Iffah Nadya Abror_201322050

download Iffah Nadya Abror_201322050

of 27

  • date post

    09-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    214
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Tugas MK Perakitan Komputer

Transcript of Iffah Nadya Abror_201322050

HARDISK SEBAGAI MEDIA PENYIMPANAN SEKUNDER

Mata Kuliah : Perakitan dan Instalasi komputer

Dosen : Ir. Tri Irianto TJ, M.T

Disusun oleh :Nama:Iffah Nadya Abror

NIM:201322050

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKAFAKULTAS TEKNIK ELEKTRO DAN INFORMATIKAUNIVERSITAS SURAKARTA2015

BAB IPENDAHULUAN

A. Latar Belakang MasalahHard Disk Drive (HDD) atau biasa dikenal dengan harddisk saja adalah sebuah media penyimpanan sekunder pada sebuah komputer. Harddisk didesain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Hal ini dilatar belakangi adanya program aplikasi yang tidak memungkinkan berada dalam 1 disket dan juga membutuhkan media penyimpan berkas yang besar. Harddisk diharapkan juga diimbangi dari kecepatan aksesnya, baik dalam membaca ataupun menulis data. Kecepatan harddisk sangat jauh bila dibandingkan dengan kecepatan disket biasa. Hal ini dikarenakan harddisk mempunyai mekanisme yang berbeda dan teknologi bahan yang tentu saja lebih baik dari pada disket biasa. Bila tanpa harddisk, maka akan dibutuhkan banyak disket untuk meyimpan data yang ada. Selain itu waktu pembacaannya juga sangat lambat bila menggunakan media penyimpanan disket tersebut. Oleh sebab itu, dalam proses penyimpanan data sangat diperlukan adanya harddisk tersebut. Disini akan dijelaskan apa pengertian dari harddisk itu sendiri, sejarah dari harddisk, komponen apa saja yang terdapat di dalam harddisk dan bagaimana harddisk tersebut bekerja. Selain itu akan dijelaskan juga jenis-jenis dan karakteristik dari harddisk.

B. Rumusan Masalah1. Apa itu harddisk dan bagaimana sejarahnya?2. Apa saja komponen dari harddisk?3. Bagaimana cara kerja harddisk?4. Apa saja karakteristik dan jenis-jenis dari harddisk?

C. Manfaat dan TujuanManfaat dan tujuan dari pembuatan makalah ini adalah :1. Mengetahui apa yang dimaksud dengan harddisk dan sejarah dari harddisk.2. Mengetahui komponen yang terdapat pada harddisk3. Mengetahui cara kerja dari harddisk4. Mengetahui karakteristik dan jenis harddisk

BAB IIPEMBAHASAN

A. Pengertian dan Sejarah HarddiskHarddisk merupakan salah satu piranti yang tidak terpisahkan dalam sistem komputer masa kini. Mulai dari komputer personal hingga mesin sekelas mainframe dan superkomputer menggunakan piranti harddisk sebagai media penyimpanan datanya.Dalam tingkatan yang paling sederhana, harddisk tidak seberapa berbeda dengan kaset pada tape. Keduanya sama-sama menggunakan teknik perekaman secara magnetik dan memanfaatkan keunggulan media perekaman tersebut dimana data yang tersimpan didalamnya dapat dirubah atau dihapus sewaktu-waktu. Harddisk memiliki sebuah cakram keras (hard platter) yang mengandung media magnetik, sebagai kebalikan dari lembaran film plastik pada floppy disk dan tape.Harddisk pertama kali ditemukan sekitar tahun 1950an dimana komputer mulai dikenalkan di seluruh penjuru dunia. IBM adalah perusahaan yang menjadi pelopor perkembangan komputer saat itu. IBM berusaha untuk dapat membuat sebuah media penyimpanan dengan kapasitas yang sangat besar untuk memenuhi sekaligus mendukung kinerja sebuah komputer. Pada tahun 1956 IBM menciptakan 305 RAMAC (Random Access Method of Accounting and Control), yaitu media penyimpanan sekunder yang pertama berupa sebuah harddisk dengan fisik yang sangat besar dengan kapasitas data yang dapat disimpan adalah sebesar 5 MB (Mega Byte).

Gambar 1. IBM 305 RAMAC

Gambar 2. IBM 305 RAMAC Disk DriveJika IBM 305 RAMAC dibandingkan dengan pesawat terbang dan manusia yang ada disekitarnya, ukuran fisiknya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan kapasitas penyimpanan datanya yang saat itu hanya sebesar 5 MB.Pada tahun 1980an Seagate, salah satu perusahaan pembuat harddisk, menciptakan harddisk pertama dengan ukuran kecil yaitu 5,25 inch dengan kapasitas 5 MB. Produk Seagate ini diberi nama ST-506. Kapasitasnya masih sama dengan IBM 305 RAMAC, akan tetapi ukuran fisiknya jauh lebih kecil untuk kebutuhan PC (Personal Computer).

Gambar 3. Harddisk Seagate ST-506Selanjutnya perusahaan IBM maupun perusahaan besar komputer lainnya seperti Apple McIntosh dan Hewlett-Packard terus mengembangkan harddisk dengan kapasitas yang semakin besar, akses yang semakin cepat, akan tetapi dengan ukuran yang semakin kecil dan harga yang jauh lebih murah. Seperti harddisk yang dikenal sekarang, antara lain: Seagate, Quantum, Maxtor dan Western Digital telah mencoba memenuhi semua kebutuhan akan media penyimpanan sekunder tersebut.

B. Bagian-Bagian HarddiskHarddisk sebenarnya merupakan suatu rangkaian dari beberapa komponen atau bagian yang secara keseluruhan kemudian menjadi satu kesatuan fungsi yaitu sebagai media penyimpanan data. Secara umum bagian dari sebuah harddisk dapat digambarkan sebagai berikut :

Gambar 4. Bagian-bagian Harddisk

Penjelasan dari bagian-bagian harddisk tersebut adalah sebagai berikut:1. Cover Mounting Holes (Cover not shown) Adalah bagian harddisk yang berfungsi sebagai lubang tempat sekrup untuk memasang tutup harddisk.

Gambar 5. Cover Mounting Holes2. Base Casting Base casting adalah bagian dasar harddisk yang digunakan untuk meletakkan atau merangkai bagian-bagian harddisk dalam satu kesatuan. Base casting umumnya terbuat dari bahan logam solid yang dicetak.

Gambar 6. Base casting3. Actuator Arm Bagian ini berfungsi sebagai lengan mekanik yang menggerakkan head untuk membaca atau menulis data pada piringan magnetik. Bahan yang biasanya dipakai untuk actuator arm ini adalah lempengan logam yang kuat tapi sangat ringan sehingga mudah untuk digerakkan.

Gambar 6. Actuator arm4. Actuator Axis Actuator axis berfungsi sebagai poros pergerakan lengan mekanik.

Gambar 7. Actuator axis5. Actuator Actuator merupakan bagian harddisk yang berupa blok logam, bersifat magnetik dan di dalamnya terdapat motor penggerak lengan mekanik.

Gambar 8. Actuator 6. Spindle Spindle merupakan suatu poros tempat meletakan platter. Poros ini memiliki sebuah penggerak yang berfungsi untuk memutar pelat harddisk yang disebut dengan spindle motor. Spindle inilah yang berperan ikut dalam menentukan kualitas harddisk karena makin cepat putaranya, berarti makin bagus kualitas harddisknya. Satuan untuk mengukur perputaran adalah Rotation Per Minutes atau biasa disebut RPM. Ukuran yang sering kita dengar untuk kecepatan perputaran ini antara lain 5400 RPM,7200 RPM atau 10000 RPM.

Gambar 9. Spindle7. Slider and Head Bagian dari harddisk yang berfungsi untuk membaca dan menulis data pada piringan magnetik. Piranti ini berfungsi untuk membaca data pada permukaan pelat dan merekam informasi ke dalamnya. Slider melekat pada sebuah tangkai yang melekat pada actuator arms. Actuator arms dipasang mati pada poros actuator oleh suatu papan yang disebut dengan logic board.Pada saat harddisk bekerja tidak boleh ada guncangan atau getaran, karena head dapat menggesek piringan harddisk sehingga akan mengakibatkan Bad Sector, dan juga dapat menimbulkan kerusakan Head Harddisk sehingga hardisk tidak dapat lagi membaca Track dan Sector dari Hardisk.Pada jaman sekarang, harddisk memiliki banyak head. Pada jaman dulu suatu head memiliki 1 buah mata baca (bagian untuk membaca dan menulis data pada head), namun pada jaman sekarang suatu head dapat memiliki 4 atau lebih mata baca atau disebut dengan cluster head (kumpulan head). Misalkan pada jaman dulu suatu platter diapit oleh 2 buah head pada sisi atas dan bawahnya dengan 1 mata baca sehingga hanya dapat membaca 1 cylinder setiap kali berputar. Namun, jika jaman sekarang suatu platter dapat diapit oleh 2 head yang bisa mencapai 4 mata baca setiap headnya. Sehingga head pada jaman sekarang dapat membaca 4 cylinder sekaligus setiap putarannya.

Gambar 10. Slider and Head8. SCSI Interface Connector (ATA/IDE) SCSI adalah bagian dari harddisk yang berfungsi sebagai konektor untuk menghubungkan harddisk dengan motherboard.

Gambar 11. SCSI Interface Connector9. Jumper Pins Jumper pins merupakan bagian harddisk yang berupa rangkaian pin logam yang memiliki fungsi sebagai tempat pengaturan posisi pembacaan harddisk pada komputer.

Gambar 12. Jumper pins10. Jumper Jumper adalah bagian harddisk yang memiliki fungsi sebagai pengatur hubungan antar pin.

Gambar 13. Jumper11. Power Connector Power connector merupakan bagian dari harddisk yang berfungsi menghubungkan sumber arus listrik ke harddisk.

Gambar 14. Power connector12. Tape Seal Tape seal adalah bagian dari harddisk berupa pita segel yang berfungsi sebagai pelindung jaminan dari kerusakan.

Gambar 14. Tape seal13. Ribbon CableRibbon cable adalah penghubung antara Head dengan Logic Board. Setiap dokumen atau data yang dibaca oleh Head akan di kirim ke Logic Board untuk selanjutnya di kirim ke Mother Board agar Processor dapat memproses data tersebut sesuai dengan input yang di terima.

Gambar 15. Ribbon cable14. Platters Berbentuk sebuah plat atau piringan yang berfungsi sebagai penyimpan data. Berbentuk bulat, merupakan cakram padat, memiliki pola-pola magnetis pada pada sisi-sisi permukaanya. Platter terbuat dari metal yang mengandung jutaan magnet-magnet kecil yang disebut dengan magnetic domain. Domain-domain ini diatur dalam satu atau dua arah untuk mewakili binary 1 dan 0.Dalam piringan tersebut terdiri dari beberapa track, dan beberapa sector, dimana track dan sector ini adalah tempat penyimpanan data serta file sistem. Misalnya hardisk kita berkapasitas 40 GB, bila di format kapasitasnya tidak sampai 40 GB. karena harus ada trac dan sector yang dipakai untuk menyimpan ID pengenal dari formating hardisk tersebut.Jumlah plat dari masing-masing harddisk berbeda-beda, tergantung pada teknologi yang digunakan dan kapasitas yang dimiliki tiap harddisk. Untuk harddisk-harddisk keluaran terbaru, biasanya sebuah plat memiliki daya tampung 10 sampai 20 Gigabyte. Contohnya sebuah harddisk berkapasitas