Global warming (Pemanasan Global)

download Global warming (Pemanasan Global)

of 12

  • date post

    06-Jan-2017
  • Category

    Education

  • view

    333
  • download

    28

Embed Size (px)

Transcript of Global warming (Pemanasan Global)

Slide 1

Achmad Nur FadzryAngga ApriansyahFarhan AkmalMuhammad Harya Dwi Putra

Team 7Kelas : IX.5

(PEMANASAN GLOBAL)

Secara singkat dapat dikatakan bahwa pemanasan Global adalah meningkatnya suhu permukaan bumi yang diakibatkan oleh menumpuknya gas-gas yang menimbulkan efek rumah kaca di lapisan atmosfir bumi, ini mengakibatkan panas bumi tertahan di lapisan bawah atmosfir, yang pada gilirannya menyebabkan naiknya suhu bumi.1. Pengertian Pemanasan Global

1. Sangat banyak Carbon Dioxida (Co2) yang dihasilkan oleh pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar fosil. Batu bara menghasilkan CO2 paling banyak dibandingkan gas alam dan minyak.2. CO2 yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Karenanya gunakanlah kendaraan bermotor yang hemat bahan bakar. Menurut penelitian, setiap gallon bahan bakar menghasilkan 10 kilo CO2.3.CO2 yang dihasilkan oleh pesawat terbang. Diperkirakan pesawat terbang menyumbang pada pemanasan Global sebanyak 3,5% dan diramalkan menjadi 15% di tahun 2050.4. CO2 yang dihasilkan gedung bertingkat. Struktur gedung bertingkat menyumbangkan 12% emisi CO2.

Penyebab Pemanasan Global

Penyebab Pemanasan Global

1. Methane (CH4). Kalau CO2 merupakan gas rumah kaca yang utama, CH4 ada di peringkat kedua. Gas CH4 dihasilkan oleh sawah, kotoran sapi, bakteri dalam lumpur dan produksi bahan bakar fosil. Di seluruh dunia padi ditanam di sawah yang digenangi air, ini menyebabkan terjadinya kondisi anaerobic di mana oksigen terperangkap, sehingga zat-zat organik di tanah membusuk, keadaan ini mengakibatkan terlepasnya CH4 ke atmosfir.2. Meningkatnya uap air di atmosfir.Uap air merupakan gas rumah kaca yang paling kuat di planet ini, peningkatannya di atmosfir dipicu oleh CO2, CH4 dan gas rumah kaca lainnya. Uap air menahan panas yang diperangkap oleh semua gas rumah kaca.3. Gas rumah kaca yang lain adalah Nitrous Oksida (N2O), gas yang tidak berwarna dan tidak mudah terbakar dengan aroma yang manis, gas ini lebih dikenal dengan gas tertawa yang kadang digunakan sebagai anestesi. Secara alami gas ini dihasilkan oleh laut dan hutan. Gas ini juga dihasilkan dalam produksi asam nitrat dan nylon, juga hasil penggunaan pupuk di pertanian. Di atmosfir N2O ini diurai oleh sinar matahari.

Penyebab Pemanasan Global

1. Penggundulan hutan. Setelah emisi karbon yang disebabkan oleh kegiatan manusia, penggundulan hutan merupakan penyebab menumpuknya CO2 di atmosfir yang berikutnya. Setiap tahun kita terus kehilangan hutan tropis seluas negara Italia. Dengan bantuan sinar matahari, di siang hari hutan dan semua tumbuhan menyerap CO2 dan mengeluarkan oksigen. Dengan berkurangnya hutan maka semakin banyak CO2 yang tak terserap, dan masuk ke atmosfir.2. Permafrost. Permafrost adalah struktur padat dari tanah yang membeku yang berada ribuan kaki dibawah permukaan tanah di daerah dingin seperti di Alaska, Kanada, Siberia, Skandinavia dan lain sebagainya. Karena suhunya meningkat, dia menjadi lunak dan melepaskan karbon yang sudah ribuan tahun diikatnya.3. Tundra. Tundra adalah padang tanpa pohon yang terdapat di Arktik (kutub Utara) dan Subarktik. Diperkirakan ada 50 milyard ton karbon yang tertahan di tundra yang membeku itu. Namun, karena meningkatnya suhu sejak tahun 1980 yang lalu, diketahui bahwa tundra mulai melepaskan CO2 ke udara.

Kira-kira sejak 30 tahun yang lalu, para ilmuwan sudah memberi peringatan pada dunia berkenaan dengan akibat buruk yang ditimbulkan olehGlobal Warming atau Pemanasan Global, yang merupakan ancaman paling serius bagi umat manusia setelah perang dingin.

8

9

Akibat perubahan iklim yang disebabkan oleh Pemanasan Global, glacier di enam benua mulai mencair, lautan es di Kutub Utara dan Kutub Selatan, demikian juga lapisan es di Greenland, juga gletser di puncak-puncak gunung mulai mencair, ini mengakibatkan naiknya permukaan laut, badai yang menghancurkan muncul silih berganti, banjir dan longsor semakin sering terjadi, kekeringan yang melanda pertanian bermunculan di mana-mana, menyebabkan persediaan makanan dan air minum di dunia semakin menipis.

Pemanasan laut menyebabkan rusaknya karang dan matinya kehidupan sekitar. Diperkirakan dalam waktu 50 tahun ke depan, seluruh karang laut di dunia ini akan musnah akibat pemanasan laut dan polusi akibat kegiatan manusia.

Penyakit tropis menyebar, malaria, demam dengue, demam kuning menyebar ke daerah yang sebelumnya tidak pernah dijangkiti, dan bukan hanya itu, penyakit ini diketahui menjadi semakin ganas. Belum lagi meningkatnya jumlah manusia yang terserang penyakit seperti kanker kulit, kolera dan sebagainya yang belakangan ini semakin mewabah, dan mencakup daerah yang semakin luas.

Kerugian lain yang segera akan terjadi adalah semakin berkurangnya keaneka-ragaman hayati dan punahnya beberapa spesies satwa karena perubahan musim, siklus kehidupan, waktu migrasi, berkurangnya daerah jelajah serta berkurangnya persediaan makanan mereka.

3. Dampak Pemanasan Global

10

Sampai tahun 1950, gletser di sebuah daerah di Alaska masih nampak utuh, belum terpengaruh oleh Pemanasan Globalnamun pada tahun 2002 gletser sudah hampir hilang dari kawasan itu. Dalam gambar ini terlihat salju yang dulunya menyelimuti gunung juga sudah menipis(gambar kanan)

APA YANG DAPAT KITA LAKUKAN ?

Lewat kesadaran lingkungan, setiap orang dapat memberikan kontribusi dengan cara sederhana mereka masing-masing dalam menanggulangi perubahan iklim. Kita harus mulainya dari diri kita sendiri, lingkungan kecil kita sendiri. Setiap hal kecil yang dapat kita lakukan di rumah, segera kita lakukan, seperti misalnya meminimalkan penggunaan peralatan atau mesin yang menghasilkan gas sebelum kita bisa benar-benar menyingkirkannya.Untuk memaksa pemerintahnya agar lebih serius menangani Pemanasan Global ini, banyak orang di Amerika berkampanye agar orang memilih Presiden dan anggota DPR yang punya kepedulian terhadap penanggulangan Pemanasan Global, yang tidak peduli tidak perlu dipilih, sehingga masalah serius yang mempengaruhi keselamatan umat manusia dan masa depan dunia ini lebih diperhatikan secara serius.Salah satu tanggung jawab vital mereka yang mewakili publik adalah melindungi anak-cucu kita serta generasi mendatang dari kerusakan lingkungan yang akibatnya nanti harus mereka tanggung.Kalau saja kita bisa mendengar suara generasi mendatang, kita akan mendengar seruan mereka agar kita segera bertindak menanggulangi Pemanasan Global. Anak-cucu yang sekarang belum lahir itu akan menanggung beban berat akibat kelalaian kita.

12