Haluan kepri [email protected]

Click here to load reader

  • date post

    22-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    366
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Haluan kepri [email protected]

Transcript of Haluan kepri [email protected]

  • HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 085374539090

    CMYK

    CMYK

    KORAN LOKAL TERBAIK

    DI INDONESIA

    Editor: M Syahdan, Layouter: Ricoh Polda, Grafis: Richo

    Harian Umum

    Mencerdaskan Kehidupan MasyarakatWebsite: www.haluankepri.com

    HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 085374539090

    Jumat, 22 Mei 20153 Saban 1436 HTERBIT 24 HALAMAN,NO 22/5 TAHUN KE 14

    Dapat HujatanAngel Pieters

    Rendah Hati"SESUNGGUHNYA Allah mewahyukankepadaku agar kalian bersikap rendahhati hingga tak seorangpun yangbangga atas yang lain dan tidakada yang berbuat aniayaterhadap yang lain" (HR Muslim)

    Dapat Hujatan Hal 7

    JAKARTA (HK) Angel Pieters me-neriman banyak kritik dan hujatanterkait kemenangannya dalam ajangIndonesia Movie Awards (IMA) 2015 padaRabu (20/5) malam. Penyanyi jebolanIdola Cilik akhirnya buka suara perihalpolemik tersebut. Seolah tak tahan lagimenahan air mata, Angel, gadis 18 tahuntersebut menangis sambil megung-kapkan traumanya menerima peng-hargaan tersebut.

    Tak hanya itu, yang membuat Angelsemakin down adalah para penyanyiyang lebih senior darinya juga ikutmenyudutkan Angel di media so-sial, seperi Glen Fredly, Anggun CSasmi hingga Pongky Barata.Mereka mengungkapkan ke-kecewaan mereka yang se-olah tak terima dengankemenangan yang ia raihdalam kategori Sound-track Film Terfavoritdari pihak RCTI sebagai

    Hal itu dikatakan para PSKsaat menjalani pemeriksaan diMapoltabes Barelang, kemarin.

    "Tarifnya sekali dibooking Rp1juta," ujar salah seorang PSK.

    Dalam kasus ini polisi telahmenetapkan lima orang sebagaitersangka. Mereka adalah NeniHerni yang berperan sebagai pere-krut atau pemilik panti pijat. Devi

    TERSANGKA DUGAAN KARUPSI DANA PPID RP4,8 M

    Lagi, Dua Pejabat Anambas DitahanTANJUNGPINANG (HK) Penyidik KejaksaanTinggi Kepri kembali menahan dua pejabatKabupaten Kepulauan Anambas (KKA) atastuduhan korupsi aliran dana PercepatanPembangunan Infrastruktur (PPID) Anambastahun 2011 sebesar Rp4,8 miliar dari totalanggaran Rp13,5 miliar, Kamis (21/5) malam.Kedua pejabat itu adalah Efian, Kasubag diBadan Perbatasan dan Welly Indra, KasubagKeuangan Badan Perencanaan Pemba-ngunan Daerah (Bappeda).

    Tarif PSK Online Batam Rp1 JutaBATAM (HK) Bisnis prostitusi online tak

    hanya melibatkan kalangan artis papanatas, tetapi juga masyarakat biasa hinggaanak di bawah umur. Di Batam, seorang

    mucikari ditangkap polisi karena keda-patan menawarkan pekerja seks

    komersial (PSK) kepada pelanggansecara online di Flamboyan Massage,

    Nagoya. Tarif PSK yang dipatok Rp1 juta danshort time Rp500 ribu. Tarif PSK Hal 7

    Lima Orang

    Ditetapkan Tersangka

    Sebelum ditahan, keduapejabat ini diperiksa tim pe-nyidik pukul 11.00 WIB. Usaidiperiksa, sekitar pukul 20.30WIB, keduanya digiring keluarruangan penyidik untuk di-bawa ke Rumah Tahanan (Ru-tan) kelas 1 Tanjungpinang.

    Selain ditahan, penyidikjuga menerima pengembaliandana Rp150 juta dari ter-sangka Wely. Kejati juga me-nyita tiga sertifikat surattanah dan bangunan rumahmilik tersangka Efian. Tigasertifikat surat tanah danbangunan itu masing sehargaRp700 juta, Rp400 juta danRp300 juta.

    Kedua tersangka ditetap-kan tersangka dan ditahankarena sebagai penerimasisa aliran dana PPID senilaiRp4,8 miliar melalui tranferrekening di Bank NasionalIndonesia (BNI) cabang Ta-rempa yang dilakukan oleh

    mantan staf Keuangan Pem-kab Anambas, Surya Dhar-ma Putra. Surya sendiri telahditetapkan tersangka kasusyang sama dan sudah dita-han penyidik sebelumya.

    "Kedua tersangka dita-han karena telah memenuhiunsur alat bukti yang cukupkuat sebagai penerima seba-gian sisa dana PPID terse-but," kata Asisten TindakPidana Khusus (Aspidsus)Kejati Kepri, Yulianto SH.

    Ia mengatakan, hasil penye-lidikan ternyata Elfian me-nerima aliran dana sebesarRp1,6 miliar dari total sisaaliran dana PPID senilai Rp4,8miliar. Sedangkan tersangkaWely menerima aliran danasebesar Rp1 miliar. Denganditemukannya total aliran da-na PPID sebesar Rp2,6 miliartersebut. Artinya masih adasisa aliran dana sebesar Rp2,2miliar lagi. Ini yang akan dise-lidiki lagi dan penyidik sudahmendapat gambaran aliran

    AsfanelLiputan Tanjungpinang

    Lagi, Dua Hal 7

    Juve JuaraCoppa Italia

    ROMA (HK) Juventus mendapatkan trofikedua mereka musim ini. Di partai final CoppaItalia, Bianconeri mengalahkan Lazio denganskor 2-1 lewat babak extra time.

    Pada duel yang dihelat di Stadion Olimpico,Kamis (21/5) dinihari WIB, Lazio unggul lebih duludi menit keempat lewat Stefan Radu. Juve mem-balas di menit ke-11 dari gol Giorgio Chiellini.

    Skor 1-1 bertahan hingga waktu normalhabis. Gol kemenangan 'Si Nyonya Besar'dicetak Alessandro Matri di menit ke-97.

    Kemenangan ini memastikan Juve me-nyudahi puasa 20 tahun gelar Coppa Italia

    setelah terakhir kali jadi juara di tahun1995. Klub asal Turin itu resmi jadi

    pengoleksi trofi terbanyak di tur-namen ini dengan 10 piala.

    Coppa Italia jadi tro-fi kedua Juve musimini setelah Scudetto.Peluang treble ma-sih terbuka lebarandaikan mam-pu memenangilaga final Liga

    C h a m p i o n skontra Bar-

    Baku Tembak Hal 7

    Juve Juara Hal 7

    Baku TembakTerjadi di Aceh

    Tiga Pria Bersenjata Tewas

    BANDA ACEH (HK) Aparat TNI dan polisimenewaskan tiga pria bersenjata dalam kontaktembak dengan gerombolan bersenjata diGintong, Kecamatan Grong-Grong, KabupatenPidie, Rabu (20/5) dinihari. Dari tangan keti-ganya disita sejumlah barang bukti mulai darisenjata, amunisi, hingga obat-obatan.

    Ketiga pelaku yang tewas yakni IbrahimYusuf (42) warga Curieh Blang Mee, Keca-matan Delima, Pidie. Subky (32) asal PuloMeuria, Geureudong Pase, Aceh Utara danYusliandi Rusli alias Maee Pong (27) wargaPinto Rimba, Julok, Aceh Timur.

    Kapolda Aceh Irjen Husein Hamidi menu-turkan kronologis kejadian, bermula dari in-formasi masyarakat bahwa ada kelompok ber-senjata diduga pimpinan Din Minimi (DM), ge-rombolan bersenjata pecahan Gerakan AcehMerdeka (GAM) sedang bergerak dari arah Ke-umala ke Padang Tiji (Pidie).

    9 Perempuan Hal 7

    SEMBILAN ANGGOTAPANSEL KPK:

    1. Destri Damayanti, ahli ekonomi keuangandan moneter (ketua merangkap anggota).2. Enny Nurbaningsih, pakar hukum tatanegara (wakil ketua merangkap anggota).3. Harkristuti Harkrisnowo, pakar pidanahukum dan HAM.4. Betty Alisjahbana, ahli TI dan manajemen5. Yenti Garnasih, ahli hukum pidana,ekonomi dan pencucian.6. Supra Wimbarti, ahli psikologi SDM danpendidikan.7. Natalia Subagyo, ahli tata kelola pemerin-tahan dan reformasi birokrasi.8. Diani Sadiawati, ahli hukum dan per-Undang-Undangan.9. Meuthia Ganie Rochman, ahli sosiologi

    9 PEREMPUAN JADI PANSEL KPKJAKARTA (HK) PresidenJoko Widodo telah membentukPanitia Seleksi (Pansel) CalonPimpinan Komisi Pemberan-tasan Korupsi, Kamis (21/5).Pansel terdiri dari sembilanorang anggota dari berbagailatar belakang. Sembilan orangyang ditunjuk Jokowi itu semua-nya perempuan.

    Jokowi berharap pansel inidapat menghasilkan komisio-ner KPK yang berintegritas un-tuk menggantikan komisioneryang akan segera mengakhirimasa tugasnya pada akhir 2015mendatang.

    "Saya berharap komisioneryang terpilih nanti memiliki ke-

    mampuan yang lengkap, yangmampu memperkuat kelem-bagaan KPK dan g mampu me-ningkatkan sinergi KPK denganlembaga penegak hukum lain-nya dalam rangka membangunsistem pencegahan dan pembe-rantasan korupsi," ujar Jokowidi Bandara Halim Perdanaku-suma, Jakarta, kemarin.

    Jokowi tidak menjawab per-tanyaan wartawan mengapasemua yang dipilih berjeniskelamin perempuan. Seusaimemberikan pernyataan kepa-da pers, dia langsung berjalanmenuju pesawat kepresidenan

    Kapolres JakpusDipukul

    JAKARTA (HK) Ka-polres Jakarta Pusat(Jakpus), Kombes Pol

    Hendro Pandowo dipukulmassa mahasiswa saat de-

    mo di depan Istana Presiden.Hendro dipukuli saat me-matikan api yang membakarkeranda di depan istana ter-sebut, Kamis (21/5).

    Pantauan di lapangan ter-lihat, Wakapolsek Kompol MNababan dan beberapa polisi

    cepat menolong Hendro. Me-reka menarik Hendro ke luardari kerumunan mahasiswa.Unjuk rasa di depan istanamenuntut Presiden Joko Wido-do- Jusuf Kalla mundur dari ja-batannya, karena dianggap ga-gal ini diwarnai kericuhan. Ri-cuh dipicu pembakaran keran-da di depan istana. Salah satumahasiswa sempat diseret po-lisi saat aksi bakar keranda

    Kapolres Jakpus Hal 7

    ASFANEL/HALUAN KEPRI

    PEJABAT DITAHAN Dua pejabat Anambas yakni Efian, Kasubag di Badan Perbatasan dan Welly Indra, Kasubag Keuangan BadanPerencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) ditahan penyidik Kejati Kepri usai diperiksa, kemarin.

    NOV IWANDRA/HALUAN KEPRI

    KAPOLRESTA Barelang Kombes Pol Asep Syafrudin memperlihatkan barang bukti uangdan tersangka prostitusi online saat ekspose perkara di Mapolresta Barelang, Kamis (21/5).

  • Sambungan 7Jumat, 22 Mei 2015Dapat Hujatan Dari Halaman 1

    Kapolres Jakpus Dari Halaman 1

    Tarif PSK Dari Halaman 1

    penyelenggara IMA tersebut.

    "Saya belum pernah seperti ini.

    Saya memang sering di-bully dan

    saya sudah badak (kebal). Kalau

    yang ini, saya sedih karena kre-

    dibilitas saya sebagai penyanyi itu

    turun. Karena orang menyangka

    kemenangan saya itu misterius,

    karena didukung (dengan cara ti-

    dak sah)," kata Angel saat meng-

    gelar konfrensi pers di kawasan

    Kebon Jeruk, Jakarta, kemarin.

    Kesedihan Angel bertambah

    sebab mereka yang sempat terlibat

    kerjasama dengan Angel juga turut

    beranggapan miring tentangnya. Ia

    juga mengaku sedih karena ke-

    jadian ini membuat kredibilitasnya

    sebagai penyanyi ikut merosot.

    "Saya sangat sedih, bahkan

    orang-orang yang pernah kerja

    sama dengan saya berprasangka

    buruk. Saya sebagai penyanyi se-

    cara alamiah saja. Saya mau be-

    kerja keras dengan tenaga dan ke-

    ringat saya sendiri," papar Angel

    sembari terisak.

    Kontroversi kemenangan Angel

    Pieters bermula setelah dirinya

    dinyatakan sebagai pemenang

    kategori Soundtrack Terfavorit

    IMA 2015. Pasalnya, sejak awal

    nama dara berusia 17 tahun itu tak

    tercantum dalam nominasi. Mere-

    ka yang menjadi nominator adalah

    Mahadewa (Immortal Love Song),

    Anggun (Fly My Eagle), Glenn Fre-

    dly (Tinggikan), Pongki Barata

    (Seluas Itu), dan Saint Loco (Di

    Balik Istana).

    Pada hari pemilihan, panitia

    IMA 2015 menambahkan nama

    Angel Pieters sebagai salah satu

    nominator Soundtrack Terfavorit.

    Kemudian, kontestan Idola Cilik

    tahun 2008 itu muncul sebagai

    pemenang. Lagu yang dinyanyikan

    Angel, Indonesia Negeri Kita Ber-

    sama, yang merupakan soundtrack

    film Di Balik 98, diciptakan oleh

    Liliana Tanoesoedibjo.

    Sejumlah artis pun mulai ber-

    komentar di media sosial.

    "Bangga #FlyMyEagle masuk

    nominasi #IMA2015 @Official-

    RCTI Bravo utk para artis no-

    minator lain, juga utk pemenang

    walau tdk masuk nominasi," ujar

    Anggun C Sassi disertai emoticon

    tanda mengedipkan sebelah mata-

    nya di akun Twitter resminya.

    Pelantun Tua Tua Keladi ini

    mengaku kaget, malu dan sedih

    saat melihat Ahmad Dhani menge-

    nakan kostum mirip seragam sa-

    lah seorang petinggi Nazi, Heinrich

    Himmler. Pernyataan Anggun

    tersebut seolah menyindir keme-

    nangan Angel Pieters.

    Senada dengan itu musisi

    Glenn Fredly menilai kemenangan

    Angel Pieters sangat aneh.

    Glenn sendiri menjadi nomi-

    nator untuk kategori Soundtrack

    Terfavorit dengan membawakan

    lagu Tinggikan untuk soundtrack

    film Cahaya dari Timur: Beta Ma-

    luku. Glenn bersaing bersama Pong-

    ky Barata, Saint Locco dan Anggun.

    Menurut salah seoran juri di IMA

    2015, Aditya Gumay, juri tak memi-

    lih untuk kategori soundtrack film

    Namun ternyata yang menang

    adalah bukan mereka, tetapi Angel

    Pieters yang namanya tak ada

    dalam nominasi tersebut. Gleen

    mengatakan tahu kejanggalan

    tersebut karena kicauan seseorang

    kepada Pongky dan Saint Locco.

    "Aku tahunya orang mention ke

    Pongki Jikustik sama Saint Loco.

    Aku juga baru tahu tadi malam,"

    kata Glenn kepada Liputan6.com

    melalui sambungan telepon, Rabu

    (20/5/2015).

    Sebenarnya Glenn sudah me-

    ngetahui bahwa nama Angel Pie-

    ters ada dalam daftar nominasi.

    Tetapi, menurut pelantun Kasih

    Putih ini tetap saja menilai ke-

    menangan Angel Pieters aneh.

    "Ada voting SMS, akuntabi-

    litas ada, walaupun Rp 2.200.

    Bukan masalah siapa yang me-

    nang, tapi mekanisme yang harus

    dijelaskan. Kenapa ada soundtrack

    tambahan menjelang hari H.

    Account RCTI (daftar nominasi

    IMA 2015) sudah nggak ada, su-

    dah ditutup, private, aneh," papar

    Glenn. (dtc)

    Oktavian sebagai kasir dan DeniRisnandi selaku papi.

    Sedangkan dua orang lainnyaadalah warga negara Singapura,Poh Soon Seng dan Fo Chier Soonyang memboking anak di bawahumur itu. Sementara PSK di ba-wah umur yakni BLH (17), Rs (14),RW (16) dan EW (16) dijadikansebagai saksi sekaligus korbanpenjualan orang.

    "Kita mengamankan empatwanita di bawah umur untuk di-jadikan sebagai saksi. Ini jelasmelanggar Undang-Undang Per-lindungan Anak," kata KapolrestaBarelang Kombes Pol Asep Sya-frudin, saat ekspose perkara, Ka-mis (21/5).

    Selain penetapan lima ter-sangka, polisi juga mengamankanbarang bukti berupa uang tunaiRp3 juta, hasil booking terhadapBl, Lw, Rs, dan buku rekapan cata-tan harian dan sejumlah kondom.

    Kata Asep, pengungkapan kasusini berawal dari penyelidikan terha-dap maraknya akun media sosialfacebook dan twitter yang mem-posting tawaran praktek prostitusi.

    " Tim intel kita melakukanpenyelidikan terhadap postingandi salah satu media sosial. Kemu-

    dian anggota kita turut menyamarsebagai pemboking. Setelah in-formasi itu dipastikan, lalu dila-kukan pengerebekan ke panti pijatFlamboyan Massage tersebut,"terang Asep.

    Setelah mereka diamankan,ungkap Asep, tiga tersangka uta-ma lainnya atas nama Neni, Devidan Denny juga berhasil dibekukdi lokasi prostitusi yang berkedoktempat message itu.

    "Jaringan prostitusi onlineyang ditampung di FlamboyanMassage, ternyata sudah berlang-sung selama setahun. Para PSKyang direkrut tersebut bisa lang-sung dipakai di lokasi, atau bisadibawa keluar sesuai dengan tarifyang sudah disepakati," paparnya.

    Untuk tarif bokingan bagi PSKdi bawah umur lebih mahal. Ka-rena alasannya lebih muda, preshdan berparas ayu.

    "Untuk ketiga PSK di bawahumur, short time Rp500 ribu per-jam, kalau untuk bokingan Rp1juta. Sedangkan untuk dewasaRp400 ribu per jam, dan kalauuntuk bokingan Rp650 ribu. De-ngan catatan, semua mereka yangbekerja Flamboyan Massage itudikontrak selama enam bulan,"

    imbuh Asep ini.Kasus prostitusi dengan meng-

    gunakan layanan media sosial ini,jelas Kapolresta, akan teruskan,dikembangkan dan ditangani se-cara serius, agar bisa mengungkapsemua modus prostitusi online diKota Batam.

    Para tersangka, Neni, Devi,Denny serta Poh Soon Seng dan FoCher Soon dijerat dengan pasal 2juncto pasal 6 juncto pasal 10juncto pasal 12 UU No 21 tahun2007, tentang pemberantas tin-dakan pidana perdagangan orangdan pasal 81 UU RI No 35 tahun2014 yaitu tentang perubahan atasUU RI No 23 tahun 2002, tentangperlindungan anak.Aancam huku-man minimal 5 tahun penjara danmaksimal 15 tahun penjara.

    Kasat Reskrim Polresta Bare-lang Kompol Yoga Buanadipta se-belumnya mengatakan pihaknyamengungkap jaringan prostitusiyang beroperasi memanfaatkanmedia sosial di Batam melaluifacebook dan twitter. Jaringanprostitusi ini berkedok sebuahtempat massage.

    "Ada delapan delapan PSK kitaamankan dengan modus prostitusionline," kata Yoga. (vnr)

    mayat. Mahasiswa tersebut diseretkarena diduga provokator dalammenghalangi polisi memadamkanapi di keranda mayat yang dibakarmahasiswa. Bahkan beberapamahasiswa sempat mendorong po-lisi untuk tidak memadamkan api.

    Namun demikian polisi ber-hasil memadamkan api. Namunmahasiswa terus berusaha me-rangsek untuk menghalangi polisi.Polisi pun berusaha menyelamat-kan anggotanya yang didorong.Dari kerumunan kericuhan terse-but polisi terlihat menyeret satumahasiswa yang memakai bajuberwarna oranye.

    Mahasiswa tersebut diseretmelewati kawat besi yang sudahhancur. "Teman-teman, ada satuteman kita yang diseret. Tolongkembalikan," kata salah satu de-monstran.

    Namun selang 15 menit ke-mudian, mahasiswa yang melaku-kan pembakaran dan diseret polisiakhirnya dikembalikan sekitarpukul 15.00 WIB. Aksi dilakukandengan damai kembali. Tapi sa-yangnya, menjelang pukul 18.00WIB, suasana sempat kembaliricuh ketika massa pendemo dariMahasiswa IMM, PMII, GPII danPII kembali membakar ban. Duamahasiswa pun diamankan. Na-mun orasi tetap berjalan.

    Dalam orasinya, mahasiswamengatakan Rezim Joko Widodo-Jusuf Kalla telah gagal. "Karenamenjual Indonesia ke asing. Se-hingga harus mundur!" ujar salahseorang mahasiswa. Selain itu,mereka juga menuntut diturun-kannya harga BBM bersubsidi.

    Aliansi Badan Eksekutif Ma-hasiswa Seluruh Indonesia (BEMSI) ini menyatakan akan mela-kukan aksi menginap di depanIstana Negara Jakarta apabilamahasiswa tidak diberi kesem-patan bertemu Presiden Jokowi.

    Luhut DicelaKepala Staf Kantor Kepreside-

    nan Luhut Panjaitan dan Sekre-taris Kabinet Andi Widjajanto di-utus Presiden Joko Widodo untukmenemui ratusan mahasiswa yangberunjuk rasa di depan IstanaMerdeka tersebut.

    Namun, bukan sambutan yang di-

    terima. Kedua orang Istana itu justrumendapat celaan dari mahasiswa.

    Padahal, Luhut bermaksudbaik yakni menyampaikan pesanpresiden kepada para pengunjukrasa tersebut.

    "Presiden akan bertemu de-ngan adik mahasiswa hari Senin.Kami atur lagi pertemuan rutinantara perwakilan mahasiswadengan pemerintah yang diwakilibeberapa staf presiden untuk ko-munikasikan program yanng ka-lian tuntut tidak pro terhadaprakyat," kata Luhut dari atas mo-bil yang dilengkapi pengeras suaramilik para pengunjuk rasa. Iaditemani Andi berdiri di mobiltersebut.Teriakan Luhut ini di-sambut baik oleh mahasiswa BEMse-Indonesia. Tapi tidak oleh ma-hasiswa lainnya.

    Ikatan Mahasiswa Muhamma-diyah (IMM) dan Gerakan PemudaIslam Indonesia justru mencelaaksi Luhut dan Andi tersebut.

    "Itu palsu, pencitraaan, janganpercaya omongannya," teriak ma-hasiswa IMM Alhasil, yang terjadiadalah perang argumen antaraBEM dan mahasiswa IMM. BEMmendukung aksi Luhut. Sedang-kan IMM memilih tidak percayapada pernyataan Luhut. Namun de-mikian Luhut tetap saja berorasi.

    "Hidup mahasiswa. Tadi kamisudah diskusi dengan teman-te-manmu. Saya ingin menyatakanbahwa presiden tadi sudah diko-munikasikan dengan Setneg akanbertemu dengan mahasiswa Senin25 Mei jam 8 pagi," seru Luhut dihadapan ratusan mahasiswa pe-ngunjuk rasa.

    Dalam kesempatan itu, Luhutjuga meminta para mahasiswaagar menyampaikan pendapatmelalui unjukrasa dengan carayang santun. "Kalian punya masadepan. Negara ini ada di tangankalian. Semua dilakukan denganbagus dengan kesatunan demikepentingan rakyat. Hidup ma-hasiswa," sambung Luhut.

    Di sisi lain, Koordinator PusatBEM seluruh Indonesia AhmadKhairudin Syam mengungkapkan,para mahasiswa akan membuatkesepakatan dengan Jokowi. Halitu dilakukan agar pemerintah

    memenuhi tuntutan para mahasis-wa. Terutama, tuntutan untukmemperbaiki ekonomi tanah air.

    "Senin akan ada pertemuanterbuka. Kita akan live di TV bah-wa tuntutan kita akan disepakatioleh Bapak Jokowi atau tidak.Rakyat akan tahu perjuangan kita.Seluruh rakyat Indonesia melihatkita semua," seru Ahmad.

    Demo di DaerahTidak hanya di Jakarta, aksi

    protes terhadap Presiden JokoWidodo juga melebar ke daerah.Suara lantang Pergerakan Ma-hasiswa Islam Indonesia (PMII)Kota Cilegon, Jawa Barat padaKamis (21/5) atas kebijakan Jo-kowi yang dianggap berpihak ke-pada Asing jadi sorotan.

    "Kami dan teman teman ma-hasiswa mengkaji, Indonesia saatini ada yang tidak baik dari kebi-jakan Jokowi - JK dan kroni-kroni-nya yang tidak pro kepada rakyatdan cenderung berpihak padaasing," ungkap Andra Imam Putra,Koordinator aksi PMII.

    Andra mencontohkan kebija-kan Jokowi yang pro Asing itu ter-lihat di masalah kenaikan hargaBahan Bakar Minyak (BBM). Katadia, ketidakstabilan harga BBMjustru dinikmati dan menjadi mai-nan Pemerintah Pusat.

    "BBM ini kan menyangkut ha-jat hidup orang banyak. Tapi se-pertinya dijadikan mainan olehPemerintah. Kenaikan dan pe-nurunan harga BBM seolah tanpaanalisis dan cenderung mengikutimekanisme pasar. Apa gunanyapemerintah, untuk apa kita pilihkalau BBM itu harus mengikutiharga pasar," katanya.

    Selain menggelar orasi, PMIIyang melakukan demonstrasi sem-pat melakukan long march darikawasan simpang tiga menujusimpang ADB, sebelum akhirnyamelakukan aksi di depan kantorWali Kota dan DPRD Cilegon.

    "Kami juga menyoroti budayaseremonial yang sudah mengakarselama ini. Seperti yang seharus-nya kesehatan langsung, namunanggaran yang sudah dialokasikanitu malah untuk bikin spanduk,tapi tidak ada bukti nyatanya,"tandasnya. (dtc/mtv/net)

    untuk bertolak ke Malang.Terkait dengan sembilan Pan-

    sel semuanya perempuan, mantanpenasihat (KPK) Abdullah Heha-mahua mengatakan, keputusanPresiden adalah awal kehancuran.

    "Inna lillahi wa inna ilaihi ra-jiun. Kiamat sudah makin dekat,"kata Abdullah saat dikonfirmasimelalui pesan singkat, Kamis (21/5).

    Dia menambahkan, berdasar-kan agama yang diyakininya, tidaktersedianya pemimpin laki-lakidalam Pansel Calon Pimpinan (Ca-pim) KPK merupakan hal yang ha-nya menunggu sebuah kehancuran.

    "Maaf, saya seorang muslimdan selalu berusaha menjadi mus-lim. Saya yakin akan pernyataanNabi Muhammad yang pernah me-ngatakan 'barangsiapa yang me-nyerahkan urusan pemerintahankepada perempuan, maka tung-gulah kehancuran'," ungkapnya.

    Abdullah memaparkan, pro-porsi perempuan dalam Panselyang baru dibentuk Presiden Joko-wi dari berbagai keilmuan diang-gap tidak tepat. Sebab, merekadianggap hanya paham secarateori bukan praktik.

    "Bukan kurang proporsional,tapi tidak betul.

    "Kekhawatiran saya, pimpinanKPK yang terpilih adalah merekayang pakar tentang korupsi secarateori, bukan praktisi. Akibatnya,akan terjadi desintegrasi di antarakomisioner dengan pegawai KPK,"pungkas Abdullah.

    Pendapat berbeda disampaikananggota Komisi III DPR Arsul Sani. Iamengatakan, tidak pada tempatnyajika komposisi anggota Pansel Ca-

    pim KPK yang mayoritas diisi pe-rempuan dikritisi dari sisi gender.

    "Saya kira tidak relevan mem-persoalkan gendernya, yang harusdipersoalkan kualifikasi dan kom-petensinya. Dari sisi ini tidak adamasalah, sembilan orang-orang itutidak kita ragukan," kata Arsul.

    Lebih lanjut Arsul menilai,komposisi latar belakang PanselKPK telah memenuhi kriteria.Pasalnya ke depan, pemberan-tasan tindak pidana korupsi tidakhanya membutuhkan tenaga ahlidi bidang hukum saja.

    "Pansel ini tidak fokus padaperan anggota yang banyak me-ngerti hukum tapi multidisiplinilmu. Kan da tiga orang latar bela-kang hukum, dan dari sosiolog adajuga. Ini terkait dengan tiga halyang akan dilakukan KPK nanti,yaitu penindakan, penegakan, dankelembagaan," ucap Arsul.

    Ia percaya, Jokowi memilih sem-bilan perempuan anggota PanselCapim KPK karena dinilai lebihmampu mengantisipasi adanya ok-num yang menitipkan calon pemim-pin lembaga antikorupsi tersebut.

    "Melihatnya Pak jokowi bukansisi gender, tapi terhadap resis-tensi titipan itu tinggi. Nah output-nya nanti yang diserahkan ke Pre-siden, itu dipilih berdasarkanprofesional," pungkasnya.

    Di tempat terpisah Wakil Ke-tua KPK, Indriyanto Seno Adji me-ngaku, institusinya mengapresiasiapa yang telah menjadi keputusanpresiden tersebut.

    "Mengingat penunjukan Panselmenjadi otoritas penuh dari peme-rintah, maka saya menghormati

    nama-nama wanita yang dipilihdan diputuskan oleh pemerintah,"ujar Indriyanto.

    Ia berharap agar Pansel CapimKPK bekerja secara integritas danindependen.

    "Diharapkan Pansel akan be-kerja secara terintegritas, inde-penden dari segala kepentinganapapun dan dengan tingkat akun-tabilitas yang besar kepada pu-blik," ucap Indriyanto.

    Dihubungi secara terpisah, PltWakil Ketua KPK Johan Budimengatakan, pilihan Jokowi ter-hadap sembilan perempuan untukPansel Capim KPK sudah sesuaiharapannya.

    "Saya melihat Pansel Pimpi-nan KPK saat ini kredibel, punyaintegritas serta multi pakar disi-plin ilmu. Selain itu yang saya lihatPansel Pimpinan yang terpilih initidak terafiliasi atau tidak punyahubungan dengan parpol tertentu,"tutur Johan.

    Dia memaparkan, Pansel Ca-pim KPK terpilih dari berbagai latarkeilmuan tersebut juga turut di-apresiasi. Menurut Johan, ke depan-nya KPK memang sudah seharus-nya diisi bukan hanya dari pemim-pin yang paham hukum, melainkanjuga ilmu manajemen dan teknologi.Mengingat kepentingan politik yangdisinyalir akan semakin kuat ma-suk ke internal KPK.

    "Karena itu dibutuhkan Panselyang kredibel, steril dari kepentinganpolitik tertentu dan campur tanganatau pihak mana pun. Juga kapabelartinya paham benar tentang kebu-tuhan sosok pimpinan untuk lem-baga KPK," harapnya. (dtc/kom)

    9 Perempuan Dari Halaman 1

    Aparat gabungan TNI dari Ko-

    dim Pidie, Brimob dan Polres Pidie

    sekira 50 petugas bergerak ke

    lokasi, melakukan penyergapan

    namun berpapasan dengan ke-

    lompok bersenjata tersebut yang

    diperkirakan ada 15 orang.

    "Sehingga terjadi kontak tem-

    bak yang mengakibatkan dua orang

    dari kelompok DM meninggal dunia

    atas nama Ibrahim Yusuf dan Sub-

    ky," kata Husein, Kamis (21/5).

    Jasad kedua pria yang menge-

    nakan pakaian loreng ditemukan

    di lokasi, Rabu (20/5) dini hari, se-

    saat setelah baku tembak berhenti.

    Dari keduanya disita sepucuk AK-

    47 popor lipat, satu megazin AK-47

    dan M-16, 106 butir amunisi AK-

    47, dua buah tas hitam.

    Kemudian aparat gabungan

    dengan jumlah bertambah 100

    personel melakukan penyisiran

    untuk mencari pelaku lainnya di lo-

    kasi kontak tembak. Sekira pukul

    06.00 WIB, Kamis (21/5) pagi,

    mereka kembali menemukan jena-

    zah Yusliadi alias Mae Pong de-

    ngan luka tembak di paha kanan

    atas, kaki kanan patah.

    Dari jasad Yuliadi, kata Kapol-

    da, disita barang bukti berupa tiga

    ransel berisikan 17 butir aminisi

    GLM, 133 peluru AK-47, tiga amu-

    nisi pistol, tiga lembar bendera

    bulan bintang, pakaian loreng,

    obat-obatan, satu baret hijau, tiga

    pasang sepatu booth, dua buah

    megazine AK-47.

    Barang bukti tersebut kini dia-

    mankan di Mapolres Pidie, semen-

    tara jasad ketiga pria itu di RSUD

    Teungku Chik di Tiro, Kota Sigli.

    Kapolda memperkirakan ada

    empat pelaku tertembak dalam

    penyergapan tersebut, namun se-

    orang lainnya diduga berhasil me-

    larikan diri.

    Perburuan terhadap kelompok

    bersenjata Din Minimi berawal

    dari tewasnya dua anggota TNI

    anggota unit intelijen Komando

    Distrik Militer 0103 Aceh Utara.

    Kedua intel Aceh yang ditemukan

    tewas tersebut bernama Sertu

    Indra dan Serda Hendri. Jenazah

    mereka ditemukan Senin (23/3/

    2015) silam, sekitar pukul 09.00

    WIB di kawasan jauh dari wilayah

    padat penduduk di Desa Batee

    Pila, Nisam Antara, Aceh Utara.

    Kedua intel tersebut diculik

    saat sedang melakukan tugas rutin

    di wilayah operasi mereka. Kedua

    intel ini sedang melakukan pe-

    ngintaian terhadap Din Minimi.

    Berdasarkan sumber, Sertu

    Indra dan Serda Hendri baru pu-

    lang silaturahmi dari rumah Ke-

    pala Mukim Desa Alumbang ketika

    keduanya dihadang oleh sekitar 15

    orang, 300 meter dari kediaman

    sang Kepala Mukim Desa. Dua

    intel itu kemudian dimasukkan ke

    dalam mobil oleh kelompok ber-

    senjata yang menculiknya. Bebe-

    rapa saat kemudian, terdengar

    suara letusan senjata api seba-

    nyak tiga kali.

    Di tempat kejadian perkara

    pada saat i tu, ditemukan 12

    butir selongsong senapan AK-47

    dan 3 butir selongsong senapan

    M-16. Menurut Kepala Pene-

    rangan Kodam Iskandar Muda,

    Letnan Kolonel Inf Mahfud. Ser-

    tu Indra dan Serda Hendri ke-

    mungkinan besar dieksekusi de-

    ngan cara diberondong peluru

    dari jarak dekat. (okz/mdk)

    Baku Tembak Dari Halaman 1

    celona 6 Juni mendatang.

    Jalannya Pertandingan

    Baru empat menit laga ber-

    jalan Lazio sudah memimpin 1-0

    berkat gol Stefan Radu. Memak-

    simalkan bola free kick Danilo

    Cataldi, bek asal Rumania itu

    memenangi duel udara dengan

    Andrea Pirlo dan menanduk bola

    ke gawang Marco Storari.

    Juve menyamakan skor jadi 1-

    1 di menit ke-11 lewat situasi

    serupa. Free kick Pirlo mengarah

    ke kotak penalti yang kemudian

    disambut kepala Patrice Evra,

    bola kemudian jatuh di kaki Chiel-

    lini yang langsung menendangnya

    ke dalam gawang.

    Di babak pertama ini Lazio

    relatif tampil lebih baik dan tak

    memberikan Juve kesempatan

    mengembangkan permainan. Di

    menit ke-27 mereka dapat peluang

    tapi tembakan Cataldi menerus-

    kan umpan Felipe Anderson masih

    bisa diamankan oleh Storari.

    Giliran Marco Parolo di menit

    ke-32 yang punya kans bikin gol

    tapi sepakannya dari jarak 25 yard

    masih melenceng tipis di sisi ka-

    nan gawang Juve.

    Skor 1-1 menjadi penutup ba-

    bak pertama laga ini.

    Di babak kedua pertandingan

    masih berlangsung ketat dan seru

    di mana kedua tim saling jual-beli

    serangan. Namun, tak ada yang

    benar-benar bisa membahayakan

    gawang masing-masing tim.

    Juve sempat menjebol jala La-

    zio di menit ke-86 namun dianulir

    wasit karena Alessandro Matri

    yang menyepak bola sudah ter-

    jebak offside lebih dulu.

    Dua menit sebelumnya Lazio

    juga punya peluang usai Filipe

    Djordjevic dalam posisi bebas saat

    mendapat umpan terobosan Paro-

    lo. Tapi sentuhan pertama kurang

    bagus sehingga bola dengan cepat

    diamankan Storari.

    Tak ada lagi gol tercipta hingga

    laga harus diteruskan ke perpan-

    jangan waktu 2x15 menit.

    Empat menit babak pertama

    extra time berjalan, Lazio punya

    peluang lewat Djordjevic. Dikawal ke-

    tat pemain Juve, Djordjevic mampu

    melepaskan tembakan namun bola

    malah dua kali menghantam tiang.

    Terbuanglah peluang emas Lazio.

    Juve memimpin pertama kali-

    nya di laga ini pada menit ke-97

    berkat gol Matri. Berawal dari bola

    rebound tembakan Carlos Tevez,

    Matri dengan cepat menyepaknya

    ke jala Lazio.

    Di menit ke-105 Dusan Basta

    mendapat ruang tembak namun

    bola hasil sepakannya masih me-

    lebar dari sasaran.

    Hingga wasit meniup peluit pan-

    jang pertanda laga usai, Juve tetap

    unggul 2-1 dan berhak membawa

    pulang trofi Coppa Italia. (dtc)

    Juve Juara Dari Halaman 1

    dana tersebut.

    "Kita sudah mengetahui ke

    mana saja sisa aliran dana Rp2,2

    miliar lagi itu," ucap Yulianto.

    Dia mengatakan penyidikan

    kasus ini masih terus berjalan oleh

    Tim II Satuan Tugas Khusus (Sat-

    gasus) Kejati Kepri. Jika nantinya

    ditemukan dua alat bukti yang

    cukup atas keterlibatan pejabat

    lainnya maka pihaknya segera

    menetapkan sebagai tersangka

    dan dilakukan penahanan.

    "Hal yang paling prinsip bagi

    kami tim penyidik Kejati, bagaimana

    bisa mendapatkan kembali sejumlah

    kerugian negara tersebut, baik

    melalui pengembalian dari para

    tersangka, maupun penyitaan se-

    jumlah harta yang bisa meutupi ke-

    rugian negara yang ditimbulkan saat

    itu," ucap Yulianto didampingi Tim II

    Satgasus Pemberantasan Tindak

    Pidana Korupsi di Kejati Kepri.

    Dengan ditetapkannya para

    tersangka ini, maka pihaK Kejati

    akan melakukan penahanan se-

    lama 20 hari kedepan, untuk mem-

    permudah proses penyidikan.

    Dalam kasus ini tersangka dije-

    rat Pasal 2 juncto pasal 3 juncto

    pasal 8 UU nomor 31 tahun 1999

    sebagai mana diubah dengan UU

    nomor 20 tahun 2001 tentang Pem-

    berantasan Tindak Pidana Korup-

    si, serta juncto pasal 55 KUHP,

    sebagai orang yang dinilai ikut

    serta memperkaya diri sendiri

    atau orang lain.

    Sementara kedua tersangka

    ketika dikonfirmasi sejumlah war-

    tawan, enggan memberikan kete-

    rangan. Keduanya tidak membe-

    rikan sepatah kata pun dan terus

    jalan bergegas menuju mobil ope-

    rasional Kejati Kepri untuk diba-

    wa ke Rutan Tanjungpinang.

    Sebelumnya, tim Satgasus Ke-

    jati juga telah menahan mantan

    staf Bagian Keuangan pada Se-

    kretariat Pemkab Anambas, Sur-

    ya Dharma Putra dan mantan Ke-

    pala Cabang BNI Tarempa di

    Anambas, Anda Ricky. Kedua ter-

    sangka tersebut saat ini masih

    mendekam di Rumah Tahanan

    (Rutan) kelas 1 Tanjungpinang.

    Penahanan para tersangka ter-

    sebut setelah tim Satgasus Kejati

    Kepri menemukan dua alat bukti

    yang cukup untuk ditingkatkan

    dari tahap penyelidikan ke pe-

    nyidikan. Adapun peranan dan

    modus tersangka Anda Ricky da-

    lam korupsi dana PPID Anambas

    ini, sebagai Kepala Cabang Pem-

    bantu BNI di Tarempa kala itu,

    dengan sengaja, membantu ter-

    sangka Surya Darma Putra (SDP)

    memasukkan dan menarik sisa

    dana PPID Rp4,8 miliar tidak se-

    suai dengan prosedur. ***

    Lagi, Dua Dari Halaman 1

  • Editor: Nana Marlina , Layout: Mario

    Ekonimi 2Jumat, 22 Mei 2015

    Seluruh Asumsi Makro APBN-P MelesetJAKARTA (HK) Pemerintah merilis kinerjapelaksanaan Anggaran Pendapatan danBelanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015.Realisasinya hingga 20 Mei 2015, tidak satupun asumsi makro dalam draf anggarantersebut sesuai dengan apa yang ditetapkan.

    Dikutip dari data Kemen-terian Keuangan, mencatatpertumbuhan ekonomi yangdiasumsikan tahun ini sebe-sar 5,7 persen, pada triwulanpertama hanya mencapai 4,7persen. Inflasi yang ditetap-kan sebesar lima persen, real-isasinya tembus 6,8 persen.

    Sementara itu, tingkatsuku bunga surat perbenda-haraan pemerintah (SPN)tiga bulan yang dipatok 6,2persen, hanya ditetapkan 5,6persen. Nilai tukar rupiahyang dipatok optimistis pe-merintah rata-rata Rp12.500per dolar Amerika Serikat,hingga bulan ini rata-ratatahunannya sudah mencapaiRp12.866 per dolar AS.

    Di bidang energi, karenaharga minyak dunia mengal-ami penurunan, harga miny-ak Indonesia (IndonesiaCrude Price/ICP) tercatatrata-rata sebesar US$53 perbarel, lebih rendah diband-ing asumsi sebesar US$60

    per barel.Penurunan harga minyak

    tersebut tidak akan berpen-garuh signifikan, karena di-ikuti dengan pelemahan rupi-ah terhadap dolar AS.

    Kemudian, dari sisi pro-duksi, baik minyak atau pu-n gas hasil pengeboran didalam negeri, tidak ada ya-ng sesuai target. Untuk mi-nyak realisasi produksi rata-rata perharinya hanyasebesar 742 ribu barel perhari di bawah asumsi yangditetapkan sebesar 825 ba-rel per hari.

    Rata-rata lifting gas Indo-nesia hingga periode yang sa-ma juga tidak mencapai tar-get. Produksi yang ditargetkantahun ini sebesar 1.221 ribubarel setara minyak per hari,hanya terealisasi sebesar1.164 ribu barel setara miny-ak per hari.

    Dari sisi anggaran, Ment-eri Keuangan Bambang Brod-jonegoro, Kamis 21 Mei 2015

    mengatakan, pendapatan ne-gara hingga bulan kelima ta-hun ini baru sebesar Rp502,7triliun, atau 28,5 persen daritarget yang ditetapkan.

    Di antaranya, berasal darirealisasi penerimaan perpa-jakan sebesar Rp392,9 triliun,atau 26,4 persen dari targetyang ditetapkan sebesar per-pajakan dalam APBN-P 2015sebesar Rp1.489,3 triliun.

    Sementara itu, realisasibelanja negara tercatat sebe-sar Rp548triliun, yaitu baru27,2 persen dari pagu belan-ja negara dalam APBN-Psebesar Rp1,984,1 triliun.Bambang mengatakan, real-isasi belanja negara-negaratersebut terdiri dari realisa-si belanja pemerintah pusatdan transfer ke daerah dandana desa.

    "Realisasi belanja pe-merintah pusat mencapaiRp302,8 triliun, 22,9 persendari pagu belanja pemerin-tah pusat di APBN-P 2015sebesar Rp1.319,5 triliun,"tambahnya.

    Hingga saat ini, anggaranpemerintah sudah defisitsebesar Rp50 triliun. Lebihlanjut, menurutnya, pemerin-tah tetap menjaga posisi de-fisit anggaran sampai denganbatas 2,2 persen terhadapProduk Domestik Bruto sam-pai akhir tahun. (viv)

    Sektor Pariwisata RI Kalah dari MalaysiaJAKARTA (HK) Perhim-punan Bank-bank Nasional(Perbanas) menilai pariwisa-ta Indonesia, kalah tertinggaldengan negara-negara teta-ngga, termasuk Malaysia.Negeri Jiran itu pun berhasilmenyedot wisatawan lebihbanyak dari Indonesia.

    Malaysia mampu me-nyedot wisatawan menca-pai 24 juta orang, sedang-kan Indonesia hanya dela-pan juta wisatawan.

    Diutarakan Ketua UmumPerbanas, Sigit Pramono, Ka-mis (21/5) hal itu karena Pe-

    merintah Malaysia, seriusmengembangkan pariwisat-anya. Dia pun mengungkap-kan alasan Malaysia, bisa me-narik lebih banyak turis.

    "Malaysia serius bangetmengembangkan pariwisa-tanya. Jalan dan perhotelandiperbaiki," kata Sigit da-lam acara "CEO Gathering:Economic and FinancialOutlook" di XXI Lounge, Pla-za Senayan, Jakarta.

    Sigit mengatakan, poten-si wisata Indonesia jauh leb-ih besar daripada Malaysia,tetapi banyak wisatawan

    lebih ditarik ke Malaysia.Dia pun mengatakan

    Malaysia, mulai melakukangerakan-gerakan kecil untukmemperbaiki sektor pariwi-satanya, seperti kebersihantoilet di wilayah-wilayahperkampungan, mal, danbandara. Bahkan, di Malay-sia ada gerakan TandasBersih, atau Toilet Bersih.

    "Kalau di kita, toilet dibandara kadang bersih dankadang kotor. Nah, mereka(Malaysia) yang kecil-kecildiurus," kata dia.

    Tak hanya dari sektor pa-

    riwisata, Sigit meminta, agarIndonesia juga mengembang-kan sektor ekonomi kreatifn-ya. Indonesia bisa mencontohKorea Selatan. Negara ituberhasil menyebarkan de-mam Korea Pop (K-Pop) di se-luruh dunia.

    "Korea serius mengem-bangkan ekonomi kreatifn-ya. Selain jualan Samsung,LG, mereka juga jualan K-Pop. Padahal, Korea Sela-tan meniru Jepang. Apayang dilakukan Jepang, diatiru. Lalu, dia sukses," ka-ta dia. (viv)

    Keyakinan Konsumen MembaikBATAM (HK) Penundaankenaikan harga BBM padaMei 2015 dan rencana pe-rubahan waktu kenaikanBBM, menyebabkan IndeksKeyakinan Konsumen (IKK)pada mengalami sedikit per-baikan. Tercatat pada Mei2015, IKK sebesar 99,3 poinatau meningkat 1,3 poin di-bandingkan April 2015.

    "Kenaikan IKK juga di-kuatkan oleh kenaikan Inde-ks Kondisi Ekonomi Saat Ini(IKE) sebesar 0,1 poin menja-di 89,1 dan kenaikan IndeksEkspektasi Konsumen (IEK)

    sebesar 2,5 poin menjadi109,5 pada Mei 2015." ucapDeputi Kepala Kantor Per-wakilan Bank Indonesia Pro-vinsi Kepulauan Riau Rino IsTriyanto, melalui rilisnya,kemarin.

    Kenaikan tipis IKE dis-ebabkan oleh kenaikan dariindeks konsumsi barang-ba-rang kebutuhan tahan lamasebesar 9,8 poin menjadi101,05 poin hal ini terlihatdari tingkat konsumsi ma-syarakat pada Mei 2015 jugamengalami peningkatan di-bandingkan posisi tiga bulan

    yang lalu. Namun kenaikanIKE yang tipis juga tertahanoleh penurunan indeks peng-hasilan konsumen yang padaMei 2015 turun 8 poin menja-di 106 poin.

    Sementara ekspektasikonsumen untuk kondisi eko-nomi di enam bulan menda-tang menunjukkan perasaanoptimisme. Hal ini terlihatdari IEK yang sebesar 109,5poin atau meningkat 2,5 di-bandingkan Maret 2015. Me-ningkatnya optimisme kon-sumen disebabkan akan per-sepsi masyarakat akan ma-

    kin meningkatnya ketersedi-aan lapangan kerja di enambulan mendatang yang di-perkirakan adanya peningka-tan realisasi proyek swasta/pemerintah serta pengaruh

    musiman yaitu perayaan na-tal dan tahun baru yang men-dorong kegiatan konsumsimasyarakat. Namun ekspek-tasi konsumen untuk jangkapendek (tiga bulan) diper-

    kirakan akan sedikit tertah-an terutama dengan menu-runnya pengeluaran konsu-men pada tiga bulan menda-tang dibandingkan dengansaat ini. Hal ini disebabkan

    oleh meningkatnya harga pa-da tiga bulan mendatang ya-ng disumbangkan paling be-sar oleh komoditas makananjadi, minuman, rokok, dantembakau. (r/pti)

    INT

    RAJA AMPAT Keindahan objek wisata Raja Ampat di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat menjadi salah satu lokasi terbaik penyelam untuk menikmatiwisata bawah laut. Sayangnya, industri pariwisata Indonesia masih tertinggal dibandingkan negara tetangga.

  • CMYK

    CMYKEditor: Rahmat ghafur, Layout:Parlin

    3Jumat,

    22 Mei 2015

    Asnah Makin Eksis

    RIBUAN orang yang mengelu-

    elukan Hj Asnah dalam Pesta

    Rakyat di Tiban Lama, seminggu

    lalu bukti sahih jika Calon Wa-

    likota Batam, Hj Asnah makin

    eksis di mata masyarakat. Bah-

    kan masyarakat Tiban menyam-

    but baik kandidat Walikota Ba-

    tam satu-satunya berasal dari

    kalangan perempuan tersebut.

    "Saya berharap, Hj Asnah terpi-

    lih sebagai Walikota Batam men-

    datang," ujar Ayu, salah seorang

    warga Tiban di acara tersebut.

    Harapan Ayu itu tidak berlebihan,

    karena dirinya berharap, dengan

    perempuan memimpin Batam,

    maka persoalan perjualan manu-

    sia, peningkatan kualitas SDM

    Batam bisa jadi titik fokus dalam

    pembangunan Batam ke depan.

    Menurutnya, persoalan kual-

    itas pendidikan keluarga se-

    bagai salah satu faktor pening-

    katan SDM saat ini agak tera-

    baikan. Karena pemimpin Ba-

    tam terkesan mengejar pem-

    bangunan fisik, pariwisata yang

    wah, akhirnya mengabaikan

    pendidikan karakter.

    Sementara i tu , Hj Asnah

    sendiri mengaku siap lahir ba-

    tin maju dalam Pemilihan Wa-

    likota Batam, 9 Desember men-

    datang. Ia optimis mendapat

    restu dari Ketua Dewan Pembi-

    na Partai Gerindra, Prabowo

    Subianto sebagai Calon Waliko-

    ta Batam. "Insya Allah. Doa kan

    saja, Amin," harap Asnah.

    Pesta rakyat itu sendiri ber-

    langsung meriah. Disamping di-

    hibur oleh artis ibukota, massa

    yang menyemut juga bisa memba-

    wa beberapa motor sebagia hadia

    lucky draw.

    Acara pesta makin meriah

    tatkala, Bupati Karimun, Nurdin

    Basirun berkesempatan hadir. Ia

    pun disambut meriah oleh mas-

    sa. "Hidup Nurdin, Hidup Hj As-

    nah. Nurdin Wakil Gubernur, Hj.

    Asnah Walikota," teriak massa

    bersemangat.

    FOTO/NARASI : ISTIMEWA

    BUPATI Karimun, Nurdin Basiru didampingi Saparuddin Muda dan Hj Asnah di sela-sela pesta rakyat di Tiban beberapa waktu lalu.

    HJ ASNAH di tengah ribuan massa.

    HJ ASNAH bersama para pendukungnya dari ibu-ibu Tiban.

    HJ ASNAH bersama pemenang undian motor.HJ ASNAH bersama relawannya dari Tiban. KECERIAAN bersama ibu-ibu.

    MASSA menyemut dalam pesta rakyat bersama Hj Asnah.

    RIBUAN massa antusias.

    Hj Asnah

  • Pendidikan 4Jumat, 22 Mei 2015

    Bagi para siswa atau guru yang memiliki prestasi gemilang di sekolah atau ada acara di sekolah mau diterbitkan di Harian Umum Haluan Kepri, silahkan hubungiwartawan Haluan Kepri, Arment, melalui 081277177598.

    Editor:Arment Aditya, Layout: Agung Raharjo

    DIBUTUHKAN SEGERA :

    25 STAF AIRLINES BANDARA

    LOWONGAN KERJA

    SYARAT :

    - PRIA / WANITA

    - USIA MAX 27 TAHUN

    - PENDIDIKAN SMU/D3/S1

    DI TADIKAPURI AIRLINES BUSSINESS CARRIER,JL. TIBAN I BLOK C NO. 148 BATAM,

    HUBUNGI : (0778) 322310, 0821 3891 3430

    LANGSUNG INTERVIEW

    Management Training Systems

    Adalah SOLUSInya....!!!

    ANDA BUTUH SekolahBERKUALIATASMURAHTRANSPORTASI TEREJANGKAU

    SMK

    Komp Grand California Blok B1 No 1-4 dan B2 No 9-11 Batam Center Telp 474 300/ 474 400 Hubungi 0822 8511 0832 (Rini) /0852 7225 7627 (Enny)/ 0853 7434 4582 (Ronald)

    Management Training SystemsSMK

    MEMBUKA KELAS BARU

    TAHUN AJARAN 2015/2016

    JURUSANPerhotelan Akuntansi IT RPI

    Daftarkan diri anda Segera...!!!Gelombang I -Jan Rp. 500.000s/d Feb

    Gelombang II -Maret Rp. 1.500.000s/d April

    Gelombang III -Mei Rp. 2.500.000s/d Agustus

    Seragam

    Satu set Seragam putih abu-abu

    Satu set Seragam biru kotak kotak

    Satu set Seragam olahraga

    ? GratisFlashdisk

    Always On

    Bonus

    Perpisahan SMKN 4Batam Murah Meriah

    BATAM (HK) Acara perpisahan siswa kelasXII di SMKN 4 Batam, bisa dikatakan murahmeriah, Kamis (21/5). Meski diadakan dihalaman sekolah, namun tak kalah menarikdengan perpisahan dilakukan di hotel ber-bintang. Bedanya kalau diadakan di hotelruangan cukup sejuk dan mewah, namundiadakan se sekolah di ruang terbuka de-ngan ornamen panggung ala kadarnya.

    Berharap Raih Nilai UN Terbaik

    Digelar di Halaman Sekolah

    Arment AdityaLiputan Batam

    Meski demikian untukkepuasan dan kesan men-dalam akan jauh lebih ber-makna diadakan di sekolah.Selain waktunya cukup pan-jang, para siswa juga merasabebas dan lepas dalam meng-ekpresikan diri. Disampingitu, lebih menghemat biaya.

    "Lebih terkesan lah Omkalau kita adakan perpisah-an di sekolah, adik-adik kelasjuga bisa hadir dan ikut me-nyumbangkan hiburan kare-na waktunya cukup panjang.Beda kalau kita adakan dihotel habis prosesi seremoni-al, hiburan hanya tiga ataudua pentas. Udah itu salam-salaman, makan-makan pu-lang deh, kan kalau gitu gak

    ada maknanya," ujar Putrasalah seorang siswa kelas XII.

    SMKN 4 Batam tahun inimeluluskan 232 siswa darijurusan Kimia Industri, juru-san Animasi dan Rekaya Per-angkat Lunak (RPL). Darijumlah tersebut rata-ratamelanjutkan kuliah sambilbekerja. Malah tidak sedikitdari lulusan sekolah di Ke-palai Baharuddin Sitepu ini,diterima perguruan tingginegeri lewat SNMPTN mela-lui jalur undangan.

    Baharuddin yang akrab dis-apa Sitepu ini, dalam sambu-tannya berharap kepada siswa-siswi yang telah menamatkandi SMKN 4 Batam agar terusbelajar, jangan hanya berniatdan bercita-cita sampai jen-jang ini saja. Melainkanpasang tekad untuk melanjut-kan ke peguruan tinggi hinggasarjana. Ia juga berpesan kepa-da para alumni atau lulusannantinya untuk tetap menjaganama baik sekolah atau al-

    mamater SMKN 4 Batam.Begitu pula kata Sitepu,

    pihak sekolah mengucapkanterima kasih kepada seluruhpihak baik dunia usaha danindustri yang telah bekerjasa-ma selama ini memfasilitasianaknya dalam praktik kerjaindustri (prakerin), sehinggamemiliki bekal skill yang ber-manfaat setelah lulus ini.

    Sementara salah seorangWali Murid saat menghadiriperpisahan anaknya di SMKN4 Batam, mengucapkan terimakasih kepada kepala sekolah,majlis guru dan karyawanSMKN 4 Batam yang telah ber-susah payah mendidik danmembimbing anaknya selamatiga tahun. Sehingga akhirnyasampai menempuh kelulusanuntuk melanjutkan ke jenjangperguruan tinggi nantinya. Iamenilai guru di SMKN 4 Ba-tam ini, bukan hanya sebagaiguru tetapi juga sebagai orang-tua dan pengasuh. Karena itusudah barang tentu banyak hal

    Pisah Kenang Siswa Kelas IX SMPN 29 Batam

    yang sangat merepotkan paraguru akan tingkah laku yangtidak sopan, tutur bahasaanaknya yang menyakitkan

    hati, dan lain sebagainya."Kami atas nama orang tua

    murid meminta maaf yangsebesar-besarnya atas prilaku

    anak-anak kami tadi. Dan te-rima kasih telah mendidikanak kami jadi pintar dan be-rakhlak mulia," katanya. ***

    BATAM (HK) Kepala Se-

    kolah SMPN 29 Batam Dra

    Desmizar berharap, siswa-

    siswinya yang dilepas dalam

    ajang perpisahan kelas IX

    bisa lulus 100 persen dan

    meraih nilai terbaik. Meski

    kata dia nilai UN bukan lagi

    penentu kelulusan, namun

    dengan nilai terbaik siswa-

    siswinya bisa diterima di

    sekolah SMA/SMK favorit

    sesuai yang diinginkan.

    Demikian dikatakan Des-

    mizar saat memberikan sam-

    butan pada acara Pisah Ke-

    nang Siswa Kelas IX yang

    digelar di Hotel Golden View

    Bengkong, Kamis (21/5). Ta-

    hun ini SMPN 29 Batam me-

    luluskan siswanya sebanyak

    222 merupakan angkatan ke

    7. Desmizar mengingatkan

    agar anak didiknya berjanji

    tidak akan melupakan jasa

    guru yang telah mendidiknya

    dan membina mereka sela-

    ma tiga tahun.

    Proses perpisahan terse-

    but dihadiri selain orang tua

    murid, juga berbagai tamu

    undangan dan Komite Se-

    kolah. Desmizar juga mengu-

    capkan terima kasih kepada

    orang tua yang telah mem-

    percayai mendidik anaknya

    selama tiga tahun, sehingga

    telah mampu melahirkan sis-

    wa-siswi berprestasi, baik

    akademik maupun non aka-

    demik. Semoga kata dia,

    anak didiknya selepas dari

    SMPN 29 Batam terus me-

    lanjutkan pendidikan kejen-

    jang lebih tingi.

    "Bagi anak ibu yang telah

    lulus mohon bisa menjaga

    nama baik sekolah, dan tetap

    disiplin. Atas nama guru

    SMPN 29 Batam mohon ma-

    af, bila ada yang telah dima-

    rahi diberi sanksi, namun itu

    demi kebaikan kamu semua.

    Semoga anak didik menjadi

    insan berkualitas, berpendid-

    ikan dan bermoral," ucap

    Desmizar lagi. (men)

    ARMENT ADITYA/HALUAN KEPRI

    ACARA PERPISAHAN Kepala Sekolah SMKN 4 Batam, Baharuddin Sitepu mengalungkan medali kepada siswakelas XI saat acara perpisahan digelar di halaman sekolah, Kamis (21/5). SMKN 4 Batam tahun ini melepas 232 siswadari Jurusan Kimia Industri, Jurusan Animasi, dan Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

    ARMENT ADITYA/HALUAN KEPRI

    SALAH satu hiburan mengisi kegiatan acara Pisah Kenang Siswa Kelas IX di SMPN 29 Batam. Acara ini digelar di Hotel Golden View, Kamis (21/5).

  • Opini & Layanan Umum 5Jumat, 22 Mei 2015

    Pemimpin Umum

    WPU/PP/Penanggung Jawab

    Pemimpin Redaksi

    Wakil Pimpinan Perusahaan

    Redaktur Pelaksana

    : H. Basrizal Koto

    : Sofialdi

    : Rinaldi Samjaya

    : Ramli

    :Andi

    Manager Litbang

    Koordinator Liputan

    Koordinator Mingguan

    : Fery HeriYanto

    : Sofyan

    : Nando K Tamba

    Dewan RedaksiRedaktur

    . Koordinator Foto ReporterKoordinator Layout: Layout:

    Perwakilan Tanjungpinang & Bintan:

    Perwakilan Lingga: Perwakilan Karimun:Perwakilan Natuna: Perwakilan Anambas:

    Perwakilan Meranti:Haluan Media Group: Kantor Jakarta:

    Telp Fax:Alamat Redaksi: Telp:

    Fax: Website: e-mail:

    : Sofialdi (ketua), H. Desfandri, Rinaldi Samjaya, Andi, Fery Heriyanto, H. Kasri.: Jhoni Firdaus, Arment, Rahmat Ghafur, Nikolaus Ngao, Nana Marlina, Eddy Supriatna,

    Afrizal, Amir : Dermawan. : Nov Iwandra, Reni Asmayeti, DediManurung, Pariadi, Sarma. Ricoh Polda Nababan. Novrizal,

    Zuliyu Nazar. Darul Qutni (Kepala), Rudi Yandri, Aspanel,Eva Fransiska, Oki Alexander, Marzuki (Kabag Sirkulasi). M. Reza Fahlepi Siregar (Kabiro Bintan),

    Bob Silaban (Kepala), Nopriad Putra, Jefriyadi. HengkiHaipon (Kepala), Ilham, Abdul Gani. Hendra (Kepala).Mahyuddin ( Kepala).

    CEO H Basrizal Koto Direktur: H Desfandri. Graha Basko,Jln. Kebun kacang XXIX No. 2A Jakarta Pusat 10240. : (021) 3161472, 3161056, (021)3915790. Jl Yos Sudarso, No 9, Batuampar-Batam, (0778) 427000 (hunting)

    (0778) 427784. www.haluankepri.com, [email protected]

    Ali Mahmud

    Syahril,Mario Sardiman, Agung Raharjo, Parlin, Abi Hamdani. Richo R Fandi. Aswat,Grafis: Desain Iklan:

    Manager Pemasaran & Promosi Manager Sirkulasi

    & Distribusi: HRD Umum

    Sekretaris Perusahaan: Adm Iklan: Piutang:

    Kasir: Adm Sirkulasi: Staff Collector: Tarif

    Iklan:

    Percetakan :

    Repro:

    Dicetak Oleh:

    : Agus Supriyanto,

    Malanton Hutagalung, : Junita Sari,

    Elny, Risnawati , Jordy,

    Ririn, Putra, Paruhum Nst.

    Iklan Display FC Hlm 1 Rp. 50.000/mmk, Iklan Display BW hlm 1

    Rp. 35.000/mmk, Iklan Display hlm dalam FC Rp. 35.000/mmk, iklan

    Display hlm dalam BW Rp17.500/mmk, Iklan Spot Colour Rp.

    25.000/mmk, Advetorial FC Rp40.000/mmk, Advetorial BW Rp.

    25.000/mmk, Iklan Sosial/Ucapan FC Rp15.000/mmk, Sosial/Ucapan BW

    Rp10.000/mmk, Pengumuman Rp15.000/mmk, Dukacita Rp.10.000/mmk,

    Iklan kolom (maks 300 mmk) FC Rp15.000/mmk, Iklan kolom (Maks 300

    mmk) BW Rp10.000/mmk. Evilius ( Kepala), Mulya

    Perbawa, Isman,Apin, Sofwan, Kholik,Angga, Ipo. M. Rafli, Fadli,

    Riky Pazrin, PT Cerya Riau Mandiri Printing. Isi diluar

    tanggung jawab percetakan.

    Wartawan dilarang meminta dan menerima apapun dari nara sumber dan dalam bertugas selalu dibekali dengan identitas dari perusahaanHALUAN KEPRI

    Editor : Fery Heriyanto, Layout : Abi hamdani

    SEJAK di bangku sekolah kita belajar tentang Budi Oetomo (BO),organisasi pemuda yang didirikan Dr Soetomo dan mahasiswa

    Stovia, yaitu Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeradji pada 20Mei 1908. Penganjur awalnya adalah Dr Wahidin Soedirohoesodo.

    Oleh : Anas UrbaningrumKetua Presidium Nasional Perhimpunan Pergerakan Indonesia

    REDAKSI menerima kiriman artikel opini, surat pembaca, essai,dan informasi dengan syarat tidak menghina, memfitnah ataumenghujat seseorang atau kelompok serta tidak berbau SARA.Setiap surat dilengkapi identitas diri dan dikirimkan ke RedaksiHarian Umum HALUAN KEPRI, Bengkong Garama, Telp.(0778) 427000 (hunting), Faks. (0778) 427784, E-mail: [email protected] Redaksi berhak mengolah ulang isi

    ojok

    Tarif PSK Online Batam Rp1 Juta- Sekalian dibongkar produsennya!

    Baku Tembak Terjadi di Aceh- Aceh jangan sampai membara lagi ya!

    P

    ResensiPride and Prejudice

    Judul: Pride and PrejudicePenulis: Jane AustenPenerjemah: Berliani Mantili NugrahaniPenerbit: Qanita MizanTebal: 421 (versi ebook)

    SEORANG filsuf sejati akanmenghibur diri dengan me-manfaatkan apa pun yangtersedia. halaman 260

    Elizabeth Bennet adalahanak kedua dari lima anakperempuan keluarga Bennet,seorang bangsawan miskin diMeryton, England. KekayaanAyah Elizabeth, Mr. Bennet, nyarissepenuhnya tergantung padatanah warisan senilai dua ribusetahun. Namun tanah itu men-jadi hak waris seorang saudarajauh laki-laki. Hal ini merisaukanIbu mereka, karena jika Ayahmereka meninggal maka Ibudan anak itu akan kehilangantempat tinggal dan pendapatan.

    Kakak Elizabeth, Jane, mem-punyai pribadi hangat dancenderung menutup diri. Ia tidakpernah menampakkan perasaanyang sesungguhnya dihadapanbanyak orang. Namun Jane danElizabeth memiliki sifat ceria,santun, dan berwawasan. Ber-beda dengan ketiga adik merekayang sedikit liar, dan lebih me-ngutamakan kecantikan.

    Ibu mereka adalah wanitadengan pemahaman sekadar-nya, berpengetahuan sempit,dan bertemperamen angin-anginan. Ketika keinginannyatidak terpenuhi, dia akan me-rasa gelisah. Tujuan hidupnyaadalah menikahkan anak-anakperempuannya; kesenangan-nya adalah bertamu dan ber-gunjing. (halaman 14). Semen-tara Mr. Bennet, sang Ayah,memiliki sifat acuh tak acuh,memiliki humor sinis terutamakesukaannya mengolok-olokistrinya di depan putri-putri me-reka. Ia mencintai pedesaan danbuku. Keduanya adalah sumberutama kesenangannya, terlebihsetelah ia merasa kecewa ter-hadap pernikahannya. Mrs.Bennet adalah wanita cantikyang kemudaan dan kece-riaannya menarik hati Mr. Ben-net. Sayang, kebebalan dankepicikan wanita itu meng-hilangkan kasih sayang sejati diusia pernikahan mereka yangdini. Rasa hormat, kekaguman,dan kepercayaan pun lenyapuntuk selamanya, dan seluruhpandangannya akan keba-hagiaan rumah tangga punturut melayang. (hal 260).

    Suatu hari, sebuah keluarga

    bangsawan kaya menyewarumah di dekat tempat tinggalmereka. Mr. Bingley diterimabaik oleh masyarakat setempat.Sebaliknya, rekan Mr. Bingley,yaitu Mr. Darcy agak kurangdisukai oleh karena sifatnyayang angkuh dan memandangrendah kepada keluarga Eli-zabeth. Pada sebuah pesta,kedekatan Jane dengan Mr.Bingley kemudian berkembangmenjadi isu bahwa mereka akanbertunangan. Sayangnya, per-tunangan itu gagal.

    Kelak diketahui batalnyaper tunangan Jane dan Mr.Bingley tidak luput dari peng-aruh yang dilancarkan Mr.Darcy kepada Mr. Bingley.Mengetahui hal ini memer-cikkan kebencian kepada diriElizabeth terhadap Darcy, priayang diam-diam ternyata me-nyimpan rasa cinta untuknya.Sementara itu, Elizabeth ber-kenalan dengan Wickham,pemuda putra dari pelayanAyah Mr. Darcy yang sudahdianggap seperti anak sendiri.Namun rupanya Wickham ti-dak menyukai Darcy dan iamenyebarkan kabar bohongyang membuat Elizabeth se-makin tidak menyukai Darcy.

    Sementara itu adik Elizabeth,Kitty dan Lydia masih dengankegemaran mereka mengejarprajurit-prajurit yang ditugaskandi Meryton. Elizabeth merasakesal atas perilaku adik-adik danIbunya. Namun ia tak mampuberbuat banyak.

    Beberapa bulan kemudianketika Elizabeth bersama pamandan bibinya pergi ke Derbyshire,mereka mengunjungi Pemberly,rumah kediaman Darcy. Elizabethawalnya tidak menyetujui ren-cana itu namun berbalik ketikamengetahui Darcy sedang be-rada di luar kota. Namun takdisangka, ketika mereka keluardari rumah, Darcy melihat ke-datangan mereka. Keduanyamerasa canggung, namun sikapDarcy yang baik dan penuhperhatian kepada paman danbibinya menyentuh hatinya.

    Bagaimana akhir cerita ini?Barangkali mudah ditebakbahwa Elizabeth menerimalamaran yang diajukan Darcykembali. Dan Jane serta Bingleyakhirnya menikah. (ben)

    Kebangkitan NasionalBerdirinya BO dinilai se-

    bagai awal gerakan untuk

    mencapai kemerdekaan In-

    donesia, walaupun mulanya

    hanya bagi golongan berpen-

    didikan Jawa. Dalam per-

    kembangannya, tanggal ber-

    dirinya BO, 20 Mei, diperi-

    ngati sebagai Hari Kebang-

    kitan Nasional.

    Ada perdebatan sejarah,

    mengapa tonggak kebang-

    kitan nasional diambil dari

    sejarah kelahiran BO? Me-

    ngapa bukan Sarekat Islam

    atau yang lain? Tanpa me-

    nolak peran Budi Utomo

    atau sebaliknya memitoskan

    hanya BO saja yang menjadi

    tonggak awal, sejarah ke-

    bangkitan nasional perlu di-

    lihat secara adil dan jernih.

    Inilah modal awal menghi-

    dupkan spiritnya dan me-

    najamkan relevansinya de-

    ngan keadaan mutakhir Indo-

    nesia.

    Kompleksitas historis

    ada Oktober 1908, BO me-

    nggelar kongres pertama di

    Yogyakarta. Hingga kongres

    ini, BO memiliki cabang di

    Batavia, Bogor, Bandung, Ma-

    gelang, Yogyakarta, Suraba-

    ya, dan Ponorogo. Pada kong-

    res ini, diangkatlah Bupati

    Karanganyar Raden Tumeng-

    gung Ario Tirtokoesoemo se-

    bagai presiden BO pertama.

    Sejak dipimpin Tirtokoesoe-

    mo, banyak anggota baru ya-

    ng bergabung dari kalangan

    bangsawan dan pejabat yang

    "lunak" terhadap kolonialis

    sehingga banyak anggota mu-

    da yang menyingkir. Bahkan,

    Dr Soetomo hanya menjadi

    ketua cabang Gambir.

    Dominannya "golongan

    tua" dan terpinggirnya "go-

    longan muda" terjadi karena

    campur tangan Belanda yang

    khawatir progresivitas ka-

    langan muda. Sepuluh tahun

    pertama BO mengalami be-

    berapa pergantian kepemim-

    pinan. Kebanyakan datang

    dari kalangan priayi atau

    bangsawan keraton, seperti

    Ario Tirtokoesoemo dan Pa-

    ngeran Ario Noto Dirodjo dari

    Pakualaman.

    BO mengalami fase pen-

    ting saat dipimpin Pangeran

    Noto Dirodjo. Saat itu, Dou-

    wes Dekkerseorang Indo-

    Belanda yang properjuangan

    Indonesiamengenalkan

    perjuangan politik untuk

    mencapai kemerdekaan me-

    lalui partai politik. Maka

    muncullah Indische Partij

    yang sudah lama disiapkan

    Dekker. Sikap dan gaya per-

    juangan BO yang dinilai lu-

    nak membuat Tjipto Mang-

    oenkoesoemo dan Soewardi

    Soerjaningrat memilih

    bergabung dengan Dekker.

    Tokoh hebat yang jarang

    disebut peran pentingnya

    adalah Bapak Pers Nasional,

    pelopor awal jurnalisme pri-

    bumi, bernama Tirto Adhi

    Soerjo. Dia adalah pendiri

    organisasi modern pertama

    di Hindia Belanda, yaitu Sa-

    rikat Priyayi pada 1906. Me-

    mang organisasi ini tidak

    berkembang dan kemudian

    mati. Berbeda dengan koran

    yang dirintis dan diterbit-

    kannya, Medan Prijaji, yang

    sangat berpengaruh. Koran

    ini diterbitkan pertama pada

    Januari 1907 dan disusul

    oleh Soeloeh Keadilan, tetapi

    pada 1903 sudah menerbit-

    kan Soenda Berita di Cianjur.

    Pada 1909, Tirto Adhi So-

    erjo mendirikan organisasi

    berdimensi gerakan ekonomi,

    yaitu Sarekat Dagang Isla-

    miyah (SDI) di Bogor yang

    lebih berkembang di Solo di

    bawah kepemimpinan Haji

    Samanhoedi. Inilah organi-

    sasi yang kelak menjadi Sa-

    rekat Islam (SI) yang dike-

    tuai Tjokroaminoto. Sejarah

    mencatat, Tjokroaminoto ke-

    mudian menjadi "guru besar"

    politik bagi tokoh pergerakan

    Indonesia.

    Di bawah kepemimpinan

    Tjokroaminoto, SI memper-

    satukan berbagai kalangan

    yang hidupnya tertindas pen-

    jajahan. Aksi politik Tjokro-

    aminoto membuat SI makin

    populer dan menakutkan Be-

    landa. Munculnya gerakan

    bersifat politik menyebab-

    kan BO terdesak. Kepemim-

    pinan perjuangan "pergera-

    kan nasional" diambil alih SI

    dan Indische Partij karena di

    arena politik BO belum ber-

    pengalaman.

    Karena gerakan politik

    perkumpulan ini, makna na-

    sionalisme makin dimengerti

    kalangan luas. Banyak ka-

    langan menilai SI lebih ber-

    peran ketimbang BO saat

    mengawali kebangkitan pri-

    bumi dalam gerakan politik

    melawan kolonialisme Be-

    landa. Kebangkitan nasional

    tampak nyata bersama SI

    yang progresif.

    Sebelum 1908, berdiri orga-

    nisasi modern pertama Tiong

    Hoa Hwee Koan (THHK) atau

    Rumah Perkumpulan Tionghoa,

    17 Maret 1900, oleh beberapa

    tokoh Tionghoa di Batavia di-

    pimpin Phoa Keng Hek. Tujuan

    pendirinya, mendorong orang

    Tionghoa yang bermukim di

    Hindia Belanda untuk me-

    ngenal identitasnya.

    Mereka menginginkan

    masyarakat Tionghoa yang

    sudah bergenerasi hidup di

    Hindia Belanda mengenal ke-

    budayaan Tionghoa sehingga

    bisa bersatu sebagai kelom-

    pok masyarakat yang dihor-

    mati penjajah Belanda. Kegi-

    atan utama THHK adalah

    membangun dan membina se-

    kolah berbahasa Mandarin.

    Pada 1901, Tiong Hoa

    Hwee Koan mendirikan se-

    kolah Tionghoa yang disebut

    Tiong Hoa Hak Tong. Ini se-

    kolah swasta modern per-

    tama di Hindia Belanda. Ini

    merupakan reaksi masya-

    rakat Tionghoa di Batavia

    terhadap Pemerintah Belan-

    da yang tak peduli pendidi-

    kan anak-anak Tionghoa.

    Dalam tiga tahun saja

    THHK telah sukses membang-

    un sekolah di Malang, Sema-

    rang, Surabaya, Pasuruan, Pe-

    malang, Sukabumi, dan Cire-

    bon. Tetapi yang terkenal ada-

    lah THHK Batavia (Bahoa)

    dan THHK Tegal (Zehoa).

    Setelah THHK, hadir pula

    organisasi modern bagi go-

    longan Timur Asing, pera-

    nakan Arab di Hindia-Be-

    landa. Pada 17 Juli 1905 un-

    tuk kali pertama golongan

    peranakan Arab di Hindia

    mendirikan organisasi mo-

    dern bernama Jamiat Khaer.

    Pendirinya para tokoh Arab di

    Betawi, seperti Sayid al-Fak-

    hir bin Abdurrahman, Mu-

    hamad bin Abdullah Syahab,

    Idrus bin Ahmad Syahab, dan

    lainnya, yang kemudian men-

    dirikan sekolah di Pekojan,

    Tanah Abang, dan Krukut.

    Dalam waktu singkat Ja-

    miat Khaer berkembang pe-

    sat. Pada 1908 berdiri cabang

    di Banten, Banyuwangi, dan

    Teluk Betung. Jamiat Khaer

    juga berkomunikasi dengan

    BO dan SI untuk urusan po-

    litik. Malah pada 1913 or-

    ganisasi ini mendirikan NV

    Setija Oesaha di Surabaya

    yang bergerak di percetakan

    dan kemudian menerbitkan

    Oetoesan Hindia. Semuanya

    dipercayakan kepada Tjo-

    kroaminoto.

    Kehadiran dan perkem-

    bangan organisasi modern di

    kalangan Tionghoa dan Arab

    ini turut mendorong lahirnya

    organisasi modern di kala-

    ngan pribumi. Tirto Adhi Soer-

    jo, misalnya, sangat terin-

    spirasi kemajuan peranakan

    Tionghoa dan Arab di Hindia

    ini. Ia sangat menganjurkan

    pribumiyang tertinggal da-

    lam hal gerakan pada masa

    itumendirikan organisasi

    modern pribumi serupa. Per-

    cobaan Tirto Adhi Soerjo ga-

    gal dengan Sarekat Priyayi.

    Dr Wahidin dan Dr Soetomo

    juga secara tidak langsung

    terdorong mendirikan BO ka-

    rena perkembangan ini.

    Rangkaian sejarah itu

    menjelaskan soal Kebang-

    kitan Nasional terlalu se-

    derhana jika hanya dinis-

    bahkan kepada BO semata.

    Banyak tokoh dan organisasi

    yang layak dimuliakan peran-

    nya sebagai perintis kesa-

    daran perjuangan modern

    melawan Belanda.

    Bangkit kontekstual

    Kebangkitan nasional bu-

    kan hanya mengenang Soe-

    tomo, Wahidin Soedirohoe-

    sodo, Tirto Adhi Soerjo, Tipto

    Mangoenkoesoemo, Soewardi

    Soerjaningkat, Tjokroami-

    noto, Samanhoedi, dan lain-

    nya. Bukan juga sekadar

    membaca sejarah BO, SI, Ja-

    miat Khaer, THHK, Indische

    Partij, dan lainnya. Kebang-

    kitan Nasional adalah ba-

    gaimana memetik spirit da-

    sar sejarah itu dan mencari

    kontekstualisasi dengan tan-

    tangan saat ini.

    Menemukan spirit historis

    akan menjelaskan kepada kita

    tahapan awal pencarian dan

    penemuan identitas nasional,

    baik dari faktor pencerahan

    internal maupun eksternal

    berupa kolonialisme yang

    menindas. Dari titik inilah

    berkembang kesadaran ke-

    bangsaan yang berproses men-

    jadi revolusi kemerdekaan.

    Proklamasi kemerdekaan 17

    Agustus 1945 melahirkan se-

    buah negara-bangsa baru be-

    rnama Indonesia.

    Tatanan sosial, politik,

    ekonomi, dan budaya yang

    menekan dan menindas ala

    kolonialisme Belanda memang

    tidak lagi ditemukan saat ini.

    Tetapi dominannya arus li-

    beralisme ekonomi, politik,

    dan kebudayaan telah me-

    nuntun arah pemerintah da-

    lam menentukan kebijakan

    publik dan bagaimana rakyat

    melakukan penyikapan.

    Substansi rendahnya "ka-

    dar kemerdekaan" yang di-

    sandang kalangan fakir mis-

    kin yang tidak mendapatkan

    akses ekonomi, pendidikan,

    partisipasi politik, dan pe-

    layanan publik, sejatinya

    menjadi gambaran nyata be-

    tapa spirit Kebangkitan Na-

    sional sangat relevan diterje-

    mahkan pada konteks ke-

    kinian. Berbagai kondisi yang

    menekan dan menindas ke-

    merdekaan rakyat, karena ke-

    senjangan politik, ekonomi,

    dan budaya, tetap sangat re-

    levan untuk menjadi perhati-

    an pelopor kebangkitan na-

    sional gaya baru yang lebih

    kreatif dan kontekstual.

    Musuh dari luar bentuk-

    nya tidak lagi kolonialisme

    fisik dan militer, tetapi te-

    kanan kondisi struktur per-

    gaulan dunia yang tidak adil.

    Tantangan dari dalam adalah

    hadirnya "priayi gaya baru"

    yang terlalu sibuk menikmati

    kemapanan sosial, politik,

    ekonomi, dan kebudayaan ser-

    ta cenderung alpa tanggung ja-

    wabnya pada kemajuan bang-

    sa dan kesejahteraan sesama.

    Wallahu a'lam. ***

    Semoga Tidak Hanya Harapan Lagi

    PERSOALAN listrik di Tanjung-pinang dan sekitarnya sudahmulai menunjukan titik ter-ang. Pasalnya, Gubernur Kepri,Muhammad Sani men-gungkapkan bahwa inter-koneksi listrik Batam-Bintanakan dimulai akhir Juni 2015.Dan pada tahap awal, dayayang disalurkan antara 15-20MW. Menurut Gubernur, lang-kah yang dibuat tersebut me-rupakan salah satu solusisingkat mengingat derasnyadesakan perbaikan listrik diKota Tanjungpinang yangsering ditandai dengan unjukrasa besar-besaran.

    Jika memang hal itu bisadiwujudkan sesuai waktu ya-ng disampaikan Gubernurtersebut, setidaknya bisa me-ngurangi pemadaman bergi-lir yang kerap dikeluhkan ma-syarakat. Dan kita juga ber-harap proses interkoneksi init idak mengalami kendalakhususnya dalam pembe-basan lahan pada jalur yangdilalui kabel listrik. Seperti in-formasi yang diperoleh, adaempat titik kendala pembe-basan yang tengah dihadapisaat ini . Namun, Gubernurmengungkapkan, apapunkondisinya, kendala itu harus

    diselesaikan, tentunya den-gan cara yang elegan dantidak merugikan masyarakatterutama para pemilik lahan.

    A p a y a n g d i s a m p a i k a noleh Gubernur Kepri ini kitah a r a p k a n m e n j a d i k a b a rbaik di tengah kesemrautanpersoalan l istrik di wilayahTanjungpinang sek itar nya.R a s a n y a , s u d a h c u k u p l a hmasyarakat jengkel, geram,dan marah akibat byar pet-nya listrik di ibukota Provin-si Kepri setiap hari.

    Tapi, diantara kabar gem-bira yang disampaikan Guber-nur Kepri itu, ada juga terselip

    rasa khawatir. Soalnya, selamaini, banyak sudah program danrencana yang dilakukan untukmengatasi listrik di Tanjung-pinang. Mulai dari pembicar-aan di tingkat pelaksana tek-nis hingga pembicaraan ting-kat pengambil kebijakan, na-mun semuanya belum mem-berikan solusi yang baik. Ma-sih belum lepas dari ingatankita bagaimana pimpinandaerah Kepri menjumpai pet-inggi PLN sampai menteriBUMN untuk membicarakanmasalah listrik ini. Tapi, hasiln-ya belum tampak juga hinggasekarang.

    Dengan adanya kabar ya-n g d i s a m p a i k a n G u b e r n u rdengan adanya interkonek-s i l i s t r ik Batam-Bintan, d i -h a r a p k a n i n i b e n a r - b e n a rtereal isas i . Jangan sampail a g i m a s y a r a k a t d i b e r i k a nharapan. Agar program in-terkoneksi l istrik ini benar-benar terwujud, diharapkanada pengawasan dan pen-gawalan terhadap programini. Jika tidak, dikhawatirkankendala-kendala yang terja-di di lapangan akan memu-pus harapan masyarakat un-tuk menikmati listrik secarakonstan. ***

    SEMUA impian kita dapatmenjadi nyata, jika kita memilikikeberanian untuk mengejarnya

    (Walt Disney, Pencipta WaltDisney)

    UNTUK mencapai ke-suksesan, kita jangan hanyabertindak, tapi juga perlubermimpi, jangan hanyaberencana, tapi juga perluuntuk percaya

    (Anatole France, Penulis)

    akap ijakC B

    Menapaki Hidup Secara Cerdas

    Ir. Moch. Arief, Senior Amil, Direktur Eksekutif Nurul Islam GroupK olom Publik

    ALKISAH, Umar bin Abdul Azis

    sang khalifa Daulah Umawiyah

    yang kekuasaannya meliputi

    Andalus (Spanyol) di benua

    Eropa dan Kasghar di daratan

    China yang sangat luas,

    ditengah kesibukannya

    memimpin urusan pemerin-

    tahan dan kehidupan rak-

    yatnya, beliau sama sekali

    tidak lalai dari kehidupan ak-

    hiratnya. Dikisahkan khalifah

    Umar bin Abdul Aziz berkata

    kepada seorang pejabat yang

    menjadi kawan duduk-

    nya: Wahai fulan, sema-

    laman saya berkeringat

    dingin karena memi-

    kirkan sesuatu Pejabat

    itu bertanya, Apa yang

    sedang Anda pikirkan,

    wahai Amirul Mukmi-

    nin?Umar bin Abdul Aziz

    menjawab, Saya memikirkan

    tentang kuburan dan peng-

    huninya. Jika saja engkau

    melihat seorang yang

    telah mati setelah tiga

    hari dalam kuburannya,

    niscaya engkau akan

    merasa takut untuk

    mendekatinya, meski-

    pun sebelumnya eng-

    kau telah bergaul ak-

    rab dengannya dalam waktu

    yang sangat lama,Jika engkau

    melihatnya, maka engkau ak

    an melihat sebuah rumah

    yang dipenuhi oleh serangga-

    serangga tanah [rayap], dialiri

    oleh nanah, dilubangi oleh

    cacing-cacing, baunya telah

    berubah dan kain kafannya

    telah rusak. Padahal sebelum

    itu postur tubuhnya bagus,

    baunga wangi dan pakaian-

    nya putih bersih Umar bin

    Abdul Aziz lalu menangis

    tersedu-sedu, hingga akhirnya

    beliau pun pingsan.

    Inilah pikiran cerdas yang

    membuat khalifah yang ag-

    ung ini t idak bisa tidur se-

    malam suntuk, menangis ka-

    rena besarnya rasa takut ke-

    pada Allah dan kemudian

    pingsan.

    Pernahkah kita pingsan se-

    cerdas sang khalifa Umar bin

    Abdul Azis?. Wallahualam.

    ( Bagian III )

  • IklanJumat, 22 Mei 2015 6CMYK

    CMYK

  • CMYK

    CMYK

    Editor: Ika, Layout: Novrizal

    8Jumat,

    22 Mei 2015

    BATAM (HK) I Hotel Ba-loi yang mulai beroperasiawal April lalu, terus melaku-kan promosi dan perkenalankepada relasi. Mengusungtema Orientation Dinner,manajemen mengundang100 perusahaan yang ada dikawasan Mukakuning, Pan-bil, Batam Centre, Nagoyadan insurance dalam acaraCorporate Gathering 2015di Nutmeg Cafe lantai 2 IHotel Baloi, Batam. Gener-al Manager i Hotel BaloiWinston Toh menyebutkan,acara tersebut bertujuanuntuk memperkenalkan iHotel kepada perusahaan-perusahaan di Batam.

    Management i HotelBaloi memperkenalkankeunggulan-keunggulanyang dimiliki i hotel Baloi,seperti pelayanan hinggakuliner yang tersedia direstoran Nutmeg Cafe.

    Menu-menu spesial dari ExecutiveChef i Hotel Baloi Uray Nifsu Hary-adi memanjakan selera tamu, dis-ertai live music. Sales Manager iHotel Baloi Dita, mengatakan, ma-kanan yang disajikan untuk tamuyaitu Hokkian Mie, Penang kwe-tiau, I Baloi Queen (Cocktail), Moji-to Strawberry (Mocktail) danmasih banyak menu lainya .Selainitu I Hotel Baloi juga terletak san-gat strategis di pusat kota batam.

    i Hotel Baloi terdiri dari 16lantai, dengan 215 total kamarberbagai tipe. Semua tipe kamarmemiliki desain dan fasilitas ung-gulan, seperti AC, TV LED dengan43 chanel, shower air panas dandingin, dan deposite box.

    "Ada banyak lucky draw beru-pa voucher menginap yang dibagi-kan kepada para tamu undangan,agar mereka juga bisa menikmatilangsung bagaimana suasana iHotel Baloi secara keseluruhan,"ujar Dita.

    Narasi/Foto : Maman

    I HOTEL BALOI

    KATA sambutan dari GM I Hotel Baloi

    CHEF URAY didampingi Risman, F&B Manager i Hotel Baloi

    CHEF URAY bersama MC acara

    GM dan Sales Manager i Hotel Baloi foto bersama PT Caterpillar

    GM dan Sales Manager i Hotel Baloi foto bersama PT Geodis Wilson

    GM dan Sales Manager i Hotel Baloi foto bersama tamu undangan.

    GM dan Sales Manager i Hotel Baloi foto bersama tamu undangan

    PARA tamu undangan STAFF i Hotel Baloi

    PARA tamu undangan. GM dan Sales Manager i Hotel Baloi foto bersama tamu undangan. GM i Hotel Baloi foto bersama tamu VIP, Consulate of the republic ofSingapore

    GM i Hotel Baloi foto bersama PT Flextronics Indonesia

    GM dan Sales Manager i Hotel Baloi foto bersama PT SMOE Indonesia GM dan Sales Manager i Hotel Baloi foto bersama tamu undangan. GM dan Sales Manager i Hotel Baloi foto bersama tamu undangan.

  • Editor: Sofyan, Layouter:NovrizalCMYK

    CMYK

    BatamJumat, 22 Mei 2015 9

    DPD Kaji Landasan Hukum UWTOBATAM CENTER (HK) Ketua Komite I DPDRI, H Akhmad Muqowam mengaku kagetdengan sistem pengelolaan pertanahan diKota Batam.

    Lebih kaget lagi, senatordari Daerah Pemilihan JawaTengah ini mendengar IstilahUWTO (Uang Wajib Tahunan

    Otorita) yang masih asing ditelinganya.

    Saya datang ke sini mem-bawa materi RUU Pertana-

    han. Ketika bertemu Pemko,memang ada beberapa halmenarik yang saya dengar ter-kait pengelolaan pertanahandi Kota Batam. Lalu ada jugaUWTO, apa lagi ini? Ini Cuma

    DPD Kaji Hal 10

    SarmaLiputan Batam Sapar-Soerya Makin Mesra

    BENGKONG (HK) Pendiri Persatuan PemudaTempatan (Perpat), Sapa-ruddin Muda tidak me-nampik rumor, jika dirinyabelakangan makin mesradengan Wakil Gubernur Ke-pulauan Riau (Kepri) yangnotabenenya juga Pembinaorganisasi kepemudaan, Jo-goboyo. Keduanya bahkandikabarkan terlibat pemb-icaraan serius mengenaimasa depan pemimpin Pro-vinsi Kepulauan Riau kedepan.

    "Benar, saya memangbelakangan intens berko-munikasi dengan Mas So-erya. Banyak hal yang kamidibicarakan, tapi masihyang ringan-ringan aja,"ujar Saparuddin Muda, Ka-mis (21/5) ketika dising-gung kemesraannya denganSoerya Respationo bela-kangan ini.

    Menurut Sapar, sesung-guhnya hubungan dirinyadengan Soerya dari duluharmonis. Cuma ada se-bagian orang yang menyang-ka jika hubungan dirinyadengan Soerya Respationokurang harmonis.

    "Saya dengan Romo (sa-paan hormat Soerya. Red)akur-akur saja. Kami itupunya cita-cita yang sama

    juga. Yakni, bagaimana me-majukan Batam dan Kepriini. Termasuk ikut bertang-gungjawab menjaga stabil-

    itas keamanan Batam, da-lam rangka mewujudkaniklim investasi yang kon-

    Sampah Menumpuk, Hubungi 08117776507BATAM CENTRE (HK) Warga Batam diminta meng-hubungi call centre Dinas Ke-bersihan dan Pertamanan

    (DKP) Kota Batam di nomor08117776507 jika menemu-kan tumpukan sampah di pe-rumahan dan pertokoan.

    Hal itu dikemukakan Ka-bid Kebersihan DKP KotaBatam Yudi Admaji saat di-hubungi melalui telepon se-lulernya, kemarin.

    Yudi mengaku telah men-erima laporan pengaduan ten-tang banyaknya tumpukansampah di perumahan dan

    Sapar-Soerya Hal 10

    Sampah Menumpuk Hal 10

    Karyawan PT PioneerDi-PHK Sepihak

    BATUAJI (HK) Belasankaryawan PT Pioneer OffshoreIndoraya atau PT POE me-lakukan aksi demo di depankantor perusahaan itu, Kamis(21/5) pagi.

    Aksi itu sebagai bentukprotes mereka terhadap ma-najemen perusahaan yangtelah mem-PHK mereka se-cara sepihak.

    Ke-11 karyawan yang me-lancarkan protes tersebuttergabung dalam FederasiSerikat Pekerja Metal Indo-nesia (FSPMI) Batam. Den-gan rincian, 7 dari pengurusserikat dan 4 orang anggotaserikat.

    Mereka akan terus mela-kukan demo sampai ada pen-

    jelasan dari pihak manejemenmengapa mereka di-PHK.

    Selain itu, ke-11 karya-wan tersebut juga menuntutPT. POE karena dinilai telahmelanggar hak normatif pe-kerja yang dilindungi Un-dang-Undang. Tindakan PTPOE telah menghilangkanhak hidup dan hak memper-oleh pekerjaan yang layak.

    " Pihak manejemen PT.POE ini sudah melanggar hakasasi manusia. Gimana ti-dak, bayangkan saja, keputu-san putus kontrak saja di-lakukan sepihak. Selain itu,banyak pelanggaran di dalamperusahaan itu," kata Mu-

    Karyawan PT Hal 10

    SAPAR-SOERYA- SaparuddinMuda salamkomando denganWakil GubernurKepualuan Riau(Kepri), SoeryaRespationo usaibertemu Kamis(21/5) di DutaMas. Keduanyaterlibatpembicaraanserius seputarmasa depanpemimpin Kepri.

    ISTIMEWA

  • Metro Batam 10Jumat, 22 Mei 2015

    Editor: Sofyan, Layouter: Novrizal

    Sampah Menumpuk Dari Halaman 9

    B A N T A H A NB A N T A H A NB A N T A H A NB A N T A H A NB A N T A H A N

    Sehubungan dengan Pemberitahuan oleh Erdin Odang Direktur PT Lautan Bintan Jaya yang dimuat HarianHaluan Kepri yang terbit pada hari Kamis, tanggal 13 November 2014 terkait lahan seluas 163.494 m berikutsemua bangunan dan gedung diatasnya di Pulau Bayan Kota Tanjung Pinang Kepulauan Kepri, bersama iniKementerian Keuangan c.q. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara menyampaikan BANTAHAN:1. Sesuai ketentuan Pasal 6 ayat (1) Keputusan Presiden Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pengakhiran Tugas

    dan Pembubaran BPPN maka segala kekayaan BPPN merupakan kekayaan Negara yang dikelola olehMenteri Keuangan.

    2. Sesuai data dan dokumentasi yang ada pada Kementerian Keuangan, bahwa lahan tersebut saat ini tercatatsebagai jaminan piutang Negara debitur a.n. PT Jalatara Indah eks Bank Duta yang telah dialihkan kepadaBPPN (sekarang Kementerian Keuangan) yang saat ini dalam pengurusan Panitia Urusan Piutang Negara(PUPN) Cabang Kepulauan Riau c.q. Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang(KPKNL) Batam.

    3. Sesuai surat PT Bank Duta Nomor 067/BD/KPK/VI/95 tanggal 12 Juni 1995, seluruh aset PT Jalatara Indahmerupakan jaminan atas kewajiban PT Jalatara Indah kepada PT Bank Duta sehingga pengalihan assetberdasarkan akta yang dibuat oleh dan dihadapan Notaris & PPAT R. Minarno Hardjokoesoemo, SH. bataldemi hukum.

    4. Berdasarkan butir 1 dan 2 di atas, dengan ini diberitahukan kepada instansi terkait dan masyarakat untuktidak melakukan perbuatan hukum terkait aset tersebut tanpa persetujuan Kementerian Keuangan c.q.Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

    Demikian disampaikan untuk diketahui.Jakarta, 22 Mei 2015

    an. Direktur Jenderal Kekayaan NegaraDirektur PKNSI ttd.Encep SudarwanNIP. 196712191992101001

    KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIADIREKTORAT JENDERAL KEKAYAAN NEGARA

    GEDUNG SYAFRUDDIN PRAWIRANEGARA LT. 10 UTARA,JALAN LAPANGAN BANTENG TIMUR NO.2-4

    JAKARTA 10710 TELEPON: 3449230; FAKSIMILE: 3448390; SITUS: www.djkn.depkeu.go.id

    DPD Kaji Dari Halaman 9ada di Batam, ujarnya heran ketikaditemui di lantai 5 Gedung PemkoBatam, Kamis (21/5).

    Akhmad Muqowam mengakubertanya-tanya mengenai dasarhukum pungutan 30 tahunan yangbernama UWTO tersebut. Pihakn-ya akan segera melakukan kajianmengenai UWTO untuk memasti-kan pungutan tersebut tidak me-langgar hukum.

    Apapun yang namanya pen-gambilan uang dari masyarakatharus disertai dasar hukum yangjelas, baik itu retribusi maupunpajak. Sekarang ada UWTO, faktaini wajib dikaji. Kita akan cari apalandasan hukumnya pungutanUWTO ini, jelasnya.

    Jika ditemukan pungutanUWTO ternyata melanggar hukum,atau ternyata dasar hukum yang di-gunakan terindikasi melanggar atu-ran yang lebih tinggi, bukan tidakmungkin UWTO akan dihapuskan.

    Kendati demikian, Ahmad me-ngaku belum bisa memberi kepas-tian mengenai kebijakan lebih lan

    jut yang akan diambil terkait haltersebut.

    Kita kan cari landasan hukum-nya. Apakah ada atau tidak. Apapunpengambilan uang dari masyarakatharus disertai Undang-Undang.Pada tataran ini harus melakukanpengkajian. Kami belum bisa men-justifikasi salah atau benar. Kalaukemudian itu melanggar Undang-undang harus distop, tegasnya.

    Selain menyoroti mengenaiUWTO, Komite I DPD RI juga me-nyorot mengenai dualisme pengelo-laan pertanahan di Kota Batam,antara Pemko Batam dan BP Ba-tam. Memang, sejak tahun 1974,lanjut Achmad, seluruh pengelo-laan tanah di kota Batam merupa-kan wewenang BP Batam (OtoritaBatam kala itu).

    Namun kita juga mesti ingatada Undang-Undang No 53 tahun1999 yang mengatur mengenaipembentukan Kota Batam. Disana wewenang Pemko Batam dia-tur dengan sangat jelas. Jadi, tam-paknya ini perlu diperhatikan

    lagi, ungkapnya.Kondisi ini menurut Ahmad

    cukup unik. Sehingga Komite IDPD RI merasa perlu datang lang-sung ke Batam untuk melihat se-cara langsung kondisi yang sebe-narnya. Dalam tinjauannya, DPDRI disarankan untuk segera men-gadakan pertemuan dengan men-gundang BP Batam, Pemko Batamdan masyarkat.

    Problematika unik mengenaipengelolaan lahan di Kota Batamjuga akan dipelajari lebih lanjut.Diharapkan, problematika ini bisadiakomodir dalam UU Pertanahanyang tengah dikerjakan oleh pe-merintah pusat.

    Komite I menganggap bahwapersoalan Batam ini bisa dijadi-kan sebagai masukan yang sangatbagus untuk RUU pertanahan.

    '' Saya tidak mau lagi hal seper-ti ini teradi di tempat lain. Hasilpertemuan hari ini, kami direko-mendasikan untuk mengundangBP Batam, Pemko Batam dan Ma-syarakat, tutupnya. ***

    dusif," kata Sapar.Lebih jauh disampaikan Sapar,

    kendati komunikasinya denganSoerya seputar persoalan ringan-ringan saja, tapi dalam pertemuanterakhir, dirinya menyelipkan per-mintaan agar dalam PemilihanGubernur (Pilgub) Kepulauan Riau(Kepri), Soerya bisa menggandengfigur tempatan.

    "Ya seperti nama Nurdin Ba-sirun atau Ansar Ahmad. Soal kepu-tusannya terserah siapa," katanya.

    Usulan agar Soerya menggan-deng figur tempatan kata Sapar,tidak lain dalam rangka menye-laraskan kepentingan kaum Ansardan Muhajirin di Provinsi Kepu-lauan Riau (Kepri) ini. Jika keduakepentingan ini bisa dipadukan den-

    gan baik, Sapar optimis kemajuanpembangunan Kepri bakal melesat.

    Wakil Gubernur KepulauanRiau (Kepri), Soerya Respationodiminta komentarnya soal pembic-araan masa depan pemimpin Kep-ulauan Riau belum bisa memberikomentar. Karena ketika dihubun-gi Haluan Kepri, Soerya tengahmengikuti acara. (fur)

    Sapar-Soerya Dari Halaman 9

    pertokoan di Batam ini. Itu karenaadanya libur 2 hari pada minggulalu dimana petugas yang biasamengangkut sampah juga libur.

    " Kejadian itu menyebabkantumpukan sampah di mana-mana.Sehingga laporan yang masuk keDKP juga tidak sedikit," katanya.

    Meskipun demikian, pihaknyaakan segera melakukan normal-isasi sampah yang menumpuktersebut. Bahkan ia berjanji akanmembereskan sampah-sampahtersebut paling lama satu minggu.

    " Untuk normalisasi sampah,kita akan kerahkan 51 unit dumptruck pengangkut sampah dan 71mobil pick up dari DKP Batam,"katanya.

    Ia juga mengatakan, pihaknyatidak akan menambah jam opera-sionalnya, namun akan mengerah-kan semua petugas pengangkutsampah dan seluruh armada yangdimiliki oleh DKP Batam.

    Dalam mengangkut tumpukansampah, Yudi mengaku sedikitmenemukan kendala. Karena be-

    berapa hari belakangan ini KotaBatam terus diguyur hujan lebatsehingga membuat tempat penam-pungan sampah semakin beratakibat digenangi air.

    " Saya menghimbau kepadawarga Batam,jika menemukantumpukan sampah di tempat pem-buangan sampah sementara didaerahnya, baik di perumahanatau di pertokoan,agar segera men-ghubungi cal center layanan pen-gaduan tentang sampah di DKPBatam" pungkasnya.(cw94)

    hammad Fahrozi selaku KetuaPUK FSPMI PT. POE.

    Adapun yang membuat merekamelakukan aksi demo karena ti-dak tercapainya kesepakatan saatmenyampaikan tuntutan.

    Pertama, pelaksanaan perjan-jian kerja yang tidak sesuai denganketentuan Undang-Undang ke-tenagakerjaan No 13 Tahun 2003pasal 59 ayat 2: perjanjian kerjauntuk waktu tertentu tidak dapatdiadakan untuk pekerjaan yangbersifat tetap.

    Kedua, pemutusan hubungankerja sepihak yang tidak sesuaidengan ketentuan perundang-un-dangan yang berlaku, khususnyaUndang-Undang No 13 tahun 2003pasal 151 ayat 3.

    Dalam UU tersebut dengan te-gas disebutkan bahwa pengusaha

    hanya dapat memutuskan hubun-gan kerja dengan pekerja/buruhsetelah memperoleh penetapandari lembaga penyelesaian per-selisihan hubungan industrial.

    Kemudian yang ketiga, diskrimi-nasi kerja dalam pemberian sarana/fasilitas perumahan bagi pekerja.Dan, hapuskan " Dugaan UnionBusting" yang terjadi di PT PioneerIndo Raya terhadap pengurusserikat PUK PT Pioneer Indo Raya.

    Selanjutnya, hapuskan prak-tek "outsourcing" yang tak sesuaidengan ketentuan Permenaker-trans No 19 Tahun 2012 tentangsyarat-syarat penyerahan sebagi-an pelaksanaan pekerjaan kepadaperusahaan lainnya.

    " Kita tetap melakukan demosampai ada titik terang. Dan kamitetap kerja di perusahaan ini. Bah-

    kan, kalau tak ada itikad baik dariperusahaan, kami akan ancamdemo dengan solidaritas buruhlainnya," katanya lagi.

    Sementara itu, Nur Wafiq War-odat, selaku Kuasa Hukum perusa-haan mengatakan, perusahaan takpernah memecat sepihak parakaryawan. Mereka yang dipecatitu adalah mereka yang mangkirkerja selama 7 hari berturut-turut.

    Berdasarkan pantauannya dilapangan, karyawan memangtidak mau bekerja. Bahkan, per-masalahan ini sudah dilakukanperundingan, namun mereka tidakdatang. Begitu juga saat diundangmembahas hak-hak mereka, parakaryawan tersebut juga tak maudatang. Serikat pekerja itu mem-permasalahkan dengan kontrakkerja berulang.(ded)

    Karyawan PT Dari Halaman 9

    Strata 1 GICI Dikonversikanke Perguruan Tinggi Lain

    BATAM CENTRE (HK) Maha-siswa GICI Business School yangsedang mengambil jenjang studiStrata 1 (S1) harus menelan ken-yataan pahit.

    Pasalnya, pihak kampus be-lum bisa memberikan ijazah S1kepada mereka setelah selesaikuliah, karena permohonan izinpeningkatan status yang diajukan-nya tak kunjung didapatkan dariKemendiknas. Saat ini izin yangdimiliki GICI hanya untuk jenjangDiploma III (D3).

    Ketua Pembina Yayasan GICIBusiness School, Kiatwansyahmengatakan, sampai sekarangGICI Business School belummendapatkan izin peningkatanstatus dari D3 ke S1. Untuk itu,bagi mahasiswa saat ini hanyabisa mendapatkan ijzah D3.

    Namun, dia berjanji GICI akanbertanggung jawab bagi maha-siswanya untuk mendapatkanijazah S1 dengan cara konversi keperguruan tinggi yang ada izinijazah S1.

    "Kami sadar bagi pada maha-siswa. Kita tetap bertanggungjawab kepada mahasiswa. Solusisementara kepada mahasiswakonversi ke perguruan tinggi