Fungsi Icon Pada Adobe Photoshop

of 23 /23
Fungsi Icon-icon Toolbox pada Adobe Photoshop No . Nama Icon Fungsi 1. Rectangular Marquee Untuk membuat area selection yang berbentuk segi empat. 2. Elliptical Marquee Untuk membuat area selection berbentuk elips atau lingkaran. 3. Single Row Marquee Untuk membuat area selection horizontal setinggi satu pixel atau satu baris. 4. Single Column Marquee Untuk membuat area selection vertikal selebar satu pixel atau satu kolom. 5. Move Tool Digunakan untuk menggeser/ memindahkan selection atau layer yang aktif. 6. Lasso Digunakan untuk membuat area selection dengan bentuk bebas. 7. Polygonal Lasso Digunakan untuk membuat are selection berbentuk polygon. 8. Magnetic Lasso Untuk membuat are selection berbentuk polygon dengan cara menempelkan tepi selection pada area tertentu paga gambar. 9. Magic Wand Tool Digunakan untuk membuat area selection yang memiliki warna serupa. Perbedaan toleransi warna dapat diatur pada tool option bar.

Embed Size (px)

Transcript of Fungsi Icon Pada Adobe Photoshop

Fungsi Icon-icon Toolbox pada Adobe PhotoshopNo. 1. Nama Icon Rectangular Marquee Fungsi Untuk membuat area selection yang berbentuk segi empat. Untuk membuat area selection berbentuk elips atau lingkaran. Untuk membuat area selection horizontal setinggi satu pixel atau satu baris. Untuk membuat area selection vertikal selebar satu pixel atau satu kolom. Digunakan untuk menggeser/ memindahkan selection atau layer yang aktif. Digunakan untuk membuat area selection dengan bentuk bebas. Digunakan untuk membuat are selection berbentuk polygon. Untuk membuat are selection berbentuk polygon dengan cara menempelkan tepi selection pada area tertentu paga gambar. Digunakan untuk membuat area selection yang memiliki warna serupa. Perbedaan toleransi warna dapat diatur pada tool option bar. Untuk memotong area tertentu pada gambar. Digunakan untuk membuat potonganpotongan image(gambar) dari suatu image(gambar). Digunakan untuk memilih potongan pada suatu gambar.

2.

Elliptical Marquee

3.

Single Row Marquee

4.

Single Column Marquee

5.

Move Tool

6. 7.

Lasso Polygonal Lasso

8.

Magnetic Lasso

9.

Magic Wand Tool

10.

Crop Tool

11.

Slice Tool

12.

Slice Select Tool

13.

Patch Tool

Digunakan untuk mengecat/melukis pada area tertentu image dengan pola (pattern) atau sample tertentu. Cocok untuk memberbaiki image yang rusak. Digunakan untuk mengecat/melukis image dengan pola atau sample tertentu. Cocok untuk memperbaiki image yang agak rusak. Digunakan untuk mengecat/mewarnai image dengan pola warna tertentu. Digunakan untuk melukis gambar dengan goresan kuas Digunakan untuk melukis gambar dengan goresan pensil. Digunakan untuk melukis gambar dengan sample image(gambar) tertentu. Digunakan untuk melukis gambar dengan menggunakan pola tertentu. Digunakan untuk melukis image menggunakan snapshot atau state history dari image 2 Digunakan untuk melukis image menggunakan snapshot atau state history dari image dengan model artistik tertentu. Digunakan untuk menghapus pixel image dan mengembalikannya ke state tertentu. Digunakan untuk menghapus area tertentu image menjadi transparan. Digunakan untuk menghapus area tertentu image yang memiliki warna yang serupa menjadi transparan dengan satu kali klik. Digunakan untuk mengecat area yang dipilih (selected area) dengan perpaduan banyak warna.

14.

Healing Brush Tool

15.

Color Replacement Tool

16.

Brush Tool

17.

Pencil Tool

18.

Clone Stamp Tool Stamp Tool

19.

20.

History Brush Tool

21.

Art History Tool

22.

Eraser

23.

Background Eraser

24.

Magic Eraser

25.

Gradient Tool

26.

Paint Bucket Tool

Digunakan untuk mengecat area yang dipilih dengan warna foreground atau pola tertentu. Digunakan untuk menghaluskan/ mengaburkan area tertentu pada image. Digunakan untuk menajamkan tertentu pada image. area

27.

Blur Tool

28.

Sharpen Tool

29.

Smudge Tool

Digunakan untuk menggosok/mencoreng area tertentu pada image. Digunakan untuk menerangkan warna di area tertentu pada image. Digunakan untuk menggelapkan warna di area tertentu pada image. Digunakan untuk mengubah saturation di area tertentu pada image. Digunakan untuk melakukan selection path. Digunakan untuk mengubah anchor dan direction point dari path. Digunakan untuk membuat tulisan secara horizontal. Digunakan untuk membuat tulisan secara vertical. Digunakan untuk membuat selection berbentuk tulisan secara horizontal. Digunakan untuk membuat selection berbentuk tulisan secara vertical. Digunakan untuk membuat path dengan lengkung-lengkung yang halus.

30.

Dodge Tool

31.

Burn Tool

32.

Sponge Tool

33.

Path Selection Tool

34.

Direct Selection Tool

35.

Horizontal Type Tool

36.

Vertical Type Tool

37.

Horizontal Type Mask Tool

38.

Vertical Type Mask Tool

39.

Pen Tool

40.

Freeform Pen Tool .

Digunakan untuk berbentuk bebas

membuat

path

41.

Add Anchor Point Tool

Digunakan untuk menambah anchor point pada path. Digunakan untuk menghapus anchor point tertentu pada path. Digunakan untuk mengubah anchor dan direction point tertentu pada path. Digunakan untuk menggambar bentuk segi empat. Digunakan untuk menggambar segi empat melengkung. Digunakan untuk menggambar ellipse.

42.

Delete Anchor Point Tool

43.

Point Tool

44.

Rectangle Tool

45.

Rounded Rectangle Tool

46.

Ellipse Tool

47.

Polygon Tool

Digunakan untuk menggambar polygon.

48.

Line Tool

Digunakan untuk menggambar garis lurus. Digunakan untuk menggambar bentuk tertentu dari daftar bentuk yang dapat dipilih pada option bar. Digunakan untuk membuat catatan pada image. Digunakan untuk membuat suara/audio pada image. Digunakan untuk mengambil warna pada image untuk foreground. sample warna

49.

Custom Shape Tool

50.

Notes Tool

51.

Audio AnnotationTool

52.

Eyedropper Tool

53.

Color Sampler Tool

Digunakan untuk mengambil berbagai sample warna pada image.

54.

Measure Tool

Digunakan untuk mengukur jarak atau sudut pada image. Digunakan untuk menggeser/memindah bidang pandang image di dalam kanvas. Digunakan untuk memperbesar memperkecil tampilan image. atau

55.

Hand Tool

56.

Zoom Tool

FUNGSI ICON PADA ADOBE PHOTOSHOP

1) a. b. c. d.

Rectangle Marquee Tool: untuk membuat seleksi berbentuk persegi. Elliptical Marquee Tool: untuk membuat seleksi berbentuk lingkaran Single Row Marquee Tool: untuk membuat seleksi berbentuk garis horisontal. Single Column Marquee Tool: untuk membuat seleksi berbentuk garis vertikal.

2)a. b. c. Lasso Tool: untuk membuat seleksi secara bebas (handsfree) Polygon Lasso Tool: untuk membuat seleksi secara bebas namun beraturan. Magnetic Lasso Tool: untuk membuat seleksi bebas berdasarkan tingkat kesamaan warna.

3) Magic Wand Tool: untuk membuat seleksi berdasarkan kesamaan warna. 4) Crop Tool : untuk membuang bagian dari image canvas yang tidak digunakan.

5) a. b.

Slice Tool : untuk membuat irisan pada image menjadi beberapa bagaian secara otomatis. Slice Select Tool : untuk memilih salah satu bagian yang telah dibuat menggunakan Slice Tool

6) a. b. c. d.

Healing Brush Tool : untuk memperbaiki bagian image yang cacat, kotor, maupun tergores dengan warna lain dengan cara menduplikasi dari warna atau pola pada bagian lain. Pacth Tool : untuk memperbaiki bagian image yang cacat, kotor, maupun tergores dengan warna lain dengan cara memilih sumber warna/pola pada bagian lain. Spot Healing Brush Tool : tool ini dapat memindahkan noda/cacat secara cepat dan ketidaksempurnaan lain pada gambar. Red Eye Tool Seperti namanya, tool in dapat menghilangkan efek Red eye pada foto Anda.

7)

a. b.

Brush Tool : untuk membuat goresan kuas ketika mewarnai objek. Pencil Tool : untuk membuat garis secara bebas dengan goresan yang menyerupai sebuah pensil.

8) a. b.

Clone Stamp Tool : untuk menggambar dari sampel pada sebuah image Pattern Stamp Tool : untuk menggambar dari bagian atau pola yang telah diambil.

9) a. b.

History Brush Tool : untuk mengembalikan objek pada posisi history tertentu. Art History Brush Tool : untuk mewarnai objek berdasarkan history tertentu.

10) a. b. c.

Eraser Tool : untuk menghapus objek dan dapat mengembalikan objek yang sudah terhapus ke posisi semula. Background Eraser Tool : Untuk menghapus latar belakang (background) agar menjadi trasparan. Magic Eraser Tool : Untuk menghapus warna yang solid dengan cara mengklik sekali pada bagian tertentu.

11) a. Gradient Tool : Untuk mewarnai objek dengan warna gradasi dengan tipe linier, angle, reflected, dan diamond. b. Paint Bucket Tool Untuk mengisi objek dengan warna foreground yang telah dipilih.

12) a. Blur Tool Untuk memperhalus bagian tepi sebuah image. b. Sharpen Tool : Untuk mempertajam bagian tepi sebuah image. c. Smudge Tool : Untuk membuat efek sentuhan jari pada cat basah

13) a. b. c.

Dodge Tool : Untuk memberikan warna terang pada daerah tertentu. Burn Tool : Untuk memberikan warna yang gelap pada daerah tertentu dengan goresan brush. Sponge Tool Untuk meningkatkan saturation pada objek.

14)Pen Tool Untuk membuat path yang dapat digunakan sebagai seleksi maupun alat gambar

15)Hand Tool Untuk memindahkan sebuah gambar bersama-sama dengan windows.

16) Zoom Tool Untuk mengatur tampilan (perbesar atau perkecil) image.

17) Eyedropper Tool Untuk mengambil sampel warna dalam sebuah image.

Pengenalan Dasar Adobe PhotoshopKelebihan Adobe Photoshop: Kelebihan Photoshop dibandingkan dengan para kompetitornya adalah kemampuan mengolah warna yang variatif dan akurat. Warna yang akan dipergunakan dapat dikalibrasikan dengan monitor untuk mencegah kesalahan pencetakan warna pada saat proses printing. Kelebihankelebihan Adobe Photoshop lainnya yaitu: Membuat tulisan dengan effect tertentu.

Photoshop dapat mengubah bentuk tulisan menjadi lebih kreatif dan inovatif dengan tool effect yang ada didalamnya Membuat tekstur dan material yang beragam.

Dengan langkah-langkah tertentu, seorang Desainer dapat membuat gambar misalnya daun, logam, air, dan bermacam gambar lainnya Mengedit foto dan gambar yang sudah ada.

Dengan Photoshop kita dapat merubah gambar kita jelek menjadi bagus ataupun sebaliknya. Selain itu juga Photoshop dapat merubah foto seseorang menjadi sebuah gambar kartun. Atau dalam Design Grafis disebut vector and vexel. Memproses materi Web.

Photoshop juga digunakan untuk keperluan web, misalnya: kompresi file gambar agar ukurannya lebih kecil, memotong gambar kecil-kecil (slice), dan membuat web photo gallery. Dengan Adobe Image Ready, gambar yang sudah ada bisa dibuat untuk keperluan web, misalnya menjadi rollover dan animasi GIF.

Karena memiliki fitur yang lengkap, Photoshop banyak digunakan oleh para fotografer, designer grafis, kartunis, animator, hingga web developer.

Jenis-jenis filter yang disediakan Adobe Photoshop antara lain:

Filter Artistik yang berfungsi untuk memberi kesan artistik pada foto atau objek, Filter blur yaitu untuk mengaburkan atau menciptakan efek kabur pada gambar di kanvas, Filter distort berfungsi untuk menciptakan efek distorsi atau mengubah orientasi foto ataugambar, Filter Texture yang berfungsi untuk membuat kesan tekstur di foto atau gambar.

Berikut ini cara menjalankan program Adobe Photoshop dari Windows XP:

Klik Start, kemudian pilih All Programs, Pilih Adobe Photoshop Sedangkan dari Windows 7, dapat melakukan langkah berikut:

Klik Start, kemudian klik folder berisi paket program Adobe, lalu klik Adobe Photoshop. Atau dapat juga menjalankannya dengan mengklik dua kali shortcut icon Adobe Photoshop di desktop. Fungsi beberapa toolbar Photoshop: Open As berfungsi untuk membuka image secara spesifik dengan format gambar tertentu, New berfungsi untuk membuka image baru, Browse berfungsi untuk melihat dan membuka image dengan thumbnails atau preview, Page setup berfungsi untuk melakukan pengaturan halaman untuk dicetak, File info berfungsi untuk menampilkan dan membuat informasi mengenai image yang sedang dibuka. Submenu yang terdapat di menu Edit yaitu undo yang berfungsi untuk membatalkan perintah terakhir yang dilakukan, step forward yang berfungsi untuk membatalkan perintah undo, mundur selangkah demi selangkah, step backward berfungsi untuk membatalkan perintah selangkah demi selangkah, dan fade yang berfungsi untuk melakukan fade atau mengubah transparansi dari brush tool, seperti eraser. Adjustment berfungsi untuk melakukan beberapa koreksi pada image seperti warna, tingkat kecerahan, dan lain-lain. Submenu ini populer di kalangan fotografer karena fungsinya yang lengkap.

Layer adalah bidang transparan yang dapat diisi image dan berguna apabila kita sering melakukan penyesuaian letak. Semakin banyak image yang terletak pada layer yang berbeda, semakin mudah untuk melakukan penyesuaian letak, namun hal ini berimbas pada ukuran file dan handling yang semakin besar pula sehingga kita harus memiliki ruang penyimpanan dan memori yang besar. Last Filter berfungsi untuk melakukan kembali proses filter yang terakhir dilakukan. Prof color berfungsi untuk menampilkan atau menyembunyikan Working Color yang ada pada submenu Proof setup

Pengenalan Antarmuka Adobe Photoshop CS5Sebelum mempelajari tentang Adobe Photoshop CS5 ada baiknya kita lebih dahulu mengenal tentang interface-nya (antarmuka). Di bawah ini adalah tampilan yang pertama kali kita lihat ketika sudah membuka program Adobe Photoshop CS5.

Akan saya jelaskan satu persatu mengenai masing-masing fungsi dari icon-icon yang ada di Adobe Photoshop CS5. A. Menu bar.

Gambar di atas adalah menu bar, dan yang ditandai adalah menu tool. Pada menu tool terdapat opsi-opsi yang tersedia untuk tool yang sedang aktif. Berikut akan dijelaskan fungsi masingmasing icon dari menu bar.Icon ini berfungsi untuk memanggil Adobe Bridge. Icon ini berfungsi untuk memanggil Adobe Mini Bridge. Icon ini berfungsi untuk mengatur tampilan extra dari Photoshop, seperti show guide (menampilkan garis pemandu), show grids (menampilkan grids), dan show ruler (menampilkan penggaris). Icon ini berfungsi untuk menampilkan tingkat zoom yang sedang aktif dan juga untuk mengatur tingkat zoom. Icon ini berfungsi untuk mengatur tampilan dan posisi dari semua dokumen-dokumen yang telah dibuka.

Icon ini berfungsi untuk mengatur mode tampilan layar di monitor.

Icon-icon ini berfungsi untuk mengatur workspace (ruang kerja) kita di Photoshop.

Icon ini berfungsi untuk mengatur layanan Adobe Creative Suite, untuk mendaftar dan mengatur layanan-layanan online yang disediakan oleh Adobe (hanya untuk orang-orang yang telah membeli Adobe Creative Suite yang Asli bukan yang bajakan).

Icon-icon ini adalah icon standar windows, minimize, maximize dan exit. B. Tools Ada satu hal yang perlu diperhatikan, bahwa ada sebagian tools yang jika diklik tahan akan keluar menu baru berupa tools yang fungsinya mirip dengan tools yang diklik tahan. Jika salah satu tool di menu tambahan itu diklik, maka tools tersebutlah yang akan aktif menggantikan tools yang diklik tahan. Dengan demikian jika kita menggunakan keyboard shortcut, maka yang akan aktif adalah tool yang menggantikannya.Move Tool. Keyboard shortcut = V. Digunakan untuk memindah objekobjek (layer) yang ada di Photoshop. Rectangle Marquee Tool. Keyboard shortcut = M. Digunakan untuk membuat seleksi berbentuk persegi. Elips Marquee Tool. Keyboard shortcut = M. Digunakan untuk membuat seleksi berbentuk elips. Single Row Marquee. Keyboard shortcut = M. Digunakan untuk membuat seleksi 1 garis horizontal. Single Column Marquee. Keyboard shortcut = M. Digunakan untuk membuat seleksi 1 garis vertikal. Lasso Tool. Keyboard shortcut = L. Digunakan untuk membuat seleksi dengan cara mengikat seperti lasso. Klik tahan untuk mulai mengikat,

lepas untuk menutup seleksi tersebut. Polygonal Lasso Tool. Keyboard shortcut = L. Hampir sama dengan Lasso Tool, perbedaannya terletak pada bentuk seleksinya. Klik sekali untuk memulai dan lanjutkan mengklik sebanyak diperlukan, lalu klik pada awal seleksi atau klik dua kalik untuk menutupnya. Magnetic Lasso Tool. Keyboard shortcut = L. Hampir sama dengan Lasso tool. Seleksi yang kita buat bantu oleh Photoshop dengan menggunakan kekontrasan warna pada layer aktif atau dokumen. Quick Selection Tool. Keyboard shortcut = W. Penyeleksian otomatis dengan menggunakan panduan brush. Magic Wand Tool. Keyboard shortcut = W. Penyeleksian otomatis dengan menggunakan panduan kesamaan warna pixel yang berhubungan. Crop Tool. Keyboard shortcut = C. Digunakan untuk meng-crop ukuran gambar. Slice Tool. Keyboard shortcut = C. Digunakan untuk memotong gambar yang akan dipersiapkan untuk desain web. Slice Select Tool. Keyboard shortcut = C. Digunakan untuk mengatur gambar yang telah dipotong (slice). Eyedropper Tool. Keyboard shortcut = I. Digunakan untuk mengambil sampel warna pada gambar dan melihat rumus warnanya. Color Sampler Tool. Keyboard shortcut = I. Digunakan untuk mengambil sampel warna pada gambar, melihat rumus warnanya, dan menyimpan sementara rumus warna itu sampai 4 kali. Ruler Tool. Keyboard shortcut = I. Digunakan untuk mengukur jarak antara dua titik. Note Tool. Keyboard shortcut = I. Digunakan untuk menambah catatan pada file gambar. Count Tool. Keyboard shortcut = I. Digunakan untuk menandai dan

menghitung. Spot Healing Brush Tool. Keyboard shortcut = J. Digunakan untuk meretouch gambar secara otomatis pada spot yang dipilih. Healing Brush Tool. Keyboard shortcut = J. Digunakan untuk meretouch gambar secara otomatis dengan terlebih dahulu mengambil sampel polanya pada bagian yang lain. Patch Tool. Keyboard shortcut = J. Digunakan untuk me-retouch gambar dengan terlebih dahulu menseleksi tujuan atau asal dari pola yang akan diklon. Red Eye Tool. Keyboard shortcut = J. Digunakan untuk memperbaiki efek mata merah pada gambar yang biasanya terjadi pada foto-foto yang diambil oleh kamera digital. Brush Tool. Keyboard shortcut = B. Untuk membuat goresan kuas pada gambar. Pencil Tool. Keyboard shortcut = B. Untuk membuat goresan pensil pada gambar. Color Replacement Tool. Keyboard shortcut = B. Untuk mengganti warna tanpa merubah pola gambar. Mixer Brush Tool. Keyboard shortcut = B. Untuk memadukan warna. Clone Stamp Tool. Keyboard shortcut = S. Untuk mengklon pola gambar sekaligus warnanya. Patern Stamp Tool. Keyboard shortcut = S. Untuk membuat stempel pola. History Brush Tool. Keyboard shortcut = Y. Untuk mengembalikan ke keadaan semula keadaan gambar yang telah dirubah. Art History Brush Tool. Keyboard shortcut = Y. Untuk mengembalikan ke keadaan semula keadaan gambar yang telah dirubah ditambah efek tertentu.

Brush Tool. Keyboard shortcut = E. Untuk menghapus atau bisa juga membuat goresan warna background. Background Eraser Tool. Keyboard shortcut = E. Untuk menghapus, tool benar-benar menghapus layer hingga menjadi bolong. Magic Eraser Tool. Keyboard shortcut = E. Untuk menghapus, seperti Background Eraser Tool, tetapi dengan tambahan kemampuan Magic Wand Tool. Gradient Tool. Keyboard shortcut = G. Untuk membuat gradasi. Paint Bucket Tool. Keyboard shortcut = G. Untuk mengisi suatu warna pada satu layer. Blur Tool. Untuk mengaburkan (blur) gambar. Sharpen Tool. Untuk menajamkan gambar. Smudge Tool. Untuk membuat smudge pada gambar. Dodge Tool. Keyboad shortcut = O. Untuk memutihkan gambar. Burn Tool. Keyboard shortcut = O. Untuk membakar atau menghitamkan gambar. Sponge Tool. Keyboard shortcut = O. Untuk menghilangkan dan mempertajam warna. Pen Tool. Keyboard shortcut = O. Untuk membuat path dengan menyambungkan anchor point dan node. Frerform Tool. Keyboard shortcut = O. Untuk membuat path dengan bebas. Add Anchor Point Tool. Untuk menambah anchor point pada path. Delete Anchor Point Tool. Untuk menghapus anchor point pada path. Convert Point Tool. Untuk merubah anchor point.

Horizontal Type Tool. Keyboard shortcut = T. Untuk membuat teks horizontal Vertical Type Tool. Keyboard shortcut = T. Untuk membuat teks vertikal. Horizontal Type Mask Tool. Keyboard shortcut = T. Untuk membuat seleksi dengan menggunakan teks secara horizontal. Vertical Type Mask Tool. Keyboard shortcut = T. Untuk membuat seleksi dengan menggunakan teks secara vertikal. Path Selection Tool. Keyboard shortcut = A. Untuk memilih dan memindahkan path. Direct Selection Tool. Keyboard shortcut = A. Untuk memilih dan memindahkan anchor point. 3D Object Rotate Tool. Keyboard shortcut = K. Untuk memutar object 3D. 3D Object Roll Tool. Keyboard shortcut = K. Untuk memutar object 3D. 3D Object Pan Tool. Keyboard shortcut = K. Untuk menggeser object 3D. 3D Object Slide Tool. Keyboard shortcut = K. Untuk menggeser object 3D. 3D Object Scale Tool. Keyboard shortcut = K. Untuk memperbesar dan memperkecil object 3D. 3D Rotate Camera Tool. Keyboard shortcut = N. Untuk memutar sudut pandang camera 3D. 3D Roll Camera Tool. Keyboard shortcut = N. Untuk memutar sudut pandang camera 3D. 3D Pan Camera Tool. Keyboard shortcut = N. Untuk menggeser sudut pandang camera 3D.

3D Walk Camera Tool. Keyboard shortcut = N. Untuk menggeser sudut pandang camera 3D. 3D Zoom Camera Tool. Keyboard shortcut = N. Untuk merubah zoom sudut pandang camera 3D. Hand Tool. Keyboard shortcut = H. Untuk menggeser layar. Rotate View Tool. Keyboard shortcut = R. Untuk memutar layar. Zoom Tool. Keyboard shortcut = Z. Untuk merubah zoom layar. Di sebelah kiri: merubah kembali warna foreground dan background menjadi warna default. Di sebelah kanan: Menukar warna foreground menjadi background dan sebaliknya Merubah warna foreground dan background.

Mengaktifkan Quick Mask Tool.

Ada beberapa tool yang hanya bisa aktif jika kartu VGA anda memiliki driver OpenGL yang sesuai dengan Adobe Photoshop CS5. Catatan: Masih ada tool-tool lain selain yang disebutkan di atas, tool-tool tersebut timbul atau tersembunyi, tergantung pada workspace yang anda pilih.