ftp.unpad.ac.id .REPUBLIKA MAHAKA MEDIA NOMOR 216 / TAHUN KE-18 RABU, 18 AGUSTUS 2010 8 RAMADHAN

download ftp.unpad.ac.id .REPUBLIKA MAHAKA MEDIA NOMOR 216 / TAHUN KE-18 RABU, 18 AGUSTUS 2010 8 RAMADHAN

of 28

  • date post

    12-Jul-2019
  • Category

    Documents

  • view

    278
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of ftp.unpad.ac.id .REPUBLIKA MAHAKA MEDIA NOMOR 216 / TAHUN KE-18 RABU, 18 AGUSTUS 2010 8 RAMADHAN

  • REPUBLIKAwww.republika.co.id

    MAHAKA MEDIA

    NOMOR 216 / TAHUN KE-18

    RABU, 18 AGUSTUS 2010 8 RAMADHAN 1431 H

    Rp 2.900 / 28 HalamanLUAR P JAWA Rp 4.000 DITAMBAH ONGKOS KIRIM

    IKLAN: Telp: 021 791 84744, Faks: 021 798 1169,e-mail: iklan@republika co.id

    SIRKULASI: Telp 021 791 84746 Faks: 021 79198442 e-mail: sirkulasi@republika co.id

    Tetap Sehatdi Bulan PenuhRahmat

    Oleh Briliantono M Soenarwo

    hikmah M akanan yang masuk kedalam perut kita, tidak-lah masuk begitu saja,meskipun sudah dikunyah ter-lebih dahulu di mulut. Ia meng -alami proses yang panjang,rumit, dan memerlukan waktuyang tidak sebentar. Lam bungkita memerlukan waktu sedikit-nya enam jam untuk mencernamakanan sampai halus.

    Setelah itu, makanan ini d i - kirim ke usus halus sedikit demisedikit, sampai akhirnya lam-bung benar-benar kosong. Didalam usus halus, makananmeng alami proses pencernaanlagi selama kurang lebih empatjam sehingga makanan ini be nar-benar bisa diserap oleh da rah.

    Itu artinya, sejak masuk ke da -lam mulut, sampai makan an itudiserap oleh darah, me merlukanwaktu lebih kurang 10 jam.

    Subhanallah, itulah sebab-nya mengapa Rasulullah SAWselalu mengunyah sampaihalus makanan yang masuk kedalam mulutnya. Hal itu bertu-juan untuk meringankan kerjalambung dan organ-organpencernaan lainnya.

    Melihat kerja organ-organpencernaan yang demikianberat, kita patut bersyukur,Allah SWT mewajibkan kitaberpuasa sepanjang bulanRamadhan. Dengan kewajibanitu, seakan-akan Allah mewa-jibkan kita tetap sehat. Sebab,

    selama kurang lebih 15 jamkita puasa, organ-organ pencer-naan akan mendapat istirahattotal, kurang lebih lima jam.

    Puasa yang dilaksanakansecara benar, tidak hanya akanmenyehatkan organ-organpencernaan, tetapi juga sistemsyaraf pusat, menormalisasimetabolisme tubuh, membuangracun dan zat-zat kimia yangbisa membahayakan tubuh,serta menghilangkan lemakyang tidak dibutuhkan.

    Hanya yang perlu diper-hatikan adalah setiap mukminhendaknya tetap menjaga danmengendalikan nafsu makansaat berbuka dan sahur. Sebab,setelah 15 jam lambung tidak

    kemasukan makanan, lalusecara tiba-tiba dibebani tugasberat, akibatnya bisa bahaya.

    Ketika waktu berbuka tiba,segeralah berbuka, terutamadengan yang manis-manis. Tapi,jangan berlebihan, yang pentingsudah cukup menghilangkanhaus agar saat shalat Maghribtidak kepayahan. Bila inginmakan berat, sebaiknya setelahtarawih. Itu pun tetap janganberlebihan. Karena, setelah itukita tidur dan beberapa jamkemudian makan sahur. Seba gaicatatan, sahur, meskipun hanyadengan seteguk air, harus tetapdilaksanakan karena di dalam-nya ada keberkahan. (Mutta -faqun alaih).

    Bagi yang tidak mempunyaikebiasaan olahraga rutin danteratur, sebaiknya janganmemaksakan diri berolahragasaat sedang berpuasa, kecualisekadarnya. Olahraga yang baikadalah berjalan kaki, untukmem bakar kalori. Tak perlu la -ma, cukup sampai berkeringat.

    Tapi, sesungguhnya, shalattarawih yang kita laksanakan bi -sa menjadi sarana relaksasi bagitubuh dan tulang asalkan tidaktergesa-gesa dilaksanakan. San -tai saja. Dengan demikian, tubuhbisa merasakan gerak yang rit-mis dan tulang mengalamitekanan, kemampatan, dan pere-gangan yang bisa memperlancarsirkulasi darah. Wallahu alam.

    Andri Saubani,Palupi Annisa Auliani

    DPR menilai kemiskinan di sejumlah provinsisudah gawat.

    JAKARTA Pidato ru -tin Presiden Susilo Bam -bang Yu dho yono (SBY) ter -kait Nota Ke uangan danRAPBN 2011 di depanDPR pada Senin (16/8)mendapat beragam tang-gapan. Ada yang menilaiisi pidato itu cukup baik.Namun, ada pula yang me -nilai pidato itu belum bisa mem-bangkitkan harapan masyarakat untukkehidupan yang lebih baik.

    Itu pidato rutin sehingga banyakcerita keberhasilan. Sayangnya, tidakterlihat ada nya terobosan menanganima salah-masalah riil di masya rakat,kata Guru Besar Komu nikasi UI, IbnuHamad, Selasa (17/8).

    Ia menjelaskan, pidato Pre sidenmemiliki beragam isu yang dikemasmenjadi satu. Ibnu menilai, dalammembungkus aneka isu itu, Presidentampak kesulitan menempatkan isu kepemim pin an mengelola harapanmasya ra kat.

    Pernyataan-pernyataan seperti apa

    masalah bang -sa, mau dibawa ke

    ma na bangsa ini, dankepemim pinan un tuk

    menye lesaikan ma salah ti -dak terlihat. Jus tru, jadinya

    pidato biasa, katanya. Pengamat ekonomi IPB, Iman Su -

    gema, menambahkan, pidato ekonomiPresiden sela ma lebih dari 60 menit ituter kesan datar. Tidak terlihat fo kus-nya, kata Iman. Hal ini ia sayangkankarena pidato Pre siden harusnya bisamenciptakan optimisme di masyara -kat. Minimal ada harapan di masya -rakat kalau satu tahun ke depan hidupmereka akan lebih baik.

    Memang Presiden SBY sempatmenyinggung sejumlah prioritas pem-bangunan seperti infrastruktur, meng-gerakkan sektor riil dan keuangan,reformasi birokrasi, dan menurun kan

    tingkat kemiskinan serta peng -anggur an. Namun, kata dia, tak ter-lihat ke si nam bungan antarprioritas.

    Jadinya, terasa pidato itu guntingtempel dari sana-sini. Tidak nyam-bung, katanya.

    Presiden SBY pada Senin (16/8) didepan DPR dan DPD menjabarkanketerangan pe me rintah atas RAPBN2011 dan Nota Keuangan. Presidenmem buka pidato dengan mengga -risbawahi masalah harga-harga bahanpokok dan nilai tukar rupiah. MenurutPresiden, perkembangan inflasi didalam negeri harus diwaspadai.Pemerintah akan melakukan operasipasar, menjaga kecu kupan pasokan danke ter sediaan barang, meng amankan

    stok di daerah, men jaga kelancarandistrib usi barang.

    Ketum PDIP, Me gawati Soe -karno pu tri, mengkritik

    pi dato Presiden de nganmengata kan, Ba nyakper masalahan yangjustru tidak diucap-kan. Se perti in sidenter kini Indo nesia-Ma laysia, marak -nya le dak an elpiji,dan reformasi po -litik.

    Politikus FraksiPPP, Roma hur mu -ziy, memberi nilaitujuh bagi pidatoSBY. Anggota DPRdari FPKS AndiRah mat berpenda -pat, tar get pertum-

    buhan adalah ang ka aman.Ada rally di pasar mo dal dan

    investasi. Kalau bisa mengenda-likan, ekonomi bisa mencapai 7,7

    persen, katanya. Sementara itu,Ketua DPR Mar zuki Alie menilai,

    kemiskinan di Pa pua, Papua Barat,Ma luku, Gorontalo, NTT, dan NTT su -dah turun-temu run. Ia me minta pe -merintah tidak me na ngani ma salah ke - miskinan ini dengan pro gram dankegiatan yang tidak menyeluruh.

    indira rezkisari/yasmina hasni/m ikhsan shiddieqy/teguh firmansyah ed: stevy maradona

    Fitriyan Zamzami,M Ikhsan Shiddieqy

    Sambil terus menghisaprokok di salah satuhotel berbintang diKawasan Jodoh, PulauBatam, Happy Simanjuntaksetengah berseloroh mengisah -kan kegeramannya terhadapPolis Diraja Malaysia. Untungwaktu itu saya tidak pegang sen-jata, kata Direktur PengawasanSumber Daya Perikanan Kemen -

    terian Per ikanan dan Kelautan(KKP) itu.

    Bermula dari laporan wargaPulau Bintan, Kepulauan Riau,yang melihat lima kapal nelayanasing memasuki perairan Indo -nesia. Tak memedulikan ombakyang sedang tinggi, Jumat(13/8) malam, enam petugasSatuan Kerja Pengawasan DinasKelautan dan Perikanan (DKP)Kepulauan Riau berlayar menujuperairan Tanjung Berakit, Bintan.Mereka hanya bermodal kapalkecil Dolphin 015 yang pan-

    jangnya enam meter.Lima kapal nelayan Malaysia

    beserta 15 awaknya ditangkap.Tujuh nelayan dipindahkan kekapal Dolphin, sementara tigapetugas DKP pindah ke kapalnelayan. Ketika berlayar keBatam, iring-iringan itu dicegatkapal Polis Marin Malaysia(PMM). Meletus dua tembakanperingatan dari kapal PMM.Kapal Dolphin tak bersenjata ituakhirnya memilih kabur. KapalPMM berhasil merampas kem-bali lima kapal nelayan Malaysia

    beserta tiga petugas DKP diatasnya. Kapal Dolphin berhasilpulang ke Batam beserta tujuhnelayan Malaysia.

    Kedua negara pun geger. Ber -sama Joko Nugroho Aji, DirekturPenanganan Pelanggaran diDirektorat jenderal PengawasanKKP, Happy langsung bertolakke Johor, Malaysia. Kisah pem-bebasan Asriadi (40 tahun),Erwan (37), dan Seivo GrevoWewengkang (26), tiga petugasDKP yang ditahan pun dimulai.

    Ahad (15/8), Happy berkun-

    jung ke Balai Polis (setingkatPolres) di Kota Tinggi, Johor,tempat ketiga petugas DKP ditahan. Tujuannya hanya satu,membawa pulang anak buahnyake Indonesia. Dengan berbagaialasan mereka tidak maumelepaskan. Tapi tetap sayatunggui di kantor polisinya. Tidakakan pulang kalau mereka tidaksaya bawa, kata Happy berapi-api.

    Menjemput Para Pemberani

    Bersambung ke hlm 11 kol 1-7

    Ramadhan, Bulan Penuh Berkah

    rehatPidato SBY banyak pakai bahasa InggrisDibuat di Washington kayaknya nih

    Jakarta banjir lagiAhlinya bohong terus

    Imsak 04.32Subuh 04.42Zuhur 11.59Ashar 15.20Maghrib 17.57Isya 19.07

    JadwalImsakiyah

    Kasihilah anak yatim,niscaya kamu akan dikasihi

    manusia.

    (HR Ibnu Khuzaimah)

    MutiaraRamadhan

    Subsidi Pupuk BerkurangBisnis Hlm 14

    Pengusaha Tolak TDL Naik LagiEkonomi&Bisnis Hlm 13

    SBY: Perkuat PresidensialPolitik Hlm 3

    Sepak Bola Hlm 8

    Timnas Terancam tidakIkut SEA Games

    Tim Nasional SepakBola Indonesia ter-ancam tak bisa ikutSEA Games 2011gara-gara KetumPSSI, Nurdin Halid,pernah tersangkutpidana dan dipen-jara.

    Bandung -3 Mnt,Yogyakarta -14 Mnt,Semarang -14 Mnt,

    Surabaya -24 Mnt,Jambi + 13 Mnt, Padang +26 Mnt, Medan +33 Mnt.

    Makassar +8 Mnt.

    Pidato tak Beri HarapanNilai tukar rupiah Rp 9.300 per dolar AS

    Pertumbuhan ekonomi mencapai 6,3 persen

    Menargetkan penerimaan perpajakan Rp 839,5 triliun,

    Anggaran belanja modal Rp 121,7 triliun

    Jumlah penduduk miskin diturunkan menjadi 11,5-12,5 persen

    Menaikkan gaji pokok PNS/TNI/Polri rata-rata 10 persen

    Menaikkan pendapatan guru

    Anggaran subsidi menjadi Rp 184,8 triliun

    Anggaran reformasi birokrasi Rp 1,4 triliun

    Membayar bunga utang dalam negeri Rp 80,4 triliun dan bunga

    utang luar negeri Rp 36 triliun

    Menurun