HISTOLOGI KARDIOVASKULAR

of 57 /57
HISTOLOGI SYSTEM KARDIOVASKULAR DR. E. A. JALAL

Embed Size (px)

Transcript of HISTOLOGI KARDIOVASKULAR

  • HISTOLOGISYSTEMKARDIOVASKULARDR. E. A. JALAL

  • Jantung merupakan pompa ganda untuk mendorong darah dari tubuh masuk ke jantung kanan dan dipompa ke kedua paru.

    Jantung kiri menerima darah dari paru dan membaginya ke seluruh jaringan organ tubuh.

    JANTUNG

  • Jantung merupakan bagian dari sistem vaskuler yang sangat khusus, memompa mengalirkan darah di dalam pembuluh darah.

    Jantung mempunyai empat ruangan utama yaitu atrium kiri, atrium kanan, ventrikel kiri dan ventrikel kanan.

    Vena cava superior dan inferior mencurahkan darah vena yang berasal dari seluruh bagian tubuh ke dalam atrium kanan, dan selanjutnya masuk ke dalam ventrikel kanan.

  • DINDING JANTUNGDinding jantung terdiri dari 3 lapisan:

    Endocardium

    Myocardium

    Pericardium

  • ENDOKARDIUMTerdiri dari: Lapisan endotel,Lapisan subendotel yang mengandung serat kolagen halusLapisan elasticomusculosa mengandung banyak serat elastin dan serat otot polos.

    Lapis subendokardial Terdiri dari jaringan ikat longgar, mengandung banyak pembuluh darah, saraf dan cabang-cabang sistem hantar rangsang jantung

  • ATRIUM JANTUNGLpsn endotelLpsn subendotelLpsn elastiko-muskulosaLpsn subendokardiumENDOKARDIUMMYOKARDIUMLapisan endokardium > tebal dr ventrikelLapisan myokardium > tipis dr ventrikel

  • MIOKARDIUMTerdiri dari otot jantung yang ketebalannya beragam pada tempat yang berbeda

    Di dalam ventrikel, otot jantung tersusun dalam dua lapis yaitu lapis permukaan dan lapis dalam.

    Lapis permukaan berjalan spiral dari dasar ventrikel ke apeks, dan berakhir di dalam muskulus papilaris.Lapis dalam berjalan melingkari dinding setiap ventrikel dengan beberapa serat membentuk jalur berbentuk S, berjalan dari satu ventrikel ke ventrikel lainnya, melewati sekat interventrikel.

  • VENTRIKEL JANTUNGEndokardiumLpsn sub-Endokardium(serat purkinje)Myokardium

  • Kerangka jantungberupa jaringan ikat padat fibrosa, tempat melekat otot jantung dan katup-katupnyaKomponen utama kerangka jantung adalah :Septum membranaseumTrigonum fibrosumAnulus fibrosus (cincin fibrosa)

  • SEPTUM MEMBRANASEUM

    Adalah bagian fibrosa sekat interventrikel, merupakan tempat melekat ujung bebas beberapa serat otot jantung.

    TRIGONUM FIBROSUM

    Adalah berupa massa jaringan fibrosa di antara pintu-pintu arteri dan pintu-pintu atrioventrikuler.

    ANULUS FIBROSUS ATAU CINCIN FIBROSA

    Melingkari pangkal aorta dan arteri pulmonalis dan pintu atrioventrikuler. Cincin-cincin ini merupakan tempat penambat utama serat-serat otot atrium dan ventrikel, dan juga sebagai tempat tambatan katup atrioventrikuler

  • ( Annulus fibrosus )

  • KATUP JANTUNGKatup atrioventrikuler (trikuspid dan mitral) merupakan lipatan endokardium bertulangkan jaringan ikat fibrosa yang menyatu dengan anulus fibrosus.Endokardiumnya lebih tebal pada permukaan yang menghadap atrium daripada yang menghadap ventrikel dan lebih banyak mengandung serat elastin.

    Semua katup dihubungkan dengan muskulus papilaris ventrikel oleh benang fibrosa yang disebut korda tendinea, yang mengendalikan katup.

    Katup semilunaris aorta dan arteri pulmonalis strukturnya sama dengan katup atrioventrikuler. Setiap katup terdiri atas tiga daun. Bagian tengahnya, lempeng fibrosa setiap katup membentuk penebalan (nodulus Arantius) pada pinggir bebasnya.

  • Valvula (katup) Atrio-ventrikulareatriumvalvulaAnnulus fibrosusventrikelChorda tendineaValvula atrio-ventrikulareDindingatriumDindingventrikelAnnulus fibrosus

  • Jantung

  • Valvula atrioventricularisEndocardium atriumEndocardium ventricleJar peny padat fibrosa

  • SISTEM HANTAR RANGSANGJantung dilengkapi dengan sistem yang terdiri atas serat jantung khusus yaitu serat Purkinje yang berfungsi untuk mengatur denyut jantung dengan cara mengatur kontraksi kedua atrium dan ventrikel.

    Serat Purkinje mempunyai kecepatan hantar rangsang lebih daripada serat otot jantung biasa yang berjalan di dalam lapisan subendokardium.

    Serat Purkinje bergaris tengah lebih besar dibandingkan dengan serat otot jantung biasa dan relatif mengandung lebih banyak sarkoplasma.

  • Serat Purkinje

    Sarkoplasmanya mengandung lebih banyak glikogen. Jumlah miofibril lebih sedikit dan biasanya terletak di tepi serat.

  • PEMBULUH DARAH JANTUNGDua arteri koronaria mensuplai darah ke jantung, dan vena jantung mengalirkannya kembali.

    Arteri koronaria bercabang-cabang di dalam miokardium membentuk jalinan kapiler padat.

    Jalinan kapiler ini mengalirkan darah kembali ke dalam vena kardiaka yang kemudian bermuara ke dalam sinus koronarius dan akhirnya tercurah kembali langsung ke dalam atrium kanan.

    Beberapa vena bermuara langsung ke dalam lumen jantung.

    Sistem hantar rangsang disuplai banyak cabang halus khusus arteria koronaria.

  • Pembuluh Darah

  • Sistem sirkulasi terdiri dari sistem pembuluh darah dan limf.Sistem pembuluh darah berguna untuk :Membagikan bahan nutritif, oksigen dan hormon ke seluruh bagian tubuhMengangkut limbah metabolisme sel.

    Sistem pembuluh limf, mulai di dalam jaringan sebagai pembuluh buntu Terdiri atas kapiler limf dan pembuluh limf dari berbagai ukuran Mengembalikan cairan limf dari ruang jaringan ke dalam aliran darah melalui vena cava interior.

  • Pembuluh kapiler merupakan tabung endotel sederhana yang menghubungkan sisi arteri dan vena dari sistem peredaran darah.

    Garis tengan rata-rata 7-9 mikrometer, dan membentuk jaring-jaring saluran-saluran halus.

    PEMBULUH KAPILER

  • KAPILERKAPILER POT. MELINTANGENDOTELPERISITERITROSITendotelKAPILER SEDIAAN RENTANG OMENTUM MAYUSDinding kapiler terdiri dari selapis sel endotel gepeng, yang dipisahkan dari jaringan di sekitarnya oleh lamina basal atau membran basal.

  • PENGGOLONGAN KAPILER

    Kapiler digolongkan menjadi tiga jenis yang utama yaitu: Kapiler sempurna (Jenis I) Kapiler bertingkap (Jenis II) Kapiler sinusoidal (tidak sempurna)

  • KAPILER SEMPURNA (JENIS I)Kapiler ini memiliki sitoplasma sel endotel menebal di tempat yang berinti dan menipis di tempat lainnya.Di dalamnya terdapat filamen halus dan banyak vesikel kecil (vesikel pinositotik/Kaveol intrasel) sepanjang permukaan sel yang menghadap lumen maupun membran basal.

    Kapiler sempurna (Jenis I) ini dijumpai pada banyak jaringan termasuk otot, paru, susunan saraf pusat dan kulit.Secara fungsional terlibat dalam transpor cairan melewati dinding kapiler.

  • KAPILER BERTINGKAP (JENIS II)

    Pada kapiler ini, di sekitar inti endotel, sitoplasmanya sangat tipis dan ditembusi oleh pori-pori Pori-pori tersebut ditutup oleh katup tipis, kecuali pada kapiler glomerulus ginjal.

  • KAPILER SINUSOIDAL (TIDAK SEMPURNA)

    Terdapat celah-celah yang lebar di antara sel-sel endotel. Membran sel tidak utuh dan dinding sinusoid dipisahkan dari parenkim organ hanya oleh jala-jala halus serat retikulin.

    Kapiler sinusoidal terdapat di dalam hati dan organ hemopoietik seperti sumsum tulang dan limpa.

  • KAPILER ARTERI DAN KAPILER VENA

    Kapiler arteri atau arteriol prakapiler atau metarteriol merupakan wujud peralihan arteri dan kapiler.

    Kapiler vena atau venula pasca kapiler merupakan wujud peralihan kapiler dan vena.

  • MetarteriolKapiler arteri atau arteriol prakapiler atau metarteriol berlumen lebih lebar daripada jaring-jaring kapiler dan mempunyai serat otot polos bertebar di sana-sini

  • MET-ARTERIOLMETARTERIOLINTI OTOT POLOSKAPILERendotelperisitOtot polos masih tersebar di sana-sini pada dindingnyaMETARTERIOL

  • ARTERIOL

    Arteriol bergaris tengah 100 mikrometer atau kurang.

    Tunika intima terdiri dari selapis sel endotel dan tunika elastika interna yang tidak kontinu. Tidak terdapat lapisan sub endotel.

    Tunika media terdiri atas satu sampai lima lapis sel otot polos dengan serat-serat elastin bertebar di antaranya.

    Tunika adventisia lebih tipis dari tunika medianya, berupa selapis jaringan ikat yang mengandung serat kolagen dan elastin yang tersusun memanjang. Lapisan ini menyatu dengan jaringan ikat di sekitarnya.

    Arteriol merupakan pengendali utama tekanan darah sistemik

  • ARTERIOL DAN VENULAPotongan melintangSediaan rentang omentum mayusArteriol : tunika media tdd 1-5 lapis sel otot polos yg tersusun melingkar pada sediaan rentang tampak susunan otot polos pd dinding lebih padat & rapat drpd metarteriolVenula : tunika media tdd 1-3 lapis sel otot polos arteriolkapiler

  • ARTERI

    Dinding arteri pada umumnya terdiri atas tiga lapis atau tunika yaitu :

    Tunika intima (interna) : Adalah lapis paling dalam yang terdiri dari:Selapis sel endotel : disebelah dalamLapisan subendotel : yang merupakan jaringan ikat fibroelastis halusTunika elastika interna : berupa sabuk serat elastis, disebelah luar

    Tunika Media: Lapis tengah, terutama terdiri atas sel-sel otot polos yang tersusun melingkar.

  • ARTERI SEDANG

    Tunika intima terdiri dari selapis sel endotel, lapisan subendotel yang mengandung serat kolagen dan elastin halus, beberapa fibroblas, dan serat otot polos yang tersusun memanjang.

    Tunika elastika interna sangat jelas dan membentuk sabuk tebal yang kontinu dan bergelombang.

    Tunika media hampir semuanya dibentuk oleh sel-sel otot polos yang tersusun melingkar yang sampai mencapai 40 lapis, dan sejumlah kecil jaringan ikat yang mengandung serat elastin, kolagen dan retikulin serta sedikit fibroblas.

  • ARTERI SEDANGT. intimaT. Elastika internaT. mediaT. Elastika eksternaT. adventitia

  • ARTERI SEDANGArteri sedang disebut juga arteri tipe muskular karena tebalnya sel-sel otot polos di tunika media.Terdapat tunika elastika eksterna yang tidak kontinu, berbatasan dengan tunika media.

  • ARTERI BESAR (AORTA)T. intimaLpsn sub endotel(vasa vasorum)VENA BESARARTERI BESAR

  • ARTERI BESARTunika intima terdiri dari selapis sel endotel yang berbentuk poligonal, lapisan subendotel yang terdiri atas serat elastin dan kolagen, serta tebaran fibroblas.Di bagian dalam tunika intima, terdapat berkas-berkas kecil otot polos. Tidak terdapat tunika elastika interna.

    Tunika media sebagian besar mengandung serat-serat elastin yang tersusun melingkar. serat otot polos yang berjalan melingkar.

  • Arteri besar disebut juga arteri tipe elastis karena banyaknya kandungan serat elastin pada tunika medianya.Tunika adventisia terdiri atas jaringan ikat yang menyatu dengan jaringan ikat di sekitarnya.Tidak terdapat tunika elastika eksterna.

  • Tunika adventisia terdiri atas serat kolagen kasar dan sedikit serat otot memanjang tidak berbatas tegas dan menyatu dengan jaringan ikat di sekitarnya.

    Vasa vasorum memperdarahi dinding pembuluh limf besar dengan cara yang sama seperti pada pembuluh darah.

  • VENA

    Tekanan darah vena sepersepuluh dari tekanan darah arteri dan karena itu harus menampung volume darah lebih besar daripada sistem arteri.

    Kaliber vena umumnya lebih besar daripada arteri, tapi dinding vena jauh lebih tipis, yang terutama disebabkan oleh berkurangnya unsur otot dan elastis.

    PENGGOLONGAN VENA

    Vena digolongkan menjadi tiga golongan yaitu :VenulaVena SedangVena besar

  • VENULA

    Tunika intima terdiri dari selapis sel endotel

    Tunika media terdiri dari serat otot polos melingkar setebal 1-3 lapis, yang tersusun lebih renggang daripada arteriol yang setara dan terpisahkan oleh berkas serat kolagen dan elastin

    Tunika adventisia tebal dibandingkan keseluruhan dindingnya yang tipis dan terdiri atas serat kolagen yang tersusun memanjang dan tebaran serat elastin serta fibroblas.

  • VENA SEDANG

    Garis tengahnya antara 1-9 mm

    Tunika intimanya tipis terdiri dari selapis sel endotel pendek dan berbentuk poligonal. Lapisan subendotel tidak jelas. Tunika elastika interna tidak jelas

    Tunika medianya tipis, terdiri dari berkas kecil serat otot polos yang tersusun melingkar, dipisahkan oleh serat-serat kolagen dan serat elastin. Tunika media lebih berkembang pada vena anggota gerak bawah

    Tunika adventisianya sangat berkembang dan membentuk sebagian besar dindingnya yang terdiri atas

  • VENA SEDANGKatup venaVena sedangArteri sedangarterivena

  • jaringan ikat longgar dengan berkas serat kolagen kasar tersusun memanjang dan mengandung sedikit otot polos yang tersusun memanjang.

    VENA BESAR

    Tunika intimanya terdiri dari selapis sel endotel dan tampak sedikit lebih tebal dari vena sedang.

    Tunika medianya kurang berkembang dan otot polosnya sangat kurang atau tidak ada.

    Tunika adventisianya paling tebal dan terdiri atas tiga lapis:

  • Tepat di luar tunika media, mengandung jaringan ikat padat fibroelastis dengan serat kolagen kasarDaerah tengah mengandung banyak serat otot memanjangDaerah paling luar hanya terdiri atas jaringan serat kolagen kasar dan serat elastin

    KATUP VENA

    Banyak vena kecil dan vena sedang terutama pada anggota gerak bawah dilengkapi dengan katup, yang mencegah aliran balik menjauhi jantung

    Katup berupa lipatan bulan sabit atau kantung sebagai akibat lipatan tunika intima setempat

  • SISTEM PEMBULUH LIMFPengaliran limf jalannya searah dan bukan sirkulasi.

    Kapiler limf dan pembuluh limf terdapat pada hampir seluruh jaringan dan organ.

    Kecuali tidak terdapat pada susunan saraf pusat, sumsum tulang, telinga tengah dan selubung bola mata.

  • KAPILER LIMF / KAPILER GETAH BENING

    Kapiller limf merupakan tabung halus tapi agak lebih lebar dan garis tengahnya tidak seragam.

    Dindingnya terdiri dari selapis sel endotel yang utuh dengan banyak vesikel pinositotik kecil.

    Kapiler limf tidak memiliki membran basal yang sempurna dan diliputi oleh lapisan tipis serat kolagen dan retikulin.

    Pembuluh ini membentuk jalinan padat dan sering berjalan seiring dengan kapiler darah.

  • Kapiler limph

  • KAPILER LIMFKapiler limf sediaan rentang omentum mayusKatup Kapiler limf

  • PEMBULUH LIMF SEDANG / PEMBULUH GETAH BENING SEDANG

    Tunika intima terdiri atas selapis sel endotel dan lapisan halus serat elastin dan kolagen.

    Tunika medianya terdiri dari serat otot polos yang tersusun melingkar dan di antaranya terdapat sedikit serat elastin.

    Tunika adventisianya merupakan lapisan yang paling tebal dan terdiri dari jalinan serat kolagen dan elastin dan sedikit serat otot polos.

    Pembuluh limf mempunyai banyak katup yang berjarak lebih berdekatan daripada katup pada vena

  • PEMBULUH LIMF SEDANGVena sedangArteri sedangLIMF SEDANG

  • Pembuluh Lymph sedang

  • Katupnya berpasangan dan tepi bebasnya mengarah ke pusat . Setiap katup merupakan lipatan tunika intima.

    PEMBULUH LIMF BESAR / PEMBULUH GETAH BENING BESAR

    Terdapat dua pembuluh limf besar yaitu duktus torasikus dan duktus limfatikus dextra.

    Tunika intimanya terdiri atas selapis sel endotel, lapis subendotel yang mengandung sedikit otot longitudinal, membran elastis tipis yang tidak sempurna.

    Tunika media merupakan lapis paling tebal yang terdiri atas berkas serat otot polos memanjang dan melingkar yang dipisahkan oleh jaringan ikat tebal

  • PEMBULUH LIMF BESAR (DUCTUS THORACICUS)T. intimaT. MediaTda otot polos tdk beraturanT. adventitiaT. intimaT. mediaT. adventitia

  • Pembuluh Lymph besar (ductus thoracicus)