Geriatric Syndrome -Draf

download Geriatric Syndrome -Draf

of 61

  • date post

    08-Apr-2016
  • Category

    Documents

  • view

    18
  • download

    4

Embed Size (px)

Transcript of Geriatric Syndrome -Draf

Slide 1

SELAMAT PAGI1Geriatric syndrome.Dr H Arif Fadillah SpPD, FINASIM2Geriatric :Cabang ilmu kedokteran yang mempelejari tentang karakter fisiologi dari proses penuaan, diagnosis dan pengobatan pada orang usia lanjut.3Penilaian pada lansiaPerubahan yang terjadi pada usia tua :KulitBerkurangnya jaringan adiposaKulit menjadi keringTurgor kulit berkurangKekeringan pada kulit menyebabkan kulit terkelupas Kulit menipis dan lebih transparant dengan meningkatnya usiaSkin tags dan noda-noda penuaan4Penilaian pada lansiaPerubahan pada orang tua RambutRambut memutih (hypopigmentation)Jumlah rambut dikepala berkurangMulai nampak kebotakan pada laki-lakiPada laki-laki bulu alis mata tambah tebal, nampak bulu hidung bertambah kasar dan ada pertumbuhan bulu ditelinga5Carcinoma, Basal Cell DefinisiTumor yang paling sering terjadi pada jaringan epithel, terutama pada bagian yang sering terkena sinar matahariKelihatan seperti nodule dengan bagian tengah yang melekuk atau seperti ulkus, yang nentinya akan berkembang menjadi tumor6AcrochordonDefininisiPertumbuhan jinak seperti balon bertangkai pendek, biasanya dijumpai pada leher, kelopak mata, ketiak,atau lipat pahaDisebut juga sebagai skin tag7Actinic KeratosisDefinisiLesi premalignansi pada kulit, akibat terkena sinar matahri, biasanya dijumpai pada wajah atau pada tangan orang tua yang warna kulitnya terangKulit kelihatan bersisik, kadang-kadang bisa timbul perdarahan pada bagian pinggir sisik tersebut8SCREENING FOR GERIATRIC SYNDROMESDementia, Delirium, and Depression(Beberapa penulis menambahkan fracture pada hips dan hal-hal lain pada geriatric syndrome).9Geriatric Assessment and Intervention (GAI)

Metode Komprehensif yang digunakan untuk mengevaluasi dan merawat pasien lanjut usia.Menggunakan pendekatan interdisipliner.Terbukti efektif dalam pembuktian secara acak, pada penelitian yang dikontrol dengan berbagai varian.10Komponen GAI

Sejarah dan pemeriksaan fisikPengujian kognitifPenilaian fungsionalEvaluasi sosial

113 Ds of GeriatricsDementia, Delirium, and DepressionGangguan ini secara umum hampir mirip.GAI sering bisa membantu mengungkap atau membedakan antara ketiganya.Semua yang berhubungan dengan proses penuaan.

12Lingkup MasalahDementia

Merupakan tren pada penduduk lansia.8% pasien pada usia 65 tahun telah demensia.Insiden meningkat 2 kali lipat setiap 5 tahun: 2% pada 65 dan 32% pada 85 tahun.3,5 juta kasus pada tahun 1999 dan akan menjadi 14 juta dalam 40 tahun kedepan.

13Definisi dan Pendekatan Awal14Diferensial Diagnosis: UmumDementia

Depression

Delirium

15Differential Diagnosis: SpecificAlzheimersDiffuse Lewy Body VascularParkinsonsEthanol abuseTekanan yang normal pada penderita HydrocephalusHuntingtonsFrontal LobeShy Drager/ Progressive Supranuclear PalsyCJ Penyebab reversibel16Pendekatan Pasien DemensiaKomprehensif GAITim Pendekatan: Penyakit dalam, Patologi Anatomi, spesialis syaraf, THT, spesialis mata, bedah tulang, psikiatri, dan lain-lain17Evaluasi awalLakukan pemeriksaan awalAnamnese dan pemeriksaan fisikTes skriningCari penyebab yang reversibel18Anamnesis dan pemeriksaan fisikPerubahan akut vs kronis: Cari perbedaan/batas status kognitif dan fungsionalKeluarga / teman / penyediaTanda-tanda fisik dan gejalaIsu sosialObat-obatan

19Delirium1. Perubahan akut status mental dan 2. Kurangnya kewaspadaan/perhatian

Dan bisa disertai:

3. Pikiran yang kacau atau4. Tingkat kesadaran yang berubah

20DeliriumMerupakan keadaan darurat medis.

15-20% dari pasien darurat medis mengigau pada saat masuk.

25-60% dari pasien diatas 65 tahun menjadi delirium setelah masuk RS.

32-67% dari dokter gagal untuk mengenali penyakit tersebut.

21Diferensial DiagnosisSelalu pertimbangkan demensia dan depresi sebagai diagnosis banding.

Lain-lain: post power syndrome, gangguan kejiwaan, epilepsi nonconvulsive.22Differential DiagnosisTiga jenis deliriumOrganic (medical)Post-operativeTerminal restlessness

23Differential DiagnosisEvaluasi awal ini merupakan suatu hasil pemeriksaan permulaan dalam mencari dasar penyebab.

Penggunaan Metode Penilaian Kebingungan (CAM=confuse analysis methode) sangat penting dalam mengidentifikasi delirium.

24DepresiPrevalensi pada orang dewasa :

Community 1% (27%)* Inpatients11%(40%)*Nursing home 1025% (45%)*

* Termasuk pasien dengan gejala berat.

25DepresiDurasi3150 tahun lamanya depresi 918 bulan>50 tahun 35 years

Kambuh50% sesudah serangan pertama 70% sesudah serangan kedua 90% sesudah serangan ketiga

26Depresi75% kasus dapat diobati.

Kasus yang tidak diobati akan menimbulkan mortalitas sebanyak 15%.

Tingkat bunuh diri pada lansia adalah dua kali lipat dibanding kelompok usia lainnya.

Hasil pemeriksaan identik dengan demensia. Demensia dan depresi sering secara bersamaan.27Kognitif dan Pengujian DepresiUmumnya ditemukan setelah waktu yang lama.

Gunakan test validasi.

Beberapa tes baru.

Uji neuropsikologis.

28Kognitif dan Pengujian DepresiBaris pertama : Mini-Mental Status Exam (MMSE) 1, Test Menggambar Jam (CDT)2, dan Skala Depresi Geriatri (GDS)3.Baris kedua: Trails B4 dan tes lainnya untuk evaluasi lebih lanjut kognisi.Baris ketiga : referral pengujian Neuropsikologi.

1Folstein 1975, 2Wolf-Klein,3Yesavage 1983, 4Army Individual Test Bat. 194429MMSEMerupakan test lini pertama dari fungsi kognitif.Tidak sensitif pada pasien dengan tingkat fungsionalnya lebih baik dan pasien dengan pendidikan yang tinggi.Pasien dengan tingkat pendidikan rendah atau minoritas mungkin skornya rendah tanpa adanya gangguan yang sebenarnya.

30MMSEMenetapkan penurunan dasar dan ukuran dari waktu ke waktu.Gunakan angka 26 sebagai cutoff atas untuk "normal."21-25 = daerah abu-abu.20 atau kurang terkait dengan disfungsi kognitif.Penilaian keadaan klinis pasien yang lebih akurat akan menghasilkan angka/nilai 26 atau lebih tinggi (cek gambar).

31Clock TestTes skrining awal yang baikPengujian fungsi eksekutif.Mudah dijalankan.

32Clock TestDua jenis sistem penilaian akan disajikan.Sepuluh skala-point oleh Wolf-Klein et al1 divalidasi dan telah terbukti lebih sensitif dari nilai awal MMSE dari 21 atau lebih, dalam memprediksi penurunan kognitif.Wolf-Klein sistem mencakup skala cutoffIni menggunakan test menggambar lingkaran.1Wolf-Klein et al. JAGS, 19892Ferrucci et al. JAGS, 19963334

3 -344 inch in diameter circle on blank sheet. Use answer key to identify abnormal (clocks 1-6) or normal (clocks 7-10)

Clock 7 is overall abnormal. But the test was validated against the MMSE and other good cognitive assessment tools. All comers were taken in the study. This clock likely reflects hemi-neglect in patients with stroke or visual problems. Personally if I saw this clock I would likely refer for neuropsychological testing if there was any concern. Clock TestThe Pfizer metodanya1 baik tetapi tidak dipakai dalam literatur.Menggunakan skala 0-4 dan membutuhkan beberapa interpretasi.Tidak ada nilai cut off diberikan, tapi biasanya 3-4 dari skala 4 titik dianggap normal.Test ini dilakukan sepenuhnya menggunakan tangan.35Geriatric Depression Scale15-point atau skala 30-point.Bila dijumapai skore lebih dari 5 atau 10 yang "negatif" ini kemungkinan menunjukkan depresi.Penilaian digunakan bersama dengan anamnesis dan pemeiksaan fisis/observasi.36Confusion Assessment MethodUntuk mendiagnosis delirium dengan sensitivitas 94-100% dan spesifisitas 90-95%37Confusion Assessment MethodPasien harus menderita :

serangan akut onset dan gejalanya berfluktuasi 2. kurang perhatian (tidak perduli situasi lingkungan atau kewaspadaan

Juga mengalami

3. pola pikir yang kacau, ATAU4. tingkat kesadaran berubah/menurun

38Penilaian FungsionalRiwayat penyakitAktivitas hidup sehari-hari (ADL=activity daily live)1Instrumental aktivitas hidup sehari-hari (IADL=instrument activity daily live)2ADL's berkorelasi dengan skor MMSE

1Katz et al. JAMA, 19632OARS/MFAQ. Duke Univ, 197839Penilaian FungsionalAVG MMSE SCORE20

14

11

7

ADL LOSS

Use telephone, obtain own meal

Travel, use home appliance

Dress, groom

Walk, eatGalasko et al. Alz Dis Assoc Discord, 199740Uji NeuropsikologisLebih sensitif dari alat skrining untuk mendeteksi dini demensia.Membantu dalam menggambarkan pola gangguan kognitif (yakni, depresi, alkoholisme, jenis demensia).

41Penyebab2 yang reversibelTSH/Free T4B12 Folate RPRHIV (PTH/CA)

42ImagingTidak diperlukan dalam kebanyakan kasus (kasus delirium sering memerlukan itu).Riwayat penyakit dan pemeriksan fisik adalah penentu utama.MRI baik untuk demensia vaskular.CT baik untuk gejala atipikal dan / atau demensia atipikal.PET dan SPECT scan tidak dianjurkan.43Lumbar PunctureIndikasiOnset akut atau subakut (