FST Magazine 2013

28

description

FST Magazine merupakan majalah yang diterbitkan oleh Forum Studi Teknik Universitas Dipoegoro | www.fst.undip.ac.id

Transcript of FST Magazine 2013

Page 1: FST Magazine 2013
Page 2: FST Magazine 2013
Page 3: FST Magazine 2013

Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Alhamdulillahirabbil'alamiin Puji Syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa

karena dengan rahmat, nikmat serta inayah-Nya tim redaksi FST MAGAZINE kembali mengeluarkan sebuah

majalah edisi II ditahun 2013. Mungkin bagi yang belum mengenal apa itu FST ? Ini dia perkenalan singkat, FST

merupakan singkatan dari Forum Studi Teknik, yaitu sebuah biro dibawah naungan Fakultas Teknik Undip yang

berdiri sejak 24 Desember 2004.

Dalam kesempatan ini tim redaksi kembali menerbitkan FST MAGAZINE edisi II 2013. Dalam edisi kali

ini tim redaksi mengangkat sebuah tema tentang ENERGI, yang akan mengupas segala sesuatu yang berkaitan

dengan energi di dunia ini. Segenap Tim Redaksi mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah

membantu dalam penyusunan serta pernerbitan FST MAGAZINE edisi ini. Tim redaksi juga mengucapkan mohon

maaf apabila dalam pembuatan FST MAGAZINE kali ini masih jauh dari kesempurnaan. Hal yang menjadi harapan

kuat untuk redaksi melangkah, menyajikan segala informasi berkaitan dengan energi namun masih jauh dari

kesempurnaan. Harapan besar tim redaksi semoga FST MAGAZINE ini dapat memberikan manfaat, baik menjadi

referensi maupun pengetahuan bagi pembaca.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kadept : Fajaryan Wijananto Litbang Media : Khanata J Sumasita Pimpinan Redaksi : Lenny Widywati Wakil Pimpinan Redaksi : M. Wahyu Priadi Reproter : Nurhali, Nandar Suwanto, M.Asrofi Cover Design : M.Arif Widyoadi Layouter & Editor: M.Arif Widyoadi, Panji Pradana, Finasia Sakina H Sekretaris : Finasia Sakina H Sponsorship: Aditya Dhani, Ratna helida Publikasi : Ageng Piandel, Hadianto Kuncoro D Percetakan : Bagus Panuntun

Page 4: FST Magazine 2013

Listrik 2000 tahun yang lalu

Listrik : Fenomena dan Asal mulaListrik adalah istilah umum yang mencakup berbagai fenomena yang dihasilkan dari kehadiran dan aliran muatan listrik. Ini termasuk gejala mudah dikenali, seperti petir, listrik statis, dan aliran arus listrik dalam sebuah kawat listrik. Selain itu, listrik mencakup konsep kurang dikenal seperti medan elektromagnetik dan induksi elektromagnetik. Kata ini dari new latin electricus, "ambar-seperti ", diciptakan pada tahun 1600 dari λεκτρον yunani (elektron) berarti amber (resin tanaman mengeras), karena efek listrik statis yang diproduksi klasikal oleh amber gosok.Fenomena listrik telah dipelajari sejak jaman dahulu, meskipun kemajuan dalam ilmu pengetahuan tidak dibuat hingga abad ketujuh belas dan kedelapan belas. Aplikasi praktis untuk listrik namun beberapa tetap, dan tidak akan terjadi sampai akhir abad kesembilan belas yang insinyur mampu memanfaatkannya industri dan perumahan. Ekspansi yang cepat dalam teknologi listrik saat ini mengubah industri dan masyarakat. Fleksibilitas luar biasa listrik sebagai sumber energi berarti dapat dimasukkan ke set hampir

tak terbatas dari aplikasi yang meliputi transportasi, pemanas, penerangan, komunikasi, dan komputasi. Daya listrik adalah tulang punggung masyarakat industri modern, dan diharapkan tetap demikian untuk masa yang akan datang.Sebuah penggalian 1936 dari beberapa reruntuhan 2000-tahun-tua di sebuah desa kuno Baghdad digali vas tanah liat kecil berwarna kuning sekitar 6 inci tingginya. Ini memiliki lapisan tembaga-lembar silinder di dalamnya yang diukur 5 x 1,5 inci. Bahan solder (kemungkinanbesar timah dan timah) digunakan di tepi atas silinder ini misterius, bantalan afinitas luar biasa untuk paduan solder modern. Sebuah menekan-in disk tembaga di dasar silinder ini ditutup dengan aspa. Lapisan aspal yang sama juga ditemukan di ujung atas sebuah batang besi, bantalan tanda korosi asam dimasukkan dalam silinder

Page 5: FST Magazine 2013

Pada tahun 1970, para peneliti Mesir Jerman Arne Eggebrecht mengikuti jejak Gray. Ia menggantikan solusi tembaga sulfat dengan jus anggur segar untuk menghasilkan sekitar 0.87V listrik untuk penyepuhan emas patung perak.Percobaan ini dibuktikan tanpa keraguan bahwa 1.800 tahun peradaban tua itu tahu bagaimana cara untuk menghasilkan dan memanfaatkan listrik melalui agen asam

Paulus Keyser mengisyaratkan bahwa sengatan listrik ringan yang dihasilkan dengan menggunakan batang besi dalam cuka digunakan oleh dukun atau imam untuk elektro-akupuntur. Hal ini juga bisa menjadi trik untuk menciptakan rasa kagum antara pengikut oleh electrifying patung logam dari Allah.

Gambar-Gambar Peninggalan Kuil Dendra Tentang Gambaran Listrik Jaman Dahulu

Page 6: FST Magazine 2013

EVVY KARTINIPenemu Penghantar Listrik Berbahan Gelas

Di kalangan internasional, Dr. Evvy Kartini memiliki reputasi terhormat. Ia dikenal sebagai ilmuwan penemu penghantar listrik berbahan gelas dengan teknik hamburan netron yang berdaya hantar sepuluh ribu kali lipat dari bahansebelumnya. Penemuannya itu membuka peluangproduksi baterai mikro isi ulang. Material kaca yang lebih elastis, secara logika bisa dibentuk semungil dan setipis mungkin. Revolusi baterai pun di depan mata. Baterai tidak lagi identikberpenghantar elektrolit cair.

Sebelum menemukan bahan-bahan gelas berpenghantar listrik superionik, dibutuhkan percobaan mahal. Inilah yang sempat membuatnya hampir putus asa. Biaya dan fasilitas penelitian di Indonesia, termasuk Batan, tidak memungkinkannya. Beruntung, Evvy, penerima penghargaan Indonesia Toray Science Foundation/ITSF 2004 ini bukanlah tipe yang mudah putus asa.

Dikirimkannya proposal itu ke lembaga penelitian di Kanada.Ketertarikan sarjana Fisika lulusan ITB itu terhadap pengembangan material gelas berawal pada saat ia magang di Hahn Meitner Institute (HMI) di Berlin, Jerman, 1990. Ia dibimbing ahli hamburan netron Prof Dr Ferenc Mezei.

Karier penelitiannya dimulai saat menyelesaikan S2-nya di Universitas Teknik Berlin. Ia berhasil menemukan model baru difusi dalam material gelas. Penemuan itu dipresentasikan pada Konferensi Internasional Hamburan Netron (ICNS) Jepang. Maka namanya mulai tercatat dalam jurnal penelitian internasional bergengsi seperti Physica B (1994)

TOKOH

Continue

Sejak itu, tawaran presentasi dan konferensi mengalir deras.Ia pun mulai berkolaborasi dengan profesor dari Organisasi Sains dan Teknologi Nuklir Australia (ANSTO). Profesor itulah yang membuka jalan untuk berkolaborasi dengan banyak profesor lain di negara maju.

Penelitian tentang bahan-bahan superionik berbahan gelas ia mulai tahun 1996, sepulang dari Jerman. Ia sempat frustrasi karena terbatasnya fasilitas, tetapi tetap tekun menyiapkan eksperimen, seperti difraksi Sinar X dan pengukuran suhu serta konduktivitasnya, untuk dikirim ke Chalk River Laboratory, Kanada.

Tahun 1998 ia menerima penghargaan Riset Unggulan Terpadu (RUT) VI dari Kementerian Negara Riset dan Teknologi atas penelitiannya berjudul "Sintesa dan Karakterisasi Bahan- bahan Gelas Superionik (AgI)x(AgPO3)1-x". Tahun itu juga, ia menerima tawaran program postdoctoral di Kanada.

Page 7: FST Magazine 2013

Sungguh kebetulan. Ia tidak perlu menyupervisi contoh yang akan dieksperimendi Kanada. Bersama Prof Dr MF Collins, ia mencoba memahami mekanisme konduksi dari bahan gelas bersifat superionik dan mengamati ketergantungan suhu bahan-bahan superionik.

Saat itu pula ia mulai berkolaborasi dengan para profesor peneliti netron dari Jepang dan Inggris, negara-negara terkemuka dalam penelitian netron. Kolaborasi menghasilkan fenomena dinamika ion dalam bahan-bahangelas. Penemuan besar yang dicari para ilmuwan dari berbagai belahan dunia.

Dalam tempo dua tahun, 1998-2000, namanya tercatat di sepuluh jurnal bergengsi sebagai peneliti utama. Selain tercatat di jurnal Physica B, Evvy juga menulis buku Solid State Ionics (2001) bersama profesor dari Jepang.

Di tengah kepopulerannya di kalangan fisikawan negara maju, dan berbagai bujukan dengan segala fasilitas untuk berkiprah di luar negri, namun istri Dr Ir Pratondo Busono (Kepala Bidang Instrumentasi Kedokteran BPPT) mengatakan tetap ingin bertahan di Indonesia.Ia mengaku masih ingin bebas meneliti dan memberikan ilmunya untuk kemajuan negeri ini.

Page 8: FST Magazine 2013

Kondisi Energi di Indonesia Dulu dan Sekarang

Pertambangan minyak lepas pantai

Indonesia dan energi adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Sumber daya yang melimpah ditanah nusantara membuat Indonesia mampu mengolah sumber energi dari alam untuk dijadikan bahan bakar, penghasil listrik dan pemenuh kebutuhan lainnya. Namun, jelas perlu disadari bahwa energi yang diambil dari fosil secara terus – menerus tanpa adanya pembaharuan dalam beberapa puluh tahun kedepan dapat mengakibatkan menipisnya sumber energi tersebut. Lalu, jika sumber energi tersebut habis darimana Indonesia mendapatkan sumber energi baru ? Berawal dari pemikiran tentang pencarian solusi pembaharuan energi dalam menunjang kebutuhan sehari-hari maka puluhan bahkan ratusan orang didunia mulai untuk menyumbangkan ide dan pikirannya dalam mencarikan solusi bagi masalah tersebut.

Begitu juga dengan Indonesia, hal tersebut tidak jauh berbeda dengan orang-orang dibelahan dunia lainnya. Mengapa ? mulai disadari bahwa kondisi energi di Indonesia pada tahun-tahunsebelumnya dapat mencukupi kebutuhan.

Tetapi saat ini yang terjadi, malah sumberenergi semakin menipis dan jika terus dibiarkan tanpa ada penyelesaian bukan tidakmungkin Indonesia akan kehilangan sumber energinya sebagai pemenuh kebutuhan. Salah satu contohnya Indonesia yang dahulu berperan sebagai pengekspor minyak, sekarang telah mutlak menjadi importir minyak. Sejak 2008, Indonesia telah keluar dari keanggotaannya di OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries).

Produksi minyak Indonesia sempat menyentuh sekitar 1 juta barel per hari, sekarang tinggal sekitar 800 ribu barel per hari. Selain itu pada 1977, Indonesia pernah mencapai produk minyak tertinggi yaitu 1,68 juta barel per hari.

Continue

Belakangan ini heboh tentang subsidi BBM yang mengundang pro-kontra dikalangan masyarakat dan pemerintah terjadi hampir di seluruh pelosok tanah air. Bahkan salah satu fakta lain yang terjadi adalah ketika harga minyak dunia naik, kita ikut kalang kabut.

Padahal sebenarnya Indonesia bisa mandiri dalam bidang energi atau dengan kata lain dapat mencapai kedaulatan energi yaitu kondisi dimana kebutuhan energi dalam negeri cukup dan tidak berpengaruh terhadap kondisi luar negeri.

Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini, Indonesia mencoba membenahi diri untuk bisa menyelesaikan masalah energi. Ini menjadi pekerjaan rumah bersama, bukan hanya pemerintah tetapi seluruh kalangan masyarakat. Dari mulai mahasiswa,pelajar sekolah, bahkan warga biasa mulai mencari solusi bersama.

Page 9: FST Magazine 2013

Gerakan kampanye,lomba-lomba mulai mengangkat temamengenai pembaharuan kondisi energi Indonesia. Pemerintah sudahwaktunya untuk lebih serius dan konsisten mengembangkan beragam potensi sumber energi alternatif yang dimiliki Indonesia, seperti panas bumi, biofuel, biomassa, tenaga angin, panas matahari, dan arus laut.

Dengan demikian, dalam jangka panjang, Indonesia bisa menghilangkan kebergantungan pada impor energi, terutama minyak fosil, yang sangat memboroskan devisa dan menjadi sumber defisit perdagangan.

Ke depan, konsumsi energi di Indonesia dan dunia diperkirakan terus meningkat. Jika pada 2010 konsumsi energi dunia 12 miliar ton setara minyak, pada 2030 permintaan energi secaraglobal diprediksi menembus 16,6 miliar ton setara minyak dengan porsi minyak dan batu baraterbesar di antara sumber energi lain.

Sejauh ini, cadangan minyak terbukti nasional terus terkuras. Pada 2012, rasio cadangan minyak terhadap produksi hanya 52 persen. Padahal, semestinya setiap produksi 1 barel minyak digantikan temuan cadangan minyak dengan jumlah sama.

Namun seiring mulai banyaknya upaya yang dilakukan untuk pemberdayaan energi alternatif agar dapat menjadi sumber energi dan keseriusan pemerintah untuk mengolah sumber energi alternatif tersebut kedepannyaIndonesia tidak perlu merasa khawatir.

Mengapa ? Sebab Cadangan energi panas bumi Indonesia termasuk yang terbesar di dunia. Demikian juga dengan energi panas matahari yang berlimpah.

Biofuel bisa kita kembangkan secara optimalkarena mudah ditanam dan banyak di sini, demikuan pula biomassa, potensinya cukup besar, belum lagi angin dan arus laut. Semuanya dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif pemenuh kebutuhan kedepannya.

Page 10: FST Magazine 2013

F eh kalian pada tahu UKT kan?

menurutku sih UKT bakal membebani

ekonomi dari orang tua kita,

temenku aja kesulitan mau

bayar UKT, mahal sih

YA enggak lah,

UKT itu tujuannya supaya

mempermudah pembayaran.

Sisi lainnya juga memotivasi

mahasiswa agar lulus lebih cepat

UKT

MEMBERATKAN

ENGGAK

Udah Udah

kebanyakan dari mahasiswa melakukan kesalahan dalam mengisi formulir UKT

dan hal itu tidak bisa diralat, mungkin itu yang memberatkan para orang tua.

Namun UKT dapat diringankan dengan mengajukan keringanan UKT kepada

Universitas. Selain itu, tim advokasi lembaga mahasiswa juga siap membantu

jika ada yang bermasalah dengan biaya tersebut

ada benernya juga tu

berita bagus tu

makanya jangan pada

bertengkar muluHEHE

HEHE

HEHEHEHE

may rindi andyST

@FstUndip

pj

twitter:

Page 11: FST Magazine 2013
Page 12: FST Magazine 2013

11

ini, ’’kapan energi punah?’’. Tentu pertanyaan ini pernah terbesit di dalam benak kita bukan ? Ya,manusia saat ini mulai gelisah karena semakin lama energi yang tersedia dibumi semakin menipis. Kemudian yang terjadi energi tersebut akan habis atau bisa dikatakan punah.

Alam semesta merupakan sebuah sistem tertutup sehingga jumlah energinya tetap, yang berubah hanyalah jenis/wujudnya. Bumi merupakan bagian dari alam semesta, sehingga tak mungkin kehabisan energi. Yang dapat terjadi adalah “pergeseran prosentase” energinya. Setiap saat jenis energi berubah sehingga mungkin sekali manusia atau living organisme tak sanggup memanfaatkan energi baru yang terjadi dan hilangnya jenis energi lama dianggap “tiadanya” atau terkurasnya energi yang tersedia. Living organisme membutuhkan berbagai jenis energi, namun sebagian besar, atau bahkan semuanya membutuhkan cahaya. Hanya tumbuh-tumbuhan yang sanggup meruibah energi matahari langsung menjadi bio energi sekaligus mendaur ulang energi fisika yang tak bermanfaat menjadi dibuthkan oleh living organisme yang lain. Tumbuh-tumbuhan dapat merubah gas karbon dioksida menjadi tepung dan oksigen yang keduanya sangat dibutuhkan oleh living organisme yang lain.

Living micro-organisme atau jasad renik sanggup mendaur ulang “sampah” organisme menjadi unsur hara. Binatang pemakan tumbuh-tumbuhan mengubah unsur nabati yang dihasilkan oleh tumbuh-tumbuhan menjadi unsur hewani (diantaranya daging), binatang pemakan daging memakan daging dan mengubahnya menjadi kotoran yang dapat dimanfaatkan oleh tumbuh-tumbuhan untuk melengkapi proses hidupnya. Hampir semua ciptaan Tuhan YME merupakan sebuah rantai kehidupan yang sanggup merubah berbagai energi menjadi jenis energi lain, sehingga keseimbangan energi selalu terjaga secara alami.

Jadi kalau dipikir-pikir lagi energi di bumi ini tidak akan habis, namun mungkin saja manusia belum sanggup memanfaatkan energi lainnya atau penggunaan energi baru telah sanggup dimanfaatkan memiliki dampak buruk terhadap kehidupan, padahal kenyataan energi yang telah dapat dimanfaatkan secara aman telah menipis atau habis. Jadi akan lebih baik kita gunakan energi secara efisien, sementara itu berusaha mendapatkan energi lain dan cara untuk memanfaatkan dengan aman, misalnya energi nuklir, energi matahari, energi sampah, bio energi yang bukan berasal dari fosil yang membutuhkan proses sangat lama.

S eiring dengan krisis energi yang terjadi di setiap belahan dunia, ada pertanyaan seperti

KapanEnergi Punah?

Running Out !

FUTURE ENERGY

THIS IS

Page 13: FST Magazine 2013

? ““Kalau berbicara mengenai kenaikan harga BBM yang sekarang terjadi, saya setuju dengan pemerintah. Kebanyakan yang memakai BBM golongan menengah ke atas, mungkin sistem penyaluran uang dari pengurangan subsidi BBM yang perlu dibenahi, karena masih banyak yang harus dapat tapi malah tidak dapat.Pemerintah juga perlu mengendalikan harga bahan-bahan pokok agar tetap stabil dan tidak naik seiring kenaikan BBM supaya tidak menyulitkan rakyat. Kalau tentang penggantian BBM dengan alternatif lain saya lebih setuju, apalagi energi alternatif dari sumber daya alam yang kini masih belum diolah tapi dimiliki secara melimpah oleh bangsa Indonesia, jadi negara tidak perlu mengeluarkan budget yang lebih besar buat mengimpor minyak dari luar negeri dan dari keuntungan sumber energi alternatif itu juga kembali pada rakyat. (Nurrohmah Wibawati – Mahasiswi UNY)

Menurut saya, sebaiknya BBM dapat diganti dengan untuk alternatif energi yang lainmengatasi masalah yang sedang terjadi saat ini. Nah menurut saya energi yang menjanjikan yaitu nuklir. (Nur Kholiq – Mahasiswa Polines, Semarang)

BBM sangat diperlukan bahkan dengan kenaikan harganya dapat mempengaruhi harga lain seperti kebutuhan-kebutuhan

pokok. Sebenarnya kenaikan harga BBM tidak apa-apa asal tepat sasaran untuk

subsidinya dan semua bisa menggunakan BBM

( Liliana Isnaini- Mahasiswi UNS)

Seharusnya kita tidak harus terpaku pada BBM, kita seharusnya mencari solusi

alternatif untuk BBM sehingga kebutuhan energi di negeri ini dapat tercukupi.

(Nanak Setiawan – Mahasiswa UNDIP)

Kalau bisa BBM itu harganya jangan naik terus, kasihan rakyat kecil, apa apa jadinya mahal. (Ngatino – Warga Kampung Sengon)

Saya dengan kenaikan harga setujuBBM, kalau dilihat dari manfaat jangka

panjangnya, kalau BBM naik bisa mengurangi minat pengendara motor/

mobil pribadi. Uang yang untuk subsidi BBM bisa dialihkan untuk hal-hal yang lainnya. Naiknya BBM juga harus ada

solusi atau cara alternatif agar harga-harga lainnya juga tidak ikut naik karena

akan memberatkan rakyat di kalangan menengah kebawah. Jika ada bantuan

lain pengganti subsidi BBM, pemberiannya juga harus tepat sasaran.

(Sri Ngadinah – Warga Kampung Sengon)

Kata merekatentangkenaikan

BBM

Page 14: FST Magazine 2013

eiring dengan berjalannya waktu, Ssumber energi semakin banyak dieksploitasi karena kebutuhan akan

energi yang semakin meningkat. Lama kelamaan sumber energi tersebut akan habis. Hal ini terjadi pada sumber energi minyak bumi yang menghasilkan bahan bakar, sebut saja premium. Kejadian ini menyebabkan kenaikan harga pada bahan bakar tersebut. Saat ini bahan bakar premium sudah mencapai harga Rp6.500,00/liter.

Pemerintah sudah mengkaji energi alternatif untuk mengganti bahan bakar premium ini. Alternatif yang memungkinkan mengganti premium adalah Liquified Gas for Vehicle (LGV) serta Compressed Natural Gas (CNG) atau Bahan Bakar Gas (BBG). LGV atau dikenal dengan nama dagang Vi-Gas merupakan bahan bakar yang diformulasikan untuk kendaraan bermotor pengguna bensin (spark ignition engine).

Bahan bakar ramah lingkungan tersebut terdiri dari campuran propana (C3) dan butana (C4). Sudah banyak kendaraan yang menggunakan bahan bakar ini, mulai taksi dan angkutan kota serta kendaraan pribadi. Harganya relatif murah, yaitu Rp 3.600 per liter.

Sementara, CNG adalah energi ramah lingkungan yang dibuat dengan melakukan kompresi metana (CH4) dari ekstrak gas alam. CNG disimpan dan didistribusikan dalam bejana tekan berbentuk silinder. Bahan bakar seharga Rp 3.100 per liter ini digunakan oleh sejumlah angkutan umum, salah satunya Busway Trans Jakarta.

Berikut redaksi merangkum beberapa energi alternatif yang sudah di aplikasikan untuk menggantikan Premium :

Continue

EnergiPengganti

Premium

Page 15: FST Magazine 2013

Dimanapun, manusia selalu memandang remeh tentang pengunaan minyak sayuran untuk kendaraan sejak pertama kali ide ini diluncurkan. Akan tetapi, konsep ini perlahan jadi kenyataan. Volkswagen sangat antusias menerapkan ide ini dengan mengujicobanya pada jenis VW Beetle tanpa perlu menunggu lagi.

minyak sayur

Prospek mobil berbahan bakar hidrogen telah menggoda pengemudi mobil ramah lingkungan selama bertahun-tahun. Namun produsen mobil masih bergulat dengan tantangan teknis, seperti bagaimana menyimpan hidrogen dalam kendaraan atau bagaimana mencegah pembekuan. Namun demikian, bukti mobil konsep bertenaga hidrogen sudah dilakukan pada sejumlah tipe kendaraan mewah Mercedes.

hidrogen

Sebagian besar dari pengemudi kendaraan di Amerika Serikat telah menggunakan etanol dalam kendaraan, sebagai implementasi undang-undang federal yang mewajibkan memerlukan persentase etanol tertentu pada bensin yang dibeli. Dan pada tahun 2010 lalu, Suzuki Motor Company mulai menjual mobil yang sepenuhnya menggunakan etanol.

etanol

Mungkin yang paling menggoda dari semua bahan bakar alternatif adalah kompresi udara. Itu saja yang diperlukan untuk menjalankan mobil. Energi ini dirancang para insinyur Perancis dan tersedia untuk pengemudi kendaraan di Amerika pada tahun 2010 lalu.

kompresi udara

Page 16: FST Magazine 2013

icara tentang Belanda pasti pikiran Bkita tertuju pada negeri seribu kanal dan bunga tulipnya yang terkenal

itu. Tapi tahukah anda Belanda merupakan salah satu negara pionir sekaligus pengembang untuk energi terbarukan. Banyak inovasi-inovasi yang telah ditorehkan Belanda di bidang energi. Apa saja inovasinya? Berikut redaksi merangkumnya:

Selama ini banyak orang yang menganggap bahwa urin hanyalah sisa hasil metabolisme yang terjadi di dalam perut manusia. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi para peneliti yang berasal dari Universitas Teknologi Delft dan lembaga penelitian DHV. Seperti berita yang telah dilansir oleh Radio Nederland, disebutkan bahwa para peneliti tersebut telah mengembangkan teknologi pemanfaatan gas amonia yang terdapat di dalam urin sebagai bahan bakar. Bahkan tidak hanya itu, para peneliti itu juga telah mendaftarkan paten temuannya di Cina, Afrika Selatan, Amerika, dan Eropa.

“ Sederhana”, ya kata itulah yang tepat digunakan untuk menggambarkan proses mengubah urin menjadi sumber energi alternatif. Pertama-tama, urin yang mengandung senyawa amonia ini dipanaskan secara perlahan. Setelah proses itu dilakukan, urin akan berubah menjadi gas amonia. Gas tersebut kemudian dimasukkan ke dalam sel bahan bakar (fuel cell), sejenis generator. Selanjutnya gas yang telah dimasukkan ke dalam sel bahan bakar itu digunakan untuk memproduksi energi listrik. Nah, apabila pasokan urin dijaga agar selalu tersedia, maka energi listrik pun bisa diproduksi terus-menerus.

Telah banyak fakta bertebaran yang menggambarkan betapa majunya Negara seluas 33,893 km2 dengan penduduk berjumlah 0.26% penduduk dunia dalam hal penguasaan teknologi energi terbarukan. Dengan segala keterbatasnnya (kondisi geografis, dll), Belanda mampu mengoptimalkan sumber energi terbarukan yang sangat beragam yang mampu menyuplai 2.4% dari total energi yang ada (2005). Dan tak hanya berkiprah untuk diri sendiri, Belanda menjadi pionir dan menebarkan teknologi yang dimilikinya ke seluruh penjuru dunia, membantu beban bumi dalam mengatasi isu energi dan perubahan iklim.

Belajar dari Sang Penjajah

Mengubah Urin Menjadi Sumber Energi Alternatif

Pionir Energi Baru dan Terbarukan Dunia

Continue

Page 17: FST Magazine 2013

Prestasi Belanda dalam kemajuan teknologi energi terbarukan di kancah internasional sangat memukau, selain mendapatkan peringkat ke-4 dalam aplikasi paten untuk energi sel surya, Belanda juga mendapatkan peringkat ke-6 dalam aplikasi paten terkait pembangkit energi listrik berkelanjutan. Lihat saja karya nyatanya yang berupa pulau sel surya yang disebut dengan “Solar Island Almere” dengan luas lahan sel surya sebesar 6,900 m2 yang mampu memenuhi 10% dari total kebutuhan energi 2700 rumah dan beberapa fasilitas lokal yang ada sekitar area pulau.

Selain itu, inovasi Belanda yang mampu mengubah panel surya menjadi setipis kertas bernama Helianthos, membuat energy ini memperbesar kesempatan aplikasinya.

Bukti yang lain adalah kendaraan berbahan bakar tenaga matahari,Nuna yang dibangun oleh mahasiswa dari TU Delft dan dijalankanThe Dutch Nuon Solar Team yang berhasil memenangkan lomba balap sebanyak 4 kali di Australia pada World Solar Challenge 2009.

Teknologi pembangkit energy angin Belanda juga sangat maju. Sampai tahun 2007, telah ada 2 area besar untuk memanen energi angin di laut. Tak hanya di laut, Belanda juga mengembangkan turbin angin yang sesuai dengan daerah perkotaan yang rapat dengan gedung perkantoran.

Ide keren lain lagi adalah pemanfaatan rumah kaca yang selama ini hanya berfungsi untuk sektor pertanian. Belanda tidak hanya akan menjadi Belanda, jika konsep rumah kaca yang selama ini ada, tidak berubah. Belanda berhasil menjalankan program pembangkit listrik dari rumah-rumah kaca yang ada di sana. Rumah-rumah kaca ini tak hanya memperkuat sektor pertanian Belanda, tapi juga mendulang energi yang bisa digunakan untuk pertanian itu sendiri. Jadi, kapan Indonesia bisa seperti Belanda?

sumber : http://kompetiblog2013.wordpress.com/

Page 18: FST Magazine 2013

Energi Fosil semakin menipis memaksa kita untuk berinovasi untuk terus mencari energi pengganti energi fosil. Berikut redaksi merangkum inovasi-inovasi yang berkaitan dengan energi terkini :

Larangan untuk membeli dan menggunakan lampu bohlam atau lampu pijar di Indonesia sampai saat ini masih belum terdengar. Sedangkan di banyak negara, pemerintahnya sudah mengeluarkan larangan pembelian dan penggunaan lampu bohlam, seperti Australia, Jerman, USA, Inggris, Venezuela dll. Walaupun sampai saat ini tidak ada larangan dari pemerintah Indonesia untuk membeli dan menggunakan lampu bohlam, penjualan lampu hemat energi mencapai 220 juta unit pada Januari-Agustus 2012 atau tumbuh sekitar 22% dibandingkan periode yang sama tahun 2011 (180 juta unit). Hal ini menunjukan bahwa masyarakat Indonesia sudah melihat kelebihan lampu hemat energi dibandingkan bohlam.

Namun demikian, lampu hemat energi ini bila selesai pakai pembuangannya harus benar. Kandungan merkuri di dalamnya adalah ganjalan alam yang tidak aman untuk lingkungan. Kebiasaan membuang secara sembarangan lampu hemat energi bekas pakai ke sampah rumah tangga harus segera ditinggalkan, karena berakibat kebocoran merkuri ke tanah atau air tanah.

Untungnya belum lama ini seorang doktor dari Jerman Rainer Kling dkk berhasil menemukan sebuah lampu hemat energi tanpa merkuri yang diberi nama 3rdPPBulb. Harganya lebih hemat dari LED, efisien dan tentu saja bebas merkuri.

Hidrogen memiliki banyak kelebihan, antara lain memiliki energi pembakaran yang besar per satuan massa hidrogen dan merupakan bahan bakar yang sangat bersih karena emisi pembakarannya berupa air (H2O). Baru-baru ini, tim peneliti dari School of Chemistry Monash University Australia telah menemukan inovasi baru dalam mengubah air menjadi hidrogen lewat proses elektrofotokatalisis yang terinspirasi dari cara tumbuhan mengubah air menjadi oksigen

Para ilmuwan di dunia mengakui bahwa bagian tersulit dari mengubah air menjadi bahan bakar adalah mengonversi air menjadi hidrogen dan oksigen. Tim peneliti yang telah mempublikasikan hasil penelitian mereka di jurnal Nature Chemistry ini berhasil membuat sistem sel konversi air menjadi hidrogen menggunakan katalis berbasis logam mangan (Mn). Katalis ini sendiri memiliki struktur molekul yang menyerupai mineral mangan birnessite [(Na0.3Ca0.1K0.1)(Mn4+,Mn3+)2O4 • 1.5 H2O].

Lampu Hemat Energi Bebas Merkuri

Inovasi Terbaru Menuai Hidrogen dari Air

Inovasiterbaru

Page 19: FST Magazine 2013

Suatu terobosan ilmiah terbaru berhasil ditemukan sebuah tim riset yang terdiri atas para insinyur teknik kimia dari University of Massachusetts Amherst berhasil mengembangkan suatu mesin yang dapat memproduksi berbagai macam senyawa hidrokarbon dengan bahan baku minyak pirolisis sampah kebun atau sejenisnya.

Ya, sampah kebun seperti kayu, ranting, cabang, kulit pohon, rumput-rumput, dedaunan, dan bagian tumbuhan lainnya merupakan sumber alami biomassa yang mengandung banyak selulosa dan minyak bio. Suatu proses pirolisis terhadap biomassa seperti ini dapat mengekstrak minyak bio yang terkandung di dalamnya untuk selanjutnya dapat diolah kembali menjadi berbagai senyawa hidrokarbon. Pirolisis merupakan dekomposisi termal bahan-bahan organik tanpa keberadaan oksigen, sehingga bahan organik yang terkandung di dalamnya tidak teroksidasi.

Inovasi ini terbukti menghasilkan gas hidrogen dari air secara lebih mudah dan murah. Penemuan ini diharapkan akan menginspirasi produsen bahan bakar hidrogen di dunia untuk mengaplikasikannya sehingga akan terwujud penggunaan bahan bakar hidrogen yang mengglobal.

Hasil penelitian ini tentu dapat memberi nilai tambah terhadap sampah-sampah organik yang ada di kebun pekarangan rumah kita ataupun di lingkungan lain yang serupa. Selain dapat diubah menjadi pupuk kompos, sampah tersebut juga dapat menghasilkan berbagai senyawa kimia yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku produk kimia maupun sumber energi alternatif. Jadi Apa inovasimu?

Menuai Bahan Bakar Alternatif dari Sampah Kebun

Page 20: FST Magazine 2013

Teknologi IGCC(disebut juga Gratifikasi Batubara) merupakan merupakan salah satu teknologi batubara bersih yang sekarang dalam tahap pengembangan. Istilah IGCC ini merupakan istilah yang paling banyak digunakan untuk menyatakan daur kombinasi gasifikasi batubara terintegrasi. Meskipun demikian masih ada beberapa istilah yang digunakan yaitu ICGCC (Integrated Coal Gasification Combined Cycle) dan CGCC (Coal Gasification Combined Cycle) yang sama artinya.

Komponen utama dalam riset IGCC adalah pengembangan teknik gasifikasi batubara. Gasifikasi batubara pada prinsipnya adalah suatu proses perubahan batubara menjadi gas yang mudah terbakar. Proses ini melalui beberapa proses kimia dalam reaktor gasifikasi (gasifier). Mula-mula batubara yang sudah diproses secara fisis diumpankan ke dalam reaktor dan akan mengalami proses pemanasan sampai temperatur reaksi serta mengalami proses pirolisa. Kecuali bahan pengotor, batubara bersama-sama dengan oksigen dikonversikan menjadi hidrogen, karbon monoksida dan methana. Proses gasifikasi batubara berdasarkan sistem reaksinya dapat dibagi menjadi empat macam yaitu : fixed bed, fluidized bed, entrained flow dan molten iron bath.

Dalam fixed bed, serbuk batubara yang berukuran antara 3 – 30 mm diumpankan dari atas reaktor dan akan menumpuk. Uap dan udara (O2) dihembuskan dari bawah berlawanan dengan masukan serbuk batubara akan bereaksi membentuk gas.

Reaktor tipe ini dalam prakteknya mempunyai beberapa modifikasi diantaranya adalah proses Lurgi, British Gas dan KILnGas. Sedangkan proses yang menggunakan prinsip fluidized bed adalah High-Temperature Winkler, Kellog Rust Westinghouse, dan U-gas. Dalam fluidized bed gaya dorong dari uap dan O2 akan setimbang dengan gaya gravitasi sehingga serbuk batubara dalam keadaan mengambang saat gasifikasi. Serbuk batubara yang digunakan berukuran antara 1 – 5 mm.

Dalam entrained flow serbuk batubara yang berukuran 0.1 mm dicampur dengan uap dan O2 sebelum diumpankan ke dalam reaktor. Proses ini telah digunakan untuk memproduksi

gas sintetis dengan nama proses Koppers-Totzek. Proses yang sejenis kemudian muncul seperti proses PRENFLO, Shell, Texaco , dan DOW. Proses molten iron bath merupakan pengembangan dalam proses industri baja. Serbuk batubara diumpankan ke dalam reaktor bersama-sama dengan kapur dan O2. Kecuali proses molten iron bath semua proses telah

digunakan untuk keperluan pembangkit listrik.

Mengenal Lebih dekat : Gasifikasi BatuBara

Continue

Page 21: FST Magazine 2013

Saat ini teknologi IGCC sedang dikembangkan di seluruh dunia, seperti : Jepang, Belanda, Amerika Serikat dan Spanyol. Di samping proses gasifikasi yang terus mengalami perbaikan, gas turbin jenis baru juga terus dikembangkan. Temperatur masukan gas turbin yang tinggi akan dapat menaikkan efisiensi dan ini dapat dicapai dengan penggunaan material baru dan perbaikan sistem pendinginnya.

Prinsip kerja dari IGCC ditunjukkan pada gambar di atas. IGCC

merupakan perpaduan teknologi gasifikasi batubara dan proses pembangkitan uap. Gas hasil

gasifikasi batubara mengalami proses pembersihan sulfur dan nitrogen.

Sulfur yang masih dalam bentuk H2S dan nitrogen dalam bentuk NH3 lebih mudah dibersihkan sebelum dibakar dari pada sudah dalam bentuk oksida

dalam gas buang.

Abu akan dibersihkan dalam reaktor gasifikasi. Gas yang sudah bersih ini dibakar di ruang bakar dan kemudian gas hasil pembakaran disalurkan ke

dalam turbin gas untuk menggerakkan generator.

Salah satu hal yang menarik dalam sistem IGCC adalah pembangunannya dapat dilakukan secara bertahap yaitu:

- tahap pertama : pembangunan turbin gas dan perlengkapan pembangkit listrik

- tahap kedua : pembangunan sistem daur kombinasi, dan

- tahap ketiga : pembangunan unit gasifikasi.

Pembangunan dua tahap yang pertama memerlukan biaya investasi yang relatif kecil dan sudah dapat menghasilkan tenaga listrik. Investasi yang besar hanya dibutuhkan pada saat pembangunan tahap ketiga dan dilaksanakan bila sudah dinilai ekonomis untuk mengganti bahan bakar dari gas alam dengan batubara. Disamping itu sistem IGCC didesain secara modular sehingga mudah untuk dikembangkan menjadi unit yang lebih besar kapasitasnya pada saat kebutuhan tenaga listrik sudah meningkat.

Gas buang dari turbin gas dimanfaatkan dengan menggunakan HRSG (Heat Recovery Steam Generator) untuk membangkitkan uap. Uap dari HRSG (setelah turbin gas) digabungkan dengan uap dari HRSG (setelah reaktor gasifikasi) digunakan untuk menggerakkan turbin uap yang akan menggerakkan generator.

Gasifikasi BatuBara

Page 22: FST Magazine 2013

PKM MAINAN KREATIFNYA PARA MAHASISWA INOVATIF !

Hey para mahasiswa muda penuh talenta tahukah kamu apa itu PKM ?

PKM atau kependekan dari Program Kreatifitas Mahasiswa, merupakan salah satu program dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Ditjen Dikti guna meningkatkan kreatifitas dan kualitas mahasiswa

Indonesia. Selain itu melalui program ini diharapkan dapat mengurangi kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa dengan kontribusi nyata

mereka dalam penyelesaian permasalahan dan realita masyarakat yang ada. Itu artinya PKM bisa dijadikan sebagai wadah penunjang bagi mahasiswa untuk dapat menyalurkan kontribusi mereka agar lebih siap apabila saatnya nanti

mereka terjun langsung dimasyarakat.

Dengan adanya berbagai jenis pkm tersebut dimaksudkan agar tidak ada pembatasan ruang kreasi mahasiswa yang memiliki minat, bakat dan intelektual

beragam. Kemudian, PKM – PKM dari universitas diseluruh Indonesia akan disaring oleh dikti untuk kemudian bermuara pada pimnas.

Apa itu PIMNAS ?

PIMNAS merupakan singkatan dari Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional. Sesuai namanya, PIMNAS adalah ajang kompetisi

berskala nasional dimana para mahasiswa dari seluruh universitas di Indonesia unjuk kemampuan intelektual dan

kreativitas dalam bentuk pembuatan PKM. Nah, untuk tahun ini pimnas diselenggrakan pada 10-13 september 2013 di

Universitas Mataram Nusa Tenggara Barat.

Terdapat 7 jenis PKM yaitu,

PKM-P : Penelitian PKM-AI : Artikel Ilmiah

PKM-T : Penerapan Teknologi PKM-K : Kewirausahaan

PKM-M : Pengabdian Masyarakat PKM-KC : Karsa Cipta

PKM-GT : Gagasan Tertulis

Tahukah Kamu ?Siapa yang kira-kira tahun ini akan berjaya di pimnas ke 26 ? Hymne Universitas mana yang akan bergema di final pimnas pada tahun ini? Seperti yang diketahui

piala Ardhikarta Kertawidya pada pimnas ke 25 yang diselenggarakan di Yogyakarta tahun lalu akhirnya dibawa pulang oleh Universitas Brawijaya

(Unibraw) Malang.

Lalu, ada berapa jenis PKM ?

Page 23: FST Magazine 2013

Contoh PKM mengenai EnergiUndip Kembangkan enegi alternatif dari biji alpukat

Nah, Minat Buat PKM?

Biji alpukat yang dianggap limbah oleh masyarakat Indonesia ternyata dapat diolah menjadi sesuatu yang

berguna dan bernilai ekonomis tinggi ditangan mahasiswa D3 Teknik Kimia Undip. Ketiga mahasiswa

tersebut menjelaskan bahwa biji alpukat mampu dikonversi menjadi biodiesel.

Selama ini masyarakat sering menganggap biji jarak sebagai sumber energi alternatif untuk biodiesel.

Padahal, kandungan trigleserida yang merupakan komponen utama biodiesel,terdapat lebih banyak pada biji alpukat dibanding biji jarak. Proses Pembuatan biodiesel dari biji alpukat melalui proses transesterifikasi, yaitu

penambahan basa kuat seperti NaOH ke dalam minyak biji alpukat. Selama ini masyarakat hanya memanfaatkan alpukat dari daging buahnya saja, sementara bijinya hanya menjadi limbah. Padahal, biji buah alpukat ternyata mengandung

trigliserida yang lebih tinggi dari pada biji jarak sehingga lebih bernilai ekonomis. Selain itu dengan pemanfaatan biji alpukat bisa mengurangi limbah dari buah alpukat di lingkungan dan masyarakat terbiasa menggunakan bahan bakar

terbarukan dari limbah di lingkungan sekitar dan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil seperti minyak bumi, batu bara dan gas.

Dan pada pimnas tahun lalu Undip mampu meloloskan 17 tim ke Pimnas, terbanyak sepanjang sejarah pimnas yang pernah diikuti, namun hanya membawa pulang satu medali perunggu dan satu juara favorit. Hal ini dapat dikatan bahwa Undip masih cukup tertinggal jauh dengan universitas lainnya. Maka pada akhirnya timbul pertanyaan, mengapa undip bisa tertinggal cukup jauh dengan universitas lainnya? pada akhirnya menjadi tugas siapakah untuk meralisasikan prestasi undip di pimnas? Kita semua berharap pada pimnas tahun ini, Undip bisa meloloskan lebih banyak timnya dan meraih gelar juara umum serta membawa pulang piala Ardhikarta Kertawidya.

Kemenangan tersebut adalah kali ketiga untuk Unibraw yang telah berhasil menjadi juara umum pimnas pada tahun 2008 dan 2009. Namun,pada tahun 2010 dan 2011

piala tersebut berhasil dibawa oleh Universitas Gadjah Mada (UGM)

Yogyakarta. Kedua universitas tersebut adalah Universitas yang saat ini cukup

berjaya di pimnas karena berhasil mengalahkan lawan-lawannya seperti

IPB,ITB,ITS,UI dan beberapa Universitas besar lainnya. Lalu bagaimana dengan Undip? Sejak tahun 2005 Undip sudah

mulai aktif mengikuti pimnas dengan penetapan target juara. Pada tahun 2010

Undip meloloskan tujuh tim di pimnas Denpasar, Bali dengan perolehan akhir satu

medali emas dan dua medali perunggu. Tahun 2011 Undip meloloskan dua tim di

pimnas namun tidak membawa pulang satu medalipun.

Page 24: FST Magazine 2013

RISET Sigit Arrohman / S1 Mesin

Lolos Paper Young Engineer ang Scientist ITS 2013

Delegasi Young Environmental Leadership Program ITS 2013

Faris Gustomi Salim /S1 Teknik Kimia Best participant with best post test score

pada Intensive student Technopreneurship (i-STEP) IPB 2013 Juara 3 Best

technological Innovation Intensive student Technopreneurship (i-STEP) IPB 2013

Aji Bayu Kurniawan / D3 Tekim Lolos PKM P 2013

Lolos Abstrak LKTI FISHMO 2013 Adrian Bela Widodo / S1 Teknik Elektro

Finalis Polines Inovation Technology Contest 2013

Lolos Abstrak LKTI FISHMO Muhamad Syarief BS / S1 Teknik Elektro

Juara 1 lomba Debat British Parliament EEC FST

Lolos Pendanaan Spirit GKN, Gerakan Kewirausahaan Nasional 2013

Lolos Abstrak LKTI FISHMO 2013

Nindya Indah Kusumawardani / D3 Tekim Lolos Paper Young Engineer ang Scientist ITS

2013 Deariska / S1 Teknik Kimia Juara 1 Tilawah Qur'an Pada Lomba MTQ

Undip Delegasi Undip Tilawah Qur'an Pada Lomba

MTQ Nasional Putri Mariasari Sukendar/ S1 Teknik Geodesi Juara 1 Lomba Karya Tulis Islam pada Lomba

MTQ Undip 2013 Lolos Abstrak LKTI FISHMO Delegasi Undip Lomba Karya Tulis Islam pada

Lomba MTQ Nasional Irma Saputri / S1 Teknik Kimia Lolos Abstrak LKTI FISHMO 2013 Johan Irawan/ S1 Teknik Geodesi Lolos Abstrak LKTI FISHMO 2013 Rizki Januarita / S1 Teknik Lingkungan Lolos Abstrak LKTI FISHMO 2013 Azizah Retnowati / S1 Teknik Planologi Lolos Abstrak LKTI FISHMO 2013 Ma'ratus Sholicha / S1 Teknik industri Lolos Abstrak LKTI FISHMO 2013

HRD Erwin /S1 Elektro

Rank 4 KPRAI kategori robot berkaki 2013 Best Design KPRAI kategori robot berkaki

Rg. Alam/S1 Elektro Lolos paper dan presentasi AISC-Taiwan

MEDIA M. Asrofi / S1 Elektro Rank 4 KPRAI kategori robot berkaki

2013 Best Design KPRAI kategori robot

berkaki Ratna Helida / S1 Lingkungan Lolos PKM KC 2013 Finasia/S1 Lingkungan Lolos PKM P 2013

PR Dessy Tri Nugraheni / S1 Lingkungan Lolos PKM M dan PKM T 2013 Abdul Hadi Hanif / S1 Mesin Lolos PKM T 2013

Dwi Intan Af'idah / S1 Siskom Lolos PKM P, PKM M, PKM KC 2013 Mawapres 3 Fakultas Teknik 2013

10 Besar Mawapres Universitas Diponegoro 2013

Delegasi EDMAT-35 Universitas of Malaya 2013

Zainal Abidin / S1Perkapalan Rank 3 NASDAR 2013

Deviannisa Nurlaeli/S1 Lingkungan Delegasi EDMAT-35 Universitas of Malaya

2013 Uum Umyati/s1 Sipil

Delegasi EDMAT-35 Universitas of Malaya 2013

Khanata Jati Sumasita/S1 Lingkungan Lolos PKMP 2013

Arliandy Pratama Arbad / S1 Geodesi / KETUA UMUM

Peraih Medali Silver I-ENVEX 2013 Peraih Kategori Best Award untuk kategori

social science I-ENVEX 2013

Prestasi FST

PH NON-DEPARTEMEN

LITBANG

TECHNOPRENEUR

23 Prestasi FST

Page 25: FST Magazine 2013

INFO LOMBA1. Essay Competition

ECSOTIC 2013Tema Kegiatan:

“Mewujudkan Kedaulatan Pangan Menuju Indonesia Sehat dan

Sejahtera”Akan dicari 20 terbaik nasional untuk

selanjutnya mengikuti rangkaian acara ECSOTIC 2013 pada tangal 4-7

Oktober 2013 di Universitas Brawijaya.Batas akhir pengumpulan

essay pada tanggal 8 September 2013. 20 besar nasional berikut waiting list akan diumumkan pada tanggal 21 September 2013 di website ECSOTIC

2013/dihubungi oleh panitia.Informasi:

Jawwad - 085736045555Izza - 085755277074

Facebook: ECSOTIC FEB UBTwitter: @ecsoticfebub

2. Indonesian Ecology Expo (INDEX) 2013Deskripsi Kegiatan:

INDEX 2013 merupakan acara nasional sebagai sarana memperkenalkan ekologi kepada

masyarakat dan meningkatkan kesadaran kritis masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian

lingkungan. Jenis Kegiatan:

1. Eco Design (Ecodiction):Tema: "Contribute for Environment, Express Yourself, and Take A Pose! Show Yours on

Runway!"Peserta: Individu/kelompok maks 3 orang;

SMA/SMK/sederajat dan mahasiswa2. Jingle:

Tema: "Be Respect People for Our Ecology"3. Fotografi:

Tema: "Green Lifestyle"4. Essai:

Tema: "My Green Lifestyle Version for Your Life"Pendaftaran:

Pendaftaran online dapat dilakukan di http://bit.ly/15nlkj6

Waktu Pendaftaran: 1 Juli-15 September 2013Deadline Pengumpulan: 1 Juli-16 September 2013

(Kecuali Ecodiction batas pendaftaran dan pengumpulan 1 September 2013)

Informasi:Riska - 085755857480

Moh. M. Rizqi - 085727579454Twitter: @indexipb2013

Website: www.indexfema.event.ipb.ac.id

4. Lomba Karya Tulis "Let's Find Out More about Agroindustry"

Tema : Implementasi Agroindustri Berkelanjutan sebagai Pendukung Pembangunan Ekonomi

Indonesia Berbasis Pertanian LokalSubtema : Inovasi teknologi pertanian Indonesia, Pemanfaatan limbah agroindustri, Sumber energi terbarukan berbasis sumberdaya pertanian lokal,

dan Peningkatan sosial-ekonomi masyarakat melalui teknologi pertanian

batas akhir (deadline): 7 Septemberhadiahnya: Kategori Mahasiswa:

Juara I: Rp3.000.000Juara II: Rp 2.000.000Juara III: Rp 1.000.000

Best Presentator (Individu): Rp 500.000Contact Person : Nizam (089639385059 )

3. Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa 2013Tema Kegiatan:

"Think, Build, and Save Our Environment"

Syarat dan Ketentuan:1. Peserta adalah mahasiswa S1

dan D3 PTN/PTS di seluruh Indonesia

2. Peserta lomba adalah tim yang terdiri dari maksimal 3 orang

3. Peserta wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 75.000,-/tim

ke rekening BNI a.n Ni Putu Praja Chintya no rekening 0241860358

4. Info lebih lanjut dapat dilihat di www.lktim2013kmtg.blogspot.com

Informasi:Adit - 089676130620

Bondan - 085643129152Gora - 088274013887

Facebook: LKTIM 2013 KMTGTwitter: @lktim2013kmtg

Page 26: FST Magazine 2013

INFO LOMBA5. Pekan Inovasi Mahasiswa Pertanian

Indonesia (PIMPI) 2013Tema Kegiatan:

"Kreativitas Anak Bangsa untuk Pertanian Indonesia"

Kompetisi Kreatifitas Bina Masyarakat Mahasiswa Pertanian (KBMMP):

Tema: "Optimalisasi Pemberdayaan Kearifan Lokal"

Kompetisi Cipta Aplikatif Pertanian (KCAP):

Tema: "Pertanian Kreatif Berdaya Saing Global"Kreatif

Jadwal Kegiatan: Tahap Pendaftaran: 26 Juni-17 Oktober 2013

Tahap Penerimaan Naskah: 26 Juni-18 Oktober 2013

Tahap Seleksi: 19-31 Oktober 2013Pengumuman Finalis: 1 November 2013

Grand Final: 29 November 2013Pameran GKP: 30 November 2013

Pengumuman Pemenang: 30 November 2013

Hadiah dan Penghargaan:KBMMP:

Juara 1: Rp. 4.000.000,- + Sertifikat + TropiJuara 2: Rp. 3.000.000,- + Sertifikat + TropiJuara 3: Rp. 2.000.000,- + Sertifikat + TropiStand Terbaik: Rp. 1.000.000,- + Sertifikat +

TropiKCAP:

Juara 1: Rp. 4.000.000,- + Sertifikat + TropiJuara 2: Rp. 3.000.000,- + Sertifikat + TropiJuara 3: Rp. 2.000.000,- + Sertifikat + TropiStand Terbaik: Rp. 1.000.000,- + Sertifikat +

TropiInformasi:

Zamzam - 085214954678Faisal - 085730944997

Fiqi - 087830913921 (KCAP)Surya - 085287713007 (KBMMP)

Twitter: @pimpi_ipbFacebook: PIMPI IPB

email: [email protected]: www.pimpiipb.wix.com/pimpipb

th6. The 8 Management E[x]posed 2013Business Plan Competition adalah bagian dari

rangkaian acara dari M[x]-FEUI yang diselenggarakan oleh MSS FEUI dan

merupakan kompetisi Business Plan yang terbesar di FEUI. Tema “SUSTAINABLE

BUSINESS IN EVER-CHANING ERA”. Total hadiah 22,5 Juta Rupiah.

Tema Kegiatan:"Sustainable Business in Ever-Changing Era"

Jadwal Kegiatan:Pendaftaran: 4 Juli-6 Oktober

Deadline Softcopy: 4 Juli-6 OktoberPembayaran dengan DP: 4 Juli-30 September

Pelunasan Pembayaran: 4 Juli-3 OktoberPengiriman Proposal Business Plan

Hardcopy: 4 Juli-13 OktoberPersentasi Finalis: 18 November 2013

Informasi:Rakha - 081381456922Astrid - 08121042499Twitter: @MX_FEUI

Email: [email protected]: mx-feui.com

7. LOMBA CIPTA TNI ANGKATAN DARAT

Dalam rangka peringatan ke-68 hari TNI AD atau Hari Juang Kartika tanggal 15 des 2013,

TNI AD menyelenggarakan lomba cipta teknologi. Total hadiah Rp. 150 juta. Cipta

teknologi yang dilombakan murni hasil karya sendiri, bukan jiplakan

BIAYA: GRATISSJadwal Kegiatan:

1. Pendaftaran : dibuka minggu I (pertama) Juni sampai dengan 20

September 2013.2. Batas akhir pengiriman naskah

minggu I Oktober 2013.3. Seleksi administrasi oleh panitia

lomba minggu II oktober 2013.4. Seleksi tahap I (semi final) minggu III

Oktober 2013.5. Pengumuman peserta yang masuk

final (12 peserta) melalui surat dan telepon minggu IV Oktober 2013.

Jenis Lomba:Rancang bangun ; Model ; Prototipe ; Inovasi

; Modifikasi alat utama sistem kesenjataan TNI Angkatan Darat

Info lebih lanjut: http://www.info-

Page 27: FST Magazine 2013

26 Intermezo

FST Magazine

Cara Hemat Energi Ala @Jukihoki

Baiklah, dalam bacotan kali ini gue bakal membahas sesuatu yang lebih serius. Jangan pikir ini adalah pencitraan untuk memuluskan langkah gue menjadi presiden tahun 2014. Percayalah sob, pencitraan buat gue terlalu mainstream. Lo tau kan kalau krisis energi sedang melanda seluruh penjuru dunia. Negara-negara maju bersaing untuk menemukan sumber energi baru yang lebih bersahabat dan terbarukan. Semua itu demi anak cucu kita sob. kebayang gak kalau misalnya anak cucu kita bakal balik ke jaman batu karena energi udah habis dipakai ama kita.Nah untuk itu kali ini gue bakal ngasih tahu cara berhemat energi. Cekitot Bekicot!

1. Menggunakan lampu hemat energi

Ini adalah cara paling sering disosialisasikan pemerintah. Dari namanya aja kita udah tahu kalau menggunakan lampu ini dapat menghemat energi yang digunakan untuk penerangan.Dengan lampu hemat energi penggunaan energi akan lebih efisien. Lampu hemat energi yang udah mainstream adalah lampuneon.Sedangkan lampu hemat energi yang antimainstream adalah lampu kostan teman.Cara menggunakannya adalah dengan mematikan lampu di rumah dan kemudian numpang di kostan teman. 2. Mematikan alat elektronik yang gak digunakan

Menyalakan alat elektronik saat tidak digunakan adalah bentuk pemborosan. Untuk itu alat elektronik yang tidak digunakan harus dimatikan.Dengan dibanting atau ditembak misalnya.Kalo udah mati jangan lupa di doain terus di kubur ya..

3. Tidak menggunakan kendaraan pribadi

Untuk menghemat penggunaan energi maka biasakanlah naik kendaraan massal umum.Penggunaan kendaraan pribadi merupakan bentuk pemborosan energi. Tapi gak semua kendaraan pribadi boros energi,becak, delman dan naga2 di sinetron indosiar contohnya.

4. Menggunakan energi alternatif

Sekarang lagi gencar-gencarnya tuh usaha menemukan energi alternatif. Berbagai sumber energi bari ditemukan. Nah, kalau lo orang yang suka bereksprimen mungkin ada baiknya lo mulai meneliti apakah upil dapat menghasilkan energi.

5. Tidur

Logikanya gini :Tidur = gak menggunakan alat elektronik = gak menggunakan listrik = hemat energi.Jadi, mari tidur dan hemat energi!

Sumber : http://sijuki.com/cara-menghemat-energi-ala-juki/

Page 28: FST Magazine 2013

Ç

Ċ

D

Ĉ 1

Č

6

3

Ç

D

Mendatar:1.Nama menteri energi dan sumber daya mineral Indonesia2. Zat, energi dan/atau komponen lain yang dihasilkan dari suatu kegiatan yang berpotensi atau tidak sebagai unsur pencemar3. Salah satu bentuk energi terbarukan yang berasal dari Sumber alami4. Nama lain Energi panas5. Sumber daya alam yang mengandung hidrokarbon sperti batu bara, petroleum, dan gas alam6. Salah satu bentuk alternatif rendah karbon dan sumber alternatif untuk mengeliminasi emisi karbon dan metana

Menurun :1. Limbah yang umumnya berasal dari setiap pemanfaatan tenaga nuklir untuk pembangkitan daya listrik2. Akronim instansi pemerintahan bidang energi3. Hasil pencernaan berhubungan dengan pemanfaatan gas metana yang dilepaskan ketika kotoran hewan membusuk4.Pembangkit listrik tenaga air5.Sumber energi yang terdapat dalam PLTN

TEKA TEKI SILANG