Good governance

of 11 /11
GOOD GOVERNANCE DISUSUN OLEH: 1.AHMAD RUDHY (133511075) 2.RISCA DIAN PRATIWI (133511083) 3. MARISA LABIQ A.Z (133511095) 4. ARROMATIN DIANA (133511102)

Transcript of Good governance

Page 1: Good governance

GOOD GOVERNANCE

DISUSUN OLEH:

1. AHMAD RUDHY (133511075)2. RISCA DIAN PRATIWI (133511083)3. MARISA LABIQ A.Z (133511095)4. ARROMATIN DIANA (133511102)

Page 2: Good governance

Pokok Pembahasan1. Apa pengertian good governance ?2. Apa karakter dan prinsip good governance?3. Bagaimana penerapan good governance pada pemerintahan dan swasta?4. Bagaimana good governance yang cocok untuk era otonomi daerah?

Page 3: Good governance

1. Pengertian Good GovernanceUnited Nation Develdment Progan (UNDP) dalam dokumen kebijakanya yang berjudul “Governance for Sustainable Human Development”, mendefinisikan sebagai berikut: ”governance is the exercise of economic, political, and administrative auhtory to a country’s affairs at all levels and means by wich states promote social cohesion, integration, and ensure the well being of their population” (Kepemimpinan adalah pelaksanaan kewenangan/ kekuasaan dalam bidang ekonomi, politik dan administratif untuk mengelola berbagai urusan negara pada setiap tingkatanya dan merupakan instrumen kebijakan negara untuk mendorong terciptanya kondisi kesejahteraan, integritas dan kohesitas sosial dalam masyarakat).

Page 4: Good governance

Pengertian Good Governance

Good governance dapat dimaknai sebagai:

•Kinerja suatu lembaga,•Mengarahkan,

mengendalikan, atau memengaruhi masalah publik.

Page 5: Good governance

Jadi dapat disimpulkan bahwa perintahan yang baik adalah baik dalam proses maupun hasilnya. Semua unsur-unsur dalam pemerintahan bisa bergerak secara sinergis, tidak saling berbenturan, memperoleh dukungan dari rakyat, serta terbebas dari gerakan-gerakan anarkis yang bisa menghambat proses dan laju pembangunan.

Pengertian Good Governance

Page 6: Good governance

2. Karakter dan Prinsip Good Governance

a. Karakter good governanceKarakter pemerintahan yang baik ada tiga. Yaitu:1. diakuinya semangat pluralisme 2. tingginya sikap toleransi 3. tegaknya prinsip demokrasi

Page 7: Good governance

1. Partisipasi2. Tegaknya Supremasi Hukum3. Transparansi4. Berorientasi pada Konsensus5. Kesetaraan6. Efektifitas dan Efisiensi proses-proses

pemerintahan dan lembaga-lembaga7. Akuntabilitas8. Visi Strategis

b. Prinsip Good Governance

Page 8: Good governance

3. A. Penerapan Prinsip Good Governance pada Sektor Pemerintah

A. Stablitas moneter, khususnya kurs dolar AS (USD) hingga mencapai target wajar, dan stabilitas harga kebutuhan pokok pada tingkat yang terjangkau.B. Penanganan dampak krisis moneter, khususnya pengembangan proyek padat karya untuk mengatasi pengangguran dan percukupan kebutuhan pangan bagi yang kekurangan.C. Rekapitalisasi perusahaan keci dan menengah yang sebenarnya sehat dan produktif.D. Operasional langkah reformasi meliputi kebijakan moneter, systemperbankan, kebijakan fiskal, dan anggaran serta penyelesaian utang swasta dan restrukturisasi sektor real.Melanjutkan langkah menghadapi era globalisasi, khususnya untuk meningkatkan ketahanan dan daya saing ekonomi.

Page 9: Good governance

3. B. Penerapan good governance dalam sektor swasta

Danya prinsip-prinsip good corporate governance (GCG) yang dimaksud dalam keputusan ini meliputi :

1. Transparasi2. Kemandirian3. Akuntabilitas4. Pertanggungjawaban5. Kewajaran (fairness)6. Stablitas moneter7. Penanganan dampak krisis moneter8. Rekapitalisasi perusahaan keci dan menengah yang sebenarnya

sehat dan produktif9. Operasional langkah revormasi meliputi kebijakan moneter,

sistemperbankan, kebijakan fiskal, dan anggaran serta penyelesaian utang swasta dan restrukturisasi sektor real

10. Melanjutkan langkah menghadapi era globalisasi, khususnya untuk meningkatkan ketahanan dan daya saing ekonomi

Page 10: Good governance

Good Govenance dalam Kerangka Otonomi Daerah

Good governence menyangkut situasi dimana terdapat pembagian kekuasaan antara pusat san daerah dalam proses pengambilan keputusan. Pemerintah lokal sebagai salah satu bentuk desentralisasi memberikan kontribusi bagi local save governence. Perubahan paradigma penyelenggaraan pemerintah daerah dari sentralisasi ke desentralisasi.

Page 11: Good governance

TERIMA KASIH