Golongan VIIA (HALOGEN)

download Golongan VIIA (HALOGEN)

If you can't read please download the document

  • date post

    13-Jan-2017
  • Category

    Education

  • view

    187
  • download

    7

Embed Size (px)

Transcript of Golongan VIIA (HALOGEN)

  • GOLONGAN VIIA (HALOGEN)Kelompok 5 Anggota :Anisa NurfauziahIndah Sekar TanjiJujun Muhamad JNada Sofia Irmanika

    XII MIPA 4

  • Halogen adalah kelompok unsur kimia yang berada pada golongan VIIA di tabel periodik. Kelompok ini terdiri dari: fluor (F), klor (Cl), brom (Br), yodium (I), astatin (At), dan unsur ununseptium (Uus) yang belum ditemukan. Halogen menandakan unsur-unsur yang menghasilkan garam jika bereaksi dengan logam. Istilah ini berasal dari istilah ilmiah bahasa Perancis dari abad ke-18 yang diadaptasi dari bahasa Yunani. Halogen juga merupakan golongan dengan keelektronegatifan tertinggi, jadi ia juga merupakan golongan paling non-logam.

  • Halogen akan membentuk garam jika direaksikan dengan logam.

    Unsur-unsur halogen secara alamiah berbentuk molekul dwiatom (misalnya Cl2). Mereka membutuhkan satu tambahan elektron untuk mengisi orbit elektron terluarnya, sehingga cenderung membentuk ion negatif bermuatan satu. Ion negatif ini disebut ion halida, dan garam yang terbentuk oleh ion ini disebut halida.

  • A. SIFAT FISIS1. Struktur halogenSemua unsur halogen bersifat sebagai molekul diatomik (X2), contohnya fluor terdapat sebagai F2, bukan F saja.Halogen terdapat sebagai senyawa sehingga tidak terdapat bebas di alam.Rata-rata unsur halogen terdapat di air laut.

  • 2. Wujud halogenFluorin (F) dan klorin (Cl) berbentuk gas pada suhu kamar.Bromin (Br) berupa zat cair yang mudah menguap pada suhu kamar.Iodin (I) berupa zat padat yang mudah menyublim pada suhu kamar.

  • 3. Warna dan aroma halogen

  • Fluor (F) = kuning mudaKlorin dan larutan klorin (Cl) = hijau kekuning-kuninganBromin (Br) = merah tuaLarutan bromin = merah kecoklatanIodin padat (I) = hitamLarutan iodin = cokelatUap iodin = unguLarutan iodin dalam pelarut tak beroksigen (ex = CCl4) = merah ungu

  • B. SIFAT KIMIAUnsur fluor merupakan unsur paling reaktif karena memiliki jari-jari yang kecilHalogen memiliki kulit terluar sebanyak 7 elektronHalogen merupakan unsur nonlogam paling reaktif karena memerlukan 1 tambahan elektron untuk mencapai kestabilan atom. Kereaktifannya menurun dari F ke IEnergi ionisasi dan afinitas elektron halogen sangat tinggi, itulah sebab mengapa halogen bersifat reaktif.

  • Halogen merupakan unsur nonpolar, sehingga paling mudah larut dalam senyawa nonpolar seperti CCl4. Namun, kelarutan halogen berkurang dalam air, tapi diikuti reaksi. Reaksi dengan air yang dahsyat hanya terjadi pada fluorin:

    2F2 + H2O > HF + O2 ; menghasilkan asam fluorida (HF).

  • Memiliki energi disosiasi ikatan yaitu mengubah molekul halogen menjadi atom-atomnya. Sifat ini menurunhingga unsur iodin, tapi fluor ke klorin turun drastis namun klorin hingga iodin naikHalogen memiliki sifat nonpolar, makanya gaya London bekerja pada unsur ini sehingga titik leleh dan didihnya meningkat dari F ke I.Keelektronegatifan halogen sangat tinggi dan berada pada unsur Fluor (F), menurun hingga iodin (I).

  • Sifat Sifat Asam Unsur Halogen

    Sifat asam yang dapat dibentuk dari unsur halogen, yaitu: asam halida, dan oksilhalida.a. Asam halida (HX)Asam halida terdiri dari asam fluorida (HF), asam klorida (HCl), asam bromida (HBr), dan asam iodida (HI). Kekuatan asam halida bergantung pada kekuatan ikatan antara HX atau kemudahan senyawa halida untuk memutuskan ikatan antara HX.Dalam golongan VII A, semakin keatas ikatan antara atom HX semakin kuat. Urutan kekuatan asam :HF < HCl < HBr < HI

  • b. Titik didih asam halidaTitik didih dipengaruhi oleh massa atom relative (Mr) dan ikatan antar molekul :Semakin besar Mr maka titik didih semakin tinggi.Semakin kuat ikatan antar molekul maka titik didih semakin tinggi.Pengurutan titik didih asam halida: HF > Hi > HBr > HClPada senyawa HF, walaupun memiliki Mr terkecil tetapi memiliki ikatan antar molekul yang sangat kuat ikatan hydrogen sehingga titik didihnya paling tinggi.

  • c. Asam OksihalidaAsam oksihalida adalah asam yang mengandung oksigen. Halogennya memiliki bilangan oksidasi ( +1,+3, dan +7 ) untuk Cl,Br,I karena oksigen lebih elektronegatifan. Pembentukannya : XO + HO 2HXOX2O3 + H2O 2HXOX2O5 + H2O 2HXOX2O7 + H2O 2HXOSemakin banyak atom oksigen pada asam oksilhalida maka sifat asam akan semakin kuat. Hal tersebut akibat atom O disekitar Cl yang menyebabkan O pada O-H sangat polar sehingga ion H+mudah lepas.Urutan kekuatan asam oksilhalida: HClO > HBrO > HIOasam terkuat dalam asam oksil halida adalah senyawa HClO4(asam perklorat)

  • C. REAKSI-REAKSI HALOGENReaksi dengan logamReaksi ini menghasilkan garam dengan sebutan halida logam (logam + halida atau logam + halogen). Contohnya:Na(s) +1/2Cl2(g) NaCl(s)2Al(s) + 3Br2(g) 2AlBr3(s)Reaksi dengan hidrogenReaksi ini membentuk asam kuat, namun kekuatan asam bertambah dari F ke I. Contohnya:H2 + Br2 2HBr

  • 3. Reaksi dengan nonlogam dan metaloidKecuali karbon, bereaksi membentuk senyawa halida. Contohnya:Si + 2F2 SiF42B + 3F2 2BF3P4 + 6Cl2 (klor terbatas) 4PCl3P4 + 10Cl2 (klor berlebih) 4PCl5

    4. Reaksi dengan airReaksi ini membentuk asam dan membebaskan oksigen, serta menghasilkan reaksi autoredoks. Contohnya:F2 + H2O 2HF + 1/2O2 (asam)Cl2 + H2O HCl + HClO (autoredoks)

  • 5. Reaksi dengan basaReaksi ini menghasilkan garam bersifat basa netral, dan terjadi reaksi redoks autoredoks. ContohnyaCl2 + 2NaOH NaCl + NaClO + H2O (autoredoks)Br2 + 2OH- Br- + BrO- + H2O (suhu rendah)3I2 + 6OH- 5I- + IO3- + 3H2O (suhu tinggi)

    6. Reaksi antarhalogenReaksi ini memiliki rumus reaksi:X2 + nY2 2XYn ; n adalah bilangan ganjil: 1,3,5,dan 7. Contohnya3F2 + Cl2 2ClF37F2 + I2 2IF7

  • Manfaat Halogen1) Manfaat Flour- membuatTeflon= polimer dari tetra flouroetilen (- CF- CF-)n-FreonCFCl= digunakan sebagai pendingin pada kulkas- HF dapat digunakan untuk membuat lukisan pada kaca

  • 2) Manfaat ClorDi alam klor terdapat sebagai garam dapur (NaCl), garamKCl atau MgCl.Dalam industry klor dibuat melalui :-Elektrolisis NaCl2 NaCl + 2 HOH+ Cl+ 2 NaOH-Proses deacon4 HCl + O2 HO + 2 ClKegunaan clor-Pembuatan plastik PVC-NaOCl dan Cldigunakan pada industry pengelautang-Klorinasi kaleng bekas untuk mendapatkan kembali timah-Korat (V) dan klorat (VII) digunakan sebagai bahan peledak pada roket

  • 3) Manfaat Brom (Br)Mengekstraksi KCl dan MgCl dari karnalit yang mengandung 0,2% MgBr. MgBryang diperoleh direaksikan dengan klor diperoleh :MgBr+ ClMgCl+ BrPenggunaan :Membuat senyawa 1,2-dibromometana yang bila dicampur bensin berfungsi sebagai anti knok.KBr dan NaBr merupakan obat penenang.AgBr untuk fotografi.

  • 4) Manfaat Yodium (I)Pembuatan dalam industry :-Dari garam cili :2NaIO+ 4HO + 5SONaSO+ 4HSO+ I-Dari ganggang laut (iodida)2I+ Cl2Cl + IPenggunaan :-Untuk obat-obatan-Pembuatan zat warna-NHI untuk Polaroid-AgI untuk fotografi-Bagi tubuh untuk pembentukan hormone kelenjar gondok