hai, I am tinkerbell I want explain aboutsman78-jkt.sch.id/sumberbelajar/bahanajar/adab berpergian...

download hai, I am tinkerbell I want explain aboutsman78-jkt.sch.id/sumberbelajar/bahanajar/adab berpergian zoel.pdfAgar

of 11

  • date post

    15-Apr-2019
  • Category

    Documents

  • view

    216
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of hai, I am tinkerbell I want explain aboutsman78-jkt.sch.id/sumberbelajar/bahanajar/adab berpergian...

hai, I am tinkerbell I want explain about

Bepergian suatu hal yang tak dapat dihindari olehsetiap manusia. Baik bepergian untuk mencari rizki,silaturrahim pada keluarga, atau ibadah haji dan umroh.

Seseorang dianggap bertata krama dalam berpergianSeseorang dianggap bertata krama dalam berpergianjika ia mematuhi apa yang sudah diatur oleh Allah SWT,dan negara.

Agar bepergian kita lebih bermana dan memiliki pahala yang mulia di sisi Allah swt, maka kita dianjurkan melakukanadab-adabnya, yaitu:

1. Istikharah. Sangat dianjurkan bagi setiap muslim yang akan bepergian, terutama untuk haji atau umrah, melakukan Istikharah. Doa yang paling utama dibaca dalamIstikharah adalah:

Astakhrullha bi rahmatihi khiyaratan f fiyatin.Astakhrullha bi rahmatihi khiyaratan f fiyatin.Aku memohon pilihan kepada Allah dengan rahmat-Nyapilihan dalam keselamatan.dibaca 3 kali, 7 kali, 10 kali, 50 kali, 70, atau 100 kali.

2. Memilih Waktu. Waktu yang baik untuk bepergian:hari Sabtu, Selasa, atau Kamis.Hari yang tidak baik untuk bepergian: Hari Senin,Rabu, dan hari Jumat sebelum shalat Jumat. Hari Senin,Rabu, dan hari Jumat sebelum shalat Jumat.

Demikian juga tidak baik untuk bepergian pada tanggal:3, 4, dan 5 bulan Hijriyah. Jika terpaksa harus melakukanbepergian pada hari-hari atau tanggal yang tidak baik ataunaas itu, maka hendaknya bersedekah dan membaca SuratFatihah, Surat Falaq dan An-Nas, ayat Kursi, Surat Al-Qadar, dan Surat Ali-Imran dari kalimat: Inna fi khalqisQadar, dan Surat Ali-Imran dari kalimat: Inna fi khalqissamawati wal ardhi, hingga akhir Surat.

3. Washiyat. Dianjurkan untuk setiap orang yang akan bepergian, terutama untuk haji, agar menyampaikan wasiat kepada keluarganya. Wasiatitu bisa berkenaan dengan urusan yang harusdilakukan, kewajiban, atau utang piutang. Ia jugadapat menyampaikan amanat yang harus dilakukandapat menyampaikan amanat yang harus dilakukanoleh anggota keluarganya.

4. Pemberitahuan. Nabi saw bersabda: Apabilaseorang muslim akan bepergian, ia harusmemberitahukan saudara-saudaranya. Begitu pula wajib bagi saudara-saudaranya menemui ketika iawajib bagi saudara-saudaranya menemui ketika iakembali.

5. Bersedekah. Hendaknya bersedekah sebelum bepergianuntuk memperoleh keselamatan dan bersedekah lagi ketikakembali sebagai ungkapan syukur. Setelah bersedekahucapkan doa ini:

.

Ya Allah, aku membeli dengan sedekah ini keselamatankudan keselamatan per-jalananku dan apa saja yang dan keselamatan per-jalananku dan apa saja yang bersamaku. Selamatkan aku dan selamatkan yang bersamaku. Sampaikan aku dan yang bersamaku dengancara penyampaianmu yang indah dan baik.

6. Mandi sunnah dan lakukan shalat Safar dua rakaat. Rakaat pertama, setelah Al-Fatihah baca Surat Al-Ikhlash. Rakaat kedua setelah Al- Fatihah baca Surat Al-Qadar. Setelah shalat, sujudlah lalu baca doa berikut (100 kali):

Aku memohon pilihan kepada Allah dengan rahmat-Nyapilihan dalam keselamatan.pilihan dalam keselamatan.Kemudian membaca: Ayat Kursi, tahmid, dan shalawatkepada Nabi sawdan keluarganya. Kemudian membaca doa ini:

Ya Allah, aku titipkan kepadamu diriku, keluargaku, hartaku, keturunanku, duniaku dan hartaku, amanatku, dan penutup amalku.hartaku, keturunanku, duniaku dan hartaku, amanatku, dan penutup amalku.

Baca juga Surat Al-Fatihah, Al-Falaq, Al-Nas, AL-Qadar, ayatkursi dan akhir surat Ali-Imran dimulai dari Inna fi Khalqissamawati wal ardhi .

7. Ketika keluar rumah bacalah: Tasbih Az-Zahra, Surat Fatihah, ayat Kursi, kemudian baca doa ini:

.

Ya Allah, kepada-Mu kuhadapkan wajahku; kepada-Mu kutinggalkan keluargaku, hartaku, dan apa yang telahKau anugerahkan kepadaku. Sungguh akumempercayai-Mu, maka jangan kecewakan aku wahaiYang Tidak Mengecewakan orang yang berkendakYang Tidak Mengecewakan orang yang berkendakkepada-Nya, dan Yang Tidak Menyia-nyiakan orangyang dipelihara-Nya. Ya Allah, sampaikan shalawatkepada Muhammad dan keluarganya, dan peliharalahaku selama pepergianku serta jangan serahkan akukepada diriku wahai Yang Mahakasih dari segala yang mengasihi.

8. Ketika mengendarai kendaraan, bacalah doaberikut ini:

Mahasuci Tuhan yang telah menundukkan semua iniMahasuci Tuhan yang telah menundukkan semua inibagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampumenguasainya. (Az-Zukhruf: 13).

Kemudian membaca zikir ini:

Subhnallh wal-hamdulillh wa l ilha illh

9. Sepanjang perjalanan perbanyaklah Zikiragar kita selamat sampai tujuan dan sebaliknya.

Oh boy !! Its the end -_-

The Closing Is , that I want to say thank you very much for the thank you very much for the attention , keep rock !!!