Haluan kepri 04feb16

Click here to load reader

  • date post

    25-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    332
  • download

    17

Embed Size (px)

description

Haluan kepri 04feb16

Transcript of Haluan kepri 04feb16

  • Hikmah Musibah"Terkadang kita harus bersyukur

    terhadap musibah. Karena datangnyabanyak membawa hikmah. Baik hikmah

    yang sejak awal sudah ditakdirkandatang kepada kita, maupun yang

    datang setelah itu. Hikmah yang tidakkita sangka-sangka karena dengan

    musibah kita larut padanya, maupunhikmah yang sudah kita nanti

    kedatanganya."

    CMYK

    CMYK

    HARGA ECERAN Rp2.500,

    KRITIK & SARAN : 085264088880

    INFO BERLANGGANAN : 081261333463

    KORAN LOKAL TERBAIK

    DI INDONESIA

    Harian Umum

    Mencerdaskan Kehidupan MasyarakatWebsite: www.haluankepri.com

    Kamis, 4 Februari 2016

    25 Rabiul Akhir 1437 HTERBIT 24 HALAMAN,NO 04/2 TAHUN KE 15

    Carissa Putri

    Keranjingan Akroyoga... Hal. 7

    Keranjingan Akroyoga

    Leicester Tanpa ... Hal. 7

    BATAM (HK) Caris-sa Putri mengakusaat ini dirinya ten-gah fokus mengurussang buah hati, QuenzinoAcana Naif yang sudah beru-sia dua tahun. Namun, dia tern-yata juga memiliki kesibukanlain, yakni akroyoga.

    "Kalau akroyoga itu seruya, seperti sebuah tantangan,kayak akrobat. Kita harus kon-sen dan percaya diri. Untung-nya enggak pernah keseleo,"kata istri Navies Abdullah itu diDcost VIP, Jakarta Pusat, Rabu (3/2).

    Editor: R Ghafur, Layouter: Novrizal, Grafis: Richo

    Leicester Tanpa Kesulitan Tumbangkan LiverpoolLEICESTER (HK) Leicester City berhasilmenang dengan skor 2-0 saat menjamuLiverpool di matchday 24 Premier League diKing Power Stadium, Rabu (3/2) dinihari WIB.

    Liverpool menunjukkanbetapa mereka memang ke-sulitan untuk bermain kon-sisten musim ini. Dan di lagakontra Leicester ini merekatampil buruk meski unggulpenguasaan bola. Sang tuan

    rumah pun tanpa kesulitandan dengan efektif bisa mer-aup tiga angka berkat sum-bangan dua gol Jamie Vardy.

    Pertandingan ini lang-sung dibuka dengan tempocukup tinggi. Namun Leices-

    ter ber-main lebih

    agresif ketim-bang Liverpool.

    Mereka pun langsu-ng berusaha mengepu-

    ng pertahanan tamunya

    tersebut.Peluang bahkan la-

    ngsung didapat oleh TheFoxes di menit ke-3 melaluisepakan keras Mahrez. Na-mun bola hanya melesat tipisdi sisi gawang Mignolet. pelu-ang kembali didapat oleh sa-ng tuan rumah di menit ke-19, dan kali ini melalui sun-dulan Okazaki. Untungnya,sundulan dari jarak dekat itubisa dimentahkan oleh Mi-

    3 Kepala Daerah BerpeluangJELANG PEREBUTAN KETUA PARTAI DEMOKRAT KEPRI

    BATAM (HK) Tiga orang Kepala Daerahterpilih di Provinsi Kepulauan Riau ber-peluang memimpin Ketua Dewan PimpinanDaerah (DPD) Partai Demokrat KepulauanRiau. Mereka, H. Muhammad Sani (GubernurKepri terpilih), Rudi SE (Walikota Batamterpilih) dan Apri Sujadi S.Sos (Bupati Bintanterpilih).

    Di samping tiga namatadi, terdapat nama Waliko-ta Batam, Ahmad Dahlanyang notebene adalah Ketua

    DPC Partai Demokrat Batamdan Wakil Ketua DPRD Ke-pri, Husnizar Hood. KetuaFraksi PD DPRD Kepri, Hot-man Hutepea juga digadang-

    R. GhafurLiputan Batam

    3 Kepala... Hal. 7

    Kapolda Sikat Judidan Narkoba

    BATAM (HK)- Kepolisian Daerah(Polda) Kepulauan Riau dan Ke-polisian Resort Kota (Polresta)Batam Rempang Galang (Bare-lang) bertekad menyikat semuaaktifitas perjudian dan peredar-an narkotika di Batam.

    "Untuk perjudian yang masihbuka, kita berantas semua. Sayasudah perintahkan Kepala Ke-polisian Resort Kota (Kapolred-ta) Batam untuk menert-ibkannya," tegas Ke-pala KepolisianDaerah (Kapolda)Provinsi Kepri,Brigjend PolSam Budigus-dian usaiperesmian

    Bank Jual Dua Unit RTLHKARIMUN (HK) BankRakyat Indonesia (BRI) Ca-bang Karimun dan salah satuBank Perkreditan Rakyat(BPR) setempat menjual duaunit rumah tak layak huni(RTLH) beserta tanahnya diSepadas, Meral Barat. Rumahitu merupakan hasil rehabili-tasi Pemerintah KabupatenKarimun dan Pemerintah Pro-vinsi Kepulauan Riau (Kepri)2012 lalu.

    BRI menjual RTLH milikAli, warga RT 04/RW05 Sepa-das dan salah satu BPR diKarimun menjual RTLH mi-lik Suryanto, warga RT01/RW05 Sepadas. Lembagaperbankan itu terpaksamenjual kedua unit RTLHitu setelah pemiliknya me-

    nggadaikannya ke bank

    dan tidak sanggup memba-yarnya.

    Berdasarkan informasiyang dihimpun Haluan Kepri,Suryanto menjual rumah ban-tuan pemerintah tersebut kare-

    na tak memiliki uang untukkebutuhan pulang kampung keMedan, Sumatera Utara. Diadiminta pulang, karena orang

    Bank Jual... Hal. 7Kapolda Sikat... Hal. 7

    ILHAM/HALUAN KEPRI

    SALAH seorang pria melintas di salah satu unit rumah tak layak huni (RTLH) di Karimun.

    Sam Budigusdian

  • bisnis2 Kamis, 04 Februari 2016

    Editor: Amir Yunus , Layout: Agung R

    DPR Minta Seleksi Direksi BUMN TerbukaPublik Dapat Memantau Para Figur

    JAKARTA (HK) Komisi VI DPR memintaKementerian BUMN membuka secara transparanproses penjaringan calon direksi dan komisaris diperusahaan milik negara untuk mendapatkan figuryang cakap dalam memimpin sebuah korporasi.

    "Kita ingin proses rekrutmendireksi dan komisaris dilakukan ter-buka terutama pada BUMN strate-gis, mulai dari penentuan nama calonhingga hasil dari seleksi," kata KetuaKomisi VI DPR Achmad Hafisz To-hir, di Gedung MPR/DPR-RI, Jakarta,Rabu (3/2).

    Menurut Hafisz, tujuan prosesseleksi yang transparan tersebutagar publik dapat menilai sejakawal siapa sosok yang akan menja-di pengambil keputusan pada se-buah BUMN.

    "Kita tidak ingin mencampurikeputusan pemegang saham BUMN,karena itu merupakan kewenanganeksekutif. Tapi parlemen sebagailembaga yang mengawasi kekayaannegara juga harus mengetahui trackrecord orang yang akan ditempatkan

    pada BUMN," ujarnya.Selama ini, ujar Hafisz, Komisi

    VI DPR yang merupakan mitra kerjaKementerian BUMN tiba-tibamendapat laporan terkait susunandireksi sebuah BUMN, padahal didalamnya seringkali terdapat sosokyang dinilai publik bermasalah.

    "Betul...Kementerian BUMN danKementerian Keuangan merupakanpemegang saham yang berhakmelakukan fit and proper test (ujikelayakan dan kepatutan) calondireksi, namun tidak ada salahnyapublik melalui DPR diberikankesempatan untuk memberikan ma-sukan-masukan," katanya.

    Politisi dari Fraksi PAN tersebutmenyebutkan, belakangan pada sus-unan direksi dan komisaris beberapaBUMN terdapat figur yang dinilai

    tidak memiliki kompetensi dalammenangani sebuah perusahaan.

    "Pada jabatan komisaris, bebera-pa nama berasal dari kalangan rela-wan dan pengamat. Padahal majumundurnya sebuah korporasi terle-tak pada manajemen dan fungsi pen-gawasan, sehingga kalau tidak profe-sional akan memberatkan perusa-haan itu sendiri," tegasnya.

    Hafisz menjelaskan, laporan Ke-menterian BUMN kepada DPR terse-but bersifat pemberitahuan saja,karena memang bukan ranah legisla-tif untuk mencampuri urusan "fit andproper test".

    Setidaknya Komisi VI bisa mem-berikan rekomendasi apakah seorangcalon bermasalah atau punya rekamjejak yang buruk. Publik juga bisamemberikan informasi apakah calontertentu pernah melakukan tindakankriminal, terlibat korupsi danmasalah lainnya.

    Kementerian BUMN sebagaipembina dan pengawas perusa-haan "platmerah" itu juga dapatmengumumkan pada periode ter-tentu BUMN-BUMN apa saja yangmasa tugas direksinya segerahabis, termasuk pelaksanaan Rap-at Umum Pemegang Saham LuarBiasa (RUPSLB). (ant)

    BERI PENJELASAN Ketua Komisi VI DPR

    Achmad Hafisz Tohirmemberikan penjelasantentang seleksi Direksi

    BUMN, di Gedung MPR/DPR-RI, Jakarta, Rabu

    (3/2). Seleksi dimintaterbuka agar publi dapat

    memantau para figur.

    ANTARA

  • CMYK

    CMYK

    CMYK

    Editor: Amir Yunus, Layout: Mario

    bisnis3 Kamis, 04 Februari 2016

    Batam City Hotel

    Bisa Sekedar Transit

    Kepada Haluan Kepriyang menemuinya Rabu (3/2), Arif Hakim, Room Divi-sion Batam City Hotel me-nuturkan bahwa merekamemberlakukan khusustransit ini untuk penggunadimana mereka bisa checkin pukul 12.00 WIB hinggapukul 19.00 WIB.

    "Sekedar transit bisa,karena terkadang ada kon-

    sumen yang sekedar mampiruntuk malanjutkan perjala-nannya," ungkap ArifHakim.

    Promoso transit tersebut,lanjutnya, cukup murah. Jikatamu memilih deluxe diberi-kan harga Rp250.000 sajaper 5 jam, kalau executiveRp275.000 per 5jam, namundemikian tidak berlaku diweekend, long weekend danpublic holiday.

    Dan untuk might nightini di gunakan kepada pel-

    anggan hotel yang inginmenginap di tengah malamdan akan diberikan hargaspesial.

    "Untuk kamar deluxe har-ga Rp330.000 dan untuk exec-utive Rp380.000 dan ini tidakberlaku di weekend, long week-end dan public holiday," lan-jutnya.

    Dan Arif juga menambah-kan bahwa untuk promo reg-uler Batam City Hotel sendi-ri berlaku hingga Desember2016. Diantaranya, room de-luxe Rp 420.000, room execu-tive Rp500.000, room juniorsuite Rp650.000, dan presi-dent suite Rp900.000.

    "Untuk reservasi dan ket-erangan lebih lanjut silahkandatang langsung ke BatamCity Hotel Komplek PenuinCentre Blok OB no.1-7 depanMall BCS Batam atau jugamenghubungi 0778 - 741-8300,7418400,7418500 (hun-ting)," pugnkasnya. ***

    "SDM Indonesia Harus Bangkit..."Dwi Kartika Sari, ST, MBA, Ketua Program Studi Teknik Aeronautika Politeknik Negeri Batam

    BATAM (HK) Semua be-rawal dari kekagumannyapada sosok Bacharuddin Jusuf(BJ) Habibie. Presiden RI ke-3itu memang dikenal memilikiintelektual tinggi danmampu mengha-rumkan nama In-donesia di kan-cah internasion-al dalam bi-dang pener-b a n g a n .Inilah ya-n gmen-jadi

    motivasi dan inspirasi bagiDwi Kartika Sari.

    "Kenapa saya mengambiljurusan penerbangan? Ya, ka-rena kekaguman saya pada

    B.J Habibie. Beliauorang Indonesia

    pertama yangmenciptakanpesawat. Bah-kan saya se-mpat inginbekerja den-gan beliau,"ujar Dwi saatberbincangdengan Halu-an Kepri.

    MenurutDwi, apayang telahdipersem-b a h k a nBJ Habi-bie untukIndonesia,harus diter-uskan olehgenerasi se-

    lanjutnya. "Jika tidak, kitakhawatir, Indonesia akan sela-lu tertinggal," ucapnya. Karenaitu pulalah ibu tiga anak inimencoba meneruskan langkahHabibie. Caranya, denganmembagikan ilmu yang diper-olehnya kepada generasipenerus bangsa khususnyamahasiswa Politeknik NegeriBatam.

    Ketua Program Studi Tek-nik Aeronautika PoliteknikNegeri Batam ini mengakui,dia sangat memahami bagai-mana SDM Indonesia dalambidang penerbangan.

    "Kita masih jauh terting-gal dari negara-negara Eropa.Bahkan, dibandingkan dengannegara tetangga, kita pun ma-sih kalah dalam bidang in-dustri manufaktur," ucapnyalagi. "Kondisi ini tidak bisakita biarkan. Kita harus ber-buat jika ingin menyamai me-reka," paparnya lagi.

    Dikatakannya, untuk in-dustri penerbangan, Indonesiamasih mengandalkan paso-kan dari luar negeri.

    "Sementara kita tahu, in-dustri penerbangan TanahAir berkembang begitu pe-sat. Bahkan Indonesia meru-pakan salah satu penggunajasa tranportasi penerban-gan terbesar di dunia. Tapisayang, untuk bidang ini,kita masih mendatangkantenaga ahli dari luar. Ini se-buah kerugian besar. Untukitu, kita harus bisa mencip-takan lulusan yang ber-kompeten yang bisa mengge-brak industri manufaktur,"jelas Dwi lagi.

    Atas dasar itulah Dwi ter-motivasi membagi ilmu yangdimilikinya kepada anak-anak muda di Indonesia khu-susnya yang mengambil juru-san aeronautika di PoliteknikNegeri Batam.

    "Peluang di industri manu-faktur sangat besar. Namun,akibat sedikitnya informasipenerbangan yang didapatkanselama ini, telah membuatorang luar menggarap peluanganak bangsa. Orang Indonesiayang menggunakan, memfasil-

    itasi, orang asing mendapat-kan keuntungan. Sekarangmindset itu harus kita ubah.Orang Indonesia harus bisamembuat dan mengelola sen-diri, agar bisa menjadi tuan ditanah sendiri," paparnya Dwibersemangat.

    "Kini sudah waktunya ha-dir SDM-SDM yang berkuali-tas dari Indonesia. SDM yangsiap terjun ke lapangan di ten-gah hiruk pikuk industri man-ufaktur saat ini. Generasi-gen-erasi muda Indonesia harusbisa mensejajarkan dirinyadengan anak-anak muda dinegara-negara Eropa. Janganpernah takut salah. Salahdalam proses belajar itu ad-alah hal biasa," terangnya lagi.

    "Kalau kita selalu takutuntuk salah, kapan bisa maju?Dari kesalahan itu kita akanmenemukan kebenaran," ucapDwi berfilosofi.

    Untuk bisa menularkanilmunya kepada para maha-siswa dalam proses perkulia-han, istri dari Teguh Setiyantoini mempunyai cara jitu. Caratersebut didapatkannya se-waktu mengenyam pendidi-kan di negri Paman Sam.

    Untuk diketahui, Dwi me-nyelesaikan pendidikan S1 diTeknik Penerbangan InstitutTeknologi Bandung (ITB) Ban-dung. Lalu berkat beasiswaFulbright Dikti yang diperole-hnya, Dwi melanjutkan pen-didikan ke Tulane University,New Orleans, AS dan mem-peroleh Master of BusinessAdministration (MBA).

    "Waktu saya kuliah diAmerika, ketika dosen barusiap menjelaskan materi yangdisampaikannya, semua bere-but untuk bertanya. Hal terse-but sangat berbeda dengan diIndonesia. Rata-rata ditunjukdulu oleh dosen, baru bertan-ya. Kita harus mengubah bu-daya ini," kata Dwi.

    "Calon generasi Bangsaharus dibuat lebih kritis da-lam hal keilmuan akade-mik, agar nantinya tidakcanggung untuk berkarya ditingkat internasional," pungkasnya. (habli)

    Biodata

    Nama: Dwi Kartika Sari ST, MBATTL: Kediri, 14 April 1982

    Keluarga- suami: Teguh Setiyanto- Anak: Avicenna Arya Chandramukti Adilene Aida Chandramukti Amy Chandramukti Setiyanto

    PendidikanSD: SDN Setia Darma BekasiMts dan SMU: PPMI Assalam SoloS1: Teknik Penerbangan ITB BandungS2: Tulane University, New Orleans, AS Master ofBusiness Administration

    Pengalaman Kerja2004: Engineer PT Labtech Sekupang Batam2005: Dosen Universitas Internasional Batam2006: Dosen Politeknik Negri Batam

    Jabatan- Ketua Program Studi Teknik Aeronautika PoliteknikNegeri Batam- Ketua konsentrasi Perawatan Pesawat Udara- Ketua Galeri Investasi Poli Batam- Pembina Lembaga Pers Mahasiswa Paradigma

    Harga Bahan Pangan TinggiPemerintah Perlu Pengaturan Distribusi

    JAKARTA (HK) Direktur

    Penelitian Center of Reform

    on Economics (CORE) Mo-

    hammad Faisal menyatakan

    pola kecenderungan naiknya

    harga bahan pangan pada

    akhir tahun dan awal tahun

    dapat diatasi dengan peng-

    aturan sisi distribusi serta

    infrastruktur bagi produsen

    atau petani.

    Pengairan masih menja-

    di masalah besar yang be-

    lum diatasi hingga kini. Be-

    gitu pula teknologi perta-

    nian yang belum maju meng-

    ingat kebutuhan pangan se-

    makin besar. Varietas dari

    jenis pangan yang bisa lebih

    kerap panen, lebih tahan

    terhadap hama karena cua-

    ca sudah ekstrem akibat pe-

    manasan global, ucapnya

    di Jakarta, Rabu (3/2).

    Selain itu, dia mengata-

    kan kelancaran arus distri-

    busi pangan dengan dukun-

    gan sarana jalan dan trans-

    portasi yang memadai men-

    jadi solusi nyata. Menurun-

    nya keterlambatan pengiri-

    man yang menyebabkan bah-

    an pangan rusak bisa mem-

    bantu mengurangi praktek

    spekulasi yang sering meng-

    ganggu stabilitas harga pada

    tingkat konsumen.

    Kemudian infrastruktur

    teknologi informasi, ujar dia,

    masih membutuhkan waktu

    lama untuk dirasakan damp-

    aknya oleh masyarakat. Dia

    menuturkan harga bahan

    pangan yang disajikan via

    Internet oleh pemerintah ker-

    ap berbeda jauh dengan harga

    di lapangan. Selama gap itu

    masih besar, kata dia, infor-

    masi semacam itu tidak men-

    jadi akurat lagi dan tidak

    memberi harga pangan sebe-

    narnya, kecuali gap itu

    diperkecil. (tmp)

    Dwi Kartika

    BATAM (HK) Batam City hotel terus me-manjakan pelanggan setianya, salah satunyadengan memberikan beragam promo me-narik yang dapat di nikmati pelanggan. Dian-taranya transit & might night rate, yaitu tran-sit rate ini digunakan bagi tamu yang tidakingin bermalam lama tetapi dapat digunakanuntuk beberapa saat.

    Uang tak Layak Edar MeningkatJAKARTA (HK) BankIndonesia (BI) menyata-kan, pemusnahan uang ker-tas pada 2015 mengalamipeningkatan sebesar 13,89persen jika dibandingkantahun sebelumnya. Selaindari uang tabungan ma-syarakat di bank, uang tid-ak layak pakai umumnyabanyak ditarik dari daer-ah-daerah terpencil.

    Pemusnahan uang rupiahini diatur dalam PBI Nomor18/1/PBI/2016 tentang jum-lah dan Nilai Nominal UangRupiah yang DimusnahkanTahun 2015. Dalam peratu-ran itu disebutkan, sepan-jang tahun 2015 uang kertasyang dimusnahkan sebanyak5,92 miliar bilyet dan 19,47juta keping atau dengan nom-inal Rp 160, 25 triliun.

    Direktur Departemen Pe-ngelolaan Uang BI, Suhaedi,mengatakan peningkatan pe-musnahan uang kartal iniakibat meningkatnya soil lev-el atau standar kelusuhanuang dari yang sebelumnya 6pada 2014, level 7 pada Jan-uari 2015 hingga 8 pada Juli2015.

    "Kita akan terus mening-katkan kualitas uang rupiahyang beredar supaya seband-ing dengan uang negara maju.Kita belum bisa sekaligus,tapi bertahap ditingkatkan

    levelnya," kata Direktur De-partemen Pengelolaan UangBank Indonesia (BI) Suhaedidi Bank Indonesia,Jakarta,Selasa (2/2).

    Mekanisme penggantianuang tersebut yaitu Bank In-donesia akan menerima uangyang disetorkan masyarakatmelalui tabungan ke bankumum. Kemudian bankumum akan mengganti uangyang tidak layak pakai den-gan uang baru yang memenu-hi standar kelayakan. Selaindari penyetoran tabungan,masyarakat juga dapat me-nukarkan langsung uangmereka ke kantor perwakilanBI di seluruh Indonesia ataukas keliling yang disediakandi daerah terpencil.

    "Nanti uang yang beradadi bawah level 7 dan 8 akandiracik atau dimusnahkan,"kata Suhaedi.

    Menurut Suhaedi, daerahterpencil seperti di pulau-pu-lau atau daerah perbatasanumumnya memiliki uang ya-ng tidak layak pakai. Sebab,di daerah beberapa daerahyang sarana transportasinyaperlu kapal laut dan jauh,belum tersedia sarana per-bankan. Sehingga, untuk me-ningkatkan kualitas uangyang beredar, BI bekerja samadengan TNI AL, POLAIR,Pelni dan pesawat perintisyang menyediakan kas kelil-ing di daerah-daerah terpen-cil.

    "Daerah kepulauan ting-kat kelusuhannya sudah san-gat tinggi. Makanya kita laku-kan perluasan ke daerah, kitabuka kantor-kantor kas titi-pan, kas keliling. Di kepu-lauan seribu contohnya, kitakerja sama penyediaan kaskeliling di situ," ujarnya.(rpk)

    INI dia contoh berbagaipecahan uang kertasyang tidak layakberedar. Karenanya,masyarakat dihimbauuntuk dapat menukarkanuang yang tak layaktersebut ke bankpemerintah.

    TEMPO

    INT

    PROMO 2016 Batam City Hotel memberikan promo besar-besaran di tahun 2016, salah satunya bisa sekedar transit. Promo ini diberikan untuk memberikan kenyamananbagi konsumen dalam kategori transit.

    DianLiputan Batam

  • Editor : Arment, Layout : Agung R

    Bagi para siswa atau guru yang memiliki prestasi gemilang di sekolah atau ada acara di sekolah mau diterbitkan di Harian Umum Haluan Kepri,silahkan hubungi wartawan Haluan Kepri, Arment, melalui 081277177598.

    pendidikan4 Kamis, 04 Februari 2016

    DIBUTUHKAN

    SEGERA !Sekolah SALMAN AL FARIZI

    BATAM

    1. Tamatan Pondok Pesantren

    Modern GONTOR

    2. LPGTK

    3. Tenaga Administrasi

    4. Tenaga Pendidik Strata 1

    Diutamakan :

    1. Mampu berbahasa Inggris

    2. Mampu mengoperasikan

    komputer

    Lamaran ditujukan /

    Menghubungi :

    Alamat : Kampung Odesa Blok A

    16 No. 7 - 8 Batam Centre.

    Depan Bandara Hang Nadim)

    Contact Person : 0813 7219 7046- 0812 6627 3743

    Menunjuk Pengumuman Pertama LelangEksekusi Hak Tanggungan melaluipengumuman tempelan/selebaran tanggal 19Januari 2016 yang sedianya akan diadakanlelang eksekusi hak tanggungan atas sebidangtanah seluas 128 m2 berikut bangunan diatasnya sesuai SHGB No.123/Sagulung Kotaatas nama Zuljasna terletak di KomplekPerumahan Griya Sagulung Permai Blok ANo.73 Kel. Sagulung Kota Kec. Sagulung KotaBatam pada hari Rabu, 17 Februari 2016melalui penawaran open bidding di websitewww.lelangdjkn.kemenku.go.id dengan inikami BATALKAN karena Debitur/PenanggungHutang telah menyelesaikan kewajibanya.Demikian harap dimaklumi.

    Batam, 3 Februari 2016PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk

    MUR Area Batam

    PENGUMUMANPEMBATALAN LELANG

    Disdik Siap Gelar UN OnlineBATAM (HK) Dinas Pendidikan (Disdik)Kota Batam mengaku telah siap menggelarujian nasional (UN) online atau model Com-puter Bassist Test (CBT).

    Untuk kegiatan UN onlineini, pihak Disdik telah mem-persiapkan segala sesuatun-ya, mulai verifikasi perala-tan komputer yang nantiakan digunakan siswa, jari-nan internet, persiapan oper-ator komputer, hingga kesia-pan pihak sekolah.

    "Kemarin telah kita cekkesiapan sekolah saat meng-gelar try out online di SMAN 1Batam, segala sesuatunya ber-jalan lancar," ujar KepalaDisdik Kota Batam, Drs HMuslim Bidin menjawabHaluan Kepri, Rabu (3/2).

    Dari uji coba try outonline setelah dievaluasisecara umum, kata Mus-lim berjalan lancar tan-pa kendala yang berarti.

    Begitu pula terkait saranadan prasarana yang diperlu-kan, utamanya perangkat ko-mputer berikut jaringannyayang tersambung ke panitiapusat dirasakan sudah cuk-up siap untuk dioperasikan.Seperti peralatan komputerdimiliki SMAN 1 Batam, te-lah tersedia sebanyak 120unit, bahkan telah menda-tangkan konsultan untukkelancaran UN online ini.Namun untuk pelaksanaanUN online ini, nantinya pe-serta UN akan dibagi merja-di tiga shift. "Kemungkinan

    pelaksanaan UNonline nantinyasampai sore, ka-rena dibagi tigashift," jelasnya.

    Untuk uji co-ba UN onlinemelalui try outini, kata Muslimakan digelar Dis-dik pada bulan

    Maret men-datang, na-mun pihaksekolah te-lah menye-l e n g -garakan-nya. Halini di-lakukan

    Disdik untuk membiasakananak didik yang akan mengikutiUN tersebut, supaya secarapsikologis mereka familiar den-gan UN online atau model CBTini. Muslim berharap pada pel-aksanaan uji coba UN CBTmelalui try out nanti maupunpada waktu pelaksanaannyaUN CBT tidak terjadi kendalaapapun, baik jaringan internetmaupun listrik.

    Dijadwalkan untuk pelak-sanaan UN CBT tingkat SMA/SMK akan dilaksanakan padatanggal 13, 14, 15, dan 16 Aprilmendatang. Untuk Kota Ba-tam sendiri, hanya ada tigasekolah yang ditunjuk melak-sanakan UN CBT, yakni SMA-N 1 Batam, SMAN 3 Batamdan SMKN 1 Batam. Ketigasekolah itu dinyatakan meme-nuhi syarat untuk menyeleng-garakan UN secara online den-gan model CBT. Adapun beber-apa syarat sebuah sekolah un-tuk bisa menggelar UN CBT,kata dia diantaranya memilikipetugas laboratorium komputer(laboran) dan tersedia perangkatkomputer yang memadai.

    Lebih rinci Muslim men-jelaskan, bahwa untuk UNCBT ini masih menggunakanmodel CBT semi online, yak-ni dimana koneksi internethanya dibutuhkan ketika se-belum ujian untuk sinkronisa-si informasi soal ujian daninformasi peserta, serta se-sudah ujian untuk pengung-gahan data jawaban pesertaujian. Sedangkan pelaksan-aan ujian tidak memerlukankoneksi jaringan internet.

    "Jadi sekolah penyeleng-gara UN online harus menye-diakan server lokal untukmelakukan sinkronisasi den-gan server pusat (sinkronisa-

    si informasi soal ujian daninformasi peserta). Jadwalsinkronisasi diatur dalampetunjuk pelaksanaan UNonline nanti," ucap Muslim.

    Begitu pula dalam pelak-sanaan UN online atau CBTini, kata dia untuk mendapat-

    kan hasil tes yang valid dandapat dipertanggungjawabkanakan dilaksanakan dalam wak-tu yang bersamaan, baik jen-jang SMP/MTs, SMA/MA danSMK. Sedangkan mata pelaja-ran yang diujikan merupakanmata pelajaran yang sama den-

    gan ujian menggunakan PaperBased Test (PBT)/ UN manual.Jadi setiap peserta akan me-ngerjakan seluruh mata pelaja-ran secara terkomputerisasi(CBT) dengan waktu yang su-dah ditentukan.

    "Memang peserta UN online

    setelah mengerjakan soal belumbisa melihat hasilnya, baru nan-ti setelah hasil UN online dariserver lokal dikirim ke pusat, pe-serta bisa tahu hasil UN onlineyang bisa diakses melalui kodeNomor Induk Siswa Nasional(NISN)," ucap Muslim lagi. ***

    Arment AdityaLiputan Batam

    Sekolah Monte Sienna Batam MoU dengan Universitas FilipinaDigelar di Acara Peringatan Imlek

    BATAM (HK) Dalamrangka menyambut datang-nya tahun baru Imlek, selu-ruh staff dan keluarga besarSekolah Monte Sienna Ba-tam menggelar peringatanImlek, Rabu (3/2). Kegiatanini berlangsung di HallSekolah Monte Sienna sejakpukul 10.00 hingga 12.00WIB. Dalam acara tersebut,diadakan juga penandatan-gan kesepakatan kerjasa-ma atau memorandum ofunderstanding (MOU) den-gan University Of PerpetualHelp Filipina yang langsungdihadiri direktur universitastersebut Dr. Arnaldo S. De

    Guzman beserta 2 Direkturkampusnya yang lain.

    Turut hadir menyaksi-kan dan memberikan apre-siasidari Disdik PL Tobing,Untung Suryanto, Janu TriPuji Astuti, dan Roy, yangmewakili Kadisdik KotaBatam Muslim Bidin yangberhalangan hadir. Hadirpula Kepala Sekolah MonteSienna untuk tingkat lokalUnaenih SPd MPd serta Ke-pala Sekolah Monte Siennauntuk tingkat internasionalMaria Lodes.

    Acara yang berlangsungmeriah dengan persembahanpembacaan doa ayat suci Al

    Quran oleh siswa Islam Mon-te Sienna, dilanjutkan den-gan doa dari siswa Kristiani,dan diteruskan dengan per-sembahan barongsai sertatari-tarian dan nyanyiankhas daratan Cina dari selu-ruh siswa mulai dari tingkatKindergarten, TK, SD, SMP,SMA dan SMK. Kepenam-pilan para siswa ini, mem-buat seluruh hadirin yangmenyaksikan terkesima danmenghadiahkan aplausan.

    Dalam kesempatan itu,PL Tobing perwakilan Disdikmenyampaikan kekaguman-nya menyaksikan seluruhrangkaian gelaran yang dita-mpilkan oleh seluruh siswa.Saya sangat kagum dan ter-

    pesona dengan tampilan dankekompakan seluruh siswamenyajikan tarian maupunnyanyian, dan betul-betuldalam tampilan hari ini sayajadi tahu bahwa Monte Sien-na betul-betul menerapkanKebhineka Tunggal Ikaan-nya, dan mengembangkanpotensi siswanya. Sayaharapkan anak-anak MonteSienna bisa ikut berko-mpetisi dalam olimpiadesains yang dilaksanakanDisdik, agar nantinya Mon-te Sienna bisa lebih dikenaloleh seluruh lapisan ma-syarakat di Batam bahkanke tingkat internasional,-sambut Tobing.

    Usai acara, Yudianto

    Basarah, Dirut Monte Sien-na yang ditemui Haluan Ke-pri menuturkan, bahwa da-lam rangka menyambut Ta-hun Baru Cina Imlek 2567tahun 2016, Monte Siennasengaja menggelar perhela-tan akbar ini sekaligus up-ayanya memperluas jarin-gan pendidikan lanjutan-nya hingga keluar negeri.Syarat untuk sebuah seko-lah bisa merambah ke jen-jang internasional memangharus mempunyai kerjasa-ma dengan sekolah di luarnegeri, dan untuk saat inikami mengadakan kesepa-katan kerjasama ini denganUniversity Of PerpetualHelp Filipina yang juga me-

    rupakan kampus baru diwilayah Las Pinas City Fi-lipina, dan mereka juga

    membutuhkan masukanmahasiswa juga dari man-canegara, jelasnya. (cw54)

    5 SD Ikut Pemilihan Siswa,Guru dan Kepsek Berprestasi

    Tingkat Kecamatan Batuampar

    BATAM (HK) Sebanyak 5SD dari 12 SD di KecamatanBatuampar yang ikut seleksiOlimpiade Matematika danIPA. Acara ini digelar di SDN04 Batuampar, Rabu (3/2) ter-diri dari 5 sekolah, yaitu SDN01 Batuampar, SDN 03 Batu-ampar, SDN 04 Batuampar,SD Theodore, dan SD Kartini2 Jodoh. Sedangkan untukseleksi pemilihan siswa ber-prestasi, hanya 6 SD terdiridari SDN 01 hingga 04 BatuAmpar, SD Theodore dan SDKartini 2 Jodoh.

    Ditemui Haluan Kepri,Zainuddin kepala sekolahSDN 04 Batuampar sekali-

    gus Ketua Panitia, bahwakegiatan olimpiade sains,pemilihan siswa, guru dankepala sekolah berprestasiwilayah kecamatan Batuam-par untuk seleksi banyakyang absen tidak mengikutiseleksi tersebut.

    Untuk guru, banyak darimereka yang tersangkut dia-turan, seperti belum cukupmasa dinas, sedangkan untuksiswa minim karena faktortidak terprogramnya di ting-kat sekolah, sehingga siswatidak siap, terangnya.

    Dan untuk guru, lanjutZainuddin, faktor lain penye-babnya dari beberapa sekolahtidak mengikuti seleksi kare-na ada ketakutan nantinyaada bahasa Inggris yang manamereka merasa tidak mengua-sainya. Padahal hal itu hanyapelengkap, dan membuatkarya tulis sebagian masihbelum mengerti kaedah-kae-dahnya, jelasnya lagi.

    Untuk siswanya sendiri,kata Zainudin, mereka sudahdirancang oleh guru khususdari kelas 4 dan telah diberi-kan pelatihan setiap minggudan juga merupakan bagiandari kegiatan ekskul. Zainudin

    mengatakan bahwa setelahmenang di tingkat kecamatanini, para pemenang siswa danguru juga kepala sekolah ber-prestasi akan dilagakan lagike tingkat Kota Batam.

    Jadiuntuk yang tingkatKota Batam akan dilaksana-kan kalau tidak akhir Maretatau awal April, karena pe-menang biasanya diumumkandi bulan Mei pada saat perin-gatan Hardiknas, ungkapnya.Dan dari hasil seleksi siswadan guru berprestasi kecama-tan Batuampar 2016, untuksiswa juara 1 Atika Salsabilahdari SD Kartini 2 Jodoh, juaraII diraih M Ridho Kurniawandari SDN 04 Batuampar, dan

    juara III diraih Nurfitriani dariSDN 03 Batuampar. Sedang-kan guru yang terpilih menjadipemenang tingkat kecamatan,juara 1, Thamrin dari SDN 03Batuampar, Juara II, Jalaldari SD Kartini 2 Jodoh danjuara III diraih Maqbullah dariSDN 04 Batuampar.

    Kalau untuk kepalasekolah berprestasi sudah ter-laksana seleksinya Senin (1/2)lalu, yang menang adalah juara1 bapak Yendri Sarman dariSDN 02 Batuampar, juara IIBapak Nazirin dari SD Kartini2 Jodoh, dan juara II adalah ibuSulastri dari SDN 01 Batuam-par. Dan tambahan informasi,untuk sistem uji seleksi pemil-ihan siswa berprestasi tahapawalnya pengumpulan portofo-lio, lalu uji tertulis dan terakhiruji bakat, kalau guru tahapawalnya pengumpulan portofo-lio, uji tertulis lalu karyailmiah,paparnya. (cw54)

    IST

    TO ONLINE Pelajar di salahsatu sekolahsedangmengikuti ujiantry out (TO)online, beberapawaktu lalu.Tahun ini DisdikKota Batammenyatakansiap menggelarUN online ataumodel CBT.

    DIAN/HALUAN KEPRI

    BARONGSAI salah satu rangkaian pagelaran perayaan Imlek diadakan SekolahMonte Sienna, Rabu (3/2). Dalam acara tersebut dilakukan MoU antara SekolahMonte Sienna dengan Universitas Filipina.

    DIAN/HALUAN KEPRI

    SISWA-siswi SD di Kecamatan Batuampar sedang mengikuti seleksi OlimpiadeIPA dan Matematika, serta pemilihan siswa berprestasi, Rabu (3/2).

    Drs H Muslim BidinKadisdik Kota Batam

  • HAL yang menakutkan dari tingginya penyebaran virus zika dibeberapa negara Amerika Latin adalah timbulnya komplikasi yang

    mungkin terjadi akibat dari infeksi virus ini. Komplikasi tersebutberupa mikrosefalus dan gullaine barre syndroma (GBS).

    Walaupun masih belum bisa dipastikan dan masih kontroversi,komplikasi ini sangat menakutkan dan sulit penanganannya.

    REDAKSI menerima kiriman artikel opini, surat pembaca, essai,dan informasi dengan syarat tidak menghina, memfitnah ataumenghujat seseorang atau kelompok serta tidak berbau SARA.Setiap surat dilengkapi identitas diri dan dikirimkan ke RedaksiHarian Umum HALUAN KEPRI, Bengkong Garama, Telp. (0778)427000 (hunting), Faks. (0778) 427784, E-mail: [email protected] Redaksi berhak mengolah ulang isi

    ojok

    Kapolda Sikat Judi dan Narkoba- Sikat dikit atau sikat habis Ndan?

    Bank Jual Dua Unit RTLH- Di mana ada rumah di situ jadi duit!

    P

    Editor : Fery Heriyanto, Layout : Restu

    Ancaman Virus Zika

    Berantas Perjudian

    SIAPA pun pasti mendukung

    sikap tegas Kapolda Kepri ,

    Brigjend Pol Sam Budigusdi-

    an untuk memberantas perju-

    dian di wilayah hukumnya.

    Sebab secara sederhana,

    bagaimanapun judi sejauh ini

    merupakan salah satu penya-

    kit masyarakat yang belum

    sepenuhnya bisa dienyahkan

    dari Bumi Berazam ini. Hampir

    setiap hari kita membaca di

    media massa, sejumlah tempat

    perjudian digrebek aparat

    keamanan. Namun satu tem-

    pat digrebek muncul pula tem-

    pat lainnya.

    Kenapa hal itu terjadi?

    Karena harus diakui judi meru-

    pakan salah satu binis yang

    menguntungkan. Siapa yang

    untung? Sudah pasti penye-

    lenggarannya yaitu yang

    sering disebut bandar. Kare-

    na menguntungkan, pasti sia-

    papun tergiur untuk terjun

    dalam bisnis ini. Tapi berbeda

    dengan bisnis umumnya, di

    mana dua belah pihak atau

    lebih saling menguntungkan,

    tapi dalam bisnis ini, umumn-

    ya yang untung hanya sang

    bandar. Para pemain umumn-

    ya rugi. Anehnya, meski rugi,

    bisnis ini tetap banyak

    penggemarnya. Itulah judi

    yang korbannya sebagian be-

    sar merupakan masyarakat

    awam yang penghasilannya

    tidak seberapa.

    Dampak dari judi jelas,

    membuat masyarakat malas

    bekerja. Karena tidak bekerja

    membuat mereka mengambil

    jalan pintas dengan melakukan

    berbagai tindak kriminalitas

    untuk menguasai harta orang

    lain dengan cara tidak benar.

    Hal ini tentunya membuat

    masyarakat semakin resah.

    Melihat kondisi ini maka

    pemberantasan judi merupa-

    kan sebuah harga mati yang

    tidak bisa ditawar-tawar lagi.

    Kendala selama ini adalah adan-

    ya beking dari oknum aparat.

    Hal ini bukan merupakan raha-

    sia umum lagi. Jadi dengan

    adanya penegasan dari pucuk

    pimpinan kepolisian di Kepri ini

    tentunya membawa angin seg-

    ar pada kita semua.

    Aparat penegak hukum,

    baik di lingkungan Polda Ke-

    pri maupun yang tersebar di

    Polres dan Polsek di Kabupat-

    en/Kota harus segera men-

    jalankan perintah Kapolda

    untuk melakukan pemberan-

    tasan praktek-praktek judi ini.

    Tidak hanya pemain dan

    kaki tangan bandar, tetapi

    penegakan hukum terhadap

    perjudian ini juga harus dap-

    at menyentuh para bandar dan

    orang kuat yang ada di bela-

    kang bisnis pertaruhan uang

    tersebut.

    Dalam penanggulangan

    judi ini memang disamping

    upaya represif dari aparat

    penegak hukum juga preven-

    tif dari pemerintah daerah dan

    masyarakat juga sangat ber-

    peran penting. Pemerintah

    daerah melalui instansi terkait

    dan tokoh agama dan tokoh

    Muda Sukses Mulia dengan Sedekah

    ANDA ingin menjadi muslim

    yang total, menyeluruh dan

    tidak setengah-setengah?

    Anda ingin bisa memahami

    Islam dengan mudah, dalam

    waktu singkat dan tidak per-

    lu repot? Telah hadir di hada-

    pan anda buku Ensiklopedia

    Islam Kaffah? Sebuah buku

    yang insyaAllah menjawab

    keinginan anda untuk menja-

    di muslim kaffah.

    Kaffah artinya menyelu-

    ruh, total dan tidak setengan

    setengah. Dengan membaca-

    buku ini, anda insyaAllah

    akan mendapatkan mutiara

    dan inti ajaran Islam secara

    menyeluruh. Wawasan anda

    akan terbuka tentang betapa

    luasnya ajaran Islam. Selan-

    jutnya, anda akan termotiva-

    si untuk menjadi muslim

    Kaffah.

    Buku ini salah satu karya

    fenomenal Syaikh Muham-

    mad bin Ibrahim bin Abdul-

    lah at Tuwaijiri, salah seor-

    ang ulama Saudi Arabia

    yang selama puluhan tahun

    menulis. Beliau banyak

    menulis tentang tema tema

    keislaman yang menjadi ke-

    butuhan umat Islam dewasa

    ini. Ciri utama karya beliau

    adalah ketepatan tema yang

    beliau pilih dengan kondisi

    kekinian umat islam, seh-

    ingga ia benarbenar menjadi

    buku yang bermutu dan ber-

    gizi tinggi bagi para pem-

    bacanya. Kedua, rujukan da-

    lilnya jelas dan shahih. Set-

    ipa tema selalu didasarkan

    pada ayat al Quran dan ha-

    dits yang derajatnya shahih

    atau hasan, sehingga mey-

    akinkan hati pembacanya

    bahwa ia merupakan ajaran

    Islam yang shahih. Ketiga,

    Judul Buku: Ensiklopedi Is-lam KaffahKarya: Syeikh Muhammad binIbrahim bin Abdullah at Tu-waijiri

    Ensiklopedi Islam Kaffah,Temukan Indahnya Islam

    Resensi

    masyarakat harus terus

    melakukan sosialisasi bahaya

    judi dan dampak sosial serta

    hukumnya.

    Masyarakat dan perangkat

    pemerintah sampai ke tingkat

    RT juga harus akti f dalam

    pencegahan terjadinya prak-

    tek judi di l ingkungannya.

    Apabila sudah ada yang mu-

    lai membuka perjudian, maka

    segera dilakukan pendekatan

    untuk menghentikannya.Jika

    tidak mau laporkan segera ke

    aparat penegak hukum. Adan-

    ya sinergi antara pemerintah

    daerah, aparat penegak hu-

    kum dan masyarakat akan

    lebih mengefektifkan pem-

    berantasan judi. Karena itu

    tidak ada kata lain, judi me-

    mang harus dihentikan dan

    diberantas sampai ke akar-

    akarnya. Semoga***

    Mikrosefalus adalah ke-

    lainan bawaan di mana

    bayi yang dilahirkan mem-

    punyai ukuran lingkar kepa-

    la lebih kecil dari normal.

    Para ahli memberi batasan

    mikrosefalus bi lamana

    ukuran lingkar kepala bayi

    kurang dari tiga standar

    deviasi dari rata-rata ber-

    dasarkan umur dan jenis

    kelamin bayi.

    Kelainan yang menonjol

    dari mikrosefalus adalah ke-

    lainan neurodevolepment

    berupa penurunan kognisi

    atau kecerdasan dan

    kelemahan seluruh otot tu-

    buh. Akibatnya, anggota ger-

    ak akan lumpuh, kaku, dan

    sulit digerakkan. Mikrose-

    falus juga sering mencetus-

    kan kejang sehingga tumbuh

    kembang anak akan sangat

    terganggu dan terus bergan-

    tung pada orang tuanya.

    Sebenarnya hubungan

    antara infeksi virus dan

    mikrosefalus masih diper-

    debatkan. Para ahli masih

    mencari bukti baru lagi de-

    ngan serangkaian pemer-

    iksaan lanjutan. Hal ini

    berdasarkan laporan Ba-

    dan Kesehatan Dunia (W-

    HO) berupa peningkatan

    angka kejadian bayi mik-

    rose fa lus d i beberapa

    negara yang mengalami

    outbreak virus zika.

    Sebagai contoh, Brasil

    melaporkan peningkatan

    kejadian mikrosefalus pada

    bayi baru lahir sebanyak

    2.782 pasien sepanjang

    tahun 2015. Kita tahu virus

    zika mulai ditemukan dan

    merebak di Brasil pada

    awal 2015.

    Peningkatan bayi den-

    gan mikrosefalus ini sangat

    tinggi bila dibandingkan

    pada 2014 yang hanya 147

    dan pada 2013 sebanyak

    167 bayi. Tingginya kejadi-

    an mikrosefalus ini telah

    dimuat di dalam jurnal ke-

    dokteran internasional

    Lancet edisi Januari 2016.

    Para ahli kemudian meny-

    impulkan sementara ada

    hubungan kuat antara virus

    zika dan tingginya bayi

    mikrosefalus.

    Penelitian lain juga me-

    laporkan ditemukannya

    marker virus zika di dalam

    plasenta pasien yang terin-

    feksi virus zika. Hal yang se-

    makin menguatkan dugaan

    para peneliti akan kemu-

    ngkinan adanya penularan

    dari ibu ke anak dalam

    kandungan.

    Walaupun demikian,

    penelitian lanjutan sampai

    saat ini masih terus di -

    lakukan. Sebagai langkah

    antisipatif, beberapa nega-

    ra Barat mengingatkan

    wanita hamil untuk me-

    nunda bepergian ke negara

    endemis.

    Komplikasi lain yang di-

    takuti akibat infeksi virus

    zika adalah gullaine barre

    syndroma (GBS). Penyakit

    GBS adalah suatu kelainan

    saraf tepi yang ditandai den-

    gan kelumpuhan mendadak

    keempat anggota gerak

    badannya. Akibatnya,

    pasien tidak bisa mengger-

    akkan tangan dan kakinya.

    Secara umum, angka ke-

    jadian ini sangat rendah di

    seluruh dunia dan penyebab

    pasti penyakit ini belum

    diketahui. Tetapi, diduga

    adanya proses autoimun di

    mana sel imun yang seharus-

    nya melindungi tubuh justru

    menyerang dan merusak se-

    lubung saraf (myelin sheat).

    Hal ini menyebabkan hant-

    aran listrik saraf tersebut

    akan berkurang dan akhirn-

    ya terjadi kelemahan.

    Penyakit ini membutuh-

    kan waktu yang lama untuk

    penyembuhan, bahkan bisa

    terjadi komplikasi, yakni

    gagal otot napas yang bisa

    menyebabkan kematian bila

    tidak dirawat di ruang unit

    perawatan intensif (ICU)

    dengan bantuan alat perna-

    pasan.

    Sebenarnya dalam kon-

    disi normal jumlah kejadian

    GBS sangat kecil. Namun,

    WHO melaporkan, terjadi

    peningkatan angka kejadian

    GBS di negara El Salvador

    secara tajam di daerah yang

    terjangkit virus zika.

    Dari semua pasien GBS

    tersebut, sebanyak 55 pers-

    en menunjukkan gejala ter-

    infeksi zika, seperti demam

    atau adanya ruam kulit dua

    minggu sebelum muncul ge-

    jala GBS. Pemeriksaan im-

    unomarker juga menunjuk-

    kan hubungan yang kuat

    antara kedua penyakit ini.

    Maka tidak heran, nega-

    ra yang terjangkit virus ini

    menyerukan kepada dunia

    agar bersama-sama me-

    nanggulanginya. Walau-

    pun demikian, WHO belum

    memberikan larangan be-

    pergian ke negara yang ter-

    jangkit virus zika. Namun,

    upaya pencegahan mulai

    didengungkan oleh WHO.

    Dalam penanggulangan

    penyakit infeksi , memo-

    tong rangkaian penularan

    merupakan langkah yang

    paling penting dalam up-

    aya pemberantasan penya-

    kit tersebut.

    Antisipatif

    Walau pernah dilapor-

    kan penemuan virus zika di

    Jambi pada 2015 dalam se-

    buah pemeriksaan darah,

    tampaknya Pemerintah In-

    donesia, dalam hal ini Ke-

    menterian Kesehatan, be-

    lum melakukan langkah

    pencegahan yang konkret.

    Para pejabat Kemenkes

    masih menyakini amannya

    Indonesia dari ancaman ini.

    Ini merupakan kebiasaan

    kurang baik yang sering

    opini5 Rabu, 03 Februari 2016

    sistematika pembahasan-

    nya yang runut, sehingga

    gampang dicerna. Keempat,

    bahasa dan susunan kali-

    matnya mudah dipahami,

    sehingga siapapun bisa

    menikmati saat membacan-

    ya. Berbagai keistimewaan

    tersebut betul betul akan

    anda rasakan saat membaca

    buku ini.

    Buku ini menghimpun

    pokok pokok ajaran Islam

    mulai dari akidah yang men-

    cakup tauhid dan keimanan;

    ibadah yang mencakup dari

    Thaharah (bersuci), sholat,

    zakat, puasa, haji ; serta

    muamalah yang membahas

    jual beli, hutang piutang,

    hibah , wakaf dan lain lain.

    Juga memuat tentang Faraid

    (ilmu waris), munakahat

    (pernikahan), hukum pidana,

    tata peradilan, tata kenega-

    raan dan perang. Tidak ket-

    inggalan juga tentang akhlak,

    doa , dzikir dan dakwah.

    Dengan menyelesaikan

    membaca buku ini, Insha Al-

    lah anda sudah menyelami

    dasar dasar ilmu Islam mulai

    dari hulu hingga hilirnya.

    Atau, jika anda ingin memb-

    icarakan tema tertentu

    dalam masalah agama, anda

    bisa dengan mudah menemu-

    kan jawabannya di dalam

    buku ini. Subhanallah! sung-

    guh menakjubkan. (wec)

    terjadi di Indonesia, di

    mana pencegahan penyakit,

    terutama penyakit infeksi,

    sangat lemah dan tidak an-

    tisipasif.

    Sebagai negara tropis,

    Indonesia sangat mungkin

    terjangkit penyebaran virus

    zika. Hal ini disebabkan In-

    donesia adalah negara en-

    demis demam berdarah

    (dengue haemorrhage fever)

    yang mana vektor penu-

    larannya sama dengan vi-

    rus zika, yakni nyamuk

    Aedes aegypti. Bilamana

    ada seseorang yang terin-

    feksi virus ini dalam darah-

    nya setelah bepergian ke

    luar negeri, kemungkinan

    penyebaran sangat cepat

    seperti demam berdarah.

    Maka seharusnya segera

    diambil langkah penanggu-

    langan awal untuk menya-

    darkan masyarakat akan

    kemungkinan serangan vi-

    rus zika ini. Beberapa pern-

    yataan pejabat Kemenkes di

    beberapa media massa na-

    sional mengesankan "mere-

    mehkan ancaman ini" dan

    belum ada langkah yang se-

    harusnya diambil kecuali

    wait and see penyakit ini

    (tanpa upaya serius usaha

    preventif dan promotif).

    Sebagai perbandingan,

    penanganan demam berd-

    arah di Indonesia belum me-

    muaskan. Data Litbangkes

    Kemenkes tahun 2014 men-

    gungkapkan, jumlah pasien

    demam berdarah sebanyak

    99.499 dengan tingkat ke-

    matian tinggi (case fatality

    rate 0,98 persen).

    Angka tersebut memberi

    gambaran nyata kepada

    kita akan kemungkinan

    penyebaran virus zika kare-

    na agen penyebarnya sama

    dengan demam berdarah,

    yakni nyamuk Aedes aegyp-

    ti. Semoga pemerintah seg-

    era mengantisipasinya. ***

    Oleh: Abdul Rouf, M.Pd.I

    Oleh: Badrul MunirDokter Spesialis Saraf RS Saiful Anwar, Dosen Neuroinfeksi Fakultas

    Kedokteran Universitas Brawijaya Malang

    "COBALAH dulu, baru ceri-ta. Pahamilah dulu, baru

    menjawab. Pikirlah dulu,

    baru berkata. Dengarlah

    dulu, baru beri penilaian..."

    (Socrates, Filsuf)

    "SETIAP orang yang bisa

    menjaga kemampuan

    untuk melihat kecantikan,

    dia tidak akan pernah

    tua..."

    (Franz Kafka, Filsuf)

    akap ijakBC

    MENJADI orang kaya, suk-

    ses, dan mulia adalah dam-

    baan setiap manusia. Na-

    mun, tidak setiap manusia

    berkesempatan merasakan

    jadi kaya, sukses, dan mulia

    di saat Muda. Peluangnya

    tetap berbuka kepada siapa

    pun, dengan catatan me-

    menuhi persyaratan dan

    sistem yang telah digariskan

    oleh Allah SWT. Namun per-

    tanyaannya, apakah kita

    sudah tahu dan memahami

    sistem yang Allah tetapkan

    untuk mencapai tujuan itu?

    Semuanya telah digarisk-

    an teori-Nya dalam Al-

    Qur`an, hadits, dan sunah

    Rasul. Sedekah akan menga-

    ntarakan kita kepada

    kekayaan dan kemuliaan di

    hadapan Allah dan manusia.

    Jika kita bersedekah dan

    memenuhi ketentuannya, be-

    rarti kita sedang membangun

    struktur kehidupan kita

    menuju kemuliaan. Kita akan

    terus-menerus mendapat

    kejutan dalam kehidupan.

    Tidak ada keba-

    hagiaan yang lebih,

    dibanding menjadi

    mulia di hadapan

    Allah dan manusia,

    karena bersedekah

    berarti membangun

    hubungan sosial

    yang berlandaskan

    ridha Allah. Jangan tanya

    bagaimana Allah akan mem-

    bayar kita. Allah tidak akan

    kehabisan cara untuk melu-

    nasi kita, bahkan dari angle

    yang tidak kita bayangkan

    sekalipun.

    Jika kita tidak memenuhi

    ketentuan sedekah, maka

    kita akan berada dalam situ-

    asi penantian yang sia-sia.

    Kita akan terjebak dalam

    ketidaksabaran, karena sede-

    kah kita harus disa-

    lurkan untuk menut-

    upi dosa-dosa dari

    perbuatan yang lain.

    Oleh sebab itu, taati-

    lah rambu-rambun-

    ya dan hindari duri-

    durinya.

    Diantara rambu-

    rambu sedekah yaitu, perta-

    ma, Dengan Harta yang Halal

    .Rasulullullah SAW ber-

    sabda: Barang siapa yang

    sedekah sebiji kurma dari re-

    jeki yang halal dan Allah han-

    ya menerima dari yang baik,

    K olom Publik

    maka Allah menerimanya

    dengan tangan kanannya, ke-

    mudian mengembangkannya

    untuk pemiliknya, sebagaim-

    ana seorang dari kalian

    mengembangbiakkan anak

    kudanya, sampai satu sua-

    pan menjadi seperti gunung

    uhud, (HR.Bukhari)

    Kedua, Berikan yang ter-

    cinta, terbaik. Kamu sekali-

    kali tidak sampai kepada

    kebajikan, sebelum kamu

    menafkahkan sebahagian

    harta yang kamu cintai. Dan

    apa saja yang kamu nafkah-

    kan maka sesungguhnya Al-

    lah mengetahuinya. (QS.Ali

    Imran: 92)

    Ketiga, tidak menyebut-

    nyebut dan menyakiti si

    Penerima. Hai orang-orang

    yang beriman, janganlah

    kamu menghilangkan (paha-

    la) sedekahmu dengan

    menyebut-nyebutnya dan

    menyakiti (perasaan si pen-

    erima), seperti orang yang

    menafkahkan hartanya

    karena riya kepada manusia

    dan dia tidak beriman kepa-

    da Allah dan hari kemudian.

    Maka perumpamaan orang

    itu seperti batu licin yang di

    atasnya ada tanah, kemudi-

    an batu itu ditimpa hujan

    lebat, lalu menjadilah dia

    bersih (tidak bertanah).

    Mereka tidak menguasai se-

    suatupun dari apa yang

    mereka usahakan; dan Al-

    lah tidak memberi petunjuk

    kepada orang-orang yang

    kafir. (Al Baqarah: 264)

    (Wallahu alam)***

  • CMYK

    CMYK

    iklan6 Kamis, 04 Februari 2016

  • sambungan7 Kamis, 4 Februari 2016

    Keranjingan Akroyoga ..... sambungan Hal. 1

    Kapolda Sikat..... sambungan Hal. 1

    Leicester Tanpa ..... sambungan Hal. 1

    Pemain film The Tarix Jabrixitu melakukan akroyoga sejaksebelum hamil Quenzino. Dia bia-sa latihan akroyoga bersama Fa-jar, sepupunya.

    "Harus sering dan teratur jad-walnya. Jadi, aku menyempatkandan janjian sama dia (Fajar) ka-

    rena jadwal dia lumayan padat,"tutur pesinetron sekaligus modelitu.

    Selain akroyoga, Carissa jugamasih disibukkan dengan syutingprogram acara di salah satu sta-siun televisi dan mengurus bisnisrestorannya. Meski sibuk berka-

    rier, dia mengaku tetap bisa fokusmengurus sang suami dan buahhati.

    Acroyoga sendiri merupakanjenis dari olahraga yoga dimanasetiap gerakan yang dilakukanmengandung usur acrobatic danyoga. (vvn)

    gnolet.Liverpool sendiri bukannya

    cuma pasrah saja diserang. Mere-ka juga mencoba untuk menggedorpertahanan sang tuan rumah. Na-mun sayangnya, tiap seranganyang mereka bangun selalu gagaldan hal tersebut lebih disebabkanoleh kurang terkoordinasinya pe-main-pemain penyerang mereka.

    Di menit ke-37, muncul satulagi peluang emas bagi Leicester.Mahrez melepas sepakan meleng-kung dari sisi kiri ke pojok kananatas gawang Liverpool. NamunMignolet dengan gemilang mampumenepisnya.

    Laga di babak pertama ini ak-hirnya berakhir dengan skor kaca-mata alias 0-0.

    Di babak kedua, Jurgen Kloppmencoba meminta Liverpool men-gambil inisiatif menyerang lebihdulu. Mereka sempat menguasaijalannya laga selama beberapasaat. Namun mereka tetap tak

    bisa mencetak gol karena begituserangan mereka sampai di mulutkotak penalti, mereka seperti ke-bingungan sendiri harus melaku-kan apa.

    Hal tersebut mampu diman-faatkan dengan sempurna olehpasukan Claudio Ranieri. Merekaberusaha melakukan strategi se-rangan balik dan membuahkanhasil sangat bagus di menit ke-60.

    Mahrez memberi umpan kearah sisi kiri pertahanan Liverpool.Bola dikejar oleh Vardy. Tanpabanyak basa-basi, ia langsungmelepas sepakan keras dari areatersebut dan bola pun meluncurderas ke pojok kiri atas gawangMignolet. 1-0 dan gol itu pantasdimasukkan dalam nominasi Goalof the Season.

    Penampilan Liverpool tak nam-pak semakin membaik setelah ke-bobolan. Mereka memang berusa-ha menyerang, namun sepertinyadengan pikiran yang sedikit panik.

    Dan lagi-lagi, hal tersebut mampudimanfaatkan dengan sempurnaoleh Leicester.

    Di menit ke-71, serangan dariOkazaki membuat lini belakangLiverpool kalang kabut. Sepakan-nya memang berhasil diblok, na-mun bola justru bergulir tepat kedepan Vardy. Dan meski ditempeloleh Lovren, ia dengan mudah bisamenceploskan bola ke gawang Mi-gnolet.

    Liverpool pun terus mencobamenyerang, walau secara seram-pangan. Di sisi lain, Leicester ber-tahan dengan cukup solid. Alhasil,tak ada lagi gol yang tercipta hing-ga laga babak kedua berakhir. Le-icester tetap unggul 2-0.

    Kemenangan ini membuat Le-icester meraup poin 50 dari 24pertandingan. Mereka pun masihbertahan di puncak klasemen. Se-mentara itu Liverpool tetap men-goleksi 34 angka dan turun ke posi-si delapan klasemen. (bln)

    rumah susun khusus di MarkasKomando (Mako) Satuan BrigadirMobil (Brimob) di Tembesi, Ba-tam, Rabu (3/2).

    Disampaikannya, pihaknya takmain-main untuk memberantasperjudian yang ada di Batam ini,apalagi sudah merepotkan ma-syarakat sendiri.

    "Batam merupakan salah satuikon Indonesia. Jadi kita tidakmain-main dengan perjudian apa-pun itu," tambahnya.

    Kapolresta Barelang, KombesPol Helmy Santika menyatakansiap menjalankan instruksi Kapol-da. Ia pun sudah meminta seluruhKepolisian Sektor (Polsek) untukmenindak semua pelaku perjudi-an.

    "Saya sudah instruksikan tin-dak semua bentuk dan pelaku per-judian apapun itu," katanya tegas.

    Pria berpangkat tiga bunga itumenyatakan, terhadap pelaku per-judian pihaknya tidak ada istilahkasihan.

    "Kan, baru-baru ini kita barumenindak perjudian gelper (ge-langgang permainan) yang ada diBatuaji, dan perjudian online yangada di Sagulung. Itulah tindakantegas terhadap perjudian yangtidak memiliki izin sama sekali,"ungkapnya.

    Ketika ditanya mengenai judigelper yang saat ini masih marakdi Batam, Helmy menuturkan,masih sangat kesulitan untukmelakukan penindakan dan agakdilema. Sebab, di dalamnya adaketerlibatan pemerintah dalammemberikan perijinannya," tam-bahnya.

    Hingga saat ini untuk judi gelp-er yang ada di Batam, tidak bisaditindak secara langsung oleh pi-hak kepolisian. Namun, meskidemikian, polisi akan tetap men-indak gelper yang masih beropera-si jika ketahuan ada tindak perju-dian di dalamnya.

    "Kita akan tindak tegas kalauada gelper yang, melaksanakantindak perjudian di dalamnya,"ujarnya.

    Maka dengan itu, Helmy me-ngimbau kepada seluruh masya-rakat Batam serta pemerintah dansetiap Polsek, agar ikut mengambilbagian dalam memberantas tindakperjudian yang ada di Batam,khususnya wilayah hukum polsekmasing-masing.

    "Terus terang, kita tidak bisabekerja sendiri, kita butuh kerjas-ama dengan masyarakat dan pe-merintah," tambahnya.

    Mengenai lahan perjudian yangada di Batam yang diduga dibekin-gi aparat terkait dan pemerintah-

    an, Helmy tidak berkomentar ban-yak.

    "Saya minta kepada masya-rakat dan media massa yang me-ngetahui dan memiliki bukti adaperjudian yang dibekingi aparat,agar melaporkan kepada pimpi-nannya langsung, kalau tidak la-porkan ke saya," kata Helmy.

    Tangkap Pengedar Narko-ba

    Soal narkoba, Kapolda Kepriberjanji akan menangkap semuapengedar narkoba di Batam. Iamengaku sudah membentuk timmembekuk para pengedar narkobatersebut.

    "Tunggu saja tanggal main-nnya. Semua pengedar narkobatermasuk pemakaianya kita sikat.Dari pangkalnya harus diberes-kan," ujarnya.

    Ia pun akan menggandeng se-mua lapisan masyarakat dan in-stansi yang memiliki kesadarantinggi atas bahaya narkotika.

    "Kita tidak mau ribut-ribut disini. Kita akan melumpuhkannyaibarat menangkap ikan, air takkeruh," katanya.

    Kapolres Barelang, Kombes PolHelmy Santika menyatakan kesia-pannya untuk menindaklanjutikomitmen kepolisian untuk mem-berantas narkoba.

    "Terbaru, berkat informasidari masyarakat, kita berhasilmengungkap kasus kepemilikan1.254 butir ekstasi dan 32 gramsabu. Itu semua berkat kerjasamamasyarakat dan polisi," ujarHelmy.

    Helmy menambahkan, pihakn-ya terus melakukan koordinasidengan beberapa pihak termasukpihak pelabuhan laut dan daratserta bandara. Hal ini dilakukanguna menekan angka peredarannarkoba lewat pintu-pintu masukke Batam.

    Ketua Gerakan MahasiswaMelayu Batam, Fahrul Anshorymenyambut hangat komitmen Ka-polda Kepri dan Kapolresta Bare-lang untuk menindak tegas perjudi-an dan peredaran narkoba. Cumasaja ia berharap, pihak kepolisianuntuk menutup semua aktifitasgelper yang ada di Batam karenasarat dengan perjudian terselu-bung.

    "Kalau Pak Kapolda dan Kapol-res mau menutup gelper bisa saja.Intip saja akfititas gelper itu. Sayaberkeyakinan ada judi di situ.Modusnya, saat hadiah ditukar-kan dengan uang di suatu tempat.Padahal prosesnya dalam satumata rantai dengan kegiatan itu,"sebutnya.

    Ia kurang sepakat jika polisi

    masih dilema menutup gelper ka-rena ada keterlibatan pemerintahdaerah. Menurutnya, jika pemerin-tah mengizinkan dan membukapeluang tumbuh dan berkembang-nya penyakit masyarakat. "Apa-kah harus dibiarkan," sindirnya.

    Anshory pun menyatakan, per-soalan penutupan gelper sudahmenjadi atensi semua mahasiswadi Batam dan Kepri saat ini. Pi-haknya juga mendapat supportingdari berbagai elemen masyarakatMelayu di Batam dan Kepri untukmendesak kepolisian menutup ak-tifitas gelper.

    "Kami sekarang tengah meny-iapkan rencana aksi besar-besaranuntuk mendesak kepolisian danPemerintah Kota Batam menutupgelper," tegasnya.

    Tutup GelperTerpisah, Mantan Ketua Perg-

    erakan Mahasiswa Islam Indone-sia (PMII) Kota Batam TongkuApril sepakat agar pemerintahdan kepolisian menutup semuaaktifitas gelper yang ada di Ba-tam. Menurutnya, gelper sudahmerusak tatanan hidup masya-rakat Kota Batam.

    "Ya, kalau pemerintah mau men-cari PAD, masih banyak cara lain.Galilah PAD dengan cara-cara yangsah dan berkah. Jangan sampaihalalkan segala cara dengan dalihuntuk pembangunan," katanya.

    Ia mengkaji banyak sekali po-tensi PAD yang belum tergarapdan bisa berkonstribusi besar bagipembangunan Batam. Cuma saja,perlu kerja maksimal dari pemer-intah untuk mendorong peningka-tannya.

    Ketua Laskar Pembela Islam(LPI) Provinsi Kepulauan Riau, ZenSyarif menilai, pemerintah janganterjebak oleh penggiringan opinipara cukong gelper dengan iming-iming peningkatan PAD. Menurut-nya, Batam tanpa gelper tetap jadisurga pariwisata.

    "Kan ada penggiringan opinijika gelper itu salah satu pilihanwisata ke Batam. Memangnyayang main itu para turis? Tidakkan? Malahan pemainnya ada darisopir taksi, tukang ojek dan ma-syarakat biasa yang berpenghasi-lan pas-pasan," sebut Zen.

    Dayat, salah seorang wargaBatam Centre malah menyindirkepemimpinan Walikota Batam,Ahmad Dahlan yang berlatar bela-kang tamatan Institute Agama Is-lam Negeri (IAIN) di Yogyakarta.Katanya, seharusnya Dahlan mes-ti menampilkan kepemimpinanyang Islami dengan menggali po-tensi PAD dari hal yang halal danberkah. (ded)

    gadangkan berpeluang menahko-dai partai besutan mantan Pres-iden RI, Susilo Bambang Yudohoy-ono ini.

    Informasi yang dihimpun Halu-an Kepri di internal Partai De-mokrat, pertarungan perebutankursi Ketua DPD PD Kepri bakalberlangsung seru. Soalnya, parakader PD Kepri menginginkan par-tai berlambang bintang mercy inirebound pada 2019 nanti.

    Oleh karenanya, mereka ber-harap pemimpin PD Kepri ke de-pan dipegang oleh kader yang me-miliki loyalitas tinggi dalammembesarkan partai. Tiga namakepala daerah ini, dianggap mam-pu membawa Partai Demokrat diKepri jaya kembali.

    Nama Walikota Batam terpil-ih, Rudi SE termasuk sosok yangdigadang-gadang berpeluang men-jadi orang nomor satu di PD Kepri.Soalnya, lewat Ketua DPD, infor-masinya Rudi bisa membuka pelu-ang untuk melirik kursi GubernurKepri di masa mendatang.

    Tidak hanya itu, peluang Rudibisa menahkodai PD Kepri jugatidak terlepas dari tipikal Rudiyang berkarakter seorang peta-rung. Banyak kalangan juga me-nilai, kesuksesan H. MuhammadSani memenangi Pilkada Kepri diKota Batam tidak terlepas konstri-busi positif dari maksimalnyaRudi dalam Pilkada Batam yangmenang dari Ria Saptarika secarameyakinkan.

    Sementara itu, peluang Aprimemimpin Kepri PD Kepri jugaterbuka luas. Sebab, Apri dinilaisukses mengantarkan PD bisameraih kemenangan empat kepaladaerah di Kepri. Yakni, GubernurKepri, Walikota Batam, BupatiBintan dan Bupati Karimun.

    Tidak hanya itu, Apri juga suk-ses menorehkan tinta emas dalamsejarah perjalanan PD di Keprimenjadi Ketua DPD PD Kepri yangsukses menjadi Wakil KetuaDPRD Kepri, sekaligus bisa gemi-lang di Pilkada Bintan.

    Sedangkan H. MuhammadSani turut digadang-gadangkanmemimpin PD Kepri karena diang-gap sebagai tokoh pengayom se-mua kader. Karakter Ayah yangtersemat apik di sosok Sani dalamPilkada Kepri menjadi satu per-timbangan para kader untuk me-narik Sani memimpin PD Kepri.

    Nursin, kader Partai DemokratBatam menyatakan, sesungguhnyaPD di Kepri memiliki peluang pal-ing besar untuk menjadi partaipemenang pada tahun 2019 men-datang. Soalnya, dua kader ter-

    baik partai yakni, Ketua DPD Par-tai Demokrat Kepri, Apri Sujadidan Sekretaris DPC PD Batam,Rudi SE sukses menang di Bintandan Batam.

    PD pun, kata Nursin, memper-oleh support baru dengan kemenan-gan H. Muhammad Sani dalamPemilihan Gubernur KepulauanRiau. Sani merupakan usungan PDyang menyatakan siap menjadikader PD.

    "Tiga kepala daerah ini adalahmodal penting PD untuk merebutkembali kejayaan di Batam danKepri. Apalagi kader-kader PDbisa menjadi Walikota Batam danBupati Bintan sebagai dua daerahyang memiliki kursi DPRD cukupbesar di Kepri," katanya.

    Wakil Ketua DPD Partai De-mokrat Batam, Syafrial Siregartidak menampik jika pertarunganperebutan kursi DPD Kepri bakalramai. Ia pun memprediksi, kursiKetua DPC PD Batam juga tidakkalah seru.

    "Tiga tokoh penting itu akanjadi magnet tersendiri bagi ma-syarakat Kepri. Apalagi jika PakDahlan berminat untuk konsentra-si membesarkan PD Kepri pascatidak lagi jadi Walikota Batam.Sungguh ini momentum tepat bagiPD untuk berbenah," sebutnya.

    Sementara itu, Walikota Ba-tam terpilih, Rudi SE ketika dim-inta tanggapan soal namanya di-gadang-gadangkan cocok memim-pin PD Kepri masih pelit berko-mentar. Rudi hanya menyatakanamin, ketika Haluan Kepri men-girim SMS meminta komentarnyaterkait hal itu.

    Sedangkan Bupati Bintan ter-pilih yang juga Ketua DPD PD Ke-pri, Apri Sujadi belum memberi-kan komentar. Ia tidak menjawabSMS koran ini ketika diminta ko-mentar soal ini.

    Terpisah, Gubernur Kepri terpi-lih belum bisa dihubungi. SaidulKhudri, Orang dekatnya H. Mu-hammad Sani menyatakan, jikaSani tidak mungkin berambisimemimpin PD Kepri karena beliauakan memberikan laluan kepadayang lebih muda.

    Sekretaris DPD PD Kepri, SuryaSardi mengatakan, pasca pemili-han kepala daerah langsung ini, PDbersiap untuk menggelar Musya-warah dan Musyawarah Cabang diseluruh kabupaten/kota yang adadi Kepri.

    Ia memprediksi, Musda Kepriakan digelar paling lambat, Maretmendatang. Sementara itu, mus-cab di kabupaten/kota yang ada diKepri akan digelar serentak di satu

    tempat."Ketua DPD, Apri Sujadi baru-

    san ke Jakarta. Mungkin konsul-tasi soal jadwal penyelenggaraanmusda. Pastinya, pas beliau pu-lang lah saya kabarin," jawabSurya, Rabu (3/2) di ujung telpon.

    Roy, Sekretaris DPD PD Keprimenambahkan, harapannya Mus-da PD Kepri dan Muscab PD kabu-paten/kota di Kepri berlangsunglancar. Menurutnya, pertarungannanti bakal seru dan siapapun ter-pilih akan memberi harapan bagikejayaan PD 2019 nanti.

    Incumbent Masih BerminatSerunya perebutan Ketua DPD

    PD Kepri juga menjalar ke perebu-tan Ketua DPC PD di kabupaten/kota yang ada di Kepri.

    Kota Batam misalnya, terdap-at sejumlah nama tenar bakal siapmemimpin PD Batam mendatang.Mereka diantaranya, Teuku Ham-zah (Wakil Ketua DPRD Batam),Helmi Hemilton (anggota DPRDKota Batam), Mesrawati Tempub-olon, Kamaluddin (tim suksesRudi-Amsakar), Amir Syarifuddin(sesepuh PD Batam), Irlan Gusti(mantan Ketua DPC PD Batam)Muhamad Yunus S.Pi (anggotaDPRD Batam) dan Chairul Adam(mantan Pelaksana Tugas KetuaDPD PD Kepri).

    Sementara itu, perebutan kursiPD Kepri Tanjungpinang juga takkalah seru. Tiga anggota DPRDTanjungpinang melirik kursi Ket-ua DPC ibukota Provinsi Kepritersebut. Mereka, Peppy Chandra,Maskur Tilawahyu, Ginta Asmara.

    Sedangkan di Karimun, ketuaDPC PD setempat, Iwan Kusumabakal mendapat tantangan dariAzmi yang saat ini menjabat se-bagai Wakil Ketua DPRD Ka-rimun.

    Di Anambas, Wans Sarrosyang saat ini memimpin PD setem-pat infonya akan mendapat perla-wanan kader PD setempat lainnyadi Anambas. Mereka berasal darianggota DPRD Anambas dari Frak-si Partai Demokrat diantaranya,Adnan Nala.

    Lingga pun begitu. Ketua DPCPD Lingga, Azis terancam posisin-ya karena Chairul Anwar, Sekre-taris DPC PD yang jadi anggotaDPRD setempat berselera me-mimpin PD.

    Terpisah, PD Kabupaten Natu-na juga semarak dengan kehadiranKetua DPRD Natuna, Yusripandiyang mengancam kursi Ketua DPCPD Natuna, Imalko. Ini adalah tan-tangan tersendiri bagi Imalko pas-ca gagalnya dalam pemilihan Bu-pati Natuna. ***

    3 Kepala ..... sambungan Hal. 1

    tuanya tersebut tak ada yang mer-awat. Sementara, Ali berdalih, diasangat membutuhkan uang karenaditimpa musibah kecelakaan.

    Anehnya, setelah menjual ru-mah tersebut, kedua warga itutetap tinggal di Sepedas, Pasir-panjang. Suryanto dikabarkan pin-dah ke Sepedas Laut tepatnya RT02 RW 05. Sementara, Ali karenasudah tak memiliki rumah lagi ter-paksa tinggal di rumah mertuanyadi RT 04 RW 05, Sepedas.

    Saat ini kedua rumah itu dibe-li oleh Jhon dari kedua lembaga

    perbankan tersebut. Kepada Halu-an Kepri, Rabu (3/2) kemarin, Jhonmengaku membeli rumah yangpernah ditempati Suryanto denganharga Rp45 juta. Sementara, ru-mah yang dulunya milik Ali dibel-inya seharga Rp50 juta.

    "Rumah Suryanto saya beli lebihmurah karena lokasinya agak ke bela-kang. Rumah Ali sedikit mahal kare-na berada di pinggir jalan," jelas Jhonsambil merehab rumah tersebut.

    Jhon mempertanyakan apakahdirinya salah telah membeli ru-mah tersebut. Karena, dia beli dari

    pihak bank. "Sekarang saya mautanya, apakah saya salah kalaumembeli dua rumah ini. Sayamembelinya kan bukan langsungdari pemilik sebelumnya, melain-kan dari bank," tuturnya.

    Dijelaskan, status kedua tanahtempat berdirinya bangunan rumahyang awalnya bantuan dari pemerin-tah itu sudah diganti atas namanyasendiri. "Kedua tanah ini kan sudahbersertifikat. Setelah saya beli, ked-ua sertifikat itu sudah saya baliknama kan atas nama saya," ungkap-nya lagi. (ham)

    Bank Jual ..... sambungan Hal. 1

    Identifikasi Virus Zika Belum JelasJAKARTA (HK) Identifikasiterhadap virus Zika di Indonesiahingga saat ini belum diketahuidengan jelas bagaimana caranya.

    Deputi Kepala BPPT BidangTeknologi Agroindustri dan Biote-knologi, Eng Eniya Listiana Dewimenyatakan virus zika yang mew-abah di Amerika Latin belum jelasidentifikasinya di Indonesia.

    "Virus Zika kan baru saja mun-cul, namun belum jelas juga apakahmemang dari nyamuk dan bagaim-ana antisipasinya dan sebagainya,"kata Eniya di sela-sela acara "theJoint Coordinating Committee(JCC) for the SATREPS Project byUtilizing Diversity of Indonesia Bio-resources (SLeCAMA)" di kantorBPPT, Jakarta, Selasa (2/3) sore.

    Pihaknya menilai virus Zikamasih sama seperti dengan gejala-gejala penyakit malaria dan De-mam Berdarah Dengue (DBD).

    "Kami masih menyatakan ituseperti dengan malaria dan DBDkarena gejalanya sangat mirip,salah satunya demam. Karenaidentifikasinya belum jelas, untuksaat ini di Indonesia malaria ma-sih berbahaya," ucap Eniya.

    Kementerian Kesehatan men-yatakan kiat PSN-3M bermanfaatguna mencegah penyebaran virus

    Zika kendati penderita penyakityang tersebar oleh gigitan nyamukAedes ini belum ditemukan di In-donesia.

    Kiat-kiat itu di antaranya den-gan melakukan pemberantasansarang nyamuk (PSN) ditambahdengan menguras, menutup tempatpenampungan air dan melakukandaur ulang barang bekas (3M), kataKepala Biro Komunikasi dan Pelay-anan Masyarakat KementerianKesehatan Oscar Primadi sepertidikutip laman www.depkes.go.id.

    Selain PSN-3M, perlu juga un-tuk melakukan kegiatan pencega-han lain seperti menghindari kon-tak dengan nyamuk, menabur bu-buk larvasida di penampungan air,menggunakan kelambu terutamasaat tidur, serta menggunakanobat antinyamuk.

    Jentik juga harus diawasi agartidak berkembang sesuai programKemenkes yaitu Gerakan SatuRumah Satu Juru Pemantau Jentik(Jumantik).

    Bibit penyakit yang mewabahdi kawasan Amerika Latin ini dit-ularkan melalui gigitan nyamuk.Nyamuk yang menjadi vektor pen-yakit Zika adalah nyamuk aedesdan dapat dalam jenis "Aedes ae-gypti" untuk daerah tropis seperti

    Indonesia.Terdapat juga spesies nyamuk

    aedes lain seperti Aedes africanusdi Afrika dan juga aedes albopictuspada daerah lain. Nyamuk aedesmerupakan jenis nyamuk yang ak-tif di siang hari dan dapat hidup didalam maupun luar ruangan. VirusZika juga bisa ditularkan oleh ibuhamil kepada janinnya selamamasa kehamilan.

    Gejala virus Zika di antaranyademam, kulit berbintik merah, sa-kit kepala, nyeri sendi, nyeri otot,sakit kepala, kelemahan dan terja-di peradangan. Pada beberapa ka-sus Zika dilaporkan terjadi gang-guan saraf dan komplikasi otoi-mun. Gejala penyakit ini menye-babkan kesakitan tingkat sedangdan berlangsung selama dua-tujuhhari.

    Beberapa negara yang pernahmelaporkan keberadaan kasuspenyakit dari virus Zika adalahBarbados, Bolivia, Brazil, CapVerde, Colombia, Republik Do-minika, Ekuador, El Salvador,French Guinea, Guadeloupe, Gua-temala, Guyana, Haiti, Honduras,Martinique, Meksiko, Panama,Paraguay, Puerto Rico, Saint Mar-tin, Suriname, Venezuela, danKepulauan Yap. (tmp)

    Kapal Kargo Tiongkok Kandas di BatamBATAM (HK) Sebuah KapalKargo berbendera Tiongkok kan-das di perairan Kepulauan Riau.Peristiwa itu langsung ditanganiKomando Armada RI KawasanBarat (Koarmabar) untuk bantuandan pengamanan.

    Berdasarkan informasi yangditerima pihak Koarmabar Rabu(3/1), kapal MV. Ocean Carrierkandas di perairan Batu berhentipada posisi 01 11 225 U-103 53 056T. Mengetahui info tersebut, TNIAL langsung bergerak cepat kelokasi persis di sebelah utara Pu-lau Sambu, Kepulauan Riau.

    Kapal kargo tersebut bernamaOcean Carier berbendera Hong-kong itu memiliki 33.456 GT. Kapalitu mengangkut muatan besi pasirdan melakukan pelayaran daripelabuhan awal Iran menuju Yang-jian China.

    Menurut Komandan PangkalanAngkatan Laut (Danlanal) BatamKolonel Laut (P) R. Eko Suyatno,Kapal MV.Ocean Harrier merupa-kan kapal berbendera Hongkongdengan type Bulk Carrier berlayardari Fujairah Iran menuju Chinadengan muatan pasir besi.

    Saat melintas di sekitar perai-ran selat Philips pukul 04.00 WIB,kapal keluar dari jalur sebelah

    kanan karena menghindari kapallain yang hendak memotong dariarah Indonesia menuju Singapura,sehingga kapal tersebut kandasdiperairan Batu Berhenti.

    Dari hasil pemeriksaan, kapalkargo Ocean Carier kandas dalamposisi terapung normal, tidak me-ngalami kerusakan yang cukupparah serta belum tampak adanyakebocoran limbah di laut di sekitarperairan di Kepulauan Riau.

    Namun untuk mengantisipasi

    hal-hal yang tidak diinginkan, Ko-armabar mengerahkan dua KRIyaitu KRI Surik-645 dan Siwar-646 untuk melakukan pengaman-an terhadap kapal kargo untukmengantisipasi hal yang tidak di-inginkan

    Dua KRI itu bersama personelPos TNI AL dan Kapal KPLP KNP-330 beserta Spead boat milikSyahbandar Pulau Sambu masihterlihat berjaga di sekitar lokasikejadian. (dtc)

    DETIK

    KAPAL Kargo berbendera Tiongkok kandas di perairan Batam.

  • CMYK Editor: Ika, Layout: Mario

    CMYK

    8Kamis,

    04 Februari 2016

    LWN Tawarkan Wisata dan Budaya Nusantara

    Sewindu Pengabdian PT LANTIBAN (HK) Jumat, 29 Januari2016, menjadi momentum yang sangatberarti bagi PT Lintas Aman Nusant-ara ( LAN), yang telah berdiri danberkarya semenjak tahun 2008 silam,di Batam.

    Yaitu, sebuah perusahaan yangeksis dibidang jasa pengamanan atau"Indonesia Security Service", telahmemasuki usia ke-8 tahun, aliassudah "Sewindu" pengabdiannya diKota Batam dan Kepri ini,

    Dengan memberikan sebuahpelayanan pengamanan yangmaksimal, berstandar nasional,dan internasional kepada instansipemerintah, instansi swasta, user,kepada masyarakat, sertalingkungannya.

    Dalam memperingati HutSewindu PT LAN itu, CEOLintas Group, M Al Ichsanini, juga menggelar Launch-ing Lintas Wisata Nusant-ara

    (LWN) Tour andTravel, dan LaunchingIchsan Foundation,sebagai pengembanganperusahaan serta pengab-diannya pada duniawisata, sosial pendidikan,olahraga, dan ke-masyarakatan.

    Selaku Owner PTLintas Group, M AlIchsan mengatakan,dengan diresmikannya

    agen perjalanan LWN Tour and Traveldi Kota Batam, diharapkan akan dapatmenimbulkan minat masyarakat KotaBatam dan Kepri ini, untuk lebihmencintai wisata lokal. Yaitu berwisa-ta ke tempat yang indah, alami danpenuh keragaman budaya nusantara.Dengan fasilitas tiket pesawat, voucherhotel, kuliner lokal, pemandu wisataprofesional, dengan harga yang murahdan terjangkau. Nah, dengan LWNTour and Travel, kami akan mewujud-kan impian itu.

    "Ini bentuk dukungan saya ter-hadap dunia pariwisata lokal Indone-sia. Selaku anak bangsa yang cintapada kemajuan daerah, kemakmuranmasyarakat,danterciptanyarasa aman,nyamanyangkondusif,kami iniberkomit-men teguhuntukmen-dongkrakperekono-mianmasyarakatKotaBatam dan Kepri ini, dalam bidangperiwisata daerah. Sehingga, APBDdaerah Kepri ini akan bisa ditingkat-kan jumlahnya dari tahun ke tahun,

    dari hasil kunjungan wisatawan lokalmaupun asing," tutur M. Al Ichsan,Jumat (29/1), pagi.

    Peresmian agen travel LWN yanglangsung dilakukan Wakil WalikotaBatam, Rudi SE, ditandai penandatan-ganan prasasati sebagai bentuk LCITour and Travel sebagai agen baru diKota Batam ini telah resmi dibuka.Dan Minggu ini akan lansung men-jalankan operasinalnya.

    "Keberadaan tour and travelmerupakan dukungan terhadap duniapariwisata kita. Apalagi LWN Tourand Travel ini akan menawarkankeindahan Indonesia dari keanekaraga-man seni budaya nusantara yang tidak

    ternilai,denganhargamurah danterjangkaumasyarakat.Ini barujempol,"tegas HMRudi SE,meresmi-kan LWN-TnT.

    Diter-angkanRudi,selama ini

    travel yang ada di Kota Batam danKepri hanya ini, mempromosikannegara asing atau kemajuan luarnegeri, sehingga negara kita sendiri

    ketinggalan jauh dan kalah bersa-ing.

    "Nah, program LintasWisata Nusantara (LWN)Tour and Travel ini, baru ok.Yang bertekat untukmemajukan pariwisaralokal dan daerah. Sebabbanyak seni budaya danadat istiadat nusantarayang terdapat dikampung-kampungtua, untuk bisadikembangkanmenjadi prograndan tujuanwisata di Kepridan di Indonesia.Baik dalamadat, budaya,maupun kulinern-ya," ungkap WawakoBatam ini.

    Diharapkan, pintaRudi, terkait denganprogram LWN Tour andTravel ini, bisa didukung olehsemua pihak terkait danmasyarakat untuk bisabekerjasama. Sehingga akanbertambah pula nilai peng-hasilan APBD Kota Batam,demi peningkatkan perekono-mian daerah, dari hasil nonindustri," tukas WalikotaBatam terpilih ini.***

    Narasi dan Foto : Nov Iwandra

    WALIKOTA Batamterpilih, Rudi MMmenandatanganiprasasti

    WAKIL Walikotaterpilih, Amsakar

    Ahmad, melounchingIchsan Foundation,

    ditandai denganpemukulan gong

    M AL Ichsan didampingi istri, Ny Yanti dan anak tercinta Makena Ichsan, menceritakan kenangan lalu

    M AL Ichsan, HM Rudi, Harmidi Umar (Anggota DPRD Batam), bersama para FKPD PemkoBatam, salam komando kehormatan dan atas dukungan

    IR Ria Saptarika, (tiga dari kanan) Ketua PP Batam, Ucok Cantik (tiga dari kiri), Dansat BrimobPolda Maluku, Kombes Pol Anang Supena, (tengah), beserta jajaran tamu kehormatan lainnya

    CEO PT Lintas Group, M Al Ichsan memberikan santunan kepada anak yatim, dari panti asuhan

    M AL Ichsan bersama para Direktur PT Lintas Aman Andalas, Sumatera, berdiskusi diruang kerja

    CHANDRA, putra tertua M Al Ichsan memberikan bea siswa kepada pelajar SD yang berprestasi

    M AL Ichsan bersama Anggota DPRD Batam, Erizal T Kurai, Arlon Veristo,dr Asmoji dan kerabat dekat lainnya

    IBUNDA tercinta M Al Ichsan (paling kanan), mertua, istri anak dankeluarga dekat, turut hadir

    DIREKTUR PT Lintas Aman Nusantara, M Al Ichsan bersama tamuundangan dari PT Carterpilar Indonesia

    WAKIL WalikotaBatam, Rudi SE,memberikan sambutan

    OWNER PT LintasGroup, M Al Ichsan

    memberikansambutan.

    LOGO PT LAN "Indonesia Security Service"

    TAMPILAN Tari Piring dari Minang, Sumatera Barat membuka acara ICHSAN berdialog dengan anak-anak dari Papua

    M AL Ichsan dan Anggota DPRD Kepri Syukri Fahrial, Ketua PPM Kepri Supandi AR, Dir BinmasPolda Kepri, Kombes Pol Sunarwan Sumirat dan Dansat Brimob Maluku Kombel Pol AnangSupena

    BERSAMA "Ichsan Foudation", M Al Ichsan berbagi dengan anak yatimdari panti asuhan

  • Demikian dikatakan Ke-pala BPJS Kesehatan Ca-bang Batam, Budi Setiawansaat konferensi pers di KantorBPJS Kesehatan Batam Cen-tre, Rabu (3/2).

    Dia mengatakan posko inidibentuk selain langkah anti-sipasi BPJS Kesehatandalam memberikan pelayan-an peserta KIS-PBI, juga me-nampung pengaduan tentang

    9 Kamis, 04 Februari 2016

    CMYK

    Editor: Sofyan, Layouter: RestuCMYK

    Panasonic dan ... Hal. 10

    Kasipidsus ... Hal. 10

    Disduk Akan ... Hal. 10

    Kasus BIN ... Hal. 10

    Malaysia Biarkan ... Hal. 10

    MamanLiputan Batam

    DPR Janjis ... Hal. 10

    Malaysia Biarkan Narkoba Masuk BatamBALOI (HK) H KRH Henry Yosodiningrat,SH Ketua Umum Granat Indonesiamengungkapkan Pemerintah Malaysiasengaja membiarkan pengiriman narkobadari Malaysia ke Kota Batam.

    keluar berangkat ke KotaBatam tidak pernah ada pe-meriksaan ataupun penang-kapan sindikat yang akan ke-luar membawa narkoba,"ucapHenry di Restauran SeiEnam, Batam Center, Rabu(3/2) siang.

    Beberapa waktu yang la-lu, lanjut Henry, pihaknyapernah menggunakan duakapal yakni kapal dari Polairdan Bea Cukai mengelilingiKepulauan Riau untuk me-nyelidiki traffick narkobayang melalui jalur laut. Danmemang ia menemukan ban-yak pelabuhan kecil yangmenjadi tempat masuknyanarkoba dari Malaysia.

    " Dan tentu saja inimenyulitkan kita untuk de-ngan cepat memberantasperedaran narkoba masukke Batam, dengan banyaknya pelabuhan kecil terse-but, "ucapnya kembali.

    "Bahkan disinyalir ada" Saya katakan bahwa se-lama ini Pemerintah Malay-sia memang sengaja membi-

    arkan pengiriman narkoba keKota Batam. Buktinya di pel-abuhan mereka yang akan

    DPR Janji Tindaklanjuti Dualisme di BatamBATAM CENTRE (HK)

    Lukman Edi, Ketua Rombon-gan Komisi II mengatakan,akan mencari solusi dishar-monisasi kewenangan BPdan Pemko Batam.

    Hal itu dikemukakannyasaat kunjungan kerja KomisiII DPR RI di Gedung GrahaKepri, Rabu (3/2) siang.

    Lukman yang juga ketuarombongan menyebutkan,soal kebijakan kawasanekonomi khusus atau FTZakan ditindaklanjuti keMendagri serta kementerianterkait lainnya. Ini akan mel-ibatkan Pemprov Kepri, Pem-ko Batam dan BP Batam un-tuk mencari solusi.

    " Disharmonisasi ke-wenangan, akan mencari so-lusi terbaik dengan memper-hatikan dunia usaha, in-vestasi dan masyarakatdalam masa sidang ini, palinglambat akhir Februari," ucapLukman.

    Kepala Badan Pengusa-haan (BP) Batam, Mustofa

    Widjaya kepada Komisi IIDPR RI mengatakan soal ren-cana perubahan status BPBatam diyakini menuju yanglebih baik. Dan diharapkanagar sebelum perubahan di-lakukan terlebih dahulu di-lakukan pengkajian yang

    Disduk Akan Tingkatkan BandwidthUntuk Mempercepat Pencetakan e-KTP

    SEKUPANG DinasKependudukan dan Cata-tan Sipil (Disdukcapil )Kota Batam akan men-ingkatkan bandwidth ataulebar frekuensi di semua ke-camatan.

    Upaya ini dilakukan agar

    akses internet dan transferdata dalam pembuatan KTPelektronik bisa selesai dalamsatu jam.

    Hal ini dikemukakanKepala Dinas Kependudukandan Catatan Sipil (Kadis-dukcapil) Batam Mardanis

    saat dihubungi, Rabu (3/2)." Saat ini kita sedang

    lakukan uji coba di Kecama-tan Lubuk Baja pada 1 Feb-ruari lalu, akses internet dantransfer data hanya bisa ma-suk 1,2 Mega. Itu akan lam-bat. Nah itu akan kita naik-kan dulu," ujarnya.

    Kasipidsus: Tak AdaIndikasi Korupsi

    Proyek Jalan Kemuning

    BATAM CENTRE (HK)

    Kejari Batam hingga kini be-lum menemukan adanya in-dikasi korupsi terhadapproyek Jalan Kemuning, Tan-jungpiayu yang longsor beber-apa waktu lalu.

    " Semua berkas untukproyek jalan tersebut telahkami periksa dan belum me-nemukan adanya indikasitindak korupsi yang merugi-kan negara,"ucap Kasi Pi-dana Khusus (Kasi Pidsus)Kejari Batam, MuhammadIqbal, Rabu (3/2) pagi.

    Iqbal menjelaskan hasilpemeriksaan berkas yang di-lakukan tim Pidsus menye-

    butkan bahwa proyek jalantersebut dikerjakan sesuaidengan kontrak kerja.

    Kemudian Iqbal jugamenyampaikan terkait den-gan drainase dan batu miringyang seharusnya dibuat padajalan Bukit Kemuning jugamemang tidak ada di cantumkan pembuatannya dalamkontrak pengerjaaan jalan.

    "Pada kontrak pengerjaanjalan juga memang tidak adapengerjaan drainase danpembuatan batu miring, jadisampai saat ini tidak adapermasalahan terhadappengerjaan proyek,"ucapnyakembali.

    "Kalau memang ada te-muan baru dari hasil pemer-

    Kasus BIN Bodong Tetap LanjutBALOI (HK) Kepala Poli-si Resort Kota (Kapolresta)Barelang Kombes Pol HelmySantika menegaskan, kasuspemerasan yang diduga di-lakukan anggota Badan In-telijen Nasional (BIN)bodong atas nama Deni sertakroninya, akan tetap dilan-jutkan dan diproses sesuaihukum berlaku.

    Pasalnya, selama inisudah banyak masyarakatyang menjadi korban oleh tin-dak pemerasan atas aksi pel-aku yang mengaku-ngaku se-bagai anggota polisi, tentara,

    dan anggota BIN. Namun,setelah ditangkap dan dise-lidiki ternyata mereka itupalsu alias bodong.

    "Kasus BIN bodong tetaplanjut, dan saat ini masihkita dalami sejauh manaaksi yang telah dilakukan-nya, dan sudah berapa bany-ak warga Batam yang menja-di korbannya. Jadi, bagi war-ga Batam atau siapa sajayang pernah diperas oleh ang-gota BIN bodong ini, (Deni),kami dipersilahkan untuksegera melapor ke Polisi," te-gas Kombes Helmy Santika

    di Mapolresta Barelang,Rabu (3/2) siang.

    Aksi dan tindakan seseor-ang yang mengaku-ngaku se-bagai anggota polisi, tentara,dan anggota BIN bodong ini,ungkap Helmy, biasanya den-gan memanfaatkan danmengetahui kesalahan serta

    Panasonic dan Toshiba Batam Masih BeroperasiMalah Buka Rekrumen Karyawan

    BATAM CENTRE (HK)

    Rencana penutupan PT Pana-sonic Lighting di Cikarang,Jawa Barat, dan Pasuruan,Jawa Timur, serta PT Toshi-ba Indonesia di Cikarang ber-dampak pada pemutusan

    hubungan kerja ribuan peker-janya. Keadaan tersebutmalah berbanding terbalikdengan perusahaan serupa diKota Batam.

    Manajemen kedua pi-hak perusahan yang ber-

    domisili di Batam Centredan Mukakuning menegas-kan bahwa perusahaanmereka tidak akan menut-up usahanya di Kota Indus-tri Batam. Malah sebalikn-ya, MKPI Panasonic yangberdomisili di Batam Cen-tre telah mengembangkan

    divisinya dengan membelipeusahaan Sanyo.

    Hal ini ditegaskan Sekre-taris MKPI Panasonic Su-prapto kepada Haluan Kepri,Rabu (3/2).

    "Isu dari mana panasonic

    Penerima KIS ... Hal. 10

    Penerima KIS-PBI Gratis Biaya DistribusiBATAM CENTRE (HK)

    Badan Pelayanan JaminanSosial (BPJS) KesehatanCabang Batam mendirikanposko pemantau dan penan-ganan pengaduan distribusiKartu Indonesia Sehat-Pen-erima Bantuan Iuran (KIS PBI).

    Ini dilakukan untuk me-mastikan pendistribusianKIS PBI optimal tepat sasa-ran sesuai dengan data mas-terfile.

    DELMAWAN/HALUAN KEPRI

    SERAHKAN CINDERAMATA Penjabat Gubernur Kepri Nuryanto menyerahkan cinderamata kepada Ketua Rombongan Komisi II Lukman Edi saat kunjungankerja ke Batam, Rabu (3/2).

    NOV IWANDRA/HALUAN KEPRI

    KETUA Umum Granat Indonesia H KRH Henry Yosodiningrat beserta pengurusdaerah berfoto bersama Kapolresta Barelang Kombes Pol Helmy Santika diMapolresta Barelang, Rabu (3/2).

    DELMAWAN/HALUAN KEPRI

    KEPALA BPJS Kesehatan Cabang Batam, Budi Setiawan saat konferensi persdi Kantor BPJS Kesehatan Batam Centre, Rabu (3/2).

    HelmySantika

  • Editor: Sofyan, Layouter: Restu

    batam10 Kamis, 04 Februari 2016

    Penerima KIS ..... sambungan Hal. 9

    Kasus BIN ..... sambungan Hal. 9

    Panasonic dan ..... sambungan Hal. 9

    Kasipidsus ..... sambungan Hal. 9

    DPR Janjis ..... sambungan Hal. 9

    Disduk Akan ..... sambungan Hal. 9

    distribusi KIS-PBI.Karena ini akan berpoten-

    si masalah antara pesertapindah domisili, meninggaldunia dan sudah tidak mis-kin lagi serta permasalahandistribusi lainnya.

    Ini mengingat tahun 2015,jumlah peserta KIS-PBI ad-alah 86,4 juta jiwa, sedang-kan di tahun 2016 dari 86,4juta jiwa yang terdata ditahun 2015 terdapat 1,7 jutajiwa yang tidak lagi berhakmendapatkan bantuan iurandi tahun 2016 berdasarkanSK Menteri Sosial nomor170/HUK/2015.

    Sementara, pendistribu-sian KISPBI sendiri melaluiKantor PT. Pos tidak dipun-gut biaya alias gratis.

    " Saya kembali menegas-

    kan bahwa. Apabila terdapatpungutan biaya agar dapatmelaporkan ke posko di kan-tor BPJS Kesehatan KotaBatam," ujarnya.

    Untuk jumlah pesertaKIS-PBI di wilayah Kantorcabang utama Batam den-gan cakupan wilayah kerjaKota Batam dan KabupatenKarimun adalah 238.971jiwa peserta.

    Dia melanjutkan, untukKota Batam sebelumnya pen-erima PBI-KIS berjumlah181.071 jiwa bertambah9.973 jiwa, sehingga menjadi191.044 jiwa. SedangkanKabupaten Karimun dari se-belumnya 45.546 jiwa ber-tambah 2.381 jiwa, menjadi47.927 jiwa.

    " Berdasarkan SK Men-

    sos RI No.170/HUK/2015hanya satu orang saja yangtidak lagi ditanggung olehAPBN di tahun 2016 ini,yakni di Kabupaten Ka-rimun," katanya lagi.

    Sebagai informasi kartuIndonesia sehat (KIS) adalahtanda kepesertaan jamianankesehatan Nasional (JKN)untuk memperoleh pelayan-an kesehatan yang kompre-hensif pada fasilitas keseha-tan melalui mekanismesistem rujukan berjenjangdan atas indikasi medis.

    KIS diterbitkan olehBPJS kesehatan untuk selu-ruh peserta jaminan keseha-tan termasuk penerima ban-tuan iuran (PBI). KIS yangditerbitkan oleh BPJS kese-hatan terbagi menjadi dua

    jenis kepesertaan.Pertama kelompok

    masyarakat yang wajibmendaftar dan membayariuran baik mebayar sendiri(mandiri) ataupun berkon-tribusi bersama pemberikerjanya (Segmen buruhatau pekerja) sedangkanyang kedua adalah kelom-pok masyarakat miskin dantidak mampu yang didaf-tarkan oleh pemerintah daniuranya dibayari oleh pe-merintah (Segmen peneri-ma bantuan iuran atau PBI)untuk kartu lainya seperikartu eks Askes, eks Jamk-esmas, KJS, kartu JKNBPJS kesehatan masihtetap berlaku sesuai keten-tuan sepanjang belum di-ganti dengan KIS. (cw55)

    Malaysia Biarkan ..... sambungan Hal. 9

    matang serta dilakukan ujipublik.

    " Masyarakat Batam,perusahaan PMA dan calonyang mau investasi dariluar negeri selalu melihataturan agar investasi mere-ka tidak ada masalah," un-gkap Mustofa.

    Lanjutnya, sosialisasiyang dilakukan apabila terja-di perubahan status BPBatam akan membutuhkanwaktu yang tidak singkat,sehingga investor maupuncalon investor bisa mengertidan tidak menimbulkankeresahan.

    " Perlu sosialisasi pan-jang menjelaskan seperti apayang baru dan bagaimanacara peralihan dan seterusn-ya dan seterusnya," terangMustofa.

    Plt Gubernur Kepri Nu-ryanto di hadapan para rom-bongan Komisi II DPR RI

    menyampaikan, bahwa sebe-narnya yang di sampaikanoleh Mendagri beberapa wak-tu lalu mengenai pembuba-ran BP Batam adalah bukansuatu keputusan melainkanalternatif.

    " Sebenarnya statementkeras yakni bubarkan BPBatam yang disampaikanwaktu itu bukan suatu kepu-tusan, namun itu adalahsalah satu alternatif dari be-berapa alternatif yang lain.Dan pembubaran BP Batammasuk ke alternatif urutanke lima," ungkap Nuryanto.

    Ampuan Situmeang yanghadir bersama akademisUIB menyampaikan bebera-pa hal tentang hasil FocusDiscussion Group terkait du-alisme di Batam yang di se-lenggarakan beberapa waktuyang lalu.

    "Hasil dari FGD terse-but adalah seluruh stake-

    holders mendukung FTZBatam, sebab tidak ada in-vestasi yang sukses tanpaFTZ. Oleh sebab itu statusFTZ Batam harus tetapdipertahankan, namun per-lu adanya optimalisasi pel-aksanaan," ucapnya.

    Namun berdasarkan Ha-sil penelitian, lanjut dia,ketidak efektifan FTZ terle-tak dari segi tata kelola yak-ni birokrasi yang panjang danrumit, kemudian dari segihukum adalah disinkronisasiregulasi terkait FTZ. Sedang-kan dari segi ekonomi yakniketerbatasan infrastrukturseperti pelabuhan, jalan, danbandar udara.

    Diakhir pertemuan terse-but, Lukman Edi yang jugawakil Ketua Komisi II DPR RImenyampaikan beberapakesimpulan hasil dari perte-muan tersebut.

    " Diantaranya, Komisi II

    menerima penjelasan dariPemprov Kepri dan BP Batamberkenaan dengan perkem-bangan RTRW Provinsi Kepridan Kota Batam, dan mema-hami serta akan menindak-lanjuti penjelasan tersebutdengan pemerintah pusatkhususnya kementerian ter-kait tentang penyederhanaanmekanisme tahapan pengelo-la RTRW,"

    Kemudian yang keduaberkenaan dengan kebijakankawasan ekonomi khususFTZ, Komisi II akan men-indaklanjuti dengan rapatkhusus dengan Mendagri,Mensesneg, Kementrian ter-kait lainnya, Pemprov Kepri,Pemko Batam, BP Batam,untuk mencari solusi ter-hadap tumpang tindih ke-wenangan dengan memper-hatikan kepentingan duniausaha investasi dan ma-syarakat. (cw51)

    Untuk menaikan lebarfrekuansi itu, ia membutuh-kan angaran. Namun berapabesaran anggaran yang dim-inta, Mardanis belum bisamemberitahu.

    Mardanis juga men-jelaskan, ternyata kecepa-tan akses internet yang te-lah diuji coba di KecamatanLubukbaja masih terken-dala saat melakukan aksesonline data.

    "Jadi agar cetaknya tidaklambat dan tidak kecewanantinya kita akan naikkan

    bandwidth-nya," ujarnya.Dia juga melanjutkan,

    saat uji coba, proses cetakKTP dengan bandwidthyang saat ini di Kecamata