Haluan 08 Oktober 2011

download Haluan 08 Oktober 2011

of 24

  • date post

    12-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    367
  • download

    27

Embed Size (px)

description

Haluan 08 Oktober 2011

Transcript of Haluan 08 Oktober 2011

  • HARGA ECERAN Rp2500 HARI INI TERBIT 24 HALAMAN8 OKTOBER 2011 M / 10 DZULKAIDAH 1432 HSABTU

    EDISI : 147 TAHUN LXIII

    SEJARAH MENCATAT, HALUAN TERBIT SEJAK 1948 DAN MENJADI TUAN RUMAH DI NEGERI SENDIRI

    SUBUH 04.46 WIBZUHUR 12.06 WIBASHAR 15.16 WIBMAGHRIB 18.08 WIBISYA 19.17 WIB

    Hai manusia, sesungguhnya kamu telahbekerja dengan sungguh-sungguh menuju

    Tuhanmu, maka pasti kamu akanmenemui-Nya. (QS Al Insyiqaaq 84:6)

    http://www.pkpu.or.id

    Bersambung ke Halaman 11

    Bersambung ke Halaman 10

    OLEH: MARISA ELSERA

    Kekurangan Guru,Pemerintah Terpekik

    RE F L EKS I

    PERSOALAN kekuranganguru santer terdengar be-lakangan ini. Tidak hanyadi pedesaan atau daerahterpencil yang terpekikkarena tidak memiliki guruyang memadai secara kua-litas maupun kuantitas.Bahkan belakangan daerahperkotaan pun ikut-ikutanmengeluh kekurangan te-

    naga pengajar. Fenomena ini juga terjadi diibukota provinsi Sumbar, Padang.

    Berdasarkan data dari Harian Haluan, Kamis(6/10), Kota Padang terancam kekurangan guru,terlebih di tahun 2012 mendatang dimanabanyak guru yang pensiun. Hingga Oktober2011, terca-tat Kota Padang kekurangan guruSD sebanyak 549 orang. Jumlah itu berdasarkankondisi ideal perban-dingan jumlah gurude-ngan jumlah siswa.

    Steve Jobs, MelawanHegemoni MicrosoftPENEMU dan pendiri Apple, Steve Jobs, yangmeninggal Rabu (5/10) dalam usia 56 tahun,meninggalkan tanda tak terhapuskan di duniadengan kemampuannya yang luar biasamengawinkan teknologi tinggi denganpemahaman tentang sifat-sifat alami manusia.

    Dalam satu jumpa pers terakhir, iamenampilkan sehuah gambar rambu jalananyang besar yang menunjukkan persimpanganantara teknologi dan seni, dan disitulah Applemenjungkalkan pesaing-pesaingnya.

    Pengumuman Apple tentang kematian Jobspada Rabu hanya satu bulan lebih sedikit darisaat dia menyerahkan kepemimpinan kepadaChief Operating Officer, Tim Cook. Jobs dikenalkarena kepribadian yang amat gigih mengejarkesempurnaan sehingga hal itu menjadi jiwadan semangat dari perusahaannya.

    Jobs lahir pada 24 Februari 1955 di SanFrancisco dari seorang ibu tunggal. Iakemudian diadopsi oleh pasangan diMountain View pada usia sekitar seminggu.Jobs tumbuh di wilayah pertanian yangnantinya akan menjadi pusat teknologi yangdikenal sebagai Lembah Silikon.

    PEROMBAKAN KABINET

    SBY Butuh Menteriyang Standby 24 Jam

    KORBAN GEMPA

    TVOne Serahkan Beasiswa Rp500 Juta

    Jerman TertarikInvestasi di PesselPADANG, HALUAN Investor Negara BagianBavaria, Jerman dari Merkel and Von SchweinitzGmbH Busssines Partner datang lagi keSumbar Kamis (6/10). Ini adalah kunjungankeduanya setelah sebelumnya pada 8-11 Maret2011 berkunjung ke Sumbar selama 3 harimeninjau potensi investasi di daerah ini.

    Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Dr.Norbert Baas juga telah datang ke SumbarJumat (18/3) lalu, dengan tujuan yang sama.Sang Dubes mengagumi potensi investasi dansumber daya alam Sumbar. Berkali-kali ucapankekaguman disampaikannya saat bertemuGubernur Sumbar Irwan Prayitno.

    SETELAH 17 BULAN SAKIT

    Moerdiono Meninggal di Singapura

    FOTO dokumentasi Mensesneg Moerdionosaat mengantar almarhum mantan PresidenSoeharto meninjau Gedung Convention CenterJakarta, tempat yang akan menjadi pusatkegiatan KTT Non Blok. Mayjen TNI (Pur)Moerdiono lahir di Banyuwangi 19 Agustus1934, meninggal dunia di RS Gleneagles,Singapura, Jumat 7 Oktober 2011.

    ARSWENDO ATMOWILOTOKoruptor Ibarat

    ZombiePADANG, HALUAN Budayawan dan aktivisantikorupsi, ArswendoAtmowiloto, menyi-ratkan perilaku koruptortak ubahnya seperti zom-bie. Terus memangsadan mangsanya sesamamanusia. Langkahnya te-rus maju, pantang mun-dur tanpa kendur ataumenyamping atau mengu-lur waktu. Yang paling

    jahat, karena korban yang digigit akhirnya berubahmenjadi zombie dengan perilaku yang sama.

    ANTARA

    BERAS IMPOR RUSAK Sejumlah pekerja mengangkat beras impor dari Vietnam yang rusak untuk diangkat ke dalam kontainer di gudangBulog Padang, Jumat (7/10). Badan Urusan Logistik Divisi Regional (Bulog Divre) Sumatra Barat menyebutkan 1.678 ton beras impor asalVietnam rusak yang sempat masuk ke Sumbar, mulai dijemput pihak pengirim dengan menggunakan 80 kontainer dan sebuah kapal khusus.

    JAKARTA, HALUAN Urusanmerombak kabinet, nampaknya Presi-den memerlukan membahasnya denganpara staf khusus dibanding dengan paramenteri yang berposisi aman. Buktinya,kemarin, para staf khusus Presidendipanggil ke Cikeas. Agendanya:

    membahas dinamika reshuffle.Soal siapa menteri yang akan diganti

    hingga sekarang hanya Presiden SBYdan Wapres Boediono saja yang tahu.Yang beredar hanya estimnasi-estimasi,

    MENTERI seperti apa yang diperlukan SBY-Boediono?Kemarin terungkap dari Staf Khusus bahwa SBY-Boedi-

    ono mencari Menteri yang Stand By 24 jam.

    Bersambung ke Halaman 11 SUSILO BAMBANG YODHOYONO

    Bersambung ke Halaman 10

    StrikerSemen PadangNyaris BobolGawang Arab

    JAKARTA, HALUAN Tim NasionalSenior Indonesia bermain imbang 0-0melawan Arab Saudi dalam laga persa-habatan di Stadion Selangor, Kuala Lumpur,Malaysia, Jumat (7/10) malam. Beberapapeluang dari pasukan merah putih ini nyarismembuahkan gol, termasuk tendangan stikerFerdinand Sinaga dari sisi kanan. Sayang,tendangan keras striker yang musim depanakan berkostum Semen Padang ini, diblokkiper Arab Saudi.

    Bersambung ke Halaman 11

    JAKARTA, HALUAN MantanMenteri Sekretaris Negara era OrdeBaru,Moerdiono, menghembuskannafas terakhir di Rumah SakitGleaneagles, Singapura, pada pukul18.40 WIB, Jumat (7/10) kemarin,setelah 17 bulan menderita kom-plikasi penyakit.

    HASWANDI

    MENTERI Agama Suryadharma Ali, meresmikan Masjid Darul MuttaqinJalan Minahasa kawasan Jati Kota Padang, yang ditandaipenandatanganan prasasti masjid ini, Jumat (7/10).

    PADANG, HALUAN TVOnemelalui Yayasan Satu Untuk Negerimenyerahkan beasiswa sebesar Rp500juta untuk 315 mahasiswa PerguruanTinggi Negeri dan Swasta korbangempa 30 September 2009 di Sumbar.Ini berarti, masing-masing mahasiswamendapatkan beasiswa sebesarRp1.587.300 perorang.

    Pembantu Rektor III UniversitasAndalas (Unand) Novesar Jamarunyang mewakili perguruan tinggipenerima beasiswa mengatakan, 315

    mahasiswa penerima beasiswa iniberasal dari Unand, UNP, Politek-nik Negeri Padang, Politani Payakum-buh, IAIN Imam Bonjol Padang, ISIPadang Panjang dan dari Kopertis X.

    Beasiswa ini akan dikirim langsungke rekening masing-masing mahasiswa,tidak melalui rekening rektor atau kerekening orang lain. Jadi, dijamin tidakada potongan, ujar Novesar Jamarundi sela-sela acara penyerahan beasiswadan peresmian Masjid Darul MuttaqinJalan Minahasa kawasan Jati Kota

    Padang, Jumat (7/10).Novesar menilai, jumlah maha-

    siswa penerima beasiswa ini masihtergolong sedikit dibanding jumlahtotal mahasiswa korban gempa diSumbar yang mencapai ribuan orang.Ia berharap TVOne bisa mem-pertimbangkan kembali untukmenambah jumlah kuota penerimabeasiswa, mengingat masih adanyajumlah dana yang tersisa di TVOne.

    Bersambung ke Halaman 11

    ANTARA

    Bersambung ke Halaman 10

    ARSWENDO ATMOWILOTO

    Bersambung ke Halaman 11

    Ferdinand

    Sinaga

  • UTAMA2 SABTU, 8 OKTOBER 2011 M10 DZULKAIDAH 1432 H

    I S T

    TERBARING SAKIT Wartawan senior, mantan Pemimpun Umum Harian Haluan, H.Adlis Kasoema terbaring sakit di ruang Angrek, Rumah Sakit Jantung (RSJ) Jalan KhatibSulaiman Padang. Adlis yang akrab disapa Uwan Adel dibawa ke RSJ setelah tiga hari lalumerasa nyeri di bagian jantungnya. Kemarin, ia dibezoek oleh Wakil Pemimpin RedaksiHarian Haluan, Eko Yanche Edrie, bersama-sama para pengurus Ikatan Keluarga WartawanIndonesia (IKWI) Sumatera Barat. Doakan saya cepat sembuh, ujar Uwan Adel serayamenitipkan salam untuk para wartawan Sumatera Barat.

    Padang Peringkat Atas Kriminalitas

    Angka Kematian IbuMelahirkan Perlu DitekanPADANG, HALUAN Pemerintah daerahharus mempunyai komitmen kuat, dalammelakukan pemberdayaan kaum perempuan.Terutama untuk menekan angka kematian ibuhamil dan melahirkan. Dengan demikian,program Norma Keluarga Kecil BahagiaSejahtera (NKKBS) untuk menjamin keluargaberkualitas, dalam upaya menghadapi eraglobalisasi bisa tercapai.

    Hal itu disampaikan disampaikan olehSekdaprov Sumbar, Ali Asmar, ketika membe-rikan sambutan para acara Seminar Sehari AliansiPita Putih (APPI) Sumatera barat, tahun 2011 diHotel Pangeran Beach, Kamis (6/10) lalu.

    Dikatakannya, selama ini berbagai programpemberdayaan perempuan terbentur berbagaimasalah, di antaranya karena budaya laki-lakiyang lebih tinggi dari perempuan. Padahal,menurut Undang-Undang, laki-laki dan perem-puan mempunyai hak dan kewajiban yang sama.

    Bukan hanya itu, sebagai kaum laki-laki kitaada kecendrungan memanjakan istri. Sehinggakaum ibu merasa kurang tertantang untuk majumengembangkan diri, untuk kemajuan kaumperembpuan di Indonesia, katanya.

    Bahkan ada di antara kaum laki-laki, yangmenginginkan istrinya berhenti bekerja. Padahaljenjang karier si istri cukup bagus. Budayaseperti ini hendaknya sudah saatnya dikikis olehmasyarakat Indonesia. Agar konsep keluargaberkualitas pada masa mendatang bisa tercapai.

    Ia juga mengatakan, untuk meningkatkankembali Human Development Indeks (HDI)Indonesia, dapat dilakukan dengan menekan angkakematian ibu hamil dan melahirkan. (h/dfl)

    MK Setuju PSU Pekanbaru DitundaJAKARTA, HALUAN MahkamahKonstitusi (MK) akhirnya menye-tujui ditundanya pelaksanaanPemungutan Suara Ulang (PSU)Kota Pekanbaru hingga tiga bulanke depan (90 hari), setelah kete-tapan MK yang dibacakan dalamsidang pleno, Jumat (7/10) kemarin.Ketetapan penundaan itu masihmerupakan keputusan sela dariperkara Pemilukada No.63/PHPU.D-IX/2011.

    Putusan yang dibacakan secarabergiliran oleh tujuh anggota MajelisHakim yang dipimpin langsung KetuaMK Mahfud MD, hanya menga-bulkan sebagian permohonan Komisi