INSTRUMENTASI MIKROSKOP

download INSTRUMENTASI MIKROSKOP

of 32

  • date post

    04-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    79
  • download

    35

Embed Size (px)

description

for analis

Transcript of INSTRUMENTASI MIKROSKOP

  • MIKROSKOP

  • TUJUANmengetahui bagian-bagian mikroskop;mengetahui cara menggunakan mikroskop;Mengetahui cara pemeliharaan mikroskop .

  • A. Mikroskop dan Jenis-JenisnyaUntuk mengamati hewan atau benda mikroskopis, kita perlu menggunakan alat bantu untuk dapat memperjelas objek pengamatan. Alat bantu tersebut dapat berupa kaca pembesar (lup) maupun mikroskop. Mikroskop (bahasa Yunani: micron = kecil dan scopos = tujuan) adalah sebuah alat untuk melihat objek yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang.

  • Mikroskop awalnya dibuat tahun 1590 oleh Zaccharias Janssen dan Hans, seorang tukang kacamata dari Belanda. Selanjutnya pada tahun 1610, Galileo, ahli fisika modern dan astronomi menggunakan mikroskop untuk mengamati gejala alam. Beberapa tahun kemudian Antonie van Leuwenhoek dari Belanda membuat mikroskop dengan satu lensa yang dapat membesarkan objek yang diamati sampai 300 kali. Tahun 1663 Robert Hooke, ilmuwan Inggris meneliti serangga dan tumbuhan dengan mikroskop. Ia menemukan sel-sel kecil pada gabus.

  • 1. Jenis-Jenis MikroskopBerdasarkan pada kenampakan objek yang diamati, mikroskop dibagi dua jenis, yaitu mikroskop dua dimensi (mikroskop cahaya) dan mikroskop tiga dimensi (mikroskop stereo). Berdasarkan sumber cahayanya, mikroskop dibedakan menjadi mikroskop cahaya dan mikroskop elektron.

  • - mikroskop cahayamikroskop medan terang (bright-field)mikroskop medan gelap (dark-field)mikroskop fase kontras mikroskop elektron: Transmision EM & Scanning EM

  • mempunyai perbesaran maksimum 1000 kali. Mikroskop jenis ini memiliki tiga lensa, yaitu lensa objektif, lensa okuler, dan kondensor. Lensa objektif dan lensa okuler terletak pada kedua ujung tabung mikroskop. Lensa okuler pada mikroskop ada yang berlensa tunggal (monokuler) atau ganda (binokuler). Lensa kondensor berperan untuk menerangi objek dan lensa-lensa mikroskop lain. Dengan pengaturan yang tepat maka akan diperoleh daya pisah maksimal.a. Mikroskop Cahaya

  • Hasil pengamatan sel bakteri dengan mikroskop cahaya Mikroskop medan terangMikroskop fase kontrasMikroskop medan gelap

  • Mikroskop stereo merupakan jenis mikroskop yang hanya bisa digunakan untuk benda yang relatif besar dengan perbesaran 7 hingga 30 kali. Benda yang diamati dengan mikroskop ini dapat terlihat secara tiga dimensi. Komponen pada mikroskop stereo hampir sama dengan mikroskop cahaya. Perbedaannya pada ruang ketajaman lensa mikroskop stereo jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mikroskop cahaya sehingga kita dapat melihat bentuk tiga dimensi benda yang diamati.b. Mikroskop Stereo

  • Mikroskop elektron mempunyai perbesaran sampai 100 ribu kali. Elektron digunakan sebagai pengganti cahaya. Ada dua tipe :mikroskop elektroscanning (SEM) mikroskop elektron transmisi (TEM).c. Mikroskop Elektron

  • Mikroskop Elektron

  • Gambar mikroskop transmission Electron (TEM)

  • mikroskop elektron yang cara kerjanya mirip dengan cara kerja proyektor slide, di mana elektron ditembuskan ke dalamobyek pengamatan dan pengamat mengamati hasil tembusannya pada layar.

  • Transmission Electron Microscope

  • Hasil pengamatan dengan Transmission Electron Microscope

  • Mikroskop pemindai elektron (SEM)digunakan untuk studi detil arsitektur permukaan sel (atau struktur jasad renik lainnya), dan obyek diamati secara tiga dimensi. Cara kerjaPada SEM, gambar dibuat berdasarkan deteksi elektron baru (elektron sekunder) atau elektron pantul yang muncul dari permukaan sampel ketika permukaan sampel tersebut dipindai dengan sinar elektron. Elektron sekunder atau elektron pantul yang terdeteksi selanjutnya diperkuat sinyalnya, kemudian besar amplitudonya ditampilkan dalam gradasi gelap-terang pada layar monitor CRT (cathode ray tube). Di layar CRT inilah gambar struktur obyek yang sudah diperbesar bisa dilihat. Pada proses operasinya, SEM tidak memerlukan sampel yang ditipiskan, sehingga bisa digunakan untuk melihat obyek dari sudut pandang 3 dimensi.

  • Gambar mikroskop Scanning Electron (SEM)

  • Hasil pengamatan dengan SEM

  • Hasil pengamatan dengan SEM

  • Pengenalan Bagian-Bagian MikroskopBagian-bagian mikroskop dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu bagian optik, penerangan, dan mekanis.B. Bagian-Bagian Mikroskop dan Cara Penggunaannya

  • Bagian-bagian mikroskopLensa objektif adalah lensa yang menghadap ke arah preparat yang berfungsi membentuk bayangan,dan memperbesar bayangan preparat. Perbesaran yang tersedia adalah 10 kali, 40 kali, dan 60 kali.Revolver atau pemutar lensa adalah alat yang digunakan untuk memasang lensa objektif. Alat ini dapat diputar-putar agar lensa objektif berada pada kedudukan yang sesuai.Lensa okuler adalah lensa yang menghadap ke arah mata kita yang berfungsi untuk memperbesar bayangan dari lensa objektif.Perbesaran yang tersedia adalah 5 kali, 10 kali, dan 12,5 kali.Tubus okuler adalah bagian yang menghubungkan lensa okuler,revolver, dan lensa objektif.

  • Kaca atau cermin merupakan bagian alat penerang yang berfungsi untuk menangkap cahaya, kemudian memantulkannya ke arah kondensor.Diafragma merupakan bagian yang dapat mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk. Bagian ini dapat menutup dan membuka.Kondensor merupakan bagian yang berfungsi memusatkan cahaya pada preparat yang kita amati.Dasar atau kaki yang bentuknya menyerupai tapal kuda.Tiang atau penyangga yang menghubungkan dasar dan pegangan mikroskop.Lengan mikroskop yang merupakan tempat memegang mikroskop.

  • Meja benda yang berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan preparat yang akan diamati dengan mikroskop. Bagian tengah meja ini berlubang sebagai lubang untuk masuknya cahaya dari kondensor.Penjepit berfungsi sebagai penjepit kaca yang berisi preparat agar tidak bergeser-geser.Makrometer atau tombol pengatur kasar berfungsi menggerakkan lensa naik-turun dengan cepat.Mikrometer atau tombol pengatur halus berfungsi menggerakkan lensa naik-turun secara perlahan-lahan.

  • Berikut adalah langkah-langkah menggunakan mikroskop.1. Mikroskop selalu dibawa dengan dua tangan; tangan pertama menumpu bagian dasar/kaki mikroskop sedang tangan yang lain memegang bagian pegangan mikroskop.2. Dalam keadaan tersimpan, lensa objektif yang memiliki perbesaran lemah dan mikroskop dalam keadaan tegak.

    Cara merawat dan menggunakan Mikroskop

  • Cara menggunakan mikroskop :1. Mulailah dengan lensa menggunakan lensa benda yang terkecil (10X) dengan memutar Revoler.2. Putar-putarlah cermin untuk mencari sumber cahaya, sehingga cahaya yang diterimanya cukup menerangi lapang padang tempat banyangan benda akan tampak. Perhatikan lapang pada melalui lensa.3. Letakkan kaca obyek/preparat diatas meja benda.4. Aturlah jarak lensa benda dengan preparat serendah mungkin tetapi jangan menyentuh, dengan jalan memutar sekrup pengarahan.

  • 5. Kita lihat melalui lensa mata sambil menjauhkan kembali jarak antara lensa dengan preparat. Suatu saat akan terlihat pada suatu lapang padang.6. Jika perlu skrup penajam dapat di putar-putar untuk mendapatkan bayangan benda yang jelas dan bagus.Perbesaran benda yang tamapak adalah perkalian besarnya lensa objek dangan perbesaran lensa mata, misalnya : lensa objek 10X, lensa mata 6X, maka pembesaranya = 60X benda sesungguhnya.7. Jika ingin mengalihkan pembesaranya dengan lensa 40X putarlah fokus voler sehingga perbesaran benda menjadi 40X6, tanpa merubah fokus.

  • PEMELIHARAAN MIKROSKOPMikroskop harus disimpan di tempat sejuk, kering, bebas debu dan bebas dari uap asam dan basaBagian mikroskop non optik, terbuat dari logam atau plastik, dapat dibersihkan dengan menggunakan kain fanel. Untuk membersihkan debu yang terselip di bagian mikroskop tersebut dapat digunakan kuas kecil atau kuas lensa kamera.

  • Lensa-lensa mikroskop (okuler, objektif, dan kondensor) dibersihkan dengan menggunakan tisue lensa yang diberi alkohol 70%. Jangan sekali-kali membersihkan lensa menggunakan sapu tangan atau lap kain.Sisa minyak imersi pada lens objektif dapat dibersihkan dengan xilol (xylene). Pada penggunaan xilol haruslah hati-hati, jangan sampai cairan xilol menempel pada bagian mikroskop non optik, karena akan merusak cat atau merusak bahan plastik, dan juga jangan menggunakan larutan ini kebagian lensa yang lain kecuali produsennya menyatakan bahwa tindakan tersebut aman.

  • Sebelum menyimpan mikroskop, bersihkan selalu mikroskop tersebut, terutama hapus semua minyak imersi di permukaan lensa, sehingga partikel yang halus tidak menempel dan menggumpal serta mengeringSebelum menyimpan mikroskop, meja mikroskop diatur lagi dan lensa objektif dijauhkan dari meja preparat dengan memutar alat penggeraknya ke posisi semula, kondensor diturunkan kembali, lampu dikecilkan intensitasnya lalu dimatikan (kalau mikroskop listrik).

  • BAGAIMANA MENGETAHUI LENSA MIKROSKOP KOTOR ???Lihat objek di lensa preparat dan gerakan preparatJika kotoran ikut bergerak maka kotoran terdapat di preparatJika kotoran tidak ikut bergerak maka lensanya yang kotor

  • evaluasi

  • Sebutkan jenis mikroskop menurut sumber cahayanya !Bagaimana cara perawatan mikroskop setelah digunakan ?Apa saja syarat tempat penyimpanan mikroskop ?Bagaimana cara membawa mikroskop yang benar?Terangkan secara singkat bagaimana cara mengamati bakteri dengan menggunakan mikroskop cahaya !