Haluan kepri 19okt15

Click here to load reader

  • date post

    23-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    303
  • download

    15

Embed Size (px)

description

Haluan kepri 19okt15

Transcript of Haluan kepri 19okt15

  • CMYK

    CMYK

    Editor: M Syahdan, Layouter: Ricoh Polda, Grafis: Richo

    Buat Sekolah Hal 7

    HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 085374539090

    KORAN LOKAL TERBAIK

    DI INDONESIA

    Harian Umum

    Mencerdaskan Kehidupan MasyarakatWebsite: www.haluankepri.com

    Senin, 19 Oktober 2015

    6 Muharam 1437 HTERBIT 24 HALAMAN,NO 19/10 TAHUN KE 14

    Orang Sempurna"BERHENTI berusaha menemukan seseorang yangsempurna, temukanlah seseorang yang menyadari betapaberuntungnya dia memilikimu." (bc)

    Dukung Pembentukan Hal 7

    Buat SekolahAgnes Monica

    Natuna Paling Hal 7

    Debarkasi Batam Hal 7

    JAKARTA (HK) Di balik segalaaktivitas dan prestasinya di duniahiburan, Agnes Monica mengakumasih memiliki impian terpendamyang belum kunjung terwujud.

    "Saya ingin membuat seko-lah," katanya di sela pelun-

    curan lini busana ANYE diJakarta, Sabtu (14/10).

    Penyanyi yang berke-cimpung dalam dunia tariksuara sejak belia itu juga me-nyatakan ingin terlibat da-lam pemugaran museumdan perpustakaan umum.

    Dara 29 tahun itu sela-lu menyempatkan diri da-tang ke museum dan per-pustakaan umum saatberlibur ke luar negeri.

    "Karena aku suka mu-seum dan public library,"ujar biduanita yang akrabdipanggil Agnez Mo itu.

    Agnes baru saja melun-curkan lini busana bernama

    ANYE, diambil dari nama

    Kloter 16 yangtiba kemarin me-rupakan jamaahasal Jambi denganjumlah 446, dengan

    rincian Kota Jambi 370 dan Ka-bupaten Sarolangun 71, serta 5orang petugas. Kloter 16 tiba diBandara Hang Nadim Batampukul 11.54 WIB atau lebih ce-pat 41 menit dari jadwal yangdirencanakan. Dengan datang-nya Kloter 16, tercatat sudah7.116 jamaah haji DebarkasiBatam tiba di Tanah Air.

    "Tingkat kera-wanan tinggiada di tiga dae-rah ini. DiBarat adaP e r a i r a nNatuna, ditengah Pe-rairan Uta-ra Sulawesi.Nah, di timuritu di PerairanLaut Arafuru.Ini sepanjang 20-15, paling rawan ituPerairan Natuna," ujarBudi di Pelabuhan Peri-kanan Pantai Sungai Rengas,Pontianak, Kalimantan Ba-rat, Minggu (18/10).

    Dia mengatakan, para pela-ku illegal fishing di tiga daerahini berasal dari Vietnam, Thai-land, Tiongkok, Filipina danMalaysia. Dibandingkan yanglain, para pelaku asal Vietnamdinilai tak pernah jera karena

    Natuna Paling Rawan Illegal Fishing

    DUKUNG PEMBENTUKAN KABUPATEN KUNDURKARIMUN (HK) PemerintahKabupaten (Pemkab) Karimun men-dukung pembentukan Kundur men-jadi sebuah kabupaten atau sebagaidaerah otonom baru. Hanya saja,pembentukan Kabupaten KepulauanKundur tersebut masih terganjal,karena belum dikeluarkannya Pera-turan Pemerintah sebagai aturanteknis yang mengikatnya.

    "Kami (Pemkab) Karimun selaku

    kabupaten induk sangat mendukungpembentukan Kabupaten KepulauanKundur tersebut. Mendukungnyabagaimana, kita tunggu dulu Pera-turan Pemerintah-nya keluar. PP ituakan mengatur secara jelas tentangsegala teknis pembentukan daerahotonomi baru itu," ungkap BupatiKarimun Aunur Rafiq di Kantor DP-RD Karimun, akhir pekan lalu.

    Kata Rafiq, sesuai dengan Un-dang-undang no 23 tahun 2014 ten-tang Pemerintah Daerah, maka se-belum terbentuknya daerah otonombaru, maka terlebih dahulu haruslahdijadikan daerah persiapan. Untukitu, maka diperlukan persetujuandari pemerintah pusat yang dalam

    hal ini ditandatangani oleh presiden.Dalam Peraturan Pemerintah itu,

    ujar Rafiq, sudah sangat jelas akanmengatur tentang sistem anggaran,mulai dari pertanggungjawabanseperti apa dan darimana sumber

    GANI/HALUAN KEPRI

    KANTOR PERSIAPAN Dewan penyantun BP2K3, Abdul Malik membuka selubung papan kantor persiapan Kabupaten Kepulauan Kundur di Kantor UPTD Perikanan, di Kilometer 5 Kelurahan TanjungbatuBarat, Kecamatan Kundur, Senin (12/10) lalu. Pembentukan Kabupaten Kundur didukung banyak pihak, khususnya warga Karimun.

    PONTIANAK (HK) Direktur Kapal PengawasDitjen Pengawasan SDKP Kementerian Ke-lautan dan Perikanan (KKP) Budi HalomoanLubis mengatakan ada tiga daerah palingrawan dalam praktik pencurian ikan (illegalfishing). Salah satu dari tiga daerah itu, yakniPerairan Natuna, Kepulauan Riau.

    Jadilah Teladan bagi Masyarakat

    7.116 JH Debarkasi Batam Tiba di Tanah Air

    Debarkasi Batam Sisakan Empat Kloter

    BATAM (HK) Hingga kemarin, Minggu (18/10),sebanyak 16 Kelompok Terbang (Kloter) DebarkasiBatam telah tiba di Tanah Air. Dengan begitu,Debarkasi Batam menyisakan empat Kloter hingga 22Oktober mendatang. Diketahui, pada musim haji 1436H/2015 ini, Embarkasi/Debarkasi Batam melayani 20Kloter Jamaah Haji (JH) dari empat provinsi yakni Kepri,Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat.

    PPIHBATAM

    JAMAAH haji Debarkasi Batam saat tiba di Bandara Hang Nadim Batam.

    Persib Juara Piala PresidenJAKARTA (HK) Persib Ban-dung berhasil menjuarai tur-namen Piala Presiden setelahdi babak final, Minggu (18/10)malam, mengalahkan Sriwi-jaya FC dengan skor 2-0. Gol-

    gol juara ISL 2014 itu terciptadi babak pertama.

    Gol pertama dicetak Ach-mad Jufriyanto saat pertandi-ngan baru berjalan tujuh menit,

    Persib Juara Hal 7

    KOMPAS.COM

    KAPAL nelayan asing diledakkan karena mencuri ikan di Perairan Kepri, beberapawaktu lalu.

  • Politik 2Senin, 19 Oktober 2015

    Editor: Amir Yunus , Layout: Restu

    Surat Suara Jangan MembingungkanBawaslu Ingatkan KPU

    TASIKMALAYA (HK) Anggota Badan Pe-ngawas Pemilu (Bawaslu), Daniel Zuchron,meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU)membuat surat suara yang tidak membi-ngungkan pemilih. Daniel berharap simulasiyang dilakukan KPU bisa menghasilkanmodel surat suara yang efektif bagi pemilihpada pemungutan suara nanti.

    "Kami berharap formatini tidak menbingungkan pe-milih. Bagaimana meng-urangi surat suara yang ti-dak sah. Jangan sampai de-sain suara justru membuatbingung," ujar Daniel di kam-pung Citatah, Desa Suka-herang, Kecamatan Singa-parna, Tasikmalaya, JawaBarat, Sabtu (17/10).

    Daniel mengingatkanagar KPU berhati-hati da-lam mendesain surat suarauntuk Pilkada calon tunggal.Alasannya, sistem baru

    tersebut dapat membuathak memilih masyarakatdalam Pilkada tidak terako-modir dengan baik.

    "Ini format baru. Pertan-yaannya dipahami ma-syarakat atau tidak? Makan-ya kami datang memastikan,apakah KPU bisa membuatdesain suara yang pas agarhak politik masyarakat tidakhilang. Itu perlu diperhati-kan," katanya.

    Ia juga menegaskan ha-sil simulasi tersebut pent-ing bagi KPU. Guna dijadi-

    kan masukan agar aturanPKPU bisa proporsional se-hingga tidak menghilang-kan hak pasangan calonatau menegasikan paslon.

    KPU hari ini menggelarsimulasi pemungutan danpenghitungan suara di salahsatu daerah yang memilikicalon tunggal dalam Pilkadaserentak 2015 yakni Tasik-malaya. Dalam simulasitersebut, pemilih disediakandua jenis desain surat suara.

    Model surat suara Ayakni surat suara yang han-ya terdapat nama pasangancalon disertai kolom pilihansetuju dan tidak setuju tan-pa gambar pasangan calon.Sementara, surat suara Bdesainnya disertai gambardan nama pasangan calonberikut dengan kolom setu-ju dan tidak setuju.

    Rencananya, hasil simu-lasi tersebut akan menjadipertimbangan KPU dalamhal menentukan jenis suratsuara yang dipakai dalampemungutan dan penghitun-gan suara. (vvn)

    Ketua MPR: Jangan Adayang Main Curang

    Jelang Pilkada Serentak

    JAKARTA (HK) Tak la-ma lagi Pilkada serentakgelombang pertama bakaldigelar. Ketua MPR ZulkifliHasan mengingatkan agarpesta demokrasi tersebutdigelar dengan penuh tang-gungjawab bebas kecuran-gan dan money politics.

    "Awas jangan ada yangberani main curang, karenaseluruh masyarakat akanikut mengawasi, saya tidakakan tinggal diam jika ter-bukti ada yang bermain cu-rang", kata Zulkifli.

    Hal ini disampaikan Zu-lkifli saat sosialisasi em-pat pilar di hadapan ForumMarga Adat Ketibung, diGedung KPK Bandar Lam-pung, seperti siaran persMPR RI, Sabtu (17/10).

    Zulkifl i yakin masya-rakat semakin cerdas. Seh-ingga demokrasi tak lagibisa diperjual-belikan.

    "Sudah tidak waktunyalagi masyarakat menukarkedaulatan yang dimiliki den-gan uang lima puluh atau se-ratus ribu rupiah. Ma-syarakat harus bisa memilih

    pemimpin terbaik dari selu-ruh calon yang ada. Sesuaidengan kemampuan masing-masing didasari hati nurani,semata-mata demi kebaikanbangsa," katanya.

    Zulkifli juga meminta apa-rat pemerintah berlaku ne-tral. Mulai dari kepala desahingga kepolisian dan KPUD.

    "Ini penting agar masya-rakat bisa menentukan pili-hannya dengan bebas sesuaiakal sehatnya," ingatnya.

    Dalam sosialisasi empatpilar tersebut Zulkifli jugamengungkapkan adat danbudaya lokal merupakankekayaan yang sangat besarbagi bangsa Indonesia. Kare-na itu adat dan budaya lo-kal harus dihargai. Jangansampai keberadaan adatbudaya lokal terpinggirkanoleh arus modernitas. Apa-lagi keberadaan budaya danadat lokal bisa memperkayaBudaya nasional.

    "Orang yang memiliki danmempertahankan adat ad-alah orang yang punya ta-takrama. Demikian juga or-ang yang memegang adatmerupakan orang yang punyasistem ketatanegaraan dan

    sistem pemerintah. Karenaitu masyarakat yang punyaadat adalah masyarakat yangintelektual," katanya.

    Karena itu menurut Zu-lkifli , masyarakat harusbangga dengan adat yangdimilikinya. Mereka yangmenyalahkan adat danmembodohkan masyarakatadat adalah orang sakit.

    "Empat pilar itu salahsatunya adalah menghargaikeberadaan masyarakatadat. Karena itu kebera-daannya harus dijaga dandilestarikan", kata Zulkiflimenambahkan.

    Menjaga dan melestari-kan adat budaya, menurutZulkifli berarti juga mense-jahterakan masyarakat. Inibisa dilihat salah satunyapada kebiasaan masyarakatmemakai peci. Seandainyakebiasaan memakai peci itudihilangkan, niscaya akanada banyak pengangguran.

    "Kalau lama-lama men-ganggur bisa-bisa jadi be-gal, dan meresahkan ma-syarakat, karena itu kitamesti menjaga adat budayayang kita miliki", pungkas-n