Induk Minggu I9 s.d 25 Maret 2012

38
RAHASIA TENTARA NASIONAL INDONESIA SATGAS YON MEKANIS KONGA XXIII- F /UNIFIL LAPORAN MINGGUAN SATGAS YON MEKANIS TNI KONGA XXIII-F/UNIFIL PERIODE TANGGAL 19 S.D 25 MARET 2012 RAHASIA

Transcript of Induk Minggu I9 s.d 25 Maret 2012

RAHASIA

TENTARA NASIONAL INDONESIA

SATGAS YON MEKANIS KONGA XXIII-F/UNIFIL

LAPORAN MINGGUAN

SATGAS YON MEKANIS TNI KONGA XXIII-F/UNIFIL

PERIODE TANGGAL 19 S.D 25 MARET 2012Adshit Al Qusayr, 26 Maret 2012 TENTARA NASIONAL INDONESIA

SATGAS YON MEKANIS KONGA XXIII-F/UNIFILLAPORAN MINGGUAN

SATGAS YON MEKANIS TNI KONGA XXIII-F/UNIFIL

PERIODE 19 S.D 25 MARET 2012I.PENDAHULUAN

1.Umum.

a.Politik Luar Negeri Indonesia yang Bebas Aktif, merupakan latar belakang Indonesia untuk berperan dalam setiap misi perdamaian PBB. Salah satu peran Indonesia dalam misi perdamaian adalah dengan mengirimkan Satgas Yon Mekanis TNI Konga XXIII-F/UNIFIL yang tergabung dalam misi PBB UNIFIL di Lebanon. Satgas ini bertugas sebagai pasukan pemelihara perdamaian yang beroperasi dibawah Komando Sektor Timur UNIFIL.

b.Pelaksanaan tugas Satgas Yon Mekanis TNI Konga XXIII-F/UNIFIL sebagai Pasukan Pemelihara Perdamaian, secara umum dapat berjalan dengan baik. Namun, di sisi lain masih terdapat kendala-kendala secara teknis di lapangan yang perlu diperbaiki untuk mengoptimalkan pencapaian tugas pokok yang lebih efektif dan efisien.

c.Dalam rangka mengetahui sejauh mana pelaksanaan tugas Satgas Yon Mekanis TNI Konga XXIII-F/UNIFIL kurun waktu 19 s.d 25 Maret 2012, maka perlu dibuat suatu laporan periodik Mingguan. Laporan ini adalah sebagai bentuk pertanggungjawaban Satgas kepada Komando Atas.

2.Maksud dan Tujuan.

a.Maksud.Memberikan gambaran tentang pelaksanaan tugas Satgas Yon Mekanis TNI Konga XXIII-F/UNIFIL dalam rangka misi perdamaian PBB di wilayah Lebanon Selatan kurun waktu 19 s.d 25 Maret 2012.

b.Tujuan.Sebagai bahan masukan kepada Komando Atas guna memonitor pelaksanaan tugas Satgas Yon Mekanis TNI Konga XXIII-F/UNIFIL sehingga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dalam menentukan kebijakan lebih lanjut guna meningkatkan mutu di masa yang akan datang.

3.Ruang Lingkup dan Tata Urut.Pembuatan laporan ini terbatas pada tugas-tugas yang telah dilaksanakan, hasil yang dicapai serta hambatan yang dihadapi, dengan tata urut sebagai berikut :

a.Pendahuluan.

b.Dasar.

c.Pelaksanaan Tugas.

d.Hasil yang dicapai.

e.Hambatan dan Upaya Mengatasi

f.Kesimpulan dan Saran.

g.Penutup.II.DASAR

4.Dasar.

a.Resolusi Dewan Keamanan PBB Nomor 1701 tanggal 11 Agustus 2006 tentang Operasi Pemeliharaan Perdamaian oleh Pasukan PBB di Lebanon.b.Keputusan Presiden RI Nomor 15 tanggal 9 Januari 2006 tentang Kontingen Garuda dalam Misi Perdamaian di Lebanon.

c.Direktif Menteri Pertahanan RI Nomor DIR/02/M/IX/2006 tanggal 19 September 2006 tentang Kontingen Garuda dalam Misi Perdamaian di Lebanon.

d.Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/2420/XI/2011 tanggal 24 Nopember 2011 tentang perintah untuk melaksanakan tugas sebagai personel Satgas Yon Mekanis TNI Konga XXIII-F/UNIFIL dalam rangka melaksanakan misi perdamaian PBB di Lebanon.

e.Opord 004 AMD 3 tanggal 1 April 2011.III.PELAKSANAAN TUGAS

5.Tugas. Masing-masing bidang sudah merencanakan tugas-tugas sesuai dengan bidang masing-masing dengan rincian sebagai berikut :

a.Bidang Intelijen.Merencanakan dan melaksanakan kegiatan penyelidikan dan pengamanan sesuai fungsinya didalam Satgas Yon Mekanis TNI Konga XXIII-F/UNIFIL sejak tanggal 19 s.d 25 Maret 2012 untuk meyakinkan dan memastikan tidak adanya pelanggaran terhadap Resolusi UN 1701.

b.Bidang Operasi. Kegiatan yang telah direncanakan adalah melaksanakan patroli darat maupun patroli udara di seluruh wilayah yang menjadi tanggung jawab Satgas Yon Mekanis TNI Konga XXIII-F/UNIFIL. Adapun penempatan pasukan serta sektor wilayah tanggung jawab Indobatt adalah sebagai berikut :

c.Bidang Personel.Kegiatan personel yang telah dilaksanakan meliputi pembinaan personel, pembinaan kesejahteraan moril, pembinaan hukum, mental dan tata tertib serta protokoler.

d.Bidang Logistik. Dalam rangka memaksimalkan kegiatan Operasional Satgas, Staf Logistik melaksanakan tugas sesuai fungsi dan tanggung jawabnya di bidang Logistik. Pada dasarnya kegiatan yang dilaksanakan mencakup penyiapan, penyimpanan dan pendistribusian perbekalan serta pemeliharaan, optimalisasi operasional sarana angkutan dan kegiatan keseharian sesuai dengan fungsi Staf Logistik.e.Bidang Cimic.Melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat berupa koordinasi maupun interaksi dengan aparat pemerintahan setempat, tokoh agama, tokoh masyarakat maupun kepada masyarakat secara langsung serta diadakannya pertemuan dengan Moukhtar/Mayor.

f.Bidang Lain.Melaksanakan kegiatan yang mencakup bidang Komunikasi, Keuangan, Penerangan, Kesehatan, Polisi Militer, Kavaleri dan MTO (Mobile Transport Officer).

IV.HASIL YANG DICAPAI

6.Bidang Intelijen. Meliputi penyelidikan dan pengamanan dengan hasil yang dicapai sebagai berikut :

a.Penyelidikan.

PEBRUARIAO KIMEKKETERANGAN

ABCDEBAN

X111

1

1

1

Melaksanakan penyelidikan ke dalam sebagai upaya cegah dini kerugian personel dan materiil.

JMLH6 x

OPPanorama, Flag Point, B78, TP 37, OP 16, XB9, OP B, M3, XC5Keterangan:

Kegiatan masyarakat mulai meningkat setelah berakhirnya musim dingin.

Keterangan:

- Pengamatan kegiatan IDF, LAF, AE dan masyarakat sipil di sepanjang Blue Line dan Litani sebagai bentuk mencegah pelanggaran batas wilayah dan upaya peluncuran roket.

1 X

OPRUTIN AO KIMEK

ACD E

7---

-7--

--7-

---7

1)Israel Defence Force (IDF). Patroli rutin pos sepanjang Technical Fence sebanyak 293 kali, pergerakan meliputi Sufa, Humvee, David, Namer, Abir dan Wheel Loader, dengan fasilitas komunikasi dan senjata organik.

2)Lebanese Armed Force (LAF). Pergerakan rutin sebanyak 31 kali dalam rangka kegiatan Permanent Check Point, Counter Rocket Launching Operation (CRLO) dan Foot Patrol di AO Indobatt.3)Melaksanakan Recce Patrol di AO Indobatt.FEBRUARIAO KIMEKKETERANGAN

ACDE

X-11-

Dilaksanakan di seluruh AO Indobatt untuk mencegah pelanggaran batas wilayah, peluncuran rocket dan pengamatan terhadap pihak-pihak yang bertikai.

JMLH2X

4)Pergerakan masyarakat sipil. Rutin.

b.Pengamanan.

NOTANGGALKEGIATANJMLKETERANGAN

1.2.3.-

-

-Pam Personel

Pam Material

Pam Kegiatan Internal-

-

-Nihil

Nihil

Nihil

7.Bidang Operasi.

a.Tingkat status siaga.Yang berlaku saat ini di wilayah Lebanon selatan yang merupakan tanggung jawab bagi Indobatt adalah:

1)Tingkat Bahaya : Sedang.

2)Alert Status : Kuning.

b.Kegiatan Patroli, Observation Post dan Check Point.1) Pelaksanaan kegiatan operasional dilakukan sesuai dengan protap melalui kegiatan patroli secara rutin selama 30 kali dalam sehari dan menempatkan personel beserta ranpur untuk melaksanakan TmOP (Temporary Observation Post) selama 12 jam (Day Light Time) pada 5 titik antara lain : Panorama, Flag Point, XB-9, XC-3 dan B-78.2) Melaksanakan PmOP (Permanent Observation Post) selama 24 jam pada 3 titik antara lain : XC-5, OP-16 dan OP-B (Southern Road). 3) Melaksanakan PmCKP (Permanent Check Point) selama 24 jam pada 2 titik antara lain : X-401(TP-37) dan X-402 (M-3).4) Melaksanakan Random Check Point, CRLO, Foot Patrol dan Area Domination Patrol sesuai dengan perintah dari Seceast melalui lotus .c.Kegiatan Patroli berdasarkan Lotus.

1)Rincian kegiatan yang dilaksanakan.

NOKEGIATANKOMPI AKOMPI CKOMPI DKOMPI E

1.BAP2824357

2.PAP4224-7

3.ADP393-

4.CRLO1213

5.FP3---

6.PMCKP (24 Jam)-7-7

7.PMOP (24 Jam)-777

8.TMOP (12 Jam)28--7

2)Grafik kegiatan yang telah dilaksanakan.

d.Kegiatan lain.

1)Secara rutin Perwira staf melaksanakan pengawasan dan pemantauan kegiatan staf dan patroli jajaran Satgas Yon Mekanis TNI Konga XXIII-F/UNIFIL.

2)Pada tanggal 20 Maret 2012 Kasiops mengikuti COO Conference dipimpin oleh Chief G3 di Seceast sekaligus melaksanakan kaji ulang pelaksanaan operasional. 3)Pada tanggal 20 Maret 2012 Dansatgas melaksanakan pengecekan terhadap pos-pos static point dengan memberikan penekanan kepada personil yang melaksanakan dinas jaga untuk meningkatkan kewaspadaan berkaitan dengan perubahan musim dari dingin ke panas, dimana akan terjadi peningkatan pergerakan masyarakat setempat di wilayah operasi Indobatt.8.Bidang Personel.

a.Pembinaan Personel.Pada tanggal 19 s.d. 25 Maret 2012 anggota Satgas melaksanakan apel pagi dan sore di Mako Satgas dan masing-masing kompi, dilanjutkan pengarahan dari Perwira Pengawas.

b.Pembinaan Kesejahteraan Moril. Pada tanggal 23 Maret 2012 anggota Satgas menerima uang saku bulan Maret 2012.

c.Kumtaltibprot.

1)Bintala)Pada tanggal 22 Maret 2012 anggota Satgas yang beragama Islam melaksanakan Sholat Maghrib berjamaah di lanjutkan dengan ceramah dan membaca Surat Yasin bersama-sama di mushola Mako Satgas dan mushola masing-masing kompi.

b)Tanggal 22 Maret 2012 anggota Satgas yang beragama Hindu menghadiri perayaan hari raya Nyepi di UNIFIL HQ Naqoura.

c)Pada tanggal 23 Februari 2012 anggota Satgas yang beragama Islam melaksanakan kegiatan Ibadah Sholat Jumat di mushola Mako Satgas dan masing-masing kompi.

d)Pada tanggal 24 Maret 2012 Pabintal Satgas melaksanakan kegiatan keagamaan dalam rangka berdoa bersama masyarakat lokal di Ds. Tulin.e)Pada tanggal 25 Februari 2012 anggota Satgas yang beragama Nasrani melaksanakan Ibadah bersama di Mako Satgas.

f)Pada tanggal 25 Februari 2012 pukul 16.00 LT anggota Satgas yang beragama Hindu melaksanakan ibadah bersama di Mako Satgas dan masing-masing Kompi.g)Pada tanggal 25 Maret 2012 anggota Satgas yang beragama Islam melaksanakan Marawis dan ceramah agama di Kimek E.

2)Taltib/Hukum.Pada periode tanggal 19 s.d. 25 Maret 2012. Personel Polisi Militer melaksanakan tugas rutin pengawalan dan pengamanan kegiatan Dansatgas, Wadansatgas dan tamu VIP.

3)Pembinaan Bidang Olahraga.Mengikuti pertandingan Event Annual Sports Calender 2012 Inter Contingent UNIFIL Cabang olahraga Tenis lapangan pada tanggal 21 s.d 25 Maret 2012 di UNIFIL HQ Naqoura.

4)Protokoler.

a)Menerima Kunjungan.Pada tanggal 23 Maret 2012 menerima kunjungan dan sholat Jumat bersama di Mushola Mako Satgas dari Syekh Abdullah Hijaazi dari Tyre.

b)Menghadiri Undangan.

(1)Pada tanggal 19 Maret 2012 menghadiri Upacara dalam rangka The UNIFIL Establishment Day di UNIFIL HQ Naqoura.

(2)Pada tanggal 25 Maret 2012 menghadiri undangan Concert of the Chair George Spanish Contingent di UNP 7-2.

d.Kegiatan Rutin/Insidentil.

1)Pada tanggal 19 s.d. 25 Maret 2012 membuat dan mengirimkan laporan harian Daily Brief, Daily Indonesia Contingent dan Daily Medical Status ke Deptmin FHQSU UNIFIL HQ Naqoura.2)Pada tanggal 23 Maret 2012 membuat dan mengirimkan laporan mingguan USDR (Unit Strenght and Deployment Report) dan CSLR (Consolidate Strenght and Location Report) ke Deptmin FHQSU UNIFIL HQ Naqoura.

3)Pada tanggal 25 Maret 2012 membuat dan mengirimkan laporan bulanan OPPBA, DPKO, Nominal Roll Of Attachments,Nominal Roll Of Staff Officers, Montly Loss Of ID Card Report, Montly Casualy Report, Montly Female Report, Nominal Roll Of NSE dan Final Montly Strength Report ke Deptmin FHQSU UNIFIL HQ Naqoura.9.Bidang Logistik.

a.Perbekalan.

1)Bekal Kelas I/Makanan.

a)Pada tanggal 20, 22 dan 24 Maret 2012, menerima roti dan bahan makanan Bekal Kelas I untuk Cycle ke-72 dari penyalur makanan UNIFIL dilanjutkan pendistribusian ke kompi-kompi.b)Pada tanggal 20 dan 24 Maret 2012, menerima roti dari penyalur makanan UNIFIL dilanjutkan pendistribusian ke kompi-kompi.2) Bekal Kelas II/Kaporsatlap.Kaporlap/kapsatlap menggunakan Kaporlap/Kapsatlap penerimaan selama di MA dan penerimaan dari FHQSU.

3)Bekal Kelas III/BBM.Pada tanggal 21 Maret 2012 pengambilan BBM Bensin 3585 liter di Naqoura.

4)Bekal Kelas IV/ATK dan Alsatri. Alokasi ATK dan Alsatri sesuai dengan fungsi dan kebutuhan yang diajukan.5)Bekal Kelas V/Muhandak. Munisi bekal pokok operasi dan latihan tersimpan di gudang munisi dalam keadaan aman.

b.Angkutan.

1)Membuat perencanaan angkutan (movement-list) setiap pergerakan kendaraan.

2)Melaksanakan pendistribusian air ke Mayon, Kompi A, C, D dan E dalam periode satu minggu.

3)Pada tanggal 19 s.d 25 Maret 2012, melaksanakan kegiatan pengambilan air ke Ett Taibe menggunakan lima kendaraan tangki air.

4)Pada tanggal 19 Maret 2012 :

a)Mendukung kegiatan Dansatgas dan rombongan ke Naqoura menggunakan 1 kendaraan LC, 2 kendaraan Triton dan 2 kendaraan Strada.b)Mendukung kegiatan Pakav dan rombongan ke Naqoura menggunakan 2 kendaraan Triton.

c)Mendukung kegiatan Kasiops ke Seceast menggunakan 1 kendaraan Triton.

5)Pada tanggal 20 Maret 2012 :

a)Mendukung kegiatan Dansatgas dan rombongan ke Marjayoun menggunakan 2 kendaraan LC, 1 kendaraan Triton.b)Mendukung kegiatan Kasilog dan rombongan ke Naqoura menggunakan 1 kendaraan Triton dan 1 kendaraan Strada.

6)Pada tanggal 21 Maret 2012 :

a)Mendukung kegiatan Pa Fuel dan rombongan ke Naqoura menggunakan 2 kendaraan Triton.b)Mendukung Pa Pekas dan rombongan ke Marjayoun menggunakan 2 kendaraan Triton dan 1 kendaraan Strada.

7)Pada tanggal 22 Maret 2012 :

a)Mendukung kegiatan Dansatgas dan rombongan ke Ett Taibe menggunakan 1 kendaraan LC dan 2 kendaraan Triton.b)Mendukung kegiatan Kasi Cimic menggunakan 1 kendaraan Triton.

c)Mendukung Kasilog dan rombongan ke Naqoura menggunakan 1 kendaraan Triton dan 1 kendaraan Strada.

8)Pada tanggal 23 Maret 2012 :

a)Mendukung kegiatan Pa Pekas dan rombongan ke Tyre menggunakan 2 kendaraan Triton.b)Mendukung Pahub ke Seceast menggunakan 1 kendaraan Triton.

c)Mendukung kegiatan Pakum ke Kimek C menggunakan 1 kendaraan Triton.

d)Mendukung Kegiatan Wadan Satgas dan Kasi Cimic ke Marjayoun menggunakan 1 kendaraan LC dan 2 kendaraan Triton.

9)Pada tanggal 24 Maret 2012, mendukung kegiatan Pakum ke Kimek B menggunakan 1 kendaraan Triton.

c.Zeni.

1) Seksi Konstruksi. Kegiatan rutin yang dilaksanakan meliputi perawatan, pemeliharaan alat berat Zeni dan penataan tempat kerja (workshop) serta melaksanakan kegiatan sebagai berikut :a)Pada tanggal 19 s.d 25 Maret 2012, melaksanakan Harwat alat berat zeni.

b)Pada tanggal 20 Maret 2012, melaksanakan pemasangan icon/patung garuda di lapangan Soekarno.

c)Pada tanggal 21 Maret 2012, pembersihan dan penataan work shop.

d)Pada tanggal 21 Maret 2012, perbaikan icon/patung garuda di lapangan Soekarno.

2) Seksi Jihandak. Melaksanakan kegiatan rutin pembersihan gudang, pengecekan peralatan EOD dan pemeriksaan peralatan Jihandak.

3)Seksi Listrik.

Kegiatan rutin seksi kelistrikan yaitu melaksanakan pemeriksaan dan perawatan rutin setiap hari terhadap generator dan instalasi listrik serta melaksanakan kegiatan lain sebagai berikut :

a)Pada tanggal 19 s.d. 25 Maret 2012, pengecekan rutin generator dan instalasi listrik.

b)Pada tanggal 20 Maret 2012, perbaikan generator 42236 dan 42241 di UNP 7-1.

c)Pada tanggal 21 Maret 2012, perawatan pemanasan generator cadangan di Kimek D.

d)Pada tanggal 22 Maret 2012, perawatan pemanasan generator cadangan di Kimek E.e)Pada tanggal 23 Maret 2012, perbaikan generator 69731 di Kimek B.f)Pada tanggal 24 Maret 2012, penyempurnaan generator 42239 di UNP 7-1.g)Pada tanggal 25 Maret 2012, perawatan dan pemanasan generator di Kompi Bantuan.4)Seksi Air.Kegiatan rutin yang dilaksanakan berupa perawatan sewage system dan pengecekan water treatment plant serta kegiatan lain meliputi :

a)Pada tanggal 19 s.d. 25 Maret 2012, perawatan dan pengisian rutin sewage system.b)Pada tanggal 20 Maret 2012, pengecekan instalasi saluran air di Mako Satgas.

c)Pada tanggal 21 Maret 2012, pengecekan instalasi saluran air di Kompi Bantuan.

d)Pada tanggal 22 Maret 2012, perbaikan heater di ablution Mako Satgas.

d.Harpal.Kegiatan Bidang Harpal yang dilaksanakan meliputi :

1)Kendaraan.

a)Pada tanggal 19 Maret 2012 melaksanakan kegiatan sebagai berikut :

(1)Servis dengan mengganti oli mesin Km 74502 Ran Mits PS 120 No 8849/Kibant.(2)Membongkar carter oil dengan mengganti packing carter oil 1 lembar Ran Mits PS 120 No 8854/Kibant.

(3)Melanjutkan perbaikan transmisi dan motor starter Ranpur VAB C 05 No 8761/Kimek A.

(4)Melanjutkan pemasangan kanvas kopling dan dekrup Ran Mits Triton No 8700/Mako Satgas.

(5)Servis dengan mengganti oli mesin Km 77960 F 12 No 8825/Kibant.

(6)Melanjutkan perbaikan siil roda depan Ran Truk liaz No 8874/Kibant.

b)Pada tanggal 20 Maret 2012 melaksanakan kegiatan sebagai berikut :

(1)Mengelas tutup lampu depan Ran Mits Triton No 8707/Mayon.

(2)Memperbaiki rem depan dengan mengganti kanvas kopling depan 1 set Ran Mits PS 120 No 8848/Kibant.

(3)Memeriksa fan belt Ran LC No 8888/Mayon.

(4)Melanjutkan perbaikan transmisi Ranpur VAB C 05 No 8761/Kimek A.

c)Pada tanggal 21 Maret 2012 melaksanakan kegiatan sebagai berikut :(1)Melaksanakan servis dengan menganti oil Km 6449 Ran Mits L 300 No 8861/Mayon.

(2)Melanjutkan pemasangan gardan Ranpur VAB C 36 No 8792/Kimek A. (3)Memperbaiki switch oil dan rem Ran Mits PS 120 No 8854/Kibant.

d)Pada tanggal 22 Maret 2012 melaksanakan kegiatan sebagai berikut :

(1)Memasang kanvas kopling dengan mengganti kanvas kopling 1 set Ran Mits Triton No 8706/Mayon.(2)Melanjutkan perbaikan master rem Ranpur VAB C 36 No 8792/ Kimek A.

(3)Servis dengan mengganti oli mesin Km 21479 Ran Mits Tritton No 8699/Kimek E.

(4)Membongkar roda depan dengan mengganti 2 buah ban luar Ran tangki Hino No 8698/Kibant.

(5)Memperbaiki wiper dengan mengganti 1 set karet wiper Ran Mits PS 120 No 8848/Kibant.

(6)Servis dengan mengganti oli mesin Km 82015 Ran Mits PS 120 No 8852/Kibant.

e)Pada tanggal 23 Maret 2012 melaksanakan kegiatan sebagai berikut :

(1)Memperbaiki rem belakang dengan mengganti 1 set kanvas rem belakang Ran Mits Strada F 28 No 8841/Kibant.

(2)Memperbaiki rem dengan mengganti 1 set kanvas rem depan Ran Mits strada F 10 No 8823/Kibant.

(3) Melanjutkan perbaikan transmisi dengan mengganti oil transmisi Ranpur VAB C05 No 8761/Kimek A.

(4) Melanjutkan perbaikan rem Ranpur VAB C 36 No 9792/ Kimek A.

2)Senjata. Melaksanakan pemeliharaan dan perawatan secara rutin terhadap semua jenis persenjataan serta asistensi tehnik senjata agar senantiasa siap operasional.3)Aloptik. Melaksanakan pemeliharaan dan perawatan terhadap seluruh materiil optik agar setiap saat siap dioperasionalkan dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas serta penyiapan Inspeksi COE UNIFIL berikutnya.

4)Munisi. Melaksanakan pemeliharaan rutin munisi dan gudang munisi meliputi pembersihan gudang, pencatatan suhu dan kelembaban gudang setiap hari.

e.Lain-lain.1)Pada tanggal 20 Maret 2012 Kasilog melaksanakan koordinasi dengan pelaksana ORI Inspection di Naqoura tentang materiil yang belum di periksa.

2)Pada tanggal 21 Maret 2012 Pa Fuel melaksanakan penyerahan laporan penggunaan BBM generator ke Naqoura.

3)Pada tanggal 22 Maret 2012 :

a) Kasilog melaksanakan koordinasi akhir tentang pelaksanaan pengecekan materiil yang belum diperiksa oleh tim dari ORI Inspection di Naqoura.

b) Mendukung logistik penjemputan personel yang telah melaksanakan cuti/umroh ke RHIA Beirut.

4)Pada tanggal 23 Maret 2012 :

a)Mendukung logistik personel dari Seceast yang melaksanakan perbaikan generator di UNP 7-1.

b)Mendukung logistik kunjungan Tokoh agama Islam/Syekh Umar Hijaazi di Mako Satgas Indobatt UNP 7-1.

10.Bidang CIMIC.

a.Humas. Pelaksanaan kegiatan hubungan dengan masyarakat berupa koordinasi maupun interaksi dengan aparat pemerintahan setempat, tokoh agama, tokoh masyarakat maupun masyarakat secara langsung di daerah operasi mulai tanggal 19 s.d 25 Maret 2012. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu :

1)Pada tanggal 19 Maret 2012,melaksanakan kegiatan pember-sihan bersama masyarakat lokal di sekitar masjid Al Qusayr.

2)Pada tanggal 20 Maret 2012, melaksanakan rapat Cimic dan mengevaluasi kegiatan bulan Maret dan membahas kegiatan bulan April di UN Posn 7-1.

3)Pada tanggal 23 Maret 2012, ikut berpartisipasi dalam Poetry Competition di Marjayoun Cultural Center dengan menampilkan tarian tradisional Indonesia (Banadrek) pada saat closing ceremony.

4)Pada tanggal 24 Maret 2012, melaksanakan kegiatan silaturahmi dan anjangsana kepada masyarakat lokal di Desa Ghandouriyah.

5)Pada tanggal 25 Maret 2012, menghadiri undangan Concert of the Chair George Spanish Contingent di UNP 7-2.b.Kegiatan Sosial dan Kemasyarakatan. Kegiatan sosial kemasya-rakatan dalam bidang Cimic adalah kegiatan yang berkaitan dengan pemberian bantuan kemanusiaan, perbaikan sarana dan prasarana umum, pengobatan massal, dukungan informasi Cimic kepada masyarakat maupun kegiatan kebudayaan. Kegiatan sosial kemasyarakatan yang dilaksanakan mulai tanggal 19 s.d 25 Maret 2012 antara lain :

1)Kegiatan pengobatan di RS Husada dilaksanakan rutin setiap hari di UN Posn 7-1.

2)Pada tanggal 19 Maret 2012, melaksanakan kegiatan pengobatan di rumah Hajj. Futunii and Hajj. Abbas di Desa As Suwwanan.

3)Pada tanggal 21 Maret 2012,melaksanakan pengobatan rutin kepada ibu Fatimah di Desa Raabat Tallatine.

4)Pada tanggal 22 Maret 2012.

a)Melaksanakan pengobatan masal kepada masyarakat lokal di Desa Al Qusayr.

b)Melaksanakan pengobatan rutin kepada Mr. Abbas Awala masyarakat lokal di Desa Tulin.

5)Pada tanggal 24 Maret 2012.

a) Melaksanakan perawatan luka di rumah Bpk. Abdel Ali Jaber di Desa Bani Hayyan.

b) Menghadiri acara doa bersama meninggalnya Mr. Hasan Awala di Tulin.

11.Bidang Komlek.

a. Tanggal 19 s.d 25 Maret 2012.

1) Melaksanakan apel jaring radio Base Station Motorolla VHF milik UNIFIL setiap hari pukul 20.00, radio ini dilengkapi dengan Encrypsi dan password key. Diinstall di TOC sebagai jaring KODAL dari Force Commander. Penggunaan radio ini hanya sewaktu-waktu pada saat Emergency dan lingkup terbatas dan rahasia.

2) Melaksanakan pembuatan dan pengiriman Daily Report (setiap hari), Weekly Report (setiap kamis) dan Monthly Report (awal bulan) ke Staf CG6 di Seceast dan pembuatan Lapsit Mingguan bidang Komlek, Laporan mingguan Komlek dan laporan bulanan Komlek yang akan dikirimkan ke Mabes TNI.

3) Melaksanakan dukungan kegiatan Komunikasi radio antar kompi dan Mayon, checking komunikasi radio laporan dari kompi ke Mayon maupun di Mayon sendiri setiap hari.

4) Melaksanakan dukungan sound system gedung (TOA) untuk pengumuman-pengumuman penting, pemanggilan personel, dan lain-lain.

b. Tanggal 19 Maret 2012 :1) Melaksanakan kloning HT Satgas Konga XXIII-F/UNIFIL guna penertiban dan penambahan frekwensi.

2) Melaksanakan dukungan sound system dalam rangka kunjungan dari FCR.c. Tanggal 20 Maret 2012, melaksanakan dukungan sound system dalam rangka rapat cimic.

d. Tanggal 21 Maret 2012 :1) Melanjutkan kloning HT Satgas Konga XXIII-F/UNIFIL guna penertiban dan penambahan frekwensi.2)Melaksanakan pemeliharaan (service) mobil jammer di Naqoura.

e. Tanggal 22 Maret 2012 :

1) Melanjutkan kloning HT Satgas Konga XXIII-F/UNIFIL guna penertiban dan penambahan frekwensi.2) Melaksanakan pengambilan mobil jammer yang diperbaiki di Naqoura.

f. Tanggal 23 Maret 2012 :1) Melanjutkan kloning HT Satgas Konga XXIII-F/UNIFIL guna penertiban dan penambahan frekwensi.2) Melaksanakan pelatihan I need application di Seceast.

g.Tanggal 24 Maret 2012,melanjutkan kloning HT Satgas Konga XXIII-F/UNIFIL guna penertiban dan penambahan frekwensi.h. Tanggal 25 Maret 2012,melaksanakan gelar sound system dalam rangka Sunday Market di UNP 7-1.

12.Bidang Staf Khusus

a.Bidang Keuangan. Selama kurun waktu tanggal 19 Maret s.d 25 Maret 2012, Staf Keuangan telah melaksanakan beberapa kegiatan rutin dan khusus yaitu :

1)Pada tanggal 19 Maret 2012, melaksanakan kegiatan koordinasi ke J-1 Naqoura dalam rangka monitoring uang harian bulan Februari 2012 dan Uang Cuti periode pertama personel Satgas Yon Mekanis TNI Konga XXIII-F/UNIFIL.2)Pada tanggal 20 Maret 2012, melaksanakan kegiatan pembuatan wabku dalam rangka pengambilan uang saku bulan Maret 2012 personel Satgas Yon Mekanis TNI Konga XXIII-F/UNIFIL.3)Pada tanggal 21 Maret 2012, melaksanakan kegiatan pencetakan wabku per kompi personel Satgas Yon Mekanis TNI Konga XXIII-F/UNIFIL4)Pada tanggal 22 Maret 2012, melaksanakan koordinasi ke Mabes TNI dan penyiapan dokumen dalam rangka pengambilan uang saku bulan Maret 2012 ke Fransa bank Tyre.5)Pada tanggal 23 Maret 2012, melaksanakan kegiatan pengambilan Uang Saku bulan Maret 2012 ke Fransa bank Tyre dan mendistribusikan kepada Bamin masing-masing Kompi.6)Pada tanggal 24 s.d 25 Maret 2012, melaksanakan kegiatan pengecekan file Succes Transaction perorangan personel Satgas Yon Mekanis TNI Konga XXIII-F bulan Maret 2012.b.Bidang Kesehatan.Selama kurun waktu tanggal 19 s.d 25 Maret 2012, Bidang Kesehatan telah melaksanakan beberapa kegiatan yaitu :

1)Pada tanggal 19 Maret s.d 25 Maret 2012, melaksanakan Pelayanan Kesehatan di RS Level - 1 Indobatt (UNP 7-1) Adshit Al Qusayr, jumlah pasien 46 orang (anggota Satgas 21 orang dan masyarakat setempat 25 orang).2) Pada tanggal 22 Maret 2012, melaksanakan kegiatan Cimic berupa Medical Assistance di desa Al Qusayr dengan jumlah pasien 16 orang.

3)Pada tanggal 23 Maret 2012, melaksanakan pemeriksaan gigi anggota Satgas dengan jumlah 3 orang dan pemeriksaan mata anggota Satgas a.n Sertu Rudianto ke RS Level 2 China Hospital di Seceast.

4)Pada tanggal 24 Maret 2012, melaksanakan pengantaran rujukan pemeriksaan mata pada anggota Satgas a.n Sertu Rudianto ke RS Level 3 St. George di Beirut, kemudian pasien dirujuk untuk melaksanakan rawat inap di RS level 2 di UNIFIL HQ di Naqoura.c.Penerangan. Melaksanakan kegiatan publikasi dan dokumentasi kegiatan Satgas Yon Mekanis TNI Konga XXIII-F/UNIFIL.

1)Bidang Publikasi.

Membuat siaran pers kegiatan satgas dan mengirimkan ke Puspen TNI melalui email, untuk selanjutnya didistribusikan ke media cetak dan elektronik.

a)Satgas Konga XXIII-F/UNIFIL, memperingati Hari Raya Nyepi.b)Satgas Konga XXIII-F/UNIFIL, mengikuti gelar kesenian dalam rangka memperingati World Poetri Day Competition.

2)Bidang Dokumentasi.Meliput seluruh rangkaian kegiatan satgas dan mendokumentasikan dalam bentuk file foto maupun video.a)Pada tanggal 19 Maret 2012, meliput kegiatan Dansatgas melaksanakan The UNIFIL Establishment Day di Naqoura.b)Pada tanggal 22 Maret 2012, meliput kegiatan perayaan Hari Raya Nyepi bertempat di Naqoura.

c)Pada tanggal 23 Maret 2010, meliput Dansatgas menerima kunjungan Syeh Umar Hijaazi di Markas Satgas Konga XXIII-F/UNIFIL UN Posn 7-1, Adshid al Qusayr.

d)Pada tanggal 23 Maret 2012, meliput rangkaian kegiatan Wadansatgas menghadiri gelar kesenian memperingati World Poetri Day Competition di Marjayoun.

e)Pada tanggal 24 Maret 2012, meliput rangkaian kegiatan kunjungan Dansatgas ke Mayor Cheeba.

f)Pada tanggal 25 Maret 2012, (1)Meliput rangkaian kegiatan Sunday Market bertempat di Markas Satgas Konga XXIII-F/UNIFIL UN Posn 7-1, Adshid al Qusayr.

(2)Meliput rangkaian kegiatan Wadansatgas melaksanakan kebaktian di Seceast.

(3)Meliput kegiatan Dansatgas menghadiri turnamen Futsal bertempat di lapangan Futsal Al Aadeisse.

d.Polisi Militer.Polisi Militer merupakan salah satu staf khusus Dansatgas Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-F/UNIFIL yang memiliki tugas bidang kepolisian militer di dalam AO Indobatt.1) Kegiatan rutin (dilaksanakan setiap hari didalam markas).

a) Dinas jaga Mayon dan Main Gate.

b)Patroli ke OP Kompi-kompi Indobatt.

2)Kegiatan Non Rutin :

a)Pada hari Senin tanggal 19 Maret 2012 melaksanakan pengawalan dan pengamanan Dan Satgas dalam rangka menghadiri acara The UNIFIL Establishment Day pukul 07.00 s.d 14.00.

b)Pada hari Selasa tanggal 20 Maret 2012 melaksanakan pengawalan dan pengamanan Dansatgas beserta Wadan Satgas ke Marjayoun dalam rangka Tour AO pukul 12.00 s.d 14.30.

c)Pada hari Kamis tanggal 22 Maret 2012

(1)Melaksanakan pengawalan dan pengamanan Pa Fuel ke Naqoura dalam rangka pengambilan BBM pukul 08.00 s.d 16.30.

(2)Melaksanakan pengawalan dan pengamanan personel Indobatt yang akan melaksanakan Cuti Umroh pukul 14.00 s.d 22.00 ke Beirut.

d)Pada hari Jumat 23 Maret 2012

(1) Melaksanakan pengawalan dan pengamanan Pa Pekas ke Tyre dalam rangka pengambilan uang saku pukul 08.00 s.d. 11.30.

(2)Melaksanakan pengawalan dan pengamanan Wadansatgas ke Marjayoun dalam rangka menghadiri acara kesenian pukul 12.30 s.d 16.00.

e)Pada hari Sabtu 24 Maret 2012 melaksanakan pengawalan dan pengamanan Dansatgas beserta Wadansatgas ke Cheeba dalam rangka kegiatan Cimic pukul 10.10 s.d 17.00.

f)Pada hari Minggu 25 Maret 2012 :

(1)melaksanakan pengawalan dan pengamanan Dansatgas menghadiri undangan final Futsal di Al Aadeisse pukul 14.30 s.d 17.00.

(2)Melaksanakan Pam Rolakhir kegiatan Sunday Market di Lapangan Soekarno pukul 08.00 s.d. 13.00.

(3)Melaksanakan pengawalan dan pengamanan Wadan Satgas ke Seceast pukul 12.00 s.d 16.30.

e.Bidang Kavaleri dan MTO (Mobile Transport Officer)1)Bidang Kavaleri.

a)Melaksanakan asistensi teknik perawatan dan pemeliharaan mingguan 2 unit panser (VAB C 36 No. 8792, VAB C 05 No. 8761).

b) Melaksanakan asistensi pengecekan laporan mingguan Ranpur dari kompi-kompi.

2)MTO (Mobile Transport Officer).

a) Melaksanakan asistensi teknik pemeliharaan 15 unit kendaraan Ringan yang terdiri dari 3 unit Strada No. 8825, 8841, 8823. 4 unit Triton No. 8706, 8699, 8707, 8700. 1 unit Toyota LC No. 8888. 4 Unit Mits.Ps 120 No. 8849, 8854, 8848, 8852. 1 unit Liaz N 08 No. 8874. 1 unit Hino No. 8698 dan 1 unit Ran L 300 No. 8861.

b) Melaksanakan asistensi pengecekan laporan mingguan Ranri dari kompi-kompi.

c)Pada tanggal 21 Maret 2012 mengajukan perijinan A MOP ke G4 Transport untuk pergerakan darat ke Beirut bagi personel Indobatt dalam rangka pergeseran yang akan melaksanakan umroh maupun penjemputan yang selesai melaksanakan umroh gelombang pertama.

d)Pada tanggal 22 maret 2012 mendukung kendaraan Triton, Jammer, dan Bus rental untuk pergeseran dan penjemputan cuti gelombang pertama (umroh).

13.Hal-Hal Menonjol.

a.Bidang Intelijen. 1)Suhu.

Suhu rata-rata berkisar antara 5 C s.d. 15 C.

2)Angin.

Kecepatan angin berkisar antara 5 knot s.d. 15 knot.

3)Cahaya.Setelah berakhirnya musim dingin kuantitas cahaya lebih banyak.

4)Endapan.Kabut tipis tetap terlihat setelah hujan.

5)Medan.Medan yang berbukit dengan jalan yang berkelok-kelok, tikungan tajam dan jurang yang terjal.

b.Bidang Operasi. Nihil.c.Bidang Personel.Nihil.d.Bidang Logistik. Terdapat beberapa kendala dan permasalahan yang perlu segera ditindak lanjuti dibidang materiil, khususnya mengenai kondisi Ranpur dan Ranri yang mengalami kerusakan sehingga tidak operasional karena tidak adanya spare part yang tersedia, diantaranya :1)Kendaraan Tempur (Ranpur).

a)Kerusakan yang dialami oleh beberapa Ranpur belum dapat dilaksanakan perbaikan secara keseluruhan, karena keterbatasan suku cadang dan masih menunggu adanya dukungan dari komando atas. Adapun persediaan suku cadang yang ada di gudang hampir sebagian besar telah digunakan dan membutuhkan bekal ulang. Suku cadang ranpur yang sangat dibutuhkan saat ini adalah :

(1) Anoa :(a) Helmet

5 Set(b)Cincin Derek Belakang1 Buah

(c)Selang Radiator

3 Buah(d)Oil Blower

1 Buah(2) Panhard :(a)Transmisi

2 Set(b)Kaca Samping

1 Buah(c)Aki

6 Buah(d)Shock Absorber

3 Buah(3) VAB :

(a)Regulator de Tensio 38 Buah.(b)Air/Hidrolic Unit 38 Buah.

(c)Cable sling

34 Buah.

(d)Coupling head

38 Buah(e)Protection Valve

24 Buah(f)Air Compresor

19 Buah(g)Accu 12 V 100 AH 6 TN38 Buah

(h)Helical Spring

38 Buah (i)Gasket

36 Buah

(j)Pressure Limiter

38 Buah

(k)Packing Carter

18 Buah(l)Lampu Indikator 6 Buah

m)Helmet

3 Set(n)Ban

40 Buah(o)Pasak Torsi Pintu

5 Buah(p)Selang Radiator

16 Buah(q)Ventilator pump

8 Buah(r)Reducing valve

19 Buah (4) BTR 80 :

(a)Jam Mesin

4 Buah(b)Transmisi Assy

2 Set

(c)Aki

5 Buah(d)Kampas Kopling

3 Buah

(e)Bracket

3 Buahb)Kendaraan tempur dalam kondisi tidak siap operasional adalah sebagai berikut :

(1)Panhard No. UN 8753 mengalami rusak parah. Sampai saat ini Ranpur tersebut masih belum bisa dioperasionalkan.(2)BTR 80-A No. UN 8811 mengalami kerusakan pada power stering rusak, mesin mati, kampas kopling habis, laker kopling rusak, bendik starter tidak fungsi, Accu soak, rumah master rem retak.(3)BTR 80-A No. UN 8814 mengalami kerusakan pada transmisi assy.c)Kondisi sebagian ban Ranpur VAB sudah tipis dan harus diganti tetapi stok di gudang sudah habis terpakai.

d)Terdapat beberapa Ranpur VAB yang kondisi accu/baterainya sudah lemah, dukungan sudah diterima tetapi dimensi tidak sesuai.

2)Kendaraan Angkutan. Kendaraan angkutan yang kondisinya rusak dan tidak siap operasional adalah sebagai berikut :

a) Kendaraan Mercy Unimog No. UN 8844 kondisi rusak berat, casis bengkok, rumah filter oli dan pompa power pecah. b) Kendaraan Isuzu NPS No. UN 8846 kondisi rusak berat pada timming gear, gigi penghubung besar dan kecil, bosch pompa oli, metal duduk (dalam perbaikan).

c) Kendaraan Mitsubishi 120 PS No. UN 8851 kondisi rusak berat blok mesin jebol, stang piston bengkok, kruk as bengkok, metal duduk dan metal jalan macet.

d) Kendaraan Liaz No. UN 8869 kondisi rusak berat kruk as patah dan kaca pecah.e)Kendaraan Jeep Ambulance No. UN 8860 kondisi tidak bisa jalan.

f)Kendaraan Jeep Defender No. UN 8858 kondisi tidak bisa jalan.

g)Kendaraan Truk Ton Mitsubishi No. UN 8857 kondisi tidak bisa jalan, Accu soak.

h)Kendaraan Mitsubishi/L-200 Strada No. UN 8833 mengalami kerusakan, tidak bisa jalan, harus turun mesin.

i)Kendaraan Mitsubishi/L-200 Strada No. UN 8840 mengalami kerusakan packing block bocor, pompa oli bocor, filter oil/solar rusak, kanvas rem habis dan accu mati.

3)Materiil lainnya.

a)Container Refrigerator.Saat ini Satgas Indobatt hanya memiliki (4) empat unit container refrigerator yang operasional dari total sebelas container refrigerator yang ada. Empat unit container refrigerator tersebut tentunya tidak dapat memenuhi kebutuhan dalam kegiatan menjaga kualitas dan penggudangan makanan.

b)Body protector dan helm tempur. Body protector dan helm tempur yang dimiliki Satgas Indobatt selain telah banyak mengalami kerusakan karena umur pakai serta intensitas penggunaan yang tinggi, juga jumlah yang kami miliki pada saat penerimaan materiil tidak mencukupi untuk jumlah personil yang ada.

c)Minor Engineering. Terbatasnya stok minor engineering di gudang dan sulitnya mendapatkan materiil minor engineering di lokal Lebanon.e.Bidang Teritorial/Cimic.Nihil.

f.Bidang Komlek.

Nihil.

g.Bidang Staf Khusus

1)Bidang Keuangan. Nihil.2)Bidang Penerangan. Nihil.3)Bidang Kesehatan.

Nihil.

4)Bidang Polisi Militer.Nihil.

5)Bidang Kavaleri dan MTO.Nihil.

V. HAMBATAN DAN UPAYA MENGATASI

14.Hambatan.

a.Bidang Intelijen.

1)Cuaca.Angin kencang yang lebih sering terjadi pada awal minggu ini memerlukan kewaspadaan lebih terutama saat pergerakan pasukan yang menggunakan ranri dan pengamatan di Observation Post.

2)Medan.Bila terjadi hujan, medan yang berbukit dengan jalan yang berkelok-kelok, tikungan tajam dan jurang yang terjal sangat berbahaya bagi pergerakan pasukan terutama yang menggunakan ranpur.

b. Bidang Operasi. Nihil.c. Bidang Personel. Nihil.d. Bidang Logistik.

1) Bidang Logistik Operasional.

a)Masih terdapat beberapa kendaraan yang mengalami kerusakan dan tidak siap operasional, hal ini disebabkan karena tidak tersedianya suku cadang yang diperlukan serta terbatasnya peralatan bengkel yang dimiliki Satgas Indobatt sehingga menghambat kegiatan operasional patroli yang semakin meningkat. b)Terbatasnya peralatan bengkel khususnya alat untuk bongkar pasang run flat ban Ranpur (VAB dan Anoa) tidak ada sehingga apabila terjadi kerusakan ban Ranpur mengalami kesulitan dalam penggantiannya dan menghambat kegiatan operasional satuan.

c) Jumlah body protector dan helm tempur yang dimiliki Satgas Indobatt masih kurang dari jumlah personel yang ada serta kondisinya sebagian besar sudah mengalami kerusakan.2) Bidang Logistik Kemarkasan.

a)Dari 11 unit container refrigerator yang dimiliki Satgas saat ini hanya (4) empat container refrigerator yang operasional, sehingga untuk menampung/menyimpan stok makanan selama satu minggu agar tetap terjaga kualitas dan masa pengkonsumsiannya (tidak busuk) masih kurang maksimal.

b)Tidak adanya/sulitnya mendapatkan materiil minor engineering di lokal Lebanon.

c)Sebagian besar Abulition dan water treatment mengalami kerusakan.

d)Generator yang dimiliki Indobatt sebagian besar tidak mampu menghasilkan daya yang sesuai, sehingga dibutuhkan dukungan suku cadang untuk mengganti dan memperbaiki generator yang ada agar siap operasional.e.Bidang Teritorial/Cimic. Nihilf.Bidang Komlek. Nihilg.Bidang Khusus1)Bidang Keuangan. Nihil2)Bidang Penerangan. Nihil3)Bidang Kesehatan. Nihil4)Bidang Polisi Militer.Nihil5)Bidang Kavaleri dan MTO.Nihil15.Upaya Mengatasi. a.Bidang Intelijen.

1)Pemberian penekanan secara terus menerus kepada satuan bawah tentang kehati-hatian saat pergerakan menggunakan ranri karena angin yang bertiup kencang dapat berpengaruh terhadap keseimbangan kendaraan.

2)Melaksanakan pengecekan langsung di lapangan terhadap kondisi dan kesiapan personel (perlengkapan dan perbekalan) dalam menghadapi kondisi cuaca yang ada.

3)Memberikan penekanan tentang peningkatan kewaspadaan saat melaksanakan tugas dan saat pergerakan pasukan ke satuan bawah secara terus menerus.

b. Bidang Operasi. Nihil.c.Bidang Personel. Nihil.d.Bidang Logistik.

1)Bidang Logistik Operasional.

a)Melaksanakan pengadaan secara swadaya terhadap beberapa suku cadang serta melaksanakan modifikasi secara terbatas terhadap beberapa suku cadang, meskipun hasilnya tidak sesuai dengan suku cadang asli baik secara kualitas maupun masa pakainya.

b)Melaksanakan koordinasi dengan kontingen dari negara lain (Franchbatt) untuk meminta bantuan dalam pemasangan run flat ban Ranpur (VAB dan Anoa).

c)Membuat laporan/pengajuan penambahan body protector dan helm tempur ke Komando Atas.

2)Bidang Logistik Kemarkasan.

a)Satgas telah melaksanakan upaya perbaikan dengan melaksanakan koordinasi dengan Satgas MTF dengan memperbantukan tim perbaikan refrigerator ke Indobatt. Hasil yang dicapai telah mampu menghidupkan 3 unit refrigerator dengan cara substitusi silang refrigerator-refrigerator yang rusak sehingga Satgas saat ini bisa mengoperasikan 4 unit refrigerator, meskipun untuk menampung keseluruhan stok makanan yang ada masih kurang maksimal.

b)Satgas telah berupaya melaksanakan perbaikan secara swadaya terhadap minor engineering dengan cara membeli di lokal Lebanon.c)Satgas telah berupaya melaksanakan perbaikan swadaya dalam perbaikan Abulition dan water treatment.

d)Satgas telah melaksanakan perbaikan swadaya generator dengan cara membeli di lokal Lebanon.

e.Bidang Teritorial/Cimic. Nihil.f.Bidang Komlek. Nihil.g.Bidang Staf Khusus

1)Bidang Keuangan.

Nihil.2)Bidang Penerangan. Nihil.3)Bidang Kesehatan.Nihil.4)Bidang Polisi Militer.Nihil.5)Bidang Kavaleri dan MTO.Nihil.

VI. KESIMPULAN DAN SARAN.16.Kesimpulan. Secara umum pelaksanaan tugas pokok dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan standar UN yang berlaku, walaupun masih terdapat beberapa kekurangan namun hal tersebut bukan menjadi hambatan di lapangan saat ini. Akan tetapi beberapa kerusakan kendaraan dan Alkap harus segera diatasi untuk dapat menunjang kegiatan selanjutnya dengan maksimal.

17.Saran.

a.Guna memelihara tingkat kesiapan operasional Satgas serta dalam rangka penyiapan ORI/COE Inspection UNIFIL berikutnya, mohon dapatnya pengajuan suku cadang Ranri dan Ranpur yang telah kami kirimkan dapat segera didukung sehingga materiil yang selama ini rusak/tidak operasional bisa diperbaiki dan dioperasionalkan kembali.

b.Mohon dapatnya dukungan peralatan bengkel khususnya run flat untuk pemasangan ban Ranpur (VAB dan Anoa) sehingga apabila terjadi kerusakan dapat segera diatasi.c.Mohon dapatnya dukungan container refrigerator baru untuk memenuhi kebutuhan refrigerator setelah proses perbaikan oleh Tim MTF Sultan Iskandar Muda dilaksanakan secara maksimal agar proses penyimpanan stok makanan selama satu minggu dapat tetap terjaga kualitas dan masa pengkonsumsiannya serta memenuhi standar UN sehingga pelaksanaan hygiene dan food Inspection dapat dilaksanakan secara maksimal.d.Mohon dapatnya dukungan body protector untuk memenuhi kekurangan dan mengganti yang kondisinya sudah rusak berat.e.Mohon dapatnya dukungan minor engineering untuk menggantikan yang kondisinya sudah rusak.

VII. PENUTUP

18.Penutup.Demikian Laporan Mingguan Satgas Yon Mekanis TNI Konga XXIII-F/UNIFIL, ini dibuat sebagai pertanggungjawaban Komandan Satgas dan sebagai bahan masukan kepada Komando Atas.

Adshit Al Qusayr, 26 Maret 2012 Komandan Satuan Tugas Suharto SudarsonoLetnan Kolonel Inf NRP 11940025050872

Lampiran :

A.DATA RANPUR

B.DATA RANRI DAN RANSUS

C.DATA ALKOM SET RANPURD.DATA DOKUMENTASIPOSISIDPPSATKKTWILAYAH

TANGGUNG JAWAB12345UN Posn 7-1

Adshit Al Qusayr

(73220-68420)Letkol Inf Suharto SudarsonoMasatgas127 (26 cuti)- Qabrikha

- Tulin

- Suwwanan

- Adshit Al Qusayr

- Al Qantara

- Ghanduriyah

- Ett Taibe Kapten Inf Agus RediantoKi - E147 (30 cuti)Kapten Inf Herman RahmanKi - Bant157 (34 cuti)Lettu Inf Rizki KurniawanKi - D135 (28 cuti)UN Posn 9-63

El Aadeisse

(73685-68145)Lettu Inf AA. Rangkuti Ki - A150 (32 cuti)- El Aadeisse

- Raabbat Tallatine

- Bani HayyanUN Posn 7-3

Marjayoun

(73715-368245)Lettu Inf AS. Ritonga

Ki - B

141 (26 cuti) Wilayah Operasi Sektor Timur (SEMR)UN Posn 9-2

Az Ziqqiyah

(72840-68750)Kapten Mar Ahmad YuliantoKi - C158 (34 cuti)- Az Ziqqiyah

- Al Qusayr

- Deir Siriane

- FrunLO SECEASTKapten Mar Roni A. PurbaMasatgas3MarjayounJUMLAH1018

(210 cuti)

RAHASIA

RAHASIA

RAHASIA

27

RAHASIA

_1394301572.xlsChart1

28423130028

2424920770

350310070

77030777

BAP

PAP

ADP

CRLO

FP

PMCKP

PMOP

TMOP

Sheet1

KI ALPHARDKI CHEETAHKI DELTAKI EAGLE

BAP2824357

PAP4224-7

ADP393-

CRLO1213

FP3---

PMCKP-7-7

PMOP-777

TMOP28--7