Gagasan Pkm 2015

2
GAGASAN PKM 2015 Judul: Pemanfaatan Kacang Merah sebagai Bahan Pembuatan Bolu Kukus untuk Panganan Lokal. Jenis PKM: PKM-K (Kewirausahaan) Latar Belakang: Tanaman kacang merah adalah salah satu tanaman dikotil yang termasuk suku polong-polongan yang tinggi serat. Jenis kacang ini memang belum terlalu banyak dikonsumsi. Tidak seperti kacang kedelai yang olahan sudah banyak yaitu tempe, tahu sampai susu kedelai. Makanan jenis polong-polongan ini, biasanya dijadikan campuran dibeberapa menu makanan saja seperti sop. Kacang merah mengandung vitamin B, kalsium, fosfor, zatbesi, dan protein. Oleh karena itu, kacang merah sangat bermanfaat bagi tubuh serta sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Karbohidrat kompleks dan kadar serat yang tinggi menyebabkan penurunan kolesterol dalam tubuh. Indeks kadar glikemik pada kacang merah juga menekan masalah gejala penyakit diabetes yang sering terjadi.Sumber karbohidrat kompleks terletak pada kacang merah. Kandungan vitamin B1nya mampu mencegah beri-beri serta menjaga metabolism dan fungsi saraf. Kandungan protein nabatinya mampu mecegah tumbuhnya sel kanker pada usus besar. Kandungan zat besi dan tembaga yang ada dalam kacang merah mampu mencegah anemia serta membantu pembentukan berbagai enzim penting dalam tubuh. Bentuk biji kacang merah memiliki ukuran lebih besar dibanding biji kacang hijataupun kacang panjang dengan kulit biji berwarna merah tua atau merah bata. Jika kulit biji dikupas, maka akan terlihat biji kacang yang berwarna putih. Manfaat lain yang terkandung di dalam biji kacang merah diantaranya: 1. Mampu menurunkan kadar kolesterol. 2. Kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuh. 3. Mencegah tingginya gula darah. 4. Kaya akan serat yang membantu melancarkan pencernaan. 5. Membantu mencegah penyakit jantung. 6. Sebagai sumber protein nabati, karbohidrat, vitamin B, dan lain lain.

Transcript of Gagasan Pkm 2015

Page 1: Gagasan Pkm 2015

GAGASAN PKM 2015

Judul: Pemanfaatan Kacang Merah sebagai Bahan Pembuatan Bolu Kukus untuk Panganan Lokal.

Jenis PKM: PKM-K (Kewirausahaan)

Latar Belakang: Tanaman kacang merah adalah salah satu tanaman dikotil yang termasuk suku polong-polongan yang tinggi serat. Jenis kacang ini memang belum terlalu banyak dikonsumsi. Tidak seperti kacang kedelai yang olahan sudah banyak yaitu tempe, tahu sampai susu kedelai. Makanan jenis polong-polongan ini, biasanya dijadikan campuran dibeberapa menu makanan saja seperti sop. Kacang merah mengandung vitamin B, kalsium, fosfor, zatbesi, dan protein. Oleh karena itu, kacang merah sangat bermanfaat bagi tubuh serta sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Karbohidrat kompleks dan kadar serat yang tinggi menyebabkan penurunan kolesterol dalam tubuh. Indeks kadar glikemik pada kacang merah juga menekan masalah gejala penyakit diabetes yang sering terjadi.Sumber karbohidrat kompleks terletak pada kacang merah. Kandungan vitamin B1nya mampu mencegah beri-beri serta menjaga metabolism dan fungsi saraf.  Kandungan protein nabatinya mampu mecegah tumbuhnya sel kanker pada usus besar.  Kandungan zat besi dan tembaga yang ada dalam kacang merah mampu mencegah anemia serta membantu pembentukan berbagai enzim penting dalam tubuh. Bentuk biji kacang merah memiliki ukuran lebih besar dibanding biji kacang hijataupun kacang panjang dengan kulit biji berwarna merah tua atau merah bata.  Jika kulit biji dikupas, maka akan terlihat biji kacang yang berwarna putih.

Manfaat lain yang terkandung di dalam biji kacang merah diantaranya:

1. Mampu menurunkan kadar kolesterol.2. Kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuh.3. Mencegah tingginya gula darah.4. Kaya akan serat yang membantu melancarkan pencernaan.5. Membantu mencegah penyakit jantung.6. Sebagai sumber protein nabati, karbohidrat, vitamin B, dan lain lain.

CARI CARA MENGOLAH KACANG MERAH

PEMANFAATAN KACANG MERAH

Keunikan: Bolu kukus yang biasanya terbuat dari bahan baku tepung terigu, kini dapat kita variasikan dengan kacang merah yang telah di haluskan

AMBIL DARI KATUL

Manfaat: Manfaat dari pembuatan bolu ini antara lain, dapat memperkaya variasi dari makanan local,

CARI MANFAAT PENGOLAHAN PRODUK LOKAL