Guillain Barre Sindrome Penyuluhan RSUD CILEGON

download Guillain Barre Sindrome Penyuluhan RSUD CILEGON

of 13

  • date post

    16-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    52
  • download

    8

Embed Size (px)

description

Penyuluhan GBS RSUD CILEGON bagian poli saraf oleh dokter muda universitas yarsi

Transcript of Guillain Barre Sindrome Penyuluhan RSUD CILEGON

PowerPoint Presentation

GUILLAIN BARRE SINDROME( radang polineuropati demyelinasi akut )ANGGIA FITRI WIDYANIBagian Syaraf RSUD CILEGONApakah GUILLAIN-BARR SYNDROME?PENYAKIT DI MANA SISTEM KEKEBALAN TUBUH MENYERANG SISTEM SARAF SEHINGGA MENYEBABKAN PERADANGAN SARAF YANG KEMUDIAN BISA MENYEBABKAN OTOT MENJADI LEMAH BAHKAN MENGALAMI KELUMPUHAN. BIASANYA OTOT MELEMAH MULAI DARI TUBUH BAGIAN BAWAH DAN MENJALAR KE ATASPADA SEMUA USIA, TIDAK MENULAR, BUKAN PENYAKIT TURUNANTIMBUL 1 2 MINGGU SETELAH INFEKSI TENGGOROKAN ATAU INFEKSI USUS.

Pemicu GUILLAIN-BARR SYNDROME Infeksi virus Infeksi bakteriVaksinasiDiarePeradangan saluran napas bagian atasKelelahanPeradangan masa nifasTindakan bedahDemam yang tidak terlalu tinggi

Karakteristik GUILLAIN-BARR SYNDROMEDapat menjangkiti semua umur mulai dari anak-anak hingga dewasa.Jarang menjangkiti individu berusia lanjut.Kebanyakan ditemukan pada kaum pria.Bukan merupakan suatu penyakit keturunan.Tidak dapat menular lewat kelahiran, terjangkit atau terinfeksi dari pengidap GBS.Dapat muncul sekitar satu hingga dua minggu setelah terjadi infeksi pada tenggorokan maupun usus.

Gejala GUILLAIN-BARR SYNDROME awal kejadian biasanya sulit dideteksi diawali flu, demam, headache, pegal dan 10 hari kemudian muncul gejala lemah. Selang 1-4 minggu, sering muncul gejala berupa :rasa kesemutan yang menjalar mulai ujung-ujung jari tangan dan kaki, hingga menyebar ke bagian tubuh lain yang pada akhirnya menyebabkan kelumpuhan. rasa baalOtot-otot lemas (pada tungkai, tubuh dan wajah)ganguan gerak bola mata, mimik wajah, bicara akibat gangguan saraf kranialGangguan pernafasan sulit bernapas, tidak bisa menghirup napas dalam-dalam(lanjutan)Gangguan saraf-saraf otonom (simpatis dan para simpatis)Gangguan frekuensi jantung () Gangguan irama jantung () Gangguan tekanan darah tekanan darah rendahMati rasaDiikuti rasa nyeri pada bagian punggung dan daerah lainnya.

Terapi GUILLAIN-BARR SYNDROME perawatan untuk mengurangi gejala yang muncul, merawat komplikasi, dan mempercepat masa pemulihan dengan memakai alat bantu napas , mengatasi tekanan darah dan denyut jantung, kekuatan otot.metode membarikade antibodi dengan melakukan terapiimmunoglobulin dosis tinggi. Lama perawatan juga bervariasi. Setelah perawatan medis selesai, pasien harus menjalani terapi untuk mengembalikan kemampuan berjalan, berlari, dan menulis.rata-rata pasien membaik dalam waktu 3 - 6 bulan.Komplikasi GUILLAIN-BARR SYNDROME Paralisis otot persistenGagal nafas, dengan ventilasi mekanikAspirasiTidak bisa BAKMasalah psikiatri : depresi dan ansietasNefropati, pada penderita anakHipo atau hipertensiTromboemboli, pneumonia, ulkusAritmia jantungIleus Kematian akibat kelemahan otot pernapasanPROGNOSIS GUILLAIN-BARR SYNDROME Umumnya sembuh 20 % menyisakan deficit neurologik> 1th 67% sembuh yang komplit20 % menyisakan disability > 2 th 8% tdk dpt sembuh