • download

    1

Embed Size (px)

description

Edisi Bulan November-Desember 2015

Transcript of Integritas Universitas Mulawarman

  • INTEGRITASI N F O R M A T I F D A N E D U K A T I F

    NOVEMBER-DESEMBER 2015 UNIVERSITAS MULAWARMAN

    Universitas Mulawarman

    Islamic Development Bank (IDB) Tinjau Kampus Unmul

    6 Unmul Galakkan Program Pohon Asuh

    8 Unmul Terima DIPA Tahun 2016 Dari Gubernur Kalimantan Timur

    21Lipsus: POMNAS XIV Tahun 2015 Banda Aceh

    16

  • DARI REDAKSIPuji syukur kita panjatkan selalu atas nikmat syukur yang Allah SWT berikan dalam kehidupan umat manusia.Salawat serta salam semoga se-lalu tercurah kepada suri tauladan kita beserta keluarga, sahabat, dan pengikutnya hingga akhir za-man.Memasuki terbitan ke 6 pada ta-hun 2015 ini, Majalah internal Universitas Mulawarman INTE-GRITAS yang terbit dengan du-rasi 1 edisi setiap 2 bulan kembali menghadirkan informasi kegiatan di lingkungan kampus Universitas Mulawarman.Pada edisi November-Desember 2015 ini Integritas menyajikan be-berapa berita hasil liputan dianta-ranya Liputan Khusus Kontingen

    Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (Bapomi) Kaltim di Pekan Olahraga Maha-siswa Nasional (POMNAS) XIV di Banda Aceh sejak 14 hingga 22 November 2015, kemudian liputan tentang Unmul yang menggalakkan program Pohon Asuh. Selain liputan tentang kampus Unmul dan aktifitasnya, masih banyak lagi liputan lain yang kami sajikan untuk anda.Untuk pemilihan cover adalah foto pada pertandingan Ikbal Chandra peraih satu-satunya medali emas di Pomnas XIV 2015 di cabang olahraga Silat.Semoga Buletin INTEGRITAS ini memberikan manfaat yang besar bagi anda dan kita semua. Sekian terimakasih, MARI BERSAMA WUJUDKAN UNMUL MENJADI WORLD CLASS UNIVERSITY.

    REDAKSIPELINDUNGMasjaya(Rektor) ; PENASEHATMustofa Agung S (WR I), Abdunnur (WR II),Encik A Syaifudin (WR III), Bochari (WR IV) ;

    PIMPINAN REDAKSIM. Ihwan (Kasubbag. Humas dan Protokol)

    REPORTER DAN REDAKTUR Robby Adhitya, Firdan Farezal ;

    LAYOUT & DESAIN Akhmad Rino Cahyadi,

    SIRKULASI & IKLANKiki Angreani, Yuli Yaning Dia, Satriani, Bachtiar Tamsi,Sulkarnaen ;

    KANTOR REDAKSI Humas Universitas Mulawarman, Rektorat Kampus Unmul Lt. III Gn. Kelua, Jl. Kuaro Kotak Pos 1068, Samarinda, Telp/Fax (0541) 749343

    SARAN&KRITIKEmail : rektorat@unmul.ac.id Web : www.unmul.ac.id

  • Sebagai lembaga yang terus berupaya memberdayakan masyarakat menuju kemandirian, Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Univer-sitas Mulawarman (Unmul) melaksanakan seminar nasional dan konsep imple-

    mentasi kurikulum, Senin (23/11). Bertempat di Ruang Serbaguna Rektorat Lantai 4 Unmul acara ini diikuti tidak kurang dari 102 peserta mulai dari tenaga pendidik SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi.

    Acara ini bertujuan untuk menyelaraskan, mensin-ergikan dan menyamakan persepsi mulai dari konsep sampai implementasi, jelas Drs. Kukuh S.Pd selaku ketua panita penyeleggaraan acara ini dalam sambutannya. Ia juga menjelaskan hakikat dari kurikulum merupakan inti dari pendidikan, ketika kurikulum tidak dilaksanakan dengan baik, maka akan terjadi kesenjangan. Unmul se-bagai pencetak tenaga pendidik juga ikut menyumbang dan berperan terhadap pendidikan di Kaltim, tuturnya.

    Rektor Unmul yang turut hadir dan membuka acara

    Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si

    ini secara resmi, mengapresiasi kepada LPPM karena te-lah menggagas kegiatan ini. Hal penting dari pertemuan ini adalah kita mampu mengimplementasikan terhadap apa yang kita pahami, ujar Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si. Se-bagai tenaga pendidik harus lah bersikap disiplin. Mulai dari yang kecil, dimulai dari diri sendiri, tambah Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unmul ini.

    Dalam acara yang terselenggara hingga selasa (24/11) ini, para peserta akan mendapatkan pelbagai ma-teri dari narasumber Dr. Sudarman, S.Pd., M.Pd dan Drs. Nanang Rijono, M.Pd. Diantaranya, Guru Profesi Apapun Kurikulumnya, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) vs Kurikulum 2013, Esensi Kurikulum dan Integrasi TIK dalam Pembelajaran. (hms/rob)

    www.unmul.ac.id

    Seminar Nasional Konsep dan Implementasi Kurikulum

    Rektor Unmul : Tenaga Pendidik Harus Disiplin

  • NOVEMBER-DESEMBER 2015 UNIVERSITAS MULAWARMAN

    Liputan4

    MEMASUKI akhir tahun 2015, Universitas Mulawarman (Unmul) menggelar Rapat Senat sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada institusi, civitas akademika bahkan para pihak lainnya. Tujuan-nya adalah untuk penyampaian eva-luasi berjalan atas implementasi pro-gram kerja yang telah direncanakan setiap tahunnya.

    Dipimpin langsung oleh Rektor Unmul, Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si sekaligus Ketua Senat, dirinya me-nyampaikan laporan berbagai Pro-

    Gelar Rapat Senat, Rektor Sampaikan Progres Program Kerja

    gres Program Kerja (Proker) Rektor selama satu tahun dalam rapat yang berlangsung di Ruang Rapat Satu, Lantai Tiga Rektorat Unmul serta dihadiri para anggota senat. Kamis, (31/12).

    Selain memaparkan visi dan misi, tujuan sasaran dan Proker Rektor tahun 2014-2018 dalam kerangka visi Unmul. Dilaporkan pula capaian - capaian Unmul dalam setahun ter-akhir, serta faktor-faktor pengham-batnya.

    Catatan penting disampaikan

    Rektor, bahwa ke depan sektor penganggaran Unmul akan dan ha-rus disinkronkan dengan perenca-naan yang dilakukan secara terbuka atau transparan dan bersifat partisi-patif.

    Sasaran program akan disem-purnakan dengan indikator kinerja utama beserta target-target tahunan-nya 2016-2018 dengan dukungan perbaikan pendataan seluruh aspek, bebernya.

    Di akhir paparannya, Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poli-tik ini menyatakan bahwa keberha-silan visi dan misi universitas akan sangat tergantung dari keterpaduan vertikal dan horisontal dari seluruh elemen struktur organisasi Unmul. Perencanaan terpadu pun ditegas-kannya akan dimulai tahun 2016.

    Mulai tahun 2016 seluruh fakul-tas, lembaga, unit kerja akan diminta membuat perencanaan partisipatif dan evaluasi kinerja berbasis pada rencana, yang akan dilaporkan se-tiap akhir tahun ke Senat masing-masing, pungkasnya.

    Dalam jangka panjang, Rektor menegaskan pula Visi Unmul akan dituangkan dalam Grand Design dan Master Plan 2015-2035 seba-gai dasar penyusunan Renstra Bisnis Unmul. (hms/frn)

    RUANG Serbaguna Lantai Empat Rektorat, Universitas Mu-lawarman (Unmul), Kamis, (12/11) menjadi tempat Sosialisasi Program

    LPDP Tawarkan Beasiswa dan Pendanaan Riset

    Beasiswa Lembaga Pe-ngelola Dana Pendidikan (LPDP). LPDP meru-pakan Badan Layanan Umum (BLU) di bawah koordinasi empat kemen-terian yakni Kementerian Riset Teknologi dan Pen-didikan Tinggi, Kemen-

    terian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Agama.

    Seperti diketahui, LPDP memi-liki program beasiswa dan penda-

    naan riset serta rehabilitasi fasilitas pendidikan. Sosialisasi yang pelak-sanaannya diinisiasi oleh Lembaga Penelitian (Lemlit) Unmul ini me-ngundang para dosen dan peneliti di lingkungan Unmul.

    Sosialisasi yang diisi oleh pene-liti utama kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr. Ir. Anny Sulaswatty., M.Eng ter-sebut disampaikan bahwa program beasiswa LPDP merupakan sebuah kontribusi untuk mempersiapkan pemimpin Indonesia serta mendo-rong inovasi guna meningkatkan daya saing Indonesia. (hms/frn)

  • UNIVERSITAS MULAWARMAN NOVEMBER-DESEMBER 2015

    Liputan 5

    WAKIL Rektor Bidang Perencanaan Kerjasama, dan Hubungan Masyarakat, Universitas Mulawarman (Unmul), Dr. Bohari Yusuf., M.Si menyatakan agar berbagai masalah yang berkaitan dengan keimigrasian atau ijin tinggal mutlak perlu diketahui bersama agar dapat mengantisipasi jika ada persoalan yang menyangkut tamu, mahasiswa serta mitra kerja Unmul yang ingin masuk maupun meninggalkan Negara Indonesia.

    Saya rasa hal ini sangat penting untuk diketahui khususnya bidang terkait agar ketika nanti kita kedatangan tamu, seperti mahasiswa asing atau mitra kerja lainnya dari luar negeri tidak mengalami masalah di imigrasi atau jika ada masalah dapat diketahui solusi apa yang diberikan, jelasnya sebelum membuka Lokakarya Tentang Izin Tinggal Orang Asing di Rektorat Unmul, Kamis, (17/12).

    Ditengah berbagai persoalan ijin tinggal orang asing, meski begitu disampaikannya, Unmul telah banyak menerima kunjungan dari luar negeri untuk berkunjung di kampus tertua dan terbesar di Kalimantan Timur (Kaltim) ini, maupun mengirimkan mahasiswanya ke beberapa negara sebagai implementasi dari kerjasama yang telah disepakati.

    Ke depan, Unmul juga akan memperluas cakupan

    Lokakarya Izin Tinggal Orang Asing

    kerjasamanya dengan beberapa universitas terkemuka di Eropa. Semoga lokakarya sehari ini dapat memberikan manfaat khususnya dalam urusan internasional agar tercapainya visi Unmul sebagai World Class University.

    Lokakarya yang diinisiasi pelaksanaannya oleh Bagian Kerjasama, Biro Perencanaan Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Unmul ini mengundang perwakilan Kementerian Luar Negeri (KLN) RI, A.A. Ayu Suryawati, SS sebagai pemateri yang membahas mekanisme mengenai pengurusan surat persetujuan dari Sekretariat Negara, Paspor Dinas untuk pejabat dan dosen yang akan melakukan perjalanan dinas atau melanjutkan studi ke luar negeri.

    Di tempat yang sama disajikan pula presentasi mengenai program beasiswa unggulan studi lanjutan ke luar negeri dari UPT. Layanan Internasional Unmul. (hms/frn)

  • 6 Liputan

    NOVEMBER-DESEMBER 2015 UNIVERSITAS MULAWARMAN

    SETELAH me-lewati beberapa proses panjang, hari ini, Sabtu, (19/12) perwakilan dari Islamic Development Bank (IDB) berkunjung ke kampus Universitas Mulawarman (Unmul) untuk meninjau lang-sung ke beberapa tem-pat.

    Bank Internasional yang ber-pusat di Jeddah, Arab Saudi itu, direncanakan akan memberikan bantuan berupa pemberian dana pengembangan kampus untuk membangun infrastruktur baru beserta peralatan penunjang di dalamnya untuk kampus terbesar dan tertua di Kalimantan Timur (Kaltim) ini.

    Kedat