Hukum Newton Gravitasi

download Hukum Newton Gravitasi

If you can't read please download the document

  • date post

    19-Jul-2015
  • Category

    Education

  • view

    68
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Hukum Newton Gravitasi

Slide 1

Kelompok 5

Arham FebrianHalim SMira IsmiyantiM.ikhlasNabilah IrdatiFisikaHukum Newton GravitasiGaya gravitasi antara dua benda merupakan gaya tarik-menarik yang besarnya berbanding lurus dengan massa masing-masing benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara keduanya

Tetapan GravitasiNilai tetapan gravitasi ditemukan oleh ilmuwan Inggris Henry Cavendish melalui sebuah neraca yang disebut neraca Cavendish.

Medan GravitasiMedan yang menyebar dari benda bermassa dan memenuhi ruang disebut medan gravitasi.Medan gravitasi dapat didefinisikan sebagai ruang disekitar suatu benda bermassa, di mana benda bermassa lainnya dalam ruang ini akan mengalami gaya gravitasi.

Kuat Medan GravitasiKuat medan gravitasi didefinisikan sebagai gaya gravitasi per satuan massa pada suatu massa uji m.

Percepatan GravitasiJika sebuah benda berada di dekat bumi, maka terdapat sebuah gaya yang dikerjakan pada benda tersebut. Gaya ini mempunyai besar dan arah di setiap titik pada ruang di sekitar bumi. Arahnya menuju pusat bumi dan besarnya adalahmg.

Percepatan Gravitasi pada Ketinggian TertentuDirumuskan:

Contoh SoalHitunglah percepatan gravitasi pada ketinggian 10 km di atas permukaan bumi. Jari-jari bumi 6370 km, dan percepatan gravitasi pada permukaan Bumi adalah 9,80 m/s2 .

Dik : R=6370 km h=10 km gA= 9,8 m/s2 .Dit : gB ?Jawab :

gBHukum I KeplerSemua planet bergerak pada lintasan elips mengitari Matahari dengan Matahari berada di salah satu fokus elips

Suatu garis khayal yang menghubungkan Matahari dengan planet menyapu luas juring yang sama dalam selang waktu yang sama.

Hukum II KeplerHukum III KeplerPerbandingan kuadrat periode terhadap pangkat tiga dari setengah sumbu panjang elips adalah sama untuk semua planetDirumuskan :

Terima KasihSemoga Bermanfaat