Informasi Proses Seleksi CPNS Lembaga Administrasi Negara 2013

download Informasi Proses Seleksi CPNS Lembaga Administrasi Negara 2013

of 4

Transcript of Informasi Proses Seleksi CPNS Lembaga Administrasi Negara 2013

  • 7/22/2019 Informasi Proses Seleksi CPNS Lembaga Administrasi Negara 2013

    1/4

    Informasi Proses Seleksi CPNS Lembaga Administrasi Negara 2013

    Berikut adalah Tahapan Seleksi yang harus dilalui oleh setiap pelamar untuk menjadiCPNS Lembaga Administrasi Negara 2013:

    1. Pendaftaran Online

    Warga negara yang berminat menjadi CPNS Lembaga AdministrasiNegara, dipersilahkan melakukan pendaftaran online denganmengunjungi website http://cpns.lan.go.id sampai dengan batas waktu pendaftaranyang telah ditentukan. Pada Tahun Anggaran 2013 ini, Lembaga Administrasi Negaraberencana menyelenggarakan proses seleksi yang berlokasi di 5 (lima) kota diIndonesia yaitu Jakarta, Bandung, Makassar, Samarinda, dan Banda Aceh.

    Selain pertimbangan efisiensi dan efektivitas, pendaftaran online dilakukan untukmemastikan bahwa setiap pelamar yang memenuhi persyaratan administratif akanmendapatkan satu kode akses (login) pendaftaran, sehingga diharapkan tidak terjadi

    duplikasi pendaftaran pelamar.

    Berikut adalah berkas persyaratan yang harus diunggah (upload) oleh pelamar padasaat pendaftaranonline, yaitu:

    a. File hasil scanfotocopyijazah dilegalisir berjenis PDF File, dengan ukuranmaksimal 300 Kb;

    b. File hasil scanfotocopytranskrip nilai dilegalisir berjenis PDF File, denganukuran maksimal 300 Kb;

    c. File foto pelamar berjenis JPG File, dengan ukuran maksimal 400 Kb;d. File hasil scan KTP/SIM/Paspor atau identitas lain yang berlaku, berjenis

    PDF File, dengan ukuran maksimal 300 Kb;

    e. File hasil scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) berjenis PDF File,dengan ukuran maksimal 300 Kb;

    f. File hasil scan Kartu Tanda Pencari Kerja berjenis PDF File, dengan ukuranmaksimal 300 Kb.

    Semua dokumen tersebut wajib diserahkan pada saat Seleksi Bahasa Inggris, Psikotes,dan Wawancara bagi mereka yang lolos sampai dengan tahapan tersebut, untuk dicekkeasliannya. Jika ditemukan adanya indikasi pemalsuan/ketidakaslian, panitia berhakmenggugurkan kelulusan pelamar.

    2. Seleksi AdministratifSeleksi Administratif dalam seleksi CPNS Lembaga Administrasi Negara ini dilakukanuntuk memverifikasi berkas yang diunggah (upload) oleh pelamar sesuai denganpersyaratan administratif yang telah ditetapkan. Jika data yang diunggah pada saatpendaftaran online telah memenuhi persyaratan administratif, maka pelamar yangbersangkutan dinyatakan lulus seleksi administratif dan berhak mengikuti TesKompetensi Dasar (TKD).

  • 7/22/2019 Informasi Proses Seleksi CPNS Lembaga Administrasi Negara 2013

    2/4

    Pelamar yang lolos dalam Seleksi Administrasi akan diumumkan melalui pengumumandi website, selanjutnya pelamar tersebut berhak mendapatkan Tanda Peserta Ujianyang dapat diunduh(download) dari website tersebut. Undangan untuk mengikuti TesKompetensi Dasar (TKD), akan dikirimkan kepada peserta yang lulus SeleksiAdministrasi melalui email.

    Tanda Peserta ujian ini harus dicetak (print) berwarna, dan ditunjukkan pada saatmengikuti proses seleksi.

    3. Tes Kompetensi Dasar (TKD)

    Tes Kompetensi Dasar (TKD) adalah tes yang diselenggarakan untuk mengukurkemampuan dasar yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan seseorang jika yangbersangkutan bekerja atau memangku jabatan sebagai Pegawai Negeri Sipil. MateriTes Kompetensi Dasar diatur dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara

    (BKN) Nomor 9 Tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon PegawaiNegeri Sipil, meliputi:

    a. Tes Wawasan KebangsaanSub tes ini ditujukan untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal penguasaanpengetahuan dan kemampuan untuk mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat)pilar kebangsaan, meliputi:

    Pancasila;Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;Bhinneka Tunggal Ika;Konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata Negara Indonesia,baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, sejarahperjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regionalmaupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik danbenar).

    b. Tes Intelegensi UmumSub tes ini ditujukan untuk menilai pelamar dalam beberapa kemampuan, antaralain:

    Kemampuan Verbal, yaitu kemampuan dalam menyampaikan informasi baiksecara lisan maupun tertulis;Kemampuan Numerik, yaitu kemampuan melakukan operasi perhitunganangka dan melihat hubungan diantara angka-angka;Kemampuan Berpikir Logis, yaitu kemampuan untuk melakukan penalaransecara runtut dan sistematis;Kemampuan Berpikir Analitis, yaitu kemampuan untuk menguraipermasalahan secara sistematis.

    c. Tes Karakteristik PribadiSub tes ini ditujukan untuk menilai pelamar terkait dengan:

    Integritas diri;Semangat berprestasi;

  • 7/22/2019 Informasi Proses Seleksi CPNS Lembaga Administrasi Negara 2013

    3/4

    Kreativitas dan inovasi;Orientasi pada pelayanan;Orientasi kepada orang lain;Kemampuan beradaptasi;Kemampuan pengendalian diri;

    Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;Kemampuan bekerja sama dalam kelompok; danKemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

    Peserta seleksi yang dinyatakan lolos dalam Tes Kompetensi Dasar (TKD) berhak untukmengikuti Tes Kompetensi Bidang (TKB). Pelamar yang lolos dalam Tes KompetensiDasar (TKD) akan diumumkan melalui pengumuman di website. Undangan untukmengikuti Tes Kompetensi Bidang (TKB), akan dikirimkan kepada peserta yang lulusTKD melalui email.

    4. Tes Kompetensi Bidang (TKB)Tes Kompetensi Bidang (TKB) adalah tes yang diselenggarakan untuk mengukurkompetensi peserta seleksi terkait dengan bidang pekerjaan masing-masing yangdilamar. Dengan demikian, materi tes akan berbeda untuk masing-masing posisijabatan.

    Peserta seleksi yang dinyatakan lolos dalam Tes Kompetensi Bidang, berhak untukmengikuti rangkaian tes berikutnya, yaitu Tes Bahasa Inggris, Psikotes danWawancara. Pelamar yang lolos dalam Tes Kompetensi Bidang (TKB) akan diumumkanmelalui pengumuman di website. Undangan untuk mengikuti Tes Bahasa Inggris,

    Psikotes, dan Wawancara akan dikirimkan kepada peserta yang lulus TKB melaluiemail.

    5. Tes Bahasa Inggris, Psikotes, dan Wawancara

    a. Tes Bahasa Inggris adalah tes yang diselenggarakan untuk mengukur kompetensipeserta seleksi terkait dengan penggunaan bahasa Inggris untuk menunjangpelaksanaan pekerjaannya.

    b. Psikotes ditujukan untuk pemeriksaan psikologis pelamar.

    Untuk jabatan Peneliti, Dosen, Widyaiswara, dan Pengembang Bahan Ajar,

    selain Psikotes juga diwajibkan untuk membuat essay. Pengaturan waktu,mekanisme dan substansi essayakan diinformasikan lebih lanjut.

    c. Pada tahapan seleksi ini juga dilakukan wawancara terstruktur. Wawancaraini bertujuan untuk mengetahui pemahaman peserta seleksi atas jabatan yangdilamar, mengetahui proses dan alur pikir peserta seleksi, mengetahuikesanggupan pelamar untuk ditempatkan dimanasaja saat hasil seleksi akhirditetapkan.

  • 7/22/2019 Informasi Proses Seleksi CPNS Lembaga Administrasi Negara 2013

    4/4

    Peserta seleksi yang dinyatakan lolos dalam Tes Bahasa Inggris, Psikotes danWawancara akan diumumkan melalui pengumuman di website, dan dikirimkan emailuntuk melakukan pemberkasan.

    6. Pemberkasan

    Bagi peserta seleksi yang dinyatakan lulus, untuk kepentingan pengangkatan sebagaiCalon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 98Tahun 2000 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil sebagaimana telah diubah denganPeraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2002, masing-masing pelamar yang telahdinyatakan lulus dalam rangkaian proses seleksi diwajibkan untuk melakukanpemberkasan.

    Pelamar yang dinyatakan lulus wajib melapor dengan membawa berkas untukditunjukkan dan diverifikasi oleh Panitia seleksi pada tanggal dan lokasi yang telahditentukan.

    Kelengkapan administrasi yang dibutuhkan dalam pemberkasan antara lain:

    Fotokopi kartu identitas;Surat lamaran ditulis sendiri bukan diketik, ditandatangani, dandibubuhi materai cukup;Fotokopi ijazah dan transkrip dilegalisir;Surat Keterangan Catatan Kepolisian asli;Kartu Tanda Pencari Kerja asli;Daftar Riwayat Hidup;Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter Pemerintah/Swasta asli;Surat Keterangan Bebas NAPZA asli;Pasfoto terbaru berlatar belakang merah, ukuran 3x4 sebanyak 7 lembar dan4x6 sebanyak 2 lembar;Bukti masa kerja/pengalaman kerja (jika ada);Surat bermaterai cukup yang berisi pernyataan tentang: tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan keputusan

    pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karenamelakukan suatu tindak pidana kejahatan;

    tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiriatau tidak dengan hormat sebagai PNS, atau diberhentikan tidak denganhormat sebagai pegawai swasta;

    tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/Anggota TNI/POLRI; bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia atau

    negara lain yang ditentukan oleh pemerintah; tidak menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik.