Hub internasional

download Hub internasional

of 17

  • date post

    14-Jul-2015
  • Category

    Education

  • view

    5.010
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Hub internasional

Slide 1

HUBUNGAN INTERNASIONALCreated By :Rahmad S (22)Valendra N V (31)

Sistem Hukum danPeradilan InternasionalSistem Hukum InternasionalSistem hukum internasional, adalah satu kesatuan hukum yang berlaku untuk komunitas internasional (semua negara-negara di dunia) yang harus dipatuhi dan diataati oleh setiap negara. Sistem hukum internasional juga merupakan aturan-aturan yang telah diciptakan bersama oleh negara-negara anggota yang melintasi batas-batas negara. Kepatuhan terhadap sistem hukum internasional tersebut, adakalanya karena negara tersebut terlibat langsung dalam proses pembuatan dan tidak sedikit juga yang tinggal meratifikasinya.

PengertianHubungan InternasionalHubungan Internasional adalah hubungan yang mengatur perilaku setiap negara untuk berinteraksi dengan negara lain dalam bidang ekonomi, politik, sosial budaya, pertahanan keamanan.

Menurut Daniel S.Papp = Hubungan Internasional adalah ilmu yang mempelajari masalah-masalah internasional dan sistem yang membentuk hubungan Internasional serta para aktor yang terlibat di dalamnya.

Menurut Hugo de Groat = Hukum & Hubungan Internasional didasarkan pada kemauan bebas dan persetujuan negara-negara. Bertujuan demi kepentingan bersama dari yang menyatukan diri dalam ikatan tsb. Hugo dikenal sebagai Bapak Hukum Internasional

Menurut Mochtar Kusumaatmadja = dengan adanya hubungan antar bangsa, berkembang pula kebiasaan ataupun peraturan hukum yang merupakan kesepakatan bersama.PengertianHubungan Internasional

J.G. Starke, Hukum internasional, adalah sekumpulan hukum (body of law) yang sebagian besar terdiri dari asas-asas dan karena itu biasanya ditaati dalam hubungan antar negara.

Wirjono Prodjodikoro, Hukum internasional, adalah hukum yang mengatur perhubungan hukum antara berbagai bangsa di berbagai negara.

PengertianHubungan Internasional

Mochtar Kusumaatmadja, Hukum internasional, adalah keseluruhan kaidah-kaidah dan asas-asas yang mengatur hubungan atau persoalan yang melintasi batas-batas negara antara :

negara dan negaranegara dan subjek hukum lain bukan negara atau subjek hukum bukan negara satu sama lain.

PengertianHubungan Internasional

Hubungan antarnegara merupakan salah satu hubungan kerja sama yg mutlak diperlukan, karna tidak ada satu negara pun di dunia yg tidak bergantung kepada negara lain.

Arti penting hubungan internasional bagi suatu negara antara lain karena faktor2 sebagai berikut :Arti Penting Hubungan Internasional bagi Suatu Negara

Arti Penting Hubungan Internasional bagi Suatu Negara

a. Faktor Internal :Yaitu adanya kekhawatiran terancam kelangsungan hidupnya baik melalui kudeta maupun intervensi dari negara lain.

b. Faktor Eksternal :ketentuan hukum alam yg tidak dapat dipungkiri bahwa suatu negara tidak dapat berdiri sendiri. untuk membangun komunikasi lintas bangsa dan negara. mewujudkan tatanan dunia baru.

Suatu hubungan antar bangsa dan negara (internasional) akan dapat berlangsungdengan baik, manakala terdapat pedoman-pedoman yang dijadikan sebagai landasanberpijak. Pedoman - pedoman internasional,harus dipatuhi oleh pihak-pihak yang mengadakan hubungan baik tertulis maupun yang tidak tertulis.

Sarana Hubungan Internasional bagi Suatu Negara

MenurutHugo de Groot,bahwa dalam hubungan internasionalasas persamaan derajat merupakan dasar yang menjadi kemauanbebas dan persetujuan dari beberapa atau semua negara. Tujuannyaadalah untuk kepentingan bersama dari mereka yang menyatukan diridi dalamnya. Dalam hubungan internasional, dikenal beberapa asasyang didasarkan pada daerah dan ruang lingkup berlakunya ketentuanhukum bagi daerah dan warga negara masing-masing.

Ada 3 (tiga) asas dalam hubungan internasional yang antara satudengan lainnyan saling mempengaruhi :Asas dalamHubungan Internasional

Asas TeritorialAsas ini didasarkan pada kekuasaan negara atas daerahnya.Menurut asas ini, negara melaksanakan hukum bagi semua orang dan semua barang yang ada di wilayahnya. Jadi, terhadap semua barang atau orang yang berada di luar wilayah tersebut, berlaku hukum asing (internasional) sepenuhnya.Asas dalamHubungan Internasional

Asas KebangsaanAsas ini didasarkan pada kekuasaan negara untuk warga negaranya. Menurut asas ini, setiap warga negara di manapun iaberada, tetap menapat perlakuan hukum dari negaranya. Asas ini mempunyai kekuatan exteritorial. Artinya hukum dari negara tersebut tetap berlaku juga bagi warga negaranya, walaupunAsas dalamHubungan Internasional

Asas Kepentingan UmumAsas ini didasarkan pada wewenang negara untuk melindungi dan mengatur kepentingan dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam halini, negara dapat menyesuaikan diri dengan semua keadaan dan peristiwa yang bersangkut paut dengan kepentingan umum. Jadi,hukum tidak terikat pada batas-batas wilayah suatu negara.

Asas dalamHubungan Internasional

Beberapa faktor yang ikut menentukan dalam proses hubungan internasional, baik secara bilateral maupun multilateral adalah sebagai berikut, 1) Kekuatan Nasional (National Power), 2) Jumlah Penduduk,3) Sumber Daya, dan 4) Letak Geografis. Berdasarkan faktor-faktor tersebut maka dapat difahami bagaimana suatu negara dalam mengadakan hubungan internasional.Faktor Penentu dalamHubungan Internasional

Pertama:Jika suatu Negara telah memiliki 4 (empat)faktor kekuatan tersebut dengan baik, mereka relatif lebihlonggar untuk tidak mengadakan hubungan internasional.Kedua: Namun jika suatu negara yang memiliki 4 (empat) faktorkekuatan tersebut lemah, mereka harus mengadakanhubungan internasional.Dewasa ini, dengan semakin majunya perkembangan teknologiinformasi dan komunikasi yang cepat, hampir semua negaraberkembang maupun negara maju telah mengadakan hubungan kerjasama dengan negara lain (hubungan internasional). Sebagai ilustrasi,dapat dilihat pada bagan berikut ini.

Faktor Penentu dalamHubungan Internasional

Landasan IidilPancasila (sila ke-2)Landasan konstitusional/strukturalUUD 1945Pembukaan, alinea ke-IVPasal 13Pasal 1 Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)Perjanjian internasional (traktat =treaty)Deklarasihukum laut internasionalLandasan HukumHubungan Internasional

Istilah LainPerjanjian Internasional