Harian Vokal edisi 28 Februari 2013

24

description

Santun Mengkritisi, Cerdas Menyikapi

Transcript of Harian Vokal edisi 28 Februari 2013

Page 1: Harian Vokal edisi 28 Februari 2013
Page 2: Harian Vokal edisi 28 Februari 2013

Penanggung Jawab/Redaktur HASAN BASRIL

NASIONAL2KAMIS 28 Februari 2013/18 Rabiul Akhir 1434 HHARIAN VOKAL

LINTAS

Korban tewas adalah: Hadi (60tahun), Emun (45), Herlan (50),Nadi (40), Arni (60) tahun, Dedehbin Ukar (45), Eram (35), UsupSubrata (39), Ati Bilah, Panca (8),

Dedeh (45), Ratih Atika (16), Ema(15), Siti Badrudin Munawaroh(20), Dede Opik (38), Yusuf Sub-rata (39) dan satu lagi belum teri-dentifikasi.

Sementara belasan orang lain-nya mengalami luka berat dan rin-gan. Para korban luka langsung di-larikan ke RSUD Cimacan, Cipanas.

Informasi yang diperoleh, buspariwisata ini rencananya mem-bawa para penumpang yang akanberziarah ke Makam DalemCikundul di wilayah KecamatanCikalongkulon, Cianjur. Merekamerupakan warga KabupatenBogor yang beralamat di Kam-pung Bobojong dan Kampung

Cikemang, Desa Sukajaya, Keca-matan Sukajaya.

Salah seorang korban luka rin-gan, Acep (32) yang dirawat diruang IGD Cimacan mengatakan,saat berangkat dari Bogor ken-daraan tidak mengalami gejalayang tidak baik. Namun, ketikamemasuki daerah Puncak, Cian-jur suara mesin bergemuruh danlaju kendaraan tidak bisa diken-dalikan atau oleng.

Saat bus menabrak tebing, kata

Acep, ia sedang memimpin doadan shalawat kepada para pen-umpang. Acep mengaku badan-ya terpental hingga ke depan.Beruntung ia hanya mengalamiluka-luka ringan saja.

Korban luka lainnya, Masturi(53) mengatakan ada tujuh ang-gota keluarganya yang ada didalam bus. Namun hingga Rabusore, ia mengaku masih mencarikejelasan nasib keluarganyatersebut. ymg,habymg,habymg,habymg,habymg,hab

Bus Tabrak Tebing, 17 Tewas

SEMARANGSEMARANGSEMARANGSEMARANGSEMARANG-Badan Narkoti-ka Nasional Provinsi (BNNP)Jawa Tengah menangkapoknum perwira Polda Jatengberpangkat Iptu, HPW bersa-ma rekannya GS saat mengam-bil pesanan sabu. Selain dua or-ang itu, ada enam orang jugayang ditangkap BNNP Jateng.

``Kepala BNNP Jateng, So-etarmono mengatakan, pen-angkapan berlangsung hari Se-nin (25/2) lalu. Awalnya padapukul 09.00 WIB, BNPP menda-pat laporan akan ada transaksisabu di depan rumah di JlKarangwulan Timur, Semarang.

"Setelah menunggu sehari-an, pada pukul 18.30 WIB adadua pria mengambil bungkusanlakban coklat yang ditempel dipohon ke dua dari empat po-hon," kata Soetarmono di Kan-tor BNNP Jateng, Jl MadukoroSemarang, Rabu (27/2).

Diketahui dua orang itu ad-alah Iptu HPW dan rekannyaGS. Oknum perwira Poldatersebut sempat membuangbungkusan sabu seberat satugram. Namun akhirnya bisakembali ditemukan lagi.

"Apes itu, tertangkap saatambil barang sendiri di TKP.Waktu penangkapan juga tidakmenduga kalau ternyataHPW," imbuhnya.

Kemudian pada pukul 21.00WIB, lanjut Soetarmono, di-lakukan penggeledahan di ru-mah kontrakan HPW di Jl Tel-aga Bodas Semarang. Di ru-mah itu, pacar HPW yaitu UIditangkap BNN.

Dari pengembangan pen-angkapan HPW, kurir yang dike-tahui menaruh sabu di pohonakhirnya juga berhasil di-tangkap. Kurir tersebut adalah

AS dan temannya S yang di-tangkap di tempat kosnya di JlPeterongan Timur Semarang.Dari rumah kos itu ditemukansisa pemakaian sabu, sebuahbong dan satu bubuk di dalampipet yang hingga saat ini masihdalam proses laboratoriumkarena diduga narkotika. "Set-elah dilakukan tes urine kepa-da HPW, GS, UI, AS dan S, se-muanya positif memakai sabudan ekstasi," lanjutnya.

Dari pengembangan, dike-tahui peredaran sabu ini dik-endalikan oleh tiga orang napidi LP Klas 1 Kedungpane, Se-marang. Mereka adalah SYI, A,dan YPSD. Dari penggeledah-an di dalam LP, ditemukanATM, alat komunikasi dan limabutir pil diduga ektasi.

Modus pemesanan menu-rut Soetarmono sudah cukupcanggih karena menggunakansistem e-banking. YPSD biasan-ya mendapatkan pesanan daripelanggan di luar LP. Jika keha-bisan barang, maka ia akanmembeli kepada A dan SYI.

Dalam kasus Iptu HPW ini,YPSD mendapat pesanan lalumembeli ke A. Selanjutnya Amemerintahkan kurir untukmengantar ke lokasi yang su-dah ditentukan. Semua dilaku-kan dari balik jeruji besi.

Ia menambahkan, saat inidelapan orang yang dibekukBNN masih berstatus dalam pe-nyidikan. "HPW dan UI saat inimasih sakit," ujar Soetarmono.

Terkait masih adanya alat ko-munikasi yang masuk di LP, So-etarmono menambahkan, me-nerima ratusan alat komunikasiyang di sita dari dalam LP sela-ma 2012. Razia pun kerap dilaku-kan oleh pihak LP. (ymg,hab)ymg,hab)ymg,hab)ymg,hab)ymg,hab)

Ambil Pesanan Sabu,Perwira Polisi Ditangkap

INT

BANGKAI

JAKARTA

(ymg,hab)

"Miskinkan KoruptorLewat Data Pajak"

Ibas: Nyanyian Anasitu Lagu LamaJAKARTAJAKARTAJAKARTAJAKARTAJAKARTA-Sekretaris JenderalPartai Demokrat Edhie Basko-ro Yudhoyono atau Ibas mene-gaskan tidak pernah menerimauang dari bekas BendaharaUmum Partai Demokrat MNazaruddin. Ibas menyebutnyanyian mantan Ketua UmumPartai Demokrat Anas Urban-ingrum merupakan lagu lama.

"Saya katakan tudingan terse-but tidak benar dan tidak ber-dasar. Seribu persen saya yakinkalau saya tidak menerima danadari kasus yang disebut-sebutselama ini," kata Ibas melaluipernyataan tertulis kepadaMetrotvnews.com, Rabu (27/2).

Hal itu dilontarkan mena-nggapi wawancara Anas den-

gan salah satu televisi swastasemalam.

Ibas menilai, lagu lama inidiulang-ulang sehingga man-tan anggota DPR itu terpaksaharus mengulangi dan mene-gaskan kembali bahwa dirinyatidak mengetahui apapun ter-kait tudingan tersebut.

Ibas pun berharap Anas da-pat fokus menjalani proses hu-kumnya. Justru Ibas mendor-ong proses hukum berjalanseadil-adilnya. "Saya respek ke-pada Mas Anas dan berharapBeliau dapat fokus terhadapstatus hukum yang sedang di-jalaninya dan tidak beropini didepan publik," ujar Ibas.(ymg,hab)ymg,hab)ymg,hab)ymg,hab)ymg,hab)

JAKARTA

(ymg,hab)

150 Juta Ha Hutan,Hanya 11% Berizin

Timwas Deadline KPKTuntaskan CenturyJAKARTAJAKARTAJAKARTAJAKARTAJAKARTA -Tim PengawasDPR RI untuk kasus Bank Cen-tury memberi batas waktuhingga September kepadaKPK untuk segera menuntas-kan penanganan terhadap ka-sus yang merugikan negarahingga Rp 6,7 triliun itu.

"Kami memberi batas wak-tu hingga September untukKPK menyelesaikan kasusCebtury ini. Hari ini, terakhirkami diskusi soal Century ant-ara Tim Pengawas dan KPK,"kata anggota Timwas CenturyDPR RI Bambang Soesatyo diJakarta, Rabu (27/2).

Pernyataan tersebut sam-paikan pada rapat TimwasCentury DPR bersama KPK diGedung MPR/DPR di Jakarta.Bambang juga sempat menga-takan pihaknya akan menarikkembali kasus dana talanganBank Century itu untuk dise-lesaikan melalui proses politikdi DPR jika proses hukum ter-hadap kasus yang tengah dise-lidiki KPK tersebut berhenti."Kalau KPK tidak sanggup, ya,katakan. Atau, tidak ditemukanbukti, itu kan bisa selesai seh-ingga bisa kami tarik lagi," katapolitikus Partai Golkar itu.

Beberapa anggota TimPengawas Century lainnyasepakat meminta KPK danlembaga penegak hukum lainuntuk segera menemukanadanya indikasi korupsi dalamkasus tersebut.

Hal senada disampaikanmantan anggota Tim Penga-was Century Gayus Lumbuun.

Menurutnya diperlukan pem-berian batas waktu bagi KPK,kepolisian, dan KejaksaanAgung untuk menentukankelanjutan penanganan kasusBank Century. "Kami memberibatas waktu sampai bulan Sep-tember karena sudah diberiwaktu dua tahun untuk 'recov-ery asset'. Jadi, total waktuyang diberi sudah dua tahundari tahun 2009," katanya.

Meskipun demikian Gayusmenegaskan penyelidikan ka-sus 'bailout' (dana talangan)Bank Century tidak seharusn-ya dihentikan begitu saja."Karena sudah ada perbuatanatau keadaan dan ada kejadi-an. Berdasarkan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana(KUHAP), jika sudah terdapattiga unsur itu, suatu kasus tidakdapat dihentikan," kata Gayusyang kini menjadi hakim agung.

Menurutnya KPK hanyatinggal mencari tahu dan men-yatakan siapa yang bertang-gung jawab dan siapa yang tidak.

Selain itu, kata dia, indikasitindak pidana korupsi dalamkasus pengucuran dana talan-gan untuk Bank Century se-nilai Rp6,7 triliun itu sangatkuat. "Buktinya, pengadilantelah memutuskan Hesyam AlWaraq dan Rafat Ali Rizfi di-hukum 15 tahun untuk tindakpidana korupsi," katanya.

Karenanya tidak ada alasanbagi KPK untuk belum mene-mukan indikasi tindak pidanakorupsi dalam kasus tersebut.(ymg,hab)ymg,hab)ymg,hab)ymg,hab)ymg,hab)

Hingga September 2013

Page 3: Harian Vokal edisi 28 Februari 2013

INTERNASIONALKAMIS 28 Februari 2013/ 18 Rabiul Akhir 1434 H

Penanggung Jawab/Redaktur HASAN BASRIL

3HARIAN VOKAL

Perwajahan: PEPEN

LINTAS Iran Puas Perundingan Nuklir dengan BaratZURICH(VOKAL)

(ymg,hab)

Penembakan, SejumlahOrang Tewas di Swiss

BEIJING(VOKAL)-Iran menyebut hasil perundin-gan nuklir di Kazakhstan sebagai langkah positif.Ketua Tim Perunding Iran Saed Jalili, mengatakankeenam negara yang sering disebut P5+1, menawar-kan saran yang menurutnya jauh lebih realistisdibanding sebelumnya.

"Beberapa posisi KelompokP 5+1 group lebih positif diban-dingkan yang diungkapkan se-belumnya," tuturnya seperti di-nukil dari Reuters, Rabu (27/2).

Perundingan di ibu kota Ka-zakhstan, Almaty, yang meru-pakan pertama sejak rangka-ian perundingan pada Juli 2012tidak membawa terobosan. Ja-lili menegaskan jalan masihpanjang untuk mencapai se-buah kesepakatan akhir.

Rencana lanjutan perundin-gan tingkat tinggi berikut jugaakan digelar di Almaty padaApril mendatang. Dua pekanlalu, Iran mengatakan mulaimemasang peralatan pen-gayaan uranium baru di fasili-tas nuklir Natanz.

Komunitas internasionalmenuduh program nuklir Irancukup untuk mengembangkansenjata nuklir, namun Iran se-lalu membantah dan menye-butnya semata-mata untuk ke-pentingan sipil.

Menurut IAEA, pada 23 Jan-uari sudah menerima surat dariIran yang mengungkapkanrencana meningkatkan prosespengayaan uraniumnya. Fasil-itas nuklir Natanz yang terle-tak di Iran tengah menjadifokus dalam sengketa nuklirIran dengan Dewan Keaman-an PBB.

Iran beberapa waktu lalumemang sudah mengatakansiap mengikuti perundingan in-ternasional babak baru tentangprogram nuklirnya.

Setuju LanjutkanKetua Dewan Tertinggi Ke-

amanan Nasional Iran, SaeedJalili mengatakan Iran akanmelanjutkan kerja sama den-

gan Badan Tenaga Atom Inter-nasional (IAEA).

Saat berbicara dalam takli-mat pada akhir pembicaraanG5+1 di Almaty, Kazakhstan, Ja-lili mengatakan para pejabatsenior Iran setuju melanjutkankerjasama dengan IAEA. "Na-mun, kerja sama dengan IAEAmemiliki kerangka kerja khususyang telah menjadi rujukanbagi Iran dan G5+1 dalam pem-bicaraan mereka," katanyaseperti disadur dari IRNA-OANA, Rabu (27/2).

Dikatakan Jalili, programnuklir Iran cukup transparandan jelas. Mengenai masalahdalam pembicaraan Iran-G5+1pada masa depan, Jalili men-gungkapkan Iran dan G5+1akan mengadakan pembicar-aan tingkat ahli di Istanbul,Turki, 17-18 Maret untuk mem-pelajari berbagai masalah, ter-masuk pencabutan sanksi ter-hadap Iran.

"Kami siap bagi setiap tin-dakan jangka panjang dan te-lah mengumumkan usul kamimengenai masalah dalam per-temuan Almaty. Selama pem-bicaraan itu, kami menekankantindakan yang akan dilakukanmesti diperhitungkan denganbaik dan seimbang," kata Jalili.

Pencabutan sanksi itu menu-rut Jalili baik dan serius. Namuntindakan tersebut mesti seim-bang. Masalah itu diangkat se-lama pertemuan dengan paraahli di Istanbul.

Berjalan TransparanPemerintah Cina menilai pe-

rundingan nuklir Iran di Kaza-khstan, berlangsung transpa-ran dan cukup konstruktif bagipenyelesaian isu nuklir Iran

yang makin positif di masa da-tang.

"Nuklir Iran adalah masalahyang cukup sensitif dan ko-mplek, tidak cukup hanya dise-lesaikan dalam satu hingga duakali pertemuan," kata Juru Bic-

ara Kementerian Luar NegeriCina, Hua Chunying di Beijing,Rabu (27/2) seperti dinukil dariReuters.

Chunying mengatakan Cinaberharap semua pihak untukmenggunakan kesempatan se-

TEPI BARAT(VOKAL)-PemerintahPalestina menegaskan tidak akan akanada perdamaian dengan Israel. Pres-iden Palestina Mahmoud Abbas me-negaskan perdamaian hanya dapat di-lakukan jika zionis membebaskan paratahanan Palestina.

Pernyataan Abbas tersebut meru-pakan yang kali pertama sejak kema-tian Arafat Jaradat di penjara Megidopada Sabtu (23/2) lalu. Menurutnya,pemerintah Palestina berjanji akanmelakukan yang terbaik untuk men-guak kematian Jaradat.

Jaradat adalah tahanan Palestinayang diciduk agen intelijen zionis, ShinBet pada Senin (18/2) lalu. Shin Betmenjebloskan pemuda 30 tahun itu kedalam penjara lantaran dituduh ikut

dalam demosntrasi pembebasan TepiBarat pada November tahun lalu.

Ma'an News melaporkan Abbasberada di Ramallah mendukung de-monstrasi mengenang Jaradat danpembebasan tahanan Palestina di pen-jara-penjara zionis. Presiden dari Fak-si Fattah ini mengatakan Israel punyatanggung jawab membebaskan selu-ruh tahanan.

Sementara itu media resmi pemer-intah mengatakan tidak kurang dari4.743 warga Palestina berada di pen-jara-penjara Negara Yahudi. Sepuluhtahanan diantaranya adalah perem-puan, seangkan 193 lainnya merupa-kan anak-anak di bawah umur.

Hamas BantahSementara itu pihak Hamas mem-

bantah bahwa menembakkan roket kewilayah Ashkelon selatan Israel, Sela-sa (26/2). Juru bicara Hamas Ehab al-Ghussein mengatakan Hamas samasekali tidak menyerang wilayah Israeldengan roket sejak November 2012 lalu.

"Ini jelas kebohongan. Tidak ada sat-upun fraksi di Jalur Gaza yang meng-klaim bertanggung jawab atas seran-gan roket itu. Saat ini pemerintah diGaza tengah mengadakan penyelidi-kan," tutur Ehab al-Ghussein, sepertidikutip media lokal Maan, Rabu (27/2).

Lebih lanjut Ehab mengatakan, se-rangan tersebut bisa saja suatu kon-spirasi untuk kembali menciptakanperperangan antara Hamas dan Isra-el. Menurutnya, tidak tertutup kemu-ngkinan Israellah yang menciptakan

isu serangan roket tersebut untukmenutupi kondisi Palestina yangbergejolak dengan terbunuhnya taha-nan Palestina, Arafat Jaradat.

Di pihak Israel, hantaman sebuahroket tersebut telah diajukannya keDewan Keamanan Perserikatan Bang-sa-Bangsa (DK PBB) untuk mengecamserangan yang terjadi di wilayahnya.

Sementara di pihak Fatah, salahsatu kelompok yang menamakan dirimereka Brigade Jihad Al-Aqsa yangjuga menjadi sayap militer dari fraksiFatah mengaku bertanggungjawabatas serangan tersebut. Kelompok ber-senjata yang berkuasa di wilayah TepiBarat ini mengaku berang atas kema-tian warganya Jaradat yang terus dike-cam Pemerintahan Fatah. (ymg,hab)

Abbas: Tak Ada Perdamaian dengan Israel

PERPISAHAN

SHANGHAI(VOKAL)

(ymg,hab)

Seragam SekolahBeracun di China

RIYADH(VOKAL)

(ymg,hab)

Ibunya Tak Memaafkan,Pria Saudi Dipenjara

cara tulus, fleksible, dan terbu-ka, terhadap setiap kepeduliandari masing-masing pihak, un-tuk menuju perundingan men-datang yang lebih baik bagipenyelesaian bagi persoalannuklir Iran.(ymg,hab)

WASHINGTON DC(VOKAL)-Senat AS akhirnya meny-etujui penunjukan mantan Senator Chuck Hagel sebagaiKepala Pentagon yang baru berkat sumbangan empatsuara setuju dari kubu Republik yang mendukung suarakubu Demokrat yang mengusung nominasinya.

Mantan senator Republikan asal Nebraska ini lolossebagai menteri dengan selisih suara tipis 58-41 dalamvoting senat. Hagel akan menggantikan posisi MenhanLeon Panetta.

Meski berasal dari partai yang sama, kubu Republiksempat menolak penunjukan Hagel oleh PresidenObama dengan alasan pandangan politiknya soal Irandan Israel dianggap berlawanan dengan kebijakan AS.Kualifikasi Hagel untuk jabatan penting ini juga dipert-anyakan kubu Republik.

Partai Demokrat mempunyai 55 kursi di Senat se-mentara Republik menduduki 45 kursi dan Hagel se-benarnya hanya butuh 51 suara untuk lolos. Bela-kangan, setelah debat panjang dan reses selama se-pekan, Senator Thad Cochran, Rand Paul, RichardShelby, serta Mike Johanns, seluruhnya dari kubu

Republik, turut mendukung pencalonannya.Debat Sengit

Perdebatan pencalonan Hagel berlangsung alot dansengit. Saat masih duduk sebagai senator, Hagel diang-gap kurang pro-Israel karena komentarnya dalam sebuahbuku yang terbit tahun 2008 menyebut "Lobi Yahudi" meng-intimidasi proses pengambilan keputusan di Capitol Hill.

Menurut para senator Republikan, politisi umur 66tahun itu juga bersikap terlalu longgar terhadap Iran.

Hagel juga pernah membuat pimpinan partai Repub-lik marah besar karena kritik sengitnya pada mantanPresiden George W Bush dalam menangani perang Irak.

Bahkan, seorang senator baru asal Texas, Ted Cruz,menuding Hagel menerima bayaran dari PemerintahKorea Utara. Sejauh ini, tudingan itu tak disertai bukti.

Presiden Obama menyatakan kegembiraannya ataspenunjukan Hagel.

Upaya Obama menunjuk seorang calon menteri se-belumnya tersandung keberatan kubu Republik seh-ingga Susan Rice mundur dari pencalonan sebagaiMenlu menggantikan Hillary Clinton. (ymg,hab)

Senat AS Setujui Chuck Hagel Jadi Menhan

Page 4: Harian Vokal edisi 28 Februari 2013

TAJUK

OPINI428 Februari 2013/18 Rabiul Akhir 1434 HHARIAN VOKAL

HASAN BASRIL RINTO HARMIKO

Pemimpin UmumH Yusrizal KotoPemimpin Redaksi/PenanggungjawabTun Akhyar

Wakil Pemimpin RedaksiHasan Basril

Pemimpin PerusahaanHj. Bety Marlina

Wakil Pemimpin PerusahaanGerri Nasri

Iklan:Iklan:Iklan:Iklan:Iklan: Harmen Fadly (Manajer), Zulkifli (Koordinator Iklan Pku), Jimmi Endrik (Staf Iklan), Soeparto HAR (Kepala Per-wakilan Jakarta), Joni Ardikesuma (Manajer Iklan Jakarta), Edriwan (Koordinator Dumai-Duri), Yudia Martin (Adm. Iklan),Sartana (Desain Iklan). Perwakilan Jakarta : Perwakilan Jakarta : Perwakilan Jakarta : Perwakilan Jakarta : Perwakilan Jakarta : Soeparto Har (Kepala), Joni Ardi Kesuma (Manajer Iklan Jakarta). Kan-Kan-Kan-Kan-Kan-tor Biro Redaksi Jakartator Biro Redaksi Jakartator Biro Redaksi Jakartator Biro Redaksi Jakartator Biro Redaksi Jakarta: Gedung IJW Lt.3 Jalan Proklamasi No.91 Jakarta Pusat 10320, Telp-Fax : 021-319 31117.Produksi:Produksi:Produksi:Produksi:Produksi: Feri Irawan, Prima Aldino, Hendra P, Marco MW, Suheri S, Suardi CS, Rudi A, Ilham M, Roy F, Alimi Wahid, JupriCahyono, Abdul Rahmad, Rahmad Suanto, Jamilus. SSSSSirkulasiirkulasiirkulasiirkulasiirkulasi: Nasruddin Syahri (Manajer), Bambang Ariyanto(Koordinator),Herianto, Dewi Susanti (Adm. Sirkulasi). KeuanganKeuanganKeuanganKeuanganKeuangan : Abdy Suhenda(Manajer), Willy Yasnita Zain (Adm Keuangan). TI:TI:TI:TI:TI:Sudarmawan (Kepala), Bayu. PPPPPenasihatenasihatenasihatenasihatenasihat H H H H Hukumukumukumukumukum: Syamsul Rakan Chaniago SH,MH, Rudy P Tampubolon SH, Drs MisharMSi, Zainal Abidin SH, Hasrizal.Alamat RedaksiAlamat RedaksiAlamat RedaksiAlamat RedaksiAlamat Redaksi: Jalan Durian No.16F Telp 0761 - 863466 Kota Pekanbaru. KKKKKantorantorantorantorantor D D D D Dumaiumaiumaiumaiumai: Gedung YUBE Grup JalanCempedak No. 88 Dumai Telp 0765 - 439013. Percetakan:Percetakan:Percetakan:Percetakan:Percetakan: Jalan Palas Mekar Umban Sari No.9A Rumbai-Pekanbaru.Kantor Biro Iklan JakartaKantor Biro Iklan JakartaKantor Biro Iklan JakartaKantor Biro Iklan JakartaKantor Biro Iklan Jakarta: Gedung Maya Indah Jalan Kramat Raya No.3 G Jakarta Pusat Telp (021) 3903112, Fax (021)3929630. PPPPPenerbitenerbitenerbitenerbitenerbit/P/P/P/P/Percetakanercetakanercetakanercetakanercetakan::::: PT. INTI VOKAL MEDIA. T. T. T. T. Tarifarifarifarifarif I I I I Iklanklanklanklanklan:::::Bisnis/Produk Rp35.000/mm kolom (FC)(FC)(FC)(FC)(FC) Rp17.500/mm kolom(BW(BW(BW(BW(BW); Sosial/Duka Cita/Ucapan Selamat : Rp10.000/mm kolom (FC)(FC)(FC)(FC)(FC) Rp5.000/mm kolom (BW) (BW) (BW) (BW) (BW); Iklan Baris :Rp15.000/baris (minimal 3 baris). Iklan Mini Kolom Rp50.000/terbit.

Dewan RedaksiDewan RedaksiDewan RedaksiDewan RedaksiDewan Redaksi: H Yusrizal Koto, Tun Akhyar, Hasan Basril, Hj. Bety Marlina, Gerri Nasri.OmbusdmenOmbusdmenOmbusdmenOmbusdmenOmbusdmen: H. Aji Dheri. Redaktur PelaksanaRedaktur PelaksanaRedaktur PelaksanaRedaktur PelaksanaRedaktur Pelaksana: Ridwan Alkalam. KooKooKooKooKoorrrrrdinator Liputandinator Liputandinator Liputandinator Liputandinator Liputan: BudiSuseno. RedakturRedakturRedakturRedakturRedaktur: Idrus Yamin, Delfi Indra, Zukri Subayang, Marzuli Adi, Fitri Mayani, SaaduddinBadra. ReporterReporterReporterReporterReporter: Andika, Dairul Riyadi, Adek Hernita, Ryan Yutri Varios, Zulfikri, Indra Jaya, AbdulMutholib, Mokhtiar, Zulkifli, Mayonal Putra.SekretaSekretaSekretaSekretaSekretaris Redaksi: ris Redaksi: ris Redaksi: ris Redaksi: ris Redaksi: Desi Arsianti.Biro Daerah: DumaiBiro Daerah: DumaiBiro Daerah: DumaiBiro Daerah: DumaiBiro Daerah: Dumai: Parno Sali (Kepala), Yusrhel, Vernando. PelalawanPelalawanPelalawanPelalawanPelalawan: Pandapotan Marpaung(Kepala), Giona Puga, Farikhin. Siak:Siak:Siak:Siak:Siak: Zulfahmi (Kepala), Soleman. Bengkalis Bengkalis Bengkalis Bengkalis Bengkalis: Bakhtaruddin (Ke-pala). Indragiri HilirIndragiri HilirIndragiri HilirIndragiri HilirIndragiri Hilir: Mulyadi (Kepala), Muhamad Faisal. Indragiri HuluIndragiri HuluIndragiri HuluIndragiri HuluIndragiri Hulu: Prasetia (Kepala), ObrinB. Rokan HilirRokan HilirRokan HilirRokan HilirRokan Hilir: Asbinsyah Pasaribu (Kepala). Rokan HuluRokan HuluRokan HuluRokan HuluRokan Hulu: Paber Siahaan (Kepala), Maulana Ishaq.KamparKamparKamparKamparKampar: Apriyaldi. Kuantan SingingiKuantan SingingiKuantan SingingiKuantan SingingiKuantan Singingi: Said Mustafa Husin (Kepala), Reflizar . Meranti:Meranti:Meranti:Meranti:Meranti: Sawalud-din (Kepala). JakartaJakartaJakartaJakartaJakarta: Syafruddin AL (Kepala), Surya Irawan, Daryadi Pribadi, Lenni Handayani.

PPPPPerwajahan/Pracetakerwajahan/Pracetakerwajahan/Pracetakerwajahan/Pracetakerwajahan/Pracetak: Pepen Prengky (Kepala), Andixer, Abdawiza, Rinto Harmiko, Zulqifli, AlibDestiyono, Idris Muchni, Hasan Sholihin.

Redaksi Harian Pagi Vokal menerima tulisan, artikel, dari pembaca yang berisi usulan, saran dan kritikan yang membangun. Redaksi tidak memuat tulisan yang berisi hasutan, fitnah dan mengandung unsur SARA.Kirimkan tulisan anda melalui email: [email protected] atau antarkan langsung ke Kantor Redaksi Harian Pagi Vokal Jalan Durian No.16F Pekanbaru dan Gedung YUBE GROUP Jalan Cempedak No 88 Dumai.

KAMIS

Koruptor dan Area Pencucian Uang

Menyimak Politik Transaksionaluntuk membiayai kegiatan terse-but. Dalam logika bisnis, modalyang sudah dikeluarkan tersebutharus kembali puluh atau mini-mal impas. Padahal besarnya gajibulanan yang disediakan ayaidiberikan oleh negara kepadapara politikus yang mendudukiberbagai jabatan legislatif, ek-sekutif maupun yudikatif belumtentu mampu mengembalikanbesarnya modal yang pernah di-habiskan untuk membiayai danakampanye.

Nafsu korupsi, menjadi jalanpintas yang bisa menjebak bagipara politikus untuk mengembali-kan atau mencari keuntungansetinggi-tingginya dalam jangkawaktu singkat. Dalam kontekspolitik transaksional tersebut,partai politik sekadar menjadijembatan politik yang bisa men-gantarkan para politikus meraihberbagai jabatan publik yang di-perebutkan secara bebas dandemokratis.

Nalarnya, politikus yang me-miliki modal finansial yang kuat,

Surat Pembaca

Oleh Supadiyanto yang dilahirkan oleh para pemikirFrankfurt School yang notabeneberasal dari kalangan Marxisme,mengungkapkan teori menarikbahwa dunia politik adalah pang-gung transaksional antara kepent-ingan ekonomi (bisnis) dan poli-tik (kekuasaan). Bahwa puncakkesuksesan politik adalah mam-pu meraih kekuasaan dan mam-pu meraup pundi-pundi eko-nomi yang dapat menyejahtera-kan para politikus dan kelom-poknya.

Sedangkan teori ekonomi poli-tik kekuasaan berparadigma kri-tis menyatakan bahwa puncakkekuasaan bukan untuk meraihkekuasaan dan mengakses sum-ber-sumber kemakmuran, me-lainkan untuk memperjuangkankepentingan bersama (publik).Teori terakhir ini kebanyakanhanya dijadikan bahan retorika,sedangkan praktiknya masih jauhdari harapan.

Logika politik transaksional,sadar atau tidak sadar, telah ikutmemengaruhi jalannya kehidu-

akan dilirik oleh partai politik.Kendati pun ada faktor-faktorlain yang cukup berpengaruhpada kesuksesan seorang poli-tikus memenangi pertarunganpemilu maupun pilkada. Misal-kan dukungan massa dan relas-inya dengan media massa, pop-ularitas, dan bahkan keberun-tungan (nasib).

Dalam kamus politik, empatfaktor di atas menjadi daya tarikyang diperebutkan oleh para poli-tikus. Dukungan massa dan relas-inya dengan media massa, popu-laritas, keberuntungan (nasib) danbesarnya modal finansial menja-di powerfull yang mendukungeksistensi seorang politikus. Mela-lui penguasaan empat hal di atas,bisa mendongkrak rapor keterpi-lihan seorang politikus menjadisang pemenang dalam berbagaipesta demokrasi.

Meraih KekuasaanMeraih KekuasaanMeraih KekuasaanMeraih KekuasaanMeraih KekuasaanBerdasarkan hasil pemikiran

RSUD, Bantulah Pasien Miskin !

Pojok Sindir- Pejabat Dumai Jenguk Tersangka Korupsi Pejabat Dumai Jenguk Tersangka Korupsi Pejabat Dumai Jenguk Tersangka Korupsi Pejabat Dumai Jenguk Tersangka Korupsi Pejabat Dumai Jenguk Tersangka Korupsi

+ Walau korupsi tetap dihargai

- SPBU di Ukui Diawasi Polisi SPBU di Ukui Diawasi Polisi SPBU di Ukui Diawasi Polisi SPBU di Ukui Diawasi Polisi SPBU di Ukui Diawasi Polisi

+ Asal tak ikut bermain pula..

Akhiri PelayananBuruk di RSUD AA!ABDUL

***

cucian uang biasanya memecahtransaksinya menjadi nominalkecil-kecil, sehingga tidak mudahterlacak. Bahkan, ada koruptoryang membeli sepeda sport den-gan harga Rp 150 juta (sepeda su-per mahal), namun jelas tidak ter-endus sama sekali kebedaraannya.Padahal, yang dipergunakan un-tuk membeli barang tersebut ad-alah hasil kejahatan korupsi.

Intinya, dengan asset tracingsemacam ini, harta koruptor bisaterlacak dengan baik. Pesan mor-alnya jelas, setelah asetnya terde-teksi, kalau itu hasil kejahatan ko-rupsi, harus dikembalikan kenegara. Jadikan koruptor miskinsemiskin-miskinnya, sehingga adaefek jera bagi para koruptor lain-nya untuk melakukan hal yangsama.

Jangan sampai terjadi, pelakukorupsi justru makin berseman-gat, karena setelah dihukum mak-simal beberapa tahun, merekaakan keluar dengan kekayaanyang masih melimpah dari hasilkejahatannya. Buatlah bentukhukuman yang membuat parakoruptor kapok melakukan halyang sama di kemudian hari.Bagaimanapun juga, keadilanharus ditegakkan. ***

Penulis adalah praktisiPenulis adalah praktisiPenulis adalah praktisiPenulis adalah praktisiPenulis adalah praktisiperbankan, pegiat inde-perbankan, pegiat inde-perbankan, pegiat inde-perbankan, pegiat inde-perbankan, pegiat inde-

penden gerakan antikorupsi.penden gerakan antikorupsi.penden gerakan antikorupsi.penden gerakan antikorupsi.penden gerakan antikorupsi.

BELAKANGANBELAKANGANBELAKANGANBELAKANGANBELAKANGAN ini, banyak pet-inggi partai politik (parpol) yangterkena predikat tersangka danakan masuk ke lebih lanjut, yaknitahap penyidikan oleh KomisiPemberantasan Korupsi (KPK).

Sayangnya, penggunaan pasalsangkaan yang dikenakan se-ringkali menggunakan jerat Un-dang-Undang Tindak Pidana Ko-rupsi (UU Tipikor), dan sangatsedikit yang menggunakan UUTindak Pidana Pencucian Uang(UU TPPU). Padahal, kedua UUini saling terkait erat, bagaikandua sisi mata uang yang tidakbisa dipisahkan satu dengan yanglainnya.

Terungkapnya puluhan rumahmewah yang kini disita KPK dariIrjen Joko Susilo (mantan KepalaKorlantas Polri) dalam kasus Sim-ulator SIM, setidaknya memper-lihatkan pelajaran menarik, bah-wa KPK sekarang sudah memper-gunakan UU TPPU untuk men-jerat tersangka koruptor di negeriini. Hasil kerja KPK ini patut di-apresiasi kita bersama dan meru-pakan momentum yang sangatpas untuk memulai mengaplikasi-kan UU TPPU untuk menjerat se-orang tersangka tindak pidanakorupsi.

Hindari PelacakanHindari PelacakanHindari PelacakanHindari PelacakanHindari PelacakanMaklum, area korupsi senan-

tiasa dan hampir pasti menyen-tuh area pencucian uang. Seor-ang koruptor bisa dipastikan in-

gin 'mencuci' uang atau dana ha-sil kejahatan korupsinya melaluiberbagai cara, agar tidak terla-cak oleh aparat penegak hukum.Uang hasil korupsi yang sebel-umnya haram, coba dicuci akankeluar dari sistem keuanganmenjadi uang halal. Itu adalahmodus umum yang biasanya di-pakai oleh para koruptor sekali-gus para pencuci uang di negeriini. Pola-pola umumnya, hampirmirip atau bahkan sama modusoperandinya.

Zaman makin canggih, parakoruptor jelas makin pintar me-mainkan proses pencucian uang-nya. Mereka tidak lagi meng-gunakan rekening bank, atau ka-lau ada, coba diminimalisasikansekecil mungkin. Untuk meng-aburkan jejaknya, mereka biasan-ya langsung menggelontorkanuang haramnya dalam berbagaibentuk investasi yang tidakmudah untuk dedengus aparatpenegak hukum. Sebab, kalaumenggunakan rekening bank,sangat mudah untuk dimonitoroleh Pusat Pelaporan dan Anali-sis Transaksi Keuangan (PPATK).

Berbeda halnya apabila tidakmenggunakan rekening di bank,maka keberadaan uang haramn-ya tidak mudah terdeteksi aparat.Banyak cara dilakukan, misalnya,dengan cara menbenamkan uangharamnya dalam bentuk sektorriil (dunia bisnis/usaha), yakni

dalam bentuk kepemilikan sahamdi beberapa korporasi atau peru-sahaan. Atau, langsung menan-amkan modal pada beberapa sek-tor usaha secara bertahap, seh-ingga transaksi yang dilakukantidak terdeteksi, karena tidak akankeluar dari profil keuangan si ko-ruptor (karena tidak melampauibatas transaksi wajarnya).

Para koruptor senang meng-gunakan dana tunai, tanpa mela-lui bank, sehingga tidak mudahuntuk terendus transaksi men-curigakannya. Selain itu, banyak

pula modus lainnya seperti pem-belian rumah atau tanah.

UU TPPU No. 8 tahun 2010 me-mang telah mengatur masalah ini.Pihak pelapor dalam hal ini penyedia barang atau jasa sepertiperusahaan properti atau agenproperti, dealer mobil harus me-laporkan setiap terjadinya tran-saksi di atas Rp 500 juta. Namun,bisa dipastikan sangat sedikit agenproperti atau developer yang ra-jin dan rutin membuat laporansecara berkala ke pihak PPATK.

Padahal, harga rumah yang di-jual rata-rata mungkin sudah diatas Rp 500 juta. Terlebih, apabilasi pencuci uang membeli assetproperty atau tanah bukan dariperusahaan developer, namunlangsung dari perorangan (personto person), maka hampir dipasti-kan tidak akan ada data di PPATK.Si pencuci uang ini tidak akan bisaterdeteksi kejahatan pencucianuangnya. Begitu pula denganpembelian mobil mewah atau in-vestasi dalam bentuk sektor riilsecara bertahap juga tidak akanbisa termonitor dengan baik olehPPATK.

Oleh sebab itu, asset tracingyang dilakukan oleh PPATK haruskomprehensif dan aktif secaracerdas mencari data di lapangandari banyak pihak. Bahkan, tran-saksi yang berkisar di bawah Rp500 juta pun harus bisa dideteksi,karena kecenderungan dari pen-

Oleh Susidarto

DIUSIRNYADIUSIRNYADIUSIRNYADIUSIRNYADIUSIRNYA pasien miskin asal DesaTuah Karya, Kecamatan Tambang,Kabupaten Kampar, Abdul Kamil (44)oleh manajemen RSUD Arifin Achmad(AA), Selasa (26/2) walau kesehatannyabelum pulih memang sangat mempri-hatinkan. Padahal, RSUD merupakanalternatif bagi masyarakat, khususnyagolongan miskin untuk berobat.

Perlu pertimbangan bagi menaje-men RUSD AA, bahwa setiap orangtak menginkan dirinya untuk miskin.Sebab, kemiskinan yang terjadi sela-ma ini tak lebih akibat salah urusnyanegeri ini oleh orang-orang yang ber-mental koruptor. Semua tahu, kalaul-ah APBD Riau maupun kabupatenkota benar-benar diurus dan takbanyak menguap, bakal tak banyak

orang miskin di Riau.Begitu pula, tidak akan ada orang

yang mau sakit hingga menderita danharus menginap di rumah sakit. Kon-disi lah yang menyebabkan merekasakit, dan parahnya lagi kondisiekonomi sulit yang menyebabkanmereka tak mampu membayar. Kalautidak mana mungkin mereka tahanmalu, untuk tak membayar biaya ber-obat. Apakah manajemen RSUD takmemiliki solusi, seperti sub sidi silangdan lain sebagainya? Sementara begi-tu banyak kasus korupsi yang melen-yapkan uang negara, belum lagi yangbelum terungkap.

Rahmad Darsono,Rahmad Darsono,Rahmad Darsono,Rahmad Darsono,Rahmad Darsono,Kabupaten KamparKabupaten KamparKabupaten KamparKabupaten KamparKabupaten Kampar

Perdebatan Tak Berujung Kolom Kami

MENJADIMENJADIMENJADIMENJADIMENJADI kepala daerah memangbanyak cobaannya. Berbagai resi-ko jabatan, fitnah, kritik dan hasu-tan dari masyarakat dan lawan poli-tik selalu menghantui setiap hari.Meski begitu, jabatan sebagai pen-guasa daerah selalu menjadi rebu-tan walau harus berkorban uangmiliaran rupiah.

Kali ini cobaan berat sedang di-alami Bupati Indragiri Hulu, YopiArianto. Bupati termuda di Provin-si Riau itu (pernah menjadi kepaladaerah termuda se-Indonesia) kinijadi bulan-bulanan para anggotaDewan setempat gara-gara mutasiyang dilakukannya belum lama ini.

Masalah ini muncul karena Yopimengangkat seorang mantan na-rapidana kasus korupsi sebagai pe-jabat struktural. Tidak hanya itu,dalam sambutannya Yopi jugamengeluarkan pernyataan yangmengajak warga beramai-ramaimembahas APBD Inhu secara ber-sama di halaman DPRD Inhu.

Sebenarnya jika ditelaah lebihdalam, maksud dari pernyataantersebut adalah sebuah bentuktranparansi dan bentuk kedekatanYopi dengan masyarakat. Ia tidakingin menutup-nutupi kegunaandan kemana saja anggaran daerahitu dipakai. Dengan melibatkanmasyarakat, berbagai keluhan dan

pan politik di Tanah Air. Sehinggamenyebabkan para politikus ber-pikir praktis dan menyederhana-kan segala tujuan demi memenu-hi ambisi untuk berkuasa. Di In-donesia profesi sebagai pejabatyang duduk di berbagai lembagalegislatif, eksekutif dan yudikatifmasih menarik minat banyak or-ang. Setidaknya bagi mereka yangkini aktif di berbagai organisasisosial dan politik.

Politik transaksional memangbisa memuluskan ambisi parapolitikus menduduki berbagai ja-batan mentereng. Akan tetapi itubisa mengakibatkan buruknyakualitas moral para politikus itusendiri, sebab mereka berpikirbahwa dengan bermodalkan uangyang cukup besar bisa memulus-kan karier politik mereka. ***

Penulis adalah maha-Penulis adalah maha-Penulis adalah maha-Penulis adalah maha-Penulis adalah maha-siswa program pascasarja-siswa program pascasarja-siswa program pascasarja-siswa program pascasarja-siswa program pascasarja-na Magister Ilmu Komuni-na Magister Ilmu Komuni-na Magister Ilmu Komuni-na Magister Ilmu Komuni-na Magister Ilmu Komuni-

kasi Universitas Dipone-kasi Universitas Dipone-kasi Universitas Dipone-kasi Universitas Dipone-kasi Universitas Dipone-goro Semarang.goro Semarang.goro Semarang.goro Semarang.goro Semarang.

PERILAKUPERILAKUPERILAKUPERILAKUPERILAKU sebagian politikus dinegeri ini semakin hari kian men-cengangkan. Bagaimana tidak,terseretnya sejumlah tokoh poli-tik dalam berbagai kasus korupsipadahal selama ini dipercaya se-bagai sosok yang jujur, cerdas,alim dan santun, telah membalik-kan anggapan positif tentangkredibilitas para politikus.

Apalagi kalau yang terseret ka-sus korupsi itu adalah politikusjuga wakil rakyat duduk di DPR/DPRD maupun DPD RI, tentusangat menyakitkan sanubaripublik. Sebab kasus tersebut te-lah menyobek kesadaran publik,bahwa para wakil rakyat sudahbukan orang-orang kepercayaanrakyat lagi. Melainkan merekayang bekerja untuk meraih visi danmisi pribadi, segala perbuatannyabukan untuk mewakili aspirasipublik.

Ada semacam kredo yang ber-kembang di tengah masyarakat,bahwa dunia politik itu sarat den-gan tukar-menukar jasa, ataudalam bahasa perniagaan disebutsebagai proses transaksional.Artinya, ada tukar-menukar jasadan barang yang terjadi antarapara politikus dengan konstituenyang diwakili maupun denganpartai politik. Dengan demikian,semakin banyaknya politikus yangterjerembab dalam skandal ko-rupsi, menunjukkan kepada pub-lik akan praktik politik transak-sional tersebut.

Di masa kampanye, para poli-tikus mengeluarkan banyak dana

kekurangan yang dialami ma-syarakat selama ini dapat diketahuisecara langsung olehnya, tanpaharus mendengarnya dari bawah-an terlebih dahulu.

Tapi apa daya, sejumlah anggo-ta Dewan berpendapat berbeda.Pernyataan Yopi itu malah diangapsebagai bentuk provokasi danketidakpercayaan terhadap lemba-ga legislatif. Perang statement punterjadi, media massa ramai-ramaimemberitakan.

Buah dari masalah ini malahmerugikan orang-orang yang terli-bat di dalamnya. Dari masalah inipula muncul statement yang me-nyebutkan bahwa anggota Dewantolol karena tidak berpikir duludalam mengeluarkan statementkepada media.

Lalu siapa yang dirugikan dalammasalah ini? Tentu saja masyarakatKabupaten Inhu, karena Bupati danpara wakilnya di lembaga legislatifdisibukkan oleh hal-hal yang tidakperlu terjadi. Jika semua jeli danberpikir jernih, banyak persoalanyang kini dihadapi masyarakatmendesak diselesaikan.

Hal ini dapat dilihat dari bany-aknya permasalahan yang meng-gantung. Misalnya saja persoalankonfilik lahan antara masyarakatdengan beberapa perusahaan. Wa-

laupun sudah ada tim yang diben-tuk, namun tetap saja tidak adapenyelesaian.

Sebaiknya, perdebatan antaraBupati Inhu dan DPRD ini juga ter-dengar lucu. Kurang etis rasanya jikaDewan menuding Bupati mempro-vokasi masyarakat. Pernyataan Bu-pati itu adalah merupakan tero-bosan yang harus dimaknai dari sisipositif.

Jika Dewan yang menanggapihal itu dengan menyatakan mem-provokasi masyarakat ataupunmenyatakan perang, hal itu se-makin menunjukkan bahwa ang-gota DPRD Inhu (yang terlibatdalam hal ini) tidak memiliki wa-wasan dan tidak ingin adanya ket-erbukaan.

Masyarakat juga tahu berbagaikebijakan yang diambil DPRD malahtidak pro rakyat. Contohnya sajapencoretan anggaran pemban-gunan Kantor Dinas Kependudu-kan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)oleh DPRD Inhu pada pembahasanAPBD tahun 2013 lalu. Padahal kon-disi Kantor Disdukcapil saat inisudah memprihatinkan dan kuranglayak untuk pelayanan publik.

Belum lagi pencoretan anggaranpembelian alat berat yang diajukanDinas Pekerjaan Umum (PU) un-tuk ditempatkan di daerah-daerah

yang infrastrukturnya buruk. Andaisaja Dewan mengabulkan anggaranitu, masyarakat tidak harus bersus-ah payah melintasi jalan buruktersebut ketika harus menjual hasilpertaniannya ke kota. Selain itu,mobil pengangkut sembako jugatidak saban hari terpuruk di jalanberlobang saat mendistribusikanbarang bawaannya.

Sudahlah, sebaiknya para pe-mimpin daerah jangan sibuk ber-debat dan mempertontonkan per-selisihan. Masyarakat sangat mem-butuhkan kinerja demi kesejahter-aan. Janganlah masyarakat disugu-hi perdebatan yang tak berujung.Dan untuk selanjutnya, sebaiknyamasyarakat lebih cerdas dalammemilih wakil yang mengerti akantugasnya. (***)

MARZULI ADIRedaktur Harian Vokal

Page 5: Harian Vokal edisi 28 Februari 2013

Penanggung Jawab/Redaktur: IDRUS YAMIN Perwajahan: HASAN SHOLIHIN

HUKUM dan KRIMINAL 5HARIAN VOKALKAMIS 28 Februari 2013/18 Rabiul Ahir 1434 H

Kejari Musnahkan BB Perkara 2012Barang bukti yang dimus-

nahkan berupa ganja seber-at 497,41 gram, sabu-sabu

s e b e r a t7 1 8 , 4 6gram dan

ekstasi sebanyak 261 butirserta sejumlah barang buktiperkara lainnya. Pemusnah-an BB ini disaksikan sejumlahpihak terkait, di antaranyaBBPOM, Kepolisian dan lain-lain.

Kasi Pidum Kejari Pekan-baru Hendi Arifin, SH, kepa-

da sejumlah wartawan usaipemusnahan mengatakat,setelah perkaranya dinyata-kan inkrah, sejumlah barangbukti tersebut dimusnahkan.

Semua BB yang dimus-nahkan merupakan barangbukti dari 219 perkara yangmereka tangani tahun 2012,

terdiri dari perkara psikotro-pika, perjudian, perkara pan-gan dan pelanggaran hakcipta. Rinciannya, perkarapsikotropika sebanyak 196perkara, kasus judi atau pel-anggaran Pasal 303 KUHP 19perkara dengan BB beruparekap, Hp, BB jenis judi lain-

nya.Sementara perkara pan-

gan ada 2 kasus denganbarang bukti minuman ka-leng Krantidaeng Redbull il-legal sebanya 100 kraft danmakanan ringan jenis per-men, serta perkara hak ciptasebanyak 2 perkara. (***)

LAPORAN:ZULKIFLI / PEKANBARU

Pekerja Batu Bata Tewas dalam Sumur Diduga Bunuh Diri Diduga Bunuh Diri Diduga Bunuh Diri Diduga Bunuh Diri Diduga Bunuh Diri

PEKANBARU (VOKAL)-Wargasekitar Jalan Alpina, KelurahanMuara Fajar, Kecamatan Rum-bai, Rabu (27/2) pagi sekitarpukul 09.00 WIB dikejutkan de-ngan penemuan sesosok may-at bernama Isaria (35) dalamkondisi sudah meninggal dalamsumur tempatnya bekerja.

Korban sehari-sehari dike-tahui pembuat batu bata di dae-rah Muara Fajar. Jasad korbanpertama kali ditemukan anak-

nya Anisa. Korban sejak Selasa(26/2) setelah berangkat kerjatidak lagi pulang ke rumah.

Pihak keluarga dibantu re-kan-rekan korban berupayamencari tahu keberadaan kor-ban. Setelah dilakukan pencari-an, saksi yang tak lain anak kor-ban sendiri mendapati sandalorang tuanya di sekitar sumurdi tempat korban bekerja. Mera-sa curiga, saksi pun menoleh kedalam sumur. Saat itulah saksimelihat sesosok tubuh manusiaada dalam sumur.

Spontan saksi berteriak se-hingga mengundang warga se-tempat. Warga sekitar yang takmau ambil resiko lalu melapor-kan penemuan mayat ini kePolsek Rumbai. Dibantu wargasetempat, petugas kepolisianmengeluarkan jasad korban daridalam sumur. Begitu tubuh kor-ban berhasil dikeluarkan, saksimenjerit sekuatnya setelah tahuyang ada di dalam sumur ituorang tuanya.

Yasman saksi teman satukerja korban kepada Kepolisian

mengatakan, hari Selasa(26/2) korban masih be-kerja seperti biasa dantak ada tanda-tanda kalaukorban ada masalah. Usaijam kerja, korban punpamit pulang. Namun se-belum pamit korban sem-

pat ke belakang dulu dan sejakitu saksi mengira kalau korbansudah pulang.

Kapolresta Pekanbaru melaluiKasat Reskrim Kompol Arief Fa-jar Satria, SH Sik MH mengatakan,dari hasil penyelidikan dan olahTKP, pihak Kepolisian mendugakorban tewas akibat terjatuh kedalam sumur sehinga bagian ke-palanya luka robek karena terben-tur bagian sumur. "Di tubuh kor-ban tidak ditemukan adanya tan-da-tanda kekerasan," katanya.

Namun Kapolsek Rumbai Pe-kanbaru AKP Dwi Atmaja se-cara terpisah mengatakan, ha-sil pandangan kasat mata tidakada tanda-tanda kekerasan. Iadiduga korban bunuh diri kare-na saat diperiksa polisi mene-mukan batu yang diikat di le-hernya. (zkf/ymg,rus)

Polsek Sungai ApitAmankan 5 Tersangka Ilog

SEI APIT(VOKAL)-

illegal logging(ilog)

(sol)

Page 6: Harian Vokal edisi 28 Februari 2013

EKONOMI6HARIAN VOKAL

FITRI MAYANI

KAMIS 28 Februari 2013/18 Rabiul Akhir 1434 H

AUD 10,032.96 9,927.33EUR 12,762.13 12,631.01JPY 10,541.45 10,429.90KRW 8.97 8.88MYR 3,146.45 3,112.83SGD 7,878.20 7,794.01USD 9,754.00 9,656.00

Mata Uang Jual BeliKURSKURSKURSKURSKURS

Sumber : Bank Indonesia

UmurTanaman

Harga TBSLama

(Rp/Kg)Baru

(Rp/Kg)

Sumber : Disbun Riau

3Tahun4Tahun5Tahun6Tahun7Tahun8Tahun9Tahun>=10 Thn

Rp1.030,23Rp1.151,72Rp1.232,95Rp1.268,08Rp1.316,82Rp1.357,79Rp1.400,68Rp1.440,34

Rp984,77Rp1.100,92Rp1.178,58 Rp1.212,14Rp1.258,73Rp1.297,90Rp1.338,88Rp1.376,80

Gubri Ajak Dunia Perbankan Bangun Riau

LINTAS

PEKANBARU (VOKAL) - Gubernur Riau HM RusliZainal mengajak dunia perbankan untuk bersama-sama membangun Riau. Karena itu, gubernur punmeminta melalui Bank Indonesia (BI) untuk membuatsatu Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang)untuk memetakan semua potensi usaha masyarakatyang ada di provinsi ini.

AirAsia X Sediakan Layanan Karpet Merah untuk Penumpang

Ketua DPP Aspeksindo BertekadPerjuangkan Pengusaha Konstruksi Lokal

Kejar Target, KPP SenapelanJemput Pajak Karyawan PT CPI

Melalui peta tersebut diha-rapkan, semua potensi usahayang mungkin selama ini belumterjamah, bisa lebih diberdaya-kan lagi. Sebab pertumbuhanekonomi melalui kredit yangdikucurkan bank-bank selama inilebih bertumpu di perkotaan saja.Padahal jika pengembanganpotensi usaha tersebut diperluasdengan mengembangkan ja-ringan-jaringan baru tentu, per-tumbuhan ekonomi Riau yangsaat ini sudah baik akan dapatlebih besar lagi.

"Saya minta BI supaya mem-bantu Balitbang untuk meme-takan potensi usaha. Ini pentingdilakukan, supaya pengem-bangan usaha melalui kreditberjalan merata. Dampaknyatentu saja kemajuan Riau juga,"kata gubernur usai menjadipembicara di aula kantor BI, jalanSudirman Pekanbaru. Hadir dian-taranya Kepala BI, Mahdi Mu-hammad, para pejabat BI, duniaperbankan, serta Plt Karo HumasPemprov Riau, Muhammad Gun-tur, Rabu (27/2).

Diakui gubernur, hingga saatini sebagian besar masyarakatkhususnya mereka yang ada di

pedesaan masih merasa awamdengan istilah perbankan. Pada-hal disana juga tidak sedikitpotensi ekonomi yang terustumbuh. Baik itu mereka yangada di sektor pertanian, perke-bunan dan lainnya. Untuk me-ngenalkannya tentu BI dan duniaperbankan lainnya harus terusmelakukan berbagai programpengembangan yang lebih krea-tif lagi.

Lebih lanjut, gubernur jugabanyak memaparkan tentangpeningkatan signifikan pertum-buhan ekonomi secara global diRiau. Berdasarkan data yangdisampaikan BI, pertumbuhanperekonomian Riau itu sangatmengembirakan sekali. Hal iniditandai melalui data PDB me-nunjukan Rp469,1 triliun, itu adadi Riau. Artinya, 5,7 persen po-tensi PDRB nasional dari Rp1.500triliun yang ada.

Sementara tercatat, total asetperbankan di Riau mencapaitelah mencapai Rp71 triliun lebih.Ini juga tergolong tinggi jikadibandingakan dengan daerahlainnya di Indonesia. Dengancatatan-catatan pertumbuhanyang terus bergerak siginifikan

LAPORAN:MOKHTIAR/PEKANBARU

tersebut menempatkan Riau diposisi 5 di Indonesia.

Namun begitu, Rusli juga tidakmenampik jika saat ini masihharus banyak melakukan per-baikan. Karena itu, jika memangperbankan, dunia usaha ber-sama-sama bergerak memba-ngun Riau dengan garis-garisyang telah dibuat pemerintah

provinsi, tidak mustahil ke depanRiau dalam hal perekonomianakan mampu mensejajarkandengan kota-kota besar terutamadi Jawa, yang dikenal sebagaipusatnya perekonomian.

"Untuk mewujudkannya, kitaharus bersama-sama bergan-deng untuk mewujudkan ke-sejahteraan melalui programperekonomian demi Riau yanglebih baik," terangnya.

Ada pun soal pertumbuhan

kredit kata Rusli, Riau saat inimasih berada di kisaran Kaltim,Sumsel dan Sumut. Untuk Suma-tera Riau masih berkutat di nomor3 meski secara persentase tidakbegitu jauh. "49 persen sektorindustri yang paling besar di Riau.Artinya di sini ada pembangunanyang dilakukan pemerintah dandunia usaha. Ini tentu saja akanberdampak dengan perekono-mian masyarakat juga," ungkapRusli lagi. (***)

kan mencapai 60 miliar perbulan.Mariyaldi juga mengatakan,

selama ini para karyawan CPIselalu jujur membayar pajakmereka. Sekitar 5.000 wajib pajakdi perusahaan itu, semuanyamembayarkan pajak mereka de-ngan teratur.

Staf Humas PT CPI Okta HeriFandi menjelaskan, sebelumnyabagian keuangan perusahaan itumengirimkan email kepada ma-sing-masing karyawan tentangcara mengisi formulir pemba-yaran pajak. "Jadi saat datang kepetugas pajak hari ini, merekatinggal menyerahkan formuliryang telah diisi. Tak perlu lagi so-sialisasi," katanya.

Dengan sistem itu, proses pem-bayaran pajak para karyawan me-makan waktu yang relatif cepat. Inidianggap cukup menguntungkankedua belah pihak. Para karyawantak perlu buang waktu kerja me-reka untuk mengurus pajak, se-mentara petugas pajak juga di-mudahkan pekerjaannya.

IT Professional PT CPI Mu-hammad Iwan mengatakan, telahmenyetorkan pajaknya sejak 1991lalu. Ia berharap pajak yangdibayarkannya dioptimalkan pe-merintah penggunaannya, te-rutama untuk memperbaiki sara-na pendidikan, kesehatan daninfrastruktur.

PEKANBARU (VOKAL)-KantorPelayanan Pajak (KPP) Senapelan,sejak tiga hari terakhir, menjemputpajak karyawan PT Chevron PacificIndonesia (CPI). Rabu (27/2), karya-wan CPI di kantor Rumbai beramai-ramai menyetorkan pajaknya ke-pada petugas pajak yang sengajamembuka stand di sana.

Kepala Seksi Pelayanan KPP Se-napelan Mariyaldi mengatakan,sistem jemput bola yang dila-kukannya dimaksudkan untuk me-mudahkan para wajib pajak mem-bayarkan pajaknya. Sejauh ini,beberapa instansi menyambut baiksistem itu.

"Setelah dari CPI ini, kami akanmelanjutkan penjemputan ini keRSUD Arifin Achmad, Korem, BeaCukai dan Disdik Pekanbaru," kataMariyaldi.

Selain jemput bola ke instansidan perusahaan, KPP juga mem-buka stand di Mal Pekanbaru yangberoperasi setiap hari dari pagihingga pukul 20.00.

PT CPI termasuk penyetor terbe-sar di Riau dari pajak perorangan."Setiap bulan sekitar Rp20 miliardana pajak dari para karyawanChevron mencakup Duri, Dumaidan Rumbai, yang disetorkan ke-pada negara," katanya.

Sebelum dipisah dengan KPPMadya Pekanbaru, dana pajak parakaryawan perusahaan minyak itu bah-

PEKANBARU (VOKAL) - Ketua DewanPimpinan Provinsi (DPP) Riau, AsosiasiPengusaha Konstruksi Indonesia (As-peksindo ), Supirman, S.Kom yang baruterpilih pada Musyawarah provinsi V,Rabu (27/2) di Grand Central Hotel,Pekanbaru bertekad memperjuangkannasib pengusaha jasa konstruksi lokal.Pasalnya, selama ini, dia menilai pe-ngusaha jasa konstruksi lokal kurangmendapat kesempatan untuk bersaingsecara sehat dengan pengusaha jasakonstruksi dari BUMN.

"Perhatian pemerintah daerah nyaristidak dirasakan oleh pengusaha jasakonstruksi lokal. Bahkan sebaliknya,pemerintah terkesan melakukan pem-bunuhan secara perlahan. Sepanjangtidak ada usaha Pemda melakukan pem-binaan, maka pengusaha jasa konstruksilokal akan mati satu persatu," ungkapSukirman menjelang pelantikan PengurusDPP Aspeksindo.

Dijelaskan Sukirman, kenapa berbagaiproyek selalu dimenangkan perusahaanplat merah? Sebab pemerintah sertaowner di Riau lebih mempercayai pe-rusahaan BUMN. Alasannya, selainperusahaan BUMN sudah handal dalambidangnya, juga diisi oleh SDM-SDM yangprofesional yang pekerjaannya juga ter-bilang bersih. Kendati demikian, tidak ter-tutup kemungkinan bagi pengusaha jasakonstruksi lokal untuk bersaing, bilamanaada kebijaksanaan dari pemerintah.

Sebagai pemegang kebijakan, kataSupirman, pemerintah daerah berhak

membatasi porsi proyek bagi pengu-saha lokal dan bagi pengusaha nasional.Sehingga, tercipta persaingan secarasehat dan terjadi pemetaan mana yangdomain pengusaha jasa konstruksi lokaldan mana domain BUMN.

"Ketika pemerintah baik kabupatenkota maupun provinsi di Riau ini tidakmemberikan tempat khusus kepadapengusaha jasa konstruksi lokal, makatidak terjadi persaingan secara sehat.Bahkan, mungkin bisa disebut terjadimonopoli proyek yang selalu dikemasioleh BUMN,"kata Supirman, yang jugamenyandang amanah sebagai ketuaKadin Kota Pekanbaru ini.

Dia juga mengakui, banyaknya peker-jaan perusahaan konstruksi lokal yangterbengkalai selama ini. Hal tersebutdipicu oleh tiga hal, yakni, selain peru-sahaan jasa konstruksi lokal masih adayang kurang profesional juga dipengaruhioleh faktor alam. Sedangkan yang ketigakebanyakan akibat perencanaan dinasterkait yang tidak sesuai dengan per-janjian kerja dengan perusahaan.

Untuk mengubah kondisi yang selamaini menyulitkan perusahaan jasa kon-truksi lokal, Supirman berjanji akanmengemban amanah sebagai ketua DPPAspekindo sebaik-baiknya sampai empattahun mendatang.

Adapun upaya yang akan dilakukanyaselama periode 2013-2017 ini yaknimengintensifkan pembinaan dan pe-ningkatan kualitas perusahaaan kons-truksi melalui berbagai pelatihan. (ynl)

BI Diminta Petakan Potensi Usaha

PEKANBARU (VOKAL)-

(mg1)

Bfit Beri DiskonHingga 30%

PEKANBARU (VOKAL)-

.(isn)

Global TeleshopPromo Cash Back

JAKARTA (VOKAL) - AirAsia X,afiliasi AirAsia yang melayanipenerbangan jarak jauh, Rabu (27/2) kemarin meluncurkan layananterbaru yaitu “Karpet Merah”,layanan khusus untuk para pe-numpang yang ingin menda-patkan pengalaman check-in lebihpersonal di Low Cost Carrier Ter-minal (LCCT), Kuala Lumpur.

AirAsia sendiri telah melun-curkan layanan karpet merahpada bulan Maret 2012. Kini Air-Asia X berkolaborasi denganAirAsia turut menyediakan la-yanan ini untuk para penumpangyang ingin terbang ke berbagai

destinasi jarak jauh."Keistimewaan yang akan dida-

patkan oleh para penumpangyang menggunakan layanan Kar-pet Merah diantaranya adalahcheck-in counter khusus, prioritasuntuk check-in Bagasi, akses untukke Lounge Plaza Premium di LC-CT, jalur cepat di bagian imigrasi,dan prioritas untuk pemeriksaankeamanan, masuk ke dalam pesa-wat (berdasarkan lokasi parkirpesawat) serta prioritas bagasi didestinasi tujuan," ungkap CEOAirAsia X, Azran Osman Ranikepada Harian Vokal melalui jurubicaranya Sherliza Saharudin.

Dikatakan, Azran, para penum-pang dapat memesan layanan inisecara online atau saat di Bandara.Counter Karpet Merah berada dicounter S25 dan S26. Bila terjadipembatalan atau keterlambatanpenerbangan, para penumpangberhak mendapatkan pengem-balian uang (refund) atau meng-gunakan layanan Karpet Merah dipenerbangan mereka selanjutnya."Untuk informasi lebih lanjut,silakan kunjungi www.airasia.com,"tukasnya.

"AirAsia X sangat senang dapatmenyediakan layanan Karpet Me-rah untuk para penumpang. Se-

perti sebuah layanan VIP, parapenumpang kini dapat meng-gunakan layanan Karpet Merahdan mendapatkan prioritas mulaidari check-in sampai masuk kedalam pesawat," ujarnya.

Menurut Azran, Karpet Merahmerupakan layanan tambahanyang sangat berguna untuk me-lengkapi rencana penerbanganjarak jauh, tentunya dengan har-ga yang terjangkau. "Kami selaluberusaha memastikan keperluanpenumpang dapat terpenuhi de-ngan terus meningkatkan layanandan fasilitas. Melalui usaha ter-sebut, kami berharap dapat terus

memberikan kenyamanan ekstradan pilihan yang lebih baik untukpara pelanggan kami. DenganLayanan Karpet Merah, Kini Sia-papun dapat berada di KarpetMerah," tambah Azran.

Sedangkan para penumpangdari Indonesia, tuturnya lagi, juga

akan dapat menikmati la-yanan terbaru dari AirAsiaX ini. Bagi mereka yangberada di kota-kota besarseperti Jakarta, Bandung,Surabaya, dan Bali, akanlebih mudah dan nyamanterbang menuju kota-kotamenarik di Cina, Jepang, Ko-rea, dan Australia denganmenggunakan layanan fly-thru dan Karpet Merah.

AirAsia X, ungkapnyalagi, merupakan maskapaiyang melayani penerba-

ngan jarak jauh dan berbiayahemat pertama yang memper-kenalkan kursi Flatbed denganspesifikasi standar kelas bisnis,yaitu lebar 20’’, pitch 60’’ dan 77”dalam posisi berbaring penuh.Berbagai fitur juga tersedia dikursi tersebut, seperti powersocket, headrest yang dapatdisesuaikan serta berbagai per-sonal utility seperti tray table,tempat untuk meletakkan cang-kir, lampu membaca, dan layarpribadi. Para pelanggan jugadapat menikmati berbagai la-yanan tambahan berkualitasdari AirAsia X seperti Pick ASeat, Priority Check-in, PriorityBoarding, Priority Baggage, 25kgBaggage Allowance, Compli-mentary Meal dan Bantal sertaDuvet.

Selain itu, kata Azran, belumlama ini AirAsia X juga mem-perkenalkan kabin “Quiet Zo-ne” untuk penerbangan me-nuju Cina, Taiwan, Jepang, Ko-rea, Australia, dan Nepal. La-yanan ini dikhususkan untukpenumpang dengan usia di-atas 12 tahun. Kabin “QuietZone” menghadirkan bebe-rapa fitur seperti pencahayaanlembut, atmosfer yang lebihsantai, yang pastinya akanmemberikan pengalaman per-jalanan yang lebih menye-nangkan untuk para penum-pang. (ysm)

PESAWAT NET

FINANCIAL INCLUSIONFORUM 2013-

INT

Page 7: Harian Vokal edisi 28 Februari 2013

SAMBUNGAN 7HARIAN VOKALKAMIS 28 Februari 2013/18 Rabiul Akhir 1434 H

Penanggung Jawab/Redaktur: RIDWAN ALKALAM Perwajahan: ABDAWIZA

KEMENANGANKEMENANGANKEMENANGANKEMENANGANKEMENANGAN ini menjadirefleksi tersendiri dari strategiserta taktik sempurna yangditerapkan tim tamu. RamuanJose Mourinho terbukti suksesmenahan semua corong ber-bahaya tuan rumah. Walhasil,Real Madrid tampil luar biasadan sukses membuat frustrasipemain Barcelona. El Realmemanfaatkan situasi tersebutdan mendapatkan hadiah ten-dangan penalti pada menit ke-13 setelah Gerard Pique me-langgar Cristiano Ronaldo.

Cristiano Ronaldo yangmenjadi eksekutor tidak me-nyia-nyiakan hadiah tendanganpenalti tersebut. Sepakan kerasmendatarnya ke sisi kiri mem-buat Pinto tidak sanggup me-nebak arah bola. Gol ini me-nempatkan Ronaldo sebagaisatu-satunya pemain sepanjangsejarah yang selalu mencetak golpada enam laga tandang ElClasico secara beruntun.

Tertinggal, Barca meng-

gempur pertahanan Madrid.Namun, Lionel Messi dkk me-ngalami kesulitan dengan linipertahanan Madrid yang ber-main rapat untuk membendungserangan sporadis mereka. Baksenjata makan tuan, Barcelonayang terlalu sibuk membongkarpertahanan Real Madrid kem-bali kebobolan pada menit ke-57. Dalam sebuah seranganbalik, Angel Di Maria yang suksesmembuat Carles Puyol terjatuhberhasil melepaskan tembakan.Pinto berhasil memblok tem-bakan tersebut, tetapi bola jatuhke kaki Ronaldo. Ronaldo yangberdiri bebas secara mudahmenyarangkan bola ke tengahgawang, sekaligus mengubahskor 2-0 untuk El Real.

Los Blancos kembali me-nambah pundi gol pada menitke-68 melalui tandukan Ra-phael Varane menyambut ten-dangan penjuru Mesut Ozil.Varane lolos dari pengawasanpemain-pemain Barcelona dan

Strategi.....................................................Sambungan Hal 1langsung melepaskan tandukanyang membuat Pinto hanyaterdiam melihat laju bola.

“Kami senang dan ketikakami bermain seperti itu, sebagaisebuah tim, kami tahu kami bisamenang,” ucap Varane dikutipdari situs resmi Real Madrid. Skor1-3 merupakan kekalahan terbe-sar Barcelona di Camp Nou sejakkalah 0-2 dari Hercules pada 11September 2010. Sedangkan,Real Madrid terakhir kali mence-tak 3 gol di Camp Nou pada 10Maret 2007 ketika bermainimbang 3-3 dengan Barcelona.

Sementara itu, Dani Alvesmenilai timnya tidak bermainbaik, melakukan banyak kesa-lahan. Alves, yang menilai Barcatidak tampil sesuai gaya permai-nan merekam, engatakan tidakada ruang bagi kesalahan jikaBarcelona tidak bermain bagus.Secara khusus, Alves menilai linidepan Real Madrid sangat cepatdan barisan pertahanan merekasangat rapat. (ymg,sad)(ymg,sad)(ymg,sad)(ymg,sad)(ymg,sad)

PROYEKPROYEKPROYEKPROYEKPROYEK PLTU di Kaltim danRiau.

Menurut Dahlan, permin-taannya kepada KPK tersebutjuga sudah disampaikan me-lalui surat No S-132/MBU/2013, 26 Februari 2013, perihal:Penyidikan Tenter PLTU Kal-tim dan Riau.

Dahlan menjelaskan prosestender kedua proyek tersebutterjadi tahun 2011 lalu, saatdirinya menjabat sebagai Di-rektur Utama PT PerusahaanListrik Negara (PLN). Dahlanmengaku, dirinya mendapatlaporan dari pihak perusahaanyang kalah dalam tender ter-sebut. Perusahaan itu merasaharga yang diajukannya jauhlebih rendah dibandingkandengan harga perusahaanpemenang tender PLTU diKalimantan Timur dan Riau.

Dahlan Iskan menegaskan,dirinya sempat meminta ke-pada jajaran direksi untukmenunda pengumuman pe-menang tender. Namun se-telah diadakan pengecekanulang, kata direksi tidak adayang salah.

“Saya sekali lagi minta pe-meriksaan ulang seluruh pro-ses tender dengan mengha-dirkan pihak yang kalah untukdiminta menjelaskan hitung-hitungannya disaksikan leveldireksi. Kesimpulan direksiyang disampaikan kepada sayatetap, yang sudah ditetapkantim tender itu yang menang,”kata Dahlan.

“Saya sudah minta agartidak ada kongkalikong. Tapikok ada orang yang mengadukepada saya harganya lebihrendah kok kalah ya, kok

penawaran lebih rendah kokkalah. Padahal waktu itu sayaminta tender tidak boleh main-main sama sekali. Saya berkali-kali minta diteliti ulang (prosestender) ,” tambah Dahlan.

Dahlan mengatakan, nilaisatu proyek PLTU Rp800 mi-liar. Sehingga nilai total keduaproyek PLTU tersebut Rp1,6triliun.

Ditanya dugaan pejabatyang bermain mata dalamproyek ini, Dahlan engganmenyebutkan. Namun de-mikian, kata Dahlan, untukmemastikan tidak adanya tin-dakan yang melanggar etikadan hukum, baik di tingkatdireksi sampai staf, Dahlanminta pihak KPK dapat me-lakukan penyelidikan dan pe-nyidikan. “Ini juga untuk me-mastikan bahwa tidak ada or-ang luar yang membawa-bawanama saya yang tidak sayaketahui,” ucap Dahlan.

Dahlan datang ke KPK me-ngenakan kemeja putih lenganpanjang dan sepatu kets. Dah-lan datang sekitar pukul 15.00WIB. Menteri yang suka tampilnyentrik itu hanya mengeceksurat permohonan, apakahsudah diterima KPK atau be-lum. Sepuluh menit kemudian,Dahlan pun meninggalkangedung KPK, menggunakanmobil Mercedez bernomorpolisi B 1193 RFS.

KPK Segera TelaahKPK Segera TelaahKPK Segera TelaahKPK Segera TelaahKPK Segera TelaahKPK akan segera menelaah

laporan menteri BUMN ter-sebut. “Setiap laporan yangmasuk tentu harus ditelaahdulu dari siapapun. Mau diamenteri atau bukan. Dari te-laah kita validasi dulu, ini valid

Dahlan ........................................................................................Sambungan Hal 1atau tidak,” kata juru bicaraKPK, Johan Budi, di gedungKPK, Rabu.

Baru 35 PersenBaru 35 PersenBaru 35 PersenBaru 35 PersenBaru 35 PersenSementara itu, pembangu-

nan fisik PLTU Tenayan Raya,Pekanbaru berkapasitas 2x110Mega Watt (MW) baru 35persen selesai dikerjakan olehpihak kontraktor konsorsiumPT Rekayasa Industri danHubei Hongyuan Power Engi-neering Co Ltd.

“Waktu itu kontraknya De-sember 2010 dan mulai ber-jalan April 2011, karena me-nunggu serah terima lahan.Sampai Januari 2013, posisitelah 35 persen selesai sesuailaporan,” kata Geberal Man-ager PLN Wilayah Riau danKepulauan Riau (WRKR) Dod-dy B Pangaribuan di Pekan-baru, belum lama ini.

Ia menjelaskan, PLTU Tena-yan Raya 2x110 MW rencanaakan mulai beroperasi danmasuk ke dalam sistem in-terkoneksi bulan Agustus 2014unit pertama sebesar 1x110 MW.Sedangkan unit ke dua ditar-getkan selesai dan masuk sisteminterkoneksi tiga bulan berikut-nya atau di November 2014.

“Nah itu saja kami telahmenambah pasokan sebesar220 MW, belum lagi dari yanglain. Ditargetkan sampai akhirtahun 2016 akan ada daya barusebesar 2.000 MW yang berasaldari sejumlah pembangkit lis-trik yang ada di Riau,” katanya.

Penambahan pembangkitdi Teluk Lembu, Jalan TanjungDatuk, Pekanbaru dan Pem-bangkit Listrik Tenaga Gas(PLTG) di Duri, KabupatenBengkalis, diperkirakan mam-

pu menghasilkan daya sebesar136 MW.

Kemudian, yang akan ma-suk ke sistem interkoneksi,yakni pembangkit yang sedangdalam tahap pembangunan diRawa Minyak, pembangkit diKota Tembilahan, KabupatenIndragiri Hilir, pembangkit diPranap, Kabupaten IndragiriHulu dan di Kota Dumai.

“Mudah-mudahan tidakada masalah seperti pembe-basan lahan dan lain seba-gainya, itu merupakan tugasteman-teman di proyek induk.Kami di wilayah, jika ada ken-dala di negosiasi, kemudiandistribusi, biasanya kami akanbantu,” katanya lagi.

Sebelumnya keinginan Gu-bernur Riau HM Rusli Zainaluntuk mendapatkan pasokandaya listrik dari PLTU TenayanRaya sebesar 2x110 MW padaPekan Olahraga Nasional 2012tidak kesampaian karena PLTUyang berada di pinggir SungaiSiak masih dalam pengerjaan.

Pengerjaan PLTU tersebutsempat tertunda hampir em-pat bulan, setelah kontrak kerjasama pembangunan fisik pem-bangkit unit satu ditandatanganisemasa Dahlan Iskan menjabatsebagai Dirut PLN bersamapemenang tender konsorsiumIndonesia-China 21 Desember2010 di Jakarta.

Sesuai kontrak kerja, pem-bangunan tahap pertama un-tuk unit PLTU 2x110 MW me-makan waktu selama 30 bulandan menghabiskan biaya se-kitar Rp1,31 triliun yang ber-sumber dari PLN dan AsosiasiBank Pembangunan Daerah(Asbanda).(san,ymg,hab)(san,ymg,hab)(san,ymg,hab)(san,ymg,hab)(san,ymg,hab)

NONNONNONNONNON aktif dari tugas kedina-san,” kata Plt Karo HumasPemprov Riau, Guntur, mem-pertegas jawaban Hardy Dja-maluddin di sela-sela pemerik-saan oleh KPK di GedungSekolah Polisi Negara (SPN), diJalan Pattimura, Pekanbaru,Rabu (27/2).

Guntur menjelaskan,Nonikberasal dari Biro Umum. Saatpemindahan dokumen ter-sebut, dia menggunakan kar-dus bertuliskan arsip BiroKeuangan. Termasuk juga pe-ngeluaran dokumen itu meng-gunakan pintu masuk beradadi depan loket pelayanan BiroKeuangan. “Biro Keuanganmenjamin tidak ada berkasyang keluar dari Biro Ke-uangan saat KPK mengge-ledah,” kata Guntur.

Kepala Biro Keuangan Har-dy Djamaludin ketika dimintaiketerangannya oleh KPK di SPNPolda Riau menyebutkan pe-meriksaan masih terkait soaldokumen tersebut. “Tadi pe-nyidik KPK menanyakan soaldokumen tersebut. Tapi sudahsaya jelaskan, bahwa itu bukan-lah arsip Biro Keuangan, me-lainkan arsip pribadi dari stafBiro Umum bernama Nonik,”kata Hardy kepada wartawansaat keluar dari ruangan peme-riksaan untuk istirahat siang.

Periksa 12 SaksiPeriksa 12 SaksiPeriksa 12 SaksiPeriksa 12 SaksiPeriksa 12 SaksiSelain memeriksa Kabiro

Keuangan, Hardy Djamalud-din, saat bersamaan KPK me-meriksa 11 saksi lainnya, hing-

ga tercatat, Rabu (27/2) ter-dapat 12 saksi yang diperiksasekaligus. Secara rinci, terdapat5 saksi yang diperiksa terkaitstatus tersangka Rusli Zainal(Gubri) pada kasus proyekvenue Pekan Olahraga Na-sional (PON) XVIII. Kelimasaksi tersebut yakni, RamliWalid (Kepala Bappeda), Zul-kifli Rahman (Kabid Saranadan Prasarana Dispora), WanMulkan (Staf Biro HukumPemprov), Hardy Djamalud-din (Kepala Biro Keuangan)dan Muhammad Faisal Aswan(mantan anggota DPRD Riau).

Sedangkan 7 saksi lainnya,terkait pemberian izin kehu-tanan yakni, Paulana Marga-reth (PT Mandukoro), KhairulRizal (Sekretaris DishutbunSiak), Yusrizal (mantan Sek-retaris Dishutbun Siak), AdamSofyan (Staf Dishutbun Siak),Silalahi, Lindung Harahap(mantan KasiProduksi Dis-hutbun Siak) dan Arwin AS(mantan Bupati Siak) yangdiperiksa di Siak.

Ramli Walid di sela-selapemeriksaan, kepada HarianVokal mengatakan dirinyadiperiksa terkait pembahasanrevisi Perda Nomor 6 Tahun2010 dan pertanyaan seputarkapasitasnya dalam memba-has revisi Perda tentang PON.

Penyidik KPK yang enggandisebutkan namanya, menye-butkan, KPK memeriksa se-banyak 12 saksi terkait kasuskorupsi penyelenggaraan PON

Kabiro..........................................................................................Sambungan Hal 1ke XVIII 2012 dan korupsikehutanan guna menguatkanstatus tersangka GubernurRiau, HM Rusli Zainal untukdua kasus itu.

“Benar, seluruhnya ada 12orang saksi yang diperiksa hariini untuk menguatkan statusRZ (Rusli Zainal). Lima untukkasus korupsi PON dan sele-bihnya atau sekitar tujuh or-ang untuk kasus korupsi kehu-tanan,” kata penyidik KPK yangenggan disebut namanya diPekanbaru, Rabu (27/2) siang.

Pengamatan di lokasi pe-meriksaan di SPN Pekanbaru,hingga pukul 14.30 WIB, pe-meriksaan oleh KPK masihberlangsung.

Pledoi Lukman AbbasPledoi Lukman AbbasPledoi Lukman AbbasPledoi Lukman AbbasPledoi Lukman AbbasArif Permono SH yang men-

jadi Penasehat Hukum ter-dakwa Lukman Abbas, dalamkasus suap PON XVIII di Riau,dalam pledoi yang dibacakan diPengadilan Tipikor, PengadilanNegeri (PN) Pekanbaru, Rabu(27/2) meminta Hakim Penga-dilan Tipikor yang diketuaiIsnurul Arif, SH MHum, mem-berikan seadil-adilnya dalammemutuskan perkara kliennya,terdakwa Lukman Abbas.

“Kami meminta kepadahakim bahwa terdakwa dibe-baskan dan tidak melanggarpasal 5 ayat 1 (dakwaan per-tama) dan pasal 12 huruf a(dakwaan kedua) Undang Un-dang (UU) No.31/1999 se-bagaimana diubah dan ditam-bah dengan UU No.20/2001

tentang Pemberantasan Ko-rupsi junto pasal 55 ayat 1 ke 1KUHP jo pasal 64 ayat 1 KU-HP,” jelasnya ke hakim.

Atas dasar itu, PH terdakwa,Arif Permono, SH, berharaphakim menjatuhkan vonisseadil-adilnya, sesuai pledoiyang dibacakan dan sesuaidengan fakta persidanganselama ini.

Selain itu, landasan-lan-dasan dan analisis, serta pen-dapat hukum yang diutarakan,bahwa ia yakin kliennya tidakterbukti menerima suap Rp700juta dari PT Adhi Karya, sebagaiimbalan pengurusan penam-bahan angggaran PON ke pu-sat RP290 miliar.

“Ya mulia dari keterangansaksi-saksi di Pengadilan, bah-wa tak ada saksi yang melihatsaksi menerima uang tersebut.Bahkan, Dicky (pegawai PTAdhi Karya) yang memberikanuang tidak pernah mengkon-firmasi uang telah diterimaterdakwa,” ujarnya.

Mengenai pemberian uangRp500 juta kepada HM RusliZainal (Gubernur Riau), ArifPermono, menyebutkan kien-nya tidak melakukannya. Pasal-nya tidak ada pengakuan dariSaid Faisal, ajudan GubernurRiau, telah menerima uang dariLukman di rumah dinas Gubri.Sementara dalam sidang, Luk-man tidak menyampaikanpembelaan secara pribadi.Saat pembacaan, Lukman ter-lihat serius. ( ( ( ( (zzzzzkf,ymg,rid)kf,ymg,rid)kf,ymg,rid)kf,ymg,rid)kf,ymg,rid)

NAMUNNAMUNNAMUNNAMUNNAMUN terkait permintaanKejati Riau untuk melakukanaudit terhadap indikasi kerugiannegara, Polda Riau kata KepalaSub Dit II, Ditreskrimsus PoldaRiau, AKBP Hadi Wicaksonomasih belum melakukannya.Hal itu karena belum ditentukankasus tersebut masuk ranahperbankan atau korupsi. “Yakalau memang itu masuk keranah audit, ya sudah pasti kitaminta lakukan audit dari BPKPuntuk menentukan kerugiannegaranya,” jelasnya.

Ditambahkannya, hasil ra-pat bersama pihak Bank Indo-nesia (BI), kasus BNI Pekan-baru dinyatakan masuk ranahkasus perbankan. Hasil rapatkoordinasi yang dilakukanbersama instansi terkait dankejaksaan, Hadi menyimpul-kan perlunya menggelar per-kara kasus ini. “Ya makanya kitatelah melakukan rapat koor-dinasi, dari instansi-instansi,kejaksaan,” jelas Hadi.

Mengenai kreditur maupundebiturnya apakah dikenakankasus pencucian uang ataumoney laundry, Hadi menga-takan sedang menyidiknya. Se-dangkan terhadap 3 tersangkayang sudah ditetapkan Polda

Riau, disebutkan akan diperiksakembali. Namun waktunyabelum bisa dipastikan. Ke-mungkinan bakal adanya ter-sangka baru, Hadi tak menam-piknya. “Bisa saja. Mungkin adatersangka barunya,” jelasnya.

Kejati Minta Bukti BaruSementara itu, terkait kasus

BNI Cabang Sudirman, Pekan-baru, Kejaksaan Tinggi (Kejati)Riau meminta alat bukti barudan penerapan pasalnya. Kalausudah dilengkapi, barulah pihakKejati Riau akan melakukantahapan selanjutnya. “Jadi jelas,untuk berkas perkara tersebut,masih kurang lengkap. Jadi kitakembalikan berkasnya ke penyi-dik. Bilamana dimungkinkanuntuk adanya membahas yangdilanggar dalam kasus Perban-kan,” ujar Kepala Kejati Riau,Eddy Rakamto, SH MH, kepadaHarian Vokal, Rabu, (27/2).

Lanjut Eddy, masih adapetunjuk-petunjuk yang harusdilengkapi penyidik. Petunjuktersebut terkait alat bukti danpenerapan pasal. Namun me-ngenai rinciannya, Eddy belumbisa menjelaskan, karena harusmelihat dokumen terlebih dahu-lu. “Ya, nanti Saya lihat dokumendulu atau berkasnya lagi, saat ini

Tersangka................................................Sambungan Hal 1di Aspidsus,” tukas Eddy.

Diberitakan sebelumnya,Polda Riau melalui Sub Dit IIReskrimsus sebelumnya meng-ungkapkan, kasus kredit macetdi Bank BNI Pekanbaru ada duakasus dengan total kerugiannegara mencapai Rp44,9 miliar.Kedua kredit bermasalah itu diBNI Cabang Sudirman sebesarRp40 miliar dan BNI CabangNangka Rp4,9 miliar.

Dalam kasus kredit macetdengan agunan fiktif tahun2009 di BNI Cabang Sudirman,persetujuan kredit Rp40 miliardengan agunan fiktif itu didugamelibatkan mantan pimpinanBNI yang saat ini sudah pindahke cabang lain.

Dugaan korupsi ini bermulasaat BNI memberikan kreditkepada Rosinta Simarmatatahun 2009. Kredit yang di-berikan menyalahi aturan. Pa-salnya, jaminan yang dijadikanRosinta sebagai agunan milikorang lain. Jaminan berupalahan sawit milik pihak laindibuktikan dengan vonis PNBangkinang tahun 2009 kepadaRosinta Simarmata yang dijatuhipidana 8 bulan penjara. Sampaisekarang kredit yang dikucurkanbelum pernah dicicil.(zkf,rid)(zkf,rid)(zkf,rid)(zkf,rid)(zkf,rid)

HARIANHARIANHARIANHARIANHARIAN Vokal, saat ditemuidi Bangsal Nuri II, RSUD AAdengan ditemanI istri, Ris-miyanti (40) dan kakaknyaMisnawati (52).

Terkait perlakuan mana-jemen RSUD AA, kakak AbdulKarim, bernama Misnawatimengaku sangat kecewa atassikap manajemen RSUD AA.Seharusnya sebagai rumahsakit milik pemerintah, RSUDAA membantu pasien darikeluarga miskin. “Kami daripihak keluarga tidak menerimaperlakuan kasar RSUD. Adiksaya dipaksa naik ke kursi rodahingga ke parkiran dan dinaik-kan ke ambulan,” tutur Mis-nawati, warga Jalan SoekarnoHatta, Pekanbaru itu.

Penolakan oleh Misnawatidan Kamil bukan tak bera-lasan. Sebab, pada pengusiranyang terjadi, 12 Januari 2013lalu, Kamil adiknya sempatpingsan pada tanggal 15 Ja-nuari 2013. Saat pengusiran itu,kondisi kesehatan Kamli me-mang belum sembuh.

Dijelaskannya, kecelakaanyang menimpa Kamil terjadisaat kerja di saw mill milikUjang di Kubang Raya, Kam-par. Ketika itu dilakukan ope-rasi di RS Ibnu Sina, Pekanbarukarena terdapat tiga urat leheryang terkena sabetan selen-dang saw mill putus. “Dan disini (RSUD AA,red) ini pe-nyembuhan, menggunakanSurat Keterangan Tanda Mis-

kin dari pemerintahan se-tempat,” ungkapnya.

Pindahnya perawatan keRSUD AA kata Misnawati di-dampingi Kamil, karena tidakpunya biaya berobat sampaituntas di RS Ibnu Sina. Semen-tara biaya berobat hanyasanggup untuk bertahan se-lama seminggu saja di RS IbnuSina. Mau tak mau pada tang-gal 16 Desember 2012, dipu-tuskanlah masuk perawatan diRSUD AA.

“Saya ini masuk di RSUD AApada tanggal 16 Desember 2012.Pada tanggal 12 Januari 2013sudah disuruh pulang tanpaobat-obatan. Kemudian padatanggal 15 Januari 2013, Kamilpening dan sempat tumbang dirumah, lalu dibawa lagi keRSUD AA ini,” ungkapnya.

RSUD Bantah UsirTerkait pengusiran yang

dilakukan, Direktur RSUD AA,Yulwiriawati Moesa yang di-hubungi melalu telepon se-lulernya, Rabu (27/2) masihbelum memberikan jawaban.Meski terdengar nada sam-bung, Yulwiriawati tetap takmengangkatnya. Hal yangsama juga ketika menghubungiBagian Keuangan RSUD AA,Noverius juga tidak mem-berikan jawaban.

Sedangkan Humas RSUDAA, Masriah yang dikonfirmasimengatakan, pasien bernamaAbdul Kamil sudah sembuhsesuai hasil diagnosa. Memang

RSUD............................................................................................Sambungan Hal 1sebelumnya, pasien berobatatas penyembuhan operasi dilehernya yang ketika itu ter-kena sabetan selendang sawmill. Namun, operasi terhadappasien dilakukan RS Ibnu Sina.

“Di sini hanya penyem-buhan atau perawatan. Pasienmasuk ke RSUD AA mem-pergunakan Surat KeteranganTanda Miskin (SKTM) daripemerintah setempat. Seka-rang kondisi pasien sudahmembaik, dan aman. Maka,pihak dokter menganjurkanpasien pulang dan melakukanperawatan jalan, disertai oba-tan-obatan,” katanya.

Masriah mengakui pasiensementara ditempatkan diruang rawat inap. Perlu di-ketahui katanya, sekarangpasien Abdul Kamil sudah bisapulang. “Hanya saja dimintauntuk berobat THT dan TBParu-Paru sesuai hasil diag-nosa para dokter. Bukan, se-perti disampaikan Abdul Kamildisuruh pulang.

Panggil Direktur RSUDPanggil Direktur RSUDPanggil Direktur RSUDPanggil Direktur RSUDPanggil Direktur RSUDMenanggapi kondisi yang

terjadi, Anggota Komisi D, Da-risman Ahmad merencanakanpemanggilan pada DirekturRSUD AA, Yulwiriawati Moesa.Pemanggilan untuk dimintaiketerangan terhadap pasienmiskin Abdul Kamil. “Kasus-kasus seperti ini tidak bolehterjadi. Makanya, Maret nanti,kita sudah panggil pihak RSUDAA untuk memberikan berbagai

keterangan terkait pelayanan,”ujar Darisman kepada HarianVokal, Rabu (27u/2).

Menurutnya, meski kamarperawatan kelas III di RSUD AAsudah penuh, namun jika kon-disi mendesak, pihak RSUD harusbijaksana menjadikan beberaparuang di kelas II yang kosonguntuk pasien kelas III. Dalam halitu katanya Direktur RSUD harusmengambil kebijakan, bukanmalah mengusirnya.

Apalagi katanya, pasien asalKampar itu masih dalam ke-daan diinfus dan belum bisamakan nasi. Sedangkan alasanpihak RSUD, pasien sudahsembuh, tetapi masih inginberada di RSUD. “Nah alasanseperti ini kan dibuat-buat.Siapa yang betah berlama-lama di rumah sakit. Kitaberpikir positif, gak ada kan?,”ujar Darisman.

Oleh sebab itu, lanjut Da-risman, RSUD Arifin Ahmadberkewajiban menangani pa-sien tanpa ada perbedaan sta-tus Jamkesda, Jamkesmas atau-pun biaya pribadi. Hal itu jugasudah dibahas dengan Pe-merintah Provinsi Riau, bahwaRSUD AA berkewajiban me-nangani pasien. Pelayanantetap harus diberikan secaraprima, meskipun pasien ter-sebut miskin. “Kita tidak mem-benarkan RSUD AA menyuruhpulang pasiennya dalam ke-adaan butuh perawatan,” te-gas Darisman.(rul,ynl).(rul,ynl).(rul,ynl).(rul,ynl).(rul,ynl)

“JILBAB“JILBAB“JILBAB“JILBAB“JILBAB itu selalu up to datelho kalau tahu ilmunya. Kandiperintahkan dalam Al Quran,yang sudah diturunkan dari duludan berlaku sampai nanti, tidaklekang oleh waktu,” kata perem-

puan berhijab ini dalam sebuahacara bincang-bincang di Jakar-ta, Senin (25/2), tentang jilbab.

Astri mengapresiasi muncul-nya komunitas hijaber di Indo-nesia. Namun, dia mengingatkan

Apresiasi..................................................Sambungan Hal 1untuk mengimbangi semangatberjilbab dengan menguatkanilmu agama. “Semangat tinggiharus diikuti ilmu. Jangan sam-pai amal saleh jadi amal salah,”ucapnya.(ymg,hab)(ymg,hab)(ymg,hab)(ymg,hab)(ymg,hab)

Leluasa dan Langgar Tatib DPRD

Sekwan PekanbaruTerancam Dilengserkan

Rencana menolak kehadiranSekwan Pekanbaru, Syahrizaloleh anggota DPRD Pekanbarujuga setelah sebelumnya dinilaiterlalu mudah berkomentarterkait isu mosi tidak percayaterhadap kinerja dirinya. Bah-kan isu tersebut diperkuatnyadengan informasi telah di-galangnya tanda tangan mositak percaya terhadap dirinya.

“Kita heran, hanya berda-sarkan informasi dari staf saja,Sekwan telah membuat komen-tar di media bahwa DPRDsedang mengumpulkan tandatangan mosi tak percaya ter-hadap dirinya. Apakah dia sudahmelihat kebenaran tersebut?Kalau belum mestinya dia tidakmembuat komentar yang akanmenjadi bola panas bagi di-rinya,” tutur Wakil Ketua DPRDPekanbaru Syahril kepada Ha-rian Vokal, Rabu (27/2).

Kegeraman dewan, kataSyahril, juga pernyataan mositak percaya yang seolah-olahmeletakkan posisi Sekwan diatas DPRD Pekanbaru. Padahalsebenarnya Sekwan meru-pakan pembantu DPRD Pe-kanbaru. Oleh sebab itu pulaSekwan diminta tidak ikutbermain politik di GedungDPRD Pekanbaru, dan sebalik-nya Sekwan cukup menger-jakan tugasnya sesuai aturanyang ada.

Sedangkan untuk memecatSekwan, lanjut Syahril, DPRDPekanbaru tak perlu meng-galang tanda tangan sebagaibentuk mosi tak percaya. Dewan

cukup menggelar rapat pim-pinan saja untuk mengeluarkanSekwa dari gedung DPRD Pe-kanbaru. "Kalau DPRD tidaksuka dengan Sekwan sekarangini, maka tidak perlu DPRDmelakukan pengumpulan tandatangan untuk mosi tak percaya,"jelas Syahril.

Dalam aturan, lanjut Syahril,disebutkan jabatan Sekwan me-rupakan permintaan dari Pim-pinan DPRD. Artinya jika DPRDtidak setuju lagi dengan Sekwan,maka pimpinan memiliki hakuntuk mengembalikan Sekwankepada Walikota Pekanbaru.Sebab, Sekwan yang duduk diDPRD Pekanbaru saat ini meru-pakan persetujuan PimpinanDPRD dan bukan persetujuandari Walikota Pekanbaru.

“Sekwan ini memang me-leset, suruh dia baca UU No 27itu, baru lah dia berkomentardi media masa. Karena, tidakmungkin atasan akan melaku-kan mosi tak percaya kepadabawahannya,” pungkas Syahril.

Syahril juga membeberkanbeberapa kinerja Sekwan yangdinilai di luar kewenangannyadan tak sesuai Tatib DPRDPekanbaru seperti kewajibanmengisi absensi dengan tam-bahan harus diketahui olehSekwan. Sementara yang berhakmelakukan absensi anggotaDPRD Pekanbaru adalah BadanKehormatan (BK). "Ini jelasmeleset kerja Sekwan,” tuturSyahril geram.

Kemudian, Sekwan juga su-dah membuat kerjaan gila lagi,

seperti memerintahkan alatkelengkapan melakukan kegia-tan sebelum Banmus, ini gilanamanya, karena yang bisamemerintahkan alat keleng-kapan adalah pimpinan DPRD,tegas Sahril.

Sedangkan anggota DPRDPekanbaru, Sabarudi mengakuiwajar teman–teman merasatidak puas dengan kinerja Sek-wan, karena secara pribadi diamelihat Sekwan belum melihat-kan mekanisme struktur kerja-nya di DPRD ini, contohnya adaanggota dewan belum pernahmelihat wajah Sekwan sampaisaat ini.

Mosi Tak PercayaMosi Tak PercayaMosi Tak PercayaMosi Tak PercayaMosi Tak PercayaDiberitakan sebelumnya,

Sekwan Pekanbaru, Syahrizalyang baru 2 bulan menjabatsudah diterpa mosi tak percayadari anggota DPRD Pekanbaru,yang disebutkan didukung aksipengumpulan tanda tangansejak beberapa hari terakhir.Bahkan sebuah sumber yangtak ingin namanya, menye-butkan kalau sudah ada seba-gian anggota DPRD Pekanbaruyang setuju.

“Saya memang sudah tandatangani surat tersebut. Infor-masinya sudah ada sebagiananggota DPRD yang setuju. Jikajumlah tanda tangan ini mele-bihi separoh anggota DPRD,maka akan disampaikan kepadaWalikota untuk dilakukan per-gantian,” tuturnya kepada Ha-rian Vokal, Selasa (26/2).

Sedangkan Ketua Komisi IIIDPRD Pekanbaru M Fadrimengaku dirinya belum men-dapatkan surat permohonanpencopotan Sekwan, apalagimenandatangi surat yang di-maksud.

Sekwan Pekanbaru, Syah-rizal, ketika dikonfirmasi me-ngaku sudah mendapatkaninformasi tersebut langsungdari salah seorang stafnya diDPRD Pekanbaru. (fik)(fik)(fik)(fik)(fik)

Page 8: Harian Vokal edisi 28 Februari 2013

CMYK

HARIAN VOKAL

8

Penanggung Jawab: ZUKRI

28 Februari 2013/18 Rabiul Akhir 1434 HKAMIS

Perwajahan : ZULQIFLI

SSSSS

KELOMPOK paduan suara tampil di panggung MTQ XIII Rohul. TARI Ikan Salai Semalam turut ditampilkan murid SD se-KecamatanBangun Purba saat Pembukaan MTQ XIII.

BEMDERA MTQ 13 Rohul siap dikibarkan pasukan paskibra.

ELASAELASAELASAELASAELASA (26/2) lalu,ribuan masyarakat dariberbagai kecamatan diKabupaten Rokan Hulu(Rohul) mengikuti

pawai ta'aruf dalam rangkapembukaan MTQ ke-13Kabupaten Rohul di KecamatanBangun Purba.

Bupati Rokan Hulu HAch-mad saat membuka MTQtersebut mengimbau pihakkecamatan untuk mengirimkanqari/qariah yang merupakanputra-putri setempat dan tidakada alasan untuk menda-tangkan dari luar.

"Kita sudah menyampaikankepada seluruh Camat danKUA agar tidak mendatangkanpeserta dari luar Rohul, karenakita bertekad yang mewakiliKabupaten Rohul di tingkat

provinsi adalahbenar-benarasli Rohul," katanya.

Panitia pelaksana diingatkanagar meneliti setiap qori yangdikirimkan kecamatan. Kalaukedapatan membawa qori dariluar, maka nama itu harusdicoret.

"Biar mendapat juaraharapan, akan tetapi adalahputra asli Rohul, daripadaJuara I tapi orang luar," kataBupati.

Bupati juga mengimbauDewan Juri agar pemberiannilai bagi para kontestasn tidakberdasarkan kekeluargaan,prinsip asal bapak senang, akantetapi harus sesuai dengankemampuan peserta, agar yangmendapat juara itu betul-betulmurni dan tidak ada pe-maksaan kehendak.

"Kita ingin yang mendapatjuara betul-betul sesuai dengankemampuannya dan tidakkarena memandang anak siapadan darimananya," tegasBupati.

Ppantauan sejak Selasa sore,pawai ta'aruf diikuti 16perwakilan kecamatan,menampilkan berbagai hiasan,mulai dari duplikat masjid,sampai sepeda hias dan lainsebagainya.

Acara tersebut juga dihadiriKakanwil kemenag Riau, unsurForum Komunikasi Peme-rintah daerah, anggota DPRDRohul, kepala badan, dinas dankantor, kepala bagian paracamat, kepala desa dan lurah.

naskah dan foto:PABER SIAHAAN BUPATI dan Wakil Bupati serta Forkopinda Rohul menekan tombol sirine pertanda MTQ XIII dimulai.

WAKIL Bupati Rohan Hulu H Hafith Syukri melantiki para hakim MTQ yang baru saja dilantik.

BUPATI Rohul H Achmad menyampaikan arahan saat Pembukaan MTQ di di KecamatanBangun Purba.

WAKILBupati Rohul

melambaikantangan kepadapeserta Pawai

Ta'aruf.

KAKANKEMENAGRiau Tarmizi Tohor,menyampaikanpidato sambutanMTQ XIII.

BUPATI Rohulmenyerahkan

Piala Tetap MTQXIII kepada tuan

rumah CamatBangun Purba.

BUPATI Rokan Hulu H Achmad dan Wakil Bupati H Hafith Syukri serta Forkopinda foto bersama usaiPembukaan MTQ XIII di Kecamatan Tangun, Selasa (26/2).

Page 9: Harian Vokal edisi 28 Februari 2013
Page 10: Harian Vokal edisi 28 Februari 2013

Penanggung Jawab/Redaktur MARZULI ADI

HARIAN VOKALKAMIS 28 Februari 2013/18 Rabiul Ahir 1434 H

10LINTAS

+6282389587XXXBuat pengayom masyarakat atas kerjanya yg tlahmMbuktikan bhwa peredaran narkoba harus diBas-mikan smua pd umumNya N di kota dumai khusus-nya di Brantas smpy akar”nya.jgn ada yang tRlind-ungi/diLindung”i.HAPUSkan N jgn pandang bulu/PI-LIH kaSih….,trims.

SMS Anda ke 0812 7643 124

+628992290XXXAssalamualaikum pak kpk tolong diberantas korup-si pada para pejabat2 kota dumai yang kerja wako,Dpr kota dumai, dinas Pu kota dumai asal kerja aja.Kerjanya cuma mengabis kan uang rakyatdumai.kerja belum selesai dana udah habis tlg diberantas pak kpk terima kasih

Wako RagukanIMB PelindoDUMAI(VOKAL)-

PNS Juga KeluhkanLayanan RSUDDUMAI(VOKAL)-

Harian Vokal

. (ysl)

Dishub Dituding Langgar UU LLAJ Tilang Truk Over Tonase

“Dishub jangan seenaknyasaja menilang dan menahankendaraan. Saya mau tanyadasar mereka apa melakukanitu?,” ujar Ketua LSM Trans-paransi, Kimlan Antoni, Rabu(27/2).

Kimlan menegaskan, untukmenilang kendaraan, seharus-nya Dishub didampingi olehKepolisian sebagai pihak yangberwenang sesuai denganamanat Undang-undang No-mor 22 Tahun 2009 tentangLLAJ. “Artinya jika mau meni-lang kendaraan yang dianggapmenyalahi aturan, harus ber-sama-sama dengan pihak ke-polisian,” ujarnya.

Dalam beberapa waktu ter-akhir, media massa mengeks-pos upaya Dishub untuk men-

gantisipasi kerusakan jalanyang disebabkan oleh truk-trukbertonase tinggi yang lalu la-lang di tengah perkotaan. Trukyang kedapatan masuk ke te-ngah kota langsung ditindak te-gas dengan cara ditilang dankendaraannya ditahan.

Terakhir pada Senin (25/2)malam, Dishub yang dipimpinlangsung Kepala Dinas TaufikIbrahim menangkap truk pen-gangkut material besi saat ten-gah membongkar muatannyadi Jalan Syekh Umar, Kelura-han Pangkalan Sesai. Truk ber-nomor polisi B 9196 BYT itu ke-mudian ditahan dan kini bera-da di terminal barang, JalanSoekarno-Hatta.

Upaya Dishub sebagaima-na yang diberitakan patut di-apresiasi. Namun seharusnyatidak berlebihan. Kimlan men-ganggap dengan menilang

kendaraan, berarti Dishubsudah bertindak sewenang-wenang. Seharusnya jika Dis-hub bekerja sesuai dengan tu-gas pokok dan fungsinya, ma-ka cukup menghalau kenda-raan agar tidak menggunakanjalur di perkotaan.

“Tilang menilang itu kerjan-ya polisi. Coba baca lagi UUNomor 22 Tahun 2009. Dishubtidak ada hak untuk menilangkendaraan apalagi melakukanpenahanan. Saya anjurkan su-pir untuk menuntut pemerin-tah daerah,” kata Kimlan.

Sampai berita ini dituliskan,Kepala Dishub Taufik Ibrahimyang coba dikonfirmasi HarianVokal tak kunjung mengangkattelepon selulernya. Demikianpula Kepala Bidang Pengen-dalian dan Operasional, Rein-hart Ronald.

Sementara itu, KapolresDumai AKBP Ristiawan Bulkainimelalui Kasat Lantas AKP JakaWahyudi mengaku sama seka-li tidak dilibatkan dalam opera-si penertiban yang digelar Dis-hub beberapa hari terakhir.“Tidak pernah. Saya tidak per-

nah tahu Dishub ada menert-ibkan kendaraan,” kata Jakamelalui telepon selulernya.

Jaka menjelaskan, berdasar-kan UU Nomor 22 Tahun 2009tentang LLAJ, Dishub mempu-nyai kewenangan di antaran-ya memeriksa kelayakan ken-daraan baik penumpang mau-pun barang (KIR). “Tapi kalauuntuk menilang dan menahankendaraan, saya pikir harusmelibatkan kita (Kepolisian,red),” katanya. (***)

LAPORAN:VERNANDO/DUMAI

Bangkai Tongkang yangTenggelam Belum Diangkat

Syahbandar Desak PT MetitoD U M A I ( V O K A L ) -K a n t o rSyahbandar di Dumai mende-sak PT Metito segera meng-angkat bangkai Tongkang Ja-ya Negera VII yang tengge-lam usai pengisian air ke kapaltanker di Dergama B kawasanPT Pelabuhan Indonesia (Pelin-do) belum lama ini.

Hal ini disampaikan KasiPenyelidikan, Pengawasan danPatroli Syahbandar Dumai,Edison Simirangkir kepadawartawan saat dikonfirmasimengenai tindak lanjut tenge-lamnya Tongkang Jaya Nega-ra VII yang sampai saat ini be-lum terselesaikan, Rabu (27/2).

Menurut Edison, sejauh iniPT Metito mengalami kendalauntuk mengangkat bangkaitongkang tersebut, karenabiaya pengangkatan yang di-minta oleh jasa yang akan di-datangkan itu terlalu besar.

“Kami sudah mendesak a-

gar PT Metito segera meng-angkat bangkai tongkang yangtenggelam tersebut. Desakanyang kami berikan itu sudahdirespons, hanya saja pihakMetito mengalami kendaladari segi biaya yang mencapaiRp600 juta,” jelasnya.

Selain itu juga, PT Metitosendiri saat ini sedang mencariperusahaan yang nominal bia-yanya tidak banyak. Bahkan be-berapa waktu lalu, ada perusa-haan yang mampu untuk me-nyelam guna mengangkat bang-kai Tongkang Jaya Negara VII.Hanya saja pihak, Syahbandartidak berani memberikan izin.

“Perusahaan yang menyo-dorkan diri itu tidak memilikisertifikat dari Dirjen Perhubun-gan Laut untuk menyelam.Mereka hanya memiliki serti-fikat penyelam untuk olahraga,makanya kita dari SyahbandarDumai tidak berani memberi-

kan izin,” jelasnya.Edison menambahkan, teng-

gelamnya tongkang Jaya Nega-ra VII yang itu sejauh ini belummenganggu aktivitas pelabuhan.Namun ditakutkan, bagi nahko-da yang tidak mengetahui tandakeberadaan Jaya Negara VIImenimbulkan masalah baru dikawasan Pelabuhan Dumai.

“Sejauh ini belum mengang-gu aktivitas di pelabuhan, ha-nya saja kita terus mengintruk-sikan kepada PT Metito untuksegera melakukan pengaka-tan. Mengenai sanksi terhadapkelalaian PT Metito, bukanbagian saya untuk menjawab-nya,” kata Edison.

Mengenai docking, kata Edi-son, seharusnya dilakukan satutahun sekali. Jika mereka me-lakukan lima tahun sekali, be-rarti sengaja melakukan kela-laian. Dengan demikian, Syah-bandar akan memberikan sank-si tertulis kepada PT Metito men-genai masalah ini. (ysl)

YUSRHEL

KABAG

Pejabat Dumai Ramai-ramaiJenguk Tersangka KorupsiDUMAI (VOKAL)-Kantor Ke-jaksaan Negeri Dumai men-dadak menjadi pusat keluarmasuk pejabat struktural dilingkungan Pemerintah KotaDumai (Pemko) Dumai, Rabu(27/2). Mereka diketahui men-jenguk dua pejabat yang telahditetapkan sebagai tersangkakorupsi pengadaan tanah diKawasan Industri Dumai, Ke-lurahan Pelintung, MedangKampai.

“Kita mau ngurus abangkita H Jai,” ungkap Kabag Kes-ra Pemko Dumai, Paisal SKMyang saat itu sedang bersamakoleganya H Burhan kepadawartawan sambil meninggal-kan Kantor Kejari Dumai yangterlatak di Jalan Sultan SyarifKasim Dumai.

Nama yang dimaksud Paisaltersebut merupakan tersangkadugaan kasus korupsi penyedi-

aan lahan untuk Kawasan In-dustri Dumai di KelurahanPelintung, Medang Kampai,yang saat ini kasusnya sudahmencuat ke permukaan publik.

Sebagai data tambahan,Kejaksaan Negeri Dumai me-netapkan tiga tersangka kasuskorupsi penyediaan lahan un-tuk Kawasan Industri Dumai diPelintung Kecamatan MedangKampai. Dari tiga tersangka itu,dua di antaranya pejabat diPemko Dumai dan satunya lagiseorang pengusaha di KotaDumai.

Kedua pejabat yang dijadi-kan tersangka oleh Jaksa Ke-jari Dumai, yaitu JA dan WFN.Sedangkan satu tersangka lagiadalah JL yang merupakanseorang pengusaha di KotaDumai. Dalam kasus ini, nega-ra dirugikan miliaran rupiah.(ysl)

Situs Sejarah BatuBeranak Akan DirenovasiDUMAI(VOKAL)-Situs se-jarah Batu Beranakyang terletak di Ja-lan Syekh Umar, a-kan direnovasi olehDinas Kebudayaan,Pariwisata, Pemudadan Olahraga (Dis-budpora) Kota Du-mai, tahun ini. Ren-ovasi dilakukan pa-da fasilitas penun-jang agar situs se-jarah tersebut terli-hat lebih menarik.

Kepala Disbudparpora, El-dar Afinta, Rabu (27/2) menga-takan, rencana pemugaran si-tus sejarah Batu Beranak di-lakukan untuk pengembangansektor objek pariwisata. “Ren-cana pembenahan salah satusitus sejarah masyarakat Du-mai ini bertujuan menjadikanobjek wisata alam kunjunganwisatawan ke kota pelabuhanindustri ini,” ungkap Eldar.

Sebelumnya, kata Eldar, si-tus sejarah Batu Beranak ter-kesan terbiarkan dan hanyadilestarikan juru kunci dan pi-

hak keluarga. Pembenahanyang akan dilakukanDisbudparpora beru-pa renovasi bangu-nan dan penambahanfasilitas maupun ak-sesoris pendukungyang bernuansa me-layu islam.

Untuk pelaksana-annya, Disbudparpo-ra telah mengajukananggaran sebesarRp200 juta dalam

RAPBD Dumai tahun anggaran2013 dan saat ini masih dalampembahasan legislatif. “Inibaru rencana dan mudah-mudahan dewan menyetujuiusulan anggaran pembenahansitus sejarah batu beranak ini,”kata Eldar.

Dia menjelaskan, denganpengembangan situs sejarahini, Pemko berencana untukmengangkat nilai sejarah dankeunikan dari keberadaannyaagar menjadi objek wisata lay-ak jual. Pihaknya berencanamembuat situs batu beranaknantinya menjadi permanen

dengen kontruksi kaca dan lan-tai keramik agar menarik di-pandang.

“Bangunan yang ada se-karang hanya gapura, tapitidak didukung fasilitas mema-dai. Karena itu kita akan beru-paya membenahinya,” katan-ya.

Selanjutnya, mantan KabagHumas Pemko Dumai ini jugamengakui, sejauh ini pengga-rapan situs sejarah untuk ke-pentingan objek wisata belumoptimal. Hal ini disebabkankurangnya dukungan peng-anggaran daerah sehinggamenyulitkan pihaknya untukmelakukan pengembangandan peningkatan objek wisatayang membutuhkan biaya be-sar.

“Masih ada 13 situs budayadan sejarah yang perlu peng-garapan serius untuk dijadikanobjek wisata layak, dan ini per-lu dukungan anggaran besarkarena Dumai tidak memilikialam dan struktur daerah yangbisa diandalkan untuk objekwisata,” terangnya. (ndo)

+6281992290XXXAssalamualaikum wr wb pak kapolres kota dumaitolong dirazia para pengedar narkoba kepada ang-gota polres dumai yang dimana anggota bapak sendi-ri jadi pengedar narkoa kepada masyarakat dumai.

YUSRHEL

PASANG TANDA PESERTA -

ELDAR AFINTA

Page 11: Harian Vokal edisi 28 Februari 2013

11HARIAN VOKAL

Penanggung Jawab/Redaktur IDRUS YAMIN Perwajahan: ABDAWIZA

LINTAS28 Februari 2013/18 Rabiul Akhir 1434 HKAMIS

DPRD Siap BahasRAPBD-P 2013SIAK (VOKAL)

HarianVokal

(zul/lin)

ADVERTORIAL PEMKAB SIAK

2012, Kejari MasukkanRp852 Juta ke Kas NegaraSIAKSIAKSIAKSIAKSIAK (VOKAL)(VOKAL)(VOKAL)(VOKAL)(VOKAL)-Sepan-jang tahun 2012, Kejak-saan Negeri Siak telahmelaksanakan putusanpengadilan tentang ba-rang bukti sitaan untuknegara. Hasil pelelanganyang dilakukan KPKLN,telah terkumpul Rp 852.-378.798 dan telah distor-kan ke Kas Negara.

Demikian disampaikanKajari Siak Zainul Arifindidampingi Kasubag Bin Darmauli Nababan,Selasa (26/2), seperti dilansir riauterkini.com.Dikatakannya, pihaknya telah melakukanpelelangan atas barang bukti sesuai putusanpengadilan disita untuk negara.

Dalam proses pelelangan untuk barang buktikayu, jelasnya, Kejari Siak bekerja sama denganDinas Kehutanan, sementara untuk barang buktimobil atau kendaraan bekerja sama denganDinas Perhubungan, dan Disperindag untukketentuan harga.

Adapun rinciannya, yakni pendapatan negarabukan pajak di tahun 2012, barang rampasanRp650.835.900, hasil sitaan Rp14.608.000,pendapatan sewa tanah dan bangunan Rp-7.590.000, hasil denda tilang Rp18.297.500,ongkos perkara Rp18.297.500, persekot uangmuka gaji Rp3.340.338, dengan total keseluruhansebesar Rp852.378.798.

"Dalam putusan hakim, bahwa barang buktidisita untuk negara, jadi kita sudah melakukanpelelangan atas barang bukti itu melalui KPKLN.Pelelangan sesuai prosedur yang berlaku, totalkeseluruhan dana yang terhimpun yakni Rp-852.378.798," jelas Zainul. (ymg,rus)(ymg,rus)(ymg,rus)(ymg,rus)(ymg,rus)

LAPORAN:ZULFAHMI / SIAK

Lima Pasar Kecamatan Dibangun 2013

Menurut Kepala Dinas Pasardan Pertamanan KabupatenSiak Wan Ibrahim saat ditemuiHarian Vokal di ruang kerjanya,Rabu (27/2), pasar tersebut akandibangun di Kecamatan Mem-

pura di Desa Benteng Hulu,Kandis, Kerinci Kanan, SungaiApit dan Kecamatan Sabak Auhk.

"Pembangunan pasar ter-sebut diharapkan dapat mem-bantu percepatan peningkatan

ekonomi masyarakat setempat.Dengan dibangunnya pasar-pasar di kecamatan sudahbarang tentu proses jual beliakan lebih berjalan, mulai darihasil-hasil pertanian di keca-matan hingga harga barang punakan stabil," papar Wan.

Dikatakan Wan, pasar akandibangun secara bertahap ta-hun anggaran 2013 ini dan di-

sesuaikan dengan kebutuhan,termasuk di kecamatan yangbelum punya pasar. "Memangprioritas pembangunan pasarini yang mana dahulunya dikecamatan tersebut hanyapasar tradisional saja, maka dariitu Pemerintah Kabupaten Siakmelalui instansi kami akanmembangun pasar yang diha-rapkan masyarakat," jelas Wan.

Bangun TPABangun TPABangun TPABangun TPABangun TPASelain itu, Pemkab Siak dalam

waktu dekat juga akan mem-

bangun Tempat PenampunganAkhir (TPA) di Kecamatan Tua-lang Perawang dengan meman-faatkan bantuan dana APBNsebesar Rp11,2 miliar.

Terkait pertanaman kota, Wanmengaku pihaknya sudah mela-kukan perbaikan dan penataanyang sudah ada dan sudah indahmenjadi lebih indah lagi dan te-ratur. "Kerjasama semua pihakmaupun instansi terkait sangat kitaharapkan, terutama peran sertamasyarakat," harap Wan. (***)(***)(***)(***)(***)

WAKIL

DAYUNDAYUNDAYUNDAYUNDAYUN (V(V(V(V(V O K A L )O K A L )O K A L )O K A L )O K A L )-Ratusanorang menghadiri haul SyekhAbdul Qodir Jaelani ke-873 danSyekh KH Mansyur Jamil ke-5Jamiiyah Thoriqoh Wannaq-sabandiyah yang dilaksanakan diDesa Banjar Seminai KecamatanDayun, Rabu (27/2).

Wakil Bupati Siak Alfedridalam sambutannya menyam-paikan sejumlah program pe-merintah daerah yang terkaitdengan pembangunan akhlakdan kerohanian untuk paragenerasi muda. Hal ini, kataWabup, untuk mewujudkanterwujudnya visi dan misi Ka-

bupaten Siak yang agamis.Acara ini menghadirkan pen-

ceramah dari Lampung, yaitu KHSyamsudin Tohir. Selain itu jugadihadiri Camat Dayun Marwoto,tokoh-tokoh agama, pimpinanpondok pesantren dan parapengunjung dari berbagai ke-camatan di Kabupaten Siak.

Syekh Abdul Qodir Al Jaelaniadalah seorang sufi yang dikenalsebagai pendiri Tarekat Qadariyah,yang setiap tahunnya diperingatioleh masyarakat di Kabupaten Siakdengan menggelar berbagai acaraseperti pengajian dan tausyiahagama. (rls/ymg,rus)(rls/ymg,rus)(rls/ymg,rus)(rls/ymg,rus)(rls/ymg,rus)

Tiga Museum SpesifikSegera DibangunSIAKSIAKSIAKSIAKSIAK (VOKAL)(VOKAL)(VOKAL)(VOKAL)(VOKAL)-Upaya pe-ningkatan jumlah objek wisatadi Kabupaten Siak terus di-lakukan pemerintah. Setelahmembenahi berbagai aset bu-daya dan sejarah, PemerintahKabupaten (Pemkab) Siak kiniberencana membangun tigaunit museum di tiga kecamatanterpisah. Museum ini bukanlahmuseum biasa, namun me-muat hal-hal yang lebih spesifikyang berhubungan dengansektor ekonomi utama NegeriIstana.

Ketiga museum tersebutakan disebar di berbagai daerah,seperti di Kecamatan Siak danKecamatan Minas.

Sekretaris Dinas Seni Pa-riwisata, Pemuda dan OlahragaKabupaten Siak Burhanudinmenuturkan, sesuai instruksiBupati Syamsuar untuk me-rancang keberadaan tiga mu-seum baru di Kabupaten Siak,pihaknya saat ini sedang me-nyiapkan berbagai proposal danrujukan teknis dalam melak-sanakan program ini.

"Konsep ketiga museum itusangat unik, yakni MuseumKertas yang direncanakan di

Kawasan Benteng, MuseumMinyak di Kecamatan Minasdan Museum Sawit di Keca-matan Siak. Ketiganya tengahkami kaji dan usulannya sudahdisampaikan ke Pemkab," kataBurhanudin, Selasa (26/2),seperti dilansir halloriau.com.

Burhanudin mengaku pi-haknya sedang membuat pro-posal yang nantinya akan di-tujukan ke berbagai perusahaanterkait agar dapat bersinergibersama Pemkab Siak untukmewujudkan pembangunanmuseum-museum tersebut.Hal ini sangat penting gunamenunjang sektor pariwisatasekaligus meningkatkan per-hatian terhadap sektor ekono-mi utama yang telah banyakmenyumbang ke pundi-pundiPendapatan Asli Daerah (PAD)Kabupaten Siak.

"Di Siak ini potensi pari-wisata kita sangat besar, tapi kitatak punya banyak objek. Mu-sem-museum itu akan menjadisalah satu objek andalan kita.Pengunjung bisa menemukanbanyak hal di museum, sesuaiapa yang sedang dicarinya,"lanjut dia. (ymg,rus)(ymg,rus)(ymg,rus)(ymg,rus)(ymg,rus)

Bupati Harapkan LahanKosong Dioptimalkan

Buka Pelatihan Sistem Pertanian Terpadu

Haul Syekh AbdulQadir Jaelani Semarak

PERAWANG (SIKA)PERAWANG (SIKA)PERAWANG (SIKA)PERAWANG (SIKA)PERAWANG (SIKA)-BupatiSiak Syamsuar mengharapkanpemberdayaan dan peman-faatan lahan-lahan kosongyang ada di Kabupaten Siakagar ke depan dapat lebihdioptimalkan lagi guna men-dukung mendukung kebijakankecukupan pangan daerah.

Hal ini disampaikan BupatiSyamsuar ketika membukapelatihan Sistem PertanianTerpadu Angkatan VII yangberlangsung di Pusat Pengem-bangan Keterampilan Ma-syarakat (PPKM) PT IKPPPerawang Kecamatan Tua-lang, Selasa (26/2).

Bupati menilai kegiatanpelatihan sistem pertani ter-padu ini sesuai dengan visi danmisi Kabupaten Siak yaknibagaimana mewujudkan ma-syarakat yang sehat dan se-jahtera.

Dengan sistem pertanianterpadu ini, kata Bupati, di-harapkan pemberdayaan danpemanfaatan lahan-lahan ko-song dapat lebih dioptimalkan.Hal ini untuk mendukung

kebijakan kecukupan pangandengan cara mengembangkansistem pertanian yang terin-tegrasi (tanaman pangan, pa-kan dan ternak) dengan me-manfaatkan hasil samping pe-ternakan sebagai bahan bakupupuk organik, bahan bakar(biogas) dan limbah pertaniansebagai pakan ternak.

Bupati meminta pesertapelatihan yang merupakanpuluhan petani dari keca-matan yang ada di KabupatenSiak ini, agar serius mengikutipelatihan ini. PT IKPP jugadiharap lebih merangkul ke-camatan yang lain dalam dis-trik Arara Abadi agar terciptakerjasama antara pihak pe-rusahaan dan masyarakat.

“Masyarakat Siak mayoritassebagai petani dan saya ber-harap dan menggalakkan swa-sembada beras karena kebu-tuhan beras masih kurangsekitar 25 ton. Alhamdulliah,produksi tanaman padi kitameningkat dari tahun-tahunsebelum,” ungkap Syamsuar.

Bupati juga berharap ke-

giatan ini dapat berlanjut danjuga kepada peserta manfaatdengan baik pelatihan ini.Petani sekarang dituntut tidakhanya memikirkan kebutuhankeluarga, namun diharapkanpetani ada jiwa wirausaha, tidakhanya pandai bertani saja.

Sementara pimpinan PTIKPP Hasanuddin The me-nyampaikan, program kegia-tan tanaman pertani terpaduini bertujuan meningkatkankesejahteraaan yang langsungmenyentuh masyarakat.

“Selain melakukan pela-tihan, ada beberapa programyang akan diberikan kepadapeserta, di antaranya perusa-haan memiliki program sapibunting bergulir. Dari usahatersebut sudah ada warga yangmemperoleh hasil,” jelas Ha-sanuddin.

Turut hadir dalam acara iniCamat Tualang Zulkifli, CDIKPP Ketut Piter, Kabid Per-tanian dan Tanaman PanganSuwandi, kepala desa, UPTDterkait dan PPL serta staf IKPP.(rls/ymg,rus)(rls/ymg,rus)(rls/ymg,rus)(rls/ymg,rus)(rls/ymg,rus)

BUPATI

ZULFI MURSAL

ZAINUL ARIFIN

Page 12: Harian Vokal edisi 28 Februari 2013

12HARIAN VOKAL KAMIS 28 Februari 2013/ 18 Rabiul Akhir 1434 H

Perwajahan: ZULQIFLI

LINTASKakan Kemenag LantikPengurus IGRA RohulPASIRPENGARIAN (VOKAL)

(ber)

DPC PD Rohul Tetap KomitJalankan Program PartaiPASIR PENGARAIANAN (VOKAL)

(ymg,sad)

ADVERTORIAL PEMKAB ROHUL

Penanggung jawab/redaktur: SAADUDDIN BADRA

Turap Sungai BatangLabuhan Terancam AmbrukPASIRPENGARAIAN (VO-PASIRPENGARAIAN (VO-PASIRPENGARAIAN (VO-PASIRPENGARAIAN (VO-PASIRPENGARAIAN (VO-KAL)KAL)KAL)KAL)KAL)-Tembok penahan tebing(turap) yang dibangun untukmangatasi abrasi di tepian Sun-gai Batang Lubuh Dusun Da-russalam, Desa Babussalam,Kecamatan Rambah yang diba-ngun Juli 2012 lalu, kondisinyaterancam ambruk. Disisi ba-wah tembok, sudah keroposditerjang air sungai, bahkan kinisudah berlubang.

Bangunan turap sepanjang125 meter yang menghabiskandana Rp902.824.000 dibangunrekanan CV Bodoba dengankonsultan CV Wandra Cipta,dan sudah habis masa perawa-tannya. Namun bangunan yangbaru berusia 8 bulan tersebut,kondisinya sudah mempri-hatinkan, karena kolong tem-bok tidak lagi ada tanah tim-bunan karena habis terkikis airsungai.

Sejumlah warga menyata-kan, sudah melaporkan per-masalahan tersebut ke kepalaDesa Babussalam, Syafei Bang-

sawan, termasuk adanya jalandi sisi turap, yang kini sudahmenjadi anak sungai, dan kinidiberi jembatan darurat olehmasyarakat dari batang pi-nang, dan kini hanya bisa dil-intasi sepeda motor saja.

Kades Babussalam, SyafeiBangsawan yang dikonfirma-si terkait laporan warga men-gakui, dirinya sudah melapor-kan terkait turap yang teran-cam ambruk sesuai laporanwarga, ke Dinas Bina Margadan Pengairan (BMP) namunsecara lisan. Termasuk, butu-hnya jembatan di daerah itu,karena jalan tersebut dulun-ya sebagai akses jalan meng-hubungkan Desa Babussalamke Desa Tanjung Belit dandesa lainnya di KecamatanBangun Purba.

"Jalan itu sudah ada sejaklama, dan dulunya disebutwarga Simpang Tangun. Kinijalan itu, sudah sejak beber-apa bulan terakhir ini tidaklagi bisa dilintasi kendaraan

roda empat, karena sangatparah. Juga mengenai turap,yang kondisinya nyaris am-bruk karena terkikis air sun-gai, juga dilaporkan warga kekita. Berharap hal ini, bisasegera diatasi Dinas BMPRokan Hulu," terang KadesBabussalam.

Ditempat terpisah, KepalaDinas BMP, Herry Islami STyang dikonfirmasi terkait lap-oran warga baik nyaris runtu-hnya turap serta butuhnyajembatan, pihaknya siap me-naganginya melalui dana swa-kelola Dinas BMP tahun 2013ini.

"Baik untuk turap yangnyaris runtuh maupun jem-batan yang diperlukan warga,kita akan akomodir melaluidana swakelola tahun 2013 ini.Hal ini kita lakukan, dalammemberikan pelayanan kemasyarakat, sehingga per-masalahan yang ada bisa ter-atasi dengan tepat dan cepat,"janji Heri Islami.(ymg,sad)(ymg,sad)(ymg,sad)(ymg,sad)(ymg,sad)

Sekretariat DPRD 0762-91460

Polres 0762-91110

Polsek Ujungbatu 0762-61110

Polsek Kunto Darussalam 0762-62515

Pemadam Kebakaran 0852713373707

Kantor Bappeda 0762-91530

Kajari Pasirpengaraian 0762-91226

Pengadilan Negeri 0762-91677

Kantor Pos Pasirpengaraian 0762-91221

Rumah Sakit Umum Daerah 0762-91777

Bank Riau Pasirpengaraian 0762-91260

BRI Pasirpengaraian 0762-91161

Bank Mandiri Ujungbatu 0762-61147

PLN Ranting Pasirpengaraian 0762-91260

Bupati Minta 29 PerusahaanIkut Atasi Krisis Listrik

jalan tahun ini dan pada 2014mendatang krisis listrik terse-lesaikan.

Keterlibatan perusahaandalam mengatasi krisis listrikadalah dalam kerjasama pro-gram listrik dengan meman-faatkan sumber energi terbaru-kan dari limbah PKS, serta lim-bah kelapa sawit, apalagi perke-bunan kelapa sawit merupakanyang terbesar di Provinsi Riau.

Menurut Achmad, listrik te-lah menjadi kebutuhan dasarpenduduk Indonesia dan dun-ia, pasalnya listrik turut men-dukung peluang usaha kecilmenengah (UKM), sebab itutidak heran, saat terjadi krisislistrik, bidang usaha juga turutmengalami rugi.

Sumber daya alam (SDA)yang dimiliki Rohul dari limbahdi 29 PKS sebenarnya bisamenghasilkan energi listriksampai 29 Mega Watt (MW),sayangnya potensi itu belumtermanfaatkan dan terkelolamaksimal.

“Jika kerjasama terlaksana,maka krisis listrik di daerah kitadapat teratasi, terutama untukpenerangan di pedesaan yangbelum seluruhnya terjangkaulistrik,” papar Bupati Achmad.

USAID-ICED selaku konsul-tan tekhnis telah paparkan carapengembangan dan pemanfaa-tan energi terbarukan untukpembangkit tenaga listrik bio-massa dan biogas meng-gunakan limbah perusahaan

yang dinilai potensial dan telahditerapkan di negara-negaramaju.

Pihak konsultan tekhnis telahnyatakan siap membantu pro-gram listrik bisa terlaksana. Tapibegitu, perlu dilakukan surveiuntuk mengetahui seberapa be-sar potensi limbah yang dimilikidi 29 PKS. Dalam waktu dekat, 5PKS lagi juga akan berdiri di Ro-hul dan saat ini masih dalam ta-hap proses perizinan.

Adanya dukungan penuh dari29 PKS, Bupati Achmad ber-harap lagi bahan baku limbah diperusahaan dapat digunakansebagai pembangkit listrik dandapat mengurangi biaya opera-sional Bahan Bakar Minyak(BBM) perusahaan.(ymg,sad)(ymg,sad)(ymg,sad)(ymg,sad)(ymg,sad)

Sejak dimekarkan dari Kabu-paten Kampar pada 1999 silam,Kabupaten Rohul yang kini te-lah berusia 13 tahun masihmengalami krisis listrik. Akibatkrisis listrik berkepanjangan,Rohul sempat dijuluki sebagai“Negeri Seribu Genset” karenahampir di seluruh rumah pen-duduk memiliki *generatorsetting*alias Genset.

Pasca kesepahaman (MoU)dengan project team pihakUnited State Agency Interna-

tional Development-IndonessClean Energy Development(USAID-ICED) from the Amer-ican people, Bupati Achmadsangat berharap krisis listrik didaerahnya dapat teratasi sece-patnya.

Upaya mengatasi krisis lis-trik, seluruh perusahaan di Ro-hul terutama Pabrik KelapaSawit (PKS) diminta menduku-ng program dalam mengatasikrisis listrik. Diharapkan Ach-mad, program itu sudah ber-

Siswa SD/MI dan SMP/MTs Rohul Siap Hadapi UNPASIRPENGARAIAN (VOKAL)PASIRPENGARAIAN (VOKAL)PASIRPENGARAIAN (VOKAL)PASIRPENGARAIAN (VOKAL)PASIRPENGARAIAN (VOKAL)-Se-banyak 1.0408 Siswa SD dan 7.182 SMP/Mts di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul)siap menghadapi ujian nasional(UN)yang akan dilaksanakan pada April danMei mendatang. Hal tersebut disam-paikan Kepala Dinas Pendidikan Pe-muda dan Olah raga (Disdikpora) Ro-hul melalui Kepala Bidang Pendidikandasar(Dikdas) Suharman kepada Har-ian Vokal, Rabu(27/2).

Disampaikannya, sesuai denganjadwal yang telah ditetapkan Ke-mendiknas bahwa UN SD akan di-laksanakan tanggal 6,7 dan 8 Mei2013, dengan mata pelajaran BahasaIndonesia (BI), Matematika (MTK),IPA. Sedangkan ujian susulan akandilaksanakan tanggal 13 s/d 15 mei,Kemudian pengumuman lulusanakan dilaksanakan bulan juni 2013.

UN SMP/MTs akan dilaksanakantanggal 22 s/d 25 April 2013 dengan matapelajaran Bahasa Indonesia(BI), ma-tematika (MTK), IPA dan Bahasa Ingrisdan Susulan akan dilaksanakan tanggal29 April s/d 2 mei tahun 2013 pengu-muman lulusan tanggal 1 juni 2013.

Menurut Suharman jumlah siswa

SD yang akan melaksanakan UN se-banyak 10408,sedangan Siswa SMP/MTs sebanyak 7.182 siswa. "Siswa-siswi tersebut sudah dipersiapkanuntuk mengikuti ujian nasionaltersebut,"katanya.

Sebagai persiapan bagi siswamulai Selasa(26/2) pihak sekolahmulai melaksanakan try out, dis-amping itu juga sebelum try out pi-hak siswa-siswi tersebut sudahmengikuti bimbingan belajar di be-berapa tempat kursus yang ada, dis-amping itu juga, para guru melak-sanakan les pada sore harinya.

Suharman juga menghimbau paraorang tua murid agar memerintah-kan kepada anak-anaknya untukmengulangi pelajaran yang didapatdi sekolah,agar anak-anaknya bisamenguasai seluruh pelajaran yangdiberikan oleh guru-guru di sekolah."Untuk mendukung belajar-menga-jar anak-anak kita disamping belajardi sekolah juga tidak terlepas daritanggung jawab Orang tua di rumah,karena anak-anak tersebut lebih ban-yak waktunya di rumah ketimbangdi sekolah," katanya.(ber)(ber)(ber)(ber)(ber)

BER.

SEKITAR

Agama(Kemenag)Provinsi Riau,Drs H Tarmizi Tohor MA, yanghadir saat itu memberi apresiasikepada Pemka Rokan Hulu. Sebabpelaksanaan MTQ Kabupaten inisangat meriah dan di sambut an-tusias ribuan masyarakat.

"Saya yakin dan percaya iniadalah pertanda baik bahwaSyiar Islam sangat tinggi diKabupaten Rohul yang dikenaldengan julukan negeri SeribuSuluk," pujinya.

Katanya, pelaksanaan MTQadalah salah satu upaya untukmeningkatkan keimanan dan

BANGUN PURBA (VOKAL)BANGUN PURBA (VOKAL)BANGUN PURBA (VOKAL)BANGUN PURBA (VOKAL)BANGUN PURBA (VOKAL)-Bupati Rokan Hulu membukaMusabaqah Tilawatil Quran(MTQ) ke-13 tingkat Kabupat-en Rokan Hulu di KecamatanBangun Purba, Selasa (27/2)."Tarian Salai Semalam" danpesta kembang api turut meme-riahkan pelaksaanan ajang pen-cari qori-ah Rohul untuk tampildi MTQ tingkat Provinsi Riau.

Usai membuka lomba, Bu-pati menyampaikan pelaksan-aan MTQ Kabupaten 2013 iniberbeda dengan sebelumnya,sebab selain kita melaksanakan

MTQ Tingkat Kabupaten, kabu-paten Rokan Hulu yang diberikesempatan menjadi tuan ru-mah MTQ tingkat Provinsi Riaujuga tengah mempersiapkansegala sarana dan prasarananya.

"Kita harapkan para Qory-Qoriah agar betul-betul mem-persiapkan diri untuk pelaksan-aan MTQ ini, sebab peserta ter-baik nantinya akan kita persiap-kan untuk MTQ tingkat Provin-si Riau, Juni mendatang," sam-painya.

Kepala kantor Kementrian

Tarian Ikan Salai Semalam Meriahkan Pembukaan MTQ Rohulketaqwaan kepada Allah Swt,dalam bentuk menyemarakkanSyiar Agama Islam di provinsiRiau, semua kegiatan keagam-aan di Rokan Hulu sangat ken-tal dirasakan.

Kemenag Provinsi Riau se-bagai instansi yang mengayomibidang ke agamaan sangat bert-erima kasih kepada Kepala Daer-ah Khususnya Bupati Rohul yangtelah memberikan sumbanganbesar pada pembangunan bi-dang keagamaan tersebut.

Tarmizi Tohor juga mengakuberbagai kegiatan keagamaan,

pendidikan dan pembinaanAlqur’an sontar terdengan diberbagai daerah kami. Hal terse-but atas kesungguhan BupatiAhmad dalam mengembangkanSyiar Islam. Hal itu akan men-ciptakan regenerai yang akanmembumikan alqur'an.

"Tidak ada Ilmu yang palingUtama, dan tidak ada pengab-dian yang paling mulia diham-paran bumi ini kecuali hidupIkhlas berkiprah mempelajari,memahami dan memercu-suarkan Syiar Kitabulla," ucap-nya. (ymg,sad)(ymg,sad)(ymg,sad)(ymg,sad)(ymg,sad)

Page 13: Harian Vokal edisi 28 Februari 2013

Penanggung jawab/redaktur: DELFI INDRA Perwajahan: HASAN SHOLIHIN

13HARIAN VOKALSABTU 28 Febuari 2013/18 Rabiul Ahir 1434 H

LINTAS

Kantor Bupati : 0766-21258Sekretariat DPRD : 0766-7008003Polres : 0766-23390Polsek : 0766-21110Puskesmas : 0766-21330Kantor Pos : 0766-21015Kejaksaan Negeri : 0766-21122Pengadilan Negeri : 0766-21031RSUD : 0766-21066PLN : 0766-21777Kesbang & Infokom : 0766-21057

ADVERTORIAL PEMKAB BENGKALIS

BENGKALIS(VOKAL)-

starting point

grand

(rud)

Illegal MigrantBENGKALIS (VOKAL)-

Illegal Migrant

illegal migrant

(rud)

Bupati Minta Kepala SKPDSegera Laksanakan Program

Menurut Bupati, kebiasaanmenunda pelaksanaan pro-gram akan menyebabkan ke-giatan tidak maksimal. Selainitu pimpinan SKPD bersangku-tan juga akan kerepotan.

"Saya minta kerjakan pro-

gram secepatnya agar tidakterdesak waktu," pinta Bupati.

Para pimpinan SKPD yangdilantik tersebut adalah DrSulioso yang sebelumnyamenjabat Kepala Badan Kepe-gawaian menjadi Asisten Ad-ministrasi Umum SetdakabBengkalis. Kemudian Hj Fari-da Hamid yang sebelumnya

Kepala Badan PemberdayaanPerempuan dan Keluarga Be-rencana menduduki jabatanbaru sebagai staf ahli bidangpembangunan, sedangkanKepala Badan PemberdayaanPerempuan dan Keluarga Be-rencana dipercayakan kepa-da Hj Umi Kalsum yang sebe-lumnya menjabat Kepala Di-nas Koperasi dan UKM. Jaba-tan yang diemban Umi Kal-sum sebelumnya dipercaya-kan kepada H Tuah AsrunSaili.

Rinaldi yang sebelumnyamenjabat sebagai SekretarisBadan Pemberdayaan Ma-syarakat Pemerintahan Desa(BPMPD) dilantik Kepala Ba-dan BMPD menggantikan Ed-uar. Sementara Eduar menja-bat sebagai Kepala Dinas Ke-

budayaan Pemuda dan Olahr-aga. H Hermanto yang sebe-lumnya menjabat Kadiskes di-geser menajdi Kepala BadanKesbangpolinmas, sementarajabatan Kadiskes dipercayakankepada Syukri yang sebelum-nya menjabat Kepala Dispen-da.

Sedangkan Kepala DinasBina Marga dan Pengairan MNasir dipercaya menjadi Kepa-la Dinas Pekerjaan Umum (PU),dan Emri yang sebelumnyaKepala Dinas Perhubungan Ko-

munikasi dan Informasi diper-caya menjabat Kepala DinasTata Kota dan Pemukiman. Po-sisi yang ditinggal Emri diisi HAmran.

Sementara itu, Indra Putradiplot menjadi Kadispendamenggantikan Syukri. IndraGunawan tetap menjabat se-bagai Kadis Pasar, Erwin men-jabat Kadis Tamben dan H Na-jamuddin yang sebelumnyaStaf Ahli Bidang Teknologi In-formasi diangkat menjadi Ke-pala Satpol PP Bengkalis. (***)

LAPORAN:BAKHTARUDIN/BENGKALIS

Lantik 20 Pejabat Eselon II

Bupati Harapkan Warga RupatAwasi Pelaksanaan Program

Serahkan E-KTP dan Mobil AmbulansBENGKALIS(VOKAL)-BupatiBengkalis H Herliyan Salehmengharapkan warga Kecama-tan Rupat ikut melakukan pen-gawasan terhadap pelaksan-aan program kartu tanda pen-duduk elektronik (e-KTP) di ke-camatan tersebut.

Hal tersebut disampaikanBupati uasi melakukan penyera-han secara simbolis e-KTP dan 1unit ambulans di Kantor CamatRupat, Senin (25/2) petang.

Dalam sambutannya Bupatimengatakan, program e-KTPyang digulirkan Pemerintah Pu-sat bernilai positif bagi pemba-ngunan. Karena e-KTP dapatmengantisipasi serta mence-gah terjadinya pemalsuan dataatau identitas penduduk. Selainitu e-KTP juga bertujuan mewu-judkan akurasi data kependudu-

kan untuk mendukung pening-katan keamanan Negara.

“E-KTP juga mempermudahmasyarakat dalam mempe-roleh pelayanan dari lembagapemerintah, perbankan sertadari pihak swasta. Selain itu e-KTP mencegah terbukanya pe-luang seseorang melakukanpenipuan data jati dirinya,” se-but Bupati.

Di sisi lainnya, tambah Bu-pati, dengan adanya e-KTP inimaka Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Bengkalis dalammenyalurkan program atau-pun bantuan kepada masya-rakat akan jadi tepat sasaran.Karena setiap penerima nan-tinya harus memiliki e-KTP.

“Salah satu contoh adalahprogram Jamkesmas. Nanti-nya setiap masyarakat yang

menggunakan layanan terse-but harus memilki e-KTP,” se-butnya.

Bupati juga menyambut baikadanya partisipasi masyarakatdi Kecamatan Rupat Utaradalam menyukseskan pro-gram e-KTP, sehingga realisasiproses perekaman berlang-sung lancar.

Acara penyerahan e-KTPsecara simbolis itu juga diha-diri sejumlah kepala SKPD, ke-pala desa dan tokohmasyarakat. Pada kesempatanitu Bupati juga menyerahkanbantuan 1 unit rumah layakhuni dan pompong bantuanPemerintah Pusat serta bantu-an 500 Alquran yang diterimaCamat Rupat Utara.

“Saya minta keberadaanambulans ini dimanfaatkan se-baik-baiknya untuk membantusaudara-saudara kita yangakan mendapatkan perawatanke Puskesmas maupun rumahsakit. Juga untuk mengantarjenazah,” pintanya.

Sementara itu Camat RupatUtara Agus Sofyan disela-selakegiatan mengungkapkan, diKecamatan Rupat Utara 14,26persen atau 1.288 warga belummelakukan perekaman data e-KTP. Sementara warga yangsudah melakukan perekamanmencapai 7.745 orang dari to-tal target 9.033 orang.

“Dari data itu yang sudahterekam e-KTP sebanyak 85.74persen sekitar 7.745 jiwa, danyang belum terekam sekitar14.26 persen atau sekitar 1.288jiwa. Umumnya warga yang be-lum terekam ini berada di luardaerah serta di negeri orang.Saya yakin tahun ini akan sela-sai semuanya,” pungkasnya.(rud)

Lipun LaporkanPenyimpangan AnggaranProyek Disbudparpora ke KPKPEKANBARU (VOKAL)- Lem-baga Investigasi Penyalah-gunaan Uang Negara (Lipun)Riau sudah melaporkan temuanserta dugaan terjadinya peny-impangan anggaran proyek Di-nas Kebudayaan Pariwisata Pe-muda Olahraga (Disbudparpo-ra) Bengkalis pada pemban-gunan dermaga penumpang ta-hap II ke Komisi PemberantasKorupsi (KPK). Proyek ini dida-nai APBN tahun anggaran 2012sebesar Rp2.279.000.000

Direktur Eksekutif DPP LipunRiau Djamhourdin kepada Hari-an Vokal, baru-baru ini mengata-kan, hasil investigasi Lipun Riauitu menemukan kejanggalan ter-hadap penggunaan anggaranproyek pembangunan dermagapenumpang tahap II pada Dis-budparpora Bengkalis.

"DPP Lipun Riau sudah me-layangkan surat laporan hasilinvestigasi ini ke KPK. Surat la-poran bernomor R-028/LIPUN-RI/P-9/X/2013 itu telah kirimkan.Diduga proyek pembangunandermaga penumpang tahap IIdi Disbudparpora Bengkalisyang didanai APBN tahun 2012sebesar Rp2.279.000.000 telahterjadi pidana korupsi," katanya.

Dikatakan Djamhour, denganadanya laporan itu diharapkanKPK dapat menurunkan tim un-tuk menindak lanjuti permasala-han dugaan penyimpangan ang-garan tersebut. Adanya dugaantindak pidana korupsi di lingku-ngan Disbudparpora Bengkalisini karena pihak Disbudparporamenunjuk perusahaan yangtidak lengkap administrasinya,yakni CV Terubuk Jaya.

"Pada saat pembukaan doku-men penawaran, CV TerubukJaya tidak memenuhi serta tidakmelengkapi persyaratan yangditentukan. Namun kenyataan-nya pihak Disbudparpora Beng-kalis melalui panitia meme-nangkan CV Terubuk Jaya de-ngan tawaran lelang sebesar

Rp1.903.218.000. Ini dari awaldisanggah perusahaan lain,"katanya.

Hal ini, sebutnya, menandakantelah terjadi kolusi korupsi dannepotisme (KKN) yang dilakukanterhadap proses pelelangan.Sebab dari awal kebijakan panitiamemenangkan CV Terubuk Jayaitu telah disanggah pada tanggal26 September 2012, namun tidakkunjung digubris panitia. Akhirn-ya kejanggalan itu dilaporkan Li-pun Riau ke KPK.

Dia juga menuturkan, ber-dasar hasil investigasi LipunRiau di lapangan, pengerjaan-ya proyek yang dikerjakan CVTerubuk Jaya itu masih ter-bengkalai. Padahal, tahun ang-garan pengerjaan proyek AP-BN 2012 sudah berakhir. Dite-gaskannya hal ini harus diper-tanggung jawabkan.

Kepada Vokal, Kamis (21/2) diPekanbaru, Djamhour mengata-kan bahwa fakta-fakta dugaanpenyimpangan anggaran itumemunculkan indikasi adanyatindak pidana korupsi yang di-lakukan Kadisbudparpora Beng-kalis Tuah Sahali dan PPTK Su-parno, serta kontraktor pelaksa-na proyek yakni CV TerubukJaya yang dimenangkan panitia.

Disebutkan Djamhour, pem-bangunan dermaga penumpangtetap dikerjakan CV TerubukJaya. Artinya, sanggahan pihakperusahaan lainya seperti CVAidil (Mawardi), CV Bantan Putra(Rahmad Afandi) dan CV IndahPermai (M Nazri) tidak digubris pi-hak Disbudparpora Bengkalis.

Sementara itu, Kepala Dis-budparpora Bengkalis Tuah Sa-hali saat akan dikonfirmasiVokal via ponselnya, Kamis (21/2), belum berhasil dihubungi.Meski pesan singkat juga sudahdikirim, namun tidak berbalas.

Sedangkan PPTK Suparnoketika dihubungi via ponselnyamengatakan dirinya tidak bisamemberi jawaban. (rul)

BAKHTARUDDIN

BUPATI

BAKHTARUDDIN

BUPATI

Page 14: Harian Vokal edisi 28 Februari 2013

15 Kilo Meter Daratan DesaTanah Merah Amblas ke Laut

HARIAN VOKAL KAMIS 28 Febuari 2013/ 18 Rabiul Akhir 1434 H

14

:Penanggung Jawab/Redaktur DELFI INDRA

LINTAS

Kantor Bupati : (0763) 434715

Polsek Tebingtinggi : (0763) 32110

Koramil : (0763) 32998

RSUD Selatpanjang : (0763) 32006

Ambulans : (0763) 700377

Kantor Imigrasi : (0763) 31018

Grand Meranti Hotel : (0763) 32588

ADVERTORIAL PEMKAB MERANTI

“Padahal jarak podium daripantai sekitar 4 meter. Hanyasekitar 2 bulan saja lokasi terse-but sudah runtuh. Artinya dalamrentang waktu 2 bulan itu 4meter daratan Desa Tanah Me-rah runtuh akibat abrasi,”ujarnya.

Lebih jauh Mahadi menu-turkan, saat ini ada sejumlahdesa di Kecamatan RangsangPesisir tersebut yang terkenaabrasi sangat parah, salah satu-nya Desa Tanah Merah itu.Apalagi sepajang 5 kilo meterpantai Desa Tanah Merah ter-sebut, khususnya di Dusun Per-mai sama sekali tidak memilikipenahan gelombang. Sehinggahempasan kencang gelombangdari laut Selat Malaka akan terus-terusan mengikis bibir pantaiDesa Tanah Merah.Lakukan Berbagai LangkahLakukan Berbagai LangkahLakukan Berbagai LangkahLakukan Berbagai LangkahLakukan Berbagai Langkah

“Kita bersama masyarakat

setempat telah melakukan ber-bagai langkah untuk mencegahmakin menjadinya abrasi itu,termasuk melakukan penana-man bibit pohon api-api padatahun 2012 lalu. Melalui anggaranADD kita sepakati membelisebanyak 5.000 batang bibitpohon api-api dan kita tanamsecara gotong royong bersamamasyarakat. Namun, dari 5000ribu bibit pohon api-api yangtelah kita tanam itu, yang hidupbisa dihitung dengan jari. Palingbanyak 20 hingga 30 pohon yangberhasil hidup. Selebihnya mati.Kami heran, kenapa bibit api-api yang ditanam di sepanjangbibir pantai Desa Tanah Merahitu tidak mau hidup, sementaradi desa tetangga bisa hidup,”tutur Mahadi.

Selain menanam bibit pohonapi-api, sambungnya, pihaknyajuga melakukan berbagai upaya

lain dengan mengusulkan pem-bangunan turap atau pemecahgelombang melalui musyawarahrencana pembangunan (mus-renbang), atau membuat pro-posal ke Pemerintah ProvinsiRiau maupun ke Pusat. Namunhingga saat ini belum ada rea-lisasinya, kendati sekitar setahunlalu pernah dilakukan surveioleh tim dari Bandung.

“Untuk itu kita berharapkepada Pemerintah KabupatenKepulauan Meranti, Provinsimaupun Pemerintah Pusat agarmenanggapi persoalan abrasi inidengan serius, bukan hanyaseparoh hati. Karena persoalanabrasi ini sangat menyangkuthajat hidup orang banyak,serta berkaitan juga dengankelangsungan pulau terluar diNegara ini, khususnya di Ka-bupaten Kepulauan Meranti,”harapnya. (***)(***)(***)(***)(***)

Kurun Waktu 1999-2013

Bupati Ajak Masyarakat Ciptakan Kondisi Kondusif

SELATPANJANG(VOKAL)SELATPANJANG(VOKAL)SELATPANJANG(VOKAL)SELATPANJANG(VOKAL)SELATPANJANG(VOKAL)-Untuk mempercepat pemba-ngunan di Kepuluan Meranti,Bupati Kepulauan MerantiIrwan Nasir mengajak seluruhlapisan masyarakat agar sama-sama menciptakan kondisi yangkondusif di wilayah KepulauanMeranti.

Masyarakat juga diajak men-dukung dan menjaga investoryang ada di Kepulauan Meranti,seperti Energi Mega PersadaMalacca Strait SA (EMP MSSA)selaku perusahaan migas yangberoperasi di Pulau Padang.

Menurut Bupati, kebera-daan investor di KepulauanMeranti dapat mendorong per-tumbuhan perekonomian ma-syarakat, khususnya masya-rakat sekitar wilayah operasio-nal perusahaan tersebut. Se-jalan dengan itu, keberadaan in-vestor di Kabupaten KepulauanMeranti juga dapat mendorong

percepatan pemerataan pem-bangunan di kabupaten ter-sebut.

“Kami menyambut baik se-gala bentuk kegiatan dalamrangka membangun kemitraanbersama masyarakat dan pe-ngusaha. EMP MSSA sudahseharusnya melibatkan ma-syarakat tempatan dalam ope-rasional dan berbagai kegiatan-nya,” ungkap Bupati dalamsambutannya saat menghadiriSosialisasi Pengadaan Barangdan Jasa EMP MSSA, Rabu (27/2) di Grand Meranti Hotel,Selatpanjang.

Menurut Bupati, melaluisosialisasi dan silaturahmi ter-sebut nantinya akan terbangunpersamaan persepsi dan visidalam upaya pembangunan diMeranti. Apalagi EMP MSSAmemberikan peluang untukberusaha bagi masyarakat me-lalui pola kemitraan.

“Kita harus dapat menjagaperusahaan beroperasi untukmempercepat pembangunandi Kepulauan Meranti. Tentu-nya hal ini akan membantumasyarakat kita, terutamaperusahaan rekanan yang nan-tinya menjadi mitra EMP MSSAuntuk mendukung opera-sional,” ujar Bupati.

Siap FasilitasiSiap FasilitasiSiap FasilitasiSiap FasilitasiSiap FasilitasiBupati juga mengatakan,

eksploitasi yang dilakukan EMPMSSA juga berkemungkinanakan menimbulkan gesekan-gesekan di tengah masyarakat.Terkait hal tersebut Bupatimenegaskan bahwa PemkabMeranti siap membantu mem-fasilitasi dan memediasi jikaterjadi gesekan tersebut. Apa-lagi bagi pihak lain, mungkinsaja sulit mendapatkan akses keEMP. Dengan adanya kesamaanpersepsi seluruh pihak itudiharapkan akan terbangun

kesejahteraan masyarakat danpercepatan pemeratan pem-bangunan di KepulauanMeranti.

Sementara itu, General Ma-nager (GM) EMP MSSA BagusKartika dalam sambutannyamengatakan, sosialisasi terse-but merupakan upaya pihak-nya memberikan pemahamanbagaimana bermitra denganEMP sesuai standar dan aturanyang telah ditetapkan. Denganbegitu standar yang diinginkanterhadap perusahaan nantinyadapat terwujud.

“Saya senang berkaloborasidengan pengusaha. Manajemensafety harus kami perhatikandalam melaksanakan ope-rasional. Standar safety haruskita jaminkan. Bagaimana kitabisa menjual sebanyak-ba-nyaknya dengan menekankerugian dan tingkat kecelakaansekecil mungkin. Untuk meng-hindari kecelakaan tidak adakompromi bagi kami. Karenaitu kami betul-betul menguta-

makan keselamatan dan meng-hindari kecelakaan,” tuturBagus.

Ditambahkan, rekanan ataukontraktor yang hadir padasosialisasi itu adalah rekananyang sudah menjadi mitramaupun calon mitra.

“Harapan kami kepada re-kanan agar tidak hanyaberharap kepada kami sajadalam melaksanakan berbagaikegiatan tender, namun jugamampu menciptakan ide danpasar baru. Yang kami lakukanhari ini adalah upaya bersama-sama untuk berkembang,”pungkasnya.

Usai membuka kegiatantersebut, Bupati juga mene-rima bantuan kendaraan pe-ngangkut sampah. Dalam ke-sempatan itu Bupati didam-pingi Kepala Badan LingkunganHidup (BLH) Kepulauan Me-ranti Irmansyah. Acara itu jugadihadiri puluhan perusahaanlokal dan koperasi yang ada diKepulauan Meranti. (swl) (swl) (swl) (swl) (swl)

Dukung Keberadaan Investor di Meranti

Dengan kondisi demikiandiperkirakan tingkat kemiskinanmasyarakat di Desa Tanah Merahsetiap tahunnya terus me-ningkat.

“Hal ini dikarenakan jumlahmasyarakat yang memiliki lahanperkebunan maupun rumahmakin berkurang,” ungkap Ke-pala Desa Tanah Merah Mahadi

LAPORAN:SYAWAL / MERANTI

saat ditemui Vokal, kemarin diSelatpanjang.

Diungkapkan Mahadi, dalamrentang waktu lebih kurang 2bulan belakangan sudah 4 meterdaratan Desa Tanah Merah yangamblas ke laut. Bahkan di se-putaran podium yang merekabuat saat kunjungan kerjaKomandan Korem 031 WirabimaBrigjen TNI Teguh Raharjo keDusun Permai, Desa TanahMerah itu pada Januari lalu ikutpula runtuh menjadi pantai.

SELATPANJANG(VOKAL)

goriau.com,

(ymg, del)

Pemkab AkanRemajakan 300 HaKebun Kelapa

Pendaftaran PanwascamTerakhir Hari IniS E L A T P A N J A N G ( V O K A L )S E L A T P A N J A N G ( V O K A L )S E L A T P A N J A N G ( V O K A L )S E L A T P A N J A N G ( V O K A L )S E L A T P A N J A N G ( V O K A L ) -Jadwal pendaftaran calon PanitiaPengawas Kecamatan (Pan-wascam) di wilayah KepulauanMeranti akan diperpanjang hi-ngga Kamis tanggal 28 Februarihari ini. Hal tersebut menyusulmasih adanya sejumlah keca-matan yang belum memenuhikuota dari jumlah anggota Pan-wascam yang dibutuhkan.

''Terpaksa kita undur pen-daftaran penerimaan panwas-camnya. Kebijakan ini kita ambilagar di tiap kecamatan terdapatpanwascam,'' kata Ketua Pan-waslu Kabupaten KepulauanMeranti Imam Bashori sepertidilansir halloriau.com baru-

baru ini.Disebutkannya, sejumlah

kecamatan yang belum terpenuhikuotanya itu adalah KecamatanTasik Putri Puyu, TebingtinggiTimur, Tebingtinggi Barat danRangsang Pesisir.

Menurut Imam, Panwas-cam yang diterima di setiapkecamatan merupakan wargatempatan kecamatan tersebut.Sehingga Panwaslu agak ke-sulitan menjaring personalyang akan menjadi anggotaPanwascam nantinya. Ke-terbatasan informasi ke sejum-lah kecamatan pemekaran ba-ru juga menjadi salah satukendalanya. (ymg, del) (ymg, del) (ymg, del) (ymg, del) (ymg, del)

ANDIKA

BERDIALOG

SYAWAL

BUPATI

SELATPANJANG(VOKAL)

English Club

bilin-gual (swl)

22 Siswa MTsNDilepas ke Jatim

Page 15: Harian Vokal edisi 28 Februari 2013

Penanggung Jawab/Redaktur MARZULI ADI

Sekretariat Daerah : 0769-341009Sekretariat DPRD : 0769-311341Pengadilan Negeri Rengat : 0769-341059Pengadilan Agama Rengat : 0769-341102Kejaksaan Negeri Rengat : 0769-341271PDAM : 0769-21634Kantor Satpol PP : 0769-341137Kodim 0302 Inhu : 0769-21035Polres Inhu : 0769-21110Polsek Peranap : 0769-561110Polsek Lirik : 0769-41033Polsek Pasir Penyu : 0769-41110RSU Indrasari Rengat : 0769-341066

HARIAN VOKALSABTU

1528 Februari 2013/18 Rabiul Akhir 1434 HKAMIS HARIAN VOKAL

Golkar Inhu Bela YopiLINTASPD Inhu SolidHadapi PilgubriRENGAT(VOKAL)

(ymg,mza)

ungkapan Bupati yang akanmenggerakan massa ke GedungDPRD Inhu untuk mempertanya-kan Pengesahan Ranperda itu ad-alah hal yang wajar," katanya.

Kata Tambunan lagi, sebagaikepala daerah, Bupati tentunyamerasakan persoalan masyarakat.Dengan tidak disahkannya beber-apa Ranperda, hal ini tentunya san-gat merugikan masyarakat. "Kalaukita kembalikan, siapa sebenarnyayang tidak pro rakyat, Bupati kahatau para anggota DPRD yang ber-sangkutan?" ujarnya dengan nadacukup tinggi.

Selain itu, katanya, beberapawaktu yang lalu berdasarkan kebu-tuhan masyarakat, Pemkab Inhumenganggarkan pembelian alatberat namun dicoret oleh para ang-gota DPRD Inhu. Padahal tujuandibelinya alat berat tersebut adalahuntuk membantu masyarakat yangberada di daerah-daerah terisolir."Apakah ini yang dikatakan ProRakyat," ujarnya lagi.

"Saya selaku Humas PartaiGolkar meminta kepada anggotaDPRD jangan bersikap tolol dalamhal ini. Pernyataan itu akanmemperuncing masalah yangada, bukannya akan terselesai-kan," ujarnya saat menggelarkonferensi pers di rumah makanMega Rasa Bandung, Desa TalangJerinjing, Rengat, Rabu (27/2).

Pada kesempatan tersebut,Tambunan menyesalkan ungka-pan anggota DPRD Inhu karenaapa yang diisampaikan bupatipada pidato pelantikan pejabatEselon II, III dan IV serta apa yangdisampaikannya pada acara co-ffe morning beberapa waktuyang lalu adalah bentuk ke-peduliannya kepada masyarakat.

"Bupati Inhu adalah KetuaDPD II Partai Golkar Inhu dansebagai kader kita layak untukmeluruskan masalah ini. Adanya

Untuk itu, tambahnya, PartaiGolkar Inhu akan meminta per-tanggungjawaban anggota DPRDInhu yang telah mengatakan Bu-pati Inhu sebagai provokator,karena pihaknya tidak melihatadanya unsur ke arah tersebut.

"Seperti arti yang disebut pro-vokator? Itu asal tuding tapi tidakbenar. Malah sebaliknya, pidatoBupati itu adalah bahasa muliakarena Yopi itu pro rakyat, se-hingga terbuka dan transparanmemaparkan apa yang ada,"pungkas Tambunan.

Seperti diketahui, sejumlahanggota DPRD Inhu menganggapBupati Inhu, Yopi Arianto mem-provokasi warga untuk tidak per-caya kepada DPRD Inhu. Yopimengajak warga berramai-ramaimembahas APBD Inhu secarabersama di halaman DPRD Inhu.

"Jika DPRD Inhu tidak mem-bahas RAPBD, APBD dan Ranper-da, kita bahas ramai-ramai den-gan warga di DPRD Inhu," ucapBupati Inhu di hadapan ratusanPNS pada saat pelantikan penga-ngkatan pejabat eselon II, III danIV beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal ini, anggotaDPRD Inhu, Suharto menganggapBupati Inhu menghina legistatifdan memprovokasi warga untuk

Turap di DanauBaru Nyaris AmbrukRENGAT(VOKAL)

Harian Vokal

(obr)

seni dan budaya merupakan suatuaset yang harus dikembangkan.

"Saya juga mengucapkan ter-ima kasih kepada seluruh camatdi Kabupaten Inhu yang telahmelakukan kegiatan kreatif daninovatif bersama-sama para pe-muda selaku generasi bangsa kedepan," kata Yopi Arianto.

Sementara itu, Ketua ForumLintas Etnis Inhu, H Agus Riantomenyampaikan, festival tari inimerupakan salah satu programkerja tahunan Forum Lintas Et-nis guna mempererat hubungansilaturahmi antar etnis yang ada.

"Tujuannya untuk menumbu-hkan potensi seni dan budaya padausia muda. Acara ini tidak lain dantidak bukan untuk memupuk rasacinta terhadap seni dan budayayang ada di Inhu," jelasnya. (obr)(obr)(obr)(obr)(obr)

Bupati Buka Festival Tari Pengurus Forlet Dapat Apresiasi

"Kegiatan ini sangat positifkarena bisa menyatukan berb-agai etnis yang ada di daerah ini.Saya memberikan apresiasi ter-hadap Forum Lintas Etnis Inhuyang sudah mengadakan acaraini," kata Bupati.

Festival tari ini dijadwalkanakan dilaksanakan selama 6 hari.Kegiatan ini diharapkan menja-di contoh organisasi lainnya diInhu dalam rangka mempersat-ukan seluruh etnis yang ada danmendukung pembangunan dae-rah Inhu lebih baik lagi.

Festival ini melibatkan 500 pe-serta dari 14 kecamatan. Hal initentu menunjukkan bahwa sela-ma ini bakat-bakat generasi mudabanyak terpedam, sementara

RENGAT(VOKAL)RENGAT(VOKAL)RENGAT(VOKAL)RENGAT(VOKAL)RENGAT(VOKAL)- Bupati In-dragiri Hulu (Inhu), Yopi Ariantomembuka Festival Tari yang di-adakan Forum Lintas Etnis (For-let) Inhu di Gedung Dangpurna-ma Rengat Selasa (26/02) pukul20.00 WIB. Masing peserta dariberbagai kecamatan terlihat ma-hir memperagakan tari persem-bahan dan menyanyikan lagudaerah dari masing-masing.

Dalam sambutannya, BupatiYopi Arianto menyampaikan, di-rinya atas nama pemerintah men-gapreasiasi pengurus Forlet yangtelah mengadakan festival tari ini.Meski baru seumur jagung, tapiForlet sudah melakukan gebrakanpositif untuk menyatukan etnisyang ada di Inhu.

OBRIN

BUPATI

Bupati Perang Statement dengan DPRD

LAPORAN:FRASETIA/INDRAGIRI HULU

PARUNTUNGAN

tidak percaya terha-dap DPRD Inhu. "Ne-gara ini punya aturan,seharusnya sebagaipemimpin tidak bolehmemprovokasi warganya," ujarnya.

Anggota DPRDlainnya, menilai Bupatimengajak DPRD pe-rang. "Jangan mem-provokasi warga, kitasudah bantu dengan membahasAPBD tercepat, bahkan bebera-pa persoalan juga telah diselesai-kan DPRD. Kalau sudah sepertiini, berarti Bupati ngajak DPRDInhu perang," kata Marzuki.

Hentikan PerdebatanHentikan PerdebatanHentikan PerdebatanHentikan PerdebatanHentikan PerdebatanPaktisi hukum di Indragiri

Hulu, Justin mengatakan, se-baiknya perdebatan antara Bu-pati Inhu dan DPRD, segera di-hentikan. Menurutnya, kurangetis rasanya jika Dewan menu-ding Bupati memprovokasi ma-syarakat.

Justin mengatakan, pernyataanBupati Inhu terhadap DPRD ad-alah merupakan terobosan yangharus dimaknai dari sisi positif.

"Seandainya ada Dewan yangmenanggapi hal itu denganmenyatakan memprovokasi ma-syarakat, ataupun menyatakanperang, hal itu semakin menun-jukkan bahwa anggota DPRD

Inhu tidak memilikiwawasan dan tidakingin adanya keterbu-kaan," ujar Justin.

Justin yang jugaaktivis Riau SocialWork ini juga menya-takan, sebaiknya ang-gota Dewan dalammemberi pernyataanlebih baik berpikirdahulu. Karena sela-

ma ini oknum dewan juga seringalpa dalam melakukan tugasnyasebagai wakil rakyat.

"Hal ini dapat dilihat dari ba-nyaknya permasalahan yangmenggantung. Walaupun sudahada tim yang dibentuk, namuntetap saja tidak ada penyelesaian.Kami sebagai masyarakat wajibmendukung Bupati jika inginmereformasi kinerja. Dan DPRD,segala permasalahan yang ber-kaitan degan masyarakat dilaku-kan secara transparan," ujarnya.

Sebaiknya pimpinan daerahjuga jangan sibuk berdebat danmempertontonkan perselisihan.Karena masyarakat sangat mem-butuhkan kinerja demi kese-jahteraan. "Janganlah masyarakatdisuguhi perdebatan yang takberujung. Selanjutnya, sebaiknyamasyarakat lebih cerdas dalammemilih wakil yang mengerti tu-gasnya," harap Justin. (***)(***)(***)(***)(***)

DPRD Tanjung JabungKunker ke InhuRENGAT(VOKAL)

(frs)

OBRIN

TINJAU RUANGAN

Disporabudsata DimintaBangun Sarana Seni dan BudayaRENGAT(VOKAL)RENGAT(VOKAL)RENGAT(VOKAL)RENGAT(VOKAL)RENGAT(VOKAL)-Bupati In-dragiri Hulu (Inhu), Yopi Ariantomeminta Dinas Pemuda Olahr-aga Budaya dan Pariwisata un-tuk memprogramkan pemban-gunan sarana dan prasarana ke-senian dan kebudayaan, dalamrangka meningkatkan dan meng-gali bakat para generasi muda diKabupaten Inhu di bidang senidan budaya.

Pernyataan tersebut disam-paikan Bupati pada acara pem-bukaan festival tari antar etnisyang diadakan Forum Lintas Et-nis di Gedung Dang OurnamaRengat, Selasa (26/2) kemarin.Bupati mengaku sangat antusiasmelihat banyaknya peserta yang

ikut dalam festival tersebut."Bakat-bakat generasi muda

harus dikembangkan. Pemerin-tah melalui Disporabudsata se-laku landing sector harus bers-inergi dengan Forum Lintas Et-nis agar dalam rangka pengem-bangan seni dan budaya. Pengu-rus Forum Lintas Etnis bukanhanya unsur pejabat tapi jugadari unsur masyarakat, hal inimenunjukkan adanya kesatuandalam membangun daerah ini,"jelas Bupati.

Jadi, kata Bupati, apapun ke-butuhan yang menyangkut pe-ngembangan kesenian dan kebu-dayaan seperti pembangunangedung rekaman guna men-

yalurkan bakat-bakat generasimuda hendaknya dapat diprosesdan diprogramkan oleh Dispora-budwisata.

Di hari yang sama Kepala Di-nas Pemuda Olahraga dan BudayaPariwisata, Selamat ketika dikon-firmasi mengatakan, dirinya akanmenindaklanjuti keinginan Bupatidalam hal pengembangan kese-nian dan kebudayaan.

"jadi untuk perencanaan pro-gram pembangunan sarana danprasarana kesenian dan kebu-dayaan akan kita usulkan dalamAPBD Perubahan 2013 nanti. Sayarasa meningkatkan seni dan bu-daya ini memang tugas kita bersa-ma," ucap Selamat singkat. (obr)(obr)(obr)(obr)(obr)

carian sebagian masyarakat yangada di daerah aliran sungai (DAS).

"Masyarakat yang berada dantinggal di DAS selama ini sering dis-ebut- sebut sebagai masyarakatyang prasejahtera, tapi denganadanya aktifitas PETI ini pereko-nomian masyarakat menjadi sedi-kit lebih terangkat," jelasnya.

Edi Supirman yang juga ang-gota Komisi A DPRD Inhu jugasudah pernah menggagas legal-isasi pertambangan emas padaMusrenbang (Musyawarah Ren-cana Pembangunan) Tingkat Ke-camatan Kelayang, Selasa (26/2).Namun itu masih sekedar waca-na, menurut rencana Edi akanmenyampaikan lewat DPRD.

"Kita akan usulkan melaluiPansus (Panitia Khusus) B DPRDInhu, agar bisa dibuatkan Perda(Peraturan Daerah) dengandemikian masyarakat yang bera-da di DAS akan leluasa melaku-kan hal tersebut tanpa harustakut di razia dari petugas," kat-anya. (ymg,mza)(ymg,mza)(ymg,mza)(ymg,mza)(ymg,mza)

R E N G A T ( V O K A L )R E N G A T ( V O K A L )R E N G A T ( V O K A L )R E N G A T ( V O K A L )R E N G A T ( V O K A L ) -AnggotaDPRD Indragiri Hulu (Inhu), EdiSupirman menilai legalisasi pe-nambangan sangat diperlukanagar penambang tak diburu-buruaparat. Penambangan emas yangdilakukan masyarakat sampaisaat ini masih menjadi persoalan.Aktifitas ini dinilai ilegal atau tidaksah, tetapi banyak warga Inhuyang menggantungkan nasib dipertambangan itu. Karenanya

"Kita sangat prihatin dengankondisi ini. Sebagai bagian darimasyarakat, saya sangat tersen-tuh dengan hal ini. Penamban-gan ini bisa meningkatkan kese-jahteraan masyarakat, di sisi lainhal ini juga merupakan pelang-garan terhadap aturan yang ada,"ujarnya seperti dilansir gori-au.com, Rabu (27/2).

Selama ini, tambahnya, pe-nambangan emas yang dilaku-kan masyarakat dinilai sebagaisalah satu kegiatan yang diang-gap ilegal. Padahal kegiatan itumerupakan salah satu mata pen-

Anggota DPRD UsulkanLegalisasi Penambangan Emas

Page 16: Harian Vokal edisi 28 Februari 2013

INDRA MADNAN

1,440 %

SEPTINAPRIMAWATI

2,737 %

ISJONI

19,452 %

Penanggung Jawab: IDRUS YAMIN Perwajahan : ABDAWIZA

CMYK

28 Februari 2013/18 Rabiul Akhir 1434 HHARIAN VOKAL KAMIS16

10 Besar Balon Gubri Pilihan RakyatPolling SMS"Riau Memilih 2013"

Insya Allah, pertengahan tahun 2013, masyarakat Riau akanmenggelar pesta demokrasi untuk menentukan siapa yang palingpantas memimpin provinsi ini ke depannya. Terkait hal itu, HarianVokal menerbitkan halaman khusus "Riau Memilih 2013" dansekaligus membuka "Polling SMS" untuk menjaring aspirasimasyarakat tentang bakal calon (balon) Gubernur Riau periode 2013-2018. Tulis nama lengkap "Balon Gubri" pilihan anda dan kirim SMSke nomor 0812 61 168751.

Selain "Polling SMS", para pembaca juga dapat memberikan komentardan tanggapan tentang "Riau Memilih 2013" melalui akun facebook:[email protected].

Komentar boleh mengkritisi calon namun tidak bersifat SARA ataumendiskreditkan (black campaign) bakal calon gubernur. Persentase dukungan di-update setiap hari pukul 17.00 WIB sesuai jumlah SMS Dukungan yang masuk.

Bakal calon Gubri yang tidak masuk atau terdegradasi dari kelompok 10 besar hanya akan ditampilkan nama tanpa foto dalam kelompok "Balon Gubri Lainnya"

Balon Gubri Lainnya: Haris Jumadi, Syamsurizal, Sukarmis, Azis Zainal, Suryadi Khusaini, Lukman Edy, Yopi Arianto, Johar Firdaus, Arsyad JuliandiRahman, Abdul Gafar Usman, Syamsuar.

HERMANABDULLAH

21,469 %

MAMBANGMIT

20,317 % 9,654 %

ANNASMAAMUN

ACHMAD

9,798 %

JHONI SMUNDUNG

8,645 %

WAN ABUBAKAR

1,008 %1,152 %

JON ERIZAL

Mambang: Biarkan SajaAchmad Disebut Intensif Dekati Edi Baskoro

LAPORAN:MOKTIAR/ PEKANBARU

Apa komentar Mambang?"Saya tak ingin mencampuriurusan orang lain. Yang sayapikirkan saya saja, kalau ma-salah orang lain, biarkan saja,"kata Ketua DPD Demokrat Riauini kepada Harian Vokal di

kantornya, Rabu (27/2).Mambang mengatakan, si-

tuasi di internal Partai DemokratRiau saat ini tidak ada masalah.Begitu juga terkait Pilgubri 2013,semua proses, mekanisme tetapditempuh sesuai aturan partai.

Mambang pun lalu menyam-paikan soal slogan kampanyenya,bersama kita bisa. "Tidak ada

masalah, bersama kita bisa," kataMambang singkat.

Sekretaris DPD DemokratRiau Koko Iskandar yang di-hubungi terpsaih juga menepisadanya istilah pengotak-ngo-takan terkait soal kedekatanterhadap pejabat tertentu.

Koko menegaskan, ukuranpenentuan siapa yang akanmaju sebagai calon GubernurRiau dari partai berlambangmercy ini adalah hasil survei. Diantaranya, selain penilaiantentang popularitas, elektibilitas,jabatan merupakan faktor uta-ma yang akan dijadikan acuankepada Majelis PertimbanganDPP Partai Demokrat. Dari hasil

ini kemudian akan dilihat siapayang akan lebih unggul.

"Tidak ada kaitannya denganfigur. Itu kan sudah jelas ada sis-temnya. Jadi jangan dikait-kaitkanpersoalan di Pusat dengan dae-rah," kata Koko, kemarin.

Koko bahkan menilai, istilahkedekatan yang ditujukan kepa-da seseorang sama seperti me-mecah-belah partai, karenasiapa pun yang duduk sebagaiketua umum di Pusat, tetap tidakakan lari dari yang namanyaketentuan. "Saya tidak setujudipetakonflikkan. Itu merusakpartai namanya. Itu namanyasubjektif, kalau pun bukan yangdiunggulkan ternyata pilih justruhanya akan menjatuhkan partaiini," tandas Koko. (***)(***)(***)(***)(***)

PEKANBARUPEKANBARUPEKANBARUPEKANBARUPEKANBARU (VOKAL)(VOKAL)(VOKAL)(VOKAL)(VOKAL)-Ko-misi Pemilihan Umum (KPU)Provinsi Riau, mulai Kamis (28/2)ini menggelar bimbingan teknis(bimtek) bersama 12 KPUD kabu-paten/kota se-Provinsi Riaudalam rangka pelaksanaan Pemi-lihan Gubernur Riau (Pilgubri)Tahun 2013 sampai 4 Maret 2013di Hotel Arowana, Jalan SultanSyarif Kasim, Pekanbaru.

Ketua KPU Riau Tengku EdiSabli mengatakan, bimbinganteknis ini dilakukan untuk menya-makan persepsi antara KPUD se-Provinsi Riau terkait semua halyang berhubungan dengan ta-hapan pelaksanaan Pilgubri,seperti data pemilih, kampanye,penghitungan suara dan petunjukteknis pengelolaan dana hibah.

"Makanya kita sengaja tadimendatangkan BPKP untuk

memberikan penjelasan bagai-mana pertanggung jawabandana hibah yang akan diberikankepada provinsi hingga ke kab/kota tersebut agar dapat diper-tanggungjawabkan dengan prin-sip-prinsip yang baik dan benar,"kata Edi Sabli usai bimtek KPURiau di Hotel Arowana Pekan-baru, Rabu (27/2), seperti dilansirriau24.com.

Peserta bimtek adalah dariketua, sekretaris, bendahara danbeberapa perwakilan anggotaKPUD kabupaten/kota se-Riau.

Di akhir acara, ketua KPURiau menyerahkan MoU, pe-nyerahan dana hibah dari KPUProvinsi kepada KPUD kab/kotamasing-masing dengan menye-rahkan kuitansi penyerahananggaran, dana hibah masing-masing KPUD. (ymg,rus)(ymg,rus)(ymg,rus)(ymg,rus)(ymg,rus)

KPU Gelar Bimtekbersama KPUD se-Riau

Page 17: Harian Vokal edisi 28 Februari 2013
Page 18: Harian Vokal edisi 28 Februari 2013
Page 19: Harian Vokal edisi 28 Februari 2013

LINTAS

19HARIAN VOKAL

Penanggung Jawab/Redaktur DELFI INDRA Perwajahan: HASAN SHOLIHIN

KUANTAN SINGINGIKAMIS 28 Februari 2013/ 18 Rabiul Ahir 1434 H

Fax Kantor Bupati : 0760 561617

Sekretariat DPRD : 0760 561604

MapolresKuansing : 0760 561604

RSUD TelukKuantan : 0760 561858

Kejari TalukKuantan : 0760 20123

PemadamKebarakan : 0760 20957

PolsekKuantan Tengah : 0760 20110

KoramilKuantan Tengah : 0760 20021

Kantor PosdanGiro : 076020016

BMSDA Aspal Jalan Menuju Duta Palma

TELUKKUANTAN (VOKAL)-

(smh)

TELUKKUANTAN (VOKAL)

Vokal

.(smh)

LAPORAN: SAID MUSTAFA HUSIN / KUANSING

menuju PT Duta Palma Nusan-tara itu sebesar Rp1.330.170-.084. Diperkirakan panjang pen-gaspalan mencapai 1 kilo meter.Pekerjaan tersebut akan dimu-lai sekitar akhir April atau awalMei mendatang.

Menyikapi rencana DinasBMSDA itu, Ketua LSM PeduliKuansing Ilyas R Sutan kepadaVokal kemarin mengaku sangatkesal. Pasalnya selama ini PTDuta Palma Nusantara sangatarogan terhadap pemerintahdan masyarakat Kuansing.

”Jalan Jembatan Benai su-dah porak poranda. Biaya per-baikannya bukan dari Duta Pal-ma, tapi ditanggung PemkabKuansing. Kini jalan JembatanPulau Bungin lagi yang akanporak poranda,” tandas Ilyas.

Diungkapkan Ilyas, selamaini untuk membawa CPO dariPKS di kawasan Sungai Kukokke pelabuhan pengiriman di

Kepala Dinas BMSDA Kuan-sing Azwan melalui Kabid BinaMarga Nasri Edi kepada Vokal,Rabu (27/2) kemarin mengata-kan, saat ini ruas jalan Jem-batan Pulau Bungin menujuperkebunan PT Duta Palma

masih dalam kondisi jalan ta-nah. Oleh karena itu padatahun ini ruas jalan tersebutakan diaspal.

Disebutkannya, pagu ang-garan untuk peningkatan ruasjalan Jembatan Pulau Bungin

wilayah Inhu, PT Duta Palmamasih menggunakan ruas jalanPemkab Kuansing. Begitu jugadengan mobilisasi tandan buahsawit milik pengusaha lain dariluar yang didrop ke PKS milikPT Duta Palma di Sungai Kukok,jalur angkutnya masih menggu-nakan jalan Pemkab Kuansing.

Tidak KooperatifMeskipun Pemkab Kuan-

sing sudah begitu bermurahhati kepada PT TBS, namun PTDuta Palma tetap tidak menu-jukkan sikap kooperatif den-gan pemerintah dan masya-rakat Kuansing. Buktinya, kataIlyas, selama ini nyaris tidakada sama sekali kontribusi PTDuta Palma Nusantara ter-hadap pemerintah dan ma-syarakat Kuansing.

“Lihat saja, ketika pemerintahdan masyarakat akan mengge-lar hajatan seperti pacu jalur, PTDuta Palma termasuk perusa-haan yang paling enggan mem-berikan bantuan,” tandas Ilyas.

Menurut Ilyas, Dinas BMS-

DA harus berpikir ulang untukmengaspal jalan ke perke-bunan PT Duta Palma. Pasalnyamasih banyak kawasan desa diwilayah Kuansing yang butuhpengaspalan. Sementara di ka-wasan menuju perkebunan PTDuta Palma itu tidak ada pe-mukiman.

“Apakah ada maksud lainatau kepentingan pribadi untukmengaspal jalan ke Duta Pal-ma,” ujar Ilyas bertanya.

Dikatakan Ilyas, PT DutaPalma Nusantara sudah wak-tunya untuk tidak menutup dirilagi kepada pemerintah danmasyarakat Kuansing. Karenaselama ini PT Duta Palmamasih menggunakan ruas ja-lan yang dibangun Pemkab.Sementara biaya kerusakanjalan itu ditanggung sepenuh-nya oleh Pemkab Kuansing.

“Duta Palma hendaknya leb-ih kooperatif dengan pemerin-tah dan masyarakat Kuansing.Jangan mau enaknya saja,”pungkas Ilyas. (***)

Bupati Tersentuh Baca Kalimat‘Orang Miskin Dilarang Sakit’TELUKKUANTAN (VOKAL)– Bupati Kuantan Singingi HSukarmis mengaku sangattersentuh hatinya membacakalimat sindirian bertuliskan‘orang miskin dilarang sakit’ disejumlah media massa.

“ Orang miskin dilarang sa-kit. Kalimat sindiran ini seringkita temukan di media cetakataupun di televisi. Hati sayasangat tersentuh,” kata Bu-pati dalam sambutannya padaacara pembukaan mu-syawarah rencana pemban-gunan (Musrenbang) di Keca-matan Gunung Toar, baru-baru ini.

Karena itu Bupati menekan-

kan, kondisi pelayanan keseha-tan yang kualitasnya sangatburuk dan telah menimbulkanberbagai parodi atau sindirianterhadap pemerintah itu hen-daknya jangan sampai terjadidi Kuansing.

“Jangan sampai terjadi or-ang miskin dilarang sakit diKuansing ini,” tegas Bupati.

Agar tidak terimbas ke da-lam sindiran tersebut, Bupatimeminta para kepala Puskes-mas di Kuanding untuk peduliterhadap pasien dari kalan-gan miskin. Pasien miskin ituharus mendapatkan pelayan-an kesehatan yang layak se-cara gratis.

“Jangan sampai ada Puskes-mas yang menolak pasien mis-kin di Kuansing ini,” tegas Bu-pati lagi.

Di depan ratusan masya-rakat Gunung Toar yang had-ir pada acara pembukaanmusrenbang itu, Bupati men-gatakan bahwa disetiapPuskesmas saat ini tidakdipungut lagi biaya untuk ber-obat. Seluruh masyarakatbisa berobat secara gratis.Biaya berobat ditanggung pe-merintah.

“Pokoknya di Kuantan Sing-ingi ini tidak akan pernah terja-di orang miskin dilarang sakit,”pungkas Bupati. (smh)

DINAMIKA PEMBANGUNAN

Akan Dikerjakan Tahun Ini

TELUKKUANTAN(VOKAL)-Bantaran Sungai Kuantan yangtergerus abrasi di kawasanDesa Banjar Padang dan DesaSeberang Pantai, KecamatanKuantan Mudik pada tahun iniakan dibangunkan turap.

Kepala Dinas Bina Margadan Sumber Daya Air (BMS-DA) Kuantan Singingi (Kuan-sing) Azwan melalui KabidSumber Daya Air Surya Hil-man kepada Vokal, Rabu (27/2)mengatakan, dua desa di Ke-camatan Kuantan Mudik,yakni Desa Banjar Padang danDesa Seberang Pantai menda-pat jatah pembangunan turapdari Pemprov Riau.

Anggaran pembangunanturap untuk kedua desa inimencapai Rp3,9 miliar. Untukpembangunan turap di DesaBanjar Padang sebesarRp1.945.618.000, sedangkananggaran pembangunanturap di Desa Seberang Pan-tai Rp1.945.258.000.

Surya memaparkan bah-

wa bantaran Sungai Kuantandi kawasan Desa Banjar Pa-dang dan Desa Seberang Pan-tai itu sudah lama tergerusabrasi. Dalam musrenbangPemprov Riau tahun 2012 lalu,pembangunan turap untukkedua desa ini diusulkan.

“Pemprov Riau merealisasi-kannya tahun ini,” kata Surya.

Menurut Surya, dalam mus-renbang Pemprov Riau tahun2013 yang akan digelar dalamwaktu dekat ini, Dinas BMSDAKuansing akan mengusulkanpembangunan turap untuk 27titik abrasi di sepanjang Sun-gai Kuantan dan Sungai Sing-ingi. Diharapkan usulan DinasBMSDA Kuansing ini diako-modir sepenuhnya oleh Pem-prov Riau dalam APBD Riautahun 2014.

“Titik abrasi di wilayahKuansing setiap tahun terusbertambah. Karena itu Pem-prov Riau diharapkan lebihmemprioritaskan Kuansing,”harap Surya.( advertorial)

Ketika Roh Halus Datang MenggangguKEPALA SMA Negeri 1 Inuman Yean Asnudi sejak beber-apa hari lalu terlihat sangat resah. Ia bertanya ke sana-sini tentang orang pintar yang bisa mengusir roh halusyang suka mengganggu. Maklum saja, sejak beberapahari ini sekolah yang dipimpinnya mengalami gangguanroh halus.

Selama empat hari, sejakSabtu (23/2) hingga Selasa (26/2) lalu sudah puluhan siswaSMA Inuman yang mengala-mi kesurupan roh halus. Bah-kan jumlah siswa yang kesuru-pan sudah mencapai 40 orang.

Sebagaimana dituturkanYean kepada Vokal, Rabu (27/2)kemarin, siswa yang kesuru-pan akibat diganggu roh halusitu semuanya perempuan.Bahkan ada di antara merekayang sudah berulang kali men-galami kesurupan.

“Gangguan roh halus inisudah berulangkali,” kata Yean.

Saat roh halus itu beraksi, si

siswa akan terlihat dalam kon-disi stress. Siswa perempuanitu mulai berkelakuan aneh-aneh. Matanya jelalatan kesana-sini. Kemudian berteriakdan memekik keras-keras. Laluroboh ke lantai dalam kondisitubuh yang kejang.

Kondisi ini terjadi pada ban-yak siswa. Menurut Yean, ka-sus siswa kesurupan ini sudahberluangkali terjadi di sekolah-nya. Herannya, siswa yangkesurupan itu selalu itu-itu sajaorangnya.

“Apa memang mereka yangsengaja dicari roh halus itu,”ujar Yean tak mengerti.

Dulu beberapa bulan lalu,SMA 1 Inuman pernah juga

diresahkan siswa yang kesuru-pan. Terakhir, kata Yean, peris-tiwa itu terjadi Selasa (26/2)lalu. Sebanyak sepuluh siswaperempuan bertumbangan ak-ibat diganggu roh halus. Mere-ka kejang-kejang, tapi tidaklama kemudian siuman lagi.

Yean juga heran. Peristiwaini bukan saja terjadi di SMA 1Inuman, tapi SMP Negeri 3 In-uman juga mengalami halyang sama. Di sana, terangYean, juga banyak siswa yangkesurupan. Bahkan Selasa lalukesurupan siswa terjadi secaraserentak. Padahal jarak antaraSMA dan SMP Negeri 3 Inumanitu sangat jauh, sekitar 2 kilometer.

“ Kita sibuk mengurus siswakesurupan di SMA 1 ini, ternya-ta di SMP Negeri 3 juga adasiswa kesurupan,” kata Yean.

Yean sudah risih. Pasalnyaulah roh halus ini sudah sangatmengganggu proses belajarmengajar di SMA 1 Inuman.

Karena itu dia sibuk mencariorang pintar yang dapat men-gusir roh halus yang seringsinggah mengganggu siswan-ya tersebut.

“Saya kini tengah mencariorang pintar untuk mengusirroh halus yang suka meng-ganggu siswa saya,” pungkasYean.(said mustafa husin)

HUMAS

TANDA TANGANI PRASASTI-

ILUSTRASI

Page 20: Harian Vokal edisi 28 Februari 2013

Penanggung Jawab/Redaktur: FITRI MAYANI Perwajahan: ANDIXER

20HARIAN VOKAL

PELALAWAN

INDRAGIRI HILIRKAMIS 28 Februari 2013/18 Rabiul Akhir 1434 H

LINTAS

LINTAS

TEMBILAHAN(VOKAL)

(fsl)

Jembatan EnokDianggarkanRp10 Miliar

1 Suara Hanya Soal Insel, Bukan Ibukotanya

Rapat paripurna mendengartanggapan fraksi DPRD Inhilterkait rencana penetapan usu-lan ibukota definitif dan ibukotasementara Insel itu, Rabu (27/2)siang, tidak membuahkan suarabulat. Pengambilan keputusanakhirnya dilakukan dengan caravoting dan dari 26 anggota DP-RD yang hadir, 24 suara setuju, 1dengan catatan dan 1 walk out.

Tanggapan fraksi yang di-bacakan Sekretaris DPRD Mas-dar, membunyikan, Fraksi Golkarsepakat melakukan pemekarandan mengusulkan calon ibukotasementara di Desa NusantaraJaya, Keritang atau Desa BaganJaya, Enok.

Fraksi Amanat Bangsa (FAB)juga setuju SK Bupati Inhil denganmenetapkan Desa Kemuning Tua,Kemuning sebagai ibukota de-finitif serta Desa Kotabaru danDesa Kotabaru Siberida, Keritangsebagai ibukota sementara.

Namun dalam tanggapannya,FAB berpendapat ibukotadefinitif lebih strategis di Keritang.

Fraksi Bintang ReformasiKeadilan (FBRK) juga mendukungpemekaran Insel serta memintaagar rentang kendali dijadikanacuan dalam menetapkan calonibukota definitif Insel. Itu akanberpengaruh kepada cost yangakan ditanggung kabupaten Indukpada awal pemekaran.

FBRK setuju ibukota semen-tara di Kotabaru, Keritang, walau-pun masih meragukan hasil ka-jian Universitas Islam Indragiri(Unisi). Alasannya,saat melakukankajian, Unisi belum terakreditasi.

Sementara Fraksi Partai Persa-tuan Pembangunan (FPPP) me-nyatakan sepenuhnya menyetujuihasil kajian Unisi, baik calon ibukotadefinitif maupun calon ibukotasementara dengan pertimbanganproses yang dilakukan telahmengikuti perundang-undangan

tentang tatacara penghapusan danpembentukan daerah.

Fraksi Partai Kebangkitan Ba-ngsa (FPKB) dengan pertimba-ngkan mempercepat proses pe-mekaran, menyetujui hasil kajianPemkab Inhil melalui Unisi. Na-mun juga mengajukan permin-taan agar Pemkab menindaklan-juti rencana pemkaran Inhil Utaraserta mempertimbangkan kebe-

ratan masyarakat Enok atas pene-tapan Ibukota Insel di Kemuning.

Fraksi Gerakan Bintang Nu-rani Pancasil (GBNP) dan FraksiDemokrat juga menyatakan per-setujuan atas hasil kajian. FraksiPDIP berpendapat, calon ibukotaInsel definitif lebih tepat dile-takkan di Kotabaru dan me-nyetujui penetapan calon ibukotasementara.

Tak ada keputusan aklamasi,Wakil Ketua DPRD Jubair Ma-lomo selaku pimpinan sidang,mengamibl cara voting.

Dari 26 anggota DPRD Inhilyang hadir, 24 di antaranya setujuhasil kajian Pemkab Inhil melaluiUnisi dengan menetapkan DesaKemuning Tua di Kemuning seba-gai calon ibukota Insel definitifdan Desa Kotabaru serta DesaKotabaru Siberida, Keritang seba-gai calon ibukota sementara. Se-mentara Heriansyah, anggotaDPRD dari FPDIP, hanya menye-tujui penetapan calon ibukota se-mentara di Kotabaru serta 1 wakilF Golkar asal Kecamatan Enok EdyHerianto, memilih walk out. (((((***************)))))

Venue Futsal TanggungJawab Kontraktor Pelaksana

Jauh dari Pemukiman, PasarSungai Luar Tak BerfungsiT E M B I L A H A N ( V O K A L )T E M B I L A H A N ( V O K A L )T E M B I L A H A N ( V O K A L )T E M B I L A H A N ( V O K A L )T E M B I L A H A N ( V O K A L )-Takdifungsikannya pasar di DesaSungai Luar, Kecamatan BatangTuaka, ditengarai disebabkanperencanaan proyek yang tidakmatang. Salah satunya adalahlokasi yang tak strategis hinggapedagang enggan pindah ke sana.

Tudingan tersebut diakui Kepa-la Desa Sungai Luar Irwan, belumlama ini. Menurutnya, pihak desasudah menolak penempatanproyek senilai Rp700 juta itu dilokasi saat ini.

“Penolakan kita tidak di-gubriks dan pembangunan tetapdilakukan. Hingga kini pasar itutak bisa difungsikan,” ujarnya.

Warga Sungai Luar Bain, jugahal yang sama. “Siapa yang maupergi ke sana, jauh. Dari awalwarga sudah minta agar dibangundi lokasi pasar sekarang,”ujarnya.

Pakar hukum Inhil SyafrizalSyarif berpendapat, harus adayang bertanggungjawab ataspenggunaan uang rakyat yangtidak sedikit itu.

“Sangat disayangkan ang-garan sebesar itu malah tidaktermanfaatkan, padahal masihbanyak persoalan lain yangmeskinya bisa diperhatikanPemkab,” ujarnya.

Anggota DPRD Inhil Edi Gu-nawan dalam sebuah kesempatanmengungkapkan, perencanaanpembangunan proyek itu tidakmatang. Makanya banyak pem-bangunan yang dilakukan malahtidak termanfaatkan.

"Padahal kalau anggaran pro-yek-proyek tersebut bisa dialihkanuntuk perbaikan jalan, saya yakin100 persen seluruh jalan di ibukota kabupaten dan kecamatanakan baik,” ujarnya. (fsl) (fsl) (fsl) (fsl) (fsl)

TEMBILAHAN (VOKAL)TEMBILAHAN (VOKAL)TEMBILAHAN (VOKAL)TEMBILAHAN (VOKAL)TEMBILAHAN (VOKAL)-Selama masa perawatan (6 bulansejak berakhirnya masa penger-jaan, red), kerusakan apapun atasproyek pemerintah sepenuhnyatanggungjawab kontraktor pe-laksana. Hal itu juga berlaku bagiVenue Futsal PON XVIII Riau.

Pernyataan ini disampaikanKepala Dinas Pemuda OlahragaBudaya dan Kepariwisataan(Disporabudpar) Inhil H MukhtarT, Rabu (27/2), terkait kerusakanbeberapa bagian bangunan itu.

Dikatakannya, secara fungsi,pemanfaatan Venue Futsal itutidak ada masalah. Kerusakanyang timbul selama masa pera-watan, secara aturan menjaditanggung jawab pihak pelaksana.

Pembangunan Venue Futsal

senilai Rp55 miliar dibiayai me-lalui sharing dana antara PemkabInhil dengan Pemprov Riau de-ngan sistem tahun jamak 2011 dan2012. Disebabkan beberapa per-soalan, terutama memobilisasimaterial, waktu pengerjaan pe-ningkatan sarana dan prasaranaolahraga ini menjadi molor.

Untuk mengejar target, pe-ngerjaannya kemudian dilakukansiang malam. Bahkan hingga pe-laksanaan PON, September 2012lalu, bangunan ini hanya bisadiselesaikan pada tahapan fu-ngsional.

“Ini menguatkan dugaan sayabahwa pekerjaan tidak dilakukanmaksimal. Buktinya, dalam hi-tungan bulan kerusakan sudahterlihat,” ujar tokoh MPI Zakiyun,

Rabu (27/2).Tambal sulam yang kini dila-

kukan menurutnya tidak akanmenyelesaikan persoalan secaratotal. Keretakan yang terjadiditengarai lebih disebabkan pon-dasi yang tak sempurna.

”Biar seribu kalipun ditutupkembali, saya yakin kerusakanserupa akan berulang, karenatidak diperbaiki pada inti per-masalahan, yakni pondasi. Secarapribadi saya tidak mau me-nyandarkan kesalahan pada to-pografi Inhil. Ini tentunya sudahdipahami sebelum pekerjaandilakukan. Antisipasinya, strukturpondasi sudah dirancang se-demikian rupa mengatasi per-soalan tersebut. Kenapa masihharus mengkambinghitamkantopografi? Sya yakin ada yangsalah dengan pondasi atau peren-canaannya,” katanya. (fsl)(fsl)(fsl)(fsl)(fsl)

LAPORAN:FAISAL/ INDRAGIRI HILIR

PANGKALANKERINCI(VOKAL)

Road Safety Patnership Ac-tion (RSPA

(fkh)

Satlantas Pasang PlangRSPAdi Lintas Timur

SPBU Ukui Diawasi PolisiKapolsek Ukui AKP Maison,

Rabu (27/2) mengatakan, sejak duapekan ini stok BBM jenis solar diSPBU Ukui mengalami kelangkaandan sering dikeluhkan para sopir.

"Kita melakukan pengawasandan penertiban di sejumlah SPBUUkui, untuk meminimalisir tin-dakan pengusaha SPBU melayanipenjualan menggunakan jerigenyang tidak dilengkapi dokumendari dinas terkait," ujar Maison.

Pada siang maupun malam hari,sambung Kapolsek lagi, pihaknyamenyiagakan anggota polisi disetiap SPBU di kawasan Ukui. "Jikaditemukan SPBU melakukanpraktek penjualan ilegal itu,otomatis akan dilakukan tindakansesuai peraturan dan perundangan

yang berlaku," tegasnya.Solar LangkaSolar LangkaSolar LangkaSolar LangkaSolar Langka

Sejak sebulan terakhir BBMjenis solar sangat sulit dijumpaidi sejumlah SPBUdi sepanjangjalan Lintas Timur, mulai darikawasan Ukui hingga PangkalanKerinci. SPBU seringkali kosongpada siang hari, sehingga parasopir mobil sering kecewa.

"Menurut informasi, pasokanBMM sengaja dikurangi Perta-mina. Biasanya untuk SPBUSimpang Pulai, setiap harinyastok BBM Solar diantar 20 ribuliter. Namun, sekarang ini terjadiperubahan, dua hari sekali BBMsolar itu baru masuk. Otomatisitu menyebabkan kelangkaan disemua SPBU di Kabupaten Pe-lalawan ini," ujar H Uwal Syafri,seorang wargaUkui. (***)(***)(***)(***)(***)

LAPORAN:FAHRIKHIN/ PELALAWAN

Antisipasi Pengisian Jerigen

Rapat Paripurna DPRD Inhil

Masih dalam Masa Perawatan

P A N G K A L A N K E R I N C IP A N G K A L A N K E R I N C IP A N G K A L A N K E R I N C IP A N G K A L A N K E R I N C IP A N G K A L A N K E R I N C I(VOKAL)(VOKAL)(VOKAL)(VOKAL)(VOKAL)-Sedikitnya 10 desaakan menerima bantuan sebesarRp2,5 miliar pada program UsahaEkonomi Desa Simpan Pinjam(UED SP) tahun 2013 yang akandilanjutkan.

Untuk itu, saat ini dirancangsurat keputusan desa mana sajayang bakal kecipratan programyang telah diluncurkan sejak 2007

lalu itu. Kepala Badan Pember-dayaan Masyarakat dan Pemerin-tahan Desa (BPMPD) Pelalawanmelalui Kabid Usaha EkonomiMasyarakat Irzainal, mengatakanhal ini, Rabu (27/2).

"Tahun ini ada 10 desa yang akanmenerima bantuan dengan totalRp2,5 miliar," katanya kemarinsambil menyebutkan, masing-masing desa akan menerima alokasi

anggaran sebesar Rp500 juta.Alokasi anggaran untuk pro-

gram UED SP merupakan shar-ing anggaran antara PemkabPelalawan dengan Pemprov Riau."Artinya alokasi anggaran 5 desadari daerah dan 5 desa lagi dariPemprov Riau," paparnya.

Irzainal menambahkan, dalampekan ini juga pihaknya akanmerampungkan surat keputusan

(SK) desa mana saja yang mem-peroleh bantuan program ini. Iaberharap SK itu tuntas dalampekan ini. "Setelah SK disahkan,maka program tersebut segeradilaksanakan."

Sejak program ini dimulai pada2007 lalu, di Pelalawan sudahterbentuk 78 UED SP. Tahun ini juga20 UED SP di antaranya akanditingkatkan statusnya menjadi

Badan Usaha Milik Desa (Bumdes)."Program ini diakui mampu

meningkatkan taraf ekonomimasyarakat dan perkembanganluar biasa. Ada beberapa UED SPyang semula bermodalkan ban-tuan Rp500 juta namun perputa-ran uangnya hingga sampai saat inimencapai Rp2-3 miliar. Ini artinyaprogram ini bermanfaat bagimasyarakat," pungkasnya. (fkh)(fkh)(fkh)(fkh)(fkh)

Dana UED SP Rp2,5 Miliar Dianggarkan untuk 10 Desa

PKK Terus Dukung Peningkatan SDMPANGKALANKERINCI (VO-PANGKALANKERINCI (VO-PANGKALANKERINCI (VO-PANGKALANKERINCI (VO-PANGKALANKERINCI (VO-KAL)-KAL)-KAL)-KAL)-KAL)-Pemberdayaan danKesejahteraan Keluarga (PKK)menjadi unsur pembangunandengan misi mulia dalam mem-beri dukungan terhadap pening-katan kualitas hidup keluargadengan mengutamakan sumberdaya manusia (SDM).

Demikian seperti disampai-kan Bupati Pelalawan HM Har-ris, Rabu (27/2), pada peringatanHari Kesatuan Gerak PKK. Bu-pati mengatakan, peningkatankualitas hidup dimulai sejak bayidalam kandungan, hingga tum-

buh dan berkembang menjadibalita, remaja sampai lanjut usia.

"Karena itu, keberadaan ke-satuan gerak PKK diharapkandapat menjadi pembangkit pere-konomian keluarga dan ma-syarakat," harapnya serayamengatakan, selama ini PKKmerupakan salah satu unsurpenggerak pembangunan.

Lanjut Bupati Harris, parakader dan penggerak PKK be-serta jajarannya harus mema-dukan gerak langkah dalammenjalankan program-programpemberdayaan masyarakat.

Pasalnya, seluruh upaya yangdilakukan penggerak PKK ber-tujuan untuk mewujudkan ke-luarga yang sehat, bahagia dansejahtera.

"Selama ini, Pemkab Pela-lawan bersama seluruh unsurmasyarakat, TP PKK besertakader-kadernya telah mela-kukan upaya-upaya pengemba-ngan kehidupan keluarga me-nuju terwujudnya kehidupankeluarga yang lebih sejahtera,"ujarnya.

Karena itu, sambungnya,kegiatan hari itu merupakan

jawaban dan langkah strategisTP PKK beserta jajarannya gunameningkatkan ketrampilan sertawawasan. Sehingga kader-kaderPKK memiliki integritas yangcukup tinggi dan pengetahuanyang mumpuni.

Sementara itu, Ketua TP PKKPelalawan Hj Ratna MainarHarris mengatakan, selama iniTP PKK Pelalawan terus mem-bina dan melatih para kadernya,mulai dari 10 Program PokokPKK untuk setiap kelompokkerja (Pokja). Dan ini berhu-bungan dengan penilaian dari

pusat hingga ke daerah."Pembinaan dan pelatihan

yang kita berikan di antaranyacara kepribadian, komunikasi,etika pergaulan dan banyak lagi,yang semuanya bermuara untukpeningkatan kualitas kaderPKK," katanya.

Ditambahkannya, untuk le-bih memaksimalkan sertamemberdayakan kader-kaderPKK di daerah ini, ia meng-harapkan setiap Ketua PKKtingkat kecamatan dan desadapat terus melakukan pem-binaan di desa. (fkh)(fkh)(fkh)(fkh)(fkh)

ADVERTORIAL PEMKAB PELALAWAN

RAPAT

TERTANGKAPKAMERASEDANG'NGELEM'

FAISAL

Page 21: Harian Vokal edisi 28 Februari 2013

Ayah Kades Parit Baru Dipolisikan Dituding Peras Warga

Suami-Istri Jadi Bandar Besar Sabu-sabu di SinaboiTerancam Hukuman Mati

Pimpinan PT RAKA Akan Dipanggil PaksaKAMPAR - ROHIL 21

HARIAN VOKAL

Penanggung Jawab/Redaktur: MARZULI ADI Perwajahan: ABDAWIZA

KAMIS 28 Februari 2013/18 Rabiul Akhir 1434 H

Alamat:Jl. Diponegoro/Sukajadi No.92

Dumai - Riau

PPPPPAAAAACIFIK ACIFIK ACIFIK ACIFIK ACIFIK AUDIOUDIOUDIOUDIOUDIO

K E DK E DK E DK E DK E D A I KA I KA I KA I KA I K O P IO P IO P IO P IO P I S U L IS U L IS U L IS U L IS U L I

Pesan Antar

Telp. 0761 7755 662

Aneka SablonJl. Nangka 2 Dumai

Hub: 0852 78766357

JJJJJAMU SEHAAMU SEHAAMU SEHAAMU SEHAAMU SEHAT PRIAT PRIAT PRIAT PRIAT PRIA

Computer& Electronik Equipment

Hubungi :Jl. Hasanuddin / Ombak

Telp. (0765) 439997 / 439978Dumai

DUNIA DIGITDUNIA DIGITDUNIA DIGITDUNIA DIGITDUNIA DIGITALALALALAL

LINTAS

Wabup ApresiasiPolsek BangkoBAGANSIAPIAPI(VOKAL)

(bin)

586 Botol MirasDiamankanTAPUNG(VOKAL)

(yal)

Tiga Kali Diundang DPRD Tak Datang

LAPORAN:APRIYALDI/KAMPAR

B A G A N S I A P I A P IB A G A N S I A P I A P IB A G A N S I A P I A P IB A G A N S I A P I A P IB A G A N S I A P I A P I ( V O K A L )( V O K A L )( V O K A L )( V O K A L )( V O K A L ) -Bandar besar sabu-sabu, Apeng(39) dan istrinya, Apin (38) wargaJalan Tang-un Sinaboi KecamatanSinaboi, Rokan Hilir (Rohil),diringkus oleh tim Reskrim PolsekBangko, Selasa (26/2) sekira pukul18.00 WIB. Kedua tersangkaApeng dan Apin terancam di-hukum mati atau penjara seumurhidup dan seringan-ringannya 6

tahun penjara.Kapolsek Bangko, Kompol

Hamrizal Nasution yang didam-pingi Kepala Tim (Katim) Siregardan Katim Yoyon Dedes di Ma-polsek Bangko, Rabu (27/2) men-jelaskan, tersangka akan dikenaipasal berlapis sesuai UU tentangPsikoterapika No 35 tahun 2009pasal 112 ayat 2 dan ayat 1 denganUU yang sama.

“Dalam UU tersebut, jika ba-rang bukti di atas 5 gram, makaancaman hukumannya adalahhukuman mati. Jika di bawah 5gram, ancaman hukumannyaminimal lima tahun dan maksimal12 tahun penjara," ujar

Dipaparkan Kapolsek, setelahpetugas berhasil menangkapkedua tersangka dan menyitasejumlah barang bukti (BB),keduanya langsung diboyong keMapolsek Bangko guna menjalani

pemeriksaan intensif."Petugas kita langsung mem-

boyong ke sini se-telah penggerebe-kan rumah tersang-ka dan penyitaan BBdilakukan. Saat inikedua tersangka kitatahan dan kami akanmelakukan pe-ngembangan kasus-nya," ujar Kapolsek .

Sejumlah barangbukti (BB) yang ber-hasil disita polisi daritangan maupun dirumah tersangka Apeng saatpenggerebekan, antara lain sabu-sabu seberat 58,6 gram, uang In-donesia Rp105 juta, uang Malay-sia RM 250 dan uang Thailandsejumlah 170 Bath. Selanjutnya,ekstasi warna pink sebanyak 2butir, alat rekam CCTV empatunit, alat pres 2 unit, plastikbening ukuran satu kilogram,alat timbang elektrik satu unit,HP dua buah.

Penangkapan kedua tersangkaApeng dan istrinya, papar Kapol-sek, setelah petugas Kepolisianmelakukan upaya pengintaiansejak lama terhadap gerak-gerikApeng yang dicurigai sebagaibandar besar sabu di wilayahSinaboi dan sekitarnya. Atas pe-rintah langsung dari KapolresAKBP Tonny Hermawan, Kapol-sek Bangko menurunkan ang-gotanya menangkap Apeng de-ngan terlebih dahulu koordinasidengan pihak Polsek Sinaboi.

Tersangka sudah lama men-jadi target operasi (TO) pihakkepolisian. Berkat informasi dankejelian petugas tersangka yangsudah beberapa tahun menjadi

bandar sabu-sabu. "Kalau penga-kuan sementara tersangka, barang

dibelinya dari PulauRupat seharga Rp80juta per ons, kemu-dian barulah diedar-kan ke seluruh dae-rah. Kalau melihathasil tangkapan ber-arti 42 gram sabu su-dah diedarkan atauhabis terjual, dan inihanya sisanya," ung-kap Kapolsek.

Terkait TKP bera-da di wilayah hukum

Polsek Sinaboi, jelas Kapolsek,sebelum melakukan penangkapanterhadap tersangka, pihaknya su-dah berkordinasi dengan Ka-polres Rohil, Camat Sinaboi danpenghulu setempat. "Ya kalaumasalah kebobolan kita tidaktahu, pastinya tersangka ter-golong lihai. Camat aja bilangbeli sabu di Sinaboi sudah lamadan menjual sabu seperti men-jual kacang goreng di sana,"sebut Kapolsek.

Kapolsek menambahkan,tersangka sempat kabur ketikamenyadari kehadiran petugas dirumahnya, malahan sempatmencoba merampas senjatapetugas. Sedangkan Apin, istri-nya Apeng, sempat membuangsejumlah BB ke kloset saatpenggerebekan oleh petugas."Saat pengerebekan tersangkaApeng sedang menimbang sabu.

"Barang buktinya sempat ter-cecer di lantai karena dibawatersangka saat hendak kabur.Tersangka juga memiliki kakitangan di sepanjang jalan mulaiSungai Bakau hingga menujuSinaboi," pungkas Kapolsek. (bin)(bin)(bin)(bin)(bin)

Bupati Rohil Buka RakornisSektor Perhubungan se-Riau

“Kita semua telah kecolongandengan keberadaan PT RAKAyang tidak memiliki izin danHGU. Sekarang kita harus seriusuntuk menyelesaikan kasus PTRAKA ini,” tegasnya.

Disebutkan Arief, hingga saatini belum ada undangan dariPemerintah Provinsi Riau untukmenyelesaikan PT RAKA. Jika inidibiarkan terus, dikhawatirkannantinya terjadi pertikaian lintaskabupaten karena menyangkutlintas daerah.

“Kita meminta PemerintahProvinsi Riau serius juga me-

nyelesaikan permasalahan ini,karena menyangkut lintas ka-bupaten. Tanpa dibantu Pe-merintah Propinsi Riau, penye-lesaian malasah ini juga akansulit,” tambah Arief.

Untuk diketahui, PT RAKA beradadi dua lokasi di wilayah KabupatenKampar, pertama di daerah DanauLancangk Kecamatan Tapung Huludan di Kota Garo, Kecamatan Ta-pung Hilir. Anehnya, PT RAKAmendapatkan izin rekomendasi izindari Dinas Perkebunan dan Kehuta-nan Kabupaten Rokan Hulu dan izindari Bupati Rokan Hulu. (***)(***)(***)(***)(***)

Anggota DPRD Kampar, Mu-hammad Arief kepada Harian Vokaldi Kantor DPRD Kampar, Selasa

(26/2) siang mengatakan, PT RAKAtidak memiliki niat baik untukmenyelesaikan permasalahan yangterjadi. Pihak DPRD Kampar sudah3 kali melayangkan surat untukhearing (dengar pendapat) tetapi

tidak pernah datang“Dalam waktu dekat ini kita akan

memanggil paksa PT RAKA untukdatang sesuai dengan yang diaturundang-undang. PT RAKA telahmerambah kawasan hutan pe-nyangga Sungai Tamaluku di DanauLancang yang mengalir ke Sungai Ta-pung. Ini juga akan kita pertanyakan,”ungkap Muhammad Arief.

Dijelaskan anggota Komisi IDPRD Kampar yang membidangihukum tersebut, luas lahan PTRAKA keseluruhan adalah 3 ribuhektar. Umur tanaman kelapasawitnya lebih kurang 10 tahun.

B A G A N S I A P I A P I ( V O K A L )B A G A N S I A P I A P I ( V O K A L )B A G A N S I A P I A P I ( V O K A L )B A G A N S I A P I A P I ( V O K A L )B A G A N S I A P I A P I ( V O K A L ) -Bupati Rohil Annas Maamun atasnama Gubernur Riau membukasecara resmi Rapat KoordinasiTeknis (Rakornis) Sektor Perhu-bungan se-Provinsi Riau tahun2013 di gedung Serbaguna Ba-gansiapiapi, Rabu (27/2). Rakornisini diadakan untuk meningkatkansinergi pemerintah pusat dandaerah, termasuk implementasipentingnya sektor transportasi.

Usai membuka Rakornis, AnnasMaamun mengatakan, tujuanrakor tersebut agar terjadinyakeserasian program pembagunanbidang perhubungan. “Sesuaidengan arahan Pak Gubernur,supaya terjadinya keserasian antarapembangunan bidang perhubu-ngan antara propinsi dengan ka-bupaten-kabupaten,” katanya se-perti dilansir riauterkini.com.

Sebagai tuan rumah, katanya,

akan menambah semangat RokanHilir untuk meningkatkan kinerjadalam bidang perhubungan ter-sebut. “Kemudian kami di RokanHilir, merupakan penambah se-mangat karena di sini juga sedikitbanyak ada pelajaran yang bisakami terima,” katanya.

Di pertengahan acara, BudiSantoso, Kepala Bagian Peren-canaan Biro Perencanaan Kemen-terian Perhubungan RI mewakiliMenteri Perhubungan EE Ma-ngindaan menekankan pentingyasinergi pusat dan daerah.

“Kami menekankan kembalipentingnya sinergi pusat dan dae-rah, termasuk pentingnya pem-bangunan sektor transportasi. JadiPak Menteri selalu menekankanitu. Sinergi pusat dan daerah inisudah lama kita dengungkan retapiwujud impelentasinya agak sulit,”jelasnya. (ymg,mza)(ymg,mza)(ymg,mza)(ymg,mza)(ymg,mza)

TAMBANG(VOKAL)TAMBANG(VOKAL)TAMBANG(VOKAL)TAMBANG(VOKAL)TAMBANG(VOKAL)-Sukari Be-ze, ayah Kepala Desa Parit Baru,Kecamatan Tambang, Ulil Azmiakan dilaporkan oleh warga kePolsek Tambang. Warga mulai tidaktahan diperas terus menerus olehSukari Beze dengan dalih untukpemiliharaan jalan. Total uang yangsudah dikeluarkan sejumlah wargamencapai Rp16 juta.

Salah seorang warga Tambang,Robi kepada Harian Vokal melaluitelepon genggamnya, Rabu (27/2)sore mengatakan, mereka sedangdalam perjalanan menuju Mapol-sek Tambang untuk melaporkanayah Kades Parit Baru, Sukari Beze.

“Laporan tersebut terkait pe-merasan Rp16 juta terhadap wargadengan dalih pemeliharaan jalandesa. Dia (Sukari Beze, red) sengajamemportal jalan dan kemudianmeminta sejumlah uang kepadawarga yang melintasi jalan tersebut,padahal jalan tersebut adalah jalanumum,” terang Robi.

Diberitakan sebelumnya, ayahKepala Desa Parit Baru, KecamatanTambang, Sukari Beze memaksawarga untuk membayar uang jutaan

rupiah. Sukari juga membuat 2 buahportal di dua jalan yang berbeda,yaitu Jalan Kakak Tua dan PPK.

Bagi masyarakat yang inginmelewati jalan tersebut, diwajibkanmembayar uang perbaikan jalansebesar Rp150 Ribu, terutamaterhadap pengemudi mobil colt die-sel, mobil pengangkut hasil sawit danbarang bangunan. Padahal jalantersebut merupakan jalan desa yangdibangun Pemerintah KabupatenKampar melalui Dinas Bina Marga.

Salah seorang warga Desa ParitBaru, H Yasmar kepada HarianVokal mengatakan, perbuatanSukari telah meresahkan wargasekitar karena memaksa wargauntuk membayar sejumlah uanguntuk perbaikan jalan.

“Dia juga meminta uang kepadawarga sebesar Rp16 juta yang ka-tanya untuk membuka portal. Kalautidak bayar, portal tidak bisa dibuka,”terang Yasmar kesal.

Ditambahkan Yasmar, masya-rakat di sini diancam oleh Sukari.Masyarakat pun terpaksa mem-bayar uang yang tidak jelas ke-gunaannya itu. Kata Yasmar, Sukari

telah melakukan pungli di sinidengan dalih perbaikan jalan. “Halini sudah lama terjadi, tapi ma-syarakat tidak berani melawankarena anaknya kepala desa sini,”tutur Yasman.

Pernyataan yang sama jugadisampaikan warga Parit Baru lain,Sahban yang menerangkan, dirinyasudah 3 kali membayar uang yangdiminta Yasman tersebut. PertamaRp500 ribu, kedua Rp800 ribu danterakhir Rp850 ribu.

“Sekarang ia juga meminta uangperbaikan jalan lagi sebesar Rp1juta. Saya membayarnya terpaksakarena jalan diportal dan saya tidakbisa lewat untuk membawa hasilkebun,” terangnya.

Kata Sahban, uang yang telahdibayarkan warga itu sampai saatini tidak jelas kegunaannya. Jum-lahnya tidak tanggung-tanggung,belasan juta rupiah. Kalau di-biarkan terus, tidak tertutup ke-mungkinan akan terjadi per-tumpahan darah di desa tersebut.

Sementara itu, Kades Parit Baru,Ulil Azmi ketika dihubugi melaluitelepon genggamnya beberapa kalitidak berhasil karena nomor yangdituju sedang tidak aktif. (yal) (yal) (yal) (yal) (yal)

KETUA

HAMRIZAL NASUTION

Page 22: Harian Vokal edisi 28 Februari 2013

ANDALAS22HARIAN VOKAL

BUDI SUSENO

KAMIS 28 Februari 2013/18 Rabiul Akhir 1434 H

INAYAH ELEKTRONIKRental AC Blower utk berbagaiacara, service AC, psang baru,mesin cuci, kulkas, stabilizer,jual beli second dan baru Hub.HP. 0812.7662.319/0852 78659636

SAL COM.Jual Beli & Service Komputer,Laptop, LCD & Acecories, HrgMulai 1 Jutaan, Bergaransi,Hub : Jl. Dagang No. 26 AHP. 0821.719.5007

MULTICOMJl. Delima panam service com-puter & alat pendukungnya/semua jenis printer/jaringancomputer. Jual computer,printsecond. Hub : 0813.2879.3363/0761. 4886761 hr minggu & tglmerah libur.

PELANGI ELEKTRONIKRenta l AC & B lower u tkberbaga i acara , serv icetermurah AC, kulkas, mesincuci, dispenser, jual baru danbekas. Hub. 0761.7060257/0812 761 5578

CV. RIAU JAYA SERVICEAC, mesin cuci, dispenser,kulkas. Hub : 0761.7086113/0813.7885.3641 melayan ikontrak/luar kota, sewa blowerpesta

MENERIMA SERVICE KOMPUTERPngg i l an CPU, Lap top ,Instalasi Network, Warnet,Maintenance, Mnjual btrai/akiutk UPS, trima psng kmeraCCTV, mjual alarm anti mlingcck utk tko,ruko,rmh anda.HP. 0852 1556 8858

MASTER TECHSpesialis service AC, tambahFreon, Freon kosong, bongkarpasang ruko, jual AC second,service kulkas, msn cuci, TV,call alan HP : 0853 6562 8873Pekanbaru.

SERVICE PANGGILAN TVMesin cuci, kulkas, freezer,s tab i l i ze r, sound sys tem,pompa air, listrik, kipas angin,blender, mixer, rice cooker,bongkar psng AC, instalasilistrik. Hub : 0812 7518 6233Bergaransi

ELEKTRO SERVICEDitempat bongkar pasang ACpel ihara baru bekas AC,kulkas, mesin cuci, dispenser,TV, kompor gas, kps angin dll.Hub : 0852 6356 1493 Jl .Delima Pekanbaru

BINTANG TEKNIK ACMenerima Servis & bongkarpsng kulkas, Msn cuci, dis-penser, TV, ins ta las i d l l .Menyediakan AC baru & ACsecond rental blower, AC stand-ing. Jl. Sembilang 69. HP. 08127090 5261/0852 7866 6126

SENTOSA JAYA TEKNIKSpesialis service AC, Freon,perbaikan AC, perawatan AC,bongkar pasang AC second danbaru, murah, bergaransi. Jl. T.Tambusai No. 16 HP. 08126099 0950/0823 8859 2811

UBE SERVICEService AC & kipas angin,r u m a h / r e s t o r a n / S P A /perkantoran/hotel/RS/bank/pabrik/ATM/Tower GSM. Hub Jl. Manggano. 24 D Tlp. 0761.27228/0853 5672 2289

ELEKTRO TEKNIS SERVISTkr tambah, pmsangan &pemeliharaan, baru & bekas,AC, sp l i t /w indows, mes incuci, kulkas, TV, dispenser,kipas angin, kompor gas dllHub. 0821 7232 9343 Jl. Sri-kandi No. 20 Pekanbaru

RIAU TEKNIK ACMenerima service bongkarpsng ku l kas , msn cuc i ,d i spense r, i ns ta las i d l l .Menyediakan AC baru/sec-ond, rental blower AC, stand-ing Jl. Sembilang gg l indarumbai HP. 0812 6876 8653

ARIES TEKNIKService di tempat, bongkarpsng AC, kulkas, msn cuci,dispenser, kompor gas, TV, dll.Hub. 0761.7620133/0813 71736031 Bergaransi. Melayaniluar kota

GARUDA TEKNIK SERVICEPnggilan AC, bongkar pasangbaru & bekas, kulkas, mesincuci, dispenser, kompor gas,kipas angin, TV dll. Hub : Jl.Garuda Km 2, Perum UnriPanam. Hub ; 0852 7412 5558bergaransi

CV PUTRA KISARAN MANDIRIRental AC,blower,air curtain utkberbagai acara,service AC,kulkas,mesin cuci,jual baru &bekas. Melayani kontrak dlm/luar kota. Hub : 0761 7871092/0852 7865 9636

POWER TEKNIKMenerima service panggilan,bongkar pasang AC, kulkas,mesin cuci,dispenser,tukartambah, Hub : Asiong HP.0812 6870 342 Jl. Wakaf No.14 Rental AC

ACMULTI SERVICEMnerima reparasi & pemsnganAC, AC baru & bekas, stabi-lizer, kulks, msn cuci, msn air,kompor gas, Hub : Jl. Riau ggHarapan I No. 11 HP. 08136554 8010/0813 6542 1191Bergaransi.

ELLA ACMenerima service, pmasanganbaru,pemeliharaan,bongkarpasang AC baru & bekas. Jl.Melur Kompl Villa Panam BlokA 22 Panam. Hr Subrantas.Hub : 0812.6617.475/0761.4816300

AC PENY SERVICE ACJauh dkt ongkos sama, AC,kulkas, mesin cuci, dispenser,bongkar psng AC, d l l . J l .Kakap No. 4 A Harapan Raya.Tlp : 0761. 7691012 HP : 08136568 2112

MOBIL TINJAMengerjakan sedot wc, wctersumbat , sa luran a i r ygtersumbat, tanpa di bongkarHub : 0812 7650 812/0761 4812882/0812 7043 1757

RAJA MAMPETA h l i n y a m e n g a t a s i w cmampet, saluran air,bathtub,cuci pir ing, sedot t inja dl l .B e r g a r a n s i H u b : 0 7 6 14801744/0813 6540 2539

SOLUSI MAMPETMengatasi wc mampet saluranair wastafel ,buthub, sedottinja,tanpa bongkar & tanpabahan kimia, bergaransi/jangandibayar jika anda tdk puas dgkerja kami. Hub : 0813 78226199/0852 6526 0402

AGUS JAYA TINJAMengerjakan penyedotan wc/s e p t i t a n k , m e l a n c a r k a nsaluran tanpa di bongkar &tanpa bahan kimia. Melayanidlm & luar kota. Hub : FajriH P. 0 8 5 2 7 2 1 5 0 5 5 9 /0761.7712220/0852 6523 3559

AHLI MAMPETSpesialis wc mampet, sedotwc, sedot tinja, saluran airmampet, wastafel bathub dll.Tanpa bongkar & tanpa bahank im ia . Be rga rans i Hub :0761.7709422/0813 7115 5556

JASA MOBIL TINJASpesialis sedot tinja, sedotwc, wc mampet, saluran airmampet , wes ta fe l , t anpabongkar tanpa k im ia ,be rga rans i Hub :0761.7667321, 0821 7294 1118

TANJUNG RAYA BORMenger jakan pembua tansumur bor., sumur bor rmhtangga & industry, perkebunan,hotel dll. Servis pompa, bor file& tiang pancang, siap dipanggildlm & luar kota Hub : 08137128 6452 Jl Harapan Raya.

RAHMAT BORMenerima pembuatan sumurbor, serv ice sumur bor,pemasangan instalasi air, ser-vice pompa air/jetpam, bersediadi panggil dlm & luar kota.Bergaransi tanpa DP. HP.08537678 3893 Jl. Kapau Sari

LAYLA BORM e n g e r j a k a n s u m u r b o r,instalasi air griunding bor piles e r v i s p o m p a a i r s i a pdipanggil ke luar kota. Hub :0812 7675 013/0761 853531Jl. Harapan Raya.

ARJUNA BORMengerjakan sumur bor,mencucisumur,memasang pompaair,instalasi air,cuci sumur bor,dll. Bersedia dipanggil ke luarkota. Hub. Jl. Cendrawasih No.61 Tangkerang Tengah. HP. 08137108 4657 (Pak Jun)

SINDI MASSAGEMelayani t radis ional mas-sage, aromatic, lulur, facialnatura l , sh iatsu massage,mediteranian, massage, fullbody maasage dll Hub : 08236666 9193 khusus panggilanhotel

TERIMA KOSTKaryawan AC/Non AC,lengkap TV, dispenser, komporgas, ada ruang tamu, tempattidur, lemari, lokasi strategis Jl.Sumatera belakang GramediaSudirman Alamat Jl. BatamNo. 1 Hub : 0812 768 1042/0852 7235 6503 Norma

DB KOST PRIA/WANITAHar ian /mingguan /bu lananfasi l i tas hotel , bersih, AC/Non AC Kamar Mandi dalam/shower, wi f i grat is , park i rl u a s , m u s h o l l a , k a m a rstandar & superior Lokasi.T.Tambusai Gg Sabar No. 1Hub : 0761 857417 /08126846 4189/0819 6846 4198

KOST IDAYUJ l . Pembangunan No. 5marpoyan (dekat UIR)menerima kost pria, fasilitasAC/Non AC, TV, springbed,furnitute lengkap, kamar mandidalam. Hub : 0823 8715 7000/0852 7112 0008

TERIMA KOST MUSLIMAHLokasi jl. Bundo Kandung, depanSKA, fasi l i tas AC/Non AC,Springbed, TV, kamar mandidalam, closet duduk/jongkok,shower, air gallon, lemari dl l ,dapur, ruang tamu, parkir luasHarga 500 Ribu – 1 Juta/BulanHub HP : 0853 5671 4888

VINA MASSAGEBody massage happy & rilekscall Vina 0878 9325 1645 pinBB 26B39893

BUTUH DANA CEPATCukup Jaminan BPKB Motor/Mobil Anda, Motor Th 2002,Mobil Th 1990, Proses Cepatdan Bisa Bantu Take OverBa ik Mob i l /Mo to r, Hub :Herman 0852 1066 5860

PENAMBAHAN MODAL USAHASahabat Soempurna SistemSyariah, Biaya Ringan BisaTake Over, Jaminan BerupaSKGR, SHM, BPKB, Plafon5-500 Jt, Syarat Berlaku Hub: Mahlil 0852 1366 4240

PINJAM DANAModal Usaha, Syarat : BPKB,Sertifikat Tanah. Hub : Vika :0812 1503 9917, Harto : 08536306 7955

ANDA BUTUH DANA CEPATC u k u p J a m i n k a n B P K BMobil/ Motor Anda, ProsesCepat 1 Hari Langsung Cair,D a t a - D a t a A n d a B i s a D iJemput/Diantar Ke KantorKami. Bagi yg Berminat Hub: 0813 7194 5978

ANDA BUTUH UANGCukup Dg BPKB Mobil/Mo-tor, Pencairan Besar, BisaTake Over, Mobi l Anda DiAsuransikan. Hub : Aldi 08527173 6335/0852 689 6612

BUTUH DANA CEPATCukup Jaminkan BPKB Mo-tor Anda, Proses Cepat Bagiyg Berminat Hub : 0761 -861156 HP. 0852 7208 1133 /0812 7632 738

BANK ANZ PEKANBARUKredit Tnpa Agunan, Syrt Mdh,Bunga Ringan, Ckup FC KTP,FC Krt Kredit ,FC Bi l l ing &Cover BK Tabungan, Lmit Krt3 X Pencairan. Nilai Pencairan4 Jt sd 200 Jt. Hub : 0852 71448965 (Nita)

BU YAYUKU r u t t r a d i s i o n a l , a n d aundang sya da tang. T idaks e d i a t e m p a t . H P. 0 8 2 16950 2121

LIMKOJAYA BORMengerjakan smr bor, smrbo r rmh t angga , i ndus t r y,perkebunan,hotel, dl l . Bor,fi le, psng pompa air, servicem s n , H u b : b p k E f e n d imandai HP. 0823 8772 9277J . Sakun ta la /Banda AcehNo. 18 Garansi 1 Tahun

SERVICE

SERBA-SERBIKOMPUTER

PIJAT DAN LULUR

KOS-KOSAN

HANEY & HENDRIK MASSAGEFresh body r i leks, tenagamuda2 , cwok , cewek ygramah, sopan, menarik HP.0852 7236 9954 No. SMS

SPACE IKLAN

SPACE IKLAN

PEMBIAYAAN

Bencana di Batu Busuak Jadi PembelajaranPADANG (VOKAL)-Kawasan Batu Busuk, Padangada baiknya dijadikan kawasan pembelajaranterbaik di Sumatera Barat bahwa kerusakan alamdan lingkungan mengakibatkan bencana. Di sam-ping itu, sekaligus menjadi pembelajaran bagaimanamenata dan memulihkan kembali kawasan bencanamenjadi kawasan yang ideal sebagai hutan pro-duktif, lahan pertanian dan pemukiman.

Hal itu disampaikan WakilWalikota Padang, MahyeldiAnsharullah dalam kegiatanbertajuk "Ayo...! Mari Mena-nam Pohon" yang digelar DiBukit Rimbo Panjang Kelura-han Lambung Bukik Kecama-tan Pauh Kota Padang, Rabu(27/2). "Momen gerakan me-nanam pohon ini saya ang-gap sangat penting dan stra-

tegis. Alasannya, seiringtuntutan perubahan kondisialam dan kondisi ekonomimasyarakat, kita semakinmemerlukan suatau kawasanpembelajaran dalam pem-berdayaan masyarakat. Halini untuk meningkatkan ke-sejahteraannya berdasarkanpotensi yang dimiliki," ung-kap Wawako Mahyeldi kepa-

da padangmedia.com.Terlibat dalam kegiatan

ini, Dinas Pertanian Perterna-kan Kehutanan dan Perkebu-nan (Dispernakhutbun) KotaPadang sebagai pelaksana,sejumlah mahsiswa FakultasPertanian Unand besertaDekan, KNPI dan PNPM, se-jumlah jajaran SKPD terkaitdan masyarakat Batu Bu-suak.

Sementara itu, Kadis Per-nakhutbun Padang, HeryantoRustam kepada wartawanmengungkapkan, pohon ya-ng ditanam di kawasan BatuBusuak adalah pohon pro-duktif yang memiliki nilaiekonomi yang bisa memberimanfaat terhadap masya-rakat. "Jenis pohon yang

ditanam beragam. Ada sir-sak, sukun, mangga, kuini,karet dan lain - lain. Ditarget-kan di kawasan ini dapatditanam pohon sebanyak 100ribu batang pohon," sebutHeryanto.

Ia menambahkan, pena-naman pohon juga dalamrangka pengembangan ka-wasan hutan berbasis ma-syarakat. Dimana masya-rakat memanfaatkan hutanuntuk ekonomi masyarakatitu sendiri tanpa merusakhutan."Kita juga mengem-bangkan hutan masyrakatagar masyrakat di sekitarkawasan hutan bisa meman-faatkan hutan untuk kehidu-pan tanpa merusak hutanitu," tutupnya. (ymg,bos)

SEORANG

BANDA ACEH (VOKAL)-Sebanyak 124warga Myanmar pada Selasa (26/2)sekitar pukul 21.30 WIB, terdampar dipantai Desa Cot Trueng, KecamatanMuara Batu, Kabupaten Aceh Utara,Provinsi Aceh.

Along (23), salah seorang pengungsiasal Myanmar kepada antaranews, Rabu(27/2), mengatakan mereka berangkat darinegaranya pada 19 Februari 2013 denganmenggunakan kapal nelayan berukuransekitar 10 X 4 meter. "Kami pergi dariMyanmar untuk menyelamatkan diri, kamiingin hidup tenang," kata Along.

Ia mengatakan saat berangkat dari

negaranya, mereka berjumlah 132 orang,namun dalam perjalanan delapan diantaranya meninggal dunia.

Saat baru tiba di daratan, sebanyak 124warga Myanmar diantaranya dua anak-anak dan enam wanita itu ditempatkanpada sebuah bangunan di tepi pantai.

Selanjutnya dipindahkan ke MasjidDesa Cot Trueng dengan pengawasanpetugas keamanan dan imigrasi.

Seluruh warga Myanmar itu telahmendapatkan bantuan tanggap daruratseperti makanan, pakaian dan pengo-batan dari tim kesehatan pelabuhanKreung Geukuh. (ymg,bos)

124 Warga MyanmarTerdampar di Aceh Utara

MEDAN (VOKAL)-Pengamat sosialekonomi yang juga pengusaha di SumutIndra Wahidin menegaskan GubernurSumut mendatang harus berani danbisa bersikap mandiri dalam mem-bangun daerah ini.

“Tidak bisa mengandalkan Peme-rintah Pusat seperti yang dinyatakansemua kandidat calon Gubernur Sumutitu dalam Uji Publik Calon Gubernurdan Wakil Gubernur Sumut yangdigelar Kadin Sumut, 25 Februarimalam,” katanya di Medan, kemarin.

Kalau Pemerintah Pusat tentunyadewasa ini fokus kepada bantuanpengembangan Indonesia di wilayahbagian timur yang masih belum sema-ju bagian barat.

Menurut Indra yang tokoh etnisTionghoa di Sumut itu, untuk bisamandiri Gubernur Sumut harus me-maksimalkan potensi lokal, menyusunprioritas pembangunan dengan mem-berikan fasilitas dan kemudahan kepa-da investor dalam dan luar negeri.“Kasih pengusaha kesempatan seluas-luasnya pasti pembangunan Sumutlebih cepat,” katanya.

Untuk menarik investasi pengusahatentunya pemerintah harus komitmentidak mempersulit perizinan hinggamenjamin kepastian usaha.

Sedangkan agar pembangunan itubenar-benar bisa menyentuh rakyat,tentunya tiga pemerintah provinsi,kabupaten/kota untuk mengawal danmenjalin komitmen soal itu dengan in-vestor.

Pemerintah Provinsi Sumut bisamelihat bagaimana keberhasilan parausaha kecil dan menengah (UKM) bisamenggerakkan perekonomian ataugeliat ekonomi tetap berjalan ketikapara pemimpin daerah tidak ada karenaterganjal masalah. “Itu menandakanbahwa sebenarnya potensi Sumutcukup besar sehingga yang perluhanya arahan dan dukungan daripemerintah,” katanya.

Pada Uji Publik, lima kandidatGubernur Sumatra Utara pada umum-nya memaparkan pengetahuan mere-ka tentang permasalahan utama diprovinsi itu yakni tidak memadainyainfrastruktur khususnya jalan.

Gus Irawan-Soekirman misalnyamenyebutkan infrastruktur yang ku-rang bagus menyebabkan pertum-buhan usaha kecil dan menengah(UKM) dengan potensi terbesar didaerah menjadi kurang berkembang.

Sementara pasangan Effendi Sim-bolon-Djumiran Abdi dengan nomorurut 2 misalnya menyebutkan infra-struktur yang jelek membuat kunju-ngan wisatawan ke Sumut tidak bisabanyak meski jumlahnya tiap tahunmengalami peningkatan.

Adapun Chairuman Harahap-FadliNurzal menilai infrastruktur yang jelekjuga membuat perekonomian desabelum tumbuh bagus meski sumberdaya alam yang cukup bagus ada didaerah itu.

Calon Wakil Gubernur Sumut, RENainggolan yang berpasangan denganAmri Tambunan juga menyebutkaninfrastruktur adalah salah satu yangmendesak dibangun untuk kemajuanmasyarakat. Sedangkan Gatot PujoNugroho-T.Erry Nuradi mengakuikekurangan infrastruktur itu akibatterbatasnya pendanaan dari provinsisehingga perlu bantuan PemerintahPusat. (ymg,bos)

Gubsu Mendatang Harus Bisa Mandiri

PASANGAN

Page 23: Harian Vokal edisi 28 Februari 2013

Penanggung Jawab/Redaktur ZUKRI SUBAYANG Perwajahan: ZULQIFLI

PEKANBARUKAMIS 28 Februari 2013/18 Rabiul Akhir 1434 H

23HARIAN VOKAL

LINTASLurah Diminta EvaluasiData Penerima RaskinPEKANBARU (VOKAL)

(abd)

Uji Kelayakan CalonSekda Urusan MendagriPEKANBARU (VOKAL)

fit and proper test

(mok)

ANDIKA

DIAMANKAN

Musim Panas, BLHIngatkan tak Bakar LahanPEKANBARU (VOKAL)

(rul)

Genset 200 KVA keAtas Wajib Punya IzinPEKANBARU (VOKAL)

(abd)

Kepala SMAN 5: Jika Tak MampuJangan Ikut Program PBUD

murid. Pihak sekolah telahmelakukan rapat bersama or-ang tua dan murid untuk men-sosialisasikan program PBUDserta UN sebanyak dua kali.Namun orang tua murid yangdiduga menyebar fitnah, tidakpernah hadir dalam rapat.

"Orang itu tak paham de-ngan proses PBUD dan aturandi Unri. Untuk itu, jika dipanggilDewan, kami siap," ujar Har-yati. (***)

PEKANBARU (VOKAL)-”Jika tidak mampu,jangan mencoba ikut program PBUD, karenaperaturan ini dari Unri," kata Kepala SMAN 5Pekanbaru Hj Haryati, terkait pelaporan seorangwali murid ke DPRD Pekanbaru bahwa pihaksekolah memungut biaya untuk program PBUD.

yang tidak lulus uang jami-nannya akan dikembalikantanpa pemotongan sepeserpun.

"Demi menyelamatkan se-kolah, kami memang memintauang jaminan sesuai biayamasuk fakultas yang diusulkan.Biayanya tidak sama setiapfakultas. Sementara programPBUD sudah disosialisasikankepada orang tua murid. Sayakecewa ada satu orang tua

yang tidak paham, melakukanfitnah terhadap sekolah," kataHaryati dengan wajah berkerut.

Tak Canggung Dipanggil DewanTerkait pemanggilan dirinya

dan Disdik ke DPRD Pekanbaru,Haryati mengaku tidak cang-gung. Karena persoalan inihanya soal misskomunikasi.

Dipaparkan Haryati, sebe-narnya siswa kelas XII yangmasuk ke dalam daftar PBUDberdasarkan usulan orang tua

BMKG Prediksi 4 Harike Depan Riau Panas

udara bisa mencapai 34,2 dera-jat Celcius yang bisa memun-culkan kembali titik panas. PihakBMKG berharap tidak ada pem-bakaran lahan.

Gelombang 2 MeterGelombang perairan Riau

bisa mencapai ketinggian 2meter. "Pada kondisi normal,tinggi gelombang di sejumlahwilayah biasanya maksimal1,25 -1,5 meter. Artinya, kondisigelombang masih dalam kea-daan normal," terangnya.

Untuk perairan Rokan Hilir,Dumai, Bengkalis, Meranti,Indragiri Hilir, bahkan SelatMalaka, potensi ketinggiangelombang maksimal 2 meter.Kondisi ini disebabkan cuacaburuk di wilayah perairan atauadanya percepatan pergerakanangin hingga di atas rata-rata,antara 5-40 km/jam.

"Nelayan melaut harus hati-hati," ungkapnya.

Tinggi gelombang ini jugaterjadi di wilayah perairan Riauyang berbatasan dengan Kepu-lauan Riau, melintasi perairanTanjung Pinang, Batam danSelat Singapura dengan rata-rata 1,5-2 meter. Di perairanKepri seperti Natuna, Matak,Tarempa, serta Debo Singkep,tinggi gelombang mencapai 1,5-2 meter. (rul)

PEKANBARU (VOKAL)- BadanMeteorologi Klimatologi danGeofisika (BMKG) Stasiun Pekan-baru, memprakirakan fenomenabadai siklon terbentuk di sebelahbarat laut Kalimantan dan LautAustralia, menyebabkan wilayahRiau mengalami musim keringatau cuaca panas selama empathari ke depan.

Saat ini seharusnya masihhujan, namun akibat badaisiklon itu, Riau mengalamimusim kering atau cuaca panasselama empat hari kedepan,"kata Staf Analis BMKG StasiunPekanbaru Warih Budi Lestari,Rabu (27/2).

Dijelaskannya, awan-awanyang menjadi penyebab hujantertarik ke daerah tekanan ren-dah dan akan membentuk badaislikon. Akibatnya, secara merataRiau akan minim hujan dan ber-potensi memunculkan titik panas.

"Saat ini suhu udara masihnormal, karena masih adacurah hujan kendati sangatminim. Hujan dengan intensitassedang dan ringan, terjadi padasore dan malam hari. Semen-tara pada siang hari suhu te-rasa panas.

Potensi hujan dengan inten-sitas sedang dan ringan, ada diRiau bagian selatan, tengah,serta pesisir timur. Temperatur

Gelombang Perairan Maksimal Dua MeterGelombang Perairan Maksimal Dua MeterGelombang Perairan Maksimal Dua MeterGelombang Perairan Maksimal Dua MeterGelombang Perairan Maksimal Dua Meter

Banyak Lubang di Jalan Nasionaldan Provinsi di Pekanbaru

pihak PU Riau, minim anggaran."Untuk memperbaiki itu se-

mua, anggarannya sangat minim.Kendati demikian, kami akan tetapberupaya memperbaiki dan itusemua butuh waktu," kata KabidBina Marga di Dinas PU RiauAhmad Ismail, Rabu (27/2).

"Sebenarnya kerusakan itutidak sepenuhnya salah DinasPU Riau. Sebab kami hanyapenyedia jalan. Semestinyainstansi lainnya melakukan pe-ngawasan akan tonase kenda-raan yang lalu lalang," katanya.

PU Pekanbaru tak BerwenangKepala Dinas PU Pekanbaru

melalui Kabid Bina Marga Ah-mad Ridha didampingi KasiPemeliharaan Jalan Razimanmengatakan, kerusakkn jalannasional dan provinsi bukankewenangan PU Pekanbaru.

"Itu sudah aturannya. Jikatetap kita perbaiki, nanti bisamenjadi temuan Komisi Pem-berantasan Korupsi (KPK),"katanya.

Dikatakannya, PU Pekan-baru hanya melakukan penda-taan, sementara perbaikanmenjadi kewenangan Dinas PURiau bersama PU Pusat. Keru-sakan itu, sambungnya, jugaterdapat di Jalan Pepaya yangdekat dengan Kantor Gubenur.

Tahun ini, di Bidang BinaMarga PU Pekanbaru tersediaanggaran Rp116,9 miliar, untukperbaikan jalan 33 km dalamKota Pekanbaru. (rul)

PEKANBARU (VOKAL)-Kon-disi sejumlah ruas jalan provinsidan nasional di Pekanbaru,sangat memprihatinkan. Ba-nyak yang berlobang danmembahayakan pengendara.

Pantauan di lapangan, enamtitik di ruas Jalan Soekarno-Hatta, tersebar mulai dari Sim-pang Pasar Pagi Arengka hinggake Kubang, seperti di depanSwalayan 99, Klinik Insani, SMPN21 dan lainnya, terdapat lubang-lubang menganga cukup besardan membahayakan.

Begitu juga Jalan TuankuTambusai, ditemui sekitar 120titik menganga, baik dalamukuran besar maupun kecil.Kondisinya semakin parah,karena dibiarkan. Seperti didepan BNI 46, dekat Mall SKA,terdapat lobang cukup besardan membahayakan.

Sedangkan di Jalan Yos Su-darso, juga banyak ditemuikerusakan jalan, terutama didekat Jembatan Siak I hinggaperbatasan Kabupaten Siak diMinas. Selain berlobang, jugabergelombang dan hingga kinibelum diperbaiki. Demikian jugahalnya Jalan Soekarno Hatta II.

Selain kerusakan jalan-jalannasional itu, juga ada keru-sakan pada sejumlah jalanprovinsi, seperti di Jalan Ku-bang Raya, Jalan KaharuddinNasution dan Jalan Pasir Putih.Kerusakan itu hingga kini ter-kesan dibiarkan dengan dalih

LAPORAN:INDRAJAYA/PEKANBARU

Hj Haryati, Rabu (27/2),mengaku kecewa dengan tin-dakan yang dinilai memfitnahpihaknya itu. Menurutnya pu-ngutan itu untuk jaminan ma-suk ke Program PenelusuranBibit Unggul Daerah (PBUD) diUniversitas Riau (UR) TahunAjaran 2013.

Akibat pelaporan itu, ia danDinas Pendidikan akan dipang-gil DPRD untuk melakukandengar pendapat (hearing).

Haryati menjelaskan, dari375 siswa kelas XII SMAN 5Pekanbaru, pihaknya mengu-sulkan 99 siswa untuk me-ngikuti program PBUD ke UR.Bagi siswa yang masuk akandiminta uang jaminan sesuaidengan pendaftaran di fakultasmasing-masing, antara Rp6-8juta.

"Namun bagi siswa yangmasuk Fakultas Kedokteran,biaya masuknya sekitar Rp26

juta. Setiap orang tua diwa-jibkan membayar uang jami-nan melalui rekening sekolah.Agar saat anak lulus dalamseleksi penerimaan di fakultasyang dituju, dananya sudahlangsung dibayarkan ke UR,"kata Haryati.

Jika siswa yang lulus seleksitidak mengambil jatah terse-but, maka sekolah yang me-ngusulkan akan di-blacklistselama setahun, yang ber-dampak merugikan bagi adikkelasnya yang ingin masuk UR.

"Bagi siswa yang sudahlulus seleksi PBUD, masuk atautidak ke fakultas yang diusul-kan, mereka wajib membayarbiaya masuk kuliah di fakultastersebut,” terusnya.

Haryati mengatakan, dari 99murid yang diusulkan dalamprogram PBUD, palingsekitar20 orang yang diterima. Bagiyang diterima, uang jaminanyang masuk ke rekening seko-lah akan ditransfer langsungke rekening Unri. Namun bagi

nanti yang akan memutuskanapa tindakan yang akan di-lakukan," ujarnya.

Menghindari bentrok, PKL PJyang menolak direlokasi sejakbeberapa waktu lalu telah dibe-rikan kesempatan mencarilokasi sendiri, selagi tak me-langgar Perda Kota Pekanbarutentang Ketertiban Umum.

"Ini kan juga pernah disam-paikan Pak Wali. Kalau tidaksetuju dengan sejumlah lokasiyang disediakan, mereka bolehmencari lokasi sendiri. Kalaumemang ada lokasi, sampaikanke kita. Kalau tak melanggarPerda, silakan," ucapnya.(abd)

PEKANBARU (VOKAL)- TimYustisi yang terdiri dari per-sonel TNI, Polri, Dishub danSatpol PP Pekanbaru hinggakini tak kunjung menertibkanpedagang kaki lima (PKL) pasarjongkok (PJ) Jalan HR Soe-brantas, Panam.

Padahal, sesuai tenggatwaktu Pemko Pekanbaru ke-pada Tim Yustisi, 17 Februrailalu lokasi PJ sudah steril dariaktivitas PKL.

Kepala Kantor (Kakan) Sat-pol PP Pekanbaru Baharuddin,Rabu (27/2) mengatakan, hing-ga kini masih terus melakukanpendekatan persuasif terhadap

ratusan PKL PJ."Memang kemarin batas

waktunya sampai 17 Februari,tapi karena sebagain PKL ber-sedia dipindahkan, kita masihmelakukan pendekatan denganPKL yang masih menolak, untukmenghindari bentrok," jelasnya.

Berdasarkan pendataanyang telah dilakukan DinasPasar (Dispas) Pekanbaru,sebut Baharuddin, total PKL PJyang bersedia dipindahkanhingga saat ini sudah berjumlahsekitar 100 orang. Sisanya tetapmenolak.

"Kami akan gelar rapat de-ngan Tim Yustisi. Tim inilah

Tim Yustisi Belum Juga Tertibkan PKL PJ Berdalih Masih Sosialisasi Berdalih Masih Sosialisasi Berdalih Masih Sosialisasi Berdalih Masih Sosialisasi Berdalih Masih Sosialisasi

PEKANBARU (VOKAL)-Se-orang tenaga honorer SekwanDPRD Pekanbaru terpaksamemulangkan anak istri kekampung, sementara ia sendirimenumpangkan hidup padateman sejawat, karena hinggasaat ini belum menerima honor.

Seperti dituturkan Io (30)yang bekerja sebagai tenagaharian lepas di DPRD Pekan-baru, yang sudah dua bulanbelum menerima honor. Bah-kan utangnya di beberapa ke-dai harian sudah mencapai Rp2juta. Setiap bulan Io menerimaupah Rp1,265 juta/bulan.

Parahnya, Io mengaku takmemiliki uang sepersen pun dikantongnya, sementara ke-marin (27/2), untuk berangkatkerja ia terpaksa menumpangsepeda motor temannya kare-na tidak mampu membeli ben-sin lagi.

“Sudah kering sekali bang.Tadi malam saja saya numpangmakan dengan teman danpergi kerja mencari tumpangangratis dulu, karena tidak ada

CS DPRD Pekanbaru 2 Bulan Tak Gajianlagi uang untuk memberi ben-sin motor. Mau pinjam samatetangga utang saya sudah 2juta,” keluh Io kepada warta-wan Harian Vokal, di GedungDPRD Pekanbaru.

Ketua Fraksi Partai GolkarDPRD Pekanbaru Roni Amril,menyebutkan kondisi ini terjadiakibat keterlambatan pemba-hasan APBD. Tak hanya seluruhpegawai Pemko dan honorer,bahkan anggota Dewan punikut terkena imbas.

“Saat ini PNS dan DPRD barumendapatkan gaji pokok, se-dangkan tunjangan belum. Yangpaling menyedihkan adalahnasib para honorer dan pegawaiharian lepas. Mereka tak men-dapatkan apapun sampai APBDdisahkan, sementara merekaterus bekerja,” jelas Roni.

Sampai saat ini evaluasiGubernur belum juga ditu-runkan DPA-nya, sehinggaseluruh pencairan anggaran diPemko Pekanbaru belum dapatdilakukan. Kondisi ini akanberdampak terhadap progres

pekerjaan di masing-masingsatker.

Terkait honor petugas cle-ning service di DPRD yangsampai saat ini belum diba-yarkan, Sekwan DPRD harusmencarikan jalan keluarnya.

“Mereka bekerja untukmencari makan, bukan mencarikaya. Janganlah persoalan kecilini dipersulit juga oleh Sekwan.Sekwan harus cepat tanggap,mungkin bisa meminjam duluke Kas Daerah, LPJ-nya me-nyusul. Kasihan para honoreritu,” jelas Roni.

Sekwan DPRD Kota Pekan-baru Syahrizal enggan menja-wab dengan alasan sedangberada di pesawat dan hendakmenuju luar kota. SementaaKabag Umum DPRD Saharud-din berkata dengan nada tinggi,"Siapa CS yang melaporkan-nya kepada Anda, biar sayapanggil dia."

Ia mengaku tidak suka saatnama petugas itu disembu-nyikan. “Saya tidak suka kalauAnda seperti itu. Bagus kasihtahu nara sumbernya biar sayapanggil dia,” katanya. (fik)

TTTTTerpaksa Pulangkan Kerpaksa Pulangkan Kerpaksa Pulangkan Kerpaksa Pulangkan Kerpaksa Pulangkan Keluareluareluareluareluarga ke Kampungga ke Kampungga ke Kampungga ke Kampungga ke Kampung

Page 24: Harian Vokal edisi 28 Februari 2013

Penanggung Jawab: RIDWAN ALKALAM Perwajahan : ANDIXER

HARIAN VOKAL

2424

CMYK

28 Februari 2013 /18 Rabiul Akhir 1434 HKAMIS

Riau RaRiau Rayyaa

Selanjutnya, hasil audittersebut juga harus dilabel,supaya jelas legalitas hasil

audit BPKP dan tidak men-jadi perdebatan di kemudianhari. "Harus segera di audit,

supaya jelas berapa hutangyang mesti dibayarkanPemprov Riau. Kalau tidakcepat menempuh langkahini, tentu akan menggangguiven ISG (Islamic SolidarityGames)," ujar Abdul Wahiddi ruang Komisi C, Rabu(27/2).

Sedangkan anggota Ko-misi D, DPRD Riau, DarismanAhmad mendesak DisporaRiau segera menyelesaikanhal tersebut. Dia tidak mautahu, demi terselenggaranyaiven ISG tanpa dibumbuipolemik antara kontraktordengan Dispora Riau.

"Inikan persoalannya per-data, bukan tidak ada carapenyelesaiannya. Jadi sayamengimbau agar Disporasegera menyelesaikan inisupaya tidak ada gangguanterhadap acara ISG nanti.Bagaimanapun, ISG tetapdilaksanakan," katanya.

Rusli Desak DisporaSementara itu, Gubernur

Riau (Gubri) HM Rusli Zainalmeminta Dispora Riau, su-paya segera menyelesaikanpersoalan pembayaran hu-tang kepada kontraktor sta-dion utama. Selain itu, Ruslijuga minta solusi terhadapsemua persoalan hukum ya-ng kini masih membelit pro-yek tersebut, dengan mem-buat skala prioritas.

Pernyataan tersebut di-

sampaikan Rusli terkait tun-tutan dan ancaman parakontraktor Stdion Utama Riauagar Pemprov Riau segeramembayarkan hutang yangselama ini masih belum diba-yarkan. Rusli juga mengakuPemprov Riau masih berupa-ya mencarikan jalan keluar.

"Saya kira semuanya ha-rus diselesaikan denga baik.Memang masih ada per-soalan yang kita selesaikan.Kita harapkan dinas terkaitbetul-betul menginventarisirmasalah-masalah, menyu-sun skala prioritas masalahlalu bagaimana asolusinya,"kata Rusli kepada HarianVokal, di Kantor GubernurRiau, Selasa (26/1).

Rusli berdalih, hal itu me-mang harus dilakukan sebabDispora sendiri merupakanSatuan Kerja (Satker) yangpengguna anggaran yangberwenang menyelesaikanpersoalan tersebut. Diyakini,jika memang persoalan da-pat diselesaikan dengan ba-ik, maka sudah tentu pastiada jalan keluar.

Rusli juga mengharapkanpersoalan tuntutan para kon-traktor tersebut tidak sampaimengancam pelaksanaanIslamic Solidarity Games(ISG) yang akan digelar padaJuni mendatang. Karena me-mang persiapan Riau sendiriuntuk menggelar even olah-raga bertarap internasionaltersebut merupakan sebuhmimpi yang harus dilak-sanakan.(***)

PPembaembayyararan Hutang Stadionan Hutang StadionUtama Tunggu Hasil Audit

LAPORAN:

MOKHTIAR,MAYONAL/PEKANBARU