Info kukm april 2014

36
1 Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 Edisi No. 73 n Tahun 7 n April 2014 Harga Rp 10.000,- (Luar Jawa ditambah ongkos kirim) SAATNYA KOPERASI DAN UKM BICARA WANITA TANGGUH BERWIRAUSAHA GELIAT BISNIS JELANG PEMILU USAHA DISTRO SABLON PRINTING MENJANJIKAN

description

 

Transcript of Info kukm april 2014

Page 1: Info kukm april 2014

1 Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014

Edisi No. 73 n Tahun 7 n April 2014 Harga Rp 10.000,- (Luar Jawa ditambah ongkos kirim)

S A AT N YA K O P E R A S I D A N U K M B I C A R A

Wanita tangguh

BerWirausaha

geLiat

Bisnis JeLang

PeMiLu

usaha Distro

saBLon

Printing

MenJanJikan

Page 2: Info kukm april 2014

Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 2

Page 3: Info kukm april 2014

3 Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014

D a f ta R I s I

Penerbit: Pt. Nasari Indonesia Akta Pendirian: No. 114 tanggal 27 Juni 2012Berdasarkan UU Pokok Pers No. 40 Tahun 1999. Website: www.infokukm.comPenasehat: Sahala Panggabean, MBA; Ir. Syahbenol Hasibuan, MBA; Dr. Firman Sukono, MM, M.Si; Chandra Vokav, MBA. Pemimpin Umum: Frans Meroga, SIP. Wakil Pemimpin Umum: Tjatur Taufan Pemimpin Operasional: T. Iskandar Pemimpin Redaksi: Slamet A Wijaya. Redaktur: Agus Yuliawan; Biro Daerah: A. Rahman (Biro Bekasi); Arif Giyarto, Taufiq Z (Biro DIY); Dhina R (Malang); A Umar (Cirebon); Reporter: Danar W. sekretaris Redaksi: D Wulandari. Design: Ali Ibnu Anwar fotografer: Hendra; Musalam Firman. sirkulasi : Basuki Marketing: Mario M. Keuangan: Maria Fransiska. alamat Redaksi: Jl. Boulevard Raya Blok WE-2 No 8B, Kelapa Gading, Jakarta Utara. telp: 021-45840633 fax: 45857095 E-mail: [email protected]

Redaksi menunggu kritik, saran. artikel dan opini pembaca budiman. Untuk surat pembaca mohon dilampiri identitas yang lengkap (KTP). Seluruh surat-menyurat mohon di kirim ke alamat redaksi: Jl. Boulevard Raya Blok WE-2 No 8B, Kelapa Gading, Jakarta Utara. E-mail: [email protected] Pembaca

Redaksi

Pembaca TercinTa, tak terasa kita sudah memasuki catur wulan pertama 2014. Pekerjaan rumah untuk meraih kesuksesan tentunya masih banyak. Kita makin dituntut untuk bekerja lebih keras lagi. Seperti para Kartini yang berjuang meraih keberhasilan di bidangnya masing-masing. ini semua berkat perjuangan pahlawan emansipasi wanita Kartini. Dan, kini hasilnya telah mendapat pengakuan kesetaraan antara pria dan wanita. Sehingga apa yang dilakukan kaum pria dapat pula dilakukan oleh kaum hawa. Segala jenis pekerjaan, perempuan pun telah ambil bagian. bahkan ada satu kelebihan wanita yang pria tidak mampu melakukannya, yakni melahirkan.

Kini hasilnya banyak wanita yang sukses, seperti halnya kesuksesan dalam karier. Di dunia militer pun sudah ada beberapa wanita yang meraih pangkat jenderal dengan bintang di pundaknya. Demikian di bidang politik, wanita indonesia sudah mencapai puncaknya, yakni sebagai presiden. Sehingga kalau hanya anggota DPr, dan menteri itu sudah ada prosinya. bahkan untuk menjadi anggota DPr, wanita sesuai undang-undang mendapat kuota sebesar 30%.

Pembaca budiman, untuk menapaki hingga puncak kesuksesan tentu saja tidak mudah. Tetapi perlu perjungan yang gigih dan pantang menyerah. misalnya, dalam bidang usaha, untuk menggapai keberhasilan, sama seperti pria, yaitu bekerja keras dan mampu melawan kerasnya persaingan. Hasilnya, dalam rubrik Laporan Utama (Laput), membicarakan tentang Kartini-Kartini indonesia

DEBAT capres selama ini terbukti tidak menarik dan hanya basa-basi saja. Di samping itu kontennya juga sudah

klise atau kuno. Hanya berkisar meningkatkan kesejahteraan rakyat, pendididikan gratis, kesehatan gratis, persoalan sampah, banjir dan kemacetan. Materi debatnya tidak ada yang baru. Bahkan boleh dikatakan itu-itu saja. Sudah basi.

Karena rakyat semakin cerdas, maka debat capres ataupun visi dan misi sebaiknya diganti dengan adu program kerja. Konten atau materinya harus yang mendasar dan signifikan. Bukan materi seorang gubernur melainkan materi seorang calon presiden sebagai pengambil keputusan yang bersifat nasional. Misalnya, program kerja mengurangi utang luar negeri. Bagaimana caranya.

yang jumlahnya sudah cukup banyak. Pastinya, yang berhasil diinterviu hanyalah sebagai wakil dari mereka para wanita pengusaha yang sukses dimanapun berada. Wanita berhak maju dan mendapat kesetaraan gender. Untuk itu dalam rubrik Laput kami menurunkan para Kartini yang bergerak di ragam bidang usaha dengan ragam pula kesuksesannya.

masih berkaitan dengan kerja keras mendulang sukses adalah usaha yang dilakukan para calon anggota legislatif (caleg). mereka kerja keras untuk merebut simpatik pendukungnya dan meraih suara terbanyak pada 9 april, kemudian melenggang ke gedung dewan sebagai wakil rakyat yang terhormat.

Pembaca budiman, masih dalam hingar bingar menjelang pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) legislatif, ada sisi ceria di luar caleg yang menang. Yakni para pelaku usaha bidang percetkan, sablon/digital printing dan konveksi kaos. mereka minimalnya sejak pertengahan 2013 sudah panen pesanan. Para caleg dan pimpinan partai telah memesan alat bantu sosialisasi kepada masyarakat. mulai kartu nama, untuk satu caleg saja bisa menghabiskan beberapa box dibagikan kepada warga pendukung dan simpatisanya. Selanjutnya adalah banner, baliho, kaos dan alat-alat penunjang sosialisasi lainnya. nah, ingin mengetahui eforia mereka menikmati keuntungan menjelang pesta demokrasi, silahkan simak di rubrik Warta Khusus, juga rubrik-rubrik lain tersaji seperti biasa dengan beragam informasi yang bermanfaat. Selamat membaca.

Program kerja menasionalisasikan semua sumber daya alam. Bagaimana caranya. Program kerja pencegahan korupsi (bukan penanggulangan atau pemberantasan korupsi). Tentu program-program kerja yang bersifat nasional dan mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi.

Atas dasar itu saya mengusulkan agar debat capres yang tidak bermutu itu diganti dengan adu program kerja dan diuraikan “how to”-nya. Bagaimana cara merealisasikannya. Rakyat sudah bosan dengan debat capres karena materinya hanya itu-itu saja. Bahkan debat capres lebih bersifat normatif-abstrak. Rakyat butuh mendengarkan program kerja para capres, karena program kerja lebih bersifat futuristik-kongkrit.

IrawanSurabaya

Debat Capres Diganti dengan Program Kerja

Suksesnya emansipasi wanita telah menempatkan wanita Indonesia dalam kesetaraan dengan pria. Banyak profesi yang ditekuni pria juga digeluti wanita dan sukses. Dalam dunia wirausaha misalnya, wanita pun mempunyai peran penting dalam membantu pertumbuhan ekonomi nasional.

8

Redaksi

Teropong

Inspirasi

Peluang Usaha

Laporan Utama

Kisah Sukses

Tips

Peluang Usaha

Nasional

Kuliner

Tamu Kita

Wisata

Sentra

Warta Khusus

Daerah

Dinamika

Mancanegara

Kedip Mata

3

4

5

6 - 7

8 - 11

12

13

14 - 15

17 - 21

22

23

24

25

26 - 29

30 - 31

32

33

34

Page 4: Info kukm april 2014

Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 4

bisa dipungkiri wanita dan laki-laki jelas-jelas berbeda.

Perbedaan itu bisa dilihat dari kondisi fisik, sisi emosional yang menonjol, sifat-sifat bawaan. Secara fisiologis, misalnya, wanita mengalami haid hingga berkonsekuensi berbeda pada hukum-hukum yang dibebankan atasnya. Sementara dari kejiwaan, pria umumnya lebih mengedepankan akalnya sehingga lebih bijak, sementara wanita cenderung mengedepankan emosinya. Namun dengan emosi yang menonjol itu, wanita patut menjadi ibu yang mana punya ikatan yang kuat dengan anak.

Jadi pengertian emansipasi wanita adalah memperjuangkan agar wanita bisa memilih dan menentukan nasib sendiri dan mampu membuat keputusan sendiri. Untuk tahap selanjutnya pembekalan agar wanita mampu untuk menentukan nasib dan membuat keputusan ini sering disebut dengan pemberdayaan wanita.

Dengan adanya pemberdayaan wanita ini diharapkan wanita bebas menentukan dan melakukan apa yang diinginkannya. Kebebasan di sini maksudnya kebebasan yang berkualitas, bukan kebebasan seratus persen. Sebab, bagaimanapun tetap saja ada perbedaan yang prinsipil antara wanita dan laki-laki (seperti yang sudah disebutkan di atas), ada pekerjaan yang tidak bisa kerjakan

wanita hanya pria yang bisa, sesuai dengan kodrat masing-masing begitu juga sebaliknya wanita itu mempunyai kehebatan-kehebatan yang tidak dimiliki laki-laki.

Emansipasi yang dengan susah payah diperjuangkan oleh Kartini seyogyanya memang ditindaklanjuti dengan tindakan nyata jangan hanya sebatas tataran konsep. Karena jika masih pada tataran konsep belaka, maka tujuan yang diharapkan selama ini akan menjadi sia-sia. Bukti dari kesia-siaan itu adalah masih banyaknya wanita yang belum merasakan kesamaan gender terutama bidang pendidikan. Memang ada sebagian wanita yang sukses dan mempunyai pendidikan yang tinggi namun tidak sedikit pula wanita yang hanya mempunyai pendidikan SD/sederajat. Hal inilah yang terkadang membuat para wanita itu menjadi bahan ekploitasi baik fisik maupun seksual oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Akhirnya, emansipasi wanita jangan disalah artikan, atau diterjemahkan dalam bentuk yang kasar, wanita adalah sama dengan pria, wanita tidak boleh dihinakan, karena wanita adalah ibu dari manusia, wanita adalah guru dan pendidik pertama kita, tapi tetap diingat wanita itu beda atau ada perbedaan dengan pria. Wanita merupakan patner pria, sehingga kekerasan mesti dihadapi dengan kelembutan dan nalar mesti dihiasi dengan emosi/perasaan. Wanita itu adalah patner sejati pria, bukan pesaing pria ataupun rivalitas pria, melainkan adalah teman hidup, Ingatlah wanita itu diciftakan Tuhan Yang Maha Esa bukan dari tengkorak kepala, jadi bukan untuk di disembah ataupun dipuja, tapi bukan pula diciptakan dari tulang kaki, jadi bukan untuk diinjak-injak atau dihinakan, tapi wanita itu dicipta dari tulang rusuk pria, berarti wanita itu adalah patner sejati pria. Selamat Hari Kartini, perjuangkan emansipasi wanita secara kodrati dan tidak dengan cara radikal yang pada akhirnya membuat rivalitas antara pria dan wanita. [Ps]

Kesetaraan Derajat Wanita dengan Pria

Kini wanita Indonesia sudah sejajar dalam memperoleh hak-hakya dengan pria. Bukti itu bisa kita lihat, dari profesi dan kegiatan apa saja antara pria dan wanita sudah sama. Dimana kaum pria berprofesi, disitu pula kaum hawa pun menempati posisi yang sama. Contoh di tentara, wanita juga ada yang mencapai pangkat jendral.

Teropong

Demikian di dunia usaha, kaum wanita pun telah banyak yang berkiprah dan mumpuni seperti kaum pria. Belakangan, pun diusulkan agar kaum wanita menempati kuota 30%

untuk mewakili kaumnya duduk di lembaga legislative atau DPR/DPRD.

Nah, semua itu berkat adanya emansipasi wanita. Emansipasi wanita berasal dari gerakan Negara Barat, yang dahulunya kaum wanita merasa dikerdikan, menjadi warga kelas 2, sehingga menimbulkan akumulasi kekecewaan kepada kaum wanita dan menimbulkan apa yang dinamakan perjuangan persamaan derajat atau emansipasi wanita.

Di Indonesia emansipasi wanita berkemabang pesat setelah kiprah Raden Ajeng kartini. Kemudian RA Kartini pun dinobatkan menjadi pelopor gerakan emansipasi wanita di indonesia.

Pengertian atau definisi emansipasi wanita itu sendiri secara harfiah adalah kesetaraan hak dan gender. Emansipasi wanita bisa pula diartikan sebagai suatu usaha untuk menuntut persamaan hak-hak kaum wanita terhadap hak-hak kaum pria di segala bidang kehidupan. Emansipasi wanita bertujuan memberi wanita kesempatan bekerja, belajar, dan berkarya seperti halnya para pria, seimbang dengan kemampuannya. Pengertian sama disini lebih dipersepsikan pada kata sejajar karena tidak

foto

: ist

imew

a

Page 5: Info kukm april 2014

5 Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014

seorang yang benar-benar berani mengambil kegagalan diawal. Dengan kemampunya ini, Hamzah berhasil mebuka 44 cabang bimbel dan sebuah bisnis sofabed di Tangerang.

Ide bisniskisah hidupnya sebagai entrepreneur

muda ditulis sejak pertengahan tahun 2000. Tepatnya saat ia mengikuti seminar bisnis, membuka pikiran Hamzah bagaimana sebuah bisnis bimbingan belajar (bimbel) seharusnya bekerja. Hal inilah yang menjadikan panggilan tersendiri baginya. Ia termasuk tipe berani mencoba tanpa harus ada embel embel passion. Hamzah muda benar-benar selalu merasa pekerjaanya adalah passionya. Ia pun mencoba bertanya tentang bisnis bimbel.

Soal latar belakang ekonomi, ia memang bukan dari keluarga tidak mampu. Ayahnya yang sebagai dosen di Universitas Gunadarma, telah meyakini anaknya bukan tipe pemalas. Sebaliknya memiliki kreativitas dan inovasi yang mumpuni, untuk itu ia pun mendukung langkahnya. Diakui sejak sekolah dasar (SD), Hamzah sudah mulai mencari-cari tambahan uang jajan. Cara itu ia tempuh dengan mencari uang sendiri dari mengamen hingga ojek payung. Bahkan pernah pula ia melakoni menjadi seorang tukang parkir.

Pokoknya, berawal dari seminar tentang bimbel tersebut, ia benar-benar menginginkan memiliki bimbel sendiri. Tak ayal, dangan pasti, dia meminjam uang 70 juta dari ayahnya tanpa ragu untuk sebuah bisnis. Bercermin dari kegagalan usahanya saat ia membuka bisnis pembuatan pin hingga mematahkan alatnya, ayah dan

ibunya agar ragu akan langkahnya.Berkat tekad dan semangat yang

membara ingin memiliki bisnis tersebut, akhirnya Hamzah berhasil meyakinkan kedua orang tuanya, bahwa bimbel merupakan jalan kesuksesannya. Dia langsung menghubungi pembicara seminar dan ijin itu pun datang. Caranya, dia mempelajari serius semuanya mulai dari merketing, keuangan, hingga prospek. Dia benar-benar ingin menekuni bimbelnya. Hasilnya dia memiliki bimbel sejak hari itu hingga menjadi 44 cabang.

Bimble Hamzah Dia tidak setengah- setengah menekuni

usahanya. Apalagi adanya pinjaman 70 juta dan sebuah mobil dari orang tua, maka keinginan untuk mengembalikan uang tersebut dan mobil pada ayah dan ibunya.

Dengan kemampuan menganalisa bisnisnya, dia pun berhasil mengembangkan usaha bimbel hingga 44 cabang pada 2012. Sehingga profit sebesar Rp 730 juta per tahun dikantonginya, yakni sebuah nilai yang sangat tinggi untuk pemuda yang kala itu baru berusia 19 tahun.

Tidak puas dengan hanya bimbel, Hamzah merambah dunai sofabed dari mengambil alih usaha orang lain. Cara yang hampir sama dengan saat mengambil bimbelnya, atau mungkin krena bakatnya untuk mengambil alih bisnis. Berbekal pengalamannya mengelola bimbel, dia memiliki kepercayaan tinggi untuk mengelolai usaha barunya. Tak ayal, dari bisnis sofabed pun berkembang dengan baik walau cukup pernah tersendat di awalnya. [PR]

Itulah Hamzah Izzulhaq. Anak belia kelahiran 26 April 1993 lahir telah menjelma sebagai entrepreneur hebat. Hamzah, demikian kerap disapa, merupakan salah satu pengusaha muda yang menarik

perhatian banyak media. Sikapnya yang easy going, membuatnya mudah dikenali. Dan dari kisahnya pun banyak menginspirasi pemuda di penjuru Indonesia untuk melakukan hal yang sama, yakni mandiri tanpa membebani orang tua, atau kalau bisa ya sesukses apa yang telah Hamzah raih.

Salah satu sikap easy going-nya, membuatnya mudah untuk dikenali. Gaya bicaranya yang lugas membuatnya mudah akrab bergaul dengan berbagai kalangan. Intinya, Hamzah mampu meyakinkan kawula muda sebagai seorang pengambil resiko. Dia juga mampu bekerja sama dengan situasi apapun. Dia merupakan

Kisah tokoh muda satu ini cukup mengundang decak kagum. Betapa tidak, saat sebanyanya masih asyik bermain dan menghabiskan uang jajan pemberian orang tua, ia sebaliknya telah mempunyai pemikiran bagaimana memperoleh uang dalam jumlah besar yang bukan dari pemberian orang tua.

Hamza Izzulhaq

Usia 19 Tahun Punya Bimbel 44 Cabang

Inspirasi

foto

: ist

imew

a

Page 6: Info kukm april 2014

Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 6Peluang Usaha

Durian Bawor aslinya tumbuh di daerah Banyumas Jawa Tengah, dan sudah menjadi

icon tersendiri di daerah tersebut. Namun ada juga yang memberikan julukan sebagai durian

montong orenge, karena warna dagingnya yang kekuning-kuningan, mungkin saja durian

montong yang anda dibeli di supermarket bukan diimport dari luar negeri tetapi berasal dari

daerah ini.

foto

: ist

imew

a

Durian Bawor memilik daging yang cukup tebal, dengan biji yang kecil dan sedikit agak kempes atau keriput, dengan rasa dagingnya yang legit, manis dan sedikit pahit. Berat rata-rata sebuah durian Bawor matang antara 4-5 Kg meskipun terkadang bisa mencapai hingga 12 kg.

Syarat-syarat untuk dapat tumbuh dengan baik harus sesuai dengan lingkungan aslinya, setidaknya mendekati aslinya dengan beberapa kriteria sebagai berikut :1. Bibit durian akan dapat tumbuh dengan baik pada tinggi tanah

sekitar 50-600 m DPL.2. Memerlukan Sinar Cahaya Matahari sekitar 40-50%.3. Akan Sangat Baik pada suhu Antara 22 sampai 30 Derajat Celcius.

4. Ideal pada Curah Hujan Antara 1500 hingga 2500 mm setiap tahunnya.

5. Akan tumbuh baik pada tanah lempung yang berpasir serta memiliki humus yang cukup.

6. Bila di ukur akan sangat baik pada tanah yang memiliki ph 6-7.Selain didukung oleh adanya kriteria lingkungan yang cukup

mendukung perlu juga didukung oleh pemilihan bibit yang berkualitas, antara lain memenuhi kriteria sebagai berikut:1. Pilih bibit yang terlihat subur, jangan memilih yang terlihat

mengering.2. Pilih bibit yang memiliki intensitas daun lebat (banyak daunnya).3. Pilih bibit yang memiliki batang kuat (batang yang

sambungannya sempurna), tidak ada yang patah.4. Perhatikan kondisi fisik bibit, apakah terdapat penyakit yang

menghinggapi?5. Cari bibit yang cabangnya menjulur minimal 2 arah, tidak cuman

searah.6. Yang Paling Penting : bibit harus memiliki tunas baru.

DURIaN BaWORtebal Dagingnya tebal Dompetnya

Analisis BisnisUsia produktif untuk Durian Bawor pada usia pohon antara

5-6 tahun dengan hasil maksimal 30 buah per pohonnya pada sekali musim panen.

Dalam tahan 1000 m2 dapat ditanami sekitar 150 pohon dengan jarak antar tanaman sekitar 3 meter.- Harga bibit Durian Bawor kaki 3 atau kaki 4 sekitar Rp 200.000- Pembelian Bibit150 Pohon x Rp 200.000 = Rp 30.000.000- Biaya perawatan per 3 Bulan per Pohon- Pupuk kandang kotoran kambing 1 karung = Rp 10.000- TSP setengah kilogram = Rp 5.000- NPK setengah kilogram = Rp 5.000- Gandasil D untuk semprot daun = Rp 500- Pestisida = Rp 500- Total biaya perawatan selama 3 bulan untuk 1 pohon Rp.

21.000- Selama 5 tahun (60 Bulan) = Rp. 21.000 x 20 = Rp 420.000- Untuk 150 pohon Rp. 420.000 x 150 = Rp. 63.000.000

Masa produktif pohon duren hingga 20 tahun dengan masa panen antara 2-4 kali dalam setahunnya.- Estimasi sekali panen 1 pohon rata-rata 30 buah x Rp 30.000 : Rp 900.000 150 pohon x Rp 900.000 = Rp. 135.000.000 Dalam setahun panen 2 x Rp. 135.000.000 = Rp 270.000.000- Untuk masa panen selama 10 tahun 10 tahun x Rp 270.000.000 = Rp 2.700.000.000- Total Biaya : Pembelian Bibit Rp. 30.000.000 Biaya Perawatan 5 tahun pertama Rp. 63.000.000 Biaya Perawatan 5 tahun kedua Rp. 63.000.000 Biaya Perawatan 5 Tahun ketiga Rp. 63.000.000 total Biaya Rp. 219.000.000

Laba Bersih Rp 2.700.000.000 - Rp. 219.000.000 =Rp. 2.481.000.000 atau dengan kata lain selama 15 tahun setiap bulannya anda mendapatkan pendapatan sekitar Rp. 13.783.333.333. [DaNaR]

ANDA Perlu TAHu

Page 7: Info kukm april 2014

7 Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 Peluang Usaha

Beternak AyAm JoPer Bikin Seger

Indonesia sebagai Negara brpenduduk besar pastilah membutuhkan bahan makanan yang bergisi dan berprotein. Dengan begitu akan terlahir sumber daya manusia (SDM) berkualitas. Bicara protein berarti memerlukan bahan makanan yang mengandung usur tersebut. Salah satunya adalah daging. Jadi, peluang usaha yang menghasilkan daging adalah masih sangat prospek.

foto

-foto

: ist

imew

a

Salah satunya bisa memilih usaha beternak ayam. Bahkan bisa dikatakan bisnis ini menjadi lahan bisnis yang tidak ada matinya. Mengigat permintaan akan daging ayam semakin hari semakin meningkat. Inilah kesempatan bagi banyak orang untuk merintis di bisnis ini. Hanya saja untuk beternak ayam

membutuhkan modal sangat besar. Ayam pedaging rasanya sudah pasti enak, tapi lebih enak dan nikmat lagi rasa dari ayam kampung. Rasa dagingnya yang lebih gurih dan enak tetapi untuk dapat merasakan nikmatnya ayam kampung harus merogoh kocek lebih dalam jika ingin membelinya.

Bagaimana jika ada ayam pedaging yang rasanya enak seperti ayam kampung, tentu peluang bisnis yang bikin ngiler kita semua. Emang ada ayam pedaging dengan rasa ayam kampung? Jawabnya “ada”. Namanya ayam Jawa Super atau biasa disebut ayam joper. Jenis ayam ini lebih populer di Yogyakarata dan sekitaran Jawa Tengah. Terlebih lagi ayam joper ini bisa diternakkan dengan sekala kecil. Tidak harus dalam skala besar dalam jumlah ribuan ekor seperti beternak ayam potong pada umumya. Tentu saja ini merupakan peluang bisnis yang menjanjikan. Lebih istimewanya lagi ayam joper ini memiliki masa panen tidak jauh beda dengan ayam potong pada umumnya, yaitu berkisar kurang dari dua bulan atau lebih.

Kelebihan lain dari beternak ayam joper ini adalah harganya lebih mahal dibandingkan ayam potong pada umumnya, yaitu di kisaran Rp 25 ribu sampai dengan Rp.30 ribu per kilonya bahkan bisa lebih, tergantung pasaran di daerah tertentu. Terutama saat bulan puasa dan menjelang hari raya atua hari besar lainnya, ayam joper ini banyak dicari karena memiliki rasa yang lebih enak dan gak beda jauh dari ayam kampung.

Bagi yang membaca artikel ini, pasti anda mencium bau peluang bisnis. Sebaiknya kejarlah info terkait yang makin detail bila perlu berkunjunglah ke Jogja melihat langsung ke peternakan dan minta sharing pada peteraknya, kemudian mencoba. Agar binsnisnya menjadi nyata dan menikmati keuntungannya menjadi peternak ayam joper.

Sekali lagi bagi yang tertarik menggeluti bisnis ini pelajari dulu sebelum memulai dan banyak cari tahu terus tentang seluk beluk bisnis ini. Terlebih lagi bisnis ini tak harus membutuhkan banyak waktu. Bagi yang masih bekerja bisa dijadikan bisnis sampingan skala kecil maupun menengah. Sebab, dalam perawatan ayam ini waktu yang dibutuhkan hanya pagi dan sore hari saat pemberian pakan. Banyak kemudahan yang ditawarkan dari bisnis ini, pengambilan DOC atau anakan ayam juga bisa dalam skala kecil semisal 100 ekor atau 200 ekor. Selamat mencoba.

Analisis UsahaJika berminat dalam bisnis ayam kampung super ini, berikut analisis bisnis

ternak ayam kampung super per 100 ekor :

a. PengeluaranNo Keterangan Harga satuan Jumlah Unit Jumlah1 Pembelian bibit Rp. 4.500 100 + 2 ekor Rp. 450.0002 Pakan 0 – 60 hari Rp. 315.000 4 Sak Rp.1.260.0003 Vitamin dan Vaksinasi Rp. 100.000 Rp. 100.000

Jumlah Rp 1.810.000

B. PemasukanDiasumsikan, angka kematian adalah 10 %* (10 ekor,*asumsi terburuk

dalam kondisi normal) dari jumlah 102 (100 ekor plus bonus 2 ekor) maka pada saat panen masih tersisa 92 ekor dengan berat rata-rata apabila habis pakan 4 sak adalah 0,8 – 1 kg.

Harga ayam terendah adalah Rp 20.000,-/kg (hanya terjadi pada panenan bulan November dan Februari). Fluktuasi harga antara Rp 20.000,- s.d Rp. 30.000,- per kilogram (kg)*.

No Keterangan Harga satuan Jumlah Unit Jumlah

1 Penjualan Ayam Rp 27.000/kg 0.9 kg x 92 = 82.8 kg

Rp. 2.235.600

Jumlah Rp 2.235.600 * Harga ayam kampung super hidup di wilayah Yogyakarta per 30 Agustus Rp 27.000 s.d. 28.000,-/kg

Pendapatan Bersih : Rp 2.235.600 - Rp 1.810.000 = Rp 425. 600

Keterangan : - Setiap 100 ekor ayam dari DOC sampai masa panen (60 hari)

menghabiskan 2 kwintal pakan atau 4 sak @ 50 kg (BR1 dgn protein min 21%).

- Harga bibit ayam (DOC), pakan & harga daging sewaktu-waktu dapat berubah.

- Harga DOC tidak termasuk ongkos kirim, untuk luar P. Jawa masih dibebani biaya perizinan.

- Harga daging ayam kampung super di luar wilayah Yogyakarta (P Jawa dan luar P Jawa) relatif lebih tinggi.

- Terdapat beberapa jenis pakan BR1, yang harus dipilih adalah kadar protein minimal 21%Apabila anda ingin pendapatan yg besar dapat diperoleh dengan

menambah populasi misalnya 500 ekor atau lebih, jadi keuntungan yang akan diperoleh juga akan bertambah. Selain itu frekuensi pemeliharaan jg bisa diatur, misalnya jika menghendaki tiap bulan panen, berarti harus memelihara 2 umur, sehingga pendapatan akan kita peroleh secara bulanan. Atau anda bisa mengatur sendiri apabila ingin panen tiap minggu, tiap 2 minggu, atau tiap bulan. [PR/RafLI DM]

ANDA Perlu TAHu

Page 8: Info kukm april 2014

Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 8Laporan Utama

Suksesnya emansipasi wanita telah menempatkan wanita Indonesia dalam kesetaraan dengan pria. Banyak profesi yang ditekuni pria juga digeluti wanita dan sukses. Dalam dunia wirausaha misalnya, wanita pun mempunyai peran penting dalam membantu pertumbuhan ekonomi nasional.

foto

-foto

: ist

imew

a

Wanita tangguh BerWirausaha

Bukan hanya wanita Amerika Serikat (AS) yang mahir berwirausaha. Dimana sesuai data yang dilansir salah satu media di

AS, bahwa wanita pengusaha bertumbuh sangat pesat di negeri Pmana Sam itu, terutama disegmen bisnis kecil. Kaum hawa di sana diwartakan memiliki sepertiga dari semua bentuk bisnis, dan jumlah tersebut pada tahun 2000 tumbuh menjadi 50%. Sebesar 80% para wanita ini menggeluti bidang retailing dan jasa pelayanan.

Di Indonesia pun kiprah wanita dalam dunia entrepreneur telah diakui profesionalismenya. Bukti ini telah kita lihat setidaknya dalam peringatan GKN 2014 atau

yang keempat kalinya digelar oleh Kementerian Koperasi dan UKM, secara khusus mengambil tema Spirit of Women Entrepreneurship.

Menteri Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan mengatakan, pelaku wirausaha perempuan lebih profesional dalam mengelola keuangan. Hal tersebut tercermin dari jumlah koperasi yang dikelola perempuan yang mencapai 12.076 unit. “Dalam hal mengelola koperasi simpan pinjam membuktikan, kaum perempuan berpotensi lebih disiplin, taat dan kemampuan mengelola tingkat pengembalian pinjaman yang nyaris tanpa tunggakan,” jelas Syarif.

Sebelumnya terkait women entrepreneurship atau kewirausahaan perempuan juga

telah dibahas dalam forum APEC Small Medium Entreprises (SME) Ministerial Meeting ke-20 dan APEC SME Working Group ke-37 dari 21 Economi APEC, serta pada pertemuan terkait lainnya pada 2-7 September 2013 di Bali. Saat itu ditegaskan Menkop UKM, bahwa salah satu isu penting yang dibawa dalam pertemuan tersebut adalah soal kewirausahaan perempuan.

Kiprah wanita wirausaha juga diakui Perusahaan Global Konsultasi Bisnis Ernst & Young. Ia mencatat bahwa 30% perusahaan perseorangan yang ada di dunia dimiliki wanita. Bahkan karena merasa tergugah dalam kepedulian ini, Ernst & Young juga telah menggelar ajang Ernst & Young Entrepreneurial Winning Women (EWW). Ajang tersebut bertujuan membekali para wanita pengusaha dengan kemampuan strategi bisnis dalam mendapatkan jejaring bisnis yang luas.

Pada gelaran tersebut menghadirkan pakar marketing, Hermawan Kertajaya. Menurutnya penilaiannya, bukan hanya soal wanita lebih jujur, tetapi karena saat ini wanita memegang peran kunci dalam pengambilan keputusan

terkait dengan masalah keuangan. Dikatakannya, bahwa dalam tiga tahun terakhir, 92% wanita di 10 kota besar Indonesia berperan sebagai chief financial di dalam keluarga. Tuturnya, seorang suami tidak akan berani membeli sesuatu, jika tidak mendapat izin istrinya. “Apa yang tadi saya ungkapkan merupakan hasil survei MarkPlus. Otomatis, fakta ini membuat wanita menguasai pangsa pasar,” ujarnya.

Lebih lanjut ungkap Hermawan, wanita memiliki lima sifat yang sangat cocok dijadikan sebagai modal dasar untuk berbisnis. Lima sifat dasar tersebut adalah perhatiannya yang besar untuk selalu menjaga kesehatan, sikap optimistis, multitasking, dorongan untuk berwirausaha, dan kesenangannya dalam menjalin jejaring.

Salah satu peserta EWW Riezka, nilai Hermawan, memiliki optimisme yang kuat. Menurutnya Sebelum memulai Justmine Pisang Ijo, ia bersama suaminya telah berulang kali mengalami kegagalan bisnis. Mulai kredit pulsa telepon genggam, kafe, sampai tahu goreng, tapi semuanya gagal. Dampak lebih pahit lagi pun diterima, seperti

Page 9: Info kukm april 2014

9 Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 Laporan Utama

Selain bisa menghasikan uang, wanita yang berbisnis juga bisa memberdayakan kemampuan diri, menyalurkan hobi, dan memperluas networking. Hanya saja sebagian besar wanita kurang berani menghadapi risiko. Artinya masih banyak wanita yang takut memulai berwiausaha.

Lahan Bisnis terus Cemerlang

terbelit utang dalm jumlah besar. Walau begitu ia tidak menyerah bahkan pada 2009 kembali mencoba peluang bisnis berbeda, yaitu pisang ijo.

Meski saat awal memulai sering tidak laku dengan stok 25 porsi hanya laku lima ia tak menyerah. Dengan sisa stok yang dibagi-bagika pada tetangga berdampak positif, yaitu beragamnya masukan dari mereka. Riezka Rahmatiana pun terus melakukan inovasi produk, penjualan, dan promosi hingga akhirnya berhasil. Bahkan kini usahanya telah berkembang dengan skala nasional.

Masih tandas Hermawan, dengan keunikannya dalam mengelola bisnis, wanita juga memiliki kekuatan untuk mengubah dunia. Caranya, dengan memasukkan nilai-nilai luhur dalam bisnis yang dijalankannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh almarhumah Anita Roddick, aktivis sekaligus pebisnis yang membesarkan The Body Shop.

Hal ini pula imbuh Hermawan yang dilakukan oleh Ida Widyastuti pemilik Roemah Snack Mekarsari. Sukses dan gagal dalam bisnis seperti dua sisi mata uang. Kiatnya, ambil sebagai pelajaran untuk mengingatkan bahwa ternyata saya belum pintar, sehingga Tuhan memberikan ‘kursus’ melalui kasus-kasus kegagalan. Ibarat minum jamu, meski pahit, jika kita mau menelan, maka penyakit kita akan sembuh.

Ida tidak mau memisahkan nilai kemanusiaan dengan bisnis. Menurutnya, bisnis dan kemanusiaan tidak bisa dipisahkan. “Sebab, kalau dipisah, kedepannya para pengusaha Indonesia akan menjadi pengusaha yang tidak berperikemanusiaan dan memakan sesamanya,” tukas Ida.

Sebagai bukti dari visinya, Ida pun menjangkau dan memberdayakan komunitas petani dan UKM yang ada di sekitarnya. Cita-cita untuk membesarkan petani plasmanya yang telah mencapai jumlah 200 orang. [PR]

Tak dipungkiri sederet nama pengusaha sukses di Indonesia masih didominasi kaum pria. Namun, bukan berarti kaum wanita tak punya peluang sukses dalam berbisnis. Pada dasarnya, wanita punya bakat, sifat disiplin, loyal, kerja keras,

sabar dan penuh kasih. Karakter ini bisa jadi modal yang bagus untuk berwirausaha.

Sejatinya memang banyak jenis bisnis yang “pas” dengan karakter wanita dan menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Sedikitanya ada 8 unit bisnis cocok untuk wanita. Pertama, adalah bisnis fashion. Wanita dan fashion tak bisa dipisahkan. Peluang bisnis tersebut sangat menjanjikan, karena mayoritas wanita menyukai tampil cantik dan trendi. Dengan demikian pembaca, bisa membuka usaha butik offline maupun online yang menyediakan kebutuhan fashion wanita terkini. Selanjutnya, pilihlah satu spesifikasi produk atau menyediakan layanan one stop shopping sekaligus.

Kedua, industri kreatif. Pada dasarnya, wanita menyukai keindahan dan mempunyai kreativitas yang lebih tingi dari pada pria. Sehingga bidang industri kreatif seperti industri handmade, design animasi, produksi pernak-pernik kebutuhan rumah tangga, bisa menjadi pilihan. Sifat wanita yang teliti, halus dan lemah lembut sangat bermanfaat untuk meniti bisnis industri kreatif ini. Ketiga, bisnis kuliner. Bidang masak-memasak adalah salah satu kegemaran wanita. Tak heran, peluang bisnis di bidang kuliner juga cukup menjanjikan. Terlebih saat ini wisata kuliner sudah menjadi tren berwisata di berbagai daerah. Bisnis kuliner tidak melulu dengan membuat restoran saja. Anda bisa memilih jenis bisnis kue, es krim, atau catering.

Keempat, bisnis kecantikan. Siapapun anda, kalau wanita pasti selalu ingin tampil cantik. Melihat pangsa ini maka gunakan peluang ini sebagai

“pasar” bisnis pelaku usaha. Bisnis kecantikan seperti membuat salon, spa, klinik kecantikan, atau membuka toko make up bisa menjadi pilihan. Atau, Anda bisa membuka gerai parfum dengan segmentasi pasar yang lengkap, dari kelas bawah sampai kelas atas. Kelima, bisnis kebutuhan bayi. Wanita dan anak-anak juga tak dapat dipisahkan. Sebagai wanita yang dikodratkan menjadi Ibu, wanita punya jiwa keibuan penuh kasih yang dekat dengan anak-anak. Hal ini juga bisa menjadi peluang berbisnis. Anda bisa mencoba berbisnis menyewakan peralatan bayi seperti yang sedang tren sekarang ini. Atau, Anda juga bisa membuka bisnis penitipan bayi di lingkungan sekitar rumah.

Keenam, bisnis jasa pendidikan. Bisnis ini juga cukup menjanjikan peluang meraih kesuksesan. Banyak terdapat pilihan bisnis jasa pendidikan, seperti, kursus memasak, kursus menjahit, membuat sekolah Pendidikan anak Usia Dini (PAUD), membuat Bimbingan Pelajar, kursus bahasa, kursus seni, kursus mata pelajaran, sampai kursus mengaji. Ketujuh, bisnis intelektual. Bisnis satu ini merupakan bisnis untuk wanita yang punya edukasi serta skill mumpuni di bidang intelektual. Contohnya: bisnis biro periklanan dan public relation, penerjemah, biro penulisan kreatif, konseling, konsultan, dan masih banyak lagi. Tak sembarang wanita bisa menjalankan bisnis ini. Namun, jika Anda mempunyai kemampuan, mengapa tidak?

Kedelapan, usaha perdagangan. Wanita juga bisa menjalankan usaha dagang seperti membuat toko, minimarket/supermarket, counter dan distributor/agen. Apapun jenis usaha yang dipilih terkait kebutuhan wanita memiliki prospek cerah.

Selanjutnya segera memulai sebuah bisnis yang disukai dengan analisa yang matang. Kemudian berani mengembangkan peluang tersebut, termasuk jika harus banting setir dari pekerjaan atau bisnis yang sedang dijalani saat ini. [PR]

Dalam tiga tahun terakhir, 92% wanita

di 10 kota besar Indonesia berperan

sebagai chief financial di dalam

keluarga.

Page 10: Info kukm april 2014

Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 10Laporan Utama

adanya kemajuan bisnis serta segudang penghargaan lainnya.

Soal melobi dan bernegoisasi Anne termasuk jagoan, meski hanya perpendidika SLTA tetapi penguasaan bahasa asing sangat fasih. Sejak kecil, Anne memang sudah tertarik pada desain, batik, kebaya, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan kreativitas. Berkat ketertarikan yang besar inilah telah memberikan dorongan untuk menekuni dunia usaha fashion kemudian merambah dunia usaha lainnya.

Anne kini telah memiliki segudang bisnis dibawah naungan anne avantie Management yang didirikan pada 1998. Anne mengaku awalnya berkecimpung dengan dunia bisnis dimulai dengan bisnis perancangan kebaya, kemudian berkembang menjadi 12 unit bisnis, mulai dari kerajinan, kafe, fashion restoran, batik, rumah pengantin (wedding house), photo studio, dan pengembangan sumber daya manusia untuk wanita. Atas aktivitas usahanya inilah Anne ikut menghidupi sekitar 350 orag yang terlibat di semua bidang usahanya.

Menurutnya semangat membangun usaha dan kewirausahaan perlu ditularkan kepada siapapun. Transfer ilmu tentang bisnis dan kreatifitas ini bisa dilakukan secara tidak langsung kepada anak-anak di rumah. Kepeduliannya mentransfer ilmu pengetahuan agar kelak banyak lahir pengusaha-pengusaha sukses di Indonesia.

Para Jawara

Wanita eksis Berbisnis

Makin banyak maka masyarakat pun ikut sejahtera. Tidak lain, para pelaku usaha akan memerlukan

tenaga kerja, sehingga akan mengurangi jumlah pengangguran. Pada gilirannya kemiskinan akan

terhapus. Berikut disajikan beberapa profil wanita sukses yang berkiprah

di bidang yang dipilihnya.

Seperti sudah diuraikan banyaknya para pelaku bisnis dari kaum hawa

makin sejahteralah keluarga.

sOsOK entrepreneur satu ini namanya cukup familier karena sudah sering menghiasi media masa nasional. Menurutnya menjadi pengusaha sukses tidak memerlukan pendidikan formal yang tinggi. Tapi bukan berarti orang yang sudah memiliki latar belakang pendidikan tinggi tidak bisa menjadi pengusaha. Besar pengaruh lingkungan akan membentuk seseorang untuk menjadi pengusaha sukses. Terpenting adalah passion dari diri pribadi untuk menjadi pengusaha dan stimulan dari lingkungan akan mendukung hal tersebut.

Anne Avantie, salah seorang diantara yang berhasil menjadi pengusaha sukses tanpa mengantongi jenjang pendidikan formal yang tinggi. Wanita kelahiran Semarang, 20 Mei 1964 ini hanyalah berpendidikan SLTA. Tetapi berkat kemauan, kemampuan dan keuletannya menekuni usaha yang dipilihnya telah membawa sukses besar. Predikat jawara tersebut diantaranya diterima dari Ernst & Young Entreprenurial Winning Women. Tidak cuma itu Anne juga mendapat anugrah sebagai pengusaha wanita sukses di industri kreatif dengan ditandai

Anne AvAntieMenjadi Pengusaha Sukses Mudah

Page 11: Info kukm april 2014

11 Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 Laporan Utama

PEMILIK usaha berbendera Arella Big Size ini menuturkan memulai usaha sejak 2002. Diakuinya bisnis yang ditekuninya adalah hasil dari analisis pribadi, bahwa banyak orang yang tubuhnya berukuran XL ke atas. Sementara toko penyedia pakaian untuk mereka sangat minim. Selain itu dia juga perhatikan, seseorang bisa dengan mudah bertambah gemuk setelah menikah, atau karena faktor usia dan pola makan yang salah. Berdasar analisi tersebut ia pun membelokkan usahanya dari pakaian bayi ke bisnis baju ukuran all size. Soal keraguan akan diterima pasar atau tidak pun bernah berkecamuk dipikirannya. Tetapi setelah jalan ternyata pasarnya sangat menjanjikan seiring nilai keprcayaan konsumen makin tinggi pula.

Membuka Banyak CabangBukti pengembangan tersebut dalam waktu singkat ia telah

mempunyai 3 toko yang tersebar di Bandung dan Jakarta. Selanjutnya ekspansi pun dilakukan ke Solo. Cita-citanya minimal di setiap kota besar mempunyai satu toko. Menurutnya kenapa memilih memiliki banyak toko karena, menurutnya, pelanggan akan lebih puas bila datang sendiri ke toko. Mereka bisa langsung melihat bahannya, jahitannya, dan langsung mencobanya. Apalagi untuk yang memiliki tubuh besar, perlu ketelitian lebih saat membeli pakaian. “Namun, jika ada pelanggan dari luar kota yang akhirnya berteman lewat BBM dan memesan melalui media tersebut, tetap saya layani,” jelasnya.

Dalam menjalani bisnisnya tetap memiliki tantangan yang besar terutama dalam mempertahankan pelanggan. Kalau konsumen datang pertama kali ke tokonya adalah hal yang mudah, tetapi sulitnya adalah memengaruhi mereka agar datang lagi. Untuk itulah ia mencoba membaca selera fashion mereka.lalu mMenyediakan pakaian dengan berbagai model dan warna agar selera orang yang bermacam-macam itu bisa terpenuhi. “Prinsip saya, jangan sampai orang yang masuk ke toko tidak menemukan yang dicarinya. Untuk itulah, saya juga menyediakan pakaian dari ukuran L hingga 10L,” tuturnya.

Akhirnya walau dikepung pesaing ia tetap eksis dan mampu membukukan omset ratusan juta. Dengan modal sekitar Rp 50 - 100 juta untuk membeli kain setelah diolah menjadi produk mampu mendatangkan omset sebesar antara Rp 250 - 350 juta per bulan.

UPaya pemberdayaan kaum perempuan Indonesia telah menjadi cita-citanya. Niat ini telah dirintis Sharmila sejak 15 tahun lalu. Harapannya, semakin banyak perempuan Indonesia yang berdikari secara ekonomi yang pada akhirnya turut menyejahterakan keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.

Dalam rangka memberdayakan kaum hawa tersebut, Sharmila memilih menitikberatkan pada bidang ekonomi. Karena itu, dia memiliki harapan tinggi akan masa depan kaum perempuan Indonesia, bisa berdikari secara ekonomi sehingga minimal mampu menyejahterakan keluarga. Menurutnya sudah banyak perempuan Indonesia yang memainkan peran tidak hanya urusan domestik rumah tangga, tetapi juga berperan sebagai pencari nafkah.

Sharmila yang juga sebagai ketua umum Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Inkowapi), telah mengamati sebagian besar pelaku wirausaha mikro, seperti pedagang pasar, pemilik warung, dan perajin, adalah kaum perempuan. Selain itu ia juga gigih melakukan pendampingan, bimbingan, dan pelatihan-pelatihan kewirausahaan bagi perempuan-perempuan di seluruh Indonesia. Dengan focus melakukan pembinaan pada pengembangan usaha-usaha mikro dengan berbasis pada komunitas-komunitas perempuan di seluruh daerah di Tanah Air.

Tegad Alumnus Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk memberdayakan kaum perempuan ini semakin kuat sejak dirinya menggeluti koperasi. Baginya, permberdayaan seorang perempuan bisa berdampak besar bagi kemajuan suatu bangsa. Menurutnya manfaat paling dekat yang bisa dirasakan ialah bagi keluarga masing-masing. Bahkan dikatakan perempuan berperan sebagai manajer dalam rumah tangganya dan fokus perempuan pada umumnya adalah kebahagiaan anak-anak dan keluarga.

Masih terkait aktivitasnya di bidang pemberdayaan perempuan, hingga saat ini, dia sudah mendampingi dan membina ratusan komunitas dan ribuan perempuan dari seluruh daerah di Indonesia. Semua itu, ujarnya, tidak lepas dari semangatnya menyejahterakan dan memberdayakan lebih banyak perempuan di Indonesia. [PR]

LienA SASMitAPurA Berani Ambil Langkah Beda

ShArMiLA Pemberdayaan Perempuan

Page 12: Info kukm april 2014

Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 12

Untuk itu selagi masih muda mencobalah berbisnis atau berwirausaha. Tak perlu usaha yang memerlukan modal berjuta-juta. Cukup dengan modal minim atau kalau bisa tanpa modal pun sama-

sama berpeluang untuk mencapai keberhasilan. Berbicara tentang wirausahawan muda

yang sudah sukses di Indonesia sebenarnya sudah banyak, walaupun tingkat kesuksesan itu berbeda-beda.

Andi Nata merupakan salah satu pengusaha muda yang berhasil menambah kisah sukses pengusaha muda Indonesia. Melalui bisnis dari nol kemudian menamngguk sukses berkat domba-domba piaraanya. Ia mulai menggeluti usaha tersebut pada 2008 dengan modal Rp 8 juta hasil pinjaman dari kerabatnya. Dengan pinjaman tersebut, Andi membeli lima ekor kambing, terdiri 4 betina dan 1 pejantan.

Andi Nata merupakan pengusaha yang berhasil saat usianya kurang dari 23 tahun. Omset yang ia bukukan mencapai puluhan juta rupiah per bulan. Dari titik inilah kisah entrepreneurnya dimulai. Ada kisah yang mendorong Andi terbersit untuk menjadi pengusaha. Tepatnya dimulai ketika ayahnya mengalami kecelakaan

dan memerlukan biaya pengobatan yang cukup besar, yaitu Rp 30 juta. Biaya pengobatan yang mahal tersebut membuat Andi memutar otak untuk selalu berjaga agar mendapatkan dana besar sehingga kalau sakit mampu membiayai pengobatannya. Sehingga sebagai anak bisa membantu pengobatan orang tuannya, atau sebagai kepala keluarga bisa membiayai pengobatan anak-anaknya.

Awalnya Tidak MulusKisah yang membawa ia sebagai pengusaha

adalah bermula ketika ia baru saja masuk kuliah, Andi langsung berusaha mencari pekerjaan dengan memberi les privat pada murid- murid SMA. Andi membantu mereka belajar Matematika dan Fisika, karena dua mata pelajaran ini ia kuasai dengan baik. Selama 3 bulan memberi les, ia menghasilkan uang Rp 12 juta. Uang tersebut pun belum cukup untuk membiayai ayahnya. Andi yang masih muda dan memiliki sifat mudah bergaul, maka bertemulah ia pada seorang perternak kambing dari Jawa Tengah yang akhirnya mengantarkan kisah sukses pengusaha muda Indonesia ini. Ia menjadi terinspirasi untuk menjadi pengusaha kambing yang sukses di Indonesia.

Andi Nata

BERKat DOMBaJadi Pengusaha Kaya

Kisah Sukses

Menjadi seorang wirausaha muda sukses itu tak semudah membalikkan telapak tangan, tapi juga tak sesulit mengambil bintang di langit. Banyak proses yang perlu dilalui, perlu pengalaman yang didapati dan banyak hal tak dilewatkan untuk dipelajari.

Singkat kata, pengusaha kambing tersebut mengajari Andi tentang cara bagaimana berternak kambing dan domba. Dari mendengarkan cerita peternak tersebut, membuatnya terinspirasi ingin menjadi peternak kambing dan domba. Tidak itu saja, ia pun ingin mengukir kisah sukses pengusaha muda Indonesia, seperti pebisnis muda di Indonesia lainnya. Guna meningkatkan usahanya itu, ia bekerjasama dengan beberapa peternak di Garut, Cirebon, Wonosobo, dan di beberapa wilayah di pulau Jawa.

Andi mencoba melakukan pendekatan-pendekatan kekeluargaan untuk menumbuhkan rasa saling percaya. Apalagi ia sudah beberapa kali rugi sampai jutaan rupiah karena dibohongi olehpetani rekannya. Andi memiliki satu tujuan yakni berusaha untuk mengembangkan kambing-kambingnya. Pada awal usaha, beberapa anak kambingnya ada yang mati. Sisa kambing lainnya kemudian dijual saat menjelang Idul Adha. Kemudian hasil penjualan ia belikan kambing lagi, begitu seterusnya sehingga membuat kisah usahanya terus berlanjut.

Bagi Andi, seorang pengusaha bukan hanya pintar berinovasi tetapi juga harus dapat menjalin relasi. Caranya dengan menyerap ilmu di sekitarnya tak peduli dari siapa ia belajar. Dari seorang ibu penjual gulai, ia pun mendapat inspirasi untuk memulai usaha katering untuk acara-acara yang memerlukan sate, atau gulai kambing.

Andi pun terus berusaha mengembangkan bisnis dombanya dan sekaligus tak mau tertinggal di bidang akademis. Ia tidak mau kalah dan pantang untuk rugi. Ia terus menimba ilmu tentang usaha mulai dari mengikuti lokakarya, kuliah singkat dan kursus ia ikuti. Salah satu rahasia yang berperan dalam cerita sukses pebisnis belia Indonesia ini adalah kemampuannya melobi. [PR]

foto

-foto

: ist

imew

a

Page 13: Info kukm april 2014

13 Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014

anda, pada akhirnya anda akan merekrut karyawan dari luar. Untuk itu, lakukan proses rekrutmen dengan hati-hati, tanpa tergesa-gesa, dan perlakukan hal tersebut sepenting saat anda memulai usaha. Sangat disayangkan sikap pemilik usaha yang punya visi untuk usahanya, tapi merekrut karyawan yang justru menghalanginya meraih visi tersebut.

Jual kelebihannya, bukan harganya. Saat anda memulai usaha, sudah sewajarnya anda frustasi memasarkannya.Tapi, jika anda bersaing pada harga, anda pada akhirnya kan menjual dengan harga pas-pasan atau bahkan di bawah modal. Kuasai keahlian berkomunikasi dengan pelanggan, untuk menjelaskan bahwa harga produk anda lebih tinggi karena memiliki nilai yang lebih baik.

Ketahui angka dasar. mengetahui berapa banyak uang yang anda butuhkan untuk menjalani usaha – mulai dari sewa toko, listrik, asuransi karyawan, sampai harga tinta printer, kertas, dan

Tips

Jarang orang mengawali kesuksesan dengan mudah. Bill Gates atau Mark Zuckenberg, sebelum meraih sukses dengan kekayaan yang luar biasa. Mereka juga memulai semuanya dari usaha kecil. Juga tak satupun dari mereka yang menduga bakal mencetak keberhasilan seperti sekarang.

tIPsUsaHa

KECIL MERaIH sUKsEs

tidak berjalan semua rencana, anda tidak bakal bangkrut karena dana start-up tadi, dan tidak dikejar utang.

Perbudak diri sendiri. Jika anda tidak bersedia bekerja keras, lembur, melupakan keuntungan pribadi dan kesehatan, maka wirausaha bukan untuk anda. Pada awalnya, anda pasti tidak akan mampu membayar karyawan, sekalipun karyawan yang murah. Jadi, karyawan anda, adalah anda sendiri.

Hargai waktu. beri nilai uang pada waktu anda, misalnya rp20 ribu perjam. ini akan membantu saat anda harus mengambil keputusan: bila sebuah toko mengenakan biaya rp10 ribu untuk pengiriman setiap minggu, dan anda membutuhkan waktu 2 jam untuk pergi ke toko tersebut sendiri, maka bayar terus ongkos kirim dari perusahaan tersebut, karena lebih murah. ini mungkin bertentangan dengan aturan ke 3, tapi bahkan budak sekalipun juga memiliki nilai ekonomi.

rekrut karyawan dengan baik. Tanpa memedulikan ukuran usaha

Perusahaan pemula yang berubah menjadi perusahaan sukses bernilai miliaran bahkan triliunan, dalam dunia bisnis tak bedanya dengan pemenang

lotere. meletakkan semua uang anda dan berharap mendapatkan jackpot, anda justru bakalan terpuruk.

berikut 10 aturan untuk memulai usaha kecil. Daftar ini lebih untuk membuat anda menyadari kenyataan yang ada, ketimbang gila-gilaan mengejar impian terdahsyat anda dalam berbisnis.

Lebih realistis. Saat membuat model bisnis, coba lihat ke sekeliling dan cari contoh sukses dari model bisnis yang anda kehendaki, lalu pelajari. bila anda tak dapat menemukan, entah anda yang luar biasa jenius, atau model bisnis anda tidak bakal berhasil di dunia nyata.

Jangan menginvestasikan uang sendiri. Karena kebanyakan bisnis adalah perjalanan yang berisiko, carilah partner. Jadi, jika semuanya

pajak. Lalu bagi semua itu dengan berapa hari dalam setahun anda akan buka, dan… itulah angka dasar – jumlah minimum pendapatan yang anda butuhkan setiap hari. Jika anda tidak pernah berpikir tentang angka dasar, coba pikir ulang.

Gunakan teknologi terbaru. Teknologi anyar seperti aplikasi dan penyimpaanan data dengan cloud technology sangat murah dan membuat perusahaan kecil dapat bersaing dengan perusahaan besar. manfaatkan teknologi rendah biaya yang ada di pasaran.

Perlakukan vendor dengan baik. Perlakukan vendor dan suplier anda sebaik mungkin, seperti halnya anda memperlakukan para pelanggan. mereka bisa saja memberikan diskon berdasarkan besarnya volume pemesanan anda, atau bahkan demi menjaga hubungan baik, serta berharap ada peningkatan volume di masa mendatang. Hubungan yang baik membuat mereka juga dapat memahami keterlambatan pembayaran, bahkan memberikan pengiriman gratis.

Jadilah yang terbaik. anda tidak boleh setengah-setengah.Setiap hal yang anda lakukan untuk klien harus lah yangterbaik. apapun yang anda buat dan jual, haruslah yang terbaik. Lakukan itu terus menerus, dan kekuatan word of mouth akan menyebar. [sM]

Page 14: Info kukm april 2014

Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 14

karena bahan baku dari segala macam bahan, baik buah maupun bahan yang lain tersedia dimana-mana. Kemungkinan yang sulit adalah mencari ide agar cemilan yang kita buat menarik hati konsumen untuk mencoba dan membeli secara kontinyu. Tepatnya, jika masyarakat sudah sedikit bosan dengan camilan yang ada, kita bisa mencoba membuat cemilan dengan yang lain.

Bila di daerah anda belum ada bolehlah meniru camilan berbahan jamur dan jagung ini. Sebab, camilan jamur dan jagung ini setelah dibuat oleh kreatornya langsung diterima pasar. Karena prinsipnya sebelum cemilan ini diciptakan, orientasinya tak sekedar membuat makanan ini nikmat saja, tetapi telah memetakan peluang usaha ini bakal berkembang. Mengingat sang kreator dalam membidik peluang bisnis dari makanan

ini unik dan tergolong baru. Faktanya, setelah bisnis camilan dengan bahan baku dari jamur dan jagung begitu diluncurkan diterima oleh konsumen, sehingga untung tak sedikit pun diraihnya.

Jika pemain bisnis camilan sudah banyak itu tak mengapa, karena penikmat makanan juga terus bertambah. Tak heran jika banyak pemain turut meramaikan bisnis cemilan ini. Salah satu contoh orang yang berkreasi menciptakan cemilan berbahan jamur dan jagung adalah M. Tajib di Wonosobo, Jawa Tengah. Usahanya ini menawarkan menu camilan jamur krispi dan jagung serut dengan aneka rasa, seperti barbeque dan mayones. Dalam usahanya ini, jamur krispi menjadi andalan. Mengingat dirinya yang asal Semarang, Tajib pun mengklaim sebagai pionir jamur kripsi asal Semarang.

Hasil produksi Tajib ini dibandrol antara Rp 3000 - 8000 per porsi. Pangsa tersebut memang disegmentasikan

Peluang Usaha

Bisnis Camilan Jamur dan Jagung Pasti Untung

usaha paling memiliki peluang adalah bisnis makanan dan

minuman. Hanya pintar-pintarlah membuat jenis makanan yang

menarik, selain enak dan juga sehat. Salah satunya adalah membuat

cemilan yang belum ada di pasaran.

foto

-foto

: ist

imew

a

untuk masyarakat menengah ke bawah. Tak khayal bisnisnya pun mendapat sambutan konsumen dan terus berkembang dengan perluasan pasra. Ia memulai usaha ini sejak 2009. Saat ini bisnis Tajib telah berkembang lewat sistem kemitraan, dengan jumlah 30 mitra yang tersebar di wilayah Semarang, Kudus, Purworejo, hingga Majalengka. Di tahun-tahun awal berproduksi, ia mempunyai 5 gerai yang dikelolanya sendiri di Semarang. Mengingat prospeknya yang bagus, ia pun melebarkan sayap dengan membuka sistem kemitraan.

Bahkan belakangan ia memilih fokus untuk memproduksi bahan baku untuk dijual kepada para mitranya. Sehingga gerai miliknya kemudian dijual kepada mitranya. Siapa tertarik, silahkan mencoba atau bermitra! [PR]

Camilan seolah sudah menjadi bagian dari masyarakat kita. Sehingga begitu mendengar kata cemilan yang terlintas di pikiran kita adalah jenis makanan kecil yang enak

dan bisa dinikmati di waktu-waktu santai. Maka tak heran jika cemilan juga turut meramaikan bisnis di sektor industri makanan. Itu sebabnya peluang bisnis cemilan dengan sekala kecil maupun besar sudah menjamur di Indonesia, dan dampaknya sangat besar terhadap arus perekonomian di masyarakat. mengingat makin banyak peminatnya dan banyak pula konsumennya, maka sangat penting peranannya dalam menopang perekonomian di negara kita.

Membuat camilan juga tak sulit

Page 15: Info kukm april 2014

15 Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014

Apalagi jika dipadukan dengan kreativitas agar kaos tersebut makin digemari oleh pembeli. Selain warna-warni kaos yang sudah ada dari pabrik, kita masih bisa memodifikasi atau

memberi corak agar kaos yang akan pasarkan menaapat tempat di hati konsumen. Misalnya kita memberi sentuhan warna khusus yang bisa menjadi ciri khas, dengan menyablon printing. Kita bisa memilih tulisan-tulisan yang unik dan memiliki nilai seni tinggi. Semisal kita membuat tulisan-tulisan yang bernilai islami. Tak dipungkiri penduduk negeri ini yang mayoritas muslim pastilah akan menyukai sesuatu barang yang ada hubungannya dengan keyakinan yang dianut.

Di media kaos yang kita beli dari pabrik kita beri gambar dan tulisan-tulisan dengan sentuhan tentang Islam. Mengingat kaos atau t-shirt telah menjadi pakaian sehari-hari setiap individu masyarakat Indonesia. Nah, terkait dengan masyarakatnya yang mayoritas muslim tersebut, maka member gambar dan tulisan tentang Islam pada kaos tentu akan banyak yang suka. Ditambah hadir dengan aneka model dan warna, maka kaos itu pun akan digemari oleh banyak kalangan. Melihat pasar yang sangat terbuka ini, bagi siapa ingin menekuni bidang bisnis ini masih mempunyai peluang besar.

Banyak bukti pelaku bidang usaha ini yang menangguk untung tidak sedikit di setiap kota. Apalagi di kota-kota besar

seperti Jakarta, Bandung, Jogjakarta dan lainnya merupakan ladang empuk bagi usaha jenis ini, karena kepadatan penduduk maka kaos yang dibutuhkan pun lebih banyak. Meski sudah banyak pelaku usaha yang menekuni nisnis ini, tetap masih berpeluang bagi pelaku usaha baru untuk mendulang sukses. Karena yang dibutuhkan adalah inovasi untuk lebih memikat konsumen.

Contoh pelaku usaha ini yang bisa dikatakan telah menikmati manisnya bisnis yang ditekuni adalah Didiek A Harijanto, asal Surabaya, Jawa Timur. Dia fokus memproduksi kaos muslim distro sablon printing untuk anak-anak maupun orang dewasa. Desain kaos itu dilengkapi gambar dan kata-kata tentang Islam. Semisal “Asmaul Husna” atau “The Holy Mecca & Madina”. Model kaos kebanyakan dibuat lengan panjang, kecuali untuk anak lelaki. Harga kaus pun bervariasi. Untuk kaos anak-anak cowok dibandrol Rp 60ribu perpotong, kaos anak perempuan Rp 70 ribu perpotong, dan baju koko anak Rp 75 ribu perpotong. Kaos orang dewasa dibanderol mulai Rp 80 ribu hingga Rp190 ribu perpotong.

Bukti peluang usaha ini masih menjanjikan pun telah diungkapkan Ketua Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (Wali), Levita Supit. Ia menyatakan prospek kaos muslim di Indonesia terbuka lebar. Selain seperti disinggung diatas bahwa mayoritas penduduknya muslim, kebutuhan pakaian juga akan terus meningkat. Hanya saja agar dapat menarik banyak pembeli, desain kaos harus unik dari yang lainnya. Kualitas pakaian dan harga yang ditawarkan pun harus kompetitif. Uapaya lainnya adalah gencar melakukan promosi. [PR]

Peluang Usaha

Usaha Distro Sablon Printing MenjanjikanBanyak celah untuk memilih usaha dan banyak ragam bentuk dan pilihan bidang usaha. Kuncinya adalah kreativitas mencari peluang usaha yang menguntungkan dan pasar tidak lekas jenuh. Ambil contoh memilih bidang usaha jualan kaos saja, akan bisa dijadikan tumpuan mencapai sukses. Mengingat hampir semua orang menyukai jenis pakaian model ini.

foto

-foto

: ist

imew

a

Page 16: Info kukm april 2014

Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 16

Pembayaran dapat ditransfer melalui rekening PT NASARI INDONESIABank BNI no. rek 0153896997 | Kirim atau Fax bukti pembayaran ke alamat redaksi

Formulir Berlangganan

NAMA :ALAMAT RUMAH :

KOTA : PROPINSI:TELP. RUMAH : KANTOR: HP:PEKERJAAN :PERUSAHAAN :ALAMT KIRIM :

Alamat Redaksi:Nasari Sentra KUMKM : Jl. Boulevard Raya Blok WE - 2 No 8B Kelapa Gading, Jakarta Utaraatau melalui email: [email protected]

q Paket 12 Bulan Rp. 100.000,-

Hadiah langsung ditransfer ke rekening bank anda…!ayo buruan…!Jangan lewatkan kesempatan ini…!!!

PENtING:

Status berlangganan dianggap sah apabila form berlangganan & bukti transfer telah diterima oleh PT.Nasari indonesia melalui fax/email.

- No Rek BNI 0153896997 an.PT.Nasari Indonesia- Fax.021.45857095,[email protected]

DAPATKAN HADIAH LANGSUNG UANG TUNAIDAN HANDPHONE KEREN………..DENGAN MENGAJAK SAHABAT…, TEMAN ,DAN ANGGOTA PENSIUNAN UNTUK BERLANGGANAN taBLOID INfO KUKM MINIMaL 1tH……..SEMAKIN BANYAK ANDA MENDAPATKAN PELANGGAN SEMAKIN BESAR HADIAH YANG ANDA TERIMA………….BUKTIKAN LANGSUNG

HADIAH:1. MENDAPAT 5 ORG BERLANGGANAN 1 TAHUN

Hadiah UANG TUNAI RP. 50.000,-2. MENDAPAT 10 ORG BERLANGGANAN 1 TAHUN

Hadiah UANG TUNAI RP.125.000,-3. MENDAPAT 20 ORG BERLANGGANAN 1 TAHUN

Hadiah UANG TUNAI RP.300.000,-4. MENDAPAT 30 ORG BERLANGGANAN 1 TAHUN

Hadiah UANG TUNAI RP.525.000,-5. MENDAPAT 40 ORG BERLANGGANAN 1 TAHUN

Hadiah UANG TUNAI RP.800.000,-6. MENDAPAT 50 ORG BERLANGGANAN 1 TAHUN

Hadiah UANG TUNAI RP.1.000.000,-PLUS Hp Samsung Galaxy Young

7. MENDAPAT 5 ORG BERLANGGANAN 2 TAHUN Hadiah UANG TUNAI RP. 125.000,-

8. MENDAPAT 10 ORG BERLANGGANAN 2 TAHUN Hadiah UANG TUNAI RP. 300.000,-

9. MENDAPAT 20 ORG BERLANGGANAN 2 TAHUN Hadiah UANG TUNAI RP. 800.000,-

10. MENDAPAT 25 ORG BERLANGGANAN 2 TAHUN Hadiah UANG TUNAI RP.1.000.000PLUS Hp Samsung Galaxy Young

sEGERa HUB MaRKEtING KaMI : 081316503034 ( sDR. MaRIO ) 08984232619 ( sDR.IsKaNDaR )

Page 17: Info kukm april 2014

17 Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 Nasional

Salah satu lembaga yang dimaksudkan tersebut adalah incubator bisnis. Diantaranya adalah yang dikembangkan oleh perguruan tinggi. ada beberapa perguruan tinggi yang telah

mempunyai lembaga tersebut. Dimana rintisan model inkubator bisnis berbasis kewirausahaan ini telah diakui pemerintah, dalam hal ini Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan menengah (Kemenkop

Inkubator Empat Perguruan Tinggi Perkuat UMKM

UKm), karena berhasil memperkuat bisnis pelaku usaha kecil dan menengah sebagai tenant dikembangkan melalui sosialisasi.

Keempat perguruan tinggi nasional dimaksud yang menyelenggarkan rintisan model inkubator bisnis dan telah berhasil melakukan binaan terhadap UmKm tenant-nya, adalah institut Pertanian bogor (iPb), istitut Teknologi bandung (iTb), institut Teknologi Surabaya (iTS) dan Unversitas brawijaya (Unibraw) malang.

masing-masing perguruan tinggi memiliki spesifikasi khusus untuk meningkatkan kapasitas UmKm. iTb bandung misalnya menangani industri manufaktur, iPb bogor mengkhususkan diri pada green energy atau energi ramah lingkungan. Unibraw di bidan agrobisnis dan iTS Surabaya untuk bidang industri kreatif.

Sesuai dengan fungsinya, pusat pengembangan usaha UmKm berbasis

teknologi itu untuk membantu bisnis UmKm yang masih baru berdiri. Dengan sentuhan inkubator, wilayah terkait diharapkan bisa membawa keberhasilan secara ekonomi.

alhasil UmKm tenant yang sudh menjalani inkubasi di keempat pergurun tinggi itu berubah menjadi usaha yang terukur kemampuannya serta menjadi kelompok usaha yang terintegrasi. Sedangkan outcome-nya menjadikan basis ekonomi yang luas, sektor usaha perdesaan yang kuat, dan menyangga perkembangan ekonomi.

Demikian diungkapkan Deputi bidang Pengkajian Sumberdaya KUmK Kementerian Koperasi dan UKm, meliadi Sembiring pada media. masih dikatakan bahwa pengembangan inkubator bisnis pada empat perguruan tinggi itu sudah sesuai dengan agenda pemerintah yang dituangkan melalui Peraturan menteri (Permen). Dimana Permen tersebut memberikan kewenangan kepada setiap lembaga yang berbadan hukum untuk menyelenggarakan program pengembangan bisnis usaha mikro, kecil dan menengah (UmKm) melalui inkubator bisnis.

imbuh meliadi, melalui sosialisasi ke setiap provinsi yang telah dilakukan inilah, diharapkan program inkubator bisnis bisa berkembang. bahwa keberhasilan empat perguruan tinggi meningkatkan kapasitas pelaku UmKm bisa menjadi pemicu lembaga lain ikut membuka dan mendirikan inkubator bisnis.

Sasaran utamanya adalah UmKm yang aktif menjalankan usahanya. Sehingga program tersebut dilaksanakan untuk mendorong lahirnya wirausaha local bru. Saat ini model inkubator bisnis di seluruh dunia tercatat sekitar 1.500 unit.”

berkat dorongan dan sentuhan inovasi dari lembaga tersebut, UmKm secara umum mampu meningakatkan kapasitas usahanya. Keberhasilan ini pula yang mendorong Kementerian Koperasi dan UKm menyelenggarakan rintisan model inkubator bisnis di indonesia sejak 2010.

[PR/BIO]

Guna memperkuat kemampuan dalam pengembangan usaha uKM salah satunya

diperlukan adanya pendampingan dan fasilitasi. Siapa saja yang ingin terlibat

didalamnya pemerintah mempersilahkan asalkan mereka merupakan lembaga yang

berbadan hukum.

Page 18: Info kukm april 2014

Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 18

Selamat dan SuksesRapat Anggota Tahunan (RAT)

KSP NASARITahun Buku 2013

Melayani Jasa Pembuatan Seragam dll

Contact: 0812 2333 6720

KopeRAsi BAhTeRA LA-pRisKA

Jl. Camar II, AC 11 Bintaro Jaya Sektor IIIKota Tangerang Selatan, Banten

Telp. 021-7350892 Fax. 021 - 7350891

Sampai MaranathaKoperasi Indonesia Hebat

S o b a t S a a t S u s a h & S e t i a p S a a t

Jl. Letjen. Soeprapto, no.30F, Jakarta PusatTlp.(021)4202064,Fax(021)4245748

www.nasarigroup.com

KC. Jakarta

KEMENTERIAN NEGARA KOPERASI DAN UKMREPUBLIK INDONESIA

ASTRIDO TOYOTA KELAPA GADING VJl. Boulevard Barat Raya Blok LC-7 No. 43-45 Kelapa Gading Barat,

Jakarta Utara - 14240 Telp. 021-4515655 | Fax. 021-450 1251

Head Office: Jl. Boulevard Raya Blok WE 2 No. 8 B Kelapa Gading - Jakarta UtaraSite Office: Jl. Guru Muchtar No.1 Tanah Baru - Cimahpar - Bogor

Dedenkontraktor

Contact : 081314182072, 081932563790

Email : [email protected]

Mengerjakan Kontruksi Bangunan dan Properti

awankontraktor

Contact : 0813 1090 2210

Mengerjakan Kontruksi Bangunan dan Properti

azra design

jadikan dunia andalebih berwarna

hunting: 085285303001

Page 19: Info kukm april 2014

19 Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014

Our Services: - Interior Design- Architechture- Property Management- Maintenance- Convenience Store

Head Office: Jl. Boulevard Raya Blok WE-2 No.8BKelapa Gading - Jakarta Utara 14240Telp. 021 - 458 0633 Fax. 45857095email. [email protected]

Selamat dan SuksesRapat Anggota Tahunan (RAT)

KSP NASARITahun Buku 2013

Rita asnanidan Keluarga

Head Office: Jln. Boulevard Raya Blok WE-2 No.8-B Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240 | Telp. 021-45840633 Fax. 021-45857095

Email: [email protected]

DEWAN KOPERASI INDONESIA

Jl. Cabang Beringin No.21 Rt 011 Rw 003, Sunter JayaJakarta Utara - 14350

Telp. 021-32322616 | Fax. 021-6507559

Head Office: Jl. Boulevard Raya Blok WE 2 No. 8 B Kelapa Gading - Jakarta UtaraSite Office: Jl. Guru Muchtar No.1 Tanah Baru - Cimahpar - Bogor

Line Business:outsourching - rent Car - Training Development

Pengurus Koperasi Simpan Pinjam “Kodanua”

Ketua Umum

H.R. sOEPRIyONO

Jl.Prof,Dr.Latumenten I, No. 41, Jelambar Jakarta Barat

Tlp: 021-5601250,56964373. Fax: 56033455

Jl. Boulevard Raya Blok WE 2 No. 8 BKelapa Gading Jakarta Utara

Email : [email protected] | Telp. 021-457 4242, 3777 9445

MARSAULINA (0821 2351 4690)Ticketing

Ticketing, Paket Perjalanan WisataDomestik & Internasional

suwarno skontraktor

Contact : 081932267930, 081295263518

Mengerjakan Kontruksi Bangunan dan Properti

Page 20: Info kukm april 2014

Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 20Nasional

Kemenkop UKM Susun Skim dari ZIS dan Wakaf

upaya pemerintah menyediakan pembiayaan bagi sektor usaha mikro, kecil,

menengah (uMKM) dan koperasi boleh diapresiasi. Selain pembiayaan yang berasal

dari APBN juga terus mencari dari jalur lain, semisal dari dana zakat, infak, sedekah

(ZIS) dan wakaf. Mengingat potensinya cukup besar sehingga perlu membuat

skemanya.

foto

: ist

imew

a

Indonesia dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, memang memiliki potensi zakat yang tidak main-main. menurut Wakil menteri agama ri, nazaruddin Umar, potensi zakat indonesia per tahun mencapai angka rp 217 triliun. bahkan bank Pembangunan asia

(aDb) pada 2012 pernah mencatat potensi dari ZiS mencapai rp1.000 triliun.

melihat potensi yang cukup besar itulah, sehingga dana umat tersebut dapat dimanfaatkan untuk membantu masyarakat mengatasi kemiskinan. Dengan mengutamakan untuk pola pemberdayaan masyarakat untuk berusaha. Lembaga-lembaga yang mengelola zakat semisal Lembaga amil Zakat Dompet Dhuafa dan baitul maal muamalat (bmm) pun telah terlihat manfaatnya. Koperasi yang dijadikan mitra mencapai ratusan unit. Tepatnya pada 2012, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan menengah (Kemenkop UKm) mencatat ada 134 koperasi sebagai mitra. bahkan ketika itu Deputi menteri Koperasi dan UKm bidang Pembiayaan meliadi Sembiring, menyebut koperasi mitra pengelola zakat itu akan dioptimalkan sebagai pembiayaan usaha mikro nasional.

Dimana sinergi pengelolaan zakat ini pun diharapkan tidak terbatas bersama lembaga-lembaga pengelolaan zakat yang sudah disebutkan diatas, tetapi bisa dikerjasamakan dengan baznas dan LaZ lainnya. Dengan demikian dapat dikembangkan dan diperluas ke seluruh wilayah indonesia.

nah, sebagai tindak lanjut atas fakta tersebut, maka Kemenkop UKm mempunyai semangat untuk menyusun skema pendanaan bagi UmKm yang berasal dari dana zakat umat. maksud tersebut telh direalisasikan melalui kegiatan bertajuk “Workshop Fasilitasi Pendayagunaan Skim Pendanaan bagi Usaha mikro oleh KJKS/KbmT dari Dana Zakat”. intinya, Kemenkop UKm ingin mengupayakan skim-nya bagi para pengusaha mikro untuk memaksimalkan permodalan dari dana zakat.

Seperti ditegaskan Deputi bidang Pebiayaan, choirul Djamhari dalam workshop tersebut. bahwa berbeda dengan aktivitas seminar, diskusi ataupun simposium, ajang kegiatan yang dilakukan kedeputiannya merupakan aktivitas langsung kerja untuk membuat atau menghasilkan sesuatu yang nyata. “Dalam workshop ini kita ditantang untuk menghasilkan skim pendanaan dari zakat bagi pengusaha mikro untuk memulai dan mengembangkan usahanya,” tegasnya di Hotel Fave, bogor, awal maret.

Lebih lanjut choirul menambahkan, sebagai negara yang mayoritas beragama islam, peluang pendanaan dari zakat maupun dari wakaf tentunya sangat besar. choirul mengutip bahwa sesuai data di badan amil Zakat nasional (baznas) sumber pendanaan alternatif dari zakat mencapai rp 217 triliun, pada 2012, demikian data di badan Wakaf indonesia (bWi) pada periode sama besarnya mencapai rp 3 triliun.

Terkait kegiatan yang digelar institusinya semata ingin menggali sumber dana yang bisa dimanfaatkan untuk membantu permodalan usaha mikro. Tidak lain, imbuh choirul karena tak sebandingnya antara kapasitas program/kegiatan dengan kebutuhan pembiayaan untuk

pengusaha mikro dan kecil. Untuk itulah Kemnkop UKm melalui lembaga yang dipimpinnya mencari sumber-sumber pembiayaan alternatif yang ada di tengah-tengah masyarakat yang potensial, yakni zakat dan wakaf.

“intinya tujuan kita disini adalah untuk merumuskan skema-skema pendanaan yang berbasis mikro dan bersumber dari dana zakat dan diatur oleh pengelola zakat. akan kita bentuk dalam skema sehingga lebih mudah dimengerti prosedur pendanaannya oleh masyarakat,” jelasnya.

Dengan adanya skema tersebut, maka masyarakat yang membutuhkan dana untuk pengembangan usahanya dapat mengetahui segala prosedur dimulai dari cara peminjaman hingga pengembaliannya. Sambung choirul, karena masing-masing jenis kegiatan usaha itu berbeda tata caranya, makanya skema ini dibuat untuk bisa mengakomodasikan.

Dalam workshop tersebut selain dihadiri 60 orang dari lembaga zakat, gerakan kopereasi, dan Kepala Dinas yang membidangi koperasi dan UKm se Jabodetabek, juga menghadirkan para praktisi ekonomi mikro syariah dan perbankan seperti lembaga koperasi, bank syariah dan dinas pemerintah terkait. [EsaWE]

Page 21: Info kukm april 2014

21 Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 Nasional

Lembaga Pengawasan KSP Segera Operasional

foto

: ist

imew

a

tersebut dipilih melalui sebuah proses seleksi ketat. mereka yang lolos seleksi dan dinyatakan lulus, akan mengisi pos tertentu pada Lembaga Pengawas KSP.

masih menurut agus, mereka merupakan generasi mudah terbaik yang telah melalui proses seleksi sangat ketat. “mereka inilah yang akan mengisi lembaga yang baru

dibentuk dengan menjalankan tugas sesuai bidangnya,” jelasnya.

agus menambahkan, pembentukan Lembaga Pengawas KSP juga akan diatur melalui Peraturan Pemerintah (PP) yang merupakan turunan dari Undang- Undang Perkoperasian. Yang menurutnya draf PP tersebut dalam tahap finalisasi. Dan, ditargetnya

lembaga pengawas KSP harus selesai tahun ini.

mereka yang terlibat dalam penyusunan PP diantaranya dari unsur Pemerintah, Pakar, dan Tokoh Pencinta Koperasi. Kemudian ada sejumlah tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang akan diemban satuan tugas koperasi simpan pinjam.

adapun sesuai Keputusan Deputi bidang Pembiayaan Kemenkop UKm nomor 38/Kep/Dep.3/ii/2013, tugas satuan tugas, antara lain mengawasi KSP, Unit Simpan Pinjam (USP) Koperasi, Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS), Unit Jasa Keuangan Syariah (UJKS) Koperasi, dan Koperasi Kredit (Kopdit) yang meliputi pembinaan pelaksanaan pengendalian internal, pemantauan, pemeriksaan, dan penilaian kesehatan di Wilayah Provinsi, Kabupaten/Kota bersangkutan.

Sedangkan wewenangnya antara lain, menyampaikan hasil penilaian kesehatan KSP/USP Koperasi, KJKS/UJKS Koperasi dan Kopdit kepada deputi bidang Pembiayaan. Kemudian tanggung jawab satuan tugas tersebut, antara lain bertanggung jawab terhadap hasil pengawasan dan penilaian kesehatan KSP/USP Koperasi, KJKS/UJKS Koperasi, dan Kopdit serta usulan pemberian sanksi.

[EsaWE]

Sesuai amanat uu Perkoperasian No 17/2012 yang terkait pengawasan Koperasi

Simpan Pinjam (KSP) segera direalisasikan. Targetnya pada 2014 ini sudah operasional.

Dengan diberlakukan lembaga pengawasan KSP tersebut, nantinya praktek-praktek penyelewenangan yang mengatasnamakan

koperasi dapat diminimalisair atau tidak sama sekali.

Lembaga Pengawas KSP segera dibentuk dan segera diberlakukan pada 2014 ini. Tahap pertama, Kementerian Koperasi dan UKm akan merekruit 50 orang dengan mengantongi latar bekalang ilmu pendidikan yang berbeda. mereka mulai dari ahli menejemen, ahli perkoperasian, sarjana hukum serta ahli ekonomi pembangunan. Pembentukan Lembaga Pengawas KSP tersebut wajib dilakukan karena merupakan amanat Undang-Undang nomor 17 tahun 2012 tentang Perkoperasian.

Demikian dipaparkan Sekretaris Kemenkop, agus muharam saat membuka acara orientasi wartawan koperasi yang berlangsung di auditorium Kemenkop UKm, di Jakarta, pada pecan pertama maret. menurutnya, mekanisme perekrutan anggota Pengawas KSP

Page 22: Info kukm april 2014

Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 22Kuliner

Bandung sejak lama dikenal sebagai tujuan wisata, letaknya yang dikelilingi pegunungan menyajikan pemandangan yang indah. Hawanya sejuk meski dirasakan orang tak sesejuk era 1980-an, tetapi bagi penggila fashion dan kuliner, kota ini juga surganya. berWisata dan

nikmati kuliner bandung

Tentu bahasan kali ini mengupas perihal keragaman, keunikan, dan ke-khasan wisata kuliner bandung yang memiliki kekhasan berbeda dengan

kota lain di indonesia. Diantaranya surabi aneka rasa.

Kue ini merupakan kue tradisional bandung yang terbuat dari tepung beras, kelapa dan santan. Kue ini sekarang telah banyak dimodifikasi sehingga memiliki berbagai rasa yang menarik, misalnya surabi duren, surabi steak, surabi pizza, surabi keju dan coklat. ada pula racikan yang membuat surabi begitu nikmat, yakni surabi yang dipadu dengan krim mayonaise sehingga mampu menggugah selera bagi penyantapnya. Penasaran? Datanglah ke Jalan Setiabudhi di sana ada surabi yang cukup terkenal.

Juga tak lengkap rasanya berwisata kuliner di bandung jika belum mengunjungi gerai-gerai kue khas lainnya. misalnya kue brownies amanda yang terkenal coklatnya, molen keju Kartika Sari, bakpau buah di alun-alun, cireng isi, dan kuliner kreatif lainnya, khas bandung tentunya.

aneka keripik yang menggugah selera juga tersedia. Tidak hanya Kota malang yang memiliki keripik khas, yakni keripik apel yang manis, di bandung pun dapat menemukan keripik-keripik yang enak, terutama bagi penggemar makanan pedas. berawal dari boomingnya salah satu merk keripik di bandung, ma icih. Saat

ini sepertinya trend cemilan ini sudah sangat berkembang khususnya di bandung. bahkan kini berbagai merk juga sudah menjamur. Produknya pun bermacam-macam, tidak hanya keripik singkong pedas, ada pula keripik singkong keju, keju pedas, keripik jagung, keripik bayam pedas, keripik jamur rasa keju, dan lain-lain.

Yang tidak boleh dilewatkan dari wisata kuliner bandung juga minumannya. bandung memang sangat kreatif dalam menciptakan atau memodifikasi makanan maupun minuman. Saat ini, kita dapat menemukan berbagai minuman segar, seperti es goyobod, es krim cincau, bubur lemu,es pisang ijo, mie jelly dingin, sop buah, jus, es buah shanghai, dan lain-lain yang sangat enak dinikmati.

Sate Hadorinah, salah satu kuliner di Kota

Kembang yang bisa mengenyangkan dan nikmat disantap adalah Sate Hadori. Letaknya di kawasan stasiun bandung. Jika kita membawa kendaraan pribadi, kalau dari arah jalan asia afrika, kemudikan sampai ke stasiun lama kemudian melihat monumen kereta api, masuklah ke tempat parkir yang ada di sebelah kiri. Letak Sate Hadori ada di antara stasiun kereta dengan stasiun angkot yang berada di sebelahnya. Seperti tempat terkenal lainnya, disebelah Hadori asli bermunculan warung sate lain. Jadi jangan sampai salah masuk.

Di warung sate Hadori ini, sate disajikan sederhana memakai piring

biasa, bumbunya menggunakan kecap asin dan bumbu kacang. nah, yang spesial adalah nasinya langsung diberikan satu bakul, walaupun kita hanya makan sendiri sehingga dijamin kenyang tanpa ada biaya tambahan untuk nasi. Disini ukuran satenya pun cukup besar dan dagingnya empuk.

biar tidak penasaran, pengelola Sate Hadori ini sudah generasi ketiga, namanya Wawan Hadori. Pira usia 58 ini menuturkan usaha satenya telah dimulai oleh kakeknya inung dan neneknya Una. Pada masa pendudukan Jepang, sepasang suami istri itu mengungsi dari satu tempat ke tempat lain. Di pengungsian tersebut jika ada kesempatan mereka berjualan sate kambing. mungkin karena membuat sate dianggap mudah, jadi mereka jualan sate kambing. nah, ditempat pengungsian itu mereka berjualan sate kambing.

Kisahnya simulai jekan 1940-an mereka mengungsi ke Garut. Di Pasar baru Garut suami istri itu membuka dua kios yang salah satunya digunakan untuk berjualan sate. Dari Garut mengungsi ke bandung dan berjualan sate di Tegalega sekitar tahun 50-an.

Kemudian diajak salah seorang kawan untuk berjualan di stasiun. Dimana kala itu stasiun masih menjadi terminal bus. inung berjualan sate dengan memakai roda. Pembeli saat itu cukup ramai. Selanjutnya seorang kawannya menjual kios berukuran 4×4 meter pada inung. Dari tahun ke tahun Sate inung kian ramai. Pada 1961 menjadi masa kejayaan sate inung. Kemudian pada 1992 inung meninggal dunia. Hadori sebagai anak bertekat mempertahankan usaha orag tuanya. Ketrampilan yang diturunkan ayahnya mulai meracik daging sampai manajemen. maka nama Sate inung pun diganti menjadi Sate Hadori. nah, saat penggantian itulah kata Wawan alumni Universitas Padjajaran (Unpad), pelanggan datang dari berbagai kalangan.

Hadori yang pernah jadi ketua pedagang di Stasiun, saat itulah melakukan pemugaran kios-kios di Stasiun Hall. Ketika pemugaran dilakukan ada yang juga menjual kiosnya kepada Hadori. Hingga kini, Sate Hadori menempati empat petak berukuran 16×4 meter. Sepeninggal Hadori orang tuanya, Wawan sebagai sulung dari empat saudara menuruti anamat orang tuanya meneruskan usahanya. meskipun di tengah persaingan wisata kuliner bandung, ia tetap berupaya mempertahankan keberadaan Sate Hadori dengan penambahan nama depannya sehingga menjadi Wawan Hadori.

Selain di Stasiun, Sate Hadori bisa dinikmati di be mall, Jalan naripan, di Dago, Jalan Setiabudhi, Jalan cihampelas, Jalan Sersan badjuri. [PR]

Page 23: Info kukm april 2014

23 Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014

Wanita Penerang kegeLaPan

Tamu Kita

- Tri Mumpuni -

Wanita Kelahiran Semarang, 6 Agustus 1964 ini menuturkan, ide awal perihal

kepeduliannya membangun tenaga listrik mikro hidro, dari seringnya ia bersama suami berkeliling ke desa-desa dan melihat sumber air yang

melimpah, namum belum ada kabel distribusi listrik dilokasi tersebut. Ia pun bersama Iskandar Budisarono

Kuntoaji, suami, mengunjungi kepala desa setempat untuk kemungkinan

memanfaatkan aliran sungai yang ada di desa tersebut.untuk menghasilkan

listrik dari sebuah turbin.

inilah eksistensinya makin berkembang membangun PLTmH di beberapa titik di indonesia, bahkan luar negeri pun meminatinya. Selanjutnya melalui ibeKa ia mengirimkan tim sosial untuk membangun komunitas yang baik beberapa minggu dengan masyarakat agar terjalin hubungan yang baik. Langkah awal dengan mendekati tokoh agama atau tokoh adat setempat. barulah kemudian masyarakat membentuk organisasi yang akan mengurus turbin, dengan menentukan ketua hingga operator yang tahu bongkar pasang mesin, dan organisasi tersebut harus diberi pengetahuan tentang pengoperasian mesin hingga perawatannya.

Selanjutnya, agar pembangkit listrik tenaga air itu dapat menjalankan fungsinya terus-menerus, maka daerah tangkapan air di hulu harus dipertahankan seluas 30 kilometer persegi. Tidak boleh ada penebangan hutan dan vegetasi.

Penghargaanberkat sentuhan kemampuan

dan teknologi yang dimiliki, maka pendiri sekaligus ceO of ibeKa ini, sering diundang untuk menerima bermacampenghargan. Semisal pada maret 2013 Tri mumpuni, menerima penghargaan untuk kategori perubahan iklim dan lingkungan dari Pusat Kebudayaan amerika, di Jakarta.

ini semua berkat krida sang insinyur wanita yang telah bekerja selama 22 tahun untuk mengusahakan masuknya listrik bagi pedesaan indonesia dengan menggunakan sumber energi yang dapat diperbaharui, yakni air. “Dalam membangun pembangkit listrik bertenaga air menggunakan model pendekatan yang unik. Yakni, ibeKa selalu melibatkan masyarakat sejak awal.

Dengan pendekatan ini, kita harapkan kelangsungan hidup proyek listrik tersebut lebih terjaga. apalagi, warga setempat sudah diajari tentang cara perawatannya,” ujarnya lagi.

Dikatakannya, dengan melibatkan masyarakat sejak awal, maka kelangsungan hidup jangka panjang dari proyek ini meningkat. Selanjutnya dapat mencegah terjadinya limbah dan menelantarkan proyek-proyek yang sering terjadi dalam proyek-proyek pemerintah indonesia serupa.

adapun, pendapatan yang dihasilkan dari pekerjaan tersebut dikembalikan lagi ke desa sebagai dana pengembangan masyarakat. kenudian akan digunakan oleh masyarakat sekitar untuk sektor pendidikan, kesehatan, dan juga usaha masyarakat lainnya yang berkelanjutan.

atas prestasinya ini pun sudah mendapat pengakuan dari Presiden amerika Serikat barrack Obama ini. Wujudnya, Obama mengundangnya untuk menghadiri KTT Kewirausahaan yang pertama di Washington pada 2010.

itu semua diraih berkat kepedulian yang sudah sejak dini ditanamkan kedua orang tuanya Wiyatno dan Gemiarsih. bahkan sang ibu inilah yang membentuk jiwa sosialnya yang kental. Sebab, menurut wanita yang semasa muda bercita-cita menjadi dokter ini, tetapi saat dewasa berubah 180 derajat ini, sejak kelas 4 SD sudah sering mengikuti ibunya keliling ke kampung-kampung mengobati orang yang kena penyakit koreng. Dari pengalaman itulah, ia mendapat pelajaran bahwa dari proses hubungan manusia itu uang bukan segala-galanya. Tapi mampu berbagi pada sesama dengan ilmu bermanfaat itulah sebuah kepuasan yang nyata. [PR]

foto

: ist

imew

a

Langkah kepedulian Tri dilakukan pertama kali membangun PLTmH pada tahun 1997, di Dusun Palanggaran dan cicemet di Gunung Halimun, Sukabumi, Jawa barat. ia mengisahkan untuk dapat mencapai tempat itu harus berjalan kaki sembilan jam atau naik

motor yang rodanya diberi rantai sebab jalan setapaknya licin. Setelah berjalan, barulah uang kontribusi warga dari menggunakan listrik digunakan untuk membangun jalan berbatu agar bisa dilalui kendaraan roda empat. masih dituturkan Tri, langkahya ini mendapat bantuan dari pemerintah Jepang. Tahap awal dapat membantu 10 dusun.

Tetapi untuk mewujudkan keinginannya itu, tidaklah mudah. Sebab, Tri sama sekali tidak mendapat bantuan dari manapun. awalnya masyarakat masih susah dimintai iuran. namun setelah enam bulan berlalu, Tri kembali lagi ke Dusun Palanggaran. Hal tak disangka pun terjadi. Di desa tersebut sudah memiliki kas sebesar rp 23 juta. “maka uang dari listrik dipakai membangun jalan berbatu sehingga bisa dilalui kendaraan kendaraan beroda empat. Dengan demikian dapat membuka peluang membantu 10 dusun lainnya,” jelasnya.

Hingga sekarang Puni, begitu ia disapa bersama sang suami sedikitnya telah membuat 65 lokasi terang benderang dengan tenaga mikrohidronya. menurut alumnus iPb ini, listrik bukan tujuan utamanya, tetapi ingin membantu membangun desa yang sebenarnya memiliki potensi besar. Dengan begitu masyarakat desa akan dapat meningkatkan swadaya ekonomi dan lainnya. “Sekaligus mereka bisa mengenali peradabannya dan membangun peradabannya,” tukasnya.

Kemudian wanita berjilbab ini mendirikan institut bisnis dan ekonomi Kerakyatan (ibeKa). Dengan lembaga

Page 24: Info kukm april 2014

Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 24

akan berhenti sampai disini, kami yang masih muda akan terus melanjutkan perjuangannya,” terang Suciwati.

Penataan ruangan dan pencahayaan museum Omah Munir diatur serapi mungkin, sehingga terlihat ekslusif dan elegan. Alur cerita kehidupan Munir pun ditata sedemikan rupa, sehingga pengunjung dapat larut dalam sajian museum. Ini dimaksudkan agar tidak membingungkan, dari dari masuk sampai ujung sana ceritanya mengalir. “Jadi seolah kita seperti membaca buku saja atau sedang menonton film sangat mengalir, tetapi medianya museum,” ungkap Dhani, pengunjung yang berasal dari Kota Batu.

Berkunjung ke Museum Omah Munir tidak dikenakan biaya. Museum Omah Munir ini tidak hanya menyajkan foto dan barang-barang Munir saja, tetapi juga berfungsi sebagai aneka kegiatan yang melibatkan berbagai lapisan masyarakat. Seperti diungkapkan Imam Yunanto, salah satu pemuda yang tinggal tak jauh dari Omah Munir di desa Sidomulyo. Dia pun mengaku sudah mendapatkan ijin dari Suciwati, untuk menggunakan Omah Munir sebagai tempat kegiatan positif bagi warga sekitar. Juga sebagai tempat diskusi makasiswa yang ingin belajar mendalami batapa pentinnya penegakan HAM ini.

Karena itu Iman pun berharap pada semua pengunjung agar ikut merasa memiliki dan menjaga Museum Omah Munir. Terutama pada pemerintah Kota Batu agar lebih memperhatikan untuk memantu kelangsungan perawatan pemeliharaan.

Agaknya harapan itu mendatangkan respon positif, mengigat Punjul Santoso, wakil Walikota Batu berjanji akan memberikan bantuan pemeliharaan Museum sejarah ini. Apalagi museum ini merupakan salah satu tujuan wisata yang baru di Kota Batu. Kelebihan lain museum ini kental akan pembelajaran pentignya penegakan HAM di Indonesia. [PR]

Wisatawan yang mengujungi Kota Batu, Jawa Timur pokoknya akan dimanjakan dengan beragam tempat wisata keluarga. Mulai sekadar aneka wahana permainan, wahana pendidikan, dan wahana yang menyajikan

satwa. Namun ada hal baru sajian untuk wisatawan, yakni museum Omah Munir. Museum itu sengaja dibangun untuk mengenang pejuang Hak Azasi Manusia (HAM) Munir Said Thalib, yang dibunuh saat perjalanan untuk studi ke Belanda 9 tahun silam.

Omah munir yang terletak di jalan Bukit Berbunga No 2 Sidomulyo, Kota Batu ini menyajikan konsep wisata sejarah. Tentu yang dimaksud sejarah perjalanan hidup Munir dan sejarah penegakan HAM di Indonesia sebagai fokusnya.

Kini disetting sedemikan rupa, sehingga menjadi sebuah museum HAM yang ada satu-satunya dan pertama di Indonesia. Patung munir menyapa di teras depan rumah. Patung itu dibuat oleh salah seorang sahabat Munir. “Patung ini istimewa ya, karena sahabat Munir sendiri yang membuat untuk mengenang Munir,” kata Suciwati.

Masuk ke ruang utama, aneka foto dipajang, menerangkan kejadian demi kejadian yang ada di foto itu, ada pula ruang media visual, diaman pengunjung dapat melihat dengan jeles video Munir semasa perjuangan penegakan HAM nya di seluruh Indonesia. Menariknya Munir juga memiliki rompi anti peluru, kata Suciwati. Rompi itu imbuh Suci pernah digunakan Munir saat memperjuangkan HAM di daerah konflik, seperti di Ambon, Timor-timur (sekarang Timor Leste) dan daerah konflik lainnya. Museum ini juga memamerkan peralatan dan perlengkapan Munir dalam menangani sebuah masalah HAM. “Pekerjaannya memang menantang maut, tapi itulah dia, perjuangannya tak

oMah MunirTujuan Wisata Baru Kota BatuBerkunjung ke kota dingin Batu memang menyenangkan, selain sejuk banyak pemandangan dengan panoramanya yang indah. Di sana juga bisa pelesir ke agrowisata sambil menikmati buah apel segar petik sendiri dari pohon. Tidak hanya itu kini tambah lagi varian wisata di Kota Batu, yakni omah Munir.

Wisata

foto

: ist

imew

a

Pengunjung diajak untuk mengenang seorang Munir dari segala sisi, mulai dari kehidupan pribadinya, masa anak-anak, remaja bersama keluarganya di Kota Batu, kehidupan asmaranya dengan Suciwati hingga memiliki dua anak, serta perjuangannya menegakkan HAM di Indonesia, hingga akhir masa hidupnya yang tragis, dibunuh dengan cara diracun saat perjalannya ke Belanda.

Museum Omah Munir merupakan rumah pribadi Munir serta anak isterinya.

Page 25: Info kukm april 2014

25 Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 Sentra

Pasar Barang-barang Bekas di Kota Bandung

Ketinggalan zaman bukan berarti kehilangan fungsi dan usang bukan berarti tidak mempunyai nilai. Itulah barang bekas, yang kadang disepelekan namun semakin dicari banyak orang karena memang harganya berkesan murah.

foto

-foto

: ist

imew

a

pasar loakan ini cukup miring 30 – 40% dari harga toko. Bahkan untuk sepeda baru, harganya bisa 10 – 15% lebih murah.

CIMOL GEDE BAGECimol yang diambil dari asal kata

Cibadak Mall ini terdapat sentra barang bekas yang keberadaannya masih banyak dicari oleh masyarakat. Label barang seken tidak menjadi halangan karena harganya yang murah dan model pakaian yang unik menjadi daya pikat. Salah satu Cimol yang cukup terkenal di Bandung adalah Cimol Gede Bage, Jalan Soekarno Hatta, tepatnya di belakang Pasar Induk Gede Bage. Cimol Gede Bage yang diresmikan Walikota Dada Rosada 2004 ini, tak hanya menjadi tempat belanjanya urang Bandung tapi juga wisatawan luar kota.

JATAYUDi Jalan Jatayu (Komodor

Supadio) terdapat ratusan lapak, selain menyediakan onderdil dan

seperti sepeda, mesin tik, dan mesin jahit.

Masih di dekat Pasar Cikapundung juga terdapat pedagang buku dan majalah bekas, bermacam jenis majalah dan buku, baik lokal maupun produk mancanegara ada di lokasi ini.

CIHAPITBagi pencari pasokan barang

yang terbilang langka datanglah ke Pasar Cihapit. Di pasar ini barang bekas yang dijual cukup banyak jenisnya, mulai tape mobil, sepatu, jaket kulit, onderdil kendaraan, hingga kaset bekas.

JALAN MALABARBagi yang memerlukan sepeda

bekas, datanglah ke Jalan Malabar. Meski di lokasi ini tidak hanya sepeda tetapi juga terdapat kursi lipat, meja kantor, hingga etalase kaca alumunium. Selain itu disini juga bisa untuk jual beli dan tukar tambah. Kelebihan lain, harga di

Bandung tinggal memilih lokasinya, karena ada di beberapa titik strategis secara kontinu.

Para pedagang barang loakan telah berkumpul sesuai dengan barang yang dijualnya. Kondisi inilah yang sangat memudahkan bagi konsumen untuk mencari lokasi barang yang dicarinya. Jika tertarik untuk berburu barang bekas di Bandung, inilah beberapa lokasi yang bisa dituju sesuai barang yang diinginkan.

CIGERELENGDi Cigereleng dan Gedebage, di

sepanjang Jalan Soekarno-Hatta, terdapat kios yang menjual dan membeli bahan bangunan bekas berupa kayu, genting, pintu, seng, batu bata, dan berbagai bahan bekas untuk keperluan mendirikan bangunan.

CIKUDAPATEUHUntuk yang mencari sepatu dan

pakaian bekas Jalan Cikudapateuh salah satu tempatnya, di lokasi ini sejak dekade 1960 sudah dikenal sebagai pasar barang bekas dengan

Padahal semakin usang justru semakin antik dan pula makin tinggi nilainya. Hamper di setiap kota besar mempunyai lokasi penjulan barang-

barang bekas atau antik. Salah satunya dalah Kota Bandung. Kota Kembang ini cukup banyak memiliki sentra penjualan barang bekas. Seperti di kota lain, lokasi penjualan barang bekas relatif lebih tertata rapi. Pasar barang bekas di sana terlihat lebih tertib dalam hal penataan fisiknya, tidak seperti pedagang kaki lima (PKL), sehingga tidak heran kalau pasar loakan menjadi trademark baru Kota Bandung.

Bahkan keberadaan pasar loakan ini mendongkrak nilai ekonomi pelakunya. Tak dipungkiri pencari barang bekas saat ini tidak terbatas pada kalangan ekonomi kelas bawah. Kalangan menengah ke atas pun tetap berburu barang bekas di Bandung. Dampaknya pasar loakan ini dapat menumbuhkan kembali keberadaan pasar tradisional. Bagi pencari barang-barang bekas di

brang-barang tersebut. Hanya saja seiring perkembangan industri fashion, kebanyakan di tempat ini hanya menjual sepatu-sepatu baru dengan kisaran harga Rp 30.000 – 200.000.

BANCEUYBagi pecinta otomotif,

menujulah ke Jalan Banceuy karena di tempat inilah merupakan surganya. Aktivitas bongkar pasang onderdil kendaraan dilakukan langsung di sepanjang jalan.

CIKAPUNDUNGSepanjang Jalan Cikapundung

adalah sentra barang bekas elektronik, selain barang bekas lain

pemasangan kendaraan bekas untuk kendaraan roda dua atau roda empat. Juga menjual barang bekas berupa perlengkapan kamar mandi seperti bath tub dan wastafel, ada pula alat-alat elektronik bekas.

PALASARIPalasari sudah terkenal hingga

se Asia Tenggara sebagai pusat penjualan buku baru dan bekas.

Para penggemar buku dari berbagai daerah dan luar negeri biasanya datang untuk berburu buku-buku antik.

Buku bekas yang menjadi favorit adalah buku pelajaran, diktat kuliah, novel, komik, dan kamus.

Harga buku bekas di Jalan Palasari tujuh puluh persen lebih murah dari harga buku baru.

CIHAURGEULIS (SUCI)Bursa Buku Cihaurgeulis terletak

di Lantai II Pasar Cihaurgeulis, lokasinya paling strategis karena terletak di pusat kota. [PR]

Page 26: Info kukm april 2014

Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 26

Masa kampanye Pemilihan Umum 2014 telah menjadi ajang meraup rezeki untuk beberapa jenis usaha. Salah satunya adalah usaha

percetakan. Dimana tempat berada jenis usaha ini kebanjiran order. Demikian di Jakarta semua yang menggeluti usaha ini telah merasakan nikmatnya keuntungan. Misalnya percetakan di Kebayoran Lama, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Kawasan Kalibaru, Senen dan Pramuka, Jakarta Pusat kini telah menikmati manisnya pesta demokrasi lima tahunan.

Order yang masuk ke percetakan diantaranya barang-barang kebutuhan kampanye. Mereka yang mengorder kebanyakan calon legislatif (caleg), memesan mulai kalender dan kartu nama dan barang cetakan lainnya. Pesanan atau order pun tidak hanya

datang dari sekitar Jakarta tetapi dari luar provinsi bahkan luar pulau, seperti Banten dan Ambon. Tentu saja order tersebut melalui perantara bukan dari caleg langsung.

Bahkan mengenai order ini menurut karyawan percetakan di kawasan Kalibaru Senen, Jakarta Pusat sudah mengalir sejak Oktober lalu. “Kami menerima pesanan tidak hanya dari caleg yag ada disekitar Jakarta tetapi ada yang dari luar daerah, misalnya dari Banten dan Ambon,” tuturnya, awal pekan kedua Maret pada Info.

Yusuf menuturkan, setiap ada momen penting pasti ada orderannya, seperti tahun baru dengan kalender, Imlek, atau ada momen-momen penting lainnya, mereka pasti mengorek sebagai ucapan. Ia menambahkan soal pembayaran pun ada triknya, tidak seperti tahun-

Warta Khusus

Setiap peristiwa membawa dampak positif maupun negative. Tapi khusus menjelang pesta demokrasi Indonesia alias pemilihan umum (Pemilu), sesuai sebutannya “pesta” pastilah dampaknya positif. Terutama dalam bidang usaha terkait menangguk untung cukup besar karena banyak order. Siapa mereka, mereka adalah pegusaha percetakan, sablon, konfeksi kaos dan advertising.

foto

-foto

: ist

imew

a

Pernak-Pernik Bisnis Jelang Pesta Demokrasi

Page 27: Info kukm april 2014

27 Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 Warta Khusus

Dari beberapa percetakan juga ada yang murni hanya menerima ongkas cetak saja. Artinya, soal penyediaan kertas disediakan atau dibeli sendiri oleh pemesan.

omzetnya melonjak menjelang pemilu. Jika pada periode lalu dalam setahun hanya Rp sekitar 1 miliar, pada periode ini mencapai lima kali.

Menurutnya pelangganannya para caleg yang bertarung memperebutkan kursi DPRD, DPRD, DPRRI dan DPD. Adapun iklan untuk caleg DPRD provinsi atau kabupaten dan kota kerap meminta potongan harga. Bambang memperkirakan untuk pemilu presiden, nilai belanja iklan politik di Surakarta masih akan melonjak. Sebab, selama in, alat peraga kampanye yang diproduksi di Surakarta terkenal murah.

Demikian di biro iklan lain juga mengalami kenaikan omset. Biro iklan Becom, seperti disampaikan Ginda Ferachtriawan, omzetnya naik 20% menjelang pemilu tahun ini dibanding tahun lalu. Selain menggarap iklan politik, biro iklan ini juga menangguk pesanan dari hajatan Piala Dunia 2014.

Hanya saja ia mengaku tidak berharap banyak keuntungan yang diperoleh dari iklan politik. Sebab, ada peraturan Komisi Pemilihan Umum yang membatasi pemasangan alat peraga kampanye di luar ruangan. Sehingga para caleg pun mengalihkan media kampanye mereka melalui stiker, kaos, kalender, dan kartu nama. [PR]

tahun sebelumnya yang kena kemplangan, yakni barang cetakan tidak dilunasi, karena calon kalah dan lain hal. Untuk itu sekarang, sebelum barang dicetak harus membayar uang muka sesuai ketentuan dan sisanya dilunasi setelah barang jadi. “Sesuai pengalaman pemilu kami tidak menerima semua, karena ngeri risiko tidak dibayar karena mereka

ongkas cetak saja. Artinya, soal penyediaan kertas disediakan atau dibeli sendiri oleh pemesan. Yusuf juga menuturkan terkait adanya pemesan dari luar daerah, pertimbagannya adalah kualitas dan harga ongkos di Jakarta jauh lebih murah ketimbang cetak di daerah.

Hal senada juga disampaikan Saifulloh pemilik percetakan Trisula

tidak ada kantornya,” ujarnya. Sesuai pengamatan Info KUKM

hingga kini, percetakan banyak percetakan hanya menerima pesanan tidak dari banyak partai, paling dua atau tiga partai saja. Apalagi dikatakan pengelola soal peningkatan omzet maupun jumlah pesanan dimasa pemilu tidak terlalu besar dibandingkan dengan bisnis percetakan mereka selama ini.

Dari beberapa percetakan juga ada yang murni hanya menerima

di Pondok Labu. Menurutnya ia tidak berharap banyak pada order era pemilu, sebab pelanggan tetap sudah mencukupi untuk membuat mesin cetaknya tetap bekerja. “Bagaimanapun kami tetap mengutamakan pelanggan regular. Kecuali hanya sesekali saja menerika order yang dari caleg,” ujarnya pada Info Selasa (1/3).

Advertising PanenSelain percetakan bisnis

advertising dalam masa pemilu

ordernya juga melonjak keras. Biro iklan di semua daerah mendapatkan tambahan omset yang tidak sedikit. Seperti dilansir media di Surakarta menjelang pelaksanaan pemilu diperkirakan naik hingga tujuh kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Kenaikan itu seiring dengan maraknya calon legislator baik tingkat pusat maupun daerah yang ramai-ramai memasang iklan. Pemilik biro iklan Gage Design, Bambang Nugroho, menuturkan

Page 28: Info kukm april 2014

Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 28Warta Khusus

Terutama bidang nisnis yang terkait dengan momen tersebut. Walau tak sebanyak memperoleh order bisnis percetakan, usaha konveksi

kos ikut meningkat orderannya.Tak dipungkiri usaha pengrajin kaos

di setiap daerah maupun kota pstilah kecipratan peningkatan pesanan, mengingat caleg memerlukan kaos untuk tim sukses dan kstituennya di adearh pemilihannya (dapil). Salah satunya adalah pengrajin kaos di Kota Semarag, Jawa Tengah. Para pengrajin kaos di Kota Atlas ini kebanjiran pesanan kaos dari para caleg dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Kenaikan pesanan tersebut pun signifikan mencapai sepuluh kali lipat dari biasannya.

Peningkatan tersebut hamper merata kepada pelaku usaha pengrajin kaos. Semisal Peningkatan pesanan juga dialami oleh pengrajin kaos di Jalan Pringgondani 2 Kelurahan Krobokan Semarang. Sejak tiga bulan terakhir usaha pembuatan kaos ditempat ini mulai kebanjiran pesanan kaos kampanye dari para caleg. Seperti di tempat lain, pesanan

juga tidak hanya datang dari caleg dalam Kota Semarang tetapi dari caleg luar kota seperti dari wilayah Kendal, Demak dan Salatiga. Bahkan kenaikan pesanan kaos menjelang pileg ini lehih 5 kali lipat dari hari biasannya.

Dalam waktu seminggu biasannya usaha pembuatan kaos disini hanya menyelesaikan dua ratus hingga tiga ratus pesanan kaos, namun menjelang pileg ini dalam waktu yang sama mencapai 1000 hingga 3000 kaos kampanye caleg. Meski mengalami peningkatan cukup tinggi, namun usaha kaos disini tidak menambah karyawan. Para karyawan harus kerja lembur sampai malam hari agar target tercapai. Diperkirakan pesanan kaos kampanye akan terus meningkat hingga menjelang pilpres mendatang.

Demikian sentra pengrajin kaos di kelurahan Cihaurgeulis, Kota Bandung juga mengalami peningkatan. Jika pada biasanya hanya mencapai ratusan maka menjelang pemilu meningkat puluhan kali. Tentang bahan juga tergantung pemesan, selain bisa

usaha kaos pun ikut Panen

Pemilihan umum (pemilu) periode pemilihan caleg dan DPD yang diselenggarakan April ini, gairahnya telah terasa sejak setahun lalu. Terutama bidang bisnis yang terkait dengan momen tersebut.

foto

-foto

: ist

imew

a

memesan bahan di tempat pengrajin, tetapi jika pemesan membawa bahan juga bisa.

Hanya saja mengenai pembayaran lebih ketat, yakni 50% sebagai uang muda dan sisanya setelah barang jadi. “Ya kami hanya mengantisi pasi terjadi sesuatu hal dalam pembayaran, karena jika kami member kelonggaran pembayaran takutnya si calegnya ini nggak lolos, pasti untuk membayar sisa utang bisa ngilang,: ujar Suganda salah satu karyawan konveski, pada info, belum lma ini. [PR]

Page 29: Info kukm april 2014

29 Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 Warta Khusus

Bisnis Lintas Daerah Yang Makin Cerah

Setiap jelang Pemilu, di seluruh Indonesia para Caleg pasti mempersiapkan beberapa alat bantu sosialisasi dalam berbagai bentuk, seperti spanduk, baju, kaus, pamflet, stiker, dan lain-lain. Dari semua orderan, spanduk paling mendominasi. Kondisi ini tentu membaa berkah bagi pelaku usaha percetakan di berbagai daerah.

Di kota Palembang misalnya, sejumlah pemilik usaha percetakan diantaranya yang terletak di kawasan pusat bisnis

Jalan Serelo, diperoleh informasi berkitan dengan order Pemilu, sejak memasuki Februari, khusus permintaan pencetakan kartu nama caleg meningkat hingga 100%. Menurut Amin salah seorang pemilik usaha percetakan, bahwa permintaan pembuatan kartu nama cukup tinggi. Imbuh Amin, hingga akhir Pebruari permintaan kartu nama mencapai 200 kotak, padahal dua bulan sebelumnya paling tinggi 100 kotak per hari. Selain kartu nama, sejak menjelang Desember order cetak kalender juga signifikan. Selanjutnya orderan buku Surat Yaasin, banner, baliho dan spanduk calon caleg dari berbagai partai juga ramai.

Selain itu ada juga yang memesan pencetakan cindera mata dengan nama dan slogan caleg dari parpol tertentu untuk dibagikan kepada masyarakat calon pemilih, seperti mug, kipas tangan, kerudung, serta gantungan kunci.

Untuk harga kartu nama ada harga khusus, jika biasanya paling murah Rp 22.500 per kotak, bagi caleg yang memesan minimal 50 kotak dihargai Rp 15.000 per kotak. Begitu pun kalender, bagi yang memesan dibawah 3.000 lembar dikenakan Rp 2.000 per lembar, namun bagi yang mencetak hingga

5.000 lembar diberi harga Rp 1.500 per lembar. Sedangkan pencetakan banner baliho dan spanduk dibawah 20 meter dikenai biaya Rp 19.000 per meter dan bagi yang mencetak hingga ratusan meter harganya menjadi Rp 14.000 per meter.

Di Surabaya perihal orderan juga meningkat, mulai permintaan cetak kartu nama, banner, kalender, hingga contoh surat suara para calon legislatif dan partai politik.

Para pemilik usaha percetakan yang berada di Jalan Petemon Surabaya misalnya mengatakan, bahwa permintaan meningkat hampir 70%, atau dua kali lipat dibanding biasanya dengan omset

mencapai Rp 20 juta. Permintaan cetak dari para caleg dan partai politik itu hampir setiap hari, berasal dari luar kota hingga luar pulau. Untuk memenuhi permintaan konsumen ini, para pengelola percetakan ini menambah jam kerja atau lembur karyawanya hingga jam 12 malam.

Demikian di Kota Bengkulu, sebuah percetakan di jalan P Natadirja, Kecamatan Gading Cempaka, ordernya meningkat mencapai 30% dari biasanya dari

dan sticker. Seperti diungkapkan Rony, pimpinan Sudefa Printing pada media masa menuturkan, peningkatan pesanan mencapai 50% dibanding sebelumnya. Pengingkatan tersebut diakui sejak Desember.

Masih dituturkan Rony, meski terjadi peningkatan permintaan, tetapi dari sisi harga tetap menggunakan tarif lama, yakni per meter berkisar Rp 35 ribu. Harga tersebut pun bisa berkurang bahkan berlaku harga khusus jika pesanannya dalam jumlah besar. Atau untuk pesanan dalam jumlah banyak diberi diskon hingga 20% untuk semua jenis pekerjaan, kecuali kartu nama, jika pesanan lebih 50 box diberikan harga khusus. Misalnya kartu nama per box Rp 90 ribu tetapi jika pesanan diatas 50 box harganya menjadi Rp50 ribu per box. Strategi tersebut imbuh roni agar perusahaanya tetap memperoleh order dalam jumlah banyak, dalam ketatnya persaingan.

Perhatian KemenkopAdanya peningkatan pesanan

bagi pelaku UMKM yang berberak di bidang percetakan terkait pemilu, juga mendapat perhatian dari Deputi Bidang Produksi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, I Wayan Dipta. Menurutnya bagi pelaku UKM bidang percetakan mengalami peningkatan keuntungan yang tidak sedikit.

Bidang bisnis yang kecipratan untung tersebut, menurut I Wayan Dipta, adalah koveksi, pembuatan banner baliho, kaos dan bendera partai. Imbuhnya percetakan sudah pasti laku, transportasi dan juga kuliner. Intinya setiap event pemilu itu akan mendatangkan berkah bagi UKM dengan membanjirnya order.

“Tentu momentum pemilu legislatif maupun presiden ini sangat bagus untyk UKM, khususnya sektor garmen karena mereka pasti akan kebanjiran pesanan,” ujarnya dalam acara “orientasi jurnalis Koperasi dan UKM tahun 2014, awal Maret di Auditorium Kemenkop UKM, Kuningan, Jakarta Selatan. [PR]

omset Rp 3 juta menjadi Rp 5 juta. Para caleg dan parai memesan mulai kartu nama, baliho dan spanduk.

Menurut salah satu karyawan percetakan Melinda megatakan pada media, harga baliho dan spaduk, tergantung ukurannya, tetapi untuk harga kartu nama satu box isi 100 lembar dibandrol Rp 25 ribu.

Masih soal order yang sama pengusaha percetakan di kota Jayapura, Papua, juga tak jauh beda dengan kota-kota lainnya di Indonesia. Siapa lagi pembuat meningkat order tersebut kalau bukan para caleg, memesan mulai panduk, baliho, kalender

Page 30: Info kukm april 2014

Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 30

Jatim

Daerah

Tak dipungkiri nantinya persaingan produk dan komoditas di pasaran diprediksi bakal makin ketat menjelang pemberlakuan Asean Free Trade Area atau

pasar bebas Asean yang dilakukan setahun lagi atau pada 2015. Untuk itu dituntut kepintaran pemerintah provinsi (pemprov) mempunyai siasat demi membuat produk lokal tetap bisa bertahan.

Menurut Gubernur Jawa Timur, Sukarwo, salah satunya adalah dengan mengajak para produsen lokal harus pula familier dengan standar pasar, khususnya internasional. Dengan memiliki standar mutu yang baik dipastikan akan mampu berjalan sejajar dengan era yang telah diberlakukan tersebut. Sebaliknya jika standarnya rendah, kita hanya menjadi objek pasar dengan dijejali bermacam produk dari luar negeri dengan harga relatif murah.

Untuk itu menurut Pade Karwo, demikian kerap disapa, berupaya agar para pelaku UKM yang memproduksi

barang-barang agar meningkatkan kualitasnya sesuai standar yang diperlukan. “Kalau saja produk dalam negeri tidak mempunyai standar pasar, maka akan kalah dalam persaingan,” ujarnya pada media di Surabaya, belum lama ini.

Imbuh Sukarwo, selain standarisasi barang juga harus dibarengi dengan regulasi pemerintah tentang Standarisasi Penilaian Kesesuaian (SPK). Guberunur pun mengingatkan persaingan barang-barang di pasar AFTA sangat ketat. “Makanya jika produk dalam negeri tidak mempunyai standar pasar, maka akan kalah dalam persaingan,” ingatnya.

Karenanya dalam setiap kesempatan Pakde Karwo selalu memaparkan kondisi Provinsi Jatim yang saat ini telah mempunyai 26 perwakilan dagang antar provinsi. Dengan demikian arus perdagangan Jatim diperkirakan sudah mencapai 31persen dari total perdagangan nasional. Hanya saja yang menjadi persoalan, imbuh Sukarwo terkait barang impor yang masuk ke

Jatim, hingga saat ini belum bisa diseleksi karena aturannya belum ada.

Kondisi inilah yang cukup disesalkan oleh orang nomor sati di Jawa Timur ini. Mengingat bermacam barang impor yang masuk ke wilayah yang dipimpinnya bebas. Misalnya barang-barang impor yang masuk ke Jatim tanpa seleksi, yakni buah-buahan yang mengandung parafin, toksin, pestisida dan merkuri. Melihat kondisi itu maka yang bisa dilakukannya hanyalah mengimbau masyarakat agar waspada dan selektif dalam membeli barang-barang yang benar-benar aman. “Ya yang bisa dilakukan adalah kampanye bahaya bahan baku yang mengandung zat tersebut,” ungkapnya.

Dengan melihat kenyataan tersebut sehingga ia berharap, dalam pengesahan RUU nanti, pihak-pihak terkait bisa lebih memperhatikan sarana dan prasarana yang ada. Seperti tempat karantina buah, bahan pokok dan barang lainnya yang harus disertifikasi.

[PR]

Jatim Ajak UKM Tingkatkan Mutu Produk

Jawa Timur merupakan daerah yang juga telah ancang-ancang siap menyambut datangnya era perdagangan bebas Asean (AFTA). untuk itu pimpinan pemerintahan bersama jajarannya getol melakukan pembinaan kepada pelaku usaha sekaligus memfasilitasinya.

foto

-foto

: ist

imew

a

Guberunur: persaingan barang-barang di pasar AFTA sangat ketat.

Page 31: Info kukm april 2014

31 Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014

sumut & aceh

Daerah

Langkah tersebut menurut Bank Indonesia (BI) Wilayah IX (Sumut dan Aceh) merupakan strategi yang dapat diterapkan. Untuk itu BI berencana

mengembangkan klaster komoditi bawang merah pada 2014 ini di wilayah kerjanya.

Hal tersebut juga berguna untuk mengidentifikasi peluang, tantangan dan mewujudkan bagi petani dengan mengembangkan demplot bawang merah di areal lahan seluas 4.000 meter persegi yang telah dilakukan sejak November 2013. Demplot tersebut

pengembangan klaster komoditi ketahanan pangan ke depannya,” harapnya.

Ditambahkan Sabrina selaku Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Sumut, mengungkapkan, bahwa daerah penghasil bawang merah berasal dari dataran tinggi. Tetapi dengan adanya areal pertanaman bawang merah di dataran rendah, nantinya dapat menjadikan Sumut tak perlu memasok komoditas tersebut dari luar kota, yakni di Brebes, Jawa Tengah.

Masih menurut Sabrina, penanaman ini bagi petani menjadi sumber daya penghasil baru. Selain di Medan, daerah dataran rendah lain yang dapat ditanam bawang merah nantinya di Asahan, Deli Serdang dan Serdang Bedagai. “Kita juga bersyukur dengan adanya uji coba di daerah ini nantinya dapat mengendalikan harga bawang di pasaran. Apalagi, konsumsi bawang merah di Sumut relatif tinggi, sementara produksinya cenderung sedikit,” ujarmya.

Untuk itu imbuh Sabrina, dengan membuka lahan pertanian baru untuk produksi bawang merah, nantinya pasokan tidak langka lagi. [PR]

BI Bantu UMKM Kembangkan Bawang Merah

Daerah penghasil bawang merah berasal dari dataran tinggi. Tetapi dengan adanya

areal pertanaman bawang merah di dataran rendah, nantinya dapat menjadikan Sumut

tak perlu memasok komoditas tersebut dari luar kota, yakni di Brebes, Jawa Tengah.

foto

-foto

: ist

imew

a

dilakukan di dua lokasi berbeda, yakni 1.000 meter persegi di Kecamatan Marelan, Kota Medan dan 3.000 meter persegi di Kecamatan Payung, Kabupaten Karo.

Menurut Kepala Perwakilan BI Wilayah IX (Sumut dan Aceh), Hari Utomo, pada kegiatan Panen Perdana Bawang Merah di Kecamatan Marelan, baru-baru ini. Ternyata bawang merah dapat ditanam di daerah dataran rendah. Ditambahkan Hari, bahwa pihaknya sudah menguji coba pengembangan demplot bawang merah di Kampung Andan Sari, Kelurahan Terjun, Marelan dengan

Ternyata bawang merah dapat ditanam di dataran rendah.

lokasi 1.000 meter persegi. Masih jelas Hari, untuk demplot di

Kecamatan Marelan, menggunakan beberapa metode, di antaranya lahan seluas 400 meter persegi menggunakan varietas tuk-tuk yang penanamannya menggunakan mulsa plastik hitam perak. Mulsa berfungsi untuk menjaga suhu tanah, menjaga tanaman dari gulma, serta menjaga kestabilan kimia tanah. Kemudian di lahan seluas 400 meter persegi dengan menggunakan varietas tuk-tuk dan penanamannya tidak menggunakan mulsa mengingat biayanya yang relatif mahal. Sedangkan di lahan seluas 200 meter persegi menggunakan varietas lokal yang berasal dari umbi.

“Kami berharap melalui penamaman ini menjadi gerakan menanam bawang merah menjadi sebuah gerakan massa yang nantinya berdampak pada ketersediaan pasokan bawang di Sumut,” jelasnya.

Kecuali itu, pihaknya juga membutuhkan komitmen dan sinergitas semua pihak termasuk pemerintah daerah dalam membangun perekonomian Sumut menjadi lebih baik. Hari Utomo pun mengungkapkan kebanggaanya kepada Kelompok Tani Sedar yang telah terlibat dalam pengembangan demplot. “Semoga hasil panen pada demplot ini menjadi acuan bagi pelaksanaan program

Page 32: Info kukm april 2014

Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 32Dinamikafo

to-fo

to : i

stim

ewa

kedepan ukM Bisa go internasional

Program Biogas oleh ukM sukses

Warga jangan lagi mengandalkan kebutuhan gas, karena warga telah memperoleh pasokan gas dari koperasi yang memproduksi energi alternatif biogas.

kementerian koperasi dan ukM mengharapkan diantara pelaku usaha mikro di indonesia yang terdiri 58 juta, dalam empat tahun ke depan ada yang mampu bereinkarnasi menjadi perusahaan go international.

gedung Pusat Layanan usaha terpadu (PLut) kembali diserahkan kepada Pemerintah Daerah sukabumi, Jawa Barat sebagi sarana peningkatan produktivitas koperasi dan uMkM atau kuMkM, oleh Menteri koperasi dan ukM, syarief hasan, akhir Pebruari.

HaRaPaN tersebutpun dinilainya masih sangat rasional karena langkah tersebut didukung adanya program operasional Pusat Usaha Layanan Terpadu (PLUT) yang tahun ini sudah mulai beroperasi di 22 titik di seluruh Indonesia. Dengan jumlah itu memberi sikap optimisme bagi Kementerian Koperasi dan UKM.demikian diungkapkan Deputi Bidang Produksi Kementerian Koperasi dan UKM, Braman Setyo.

Imbuh Braman, sebagai penanggungjawab pengembangan PLUT, maka dengan jumlah UMKM itu, peranan mereka sangat mahfum bila dlam 4 tahun mendatang ada yang tumbuh menjadi perusahaan go international.

Adapun tentang go international yang dimaksudkan Braman, setidaknya sudah bisa mencapai tingkat Asean. “Yang pasti, kemapanan itu bisa menjadi tolak ukur sebagai salah satu pilar ketahanan ekonomi nasional. Jumlah UMKM saat ini 56,5 juta,” ungkapnya di Jakarta akhir Pebruari.

Untuk target ke depan adalah mampu menghadapi agenda Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Tentu kata Braman, tak dipungkiri pengembangan KUMKM membutuhkan pengungkit atau leverage yang mampu membangkitkan sense of entrepreneurs, mendongkrak produktivitas, daya saing, dan kinerja sekaligus menekan biaya operasional bisnis.

Hingga Februari 2014, dari 22 titik PLUT yang akan diresmikan penggunaannya, tiga di antaranya sudah beroperasi, yakni di Cianjur, Sukabumi dan Yogyakarta. PLUT menyediakan tenaga profesional guna melakukan pendampingan demi mencapai langkah strategis pengungkit. [PR/BIO]

PROGRaM energi alternatif yang digelar di berbagai wilayah di Indonesia berjalan lancar dan hasilnya sukses. Hal tersebut ditandai adanya peningkatan produksi dan kesejahteraan warga di tempat masing-masing. Diantaranya warga tidak lagi mengandalkan kebutuhan gas yang 3 atau 12 kilogram. Dimana warga telah memperoleh pasokan gas dari koperasi yang memproduksi energi alternatif biogas. Demikian diungkapkan Deputi Bidang Produksi Kemenkop dan UKM I Wayan Dipta.

Masih menurutnya koperasi sudah bisa membantu anggota dan masyarakat umum produk biogas dengan perkembangan yang cukup pesat. Misalnya, koperasi yang sudah dibantu 1 juta biogas, berhasil mengembangkan ternak, seperti sapi, kambing atau babi.

Imbuh Wayan, mereka telah mendapatkan bantuan sarana sekitar Rp 8 juta. Sedangkan untuk biogas sudah bisa mengembalikan Rp 275 ribu per bulan. “Ini membuktikan biogas bikin lebih hemat daripada membeli gas yang 3 atau 12 kilogram dari Pertamina,” ujar I Wayan Dipta, saat Orientasi Jurnalis Koperasi dan UKM 2014 di aula Kemenkop dan UKM kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, minggu pertama maret.

Masih kata Wayan, hal tersebut dikembangkan oleh masyarakat sendiri. Khususnya dalam pemanfaatan untuk bisnis. Sehingga diharapkan menjadi pendapatan sampingan. [PR]

PaDa kesempatan tersebut Menkop mengingatkan, bahwa penggunaan PLUT harus dioptimalkan untuk meningkatkan produktivitas bisnis KUMKM. Imbuhnya, pembangunan PLUT-KUMKM merupakan salah satu contoh terbangunnya sinergitas program antara pemerintah pusat dan daerah, khususnya di sektor KUMKM.

Salah satu program Kemenkop UKM yang sudah disinergikan dengan pemerintah daerah adalah penataan pedagang kaki lima (PKL). Selain itu juga pengembangan bisnis ritel seperti UKM Mart, peningkatan akses pasar produk UMKM melalui pasar rakyat dan perluasan kredit usaha rakyat (KUR), perkuatan pembiayaan dana bergulir melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB).

Kemudian pengembangan produk unggulan daerah, dan penumbuhan wirausaha baru, pengembangan inkubator, penerapan teknologi tepat Guna (TTG), sertifikasi HAKI dan halal, dan one village one product (OVOP).

Alokasi dana yang tersedia pada anggaran APBN 2013 hanya 21 unit. Pada tahun anggaran 2014 tersedia 22 unit PLUT. Kehadiran PLUT beserta tenaga profesionalnya akan memberi pendampingan untuk mengatasi masalah KUMKM. Pendampingan yang dimaksudkan fasilitasi mengidentifikasi kebutuhan serta memecahkan masalah gun melahirkan inisiatif sebagai solusinya. [PR]

Menkop ukM resmikan PLut sukabumi

Page 33: Info kukm april 2014

33 Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 Mancanegara

Koperasi Bunga Terbesardi BelandaB

elanda adalah jantung dari sektor florikultura internasional. ini memiliki sebuah jaringan yang kuat dan berkualitas tinggi, mulai

dari peternak dan petani yang ahli dalam penjualan, kemudian berkembang menjadi perusahaan ekspor, yang mewakili setiap aspek bisnis. belanda merupakan tempat dimana penawaran dan permintaan bunga datang bersama-sama. Dari eropa dan seterusnya. Lelang bunga FloraHolland memainkan peran kunci di belanda. Posisi Florikultura memiliki peran penting, baik sebagai pasar, perantara dan pusat pengetahuan .

Jaringan lokasi yang unik, dan menawarkan daya tarik yang belum pernah terjadi sebelumnya. Setiap pusat memiliki karakter yang unik. Jaringan pasar membentuk bisnis tunggal. Selanjutnya mereka mengikuti kursus yang sama yang dihubungkan satu sama lain oleh jaringan logistik yang kuat .

FloraHolaland mempunyai visi dan miisi sebagai berikut, dalam pasar yang ditandai dengan upscaling dan internasionalisasi , FloraHolland ingin mempertahankan dan meningkatkan posisi pasar yang kuat . Dengan menawarkan yang terbaik dan terluas berbagai , FloraHolland ingin mengikat (internasional) arus perdagangan ke pasar. FloraHolland menawarkan peluang terbaik terkait pada anggotanya dengan biaya serendah mungkin. FloraHolland yang merupakan perusahaan

jasa memang tidak hanya fokus mengejar keuntungan semata.

Karena FloraHolland adalah koperasi primer yang semua aktivitas binisnya adalah dimiliki oleh anggota. Kerjasama kemitraan adalah dasar yang kuat untuk pengembangan sektor florikultura. Yakni memiliki kekuatan luar biasa dengan jumlah keanggotaan yang besar dan tersebar di seluruh dunia. FloraHolland memiliki anggota sekitar 6.000 anggota , terutama di belanda dan di luar negeri.

Koperasi ini juga aktif dan selau menggelar rapat anggota Tahunan Umum yang disingkat dalam bahas belanda sebagai aLV, merupakan badan tertinggi dalam koperasi. aLV ini minimal dilakukan dua kali setahun. Di rapat aLV inilah semua anggota ikut memutuskan berbagai persoalan penting menyangkut koperasi. The aLV juga menjadi anggota Dewan Koperasi di negara tersebut.

Hak untuk memilihSetiap anggota mempunyai

hak yang lebih besar untuk memilih lebih banyak penjualan yang mereka buat melalui lelang. Pinjaman anggota dibangun sejauh menentukan ini. ada juga perlindungan yang memadai untuk mencegah anggota besar dari mendapatkan terlalu besar pengaruh dan anggota yang lebih kecil dari tidak didengar.

Dalam pasar yang ditandai dengan upscaling dan internasionalisasi , FloraHolland ingin mempertahankan dan meningkatkan posisi pasar yang

koperasi berganti setiap empat tahun . mereka yang telah menjabat sebabai pengurus dua kali tidak bisa terpilih kembali.

Pengelolaan manajemen bertanggung jawab

untuk menerapkan kebijakan . ini laporan kepada pengurus koperasi. manajemen terdiri dari Timo Huges (General manager), arnold Hordijk (commerce), erik Leeuwaarden (Keuangan dan real estate) dan rens buchwaldt (icT dan Logistik).

Dewan PengawasDewan Pengawas adalah

badan resmi yang mengawasi dan memberikan saran - baik meminta atau tidak . Dewan Pengawas terdiri dari enam orang .

FloraHolland memiliki 15 daerah kerja, 13 di belanda dan dua di luar (israel dan belgia). Setiap daerah memiliki manajemen regional sendiri, terdiri dari tujuh anggota. Mereka membentuk refleksi realistis dari bisnis yang menjadi anggota lelang dalam wilayah itu.

Daerah membentuk link penting antara satu sisi, Dewan dan manajemen Koperasi, dan di sisi lain, para anggota. mereka

kuat . Dengan menawarkan yang terbaik dan terluas. FloraHolland ingin mengikat (internasional) arus perdagangan ke pasar. FloraHolland menawarkan anggotanya yang terbaik peluang penjualan

foto

-foto

: ist

imew

a

pada biaya serendah mungkin. FloraHolland adalah perusahaan jasa yang menyediakan yang tidak terfokus pada menghasilkan keuntungan.

Pengurus KoperasiPengurus Koperasi FloraHolland

menetapkan garis kebijakan strategis. Pengurus koperasi terdiri dari sebelas orang, tapi ini adalah selama periode transisi. Pada 2010 pengurus koperasi telah dikurangi menjadi sembilan orang. ini dimksudkan untuk pembaharuan dan efesiensi, sehingga pas tiga anggota pengurus

bertindak sebagai papan terdengar untuk kebijakan, memberikan saran dan memiliki fungsi penting dalam mendeteksi dan refleksi.

Fakta dan AngkaJumlah kantor pusat 6

Jumlah kantor cabang 39 Jumlah anggota approx . 5.400 Jumlah supplyers approx . 10.000 Jumlah pelanggan approx . 5.500 Jumlah karyawan 4.700 negara pengimpor paling penting Kenya, israel, ethiopia dan Zimbabwe. negara tujuan ekspor yang paling penting adalah Jerman, inggris dan Perancis. [PR]

Page 34: Info kukm april 2014

Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 34Edisi No. 71 | Tahun 7, MARET 2014 34

Geluti Dunia EntrepreneurTak hanya piawai beradu akting di layar kaca, artis cantik Wulan Guritno juga terus

mengasah keahliannya berbisnis. Selain menggarap bisnis spa dan restoran, Wulan kini aktif menjalani usaha es krim Spiky Smooth. Bahkan untuk bisnis kecantikan yang digeluti lebih lima tahun sudah berkembang. Tepatnya salon kecantikan yang didirikan

bersama teman-temannya telah memiliki sedikitnya 16 cabang. “Lantaran berjalan dengan baik dan mendapat respon positif, tentu kami ingin terus

melebarkan sayap,” ujarnya pada para pewarta di kawasan Cibubur, Jakarta Timur belum lama ini. Wulan mengaku untuk mendirikan usaha tersebut dengan cara patungan tak lebih dari Rp 20 juta. Salon kecantikan itu diawali dibuka di daerah Kemang. Setelah berjalan tiga tahun barulah dijual secara kemitraan alias franchise.

Menjadi ibu, artis dan sekaligus pebisnis diakuinya memiliki kenikmatan tersendiri. Pasalnya, multi peran itu bisa lakoni seiring sejalan. Bukti lain Wulan Guritno sebagai seorang entrepreneur, yakni selain memiliki usaha patungan ia juga membuka usaha es krim Spiky Smooth. Beda dari yang lain, Wulan menawarkan bisnis es krim lewat sistem penjualan delivery service. Yakni untuk memperoleh es krim milik Wulan, para penggemar tak perlu susah-susah pergi ke sejumlah toko, tetapi cukup memesannya secara online.

“Aku pilih delivery service, karena itu memang lagi marak untuk beli apapun, belanja online gitu kan, mungkin karena kemacetan Jakarta,” ungkap artis kelahiran Inggris yang ikut melakoni peran di film Naga Bonar 2 ini. [PR]

FORO

-FO

TO: I

STIM

EWA

Banjir Order Cetak

Kedip Mata

toMMY kurniaWan

Wulan Guritno

Menyadari jagad hiburan tak selamanya menjanjikan, membuat Tommy Kurniawan juga menekuni dunia bisnis. bahkan aktor satu ini dikenal pandai melihat celah tren bisnis. misalnya saat ia melihat marak bisnis futsal ia pun menggelutinya untuk beberapa tahun. Hanya saja bisnis ini

belakangan melesu sehingga ada niatan untuk menjual.Selanjutnya ia pun melihat bisnis percetakan sangat prospek. apalagi

menjelang digelarya pemilihan umum (Pemilu). Tommy pun sejak setahun lalu membuka percetakan. bahkan ia mengaku mau fokus dengan digital printing saja, agar biaya operasionalnya tidk terlalu besar.

Di bisnis ini suami Fatima Tania nadira mengaku mendapat banyak order seiring makin mendekatnya pemilu. Terkait ingin menutup usaha futsal karena sudah bingung mau dikembangkan seperti apa lagi. Sementara kalau membuka usaha lain semisal kuliner yang juga meminatinya, diakui membutuhkan banyak modal.

aktor ganteng ini memang pernah mendapat musibah kena tipu. Sehingga hasil jerih payah selama 12 tahun di dunia akting sebesar rp 6 miliar lenyap. Tommy mengaku, tidak ingin menjalani bisnis yang hanya dijanjikan keuntungan besar saja, tetapi ia harus ikut terjun dan melakukan perhitungan dengan cermat. Dengan pengalaman pahitnya itu membuat ayah dua anak itu makin matang.

“Pokoknya bisnis yang baik ya harus terjun langsung sehingga memahami setiap permasalahan dan mencari soluni jika terkendala. Jangan selalu mengandalkan anak buah untuk menghandle-nya,” ujarnya pada media infotemen di kawasan Widya candra belum lama ini. [PR]

Page 35: Info kukm april 2014

35 Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014

NO JENIs IKLaN HaRGa IKLaN

1 Ekslusif Banner Cover Depan (atas) Rp. 30,000,000,00

2 Ekslusif Banner Cover Depan (bawah) Rp. 25,000,000,00

3 Cover Belakang Back Cover (hal 36) Rp. 20,000,000,00

4 Cover Dalam (hal 2, 35) Rp. 15,000,000,00

HaLaMaN IsI full Page 1/2 Hal 1/3 Hal 1/4 Hal

5 Halaman Kanan Rp. 10,000,000,00 Rp. 5,500,000,00 Rp. 4,000,000,00 Rp. 3,000,000,00

6 Halaman Kiri Rp. 7,000,000,00 Rp. 4,000,000,00 Rp. 2,700,000,00 Rp. 2,200,000,00

7 Advertorial Spreed (2 hal) Rp. 10,000,000,00

8 Iklan Kecil Rp. 500,000,00

taRIf BERIKLaN taBLOID

Daftar sebaran

DKI JakartaKSP Nasari Jakarta PusatKantor Pos Besar Jakarta PusatKantor Pos Besar Jakarta BaratKantor Pos Besar Jakarta TimurKantor Pos Besar Jakarta SelatanKantor Pos Besar Jakarta UtaraKantor Pos TangerangKantor Pos JatinegaraKantor Pos MampangKantor Pos Taman Fatahilah, KotaKantor Pos CilegonKantor Pos CiputatKantor Pos Pondok GedeKantor Pos Serang

tB GRaMEDIaTB GRAMEDIA Central ParkTB GRAMEDIA CinereTB GRAMEDIA GandariaTB GRAMEDIA CijantungTB GRAMEDIA Pondok GedeTB GRAMEDIA Gajah MadaTB GRAMEDIA MelawaiTB GRAMEDIA Golden TrulyTB GRAMEDIA Daan MogotTB GRAMEDIA Pasar Baru

tB GUNUNG aGUNGfREsH MEDIa KIOs HERMEs MEDIa

agen Konvensional DKI JakartaSinar Kasih (Asep) RawamangunAnton RawamangunSitumorang Jl Utan KayuDebora Agency Jl Kramat RayaP Sitompul Terminal SenenYudha Jl Dewi SartikaSarasih Jl CililitanSuriyati Jl Percetakan NegaraNeneng Jl OtistaAnita Agency Kelapa GadingJoko Jl Jatinegara KaumP Parulian CipinangNanang Jl KH Saman HudiKliwon Plaza Gajah MadaCitra KlenderAndri Cipinang MuaraCahyo Cipinang SelatanAbu Winday Agency Jl Basuki RahmatMukti Jl KalimalangCahyo Jl Cipinang SelatanPri Jl Salemaba Raya

Alif Hasan Jl Cipinang Bundar BaruGrasia Agency Jl TB SimatupangAnto Jl Jagakarsa RayaAri Agency Jl Moh Kaffi IIAsep Jl Desa Putra, Srengseng SawahSiti RS Isalam Cempaka PutihPanca Cempaka Tengah Nur Percetakan NegaraAdi Jl Tegalan JaktimFuad Jl Otista RayaHerman Kramat JatiNur Jl Buncit RayaKoperasi Bahtera La-Priska Bintaro

JaWa BaRatKSP Nasari Bogor, Lingkar SelatanKSP Nasari CirebonKSP Nasari TasikmalayaKSP Nasari Bogor Kantor Pos Besar Bandung, Jl Asia AfrikaKantor Pos CimahiKantor Pos Ujung BerungKantor Pos SoreangKantor Pos SumedangKantor Pos CirebonKantor Pos KuninganKantor Pos IndramayuKantor Pos MajalengkaKantor Pos TasikmalayaKantor Pos BanjarKantor Pos CiamisKantor Pos GarutKantor Pos BogorKantor Pos CibinongKantor Pos SukabumiKantor Pos CianjurKantor Pos PurwakartaKantor Pos KarawangKantor Pos Subang

DI yOGyaKaRtaKSP Nasari YogyakartaKantor Pos Besar Yogyakarta Kantor Pos BantulKantor Pos WatesKantor Pos WonosariKantor Pos Klaten

JaWa tENGaHKSP Nasari SemarangKSP Nasari SurakartaKSP Nasari Pati KSP Nasari Tegal

KSP Nasari PurwokertoKSP Nasari KebumenKantor Pos Besar Semarang, PemudaKantor Pos UngaranKantor Pos KendalKantor Pos SalatigaKantor Pos PurwodadiKantor Pos JeparaKantor Pos PatiKantor Pos KudusKantor Pos BloraKantor Pos BojonegoroKantor Pos TegalKantor Pos BrebesKantor Pos PemalangKantor Pos PekalonganKantor Pos KaranganyarKantor Pos SoloKantor Pos SragenKantor Pos SukoharjoKantor Pos BoyolaliKantor Pos BanjarnegaraKantor Pos PurwokertoKantor Pos PurbalinggaKantor Pos CilacapKantor Pos KebumenKantor Pos PurworejoKantor Pos WonosoboKantor Pos Temanggung

JaWa tIMURKSP Nasari SurabayaKSP Nasari MalangKSP Nasari JemberKSP Nasari MadiunKSP Nasari KediriKantor Pos Kebonrejo(Sby Utara)Kantor Pos Jemursari(Sby Selatan)Kantor Pos SidoarjoKantor Pos Jombang Kantor Pos BangkalanKantor Pos MojokertoKantor Pos GresikKantor Pos PamekasanKantor Pos SumenepKantor Pos LamonganKantor Pos MadiunKantor Pos MagetanKantor Pos PonorogoKantor Pos NgawiKantor Pos JemberKantor Pos BanyuwangiKantor Pos LumajangKantor Pos Situbondo

Kantor Pos BondowosoKantor Pos MalangKantor Pos ProbolinggoKantor Pos BlitarKantor Pos LawangKantor Pos PasuruanKantor Pos TulungagungKantor Pos NganjukKantor Pos KediriKantor Pos Pare

sUMatERaKSP Nasari MedanKSP Nasari SibolgaKSP Nasari Pematang SiantarKSP Nasari TarutungKSP Nasari Pekan BaruKSP Nasari LhoksumaweKSP Nasari LampungKSP Nasari PalembangKantor Pos Besar MedanKantor Pos BinjaiKantor Pos Kabah JaheKantor Pos LangsaKantor Pos LhoksumaweKantor Pos SigliKantor Pos Banda AcehKantor Pos MeulabohKantor Pos Tapak TuanKantor Pos BireuenKantor Pos Matang GeulumpangKantor Pos Kuala SimpangKantor Pos TakengonKantor Pos Pematang SiantarKantor Pos Kisaran Kantor Pos Tebing TinggiKantor Pos TarutungKantor Pos BaligeKantor Pos Pekan BaruKantor Pos RengatKantor Pos DumaiKantor Pos Payah KumbuhKantor Pos PelambangKantor Pos JambiKantor Pos LahatKantor Pos PrabumulihKantor Pos Muara EnimKantor Pos Lubuk LinggauKantor Pos BaturajaKantor Pos Tanjung KarangKantor Pos MetroKantor Pos Kota Bumi

DENPasaRKSP Nasari DenpasarKantor Pos Besar DenpasarKantor Pos GianyarKantor Pos TabananKantor Pos Singaraja

KaLIMaNtaNKSP Nasari PontianakKSP Nasari BanjarmasinKantor Pos PontianakKantor Pos SingkawangKantor Pos SanggauKantor Pos KetapangKantor Pos BanjarmasinKantor Pos BanjarbaruKantor Pos KandanganKantor Pos AmuntaiKantor Pos PalangkarayaKantor Pos BalikpapanKantor Pos SamarindaKantor Pos TenggarongKantor Pos Kota BaruKantor Pos BuntokKantor Pos SampitKantor Pos Pangkalan Bun

sULaWEsI & sekitarnyaKSP Nasari MakassarKSP Nasari ManadoKSP Nasari KupangKSP Nasari MaumereKSP Nasari AtambuaKantor Pos MakassarKantor Pos Pare-PareKantor Pos MataramKantor Pos PalopoKantor Pos BulukumbaKantor Pos WatamponeKantor Pos KendariKantor Pos MamujuKantor Pos PaluKantor Pos KupangKantor Pos WaingapuKantor Pos MaumereKantor Pos EndeKantor Pos AtambuaKantor Pos SoeKantor Pos ManadoKantor Pos GorontaloKantor Pos KotamabagoKantor Pos Ternate

Alamat Redaksi:Pt Nasari IndonesiaJl. Boulevard Raya Blok WE-2 No. 8BKelapa Gading, Jakarta Utara

Contact Person:

- Catur Taufan (0838 6045 806) - Iskandar Basuki (0898 4232 619)- Mario Maorith (0878 7823 3302) - Danar Wulandari (0815 6799 5524)

Telp : 021 - 45840633Fax : 021 - 45857095

Page 36: Info kukm april 2014

Edisi No. 73 | Tahun 7, APRIL 2014 36