Ganesha Cup IV 2009 National Taekwondo Championship

download Ganesha Cup IV 2009  National  Taekwondo  Championship

of 19

  • date post

    22-Feb-2016
  • Category

    Documents

  • view

    81
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Ganesha Cup IV 2009 National Taekwondo Championship. Organized by : Taekwondo ITB. I. PENDAHULUAN - PowerPoint PPT Presentation

Transcript of Ganesha Cup IV 2009 National Taekwondo Championship

Slide 1

Ganesha Cup IV 2009 National Taekwondo Championship

Organized by : Taekwondo ITB

SI. PENDAHULUANMengamati perkembangan dunia olahraga di Indonesia, dapat kita ketahui bahwa prestasi olahraga nasional terus menurun. Parameter yang paling sederhana dapat kita lihat dari gagalnya kontingen Indonesia dalam mencapai target mendapatkan 60 medali emas pada SEA GAMES 2007 di Nakhon Ratchasima, Thailand. Begitu pula dalam event-event olahraga internasional lainnya. Kita tidak pernah lagi mendengar keberhasilan kontingen kita mengukir prestasi, terlebih lagi di era tahun 2000 ini. Tentunya masih segar dalam ingatan kita di era tahun 80-an dan 90-an, dimana kita bisa dengan bangga melihat Indonesia menjuarai berbagai macam event-event olahraga internasional.

Salah satu penyebab dekadensi prestasi olahraga di Indonesia adalah kurangnya pembinaan pada tingkat usia remaja ke dewasa. Sering sekali kita mendengar putra-putri usia muda Indonesia yang menjuarai kejuaraan olahraga bergengsi. Namun, sangat disayangkan, hal tersebut tidak berbanding lurus dengan prestasi olahraga negara kita secara kesuluruhan, terutama pada kelompok umur remaja menuju dewasa. Salah satu penyebab minimnya pembinaan di usia remaja ke dewasa ini adalah tidak adanya iklim yang kondusif terhadap pembinaan tersebut. Banyak anak usia remaja di Indonesia yang justru melakukan hal-hal yang kurang berguna atau bahkan mengganggu lingkungan sekitarnya. Hal ini mungkin saja disebabkan kurangnya fasilitas untuk menyalurkan kekreatifitasan mereka, dalam hal ini kekreatifitasan dalam bidang olahraga.

Berdasarkan paparan diatas, maka Institut Teknologi Bandung sebagai salah satu institusi pendidikan terbesar di Indonesia melalui Unit Kegiatan Mahasiswa-nya mencoba menfasilitasi hal ini. Kami mencoba berpartisipasi aktif dalam pengembangan olahraga di tanah air. Oleh karena itu, kami berniat mengadakan kejuaraan Nasional Taekwondo antar mahasiswa. Kejuaraan ini bertujuan selain untuk mengembangkan prestasi mahasiswa di bidang non akademik, juga untuk meningkatkan animo masyarakat umumnya dan mahasiswa pada khususnya terhadap olahraga prestasi yang pada akhirnya akan meningkatkan prestasi olahraga nasional.

#Unit Kegiatan MahasiswaTaekwondo ITBGanesha Cup IV 2009National Taekwondo ChampionshipTaekwondo merupakan cabang beladiri yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Taekwondo telah berkembang di Indonesia sejak tahun 70-an. Saat ini di Indonesia jumlah Taekwondo-in yang aktif mencapai lebih dari 500.000 orang (Data PBTI tahun 2003). Jumlah tersebut tersebar di seluruh propinsi di Indonesia. Kini Taekwondo telah banyak melahirkan atlet-atlet yang pernah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

II. SEJARAH SINGKAT Institut Teknologi Bandung adalah perguruan tinggi pertama yang menyelenggarakan kejuaraan Taekwondo antar mahasiswa tingkat nasional. Sebelum mengadakan kejuaraan ini, ITB melalui Unit Kegiatan Mahasiswa Taekwondo-nya telah mengadakan beberapa kejuaraan yang mendapatkan animo besar dari masyarakat, khususnya mahasiswa dari seluruh Indonesia.Kejuaraan GANESHA CUP III 2007, yang diselenggarakan pada tanggal 12-14 Mei 2007, diikuti oleh lebih dari 300 Taekwondo-in yang mewakili 50 perguruan tinggi dari berbagai daerah di indonesia.Berikut adalah kejuaraan-kejuaraan Taekwondo tingkat nasional yang pernah diselenggarakan oleh Institut Teknologi Bandung :Ganesha Cup I 1986Ganesha Cup II 1990Kejuaraan Nasional Taekwondo Antar Perguruan Tinggi 1992Invitasi Nasional Taekwondo ITB tahun 1995Kejuaraan Nasional Taekwondo Antar Perguruan Tinggi 1996Invitasi Nasional Taekwondo ITB II tahun 2005Ganesha Cup III 2007

#Unit Kegiatan MahasiswaTaekwondo ITBGanesha Cup IV 2009National Taekwondo ChampionshipIII. NAMA KEGIATAN Nama kegiatan ini adalah GANESHA CUP IV 2009.

IV. TEMA KEGIATANKegiatan ini mengambil tema Do It, Feel It, Win It, With Full Spirit!. Tema tersebut dapat diartikan dengan Lakukan, Rasakan, Menangkan, dengan Penuh Semangat!. Tema ini diharapkan menjadi pegangan bagi peserta maupun panitia dalam berpartisipasi di acara GANESHA CUP IV 2009.Melalui tema ini, kami ingin memberi pesan kepada peserta bahwa yang terpenting dalam suatu pertandingan adalah penghayatan yang mendalam sehingga dapat mengeluarkan potensi dan kemampuan sebaik mungkin. Jadilah yang terbaik dari diri sendiri. Terimalah dengan lapang dada apapun hasil yang dicapai karena itu merupakan hasil kerja keras kita.

V. DESKRIPSI KEGIATANGANESHA CUP IV 2009 merupakan kejuaraan nasional Taekwondo antar unit kegiatan mahasiswa Taekwondo perguruan tinggi se-Indonesia. Kegiatan ini adalah bagian dari agenda rutin Unit Kegiatan Mahasiswa Taekwondo ITB yang diadakan setiap tahun. Setiap perguruan tinggi berlomba untuk menjadi yang terbaik guna mendapatkan piala bergilir GANESHA CUP.Jenis pertandingan yang diadakan adalah Kyorugi (Sparring) dan Poomsae (Jurus). Pada jenis pertandingan Kyorugi, semua atlet yang mewakili perguruan tingginya masing-masing akan bertanding sesuai dengan peraturan terbaru yang dikeluarkan oleh Pengurus Besar Taekwondo Indonesia. Sistem penilaian yang digunakan pada pertandingan adalah sistem Digital Scoring. Wasit dapat langsung memberikan poin kepada peserta yang berhak dan poin tersebut akan ditampilkan pada layar proyeksi.

#Unit Kegiatan MahasiswaTaekwondo ITBGanesha Cup IV 2009National Taekwondo ChampionshipSedangkan pada jenis pertandingan Poomsae. Setiap kontingen mengirim 6 orang atletnya untuk mempertandingkan keindahan dan keompakan dalam mempertunjukkan jurus-jurus Taekwondo. Jurus-jurus yang dipertandingkan adalah Taegeuk 6,7,8, Koryeo, Keumgang, Taebaek, Pyongwon, Shipjin. Aspek-aspek yang dinilai adalah keindahan, kekompakan, dan variasi gerakan. Sistem pertandingan dilakukan dengan sistem ranking.

VI. TUJUANTujuan dilaksanakannya GANESHA CUP IV 2009 adalah:Meningkatkan prestasi pemuda Indonesia pada usia Remaja menuju Dewasa.Mengakomodasi semangat jiwa muda pemuda Indonesia agar tidak terjerumus ke hal yang kurang berguna.Meningkatkan jiwa sportivitas dan kreatifitas antar mahasiswa terutama atlet Taekwondo se-Indonesia.Membina prestasi atlet dan sekaligus sebagai sarana pengkaderan bibit-bibit sebagai generasi atlet Indonesia selanjutnya.Mengukur kemampuan atlet Taekwondo dari kalangan mahasiswa di Indonesia.

VII. SASARAN KEGIATANSasaran dari kegiatan GANESHA CUP IV 2009 adalah mahasiswa dari seluruh universitas, institut, akademi, sekolah tinggi atau sederajat di Indonesia yang membentuk suatu tim. Setiap tim Kyorugi terdiri dari delapan orang putra/i yang memiliki berat badan sesuai dengan kelas pertandingan yang diikutinya dan tim poomsae yang terdiri dari lima kategori yaitu perseorangan putra/i, beregu putra/i (satu regu terdiri dari tiga orang putra/i), campuran(satu regu terdiri dari dua orang yaitu satu orang putra dan satu orang putri ).#Unit Kegiatan MahasiswaTaekwondo ITBGanesha Cup IV 2009National Taekwondo ChampionshipVIII. PELAKSANAAN KEGIATANAdapun tahap pelaksanaan rangkaian kegiatan GANESHA CUP IV 2009 terdiri dari:PendaftaranKontingenSurat Rekomendasi RektorSurat Rekomendasi Pengda TI setempatMengisi formulir pendaftaran (pendaftaran online data diri bisa dikirimkan sementara melalui email dan diurus minimal 2 hari sebelum pertandingan).Slip asli bukti transfer saat daftar ulangFormulir dibawa dan disahkan saat daftar ulang

PesertaPas foto 3x4 sebanyak 4 lembar (untuk atlet);2 lembar (official)Fotocopy KTM /surat rekomendasi dari rektorSertifikat terakhir yang dikeluarkan oleh PBTI.Wajib membawa aslinya saat pendaftaran ulangTingkat peserta minimal geup IIIMengisi formulir biodata (bisa dikirim melalui email)Membawa surat keterangan sehat dari dokterMengisi formulir pernyataan atlet dengan materai Rp 6000

Peserta membayar uang pendaftaran sebesar @Rp 100.000,- team membayar uang pendaftaran sebesar @Rp 150.000,- pendaftaran paling lambat tanggal 9Agustus 2009

Pembayaran dapat dilakukan secara :Langsung ke sekretariat Taekwondo ITB, Sarana Olah Raga Ganesha,Jl. Babakan Siliwangi Bandung, Bawah Kolam Renang ruang 10. Fax : 022-2504814. Email : taekwondo_itb@ymail.comBANK BNI Cabang ITB Tamansari, atas nama ITB Kegiatan Mahasiswa No. Rek. 0900009056#Unit Kegiatan MahasiswaTaekwondo ITBGanesha Cup IV 2009National Taekwondo ChampionshipTahap pendaftaran ini dibagi menjadi 3, yaitu :Entry By Class (1 Juli 1 Agustus 2009)Pada tahap ini, peserta mengirimkan kelas pertandingan yang akan diikuti.Entry By Name (1 Juli 5 Agustus 2009)Pada tahap ini, peserta mengirimkan nama-nama atlet yang akan mengikuti pertandingan. Berkas-berkas atlet dapat dikirim melalui pos, fax, ataupun email. Biaya pendaftaran ditransfer melalui rekening yang tercantum, ataupun dapat langsung dibayarkan kepada panitia.Pendaftaran Ulang (7 - 9 Agustus 2009)Pendaftaran ulang bertujuan untuk memastikan keikutsertaan peserta pada kegiatan GANESHA CUP IV 2009.peserta diwajibkan membawa bukti pembayaran (kuitansi atau resi bank). Peserta yang tidak melakukan pendaftaran ulang dinyatakan gugur dan dokumen serta biaya pendaftaran yang sudah dikirimkan menjadi milik panitia.Technical MeetingTahap ini dihadiri oleh maksimal 2 orang perwakilan dari Universitas masing-masing. Nama-nama atlet yang sudah terdaftar akan diundi dengan menggunakan software yang sudah tersedia. Dari hasil undian, akan didapat bagan klasemen pertandingan selama 3 hari. Adapun tempat dan jadwal Technical Meeting adalah sebagai berikut :tempat : Auditorium Campus Centre ITBHari, Tanggal: Rabu, 12 Agustus 2009Pukul: 09.00 s/d selesai#Unit Kegiatan MahasiswaTaekwondo ITBGanesha Cup IV 2009National Taekwondo ChampionshipPenimbangan Badan AtletAtlet yang sudah resmi terdaftar pada pendaftaran ulang akan mengikuti penimbangan. Penimbangan ini diadakan diadakan di tempat pertandingan berlangsung (GSG ITB) sehari sebelum atlet terseb