Haluan kepri 09feb16

Click here to load reader

  • date post

    25-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    338
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Haluan kepri 09feb16

Transcript of Haluan kepri 09feb16

  • CMYK

    CMYK

    HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 081261333463

    KORAN LOKAL TERBAIK

    DI INDONESIA

    Harian Umum

    Mencerdaskan Kehidupan MasyarakatWebsite: www.haluankepri.com

    Selasa, 9 Februari 2016

    30 Rabiul Akhir 1437 HTERBIT 24 HALAMAN,NO 9/2 TAHUN KE 15

    Tina Toon

    Editor: R Ghafur, Layouter: Novrizal Jambak, Grafis: Richo

    Allah SWT Tujuan Hidup

    "NIKMAT sehat akan terasa jika kitapernah sakit. Nikmat harta akan terasa

    jika kita pernah susah, dan nikmathidup akan terasa jika kita pernahmendapatkan musibah. Musibah

    adalah awal dari kenikmatan hidup...Bahagianya hidup dengan manisnya

    iman dan menjadikan Allah SWTsebagai tujuan hidup..."

    Dapat Angpao ... Hal. 7

    Dapat AngpaoDapat AngpaoDapat AngpaoDapat AngpaoDapat AngpaoJAKARTA (HK)Hari Raya Imlek yangjatuh pada Senin (8/2) kemarinrupanya disambut meriah oleh pe-nyanyi Tina Toon. Diungkapkan Tina,seluruh keluarga besarnya meraya-kan Imlek secara meriah sejak, Mi-nggu (7/2).

    "Aku merayakan meriahnya kemarin pasmalam Imlek, jadi makan bersama siangsampai malam. Terus ngobrol-ngobrol. Jadihari ini (kemarin) tinggal salam-salamandan yang belum nikah dapat angpao,yang sudah nikah nggak dikasih angpao,"kata mantan penyanyi cilik itu saat di hubungiwartawan, kemarin.

    Tina yang kini berusia 22 tahun itu menjelaskankebiasaan keluarga besarnya saat Imlek datang.

    Costa Gagalkan Kemenangan MULONDON (HK) Sempat memimpin

    hingga menit ke-90 lewat gol JesseLingard, Manchester United (MU) harus puasbermain imbang atas Chelsea dengan skor 1-1karena gol Diego Costa pada masa perpan-

    jangan waktu. Hasil ini membuat MU masihbelum bisa mengalahkan Chelsea pada

    sepuluh pertandingan terakhir.

    Hasil ini tidak meru-bah posisi kedua tim dipapan klasemen sement-

    ara. Chelsea masih berkutat diposisi ke-13 dengan 29 poin se-mentara United belum beran-

    jak dari posisi ke-5 dengankoleksi 40 poin.

    Bermain di Stamford Bri-dge, Manchester United justrutampil lebih dominan pada ba-bak pertama. Wayne Ronneydkk sukses menguasai 61 per-sen penguasaan bola. MU jugamampu menciptakan tiga pelu-ang on target, sementaraChelsea hanya satu upayasaja. Kendati begitu kedua timtidak mampu mencetak golpada fase ini.

    Peluang terbaik MU didap-

    Costa Gagalkan... Hal. 7

    BATAM (HK) Ribuan warga, kader,simpatisan dan pengurus DPD/DPC Par-tai Gerindra Se-Provinsi Kepri tumpahruag mengikuti gerak jalan santai di Fa-sum Perumahan Pondok Pratiwi, Sei-

    harapan, Sekupang, Senin (8/2) pagi.Gerak jalan santai itu menutup

    rangkaian kegiatan Hari Lahir(Harlah) Partai Gerindra ke-8

    tahun 2016.Penutupan acara itu di-

    tandai dengan pemotongandelapan nasi tumpeng se-cara bersama-sama olehKetua DPD Gerindra Kepri,Iman Sutiawan bersamatujuh Ketua DPC Gerin-dra Se-Provinsi Kepri.Pemotongan tumpeng inijuga menandai 8 tahun

    Belajar dan Berjuang Bersama Masyarakat

    Serba 8 ... Hal. 7

    DERMAWAN/HALUAN KEPRI

    KETUA DPD Gerindra Kepri Iman Sutiawan (baju merah) didampingi 7 ketua DPCGerindra kabupaten/kota bersama tamu undangan melakukan pemotongan 8 nasitumpeng, Senin (8/2) di Fasum Pondok Pratiwi Sekupang. Kegiatan ini menandai8 tahun Gerindra bersama masyarakat.

    Serba 8 di Harlah Gerindra ke-8

    Tembak di TempatPelaku Kejahatan

    BATAM (HK) KapolrestaBarelang, Kombes Pol HelmySantika menginstruksikanseluruh anggota di jajaran-nya menembak di tempatterhadap pelaku kejahatan.Ini guna mengantisipasi aksi

    Total secara keseluruhan ru-mah dan restoran hancur sebany-ak 67 unit. Di Batumerah dari 64rumah , 47 diantaranya rusakparah dan 17 lainnya dinyatakanhilang dibawa gelombang. Meskitidak ada korban jiwa , namunkerugian akibat bencana di dualokasi tersebut mencapai ratusanjuta rupiah.

    Informasi di lapangan menye-butkan, badai dan ombak besarmulai menggila sejak Minggu (7/2)malam sekitar pukul 22.00 WIBdan menghantam satu per satu ru-mah pelantar di kawasan Ba-tumerah. Gelombang air mulai tu-run, Senin (8/2) dinihari sekitarpukul 03.00 WIB. Namun demiki-an air laut mulai naik kembali pada

    Tembak di ... Hal. 7

    67 Rumah Dihantam Gelombang

    Tim Haluan KepriLiputan Batam

    BATAM (HK) Kota Batam diterjang badaidan gelombang tinggi. Puluhan rumah

    penduduk dan restoran yang ada di ping-gir pantai hancur. Di Batumerah Bawah,Kecamatan Batuampar, sekitar 64 rumah

    pelantar atau panggung yang berada di RT5/ RW 2 hancur diterjang ombak mencapai

    sekitar tiga meter. Sementara di PantaiMelayu, Batu Besar, Nongsa, sebuah res-toran Cahaya Baru dan dua rumah warga

    lainnya juga rusak diterjang badai danombak.

    Saya dan Anak-anakBerlarian Keluar Rumah

    BATAM (HK) Keriuhan tak dapat dibendung ketikapuluhan rumah di Batumerah, Batuampar dihantamombak tinggi disertai badai dan hujan, Minggu (7/2)malam. Puluhan rumah panggung yang berada di lauttersebut tumbang disapu gelombang.

    Kejadian ini nyaris memakan kor-ban jiwa karena saat kejadian adasatu keluarga, Rubi masih berada didalam rumah. Saat itu Rubi dan sua-minya Rudi sedang nonton TV. Tiba-tiba terdengar suara keras sepertikayu patah, tidak jauh dari rumah-

    nya. Ia dan suaminya langung melihatkeluar ke arah laut,ternyata ada se-buah rumah kosong roboh dan kayun-ya bertebaran di laut.

    Jarak rumah kosong yang roboh

    Saya dan ... Hal. 7

    Bandara Tutup 12 JamPelabuhan Laut Tunda Keberangkatan

    BATAM (HK) OtoritasBandara Hang Nadim Batammenutup bandara selama 12jam bagi semua penerbanganmaupun pendaratan pesa-wat, Minggu (7/2). Keputusanitu diambil karena cuaca bu-ruk dan rusaknya alat navi-

    gasi yang disambar petir.Bandara ditutup pukul

    18.18 WIB dan dibuka kemba-li Senin (8/2) sekitar pukul06.11 WIB. Saat ini semuapenerbangan berjalan normal

    kejahatan agar tidak mem-bahayakan nyawa orang lain.

    "Tindak tegas bukan be-rarti harus ditembak. Kitapunya protap (prosedur te-

    Bandara Tutup ... Hal. 7

    67 Rumah ... Hal. 7

  • sambungan7 Selasa, 9 Februari 2016

    Dapat Angpao ..... sambungan Hal. 1

    Costa Gagalkan ..... sambungan Hal. 1

    Saya dan ..... sambungan Hal. 1

    "Tradisi si itu ya bagi angpao.Makan- makanan khas terus nggakboleh bersih-bersih sampai jam 12ini pas Imlek," katanya.

    Untuk menunjang penampilan-nya di hari raya, Tina pun sangat

    memperhatikan busana yang akania kenakan saat berjumpa denganseluruh kerabatnya.

    "Mmm lebih kepada bajunyasih yang lucu-lucu, bernuansa Im-lek, terus rambut dan lain-lain,"

    ucapnya.Walau sudah memilikipenghasilan sendiri, Tina masihmendapatkan banyak angpo darikeluarga besarnya. "Aku masihdapat angpo dan lumayanlah buatjajan," ungkapnya. (viv)

    at lewat aksi Anthony Martial padamenit ke-19. Tendangan keras pe-main berusia 20 tahun ini masihmampu dibendung oleh ThibautCourtois dan hanya menghasilkansepak pojok saja.

    Sepuluh menit berselang giliranChelsea yang tebar ancaman. Sepakpojok Fabregas tepat menuju Nem-anja Matic. Hanya saja, sundulankepala Matic masih mampu dia-mankan oleh David De Gea.

    Jelang babak pertama pungkas,Chelsea sempat mengklaim sebuahpenalti. John Terry yang membantuserangan mampu menjangkau um-pan Willian. Sepakannya daridalam kotak penalti berhasil diha-lau oleh Daley Blind. Pada prosesn-

    ya, Terry menilai bahwa Blindmenghalau bola dengan tangganya.

    Dominasi Setan Merah kembaliberlanjut pada babak kedua. Car-rick mampu menjadi aktor pembedadi lini tengah dengan umpan-umpanakuratnya.Sebelum akhirnya MUmembuka angka pada menit ke-61,MU sempat mendapatkan dua pelu-ang pada menit ke-50 dan 54. Saatitu, aksi Rooney dan Jesse Lingardberhasil dimentahkan oleh Courtois.Nama terakhir tersebut yang menja-di pencetak gol bagi MU.

    Berawal dari umpan Borthwick-Jackson, bola sempat dibelokkanoleh Ronney sebelum diselesaikanoleh Lingard. Sambil memutarkanbadan Lingard sukses melepas ten-

    dangan roket yang tak terbendungCourtois.

    Tersentak oleh gol tersebut,Chelsea bangkit menyerang. David DeGea dibuat sibuk untuk menyelamat-kan aksi dari Ivanovic dan Diego Costa.

    Tambahan waktu enam menitbenar-benar dimanfaatkan olehChelsea. Satu menit masuk masaperpanjang waktu Diego Costamampu menjebol gawang De Gea.Pemain naturalisasi Spanyol suksesmemanfaatkan jebakan ofiside MUyang gagal.

    Gol Costa ini sekaligus menjadiyang terakhir pada laga ini kendatiia sempat mendapatkan peluangbagus pada menit ke 94 yang di-gagalkan oleh De Gea. (bln)

    kebersamaan Partai Gerindra den-gan masyarakat.

    Iman Sutiawan mengucapkanterima kasih sekaligus memberi-kan apresiasi kepada masyarakatKepri, khususnya warga RW 10 Pe-rum Pondok Pratiwi Seiharapan,Sekupang atas kepercayaan ma-syarakat berjuang bersama Gerin-dra. Kepercayaan itu ditunjukkandengan antusias masyarakat me-ngikuti jalan santai pagi itu.

    "Terima kasih kami (Gerindra)atas kesetian masyarakat bersa-ma Gerindra, tak terasa 8 tahunsudah berjuang bersama masya-rakat," ujar Wakil Ketua DPRDKota Batam ini di dampingi Sekre-tarisnya Onward Siahaan di hada-pan ribuan peserta jalan santai.

    Selain jalan santai, lanjut Iman,ada serangkaian kegiatan telah di-lakukan Gerindra sejak 3 Februarilalu, diantaranya melakukan revo-lusi putih dengan membagikan susudi 8 sekolah SD sederajat. Selanjut-nya menyantuni atau membagikanpaket sembako di 8 panti asuhan,melakukan fogging dan juga mem-berikan beasiswa kepada anak-anak kurang mampu.

    "Semua serba 8, dan ini menja-di bukti keseriusan 8 tahun Gerin-dra berjuang bersama masyara-kat," tegas Iman.

    Acara yang langsung bersentu-han dengan masyarakat, kataIman, merupakan bentuk kepriha-tinan pak Prabowo atas kondisiekonomi masyarakat yang benar-benar menjadi beban karena kebu-tuhan semakin tinggi sementarapendapatan masyarakat stagnan.

    "Gerindra bersama pak Prabo-wo akan terus mengawal kebija-kan pemerintah," terangnya.

    Di tempat yang sama, KetuaPanitia Harlah Gerindra di Kepri,Muhammad Rudi mengatakanrangkaian Harlah Gerindra dimu-lai dengan membagikan susu kepa-da 442 siswa-siswi SDN 011 Kam-pung Nelayan di Lubuk Baja padaRabu (3/2) lalu. Kemudian dirang-kai dengan berbagai kegiatan lain-nya, diantaranya pembagian sem-bako di Panti Asuhan MunawarohSeraya Atas, dan juga pembagiansembako di Panti Asuhan Aljabardi Bengkong, pembagian susu di

    SDN 08 Sungai Harapan dan Ma-drasah Ibtidayah Negeri Sagulung.Selanjutnya digelar sejumlah keg-iatan lainnya yang kemudian ditu-tup dengan jalan santai di FasumPerumahan Pondok Pratiwi SeiHarapan, Sekupang, Senin (8/2).

    "Sesuai dengan usia Gerindra,secara total kami menyantuni 8panti asuhan dan membagikansusu di 8 SD sederajat, serta sejum-lah kegiatan lainnya," ujar Rudi.

    Khusus di acara penutupan,lanjut Rudi, pihaknya juga mem-bagikan bantuan kepada sejumlahpanti jompo, bantuan imammasjid dan musholah serta pem-bagian beasiswa kepada anak-anak yang kurang mampu.

    Apresiasi MasyarakatRangkaian kegiatan Harlah

    Gerindra ke-8 di Kepri dan turunlangsung ke masyarakat, mendap-at sambutan hangat dari tokohmasyarakat. Pasalnya, menurutmereka selama ini kegiatan Har-lah atau HUT dari sebuah partailazimnya diperingati di hotel yangmewah dan tidak bersentuhanlangsung dengan masyarakat.

    Pendiri dan Pengasuh YayasanAljabar, KH Kodrat Wismana, da-lam sambutannya mengaku banggadan terima kasih kepada PartaiGerindra atas perhatian yang di-berikan, terlebih lagi selama ini iamengaku jarang sekali mendapat-kan perhatian dari pemerintah.

    "Kami terima kasih, karenamemang sudah selayaknya wakil-wakil rakyat dekat dengan rakyat,terutama sekali kepada anak ya-tim," ujar pak Kiyai sekaligus meng-ingatkan mantan anak didiknyaIman Sutiawan dan anggota DPRDBatam yang turut hadir hari itu.

    Hal senada juga diungkapkanSlamet Jumantoro, Wakil KepsekSDN 011 Kampung Nelayan, Lu-buk Baja. Slamet dalam sambu-tannya memberikan apresiasi danterima kasih atas kepedulian Ger-indra. Dia berharap kegiatan terse-but bisa menjadi stimulan mun-culnya gerakan serupa yang lebihbesar lagi.

    "Apresiasi dan terima kasihkami ke Gerindra. Kita banggakarena Gerindra Harlah denganturun langsung ke masyarakat,

    bukan malah bermewah-mewah dihotel atau tempat lainnya," ujarn-ya terharu.

    Ungkapan yang sama juga da-tang dari Pengurus Panti AsuhanAl Munawaroh yang juga KetuaRW sempat, Ustad Munawir. Iamengaku terharu dengan cara Ger-indra menyambut Harlah. Karenamenurutnya, mayoritas partai ul-ang tahun di hotel atau tempatmewah lainnya, tapi Gerindra jus-tru datang ke panti asuhan danmelakukan kegiatan sosial.

    "Terima kasih kami, karena diHarlah ini bapak-bapak dan ibu-ibu dari Gerindra justeru menyem-patkan diri mengunjungi kami inisebagai masyarakatnya," ungkap-nya haru dalam sambutannya.

    Di akhir rangkaian kegiatan,ucapan terima kasih dan apresiasidatang dari tokoh masyarakat Pe-rumahan Pondok Pratiwi Sei Hara-pan, yang juga Ketua RW 10 SeiHarapan, Sekupang, Sazani. Iadengan lantang mengucapkan ter-ima kasih karena perumahanmereka dipercaya sebagai tempatacara puncak Harlah Gerindra.

    "Terima kasih karena kami di-percaya sebagai tuan rumah acarapuncak, dan ini menjadi bukti nya-ta bahwa Gerindra dekat denganmasyarakat. Mudah-mudahankesempatan baik ini menjadi awalsilaturahmi antara Gerindra den-gan masyarakat," ungkap Sazanidi hadapan ribuan masyarakatpeserta jalan santai.

    Seluruh rangkaian Harlah Ger-indra berlangsung secara meriah,apalagi hampir semuanya dihadi-ri oleh pengurus DPD, DPC Batamdan segenap Anggota DPRD Ba-tam, diantaranya Nyanyang HarisPratamura, Harmidi Umar Husen,Rindu Mulya Purba dan MarlonSiahaan serta Werton Pangga-bean. Khusus di acara puncak turutdihadiri langsung oleh seluruh pen-gurus DPD, DPC 7 kabupaten/kotaserta para kader, simpatisan danribuan masyarakat.

    Di akhir acara, Iman Sutiawanmengajak seluruh pengurus dan kad-er untuk senantiasa berpegang padasemboyan Gerindra, yakni belajardari rakyat, berjuang untuk rakyatdan berkorban untuk rakyat. (ays)

    Serba 8 ..... sambungan Hal. 1

    itu hanya sekitar 3 rumah dengantempat tinggal Ruby. Saat itu kon-disi air laut sudah melebihi jalan dipelantar. Melihat itu Ruby bersa-ma anaknya berlarian menyelamat-kan diri ke arah jalan besar, men-cari tempat yang aman dari jan-gkauan ombak. Sementara suamin-ya dan warga lainnya terjun ke lautuntuk mengamankan kayu runtu-han rumah kosong yang roboh ituagar tidak dibawa ombak dan meng-hantam rumah lainnya.

    "Saya dan anak-anak langsungberlarian menyelamatkan diri kearah jalan besar dan mencari tempatyang aman dari jangkauan ombak.Sampai sekarang saya belum tidurpak,"ucap Rubi, kemarin.Kata Rubi,sejak Minggu pagi warga di sekitarmemang sudah bersiaga, karenahujan lebat disertai angkin kencang.

    ''Kami memang bersiaga daripagi, namun biasanya kalau ada airpasang tinggi air hanya sekitar 2,5meter, dan malam itu tinggi airsampai 3 meter. Dan yang membuatrusak adalah hempasan ombak

    yang keras sehingga kayu runtuhanrumah kosong menghantam rumahyang lainnya, termasuk rumahsaya,"ungkap Rubi.

    Senada disampaikan, Isnan tet-angga Rubi. Ia mengaku malam ke-jadian itu sangat mencekam. Anginbertiup dengan kencang disertaigemuruh gelombang yang sangatdahsyat. Satu persatu rumah yangada di sekitar dihantam gelombanghingga roboh. Kayu-kayu penyanggarumah pun patah.

    "Rumah saya lebih dekat denganrumah yang runtuh, dan kondisi ru-mah saya juga hampir roboh. Adabeberapa tiang penyangga rumahyang patah. Namun syukur masihbisa menahan rumah. Satu hari inibenar-benar melelahkan. Kami be-lum ada istirahat dan tidur. Bahkansemalam kami beramai-ramai ber-enang di tengah ombak yang kuatuntuk mengamankan kayu-kayu ru-mah yang roboh agar tidak mener-jang rumah yang masih berdiri,"ucapIsnan yang kesehariannya bekerjasebagai karyawan Shipyard di ka-

    wasan Batumerah tersebut.Hingga kemarin, Isnan dan warga

    lainnya terlihat sibuk mengambilbarang-barang warga yang hanyutditerjang gelombang. Satu persatuperalatan rumah tangga yang masihbisa dipakai mereka ambil dan mem-bersihkannya kembali. Terlihat, mere-ka turun ke bawah rumah panggunguntuk memungut barang-barang yangmasih layak untuk digunakan. Tidakterkecuali baju-baju, peralatan me-masak, kompor, kuali dan piring.

    Camat Batuampar, Leo Candramengatakan ada sekitar 67 rumahrusak, 20 diantaranya roboh dan 47rumah lainnya rusak ringan mau-pun rusak berat.

    "Kami dari pihak kecamatansudah berkoordinasi dengan pi-hak-pihak terkait untuk menang-gulangi bencana yang menimpawarga di sini. Sementara Poskosudah di buat di dekat masjid, danbantuan yang ada sekarang masihdari warga sekitar maupun swas-ta yang ada di lingkungan Batu-merah,'' katanya. (cw51)

    tap). Kalau tidak bisa diperi-ngatkan sampai membahayakannyawa orang lain, itu boleh (ditem-bak). Ada protapnya masing-mas-ing," kata Helmy usai meninjaukorban bencana badai yang meng-hancurkan puluhan rumah di ka-wasan Batumarah, Batuampar,Batam, kemarin.

    Kata Helmy, pelaku kejahatanterkadang membacok, menusukatau memukul kepala korban un-tuk merampas motor, atau meram-pok sehingga mengancam nyawakorban. Sehingga ia telah memer-intahkan anggotanya agar tidak se-gan-segan menembak pelaku keja-hatan. Apalagi sampai melawandan membahayakan petugas yangakan menangkapnya.

    Perintah itu lanjut Helmy se-mata-mata untuk membatasi ke-jahatan dan memberi rasa aman,nyaman tenteram kepada warga

    Batam. Karena selama ini, kerapterjadi aksi kejahatan mulai per-ampasan motor, perampokan,jambret dengan menggunakan sen-jata untuk mengancam korban.

    "Ini tidak bisa dibiarkan kare-na masyarakat butuh perlindun-gan keamanan," terangnya.

    Untuk memberi rasa aman kepa-da masyarakat, Kapolres memerin-tah kepada seluruh jajaran polsekuntuk menjaga daerah yang dianggaprawan seperti jalan sepi. Karena se-lama ini sasaran pelaku kejahatanadalah memanfaatkan jalanan sepiuntuk memperdayai korbannya.

    "Kita akan ada program me-nggelar patroli pada malam haridan siang hari. Terutama patrolikhusus yang dilakukan oleh Pol-wan baik di perumahan maupun dimal-mal, serta di tempat yang di-anggap rawan lainnya,"ungkapnya.

    Kemudian, lanjut Helmi, pi-

    haknya juga akan melakukan pe-metaan atau pola tindakan keja-hatan yang ada di 13 Polsek ter-hadap semua jenis kejahatan, sep-erti curas, curanmor, perkelahian,penganiayaan dan lainnya. Nan-tinya setiap pemetaan itu di buatevaluasi, mana daerah yang angkakriminalitasnya tinggi maka vol-ume patroli akan ditingkatkan.

    "Nanti bisa dilihat, denganadanya program serta peningkatanpatroli tersebut maka akan dapatmengurangi angka kejahatan didaerah tersebut," kata Helmy.

    Ia berharap kepada masyara-kat agar membantu polisi yangsedang melaksanakan tugas.Jumlah polisi diakui tidak seband-ing dengan jumlah penduduk Ba-tam. "Jika ada orang yang men-curigakan berada di satu wilayahsegera lapor ke polisi terdekat,"imbaunya.(cw51)

    Tembak di ..... sambungan Hal. 1

    seperti biasa."Pada Minggu bandara ditutup

    selama lebih kurang 12 jam. Iniakibat alat navigasi rusak disam-bar petir," kata Kabag Keuangandan Humas Bandara Hang NadimSuwarso melalui ponselnya, ke-marin.

    Ia mengatakan bagi maskapaiyang ditunda keberangkatan mau-pun kedatangan sudah diberikankompensasi termasuk penumpangpesawat.

    Disebutkannya, walaupun pi-haknya dan maskapai lain hampirpasti kehilangan pendapatan aki-bat penutupan, ia mengatakan, haltersebut tidak terlalu menjadi per-soalan. Sebab pihak bandara su-dah melakukan langkah tepat den-gan menutup semua jadwal akibatcuasca buruk dan rusaknya alatnavigasi sehingga tidak memu-ngkinkan untuk kegiatan pener-bangan.

    "Saya pikir bandara lain di selu-ruh dunia dengan kondisi cuaca danrusaknya alat navigasi pasti akanmelakukan hal serupa," katanya.

    Artinya, tambah Suwarso,otoritas bandara sudah melaku-kan fungsinya untuk mengutama-kan safety dalam kegiatan pener-bangan. "Jadi saya pikir tidak perluada yang dirisaukan dengan per-soalan pendapatan maskapai kare-na situasinya force majeur. Sebabsafety merupakan prioritas utamadalam industri ini," katanya.

    Pantauan di lapangan kemar-in, Bandara Hang Nadim padapukul 07.00 WIB kembali berop-erasi. Terlihat ratusan calon pen-umpang dari berbagai maskapaiantre memasuki gate 1 dan gate 2untuk melakukan cheking dan se-lanjutnya menuju ruang tungguyang berada di lantai dua.

    Burhan, calon penumpang Liontujuan Palembang mengatakan,ia sejak Minggu batal berangkatkarena cuaca buruk. Meski demiki-an pihak maskapai telah menyedi-akan hotel sebagai kompensasi.

    "Pesawat delay akibat cuacaburuk dan kami menginap di hotelyang ditanggung maskapai Lion,"Kata Burhan di Gate 7 lantai duabandara Hang Nadim Batam, Se-nin (8/2).

    Kepala Bagian dan KeuanganBandara Hang Nadim Batam Su-warso mengatakan pihaknya su-dah membuka kembali jalur pener-bangan. Pasalnya pihak teknisiAirnav sudah berhasil memperbai-ki kerusakan alat akibat disambarpetir.

    Alhamdulillah kemarin HangNadim sudah beroperasi kembali,

    namun masih dalam kondisi 50persen. Rencananya pukul 15.00WIB ini kami akan melakukan ra-pat mengenai kelanjutan opera-sional bandara. Jika dalam rapatnanti pihak Airnavy mengatakansudah ready 100 persen maka ban-dara Hang Nadim tidak akan ditu-tup malam harinya dan tetapberoperasi,"katanya.

    Pelabuhan PunggurSelain bandara, Otoritas Pela-

    buhan Punggur, Batam melakukanpenghentian keberangkatan kapalantar pulau melalui pelabuhantersebut akibat cuaca buruk.

    Penghentian kebarngkatanmulai pukul pukul 15.00 WIB sam-pai pukul 17.00 WIB itu terpaksadilakukan pihak Syahbandar disaat penumpang ramai demi kese-lamatan penumpang. Sebab jarakpandang di laut hanya 200 meter.

    "Ya penghentian pelayaran ka-pal antar pulau terpaksa kamihentikan akibat cuaca buruk," Ke-pala Syahbandar Pelabuhan Pung-gur, Erwin, kemarin.

    Meski demikian, kemarin pi-haknya hanya mengeluarkan im-bauan, bukan larangan bila cuacasangat buruk yang mengakibatkankeselamatan pelayaran maka daripos-pos pelabuhan penumpang ber-hak menunda pelayaran dan di-laporkan ke Kabid Kesyahbandaran.

    Karimun Cuaca ekstrim juga melanda

    wilayah Perairan Karimun selamadua hari, Minggu-Senin (7-8/1).Tinggi gelombang laut diperkira-kan mencapai 2-3 meter. Sejum-lah kapal cepat terpaksa menundakeberangkatan hingga berjam-jamlamanya. Kapal fery MV Gembira5 yang telah berangkat dari Pela-buhan Syahbandar Tanjungbatutujuan Pulau Batam terpaksakembali lagi ke Tanjungbatu. Pa-dahal, kapal tersebut sudah berla-yar selama 30 menit.

    Kepala Seksi Gamat Pelabu-han Syahbandar Tanjungbatu, EkoHaris Setiawan mengatakan cuacadi Perairan Kundur pada Minggu(7/2) pagi memang sangat tidak ber-sahabat kapal tidak meneruskanpelayaran. Keputusan nakhoda ka-pal untuk kembali ke pelabuhanitu mermang sangat tepat. Hal iniuntuk mencegah hal-hal yang ti-dak diinginkan.

    "Kami sudah menginstruksi-kan kepada nakhoda kapal agarmenunda keberangkatan ataukembali lagi ke pelabuhan ketikadi tengah laut berhadapan dengangelombang yang tinggi. Keselama-tan penumpang merupakan yangutama. Tidak ada toleransi atau-

    pun tawar-menawar soal nyawamanusia," ungkap Eko.

    Menurutnya, penundaan ke-berangkatan pun diberlakukanbagi semua kapal tujuan PulauBatam sampai menunggu cuacakembali normal. Setelah cuacamulai membaik dan memungkin-kan untuk dilakukan pelayaran,maka pihaknya kembali memerin-tahkan nakhoda kapal untuk tetapmelanjutkan pelayaran.

    Pantauan di lapangan, kemar-in kapal cepat tujuan Guntung-Riau yang seharusnya berangkatsekitar pukul 11.00 WIB untukkeberangkatan pertama terpaksaditunda sampai beberapa jam la-manya. Kapal itu baru dapat dib-erangkatkan pada pukul 15.00WIB atau terjadi penundaan seki-tar enam jam.

    Penundaan keberangkatanmenurut Eko, juga terjadi di Pela-buhan Sekupang-Batam untuk tu-juan Tanjungbatu. Sehingga cuacalaut dari kedua jalur pelayaran itudinilai memang benar-benar se-dang buruk sehingga terpaksa se-mua kapal yang berangkat untukdari dan tujuan Batam ditunda.

    "Kami juga melarang seluruhkapal penumpang melakukan pela-yaran hari ini (kemarin) sampai kon-disi cuaca kembali normal. Tujuan-nya hanya satu yaitu keselamatan.Kami tentu saja tidak mau terjadin-ya kecelakaan di laut ketika mun-culnya cuaca ekstrim seperti ini. Inisemua demi menjaga keselamatanpara penumpang," tuturnya.

    Bukan hanya di Kundur, cuacaekstrim juga melanda wilayah Pu-lau Karimun Besar dan sekitarnya.Gelombang laut yang tinggi men-ciptakan gelombang putih (whitehorse) di tengah laut. Selain ge-lombang kuat, wilayah perairanKarimun juga dilanda badai yangcukup dahsyat. Hempasan ombakbahkan sampai ke badan jalan dipinggir pantai Karimun.

    Di Coastal Area TanjungbalaiKarimun misalnya, hempasanombak yang besar mengakibatkanair laut sampai ke badan jalan. Airlaut besar tersebut menyisakansampah di pinggir jalan. Hampir disepanjang badan jalan CoastalArea ditemukan tumpukan sam-pah di sisi bagian pinggir pantai.

    "Sudah dua hari ini gelombanglaut sangat tinggi. Lihatlah, air lautbahkan sampai naik ke badan jalan.Air laut bahkan membawa sampahyang menumpuk di pinggir pantai.Cuaca seperti ini, memang biasaterjadi pada saat memasuki tahunbaru China atau Imlek," ujar Chan-dra, warga Karimun. (par/gan/ham)

    Bandara Tutup ..... sambungan Hal. 1

    pukul 06.00 WIB dan kembali mer-obohkan rumah-rumah yang ada disekitar pantai tersebut.

    "Baru pukul 10.00 WIB, air lautsurut sampai sekarang. Tidak adayang bisa diselamatkan, mas. Per-abotan, hancur semua, dokumen-dokumen penting hilang," jelas Iwanyang mengaku rumahnya turut hi-lang ditelan ombak.

    Selain merusak rumah, gelom-bang air laut juga memutuskan ak-ses jalan warga. Meski jalan ter-buat dari beton, namun akibatkuatnya gelombang membuatnyahancur terbelah dua.

    "Sebelum kejadian warga sudahmendapatkan informasi bahwagelombang air laut akan naik seki-tar tiga meter, kata Zamzibar,Ketua RW 1 Batumerah, kemarin.

    Para korban yang rumahnyahancur dihantam gelombang saatini mengungsi di Masjid Al-Mu-hajirin, tak jauh dari pemukimanmereka.

    Warga setempat, Syahrial men-gatakan ombak pasang yang terja-di kemarin malam begitu cepat."Langsung menghancurkan sebagi-an rumah saya," katanya.

    Saat ini katanya untuk sement-ara ia mengungsi di masjid, ujarSyahrial.

    Pantauan di lokasi, hingga pukul12.30 WIB, sebagian warga terlihatsibuk mengambil barang-barangmereka yang hanyut diterjang ge-lombang. Satu persatu peralatan ru-mah tangga yang masih bisa dipakaimereka ambil dan membersihkan-nya kembali. Terlihat, mereka turunke bawah rumah panggung untukmemungut barang-barang yang ma-sih layak untuk digunakan. Tidakterkecuali baju-baju, peralatan me-masak, kompor, kuali dan piring.

    "Yang masih bisa kita pakaimasih kita selamatkan. Dalamkondisi seperti ini kita harus bisamemanfaatkan benda yang masihbisa digunakan," ungkap Rizal, se-orang warga yang menjadi korbanmusibah tersebut.

    Sejauh ini, Tim Tagana yangdibantu Satpol PP dan SabharaPolresta Barelang ikut membersih-kan puing-puing kayu rumah wargayang hancur diterjang gelombang.Beberapa kayu yang masih bisadigunakan mereka kumpulkan.

    Sementara Satuan SabharaPolresta Barelang tengah sibuk

    membuat tenda darurat di sekitarlokasi yang terkena bencana. Tendatersebut nantinya akan dijadikantempat untuk mereka berteduhataupun sebagai dapur umum.

    Kembali TerjadiWarga yang terkena musibah

    angin dan gelombang besar di Ba-tumerah Bawah memperkirakanangin kencang dan gelombang ting-gi, akan kembali terjadi pada duaatau tiga hari kedepan. Perkiraanitu berdasarkan pada pengalaman-pengalaman sebelumnya.

    "Dua atau tiga hari lagi, angindan gelombang akan seperti ini.Seperti tahun-tahun sebelumnyajuga," kata Rizal seorang wargayang sudah belasan tahun tinggal diwilayah tersebut.

    Menurutnya warga, kemungki-nan malam ini kondisi cuaca jugamasih buruk. Sebab itu, warga be-lum berani balik ke rumah mereka.Mereka lebih memilih untuk ting-gal di tempat sanak famili sampaicuaca benar-benar membaik.

    "Malam ini (kemarin) kami be-lum berani balik kerumah. Sayahanya menyelamatkan barang-barang saja. Anak dan istri masihkita titipkan di tempat keluargasaya,"ujar Rizal lagi.

    Kapolresta Barelang, KombesPol Helmy Santika turut prihatinatas bencana air pasang yang men-impa warga Batumerah tersebut.

    "Kami ikut prihatin atas mu-sibah yang menimpa , dan secepat-nya rumah yang rusak bisa di ban-gun kembali sehingga warga yangmengungsi bisa cepat kembali kerumah masing-masing,"ungkapHelmy saat meninjau langsung kor-ban di Batuamerah, kemarin.Diaberjanji pihaknya akan membantumengamankan warga khususnyaterhadap barang-barang warga yangdievakuasi.

    BantuanPemerintah Kota Batam mela-

    lui Dinas Sosial Taruna Siaga Ben-cana (Tagana) turun ke lokasi peru-mahan warga di Batu Merah, BatuAmpar, Batam, yang hancur akibatbencana alam berupa angin dangelombang, Minggu (7/2).

    Kabag Humas Pemko Batam,Ardiwinata mengatakan, tim baruditurunkan di Batumerah karenamerupakan tempat yang palingbanyak korban.

    "Ada dua tempat yang kami da-

    pat informasinya, satu di Batu Be-sar dan Batumerah. Yang di BatuBesar itu hanya sedikit, ada duarumah warga saja, jadi sifatnyakekeluargaan saja. Mereka sedangmengungsi di rumah warga lain.Tapi kalau yang di Batumerah, kitasudah buat posko di situ. Tim dariTagana juga sudah turun," ujar Ardi-winata melalui sambungan telepon.

    Posko darurat di Batumerahdibangun selama tiga hari kedepan, atau bisa lebih sesuai kebu-tuhan. Saat ini, selain tenda dandapur umum, bantuan logistik puntengah berjalan bagi seluruh kor-ban.

    "Sekarang baru yang sifatnyadarurat, tapi akan menyusul bantu-an lain jika dianggap diperlukan.Contohnya seragam anak-anakyang sekolah, termasuk susu untukanak-anak akan didrop juga," ucapdia.

    Menurut Ardi, para korban ben-cana alam tersebut pun telah dipin-dahkan ke tempat yang aman, ter-lindung serta cukup jauh dari loka-si yang diperkirakan bisa tersapugelombang lagi.

    "Tentu ada rasa kekhawatiranakan terjadi lagikan, makanya kitapindahkan ke tempat yang sudahdisesuaikan. Pastinya aman danmemang terlindung," kata dia.

    Namun demikian, Pemko tetapmeminta warga sekitar untuk tetapwaspada akan potensi terjadi ben-cana serupa. Mengingat situasi cua-ca di Batam masih cenderung be-rangin.

    "Inikan masanya pancaroba, jaditidak menutup kemungkinan cuacaekstrim bisa terjadi lagi. Kita mintawarga tetap waspada, terutama yangdi Nongsa. Karena di sana memangbaru dua rumah, kita tidak tahu apa-kah bisa bertambah lagi. Jadi haruslebih ekstra waspada. Warga kitaharap tetap berkoordinasi dengan lu-rah dan camat setempat," tutur dia.

    Disinggung mengenai penggantiantempat tinggal bagi warga yang ru-mahnya hancur, atau bahkan sudahhanyut terbawa gelombang laut, Ardibelum dapat berkomentar banyak.

    Menurut dia, saat ini PemkoBatam melalui Dinas terkait fokuskepada hal yang darurat lebih dulu.

    "Soal yang lain-lain, nanti di eval-uasi dulu, memungkinkan atau tidak.Semantara kita fokus untuk yangdarurat dulu," ucap dia.(cw51/par)

    67 Rumah ..... sambungan Hal. 1

  • bisnis2 Selasa, 9 Februari 2016

    Editor: Amir Yunus , Layout: Hermanto

    Kepala Badan Pusat

    Statistik Kepulauan Riau Du-

    mangar Hutauruk, di Tanjung-

    pinang, Jumat, mengatakan

    pertumbuhan ekonomi di

    tahun 2015 terjadi pada selu-

    ruh lapangan usaha.

    "Penyediaan akomodasi

    dan makan minum merupa-

    kan lapangan usaha yang

    mengalami pertumbuhan ter-

    tinggi sebesar 13,56 persen,

    diikuti oleh jasa lainnya sebe-

    sar 13,07 persen dan perda-

    gangan besar dan eceran, dan

    reparasi mobil dan sepeda

    motor sebesar 12,67 persen,"

    katanya.

    Dia menjelaskan struktur

    perekonomian Kepri menurut

    lapangan usaha tahun 2015

    didominasi oleh tiga lapangan

    usaha utama yaitu industri

    pengolahan 38,45 persen, kon-

    struksi 17,58 persen, serta

    pertambangan dan pengga-

    lian13,48 persen.

    Bila dilihat dari penciptaan

    sumber pertumbuhan ekonomi

    Kepri tahun 2015, industri pen-

    golahan memiliki sumber per-

    tumbuhan tertinggi sebesar

    2,26 persen, diikuti perdagan-

    gan besar dan eceran serta rep-

    arasi mobil dan sepeda motor

    sebesar 0,95. dan konstruksi

    sebesar 0,63 persen.

    "Pada triwulan IV tahun

    2015 ekonomi Kepri tumbuh

    5,20 persen bila dibandingkan

    triwulan IV tahun 2014. Per-

    tumbuhan tidak terjadi pada

    seluruh lapangan usaha,"

    ujarnya.

    Dia menambahkan penye-

    diaan akomodasi dan makan

    minum merupakan lapangan

    usaha yang memiliki pertum-

    buhan tertinggi sebesar 19,90

    persen, diikuti jasa lainnya

    sebesar 16,47 persen, serta

    transportasi dan pergudangan

    sebesar 15,86 persen.

    Struktur perekonomian

    Kepulauan Riau pada triwu-

    lan IV tahun 2015 didominasi

    oleh tiga lapangan usaha uta-

    ma yaitu industri pengolahan

    38,45 persen, konstruksi 17,58

    persen dan pertambangan dan

    penggalian 13,48 persen.

    Sumber utama pertumbu-

    han ekonomi Kepulauan Riau

    triwulan IV tahun 2015 adalah

    industri pengolahan sebesar

    1,72 persen, diikuti perdagan-

    gan besar dan eceran dan rep-

    arasi mobil dan sepeda motor

    sebesar 1,02 persen, dan perta-

    nian, kehutanan dan perikan-

    an sebesar 0,53 persen.

    "Ekonomi Kepri triwulan IV

    tahun 2015 mengalami ekspan-

    si 2,44 persen bila dibanding-

    kan triwulan sebelumnya. Hal

    ini didorong oleh efek menjelang

    Natal dan tahun baru yang

    mendorong lapangan usaha

    jasa-jasa dan lapangan usaha

    perdagangan besar dan eceran

    dan reparasi mobil dan sepeda

    Motor mengalami ekspansi

    sebesar 4,22 persen," katanya.

    Hutauruk mengatakan

    pada triwulan IV tahun 2015

    penyerapan anggaran belanja

    modal di pemerintahan yang

    meningkat sehingga mengaki-

    batkan lapangan usaha admin-

    istrasi pemerintahan, pertaha-

    nan dan jaminan sosial wajib

    meningkat 8,24 persen.

    "Pertumbuhan q-to-q tert-

    inggi pada lapangan usaha

    penyediaan akomodasi dan

    makan minum yang mengala-

    mi ekspansi sebesar 9,17 pers-

    en, diikuti oleh lapangan usaha

    pengadaan listrik dan gas sebe-

    sar 8,52 persen serta lapangan

    usaha Jasa lainnya meningkat

    dibandingkan triwulan sebel-

    umnya sebesar 8,44 persen,"

    katanya. (ant)

    Perekonomian Kepri Tumbuh 6,02 %TANJUNGPINANG (HK) Badan PusatStatistik (BPS) mencatat perekonomianKepulauan Riau tahun 2015 mengalamipertumbuhan sebesar 6,02 persen, turundibanding tahun 2014 yang mencapai 7,32persen.

    INT

    RAPAT KOORDINASI - Kepala BPS Kepri, Dumangar Hutauruk (tengah) memimpin rapat koordinasi internal beberapa waktulalu. Salah satu yang menjadi point penting BPS Kepri mengenai pertumbuhan ekonomi Kepri.

  • CMYK

    CMYK

    CMYK

    Editor: Amir Yunus, Layout: Agung R

    bisnis3 Selasa, 9 Februari 2016

    Ungkap Cinta Bersama TakadeliAneka Cake dan Coklat di Moment Valentine

    BATAM (HK) Untuk mengungkapkan cintaatau pesan cinta kepada orang tersayang dihari Valentine, khususnya kaum muda-mudi,tidak usah risau. Sebab, di moment Valentinekali ini Takadeli Cake Boutiquemeny iapkan apa yangmenjadi kebu- tuhan anda.

    Amir YunusLiputan Batam

    Dimana costumer ataupelanggan setia TakadeliCake Boutique, dapat mem-berikan ungkapan cintamelalui cake atau coklat pra-line yang ditawarkanTakadeli dengan kemasanunik, ekskusif, dan berkuali-

    Produk-produk Valentinetersebut, lanjutnya, tidakhanya bisa dijumpai di out-let-outlet Takadeli Batam,tetapi pelanggan setia jugabisa Wmendapatkan produktersebut di stand event pame-ran Valentine di Lantai IBCS mal. RtRur

    "Yang lebih spesial lagi,kami menyiapk rasa cake danmodel serta dengan diskonhingga 40 persen," terangnya.

    Secara detail Bahar mene-jelaskan, promo 40 persenberlaku untuk pembeliandengan kartu kredit Bukopin,promo diskon 20 persen untukkartu kredit BRI, kemudiandiskon Takadelicios berlaku15 dan 10 persen dengansyarat dan ketentuan ber-laku.

    "Kami juga memberikandiskon 20 persen untuk peru-sahaan yang bekerjasamadengan Takdeli," jelasnya.

    Sementara beragam rasadan model cake yang disiap-kan di hari Valentine, diant-aranya 3 dimensi cake, ko-mbinasi cake, cream cake, ko-mbinasi cake spesial ukuran10 cm, mini-mini cake, cupcake, chox praline box dan choxpraline mika serta lollipop.

    "Aneka rasa dan modelmemberikan banyak pilihanpelanggan," imbuhnya.

    Untuk mendapatkan dis-kon dan aneka rasa cake dancoklat di moment Valentine,pelanggan dapat mengunjun-gi langsung outlet-outletTakadeli yang tersebar diKota Batam atau menghubun-gi customer service Takadeli diline telepon 0778467564/0778468564. (r)

    atas di hari Valentine."Tidak perlu risau, cukup

    datang ke Takadeli CakeBoutique anda dapat memi-lih beragam cake dancoklat untuk moment Val-entine anda," ujar market-ing Takadeli Cake Bou-tique Batam, Bahar keawak media, Jumat (5/2)kemarin.

    Harga SembakoStabil di Hari Imlek

    BATAM (HK) Kecemasan

    masyarakat akan naiknya

    harga-harga sejumlah ke-

    butuhan pokok menje-

    lang dan saat Perayaan

    Imlek, tidak terbukti. Pasal-

    nya, pantauan harga yang

    di lakukan koran ini d is-

    e jumlah pasar basah di

    Batam tetap stabil.

    Seperti halnya di pasar

    basah Aviari, pasar Sp Bat-

    uaji dan juga di Mitra Raya

    Batam Centre, harga-har-

    ga tetap stabil alis sama

    seperti beberapa hari se-

    belumnya.

    Beberapa kebutuhan

    pokok seperti beras, cabe,

    bawang yang menjadi pri-

    oritas utama dalam mem-

    buat masakan, harganya

    berkisar sama dengan

    minggu sebelumnya.

    "Hari imlek tidak terla-

    lu berpengaruh terhadap

    harga sembako bang, be-

    da dengan hari besar ke-

    agamaan lain, kita patut

    bersyukur karena k i ta

    berharap harga-harga ti-

    dak naik lagi , " u jar Ida ,

    pedagang sembako di pa-

    sar Aviari, Minggu (7/2).

    Dikatakannya, seperti

    c a b e h a r g a n y a b e r k i s a r

    sama dengan minggu se-

    belumnya Rp42.000 per

    kg, meskipun turun Rp-

    1 . 0 0 0 t a p i t i d a k t e r l a l u

    berpengaruh.

    Sedangkan, bawang

    merah sendir i harganya

    masih tetap normal juga

    Rp17.000 per kg, untuk

    bawang putih perbijinya

    masih tetap Rp2.000. Jadi

    harga minggu sebelumn-

    ya lebih kurang sama den-

    gan harga sekarang.

    S a m a h a l n y a d i s a m -

    paikan Ani, salah seorang

    p e d a g a n g d i p a s a r S p

    B a t u a j i . T i d a k a d a n y a

    k e n a i k a n h a r g a m e n j e -

    l a n g i m l e k , d a n h a m p i r

    d i p a s t i k a n d i s a a t p e r -

    a y a a n I m l e k j u g a t i d a k

    ada kenaikan, karena me-

    mang barang-barang ke-

    butuh tercukupi.

    Kalaupun menurutnya

    ada ada beberapa harga

    yang naik dan turun, teta-

    pi tidak signifikan. Sehing-

    ga menurutnya harga

    masih stabil, apalagi tidak

    muncul keluhan secara

    langsung dari pembeli.

    "Sebelumnya harga be-

    ras Rp170.000 untuk satu

    karung, beratnya 25 kg,

    sekarang agak turun sedi-

    kit Rp169.000," tutur Ani

    ke awak media.

    Dikatakan dia, Biasan-

    ya setiap perayaan Imlek

    datang, t idak sama den-

    gan hari besar lainnya, di-

    mana adanya kenaikan

    harga akibat stok terbatas,

    tetapi saat sekarang se-

    muanya lancar tanpa ken-

    dala. (cw56)

    Promo Khusus Menyambut Soft OpeningCK Hotel and Convention Hadir di Tanjungpinang

    TANJUNGPINANG (HK)

    CK Tanjungpinang Hotel

    & Convention Centre akan

    melakukan soft opening

    pada Kamis (11/2). Kegiatan

    Soft Opening ini merupakan

    awal beroperasi dari hotel

    bintang 4 tersebut dalam

    memberikan pelayanan bagi

    dunia perhotelan.

    "Sebanyak 100 kamar

    sudah kami siapkan menje-

    lang soft opening, bahkan

    kalau bisa lebih nantinya,

    dari total keseluruhan ka-

    mar yakni 260 kamar," jelas

    Marketing Communication

    Manager CK Tanjungpinang,

    Putri Agitiara, kemarin.

    Dijelaskan, bahwa jenis-

    jenis kamar tersebut me-

    liputi, Superior, Deluxe, De-

    luxe Balcony, Premier, Suite,

    Executive Suite dan Presi-

    dential Suite.

    Yang menarik menurut

    Putri Agitiara, pada saat

    Soft Opening nanti, akan

    digelar promo khusus den-

    gan harga kamar mulai dari

    Rp499.000 net/kamar/

    malam termasuk sarapan

    untuk 2 orang yang berlaku

    hingga akhir Februari men-

    datang.

    "Yang pasti kita mem-

    ber ikan promo khusus

    menyambut soft opening

    nanti , " ungkap Putri ke

    Haluan Kepri.

    Selain itu juga lanjut

    dia, CK Tanjungpinang

    dilengkapi dengan fasilitas

    seperti 20 ruang perte-

    muan, 1 Mega Ballroom

    berkapasitas sekitar 3.000

    orang (standing party) ,

    Soleil Restaurant, Oasis

    Coffee Bar, Valiant Music

    Lounge, Solitaire Fitness

    Centre, Aquatic Swimming

    Pool, SPA, Massage serta

    KTV. Fasil itas-fasi l itas

    tersebut akan dilengkapi

    dengan layanan seperti Air-

    port Transfer Service (on re-

    quest) , Room Service 24

    jam juga Koneksi Internet

    Gratis (Free Wifi).

    Putri menambahkan soft

    opening nanti akan digelar

    secara sederhana. Hanya di-

    hadiri internal Management

    dan Owner CK Tanjungpi-

    nang Hotel dan tentunya re-

    kan-rekan media.

    "Jika sudah lengkap se-

    mua, baru nantinya akan di-

    laksanakan grand opening

    akan," ungkapnya.

    Dalam melayani pelang-

    gan hotel nantinya kata Pu-

    tri, CK Tanjungpinang akan

    memberikan pelayanan pri-

    ma. Mulai dari layanan se-

    cara online hingga reservasi

    secara langsung. Ini dimak-

    sudkan untuk memberikan

    kemudahan bagi para tamu

    yang ingin menginap di CK

    Tanjungpinang Hotel.

    Untuk lebih jelasnya

    bisa menghubungi di CK

    Tanjungpinang Hotel & Con-

    vention Centre di jalan Raja

    Haji Fisabilillah km 8 Tan-

    jungpinang Kepulauan Riau

    - Indonesia.

    Dengan nomor HP +62-

    852 4700 9588, telepon +62-

    771 - 444 0 888, fax +62771

    - 444 0 866 dan email mar-

    [email protected]

    com, [email protected]

    nang.com. (eza)

    ISTIMEWA

    CK TANJUNGPINANG Hotel & Convention Centre berlokasi di jalan Raja Haji Fisabillah km 8 Tanjungpinang akan soft openingpada Kamis (11/2).

    ANEKA CAKE Dua orangmodel sedang memperlihatkancake dan coklat khusus yangdisiagakan Takadeli CakeBoutique di Moment Valentinekali ini. Aneka cake dan coklatini dikemas unik dengan nuansavalentine, sehingga pas untukmengungkap cinta kepada orangtersayang di hari istimewa.

    DERMAWAN/HALUAN KEPRI

  • Editor : Arment, Layout : Restu

    Bagi para siswa atau guru yang memiliki prestasi gemilang di sekolah atau ada acara di sekolah mau diterbitkan di Harian Umum Haluan Kepri,silahkan hubungi wartawan Haluan Kepri, Arment, melalui 081277177598.

    pendidikan4 Selasa, 9 Februari 2016

    DIBUTUHKAN

    SEGERA !Sekolah SALMAN AL FARIZI

    BATAM

    1. Tamatan Pondok Pesantren

    Modern GONTOR

    2. LPGTK

    3. Tenaga Administrasi

    4. Tenaga Pendidik Strata 1

    Diutamakan :

    1. Mampu berbahasa Inggris

    2. Mampu mengoperasikan

    komputer

    Lamaran ditujukan /

    Menghubungi :

    Alamat : Kampung Odesa Blok A

    16 No. 7 - 8 Batam Centre.

    Depan Bandara Hang Nadim)

    Contact Person : 0813 7219 7046- 0812 6627 3743

    Empat Jenis Kereta Api IndonesiaKERETA api penumpang diIndonesia dibedakan menja-di empat jenis berdasarkansistem kerja lokomotifnya.Kereta Rel Diesel (KRD).Merupakan rangkaian kere-ta api penumpang dimanapada setiap gerbong keretaterdapat penggerak berupatraksi motor pemutar rodagandar untuk menjalankangerbong secara serempak.Sumber tenaga untuk men-jalankan sistem penggeraktersebut berupa sumber lis-trik internal yang berasal

    dari pembangkit diesel yangdipasang pada setiap ger-bong.

    Kereta Rel Listrik (KRL).Memiliki penggerak yangsama seperti KRD denganmenggunakan traksi motorpemutar roda gandar padasetiap gerbongnya. Hanyasaja sumber tenaganya be-rasal dari listrik eksternalyang terdapat di kolong ger-bong. Jika melihat KRLpada sisi atas maka kitaakan melihat benda berben-tuk trapesium. KRL hanya

    beroperasi untuk rute jarakpendek dan komuter.

    Kereta Diesel. Merupa-kan rangkaian kereta apiyang ditarik oleh lokomotifdengan menggunakan mesinpenggerak berupa dieselyang berbahan bakar solar.Terdapat dua jenis lokomo-tif diesel, yaitu LokomotifDiesel Elektrik dan Lokomo-tif Diesel Hidrolik. KeretaUap, yakni merupakan rang-kaian kereta penumpangyang menggunakan lokomo-tif uap sebagai penarik ger-

    bongnya. Lokomotif uapbekerja dengan cara me-manfaatkan tekanan uapdari ketel besar yang di-gunakan untuk menggerak-kan piston yang akan men-dorong dan menarik rodalokomotif sehingga bisa ber-putar. (edukasi)

    UN Agama Pakai Dua Tipe SoalYOGYAKARTA (HK) Siswa SMA/sede-rajat sedang bersiap menghadapi ujiannasional (UN). Selain mempelajari ber-bagai mata pelajaran umum, mereka jugaharus menguasai materi ujian untuk matapelajaran agama. Persiapan juga dilaku-kan oleh Kementerian Agama (Kemenag),termasuk kantor-kantor perwakilannya diberbagai daerah.

    Kemenag di Daerah Is-

    timewa Yogyakarta (DIY)

    misalnya, telah bersiap

    menggelar UN Pendidikan

    Agama bagi siswa jenjang

    SD/sederajat hingga SMA/

    sederajat pada tahun ajaran

    2015/2016. UN Pendidikan

    Agama ini sedikitnya akan

    diikuti 43 ribu siswa jenjang

    SD, 34 ribu siswa jenjang

    SMP, 13 ribu siswa jenjang

    SMA dan 18 ribu siswa jen-

    jang SMK yang tersebar di

    lima kabupaten/kota di DIY.

    Kepala Seksi Pendidikan

    Agama Islam (PAI), Bidang

    Mapenda, Kemenag DIY,

    Sunu Darsono, menyatakan,

    pihaknya telah menyiapkan

    dua jenis soal berbeda ter-

    kait pelaksanaan UN PA

    tersebut. Yakni soal yang di-

    buat berdasarkan Kuriku-

    lum 2013 (K13) serta soal

    yang dibuat berdasarkan

    kurikulum 2006 atau Kuri-

    kulum Tingkat Satuan Pen-

    didikan (KTSP). Setiap se-

    kolah nantinya akan dibe-

    rikan soal ujian sesuai de-

    ngan kurikulum yang diajar-

    kan setahun terakhir.

    "Kami juga sudah meme-

    takan sebelumnya mana se-

    kolah yang menggunakan

    K13, mana KTSP. Sehingga

    nanti mereka akan menda-

    patkan soal sesuai dengan

    kurikulum yang digunakan

    masing-masing. Sehingga

    tidak perlu khawatir soal

    tidak sesuai dengan kuriku-

    lum yang diajarkan," kata

    Sunu. Proses pencetakan soal

    sendiri rencananya akan mu-

    lai dilakukan pada minggu

    ketiga Februari. Sedikitnya

    168 pokja disiapkan di selu-

    ruh DIY guna kelancaran pe-

    laksanaan UN PA tersebut.

    Sementara proses pelaksa-

    naan masih sama seperti ta-

    hun lalu, yakni mengguna-

    kan sistem ujian berbasis

    kertas.

    Tahun ini adalah kali ket-

    ujuh Kemenag DIY menggelar

    UN Pendidikan Agama. Me-

    nurut Sunu, belum semua

    sekolah mengikuti UN PA

    tahun ini. Masih ada seko-

    lah-sekolah yang menolak

    mengikuti UN PA karena

    memiliki kebijakan sendiri.

    "Memang masih ada yang

    belum ikut. Rata-rata adalah

    sekolah di bawah yayasan

    tertentu. Kami mempersila-

    kan saja karena yayasan pu-

    nya kebijakan sendiri," ka-

    tanya. ***

    Siswi Hamil Boleh Ikut UNMUKOMUKO (HK) Se-tiap tahun, polemik tentangkeikutsertaan siswi hamildalam ujian nasional (UN)mengemuka. Dinas Pendi-dikan dan Kebudayaan Ka-bupaten Mukomuko, Beng-kulu mengizinkan siswi ha-mil karena korban keke-rasan seksual untuk me-ngikuti UN 2016.

    "Kami beri dispensasi de-ngan pertimbangan secarakemanusiaan," kata KetuaUN Dinas Pendidikan danKebudayaan Kabupaten Mu-komuko Suryono di Mukomu-ko, Sabtu (6/2) lalu.

    Namun, katanya, pembe-rian dispensasi itu harus di-lihat latar belakang masa-lahnya dulu. Dispensasi ti-dak berlaku bagi siswa yang

    dengan sengaja berpacaranlalu hamil kemudian meni-kah. Karena, menurutnya,perbuatan siswa seperti itumemang disengaja bukankarena menjadi korban ke-kerasan seksual. "Kalausiswa sendiri yang berbuatsampai hamil silahkan mere-ka mengikuti ujian paketsaja," ujarnya lagi.

    Dia berharap, pada UNtahun ini tidak ada lagi kasussiswa di daerah itu yang hamildi luar nikah yang menjadi pe-serta UN. Karena, beberapakali UN pada tahun sebelum-nya, ada saja ditemukan siswayang masuk daftar nominasitetap (DNT) peserta UN yanghamil. Sementara jumlahsiswa tingkat SD, SMP, danSMA yang masuk dalam DNT

    peserta UN tahun ini, katanya,belum dapat dipastikan kare-na data yang ada di instansi

    itu singkronisasi dengan datadi Dinas Pendidikan ProvinsiBengkulu. (oke)

    Perayaan Imlek Sekolah Permata Harapan 2

    SAGULUNG (HK) Un-tuk lebih merekatkan keber-samaan antar agama dantradisi budaya diantara sis-wa-siswinya Sekolah Perma-ta Harapan 2 yang berlokasidi kawasan Sagulung meng-gelar perayaan Imlek, Sabtu(6/2). Perayaan Imlek ini ber-tempat di TOP 100 Tembesi,di sponsori Mall TOP 100Tembesi dan Susu Zee.

    Kepala Sekolah PermataHarapan 2 Gregorius Gawi,menuturkan bahwa pera-yaan Imlek ini merupakankegiatan tahunan sekolah-nya, berikut kegiatan tradisimaupun keagamaan lain-

    nya, seperti Idul Fitri, IdulAdha, Natal, Muharraman,Isra Miraj, dan masih ba-nyak lagi liannya. Kegiatanini diadakan dimaksudkanagar para siswanya melaluikegiatan keagamaan dan be-ragam suku, bisa dipersatu-kan dalam kebersamaandan berbaur saling menghor-mati perbedaan, serta ikutmelestarikan budaya.

    "Untuk perayaan Imlektahun 2016 ini misalnya,sudah ke sekian kalinya ka-mi gelar. Diikuti oleh 800siswa dari mulai TK hinggaSMA dan SMK dengan gela-ran tarian tradisional, dance,

    barongsai, modelling, wushu,dan solo vocal Mandarin.Yang mana kesemuanya me-rupakan program ekskul se-kolah kami dan selalu kamilatih di sekolah," ujarnya.

    Program ekskul siswaini kata Gregorius, dilatihdan selalunya ditampilkandi setiap iven di luar se-kolah, di mall maupun ha-ri-hari besar agama, agarselain menambah keper-cayaan diri siswa juga su-dah merupakan programdari Sekolah Permata Ha-rapan 2, yaitu tak hanyapembelajaran akademikyang kita berikan, namun di

    non akademik pun diberi-kan juga.

    Sembari menyaksikanatraksi barongsai yang te-ngah berlangsung yang di-persembahkan oleh siswaSMA Permata Harapan 2,Gregorius mengungkapkan,bahwa untuk gelaran pe-rayaan imlek tahun ini, ha-nya membutuhkan persia-pan selama sebulan. "Kare-na setiap hari siswa sudahdibina melalui kegiatan eks-kul. Perlu kami jelaskan bah-wa sekolah kami memilikisistem pembelajaran Block-ing System, yaitu sistem be-lajar yang dibagi menjadi

    bloking, 1 semester itu terdi-ri dari 4 blok, durasi waktubelajar 1 blok itu sebanyak22 hari, setiap blok ada pe-ngujiannya, dan beranjakdari blok pertama ke blok be-rikutnya materi mata pela-jaran blok sebelumnya tidakakan dikeluarkan lagi dalamujian blok berikutnya, pem-bahasan mata pelajarannyasudah berbeda. Sehinggasiswa merata pemahaman-nya dalam setiap mata pela-jaran, pun di akhir ujian se-mester kami gabung seluruhpelajaran dari masing-mas-ing blok, dan poin-poin darimata pelajaran per blok se-mua ada di dalam ujianakhir semester," ulas Grego-rius lagi.

    Makanya, lanjut dia, pe-latihan untuk ekskul sekolahtidak mengganggu jadwalKBM siswa sehari-hari di-sebabkan sistem pembelaja-ran yang berbentuk blockingsystem tersebut, sehinggaprogram sekolah memberi-kan pembelajaran baik aka-demik dan non akademik,keilmuannya bisa rata diser-ap oleh siswa tanpa siswamerasa kewalahan membagiwaktu. "Selesai jadwal pem-belajaran akademik tadiyang 22 hari tadi, maka siswapunya banyak waktu luang,dan itu dijadwalkan untukpelatihan ekskulnya. JadiSiswa betul-betul dibekalitak hanya ilmu akademis,namun juga di gembleng da-lam ilmu non akademis. Se-hingga keilmuan yang me-reka terima merata, prestasipun merata mereka dapat-kan untuk masa depan mere-ka kelak,"timpalnya. (cw54)

    DIAN/HALUAN KEPRI

    PERAYAAN IMLEK Salah satu penampilan atraksi barongsai dalam perayaan Imlek di Sekolah Permata Harapan 2, Sabtu (6/2) lalu. Acara ini digelar di MalTOP 100 Tembesi, Batuaji.

    NET

    SALAH seorang siswi peserta UN sedang mengerjakan soal UN pada pelaksanaanUN tahun lalu.

  • LESBIAN, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) kini semakin marakdiperbincangkan, baik di Indonesia pada khususnya, maupun duniapada umumnya. Satu hal yang menjadi pertanyaan ialah, "Bagaimana

    perspektif hukum khususnya Islam sebagai agama mayoritas dinegara Indonesia dalam menyikapi kaum dengan ciri khas benderapelangi tersebut? Dibenarkankah jika LGBT dilegalkan di Indonesia,

    khususnya pada lingkungan universitas?"

    REDAKSI menerima kiriman artikel opini, surat pembaca, essai,dan informasi dengan syarat tidak menghina, memfitnah ataumenghujat seseorang atau kelompok serta tidak berbau SARA.Setiap surat dilengkapi identitas diri dan dikirimkan ke RedaksiHarian Umum HALUAN KEPRI, Bengkong Garama, Telp. (0778)427000 (hunting), Faks. (0778) 427784, E-mail: [email protected] Redaksi berhak mengolah ulang isi

    ojok

    Bandara Hang Nadim Tutup 12 Jam- Rusak navigasi, bukan isu bubar BP Batam.

    Tembak di Tempat Pelaku Kejahatan- Jangan sampai orang baik dituduh jahat!

    P

    Editor : Fery Heriyanto, Layout : Restu

    LGBT dalam Perspektif Hukum (Islam)

    Menyikapi Kondisi Alam

    KONDISI alam di Batam dansejumlah wilayah di Kepri yangkurang bersahabat sejak beber-apa hari terakhir, telah memberi-kan dampak terhadap masya-rakat. Seperti yang terjadi di ka-wasan pesisir Batu Merah, Ke-camatan Batuampar kemarin.Diketahui, puluhan rumah rusakdihantam kerasnya gelombang.Akibat peristiwa itu, puluhankepala keluarga harus kehilan-gan tempat tinggal mereka.

    Kerasnya ombak dan ting-ginya gelombang air laut, ser-ta kuatnya angin telahdiprediksi sejak beberapawaktu sebelumnya. Berdasar-

    Kemuliaan Wanita

    DUNIA pengobatan sejak za-man dahulu selalu berjalan seir-ing dengan kehidupan umatmanusia. Karena sebagai makhlukhidup, manusia amatlah akrabdengan berbagai macam penyak-it ringan maupun berat. Keinginanuntuk berlepas diri dari segala je-nis penyakit itulah yang mendor-ong manusia untuk berupayamenyingkap berbagai metodepengobatan, mulai dari mengon-sumsi berbagai jenis tumbuhansecara tunggal maupun yangsudah terkomposisi, yang diyakiniberkhasiat menyembuhkan jenispenyakit tertentu, atau sistem pem-ijatan, pembekaman hingga opera-si dan pembedahan.

    Namun seiring denganperkembangan peradaban manu-sia dan meningkatnya heterogen-si lingkungan masyarakat, makateknologi pertanian dan teknolo-gi produksi makanan juga men-galami peningkatan yang tajam.Budaya konsumerisme dan mate-rialisme menggiring manusia un-tuk mengonsumsi berbagai jenismakanan yang dianggap praktis(instan), lezat dan penuh variasi.Sayangnya, kebanyakan merekatidak menyadari bahwa produksimakanan semacam itu seringkaliterpaksa menggunakan berbagaijenis bahan kimia berbahaya, sep-erti borax (bahan pembuat deter-gen) dan formaline (bahan pem-bersih tingkat tinggi) sebagai ba-han pengawet, water glass (bahanpembuat sabun colek) sebagaipengenyal makanan seperti miedan sejenisnya, bahan pewarnatekstil (untuk membuat warna leb-ih cerah, seperti roti, krupuk dansejenisnya) yang disinyalir dapatmenyebabkan kanker, belum lagiberbagai bahan kimia pengemul-si, perencah, pelezat dan lain-lainyang semuanya amat merusakkesehatan.

    Ibnul Qayyim menandaskanbahwa orang-orang dahulu yangmakanan dan minumannya be-

    Judul Buku: Metode Pengoba-tan Nabi (Thibbun Nabawi)Penulis: Ibnu Qayyim al-Jauz-iyahTahqiq: Abdul Ghani AbdulKhaliqTaliq: Dr. Adil al-AzhariTakhrij: Mahmud Farraj al-UqbahTebal: 428 halamanUkuran: 15,5 cm x 24 cm

    Metode Pengobatan Nabi

    Resensi

    Muncul berbagai pro dankontra mengenai golonganLGBT. Tak jarang, merekayang menginginkan agarLGBT dilegalkan di Indonesiamenjadikan hak asasi manu-sia (HAM) sebagai tamengutama. Kemerdekaan berek-spresi merupakan salah satuhak fundamental yang diakuidalam sebuah negara hukumyang demokratis dan menjun-jung tinggi HAM.

    Indonesia sebagai salahsatu negara hukum, jaminanmengenai kebebasan berek-spresi diatur dalam UUD1945 Amendemen II, yaituPasal 28 E ayat (2) yang men-yatakan, "Setiap orang ber-hak atas kebebasan meyaki-ni kepercayaan, menyatakanpikiran dan sikap, sesuai den-gan hati nuraninya". Selan-jutnya, dalam ayat (3) diyata-kan, "Setiap orang berhakatas kebebasan berserikat,berkumpul, dan mengeluar-kan pendapat."

    Selain itu, UU RI No 39Tahun 1999 tentang HakAsasi Manusia secara lebihdalam mengatur mengenaikebebasan berekspresi ter-sebut, dalam Pasal 22 ayat(3) UU itu menyebutkan,"Setiap orang bebas mempu-nyai, mengeluarkan, dan me-nyebarluaskan pendapat se-suai hati nuraninya secaralisan atau tulisan melaluimedia cetak maupun mediacetak elektronik denganmemperhatikan nilai-nilaiagama, kesusilaan, ketert-iban, kepentingan umum,dan keutuhan bangsa."

    Memang benar, setiapmanusia mempunyai kebe-basan masingmasing, tapijika ditelaah lebih dalambahwa kebebasan yang dimi-liki berbanding lurus denganbatasan yang harus dipenuhipula, seperti apakah melang-gar agama, kesusilaan, ke-pentingan umum, hingga keu-

    tuhan bangsa?Pada kenyataanya, den-

    gan banyaknya desasdes-us yang memperbincangkanmengenai status kaum ben-dera pelangi ini mengarah-kan pada satu kesimpulan,masyarakat Indonesia me-rasa keamanan dan ketert-iban mereka terancam.Bahkan, dengan hanya satukata, LGBT, dapat menim-bulkan benih-benih kereta-kan keutuhan bangsa ini.

    Sebagaimana menurutUUD Negara Republik Indo-nesia tahun 1945 pada amen-demen II sudah secara tegasmemasukkan hak atas rasaaman ini di Pasal 28A-28I.Juga, diatur dalam Pasal 30UU RI No 39 Tahun 2009 ten-tang HAM, "Setiap orang ber-hak atas rasa aman dan ten-teram serta perlindungan ter-hadap ancaman ketakutanuntuk berbuat atau tidak ber-buat sesuatu". Juga, Pasal35, "Setiap orang berhak hi-dup di dalam tatanan ma-syarakat dan kenegaraanyang damai, aman, dan ten-teram yang menghormati,melindungi, dan melaksakansepenuhnya hak asasi manu-sia dan kewajiban dasarmanusia sebagaimana diaturdalam undang-undang ini."

    Para pihak yang kontramerasa dengan adanya kaumLGBT yang tak lazim tumbuhdi tengah masyarakat Indone-sia dengan adat dan agaman-ya yang kental, sehingga ken-yamanan mereka untuk berso-sialisasi dengan bebas punterenggut. Masyarakat satusama lain bersikap lebih was-pada dan mencurigai kehadi-ran kaum LGBT. Seolah-olah,masyarakat suatu negara ter-bagi dua golongan, kaumLGBT dan non-LGBT.

    Dalam Islam pun sudahterang Allah SWT, TuhanYang Maha Esa, melarangkeras hamba-Nya agar tidakmasuk golongan orang-orangyang menyukai sesama jenis,seperti lesbi maupun gay,biseksual, dan transgender.Alquran sebagai sumber aja-ran agama Islam di dalamn-ya terdapat berbagai pelaja-ran mulai dari cerita masalampau hingga ramalanmasa kini. Salah satunya,kisah pada zaman Nabi Luth,kaumnya yang terkenal se-bagai penyuka sesama jenisdilaknat Allah SWT denganazab amat pedih. Ini merupa-kan pertanda bahwa AllahSWT tidaklah menyukai per-buatan tersebut.

    Dalam masalah peneta-

    pan hukum, sudah tentu adayang mendukung dan menolak.Bahkan, dalam upaya mene-tapkan hukum Allah sebagaihukum positif, mungkin lebihbanyak yang tidak mendukungdaripada mendukung. Namun,peringatan Allah mengharus-kan pembuat keputusan men-dahulukan kehendak Tuhandaripada selera manusia yangtak ada ujungnya.

    Indonesia pun sebagainegara berdaulat dan memil-iki hukum sendiri sudahjelas tertera di Pasal 1 UUNo 1 Tahun 1974 mengenaiPerkawinan bahwa "Perkaw-inan ialah ikatan lahir batinantara seorang pria denganseorang wanita sebagai sua-mi istri dengan tujuan mem-bentuk keluarga (rumah tang-ga) yang bahagia dan kekalberdasarkan KetuhananYang Maha Esa."

    Perkawinan bertujuansalah satunya melestarikanumat manusia. Sangat kon-tras bila dibandingkan kaumLGBT yang penyuka sesamajenis. Bila dilegalkan, LGBTakan berdampak pada tim-bulnya berbagai masalah.Mulai dari menurunnya ang-ka kelahiran karena sudahpasti sesama jenis tak bisamenghasilkan keturunan,

    opini5 Selasa, 9 Februari 2016

    rasal dari bahan tunggal (gan-dum, beras, jus buah dan sejenis-nya), ketika terserang penyakitcukup menggunakan obat-oba-tan yang berasal dari bahantunggal pula. Madu, telur ayam,daun ketela dan berbagai jenisbahan tunggal lain sudah cukupmengobati berbagai jenis peny-akit yang mereka derita. Namunorang-orang sekarang yangsudah banyak mengonsumsi ber-bagai jenis makanan berkompo-sisi kimia, menjadi seringterserang penyakit komplikasiyang beragam, sehingga obat-obatan yang diperlukan jugaobat-obatan yang berkomposisikimia berat. Teknologi pengoba-tan manusia pun semakin disi-bukkan dengan berbagai pene-litian untuk menemukan berb-agai formula obat-obatan baruuntuk mengatasi berbagai jenispenyakit aneh yang muncul be-lakangan. Sistem pengobatandengan pembedahan, sinar ultraviolet, sinar-x, pencangkokan danberbagai metode pengobatancanggih lainnya pun diujicoba-kan oleh banyak orang.

    Nabi Shallallahu alaihi wa sal-lam bersabda: Masing-masingpenyakit pasti ada obatnya. Apabi-la obat sudah me-ngenai penyak-it, penyakit itu pasti akan sembuhdengan izin Allah ?. (Diriwayatkanoleh Ahmad dan al-Hakim)

    Dan Nabi Shallallahu alaihiwa sallam bersabda: TidaklahAllah menurunkan suatu pen-yakit, melainkan Dia jugamenurun-kan obatnya. (Diri-wayatkan oleh an-Nasa`i, IbnuMajah dan selain keduanya)

    Untuk itu seyogianya kaummuslimin menghidupkan kembalikepercayaan terhadap berbagaijenis obat dan pengobatan yangdiajarkan oleh Rasulullah Shallal-lahu alaihi wa sallam sebagai me-tode terbaik dalam mengatasi ber-bagai macam penyakit.

    Buku Metode PengobatanNabi Shallallahu alaihi wa sallamini adalah karya spektakuler dariseorang ulama besar Islam abadke-8 Hijriyah, Ibnu Qayyim al-Jauz-iyah. Buku ini adalah suatu ris-alah yang amat berharga dansangat langka, karena jarangsekali kita temukan ulama yangmembahas secara mendalam ten-tang ilmu pengobatan, terlebihlagi pengobatan yang dicontoh-kan oleh Rosululloh Shallallahualaihi wa sallam. (wec)

    hingga masalah lain sepertiyang sudah disinggung di atas(keresahan masyarakat yangmerasa keamanan hidupnyaterusik hingga retaknya keu-tuhan bangsa menjadi golon-gan pro dan kontra LGBT).

    Dalam UU PerkawinanIndonesia juga memperhati-kan dasar agama, yakniKetuhanan Yang Maha Esa.Menjadi salah satu alasanmemperkuat pandangan hu-kum Islam mengenai LGBTyang dilarang Allah SWT.Dapat disimpulkan bahwatidak dibenarkan bila kaumLGBT menjadi legal di Indo-nesia, mengingat kembali In-donesia merupakan negarahukum dengan masyarakatyang menghargai tradisi danagama masing-masing.

    Tidakkah (apabila) golon-gan LGBT yang keberadaan-nya semakin terang-teran-gan di Indonesia akan mem-buat masyarakat normalmerasa tak aman dan meng-ganggu kenyamanan? Sung-guh, sangat salah jika meng-gunakan tameng HAM untukmelegalkan tindakan kelom-pok LGBT, apalagi sampaimembawa kasus ini ke foruminternasional melalui LSMyang mendapat dukungandana besar dari negara Baratyang menginginkan Indonesiamenganut pelegalan LGBTsebagaimana di berbagainegara Barat.

    Jika kelompok LGBTtetap ingin mempertahankanpilihannya tanpa ada keingi-nan memperbaiki menjadimanusia normal seutuhnya,mengapa harus mengingin-kan LGBT menjadi kebutu-han sosial? Sedangkan,masyarakat Indonesia sangattegas dan keras melarang se-gala bentuk praktik LGBTberdasar ketentuan hukum,perundang-undangan, nilai-nilai agama, kesusilaan, ket-ertiban, kepentingan umum,dan keutuhan bangsa. ***

    Oleh: Ustd. Ali Maksum,

    S.Pd.I

    Oleh: Intan Mahabah NabilaMahasiswa Fakultas Hukum UI, Relawan pada Pusat Advokasi Hukum

    dan Hak Asasi Manusia (PAHAM) Indonesia Cabang DKI Jakarta

    "TRAGEDI terbesar kehidu-pan bukanlah bahwa semuamanusia akan binasa, me-lainkan bahwa mereka akanberhenti saling mencintai"

    (W. Somerset Maugham,Penulis)

    "CINTA romantis adalah

    ikatan spiritual-emosional-

    seksual penuh kasih

    antara seorang pria dan

    seorang wanita yang

    merefleksikan sikap saling

    menghargai antara

    keduanya"

    (Nathaniel Branden,

    Penulis)

    akap ijakBC

    WANITA adalah makhlukindah ciptaan Allah yang ti-dak akan habis pembaha-sanya sejak masih di duniafana ataupun kehidupan set-elahnya. Sejak jaman NabiAdam AS hingga jaman NabiMuhammad SAW, wanitasering di elukan sebagai ma-khluk yang amat besar pera-nannya dalam kehidupan.Dia disebut juga sebagai ti-angnya Negara karena pen-garuh dahsyatnya terhadaplingkungan yang membuatkemajuan ataupun kerusa-kan bangsanya. Berbagaigambaran keindahan pun ter-tahta untuk dirinya mulai di-ibaratkan seperti bunga, rem-bulan, mutiara, permata,bahkan sampai ada yang me-nyamakanya layaknya kaca.

    Allah menciptakannyadengan segala sifat kelembu-tan, meninggikan derajatnyadi dalam Al-Quran. Itu kena-pa hanya ada surat An- nisa

    tanpa pernah ada surat Ar-rijal. Allah menyayangi wan-ita hingga memudahkannyamemasuki pintu surga sesuaihadis-hadis. Namun sayangwanita juga adalah yang Ra-sulullah lihat seba-gai penghuni terban-yak di neraka kelak.Rasullulah SAWbersabda aku tidakakan meninggalkansatu fitnah sepen-inggalku yang lebihmembahayakan pa-ra lelaki kecuali pa-ra wanita.(HR Al-Bukharino 5096 dan muslim no.27-40). Hadis di atas nyata ber-bicara bahawa betapa bany-ak tokoh-tokoh dunia yangtidak beriman kepada Allahsubhannahu wa taala danhancur karirnya hanya dis-ebabkan bujuk rayu wanita.

    Di era yang serba modernini, rata-rata seorang yang me-lihat dan memperhatikan

    dengan mata hatinya dia akanmelihat bahwa wanita jamansekarang hanya menjadi bidi-kan serta mangsa oleh musuh-musuh Islam. Mereka telahdibuat kebingungan untuk bisa

    memperoleh hidayahkarena terbawa olehkehidupan yang serbamelenakan, bahkansebuah riset menya-takan banyak musli-mah jaman sekarangsangat jauh dari tun-tunan RasullullahSAW. Jauh dari uku-

    ran wanita menurut Islam,banyak wanita jaman seka-rang ini yang tidak mengenalAl-Quran dan tidak bisa mem-bacanya bahkan tidak maumempelajarinya.

    Tidak sedikit wanita ja-man sekarang yang tidak ta-hu hukum-hukum Islam yangberhubungan dengan ibadah.Banyak dari mereka tidaktahu hukum thaharah, tidak

    K olom Publikmengenal hukum-hukumshalat padahal shalat adalahtiang agama dan rukun Islamyang paling mulia setelah duakalimat syahadat. Banyakwanita yang tidak tahu mu-amalah yang sebenarnya wa-jib untuk mereka ketahui.

    Wanita-wanita teladanAndai Muslimah jaman

    sekarang mau mengenal parasahabat dan kehidupan istri-istri Rasulullah niscaya parawanita jaman sekarang tidakakan kehilangan idola yangbisa dijadikan panutan da-lam kehidupan sehari-hari.Karena dengan mempunyaipanutan yang benar makamuslimah bisa bersikap se-bagai wanita muslim dengansebaik-baiknya.

    Sejarah hidup para wani-ta shalihah dalam Islam su-dah tercatat dalam Al-Qurandan Hadis. Yang pertama,ibunda Nabi Ismail seorangwanita yang ditinggal di pa-dang pasir oleh suaminyademi mentaati perintah Al-lah SWT. Tak tergiurkah

    dengan apa yang dikatakanAl-Quran untuknya? SitiHajar sanggup menciptakankeajaiban ditangannya lahkeluar air zam-zam. Dialahyang menghidupkan Bandarkabah makatul mukarro-mah. Mukjizat kepemimpi-nan dan didikan dari suamin-ya Nabi Ibrahim AS.

    Banyak manusia yang ter-lupa Ummul Mukminin, Kha-dijah RA binti Khuwalid. Di-alah yang bergelar afifah soli-lah (wanita suci) seorang wa-nita yang sanggup mengor-bankan seluruh hartanya dijalan dakwah demi memban-tu suaminya tercinta. Orangyang pertama kali masuk Is-lam tanpa meragukan Rasu-lullah, sosok wanita yang me-nenangkan suaminya saatdilanda ketakutan, wanitategar dan bertahan dalam su-ka maupun duka setia hidupbersama suaminya hinggaAllah memanggilnya untukmenikmati surga.***

    kan data yang disampaikanBadan Meteorologi Klimatolo-gi dan Geofisika Hang Nadim,Batam, cuaca buruk sepertidua hari belakangan masihterus akan melanda sejumlahwilayah di Kepri. Yang menja-di perhatian adalah anginkencang dan ombak yang cuk-up tinggi. Disampaikannya,saat ini tinggi gelombang disejumlah daerah bisa menca-pai 5 meter. Sedangkan kece-patan angin di Batam bisamencapai 40 kilometer per jam.

    Situasi seperti ini jelasmemberi dampak yang kurangbaik bagi masyarakat, khusus-

    nya yang berada di wilayahpesisir. tidak hanya itu, damp-ak juga terasa bagi pelayaran.Terbukti, sejumlah transporta-si dari dan ke Batam ke sejum-lah daerah termasuk ke nega-ra tetangga khususnya Malay-sia, terpaksa dibatalkan, kare-na kondisi perairan tidak kon-dusif untuk dilayari.

    Apa yang terjadi saat ini,rasanya bukan sekali ini dirasa-kan oleh masyarakat Kepri. Ham-pir rata setiap tahun, kondisialam seperti sekarang dialami.Apalagi menjelang akhir tahunhingga awal-awal tahun baru.Situasi seperti itu tentunya te-

    lah bisa disikapi olehmasyarakat. Namun, berdasar-kan data yang disampaikan pi-hak berwenang, masyarakat di-harapkan untuk terus men-ingkatkan kewaspadaan. Meski-pun peristiwa rutin setiap tahun,namun, kadang kita tidak per-nah tahu, berapa lama dan bera-pa kuat perubahan cuaca yangterjadi. Untuk itu, melihat daridampak yang telah ditimbulkandari cuaca saat ini, kiranya sikapmawas dan bersikap bijak harusselalu dikedepankan. Tujuannyaagar jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, baikuntuk diri pribadi, keluarga, danorang sekeliling kita.

    Perubahan cuaca yang terja-di kini, diharapkan juga bisa

    menjadi pelajaran tambahanbagi kita semua. Kenapa? Den-gan adanya kondisi seperti itu,ada suatu jalan, ada suatu solusiyang harus dilakukan gunamenghadapi kondisi seperti inipada waktu mendatang. Dalamkerangka pikiran positif, apayang ditunjukan alam, merupa-kan sebuah cara untuk menga-jarkan dan memberitahu padakita agar selalu melakukan hal-hal yang dapat memberi rasaaman dan keselamatan. Tinggalkita menyikapi dengan bijak.Alam secara tidak langsung me-minta kita untuk selalu berpikirdan berbuat. Mari sikapi kondisialam dengan bijak. Semoga kitaterhindar dari hal-hal yang tidakkita inginkan. Aamiin. ***

    (Bagian Pertama)

  • CMYK

    CMYK

    iklan6 Selasa, 9 Februari 2016

  • CMYK Editor: Ika, Layout: Mario

    CMYK

    8 Selasa, 9 Februari 2016

    MomonganImlek, BerharapDapat

    "Untuk keluarga mudah-mudahan tahun ini

    bisa diberi momongan. Untuk keluarga inti juga,

    nyokap supaya selalu sehat, dan untuk Indone-

    sia makin aman, khususnya di Jakarta. Enggak

    ada lagi teror-teror," kata Delon melalui

    sambungan telefon.

    Di samping itu, Delon juga memiliki harapan

    lain di kariernya. Sebagai penyanyi yang sudah

    malang melintang selama 10 tahun di dunia

    musik Indonesia, Delon ingin terus berkarya.

    "Harapannya untuk karir supaya bisa terus

    berkarya, tetap menyanyi, tetap mengeluarkan

    single baru, album baru di tahun ini," ujar Delon.

    Lebih lanjut, Delon sendiri kini sibuk menyiapkan

    album barunya. Album yang diberi judul Dekade itu

    nantinya akan dirilis dalam waktu dekat.

    "Album dekade inimerupakan apresiasi dari pihak

    label. Mereka mau kasih sesuatu buat aku selama 10

    tahun di dunia musik," tutur Delon,

    "Nanti kemungkinan sambil keluarnya

    album, bakal dibarengin juga sama lagu

    ciptaan dari Badai Kerispatih juduln-

    ya 'Mencintamu'. Jadi ditunggu

    saja, kemungkinan sih Mei

    tanggal 20,"

    tutupnya.(oke)

    JAKARTA (HK) Tahun baru Imlek me-rupakan perayaan yang penting bagiorang Tionghoa. Pada perayaan Imlektahun ini, Delon memiliki keinginanyang diharapkan bisa terwujud.

    DelonDelonDelonDelonDelon

    Vicky Shu

    Rela Bayar Mahaldemi Cantik

    JAKARTA (HK) Sebagai publik figure,Vicky Shu selalu dituntut untuk selalu tampilmenarik. Namun, diam-diam sosok Vicky Shutermasuk perempuan yang malas dandan.

    Diakuinya, untuk mendapatkan kecanti-kan yang diharapkan tidaklah murah.Sehingga, ia pun rela merogoh koceknyauntuk mendapatkan kecantikan denganmudah.

    "Sebetulnya sih iya (mahal). Tapi sesuailah, mau enggak mau sih. Kalau aku sihagak pemalas tipenya, bukan tipe oranggyang rajin perawatan. Tapi biasanya akulebih memilih perawatan yang memper-mudah. Sebagai contoh, aku malas dandan,dengan alisku sudah di microblading kansehari-hari enggak perlu dandan lagi," kataVicky di Jakarta.

    Vicky yang ditemui di studio Ali TattoSulam, di kawasan Mangga Dua Square,Jakarta Utara itu memilih untuk meng-gunakan metode Eyebrow Microbladingdemi mendapatkan kecantikan.

    "Alisku jenisnya tebal, banyak rambut-nya, tidak teratur. Tumbuh ke atas dan kebawah, berantakan, banyak rambutnyakaya Sinchan," kata Vicky seraya

    tawanya.Sementara itu, sang pemilik salon, Ali mengungkapkan jika ada kesulitan yang

    berbeda dari metode lainnya. "Ini tren terbaru 2016, dari bahan tinta juga sangat beda.Microblading lebih kecil menggariskan tintanya dan beda, manual, enggak pakai mesin,tingkat kesulitannya pun juga beda," ujar Ali.(oke)

    Indra BektiFrustasi Pemberitaan Miring

    JAKARTA (HK) Duniahiburan Tanah Air sepanjangpekan lalu dibuat heboh setelahartis dan presenter Indra Bektidilaporkan ke polisi dengantuduhan melakukan pelecehanseksual dan penipuan.

    Pelapor adalah Lalu GigihArsanova dan Reza Pahlevi.Keduanya mengaku pernahdiminta datang ke rumah Indradi daerah Radio Dalam, JakartaSelatan. Di situlah, menurutmasing-masing pelapor, merekadiperlakukan tidak senonoh olehpersenter 38 tahun itu.

    Pengacara Reza, Priyo Jatmikobahkan membuka posko pengadu-an korban karena meyakinijumlah pelapor akan bertambah.

    Namun, kuasa hukum LaluGigih, Gading Satria Naingolanbeberapa hari lalu mengatakankepolisian untuk ketigakalinya menolak laporan daripihaknya. Terakhir diBareskrim Mabes Polrimereka diminta melengkapiberkas laporan denganmenyertakan ahli bahasa atasdua alat bukti, yakni percaka-pan telepon dan chat ajakanML (making love) oleh Indra.

    Menurut Gading, polisi tidakmau mengatakan secaragamblang bahwa laporantersebut ditolak. Polisi hanyameminta pihak Gigih melengkapidengan ahli bahasa untukmenganalisis percakapanmengajak ML tersebut.

    Sementara, Indra sendiriterlihat frustasi menghadapi

    rentetan pemberitaan miringmengenai dirinya. Dalam konfer-ensi pers didampingi istrinya,Aldila Jelita, Indra mengakukasus ini mengakibatkankerugian materiil dan moril yangbesar baginya. Ia mengakukehilangan pekerjaan, termasuktawaran menjadi brand ambas-sador sebuah produk.

    Tak hanya itu, ia pun sempatstres karena takut akan kehilan-gan istrinya. Untungnya, sangistri menyatakan akan terusmendukung dan mencintai Indraapa adanya, tanpa memedulikanpemberitaan yang beredar.

    Menanggapi tuduhan yangmenimpanya, Indra pun melapor-kan balik Lalu Gigih ke polisidengan tuduhan pencemarannama baik. Indra menudingapa

    yang dilakukan pelapor adalahupaya untuk mencari ketenarandengan jalan pintas.(oke)

    JAKARTA (HK) Ayu Dewi dansuaminya, Regi Datau sedang meren-canakan untuk memiliki anak keduadalam waktu dekat. Keduanya merasausia anak pertama mereka sudahcukup untuk memiliki adik.

    "Pengin karena usia udah enggakmuda lagi, jadi aku pengin biar cepat

    (punya anak lagi)," ujar Ayu, saatditemui dalam acara adat Mo

    Polihu Lo Limu (sunatan anakperempuan) untuk anakpertamanya, Aqila DewiHumaira (2), Minggu (7/2).

    Ayu menambahkan, ia danRegi juga telah mempertim-bangkan baik-baik soal jarakusia anak dan persiapansekolah anak-anak merekanantinya jika kembali diberimomongan.

    "Sudah pas (usia Aqila)segini, cuma kata bapaknyaDuh kalau beda tiga tahun,anak pertama daftar sekolah,adiknya juga daftar sekolah.Yah nunggu jadinya sajalah,"sambungnya.

    Pasangan yang menikahpada Juni 2012 ini tengah

    fokus dengan pendidikan diniuntuk Aqila yang akan berusiatiga tahun pada bulan Maret.Aqila sedang menjalain lesuntuk melatih memoriotaknya dan diharapkanmenjadi lebih ekspresif.(oke)

    Ayu Dewi

    Rencanakan Anak Kedua

  • 9 Selasa, 9 Februari 2016

    CMYK

    Editor: Sofyan, Layouter: Agung RCMYKMinta Bantu ... Hal. 10

    Padati Vihara ... Hal. 10

    Perayaan Imlek Berlangsung Khidmat

    Padati Vihara Tunggu AngpaoSAGULUNG (HK) Perayaan tahun baruImlek 2567 di Sagulung dan Batuajiberjalan lancar. Vihara Harmoni di KavlingLama, Sagulung dipadati anak-anakwarga sekitar untuk menunggu angpoadari pengunjung vihara yang datangberibadah, Senin (8/2) siang.

    Pantauan Haluan Kepri dilapangan, perayaan tahunbaru imlek di Vihara Harmo-ni terlihat dijaga ketat olehaparat kepolisian dari anggo-ta Mapolsek Sagulung danjuga dari anggota SabharaMapolresta Barelang. Sedi-

    kitnya ada lima orang anggo-ta yang berjaga baik di pintumasuk vihara maupuan disekitar viahara.

    Pengunjung berperawakanTionghoa datang dari berb-agai wilayah Sagulung danBatuaji untuk sembahyang.Sementara, di pagar vihara

    Dedi & HabliLiputan Batam

    Pusat NiagaNagoya-Jodoh Sepi

    Malam Tahun Baru Imlek 2567 Meriah

    NAGOYA (HK) Pusat per-niagaan di kawasan Nago-ya-Jodoh sepi setiap tahunbaru Imlek. Toko-toko ban-yak yang tutup. Itu karenahampir 80 persen, peng-huninya adalah warga Ke-turunan Tionghoa. Merekamerayakan tahun baru Im-lek 2567.

    Suasana lengang itutidak hanya di kawasanNagoya dan Jodoh saja,tetapi juga Pelita dan Ba-tam Centre. Begitu pulaPasar Aviari Batuaji, SP Pla-za, Sagulung dan pusatperbelanjaan lain.

    Suasana ini cukup mere-potkan warga lainnya yangingin membeli kebutuhandan barang-barang yangdiperlukan.

    " Kami menutup toko danmeliburkan semua karyawan,karena kami akan merayakanImlek bersama keluarga, danhari ini juga kami akanmelakukan sembahyang rohuntuk menghormati leluhur,orangtua dan sanak famili.Baru keesokan harinya kamimerayakan Imlek dengan

    melakukan kunjungan ke ru-mah sanak famili di kam-pung," ujar Aseng, pedagangsembako di kawasan Aviari,kemarin.

    Menurut dia, merayakanImlek wajib untuk meng-hormati arwah orangtua danmeningkatkan tali silatura-him dengan sanak famili, tet-angga, teman dan lainnya.

    "Sebagian kecil mung-kin toko-toko itu sudahmulai buka, Selasa (9/2).Pada hari perayaan Imlekini, sebagian besar wargaTionghoa masih meraya-kan Imlek dengan berkun-jung sanak kerabat dan tet-angga. Sebagian lagi libu-ran ke luar daerah. Biasan-ya aktivitas di sini kembaliberjalan normal H+5 sete-lah Imlek," ucap Aseng.

    Sepinya aktivitas bisnis dipasar Nagoya Batam, berim-bas pula pada pendapatantukang ojek dan pengusahakaki lima. Hendra, salah se-orang tukang ojek yang bi-asa mangkal di Avava,

    Pusat Niaga ... Hal. 10

    Ratusan Warga Periksa KesehatanKorwil Perindo Gelar Pengobatan Gratis

    BATAM CENTRE (HK) KoordinatorWilayah (Korwil) Perindo menggelar pengo-

    batan gratis untuk warga tidak mampu diKlinik Perindo, Kepri Mall, Minggu (7/2).

    Kegiatan itu sebagai wujud ke-pedulian Perindo terhadap keseha-

    tan masyarakat.Warga yang mengetahui ada

    pengobatan gratis, tak menyia-yiakan kesempatan ini. Ratusan

    warga dari berbagai penjuruKota Batam mendatangi

    Klinik Perindo MedicalCenter di Kepri Mal.

    Mereka juga membawaanak-anak mereka.Rencananya, klinikini akan diresmikan

    Ketua Umum PerindoHary Tanoesoedibjo Ma-

    ret 2016 mendatang.Hadir dalam pengobatan

    gratis itu Ketua DPW PartaiPerindo Kepri Andi Kusu-ma,Wakil Ketua bidang poli-tik DPW Kepri, Dhenis De-pari, Kepala Dinas KesehatanKota Batam Chandra Rizal,Ketua DPD Partai PerindoBatam Komarudin Muda danKetua Korwil Perindo Batam,M Dycho Barcelona serta selu-ruh pengurus dan anggotaPerindo Korwil Batam.

    Bahkan, Ketua Korwil Pe-rindo Batam, M Dycho Barcelo-na tak malu-malu berbaur den-gan warga yang hadir dan jugamemeriksakan kesehatannya.

    Kami selaku kader Per-indo harus lebih dekat denganmasyarakat, dan harus ter-jun langsung dalam kegiatanyang berhubungan dengan

    masyarakat, katanya disela-sela kegiatan.

    Dia berharap dengan me-ningkatnya kesehatan generasimuda maka akan menjadi ke-kuatan bagi bangsa ke depan.

    Jadi, generasi mudahadalah harapan bangsa yangakan melanjutkan kepemim-pinan bangsa di masa da-tang, tegasnya.

    Kegiatan ini, lanjut dia,tidak hanya dilakukan satukali saja, tetapi berkala danrutin di beberapa titik di KotaBatam. Apalagi, akhir-akhirini memang banyak wargayang kesulitan untuk berobat.

    Ini juga sebagai bentukkepedulian kita. Kegiatan initidak berhenti disini, tegasnya.

    Dia juga menyampaikan

    Ratusan Warga ... Hal. 10

    Helmy Pantas Pimpin PD BatamBATAM CENTRE (HK) Anggota Fraksi Par-tai Demokrat DPRDKota Batam, HelmyHemilton pantas me-mimpin Partai De-mokrat (PD) Batam.Helmy dianggap ber-pengalaman, memili-ki leadership yangbaik dan bisa memba-wa PD menjadi pe-menang pada Pemilu2019 mendatang.

    "Kalau menurut saya,

    Helmy pantas menggantikanAhmad Dahlam me-mimpin PD Batam.Itu jika, Pak Rudiingin naik kelasmemimpin PD Ke-pri," ungkap YennyMarlina, Ketua Pe-rempuan DemokratRepublik Indonesia(PDRI) Kepri.

    Seperti diberita-kan sebelumnya,Partai Demokrat

    segera menghelat Musya-

    warah Daerah (Musda) PDKepri dan Musyawarah Ca-bang (Muscab) DPC PD Se-Kepri. Menariknya, pelaksan-aan Muscab rencananya akandigelar bersamaan di suatutempat dan hari yang sama.

    Khusus untuk perebutankursi PD Kota Batam, sejum-lah nama tersohor di internalPD Batam ramai dibicarakansebagai kandidat penggantiAhmad Dahlan. Mereka dian-

    Helmy Pantas. ... Hal. 10

    Helmy

    Minta Bantu TNIKempesi Ban Mobil

    NONGSA (HK) Sejumlahkendaraan yang parkir me-langgar ketentuan terpaksadikempesi petugas di Ban-dara Internasional HangNadim Batam. Para pengen-

    dara tersebut rata-rata par-kir tidak pada tempatnya.

    Masih banyak yang par-kir sembarangan dan kitaambil tindakan tegas," kataKepala Bagian Umum Ban-dara Internasional Hang Na-dim Batam Suwarso di Ba-tam, akhir pekan lalu.

    Suwarso menjelaskan su-dah memberikan peringatanlarangan parkir mulai daripintu gerbang masuk termi-nal keberangkatan hingga pin-tu keluar pintu kedatangan.

    Penggembosan ban ken-daraan itu dibantu petugasTNI yang bertugas di ban-dara. "Sudah banyak yangdikempesin, kata dia.

    Suwarso berharap adaefek jera terhadap masya-rakat yang parkir sembaran-gan di bandara.

    " Kawasan parkir juga ti-dak jauh dari terminal, hanyaberbatasan dengan akses ken-daraan depan terminal. Jadisudah sepatutnya masya-rakat patuh," kata Suwarso.

    Kegiatan serupa sebenar-nya sudah dilakukan juga mu-lai 2014. Secara berangsurkendaraan yang parkir sem-barangan terus menurun, na-

    Bantu Sesama, ATBGelar Donor Darah

    PT ADHYA Tirta Batam(ATB) akan mengadakan keg-iatan donor darah. Menggan-deng Palang Merah Indonesia(PMI) Batam, ATB mengajakseluruh karyawan, relasi, re-kanan dan masyarakat Batamterlibat untuk berdonor darah.

    Kegiatan yang rutin diada-kan setiap empat bulan seka-li tersebut akan dilakukan diareal Kantor ATB Sukajadi,tepatnya di Adhya Buildinglantai 1, Rabu (10/2) pukul09.00 hingga 15.00 WIB. Bagi200 pendonor pertamaakan mendapat sou-venir menarik dan

    paket makan siang.Ini kegiatan donor darah

    pertama ATB di 2016. Kamimengajak semua karyawan, re-kanan pelanggan dan masya-rakat umum untuk bisa ikutmendonorkan darah melaluiProgram CSR ATB, jelas KetuaPanitia Donor Darah ATB, Ba-gus Permadi, Jumat (5/2).

    Bagus melanjutkan, pro-gram donor darah yang berta-juk ATB Peduli Kesehatan2016 ini bertujuan untukmembantu PMI Batam da-

    lam menyediakan stok

    Bantu Sesama ... Hal. 10

    TUNGGU ANGPAO Sejumlah anak-anak terlihatmenunggu angpao dari pengunjung di pintu masuk Vihara

    Harmoni di Kavling Lama, Sagulung, Senin (8/2).

    NOV IWANDRA/HALUAN KEPRI

    KESENIAN Tionghoa memeriahkan malam pergantian tahun baru Imlek2567 yang digelar di depan Sarijaya Hotel, Minggu (7/2) malam.

    DEDI MANURUNG/HALUAN KEPRI

    M Dycho Barcelona

  • Editor: Sofyan, Layouter: Agung R

    batam10 Selasa, 9 Februari 2016

    Padati Vihara ..... sambungan Hal. 9

    Ratusan Warga ..... sambungan Hal. 9

    juga terlihat ratusan anak-anak warga sekitar viharamenyaksikan jalanya sem-bahyang oleh warga Tionghoa.

    Sedang nungguin barong-sai dan angpaonya om, tahunlalu, saya dapat angpao yanglumayan, ujar Delki, salahsatu anak yang berada disana saat itu.

    Nofi, 39, warga perumah-an Pandawa Mandiri men-gaku datang ke Vihara untukmelihat antraksi barongsai.Namun, pihak vihara menga-takan tak ada barongsai.

    Menurutnya Nofi, anak-anak yang datang ini inginmenyaksikan pertunjukanbarongsai, sekaligus menung-gu diberi angpao.

    Tjig Kok Dju, selaku pani-tia acara Imlek di vihara Har-moni itu mengatakan, kegia-tan disini hanya sembahyangsaja, tidak ada acara lain.

    Untuk antraksi barong-sai itu bulan tiga nanti. Saatini tidak ada pertunjukanapa-apa, ujarnya.

    Tjig Kok Dju juga men-gaku seperti biasa setiapimlek memang anak-anaksering ramai mengelilingiarea vihara.

    Kadang mereka diberiang pao , ungkapnya.

    Sementara di ViharaSamudra Dharma, Sekupangperayaan Imlek berangsurkhidmat. Para pengunjungpun berdatangan tiap jam.Namun, mereka hanya ber-sembahyang saja sekalianmenikmati lokasi vihara ini.

    Untuk perayaan imlektahun ini berlangsung hik-mad dan tak ada kendala.Para pengunjung pun bisa ten-ang bersembahyang sertaberkeliling di lokasi viharaSamudra Dharma ini, ujarHartoyo alias Aheng, KetuaVihara Samudra Dharma,Sekupang, kemarin.

    Hingga saat ini, aktivitasibadah berjalan lancar belumada hal yang menganggujalanya proses ibadah ini.

    Ramai DikunjungiPada bagian lain, tempat

    Wisata Mata Kucing ramaidikunjungi warga selama li-bur Imlek. Tempat ini menja-di alternatif bagi warga Ba-tam menghabiskan liburan.Suasana alam dengan konsepkonservasi hutan merupakankeunggulan tersendiri daritempat wisata ini.

    Saya bersama teman men-gunjungi tempat ini karenarasa penasaran, sebelumnyadinformasikan teman juga bah-wa di sini sangat bagus udaran-ya, bahkan ini baru kunjunganyang pertama kali, ujar Indah,warga Bengkong.

    Meskipun cuaca kurangbersahabat karena hujan sep-anjang pagi tidak menjadipenghalang bagi warga untukmenikmati keindahan alamdi objek wisata Mata Kucing.

    Kami sempat berteduhdi beberapa tempat sambilmenunggu reda, terus dilan-jutkan kembali, kata indahsaat ditemui di Mushollawisata Mata kucing.

    Pengunjung lainnya, Ratumengaku mengunjungi objekwisata Mata Kucing untukberfoto bersama temannya.

    Tempat sangat bagus un-tuk berfoto, apalagi ada hewan-nya, sehingga latarnya pun jadilebih alami, terang Ratu.

    Suasana alami sangatdirasakan di sini, sepertibanyaknya pohon yang masihhidup, air yang jernih dantempatnya sangat luas. seh-ingga tidak membuat jenuh.

    Sejuk sekali disini, bedadengan tempat lain yangtidak lagi alami. Suasanayang dirasakan serasa beradadi pegunungan, kata Ratu.

    Pemilik wisata Mata Kuc-ing, Neti Herawati mengata-kan selama libur Imlek, pen-gunjung yang datang lebihramai dibanding hari biasa.

    Meskipun sempat hujan,tetapi orang yang datang ke sinilebih ramai dari hari sebelum-nya, kalau hari biasa jumlahpengunjung sekitar 50 orang,tetapi pada hari libur sekarangpengunjung bisa mencapai 200orang, ungkap Neti.

    Dikatakan dia, tidak ha-nya orang indonesia sajayang datang untuk berwisatake sini, malahan ada orangEropa, Asia. Karena menurutmereka suasana alam bisamenghilangkan kejenuhan.

    Udara di sini mengand-ung oksigen yang banyak, se-hingga bisa menyehatkanpara pengunjung. Dan itulahkelebihan dari tempat wisatakita, pungkas Neti. ***

    Kita harapkan banyakyang ikut berpartisipasidalam kegiatan donor da-rah kal i in i , bagi ma-syarakat yang telah rutinmendonor bisa memanfaat-kan kesempatan ini, ujarSupervisor CSR & Brand-ing ATB tersebut.

    Sekedar informasi, do-nor darah rutin diadakanATB secara konsisten sejak2011. Hingga akhir 2015,ATB sudah mengumpulansebanyak 1.590 kantongdarah. (r/and)

    Bantu Sesama ..... sambungan Hal. 9

    kegiatan itu merupakan wujudbahwa Partai Perindo berusa-ha untuk lebih merakyat.

    Ketika masih banyakwarga yang tidak bisa bero-bat, kami hadir memberikansolusi, karena memang ma-syarakat harus mendapat-kan hak layak untuk hidupsehat, ujarnya.

    Sementara i