Gamry Kimia ITB Online Booking Procedure

download Gamry Kimia ITB Online Booking Procedure

of 7

  • date post

    20-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    364
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Petunjuk Booking Gamry Ref3000 Kimia ITBBooking Online Gamry Kimia ITBBooking Gamry Kimia ITBGamry Kimia Booking Online Gamry Kimia ITB Booking Online

Transcript of Gamry Kimia ITB Online Booking Procedure

Prosedur Booking Pemakaian Gamry Ref3000Lab Korosi dan Elektrokimia - Kimia ITB

Dokumen ini dapat di lihat di www.scribd.com dengan menggunakan keyword "Petunjuk Booking Gamry Ref 3000 Kimia" atau pada tautan http://www.scribd.com/doc/220054855/Gamry-Online-Booking-Procedure. Untuk efektifitas pemakaian alat, prosedur masih dapat berubah. (Ini adalah dokumen versi 2015.12.30.v10:40 terdiri dari 7 halaman)Untuk dapat melakukan Booking penggunaan alat Gamry, tahap tahap berikut (A, B, C) harus dilalui. Bila telah terdaftar dan account gmail pemakai telah "ter-taut" dengan "Gamry Booking Calendar" maka cukup melakukan tahap B dan C. Harap membaca seluruh petunjuk pada dokumen ini sampai akhir.Sistem penamaan dan penyimpanan file yang berlaku adalah seperti yang tercantum pada tampilan komputer Gamry saat login berhasil. File yang tidak disimpan pada direktori yang ditetapkan akan di hapus. File hasil eksperimen HARUS segera di backup. Kehilangan data merupakan tanggung jawab pribadi.Setiap pemakai awal harus meminta persetujuan pada pengelola lab (Dr. Bunbun Bundjali dan/atau Achmad Rochliadi, Ph.D.). Pemakai dari luar KIMIA-ITB, dimohon agar membawa surat permohonan/pengantar dari Institusi asal untuk dapat menggunakan alat Gamry Ref3000. Surat ini juga harus di scan (150 dpi) untuk disimpan dalam arsip digital Gamry Booking Calendar dan dikirim ke GamryRef3000Kimia@gmail.com.Persetujuan akan diberikan setelah pelatihan pemakaian dilakukan, Pelatih akan ditunjuk oleh Pengelola.Tiap pemakai harus memiliki Account "Calendar" tersendiri dan tidak dibenarkan berbagi Account. Pelanggaran terhadap ketentuan ini akan berakibat pada hilangnya hak untuk menggunakan alat Gamry.Waktu Pemakaian alat adalah HARI KERJA (Senin-Jumat, Slot Pagi : 8:00-12:00, Slot Sore : 12:00-16:00). Laboratorium Korosi akan ditutup jam 16:30. Pemakaian diluar jam tersebut harus dengan izin khusus dan mengajukan permohonan ke K3G Kimia dan K3L ITB. Demi efektifitas pemakaian alat, tidak diizinkan melakukan booking melintasi waktu slot pagi-siang, kecuali bila percobaan diperkiraan memerlukan waktu lebih dari 5 jam. Bila ini terjadi, lakukan percobaan mulai dari pagi hari (8:00). Tidak ada percobaan pada hari libur. 30 menit setelah waktu booking alat belum digunakan, hak pemakaian dapat hilang.Walau proses Booking telah dilakukan, PRIORITAS pemakaian tertinggi adalah untuk MAINTENANCE SISTEM dan STAFF AKADEMIK Kimia untuk penelitian/pekerjaan urgent. Pembatalan Booking akan diusahakan dikabarkan melalui email atau HP. Untuk itu, sebaiknya 24 jam sebelum melakukan percobaan untuk memeriksa "Gamry Booking Calendar" untuk melihat apakah slot booking masih berlaku. Bila terjadi dua pemakai (bukan termasuk prioritas) yang ternyata booking diwaktu yang sama, maka yang berlaku adalah bukti printout booking yang lebih awal.Setiap selesai bekerja LOGBOOK harus diisi. Demikian juga dengan kondisi alat, sel dan elektroda referense dan counter dicatat pada Lembar Booking Pemakaian Alat yang disimpan di Binder.Sistem Booking ini mulai diberlakukan semenjak 1 May 2014.

A. Mem- taut- kan GMail Calender ke "Gamry Booking Calendar" (Cukup dilakukan 1x)a. Membuat Account Gmail (Untuk yang belum memiliki).b. Kirim email pemohonan untuk dapat menggunakan Gamry ke GamryRef3000Kimia@gmail.com. Dalam email harus berisi informasi tentang (semua harus ada): 1. Alamat Gmail pemakai 2. No HP yang What App Aktif 3. Nim/No Mahasiswa 4. Nama Lengkap 5. Institusi Asal 6. Nama Pembimbing, alamat email pembimbing, no HP pembimbing 7. Jenis percobaan yang akan dilakukan 8. Attachment Hasil Scan Kartu Mahasiswa atau KTP dengan resolusi 150 DPI 9. Attachmenth hasil Scan Surat Permohonan dari Institusi (untuk yang berasal dari luar Kimia-ITB) Scan dengan resolusi 150 dpi. Ukuran Attachment < 250 Kbyte, format JPG.c. Subjek isi dengan : Permohonan Aktivasi Gamry Booking Calendard. Untuk dapat mengaktivasi Gamry Booking Calendar, secepatnya berusaha untuk menghubungi Pengelola (Achmad Rochliadi) hanya via Whats App. Karena alasan keamanan dan privasi, nomor pengelola dapat di minta secara langsung ke Analis Lab Korosi/Asistem Lab. Komunikasi hanya di lakukan melalui WA dan email.

B. Mem-booking waktu pemakaian GAMRY dengan menggunakan Google Calendara. Login ke Google Calendar dengan menggunakan alamat gmail yang dipakai saat permohonan di "A" dengan alamat : https://www.google.com/calendar, masukkan userid dan password.

b. Bila berhasil login dan tahap verifikasi google di lewati maka akan muncul layar sbb :

c. Pastikan memilih "Gamry Booking Calendar" (My Calendar > Gamry Booking Calendar) atau (Other Calendar>Gamry Booking Calendar). Sebaiknya Calendar yang lain tidak diaktifkan, dengan cara mengklik kotak kecil di sebelah kirinya sehingga warnanya "hilang". Calendar "Gamry Booking Calendar" akan muncul bila Prosedur A telah dilakukan dan telah di approve oleh pengelola alat. "Gamry Booking Calendar" dapat tersimpan di "My Calendar" atau "Other Calendar". Kesalahan dalam memilih Calendar yang aktif akan menyebabkan Booking tidak tercatat pada "Gamry Booking Calendar"

d. Untuk memastikan bahwa hanya Gamry Booking Calendar yang aktif dapat dilakukan juga dengan cara.(1) Klik tombol di kanan kotak Gamry Booking Calendar > (2) Klik Display only this calendar.Bila berhasil maka hanya Gamry Booking Calendar kotak kecil di kirinya yang akan nyala/berwarna, Calendar lainnya akan blank/tidak berwarna.

e. Untuk Booking "DOUBLE KLIK" pada slot waktu yang diinginkan, dengan catatan pada slot waktu tersebut belum terisi oleh pemakai lainnya. Tidak diizinkan melakukan booking dengan metoda REPEAT dan hindari overlap dengan pemakai lain (kecuali akan melakukan bersama dengan menggunakan multiplexer). Nanti akan muncul tampilan seperti berikut: fs

Bila berhasil pada "Gamry Booking Calendar" akan muncul Booking Anda pada slot waktu yang dipilih ?

f. Panduan Untuk Kolom Isian DescriptionFormat yang persis sama sebagai berikut:- Kolom informasi/"Untitled event" (Kotak dibawah 'save') : NIM - Nama Lengkap - Institusi- Tanggal pemakaian dan Jam mulai pemakaian - Perkiraan Jam selesai pemakaian dan Tanggal selesai pemakaian- Where : Diisi dengan no kontak hp- Calendar : HARUS "Gamry Booking Calendar"- Description HARUS ber isi, berturut turut tiap baris :Nim : (Jelas)Nama/No HP/Email : (Jelas)Institusi : (Jelas)Pembimbing/No HP/Email : (Jelas)Jenis Pengujian : (Misal : EIS, Voltametry, Corrosion, Tafel dll)Jenis Elektroda Kerja/Sampel : Biasanya elektroda yang diujiJenis Elektroda Referens/Pembanding : (Kalomel, Ag/AgCl, Platina dll)Jenis Elektroda Counter : (Kalomel, Ag/AgCl, Platina dll) Jenis Elektrolit : (Elektrolit yang digunakan, misal NaCl, Membran Polymer dll)Keterangan Lain : Isi dengan informasi yang dianggap penting. Misal: - Pelatih/Pendamping untuk yang baru atau belum lancar dalam menggunakan alat. - Tujuan percobaan . - Percobaan dengan beberapa sample sekaligus dengan menggunakan multiplexer.- Pengukuran yang ke - x dari y. dan lainnya.g. Rekam/Save Data Booking Waktu C. MENCETAK FORM pemakaian alat Gamry.Tahap ini adalah tahap untuk mencetak bukti Booking Pemakaian Alat yang harus dikumpulkan di lab korosi.a. Form harus dicetak dan diserahkan/dikumpulkan pada LOG-BINDER yang disimpan di LAB-KOROSI. Ketiadaan Form akan mengakibatkan pemakaian alat dibatalkan.b. Double Klik booking Slot waktu yang dipilih pada Gamry Booking Calendar, akan muncul layar sbb, tekan tombol PRINT dan cetak. Hasil cetak di bawa untuk diserahkan/dikumpulkan.

c. Contoh hasil cetak yang harus di kumpulkan pada Binder.

Form tercetak ini harus dibawa saat akan melakukan percobaan, dan setelah diselesai percobaan form di isi dengan informasi tentang :1. Waktu real mulai dan akhir percobaan.2. Kondisi Gamry dan Multiplexer3. Kondisi elektroda counter dan referense yang dipakai.4. Form ini kemudian di tanda tangani oleh Pemakai dan Pihak lab. Form ini kemudian disimpan dalam Binder yang telah disediakan.

Terimakasih atas bantuan dan kerjasamanya.Pengelola Lab Korosi