Format PKL STMIK Potensi Utama TA 2011-2012

download Format PKL STMIK Potensi Utama TA 2011-2012

of 44

description

Format Penyusunan laporan PKL di STMIK Potensi Untama Untuk Tahun Ajaran 2011-2012 #fix

Transcript of Format PKL STMIK Potensi Utama TA 2011-2012

BAB I PENDAHULUAN A. Pengertian, Maksud dan Tujuan Sebelum melaksanakan Tugas Akhir atau Skripsi mahasiswa diwajibkan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan untuk memperoleh jenjang pendidikan Diploma III dan Strata-1 di STMIK Potensi Utama. Praktek Kerja Lapangan merupakan kegiatan yang dilakukan diluar maupun di kampus. Praktek Kerja Lapangan ini diharapkan menjadi bahan untuk Tugas Akhir (D3) dan Skripsi (S1). Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah bagian dari beban studi yang harus diikuti setiap mahasiswa dalam rangka penyelesaian studi Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan tugas yang dilakukan diluar kampus yaitu di berbagai perusahaan/instansi baik swasta maupun pemerintah yang telah ditentukan sebelumya dan bersedia menerima peserta. 1. Yang dimaksud Laporan Praktek Kerja Lapangan dalam buku Pedoman Penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan adalah karya tulis ilmiah berdasarkan pengalaman dan pengamatan mahasiswa di instansi pemerintah/swasta, yang disusun oleh seorang mahasiswa sesuai dengan bidang studinya sebagai tugas akhir dalam studi formalnya pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Potensi Utama. 2. Yang dimaksud dengan pengalaman dan pengamatan adalah keseluruhan kegiatan mahasiwa baik dalam bentuk pikiran maupun kegiatan Lapangan dalam menyelesaikan tugas praktek dan menimba pengalaman di lapangan, sebagai aplikasi dari ilmu pengetahuan yang diterima. Adapun pendekatan yang dipergunakan dalam penulisan atau penyusunan laporan adalah pendekatan deskriptif. Melalui pelaksanaan PKL diharapkan para mahasiswa semakin mengetahui dan memahami dunia kerja yang beragam situasi serta kondisi riil diluar kampus. Selanjutnya dengan membandingkan situasi dan kondisi riil tersebut dengan ilmu/teori yang diterima dikampus, diharapkan para siswa dapat memetik pelajaran dan pengalaman yang bermanfaat kelak dalam menghadapi dunia kerja. B. TUJUAN DAN KEGUNAAN LAPORAN PKL Tujuan dan kegunaan Laporan Praktek Kerja Lapangan, yaitu menyajikan hasil-hasil pengalaman dan pengamatan selama melaksanakan praktek kerja secara ilmiah yang berguna bagi kepentingan praktis maupun pengembangan ilmu pengetahuan. C. KARAKTERISTIK LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN Laporan Praktek Kerja Lapangan yang disusun mahasiswa harus; 1. Merupakan hasil karya asli, bukan jiplakan baik sebagian atau keseluruhan. 2. Mempunyai manfaat praktis dan teoritis. 3. Sesuai dengan kaidah kaidah keilmuan.

4. Menggunakan bahasa Indonesia yang baku. D. Persyaratan Melakukan Laporan PKL Untuk dapat melakukan Praktek Kerja Lapangan seorang mahasiswa harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut : 1. Telah membayar biaya perkuliahan sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan STMIK Potensi Utama. 2. Minimal Mengikuti Perkuliahan 4 (empat) semester dan telah menyelesaikan 76 SKS bagi Diploma III dan 6 (enam) semester dan telah menyelesaikan 121 SKS bagi Strata-1. 3. Pernah menempuh mata kuliah Metode Penelitian bagi Diploma III dan Strata1 4. Telah Menjalani keseluruhan mata kuliah sampai semester 4 untuk Diploma III dan semester 6 Strata-1 5. Terdaftar dalam KRS pada semester yang sedang berjalan atau masih berjalan atau masih aktif sebagai mahasiswa 6. Sanggup melaksanakan PKL /Tugas Proyek sesuai dengan waktu yang ditetapkan tanpa terputus/berhenti sebelum waktunya 7. Membayar uang PKL sesuai dengan ketentuan E. Tugas Dosen Pembimbing 1. Membimbing dan mengarahkan mahasiswa dalam menyusun laporan Praktek Kerja Lapangan mulai di kampus, dilapangan sampai kembali ke kampus sampai laporan Praktek Kerja Lapangan selesai. 2. Membimbing dan mengarahkan mahasiswa didalam penyusunan konsep laporan Praktek Kerja Lapangan. 3. Menandatangani kartu konsultasi mahasiswa baik dalam pembuatan/penulisan konsep laporan Praktek Kerja Lapangan. 4. Membimbing revisi bagi mahasiswa yang dibimbingnya pada saat laporan Praktek Kerja Lapangan yang disusun. F. Proses dan Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan 1. Mahasiswa mengajukan permohonan PKL kepada Ketua Program . Studi dengan melampirkan persyaratan yang telah ditentukan.(formulir terlampir) 2. Ketua Program Studi memeriksa setiap berkas permohonan PKL. 3. Ketua Program Studi memberikan Persetujuan/menyetujui permohonan PKL yang telah memenuhi persyaratan. 4. Ketua Program Studi Mengusulkan Penerbitan Surat Keputusan (SK) Dosen Pembimbing PKL kepada Ketua STMIK. Dengan demikian SK Dosen pembimbing PKL dikeluarkan dan ditandatangani oleh ketua STMIK. 5. PKL dilaksanakan selama 1 bulan pada saat libur semester. 6. PKL dapat dilaksanakan secara berkelompok dengan jumlah peserta maksimal 5 orang untuk 1 perusahaan/instansi secara individual.

7. Mahasiswa menghubungi perusahaan/instansi tempat PKL, kemudian memohon surat pengantar kepada ketua STMIK. 8. Apabila mahasiswa peserta PKL tidak dapat/ tidak berhasil menghubungi Perusahaan/ instansi tempat PKL, maka Institusi bersedia membantu dan menempatkan peserta di perusahaan/instansi tertentu dan si peserta harus bersedia menerimanya. 9. Permohonan Surat Pengantar pada point 8, ditujukan pada ketua program studi, untuk kemudian mengusulkan surat pengantar kepada ketua STMIK. 10. Dosen Pembimbing PKL wajib memberikan pembekalan bagi peserta PKL dan melakukan kunjungan ke lokasi PKL minimal 2 kali. 11. Peserta PKL wajib menyusun laporan memuat hal-hal yang dilakukan setiap hari termasuk absensi selama pelaksanaan PKL. Laporan yang disusun peserta PKL diperiksa dan disetujui oleh Dosen Pembimbing PKL serta diketahui oleh ketua program studi. 12. Penilaian terhadap peserta PKL dilakukan dengan memperhatikan hal-hal berikut : Disiplin, Kerapian, Inisiatif, Kerjasama, Motivasi Kerja dan Perilaku selama PKL berjalan. 13. Nilai Akhir dari peserta PKL di tentukan berdasarkan penilaian dari Dosen Pembimbing PKL maupun perusahaan/ instansi tempat PKL tehadap hal-hal pada point 12, dengan perbandingan Laporan sebesar 50%, dan Perusahaan tempat PKL 50% . 14. Rekapitulasi Nilai Akhir sesuai point 14 disusun oleh dosen PKA dan diserahkan kepada Ketua program Studi paling lambat 14 hari setelah masa PKL berakhir. 15. Skripsi/Tugas Akhir dapat dilaksanakan apabila telah selesai melaksanakan PKL dan memperoleh nilai dari instansi terkait.

BAB II TATA CARA PENYUSUNAN LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN DAN PENGUMPULAN LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN Mahasiswa yang akan menyusun laporan Praktek Kerja Lapangan, selain harus memenuhi persyaratan akademis dan administratif, harus pula mengikuti tata aliran kerja sebagaimana berikut ini : A. PENGAJUAN USULAN JUDUL LAPORAN PKL Mahasiswa mengajukan beberapa judul laporan Praktek Kerja Lapangan sesuai dengan kapasitas, kemampuan, situasi, kondisi yang ditemui di lapangan, dengan mempertimbangkan daftar pustaka yang dimiliki/tersedia, minimal 5 buku Referensi. 1. Usulan judul laporan Praktek Kerja Lapangan diajukan kepada Ka. Prodi masing-masing berdasarkan surat pengajuan judul Praktek Kerja Lapangan dan Formulir Pendaftaran Judul PKL untuk disetujui dan diberikan nama Dosen Pembimbing. 2. Dosen Pembimbing akan membimbing dan mengarahkan penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan B. PENULISAN KONSEP LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN 1. Mahasiswa menulis konsep laporan Praktek Kerja Lapangan, sesuai dengan rancangan dan sistematika yang berlaku. 2. Konsultasi konsep laporan Praktek Kerja Lapangan kepada Dosen Pembimbing disertai dengan bukti-bukti pengumpulan data primer dan sekunder. 3. Konsultasi Laporan Praktek kerja Lapangan dan pembahasan dilakukan secara sendiri. 4. Setiap konsultasi dengan Dosen Pembimbing, mahasiswa diharuskan membawa Jadwal Bimbingan untuk konsultasi yang akan diisi dan ditandatangani oleh Dosen Pembimbing. 5. Perbaikan/penyempurnaan konsep laporan Praktek Kerja Lapangan sesuai dengan hasil konsultasi dengan dosen pembimbing. 6. Meminta tanda tangan persetujuan konsep laporan Praktek Kerja Lapangan kepada dosen pembimbing. C. PENGUMPULAN LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN 1). Mahasiswa yang akan mengikuti Praktek Kerja Lapangan harus memenuhi syaratsyarat sebagai berikut : a. Syarat Akademik 1).Telah menempuh semua mata kuliah yang diwajibkan 2) Tidak ada Nilai yang Kosong b. Syarat Administratif

Telah menyelesaikan seluruh persyaratan administrasi, dengan mendaftarkan diri pada Bagian Prodi dengan menyerahkan : 1) Jadwal Bimbingan konsultasi / Persetujuan dari Dosen Pembimbing 2) Tiga eksemplar konsep laporan Praktek Kerja Lapangan lengkap dengan berkas lampiran PKL. 2). Tugas Bagian Prodi a. Mendata Mahasiswa yang melaksanakan PKL. b. Menyerahkan data mahasiswa yang melaksanakan PKL ke PUKET I untuk Menentukan Dosen Pembimbing. c. Membuat Surat Pengantar ke Perusahaan/Instansi untuk pelaksanaan PKL. d. Menerima Surat Pengajuan Judul PKL dari Mahasiswa e. Mendistribusikan Formulir Pendaftaran Judul PKL ke Mahasiswa yang Melaksanakan PKL bagi judul PKL yang telah disetujui oleh Ka. Prodi. f. Menentukan Dosen Pembimbing dan jadwal pembekalan. b. Menyelesaikan masalah-masalah yang terkait dengan PKL .

BAB III BENTUK DAN ISI LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN Bentuk Laporan Praktek Kerja Lapangan mahasiswa DIII dan S1 terdiri dari : A. Bagian Pembukaan B. Bagian Isi C.Bagian Penutup A. BAGIAN PEMBUKAAN Bagian Pembukaan isinya terdiri dari: 1) Judul 2) Lembar Pengesahan Laporan Praktek Kerja Lapangan 3) Kata Pengantar 4) Daftar Isi 5) Daftar Tabel 6) Daftar Gambar 7) Daftar Lampiran a. JUDUL Judul Laporan Praktek Kerja Lapangan hendaknya menggambarkan kearah praktis sesuai dengan kegiatan Praktek Kerja Lapangan yang dilakukan. b. LEMBAR PENGESAHAN DOSEN PEMBIMBING Cukup Jelas c. KATA PENGANTAR Mengemukakan tujuan dan manfaat kegiatan Praktek Kerja Lapangan yang dilaksanakan dan ucapan terima kasih kepada yang memberi bantuan. d. DAFTAR ISI Daftar isi yang memuat kerangka dan unsur bahasa Praktek Kerja Lapangan serta halaman dimana bahasan itu berada. e. DAFTAR TABEL Daftar yang memuat nomor, judul tabel, dan halaman dimana tabel itu berada. f. DAFTAR GAMBAR Daftar yang memuat nomor, judul gambar, dan halaman dimana gambar itu berada. g. DAFTAR LAMPIRAN Daftar yang memuat lampiran yang disajikan dalam Praktek Kerja Lapangan dan disusun secara berurutan.

B. BAGIAN ISI Bagian isi dari suatu laporan Praktek Kerja Lapangan terdiri dari 1. BAB I PENDAHULUAN 2. BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN 3. BAB III ANALISA DAN PEMBAHASAN 4. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN a. BAB I PENDAHULUAN Bagian ini merupakan gambaran umum yang antara lain memuat : I.1. Latar Belakang I.2. Ruang Lingkup Permasalahan I.2.1. Identifikasi Masalah I.2.2. Rumusan Masalah I.2.3. Batasan Masalah I.3. Tujuan dan Manfaat penulisan I.3.1. Tujuan Penulisan I.3.2. Manfaat Penulisan I.4. Metode Pengumpulan Data I.5. Lokasi dan Jadwal Pelaksanaan PKL b. BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN II.1. Sejarah Perusahaan II.2. Struktur Organisasi II.3. Mekanisme Sistem yang Berjalan Mengemukakan gambaran umum Instansi/Perusahaan/Organisasi tempat kegiatan Praktik Kerja Lapangan. c. BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN III.1. Analisa Masalah III.1.1. Analisa Input Berisikan dokumen inputan yang berkaitan dengan masalah III.1.2. Analisa Proses Berisikan Alur Kegiatan yang dinyatakan dalam Flow Of Dokumen (FOD) III. Analisa Output Berisikan dokumen laporan yang berkaitan dengan masalah III.2. Mekanisme Sistem yang berjalan III.3. Evaluasi Sistem yang Berjalan III.4. Strategi Pemecahan Masalah III.5. Perancangan III.5.1. Konteks Diagram III.5.2. Data Flow Diagram (DFD) III.5.3. Desain Form III.5.4. Normalisasi dan Desain Database III.5.4.1. Normalisasi III.5.4.2. Desain Database

III.5.4.3. Relasi Tabel III.5.4.4. ERD III.5.5. Flowchat d. BAB IV Kesimpulan dan Saran IV.1. Kesimpulan IV.2. Saran Bagian ini berisi kesimpulan dan saran. Dalam kesimpulan dikemukakan secara ringkas hasil yang diperoleh dari analisa dan Perancangan. Sedangkan saran mengemukakan rekomendasi tentang tindak lanjut dari temuan - temuan pada pembahasan. C. BAGIAN PENUTUP. Bagian akhir dari suatu laporan Praktek Kerja Lapangan adalah 1. DAFTAR PUSTAKA Memuat semua referensi yang digunakan dalam penulisan Laporan Praktek Kerja Lapangan 2. LAMPIRAN LAMPIRAN Memuat bahan - bahan rujukan yang dipergunakan maupun bahan pembantu untuk pembahasan yang tidak termuat di dalam bagian isi Laporan Praktek Kerja Lapangan. Dalam lampiran ini termasuk: a. Surat Permohonan PKL ke Bagian Program Studi (Fotocopy) b. Formulir Pendaftaran Judul PKL (Fotocopy) c. Surat Persetujuan Judul PKL (asli) d. Surat Pernyataan Bersedia Membimbing PKL dari Pembimbing PKL (asli) e. Surat Pernyataan Bersedia Membimbing PKL dari Pembimbing Perusahaan (asli) f. Kartu Absensi Praktek Kerja Lapangan (asli) g. Jadwal Bimbingan Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) h. Daftar Nilai PKL dari Dosen Pembimbing PKL (asli) i. Daftar Nilai PKL dari Dosen Pembimbing Perusahaan (asli) j. Rekap Nilai PKL (asli) k. Skedul Kegiatan Pelaksanaan PKL l. Surat Izin Praktek Kerja Lapangan (PKL) dari Perusahaan (Fotocopy) m. Surat Keterangan Selesai Praktek Kerja Lapangan (PKL) dari Perusahaan (Fotocopy) n. Dokumen atau data lampiran dari Perusahaan (jika ada) 3. PENGETIKAN DAN PENYAMPULAN LAPORAN PKL. a. Bahan yang digunakan. 1) Kertas yang digunakan untuk pengetikan Laporan Praktek Kerja Lapangan adalah kertas HVS 70 gram, ukuran A4 warna putih.

2) Untuk sampul luar ditetapkan sampul kertas (hard cover). Bahan yang digunakan adalah kertas buffalo atau linen dengan ketentuan : Warna Kuning untuk Program Studi D-III Pada Manajemen Informatika Warna Biru . untuk Program Studi Strata-1 Pada Sistem Informasi Warna Merah . untuk Program Studi Strata-1 Pada Teknik Informatika 3) Tiap bab diberi pembatas sesuai dengan warna sampul luar. b. Jumlah halaman Laporan Praktek Kerja Lapangan Jumlah halaman untuk Laporan Praktek Kerja Lapangan minimal 30 (tiga puluh halaman) halaman bagi Diploma III, tidak termasuk bagian pembukaan dan bagian penutup Laporan Praktek Kerja Lapangan c. Pengetikan 1) Lay-out kertas Lay-out untuk pengetikan naskah Laporan Praktek Kerja Lapangan harus dengan menggunakan komputer, dengan ketentuan sbb : - Pinggir atas : 4 sentimeter dari tepi kertas - Pinggir kiri : 4 sentimeter dari tepi kertas - Pinggir bawah : 3 sentimeter dari tepi kertas - Pinggir kanan : 3 sentimeter dari tepi kertas 2) Cara pengetikan. (1) Pengetikan hanya dilakukan pada satu muka kertas, tidak bolak - balik. (2) Jenis huruf yang digunakan adalah Times New Roman, ukuran 12. (3) Tinta pada komputer yang digunakan berwarna hitam. (4) Perbanyakan hasil ketikan atau print out komputer dilakukan dengan foto copy sejumlah yang ditetapkan. Bahan yang digunakan adalah kertas fotocopy A4. 3) Spasi. (1) Jarak antara baris yang satu dengan baris berikutnya adalah dua spasi. (2) Jarak antara penunjuk bab ( BAB I ) dengan tajuk Bab (PENDAHULUAN) adalah dua spasi. (3) Jarak antara tajuk BAB (Judul BAB) dengan teks pertama yang ditulis, atau antara judul BAB dengan judul anak BAB adalah empat spasi. (4) Jarak antara tjudul anak BAB dengan baris pertama teks adalah dua spasi, dan alinea teks diketik menjorok kedalam tujuh ketukan. (5) Jarak antara baris akhir teks dengan judul anak BAB berikutnya adalah dua spasi. (6) Jarak antara teks dengan tabel, gambar, grafik, diagram atau judulnya adalah dua spasi. (7) Alinea baru diketik menjorok kedalam tujuh ketukan dari margin kiri teks. Jarak antara alinea yang satu dengan alinea yang lain adalah dua spasi. (8) Penunjuk BAB dan judul selalu mulai dengan halaman baru. 4) Kutipan (1) Kutipan langsung (bisa dalam bahasa aslinya atau terjemahannya), yang terdiri tidak lebih dari empat baris, dimasukkan didalam teks jarak dua, diikuti dengan nama penulis, tahun dan halaman.

(2) Kutipan langsung (bisa dalam bahasa aslinya atau terjemahannya), yang terdiri dari lima baris atau lebih diketik terpisah dari teks, dengan jarak satu spasi dan menjorok masuk tujuh ketukan dari margin kiri teks, diikuti nama penulis, tahun dan halaman. (3) Jarak antara baris akhir teks dengan kutipan langsung tersebut pada butir dua diatas akhir kutipan langsung itu dengan baris awal teks berikutnya adalah dua spasi. (4) Penggunaan gagasan atau pemikiran seseorang penulis buku, artikel, dan sebagainya walaupun disusun dengan menggunakan kata - kata sendiri harus pula dicatumkan namanya (apabila perlu dapat pula dicantumkan judul karya tulisnya) dan tahun buku atau artikel itu ditulis, sesuaidengan kebiasaan penulisan pada masing - masing disiplin ilmu. d. Judul. 1) Tiap Judul diketik dihalaman baru dengan hurup capital ditempatkan ditengah dan tidak diberi garis bawah. 2) Tajuk dimaksud mencakup : - PRAKATA ATAU KATA PENGANTAR - DAFTAR ISI - DAFTAR TABEL - DAFTAR GAMBAR - DAFTAR BAGAN - DAFTAR LAMPIRAN - BAB I : PENDAHULUAN - BAB II : GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN - BAB III : ANALISA DAN PERANCANGAN - BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN - DAFTAR PUSTAKA e. Penomoran Bab, Anak Bab, dan Paragraf 1) Penomoran Bab pada penunjuk bab ( BAB I) Menggunakan angka romawi kapital, pengetikannya diletakkan ditengah ukuran huruf 14, Times New Roman. 2) Penomoran anak Bab dan paragraf menggunakan angka romawai dan angka biasa diketik pada margin sebelah kiri. (contoh: I.1. Latar Belakang) 3) Penomoran anak bab dan paragraf disesuaikan dengan nomor bab. f. Penomoran halaman 1). Halaman bagian pembukaan (1). Penomoran halaman bagian dalam pembuka Laporan Praktek Kerja Lapangan, mulai dari halaman judul bagian dalam, sampai dengan halaman DAFTAR LAMPIRAN (2) Halaman JUDUL bagian dalam dan halaman persetujuan Laporan Praktek Kerja Lapangan pembimbingan tidak diberi nomor urut halaman, tetapi diperhitungkan sebagai halaman i dan halaman ii (nomor halaman tersebut tidak diketik). (3) Nomor halaman diletakkan pada ( lajur ) atas sebelah kanan, berjarak tiga spasi dari margin atas (baris pertama teks pada halaman itu) dan angka terakhir nomor halaman itu lurus dengan margin kanan teks.

(4) Pada tiap halaman yang bertajuk, sampai dengan DAFTAR LAMPIRAN, nomor halaman diletakkan pada bawah persis di tengah-tengah, berjarak tiga spasi dari margin bawah kertas (dibawah baris akhir teks pada halaman itu). 2). Bagian isi Pemberian nomor pada bagian isi Laporan Praktek Kerja Lapangan ditetapkan seperti dibawah ini : (1) Penomoran bagian isi Laporan Praktek Kerja Lapangan, mulai dari BAB I PENDAHULUAN sampai dengan BAB V KESIMPULAN DAN SARAN menggunakan angka biasa dan letaknya dibawah. (2) Nomor halaman diletakkan pada sudut atas sebelah kanan, berjarak tiga spasi dari margin atas (di atas baris pertama teks pada halaman itu) dan angka terakhir nomor halaman itu lurus dengan margin kanan teks. (3) Pada tiap halaman yang bertajuk, mulai dari BAB I PENDAHULUAN sampai dengan BAB V PENUTUP nomor halaman diletakkan pada pias bawah persis di tengah -tengah, berjarak tiga spasi dari margin bawah (dibawah baris akhir teks pada halaman itu). 3). Bagian penutup Pemberian nomor pada bagian penutup Laporan Praktek Kerja Lapangan dilakukan sebagai berikut : (1) Penomoran bagian kesimpulan dan saran Laporan Praktek Kerja Lapangan dan DAFTAR PUSTAKA menggunakan angka biasa. (2) Nomor halaman diletakkan pada pias atas sebelah kanan berjarak tiga spasi dari margin atas (diatas baris pertama teks pada halaman itu ) dan angka terakhir nomor halaman itu lurus dengan margin kanan teks. (3) Pada tiap halaman yang bertajuk Kesimpulan dan Saran nomor halaman diletakkan pada pias bawah persis ditengah - tengah berjarak tiga spasi dari margin bawah (dibawah baris akhir teks pada halaman itu).

BAB IVCONTOH PENULISAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN I. PENDAHULUAN I.1. Latar Belakang Latar belakang menguraikan hal-hal, fakta atau fenomena yang terjadi dan diamati sewaktu melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL), sehingga diperoleh suatu alasan mengapa topik tertentu dipilih sebagai judul PKL. Disamping itu juga memuat berbagai perkembangan teori pada bidang tertentu yang dipilih. Seluruh hal tersebut diatas dikemukakan sedemikian rupa sehingga menunjukan bahwa PKL yang dimaksud berguna dan penting dilakukan. I.2. Ruang Lingkup Ruang lingkup menguraikan dan menetapkan batasan bidang yang akan diamati Perusahaan dimana PKL dilaksanakan. Diharapkan hal ini dapat menjadi bingkai yang menuntun para mahasiswa untuk mengidentifikasi system operasioal di Perusahaan tersebut maupun berbagai masalah yang mungkin terjadi. Jika ditemukan berbagai masalah maka sebaiknya dipilih salah satu yang dianggap paling memungkinkan untuk dirumuskan secara spesifik dan dapat dicari solusinnnya. I.2.1. Identifikasi Masalah I.2.2. Rumusan Masalah I.2.3. Batasan Masalah I.3. Tujuan Dan Manfaat Tujuan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) menguraikan tentang apa yang dicapai melalui pelaksanaan PKL. Oleh karena itu tujuan tersebut sebaiknya bersesuaian dengan fakta-fakta maupun permasalahan yang ditemui dilokasi/tempat PKL dilaksanakan. Manfaat pelaksanaan PKL akan mengemukakan hal-hal apa yang

dapat dipetik atau diperoleh selama pelaksanan PKL atau setelah masalah diselesaikan. dalam hal ini dinyatakan secara terperinci baik untuk kepentingan praktis di Perusahaan tersebut maupun untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan. I. 4. Metode Pengumpulan Data Secara umum dalam rangka mengumpulkan data yng diperlukan selama melaksanakan PKL, maka seorang peneliti dapat menggunakan metode sebagai berikut: a. Observation (pengamatan), yaitu melakukan penngamatan tentang berbagai hal menyangkut system kerja/operasional perusahaan dimana PKL dilaksanakan, pada bidang tertentu yang telah dipilih sebelumnya. b. Interview ( Wawancara ), yaitu melakukan wawancara/Tanya jawab kepada pihak-pihak dianggap kompoten di Perusahaan dimana PKL dilaksanakan sesuai dengan bidang yang diplilih. c. Quesioner ( Daftar Isian ), yaitu membuat beberapa pertanyaan yng harus diisi oleh orang-orang tertentu yang kompeten di Perusahaan dalam rangka mendapatkan Informasi yang diperlukan pada bidang yang dipilih. d. Sampling, yaitu meneliti dan memilih dokumen Perusahaan yang tersedia dan sesuai dengan bidang yang dipilih. I.5. Lokasi PKL Adalah tempat dimana mahasiswa melakukan penelitian berdasarkan bidang ilmu yang dimilikinya yaitu ditempat perusahaan/instansi. II. GAMBARAN UMUM INSTANSI / PERUSAHAAN II.1. Sejarah Singkat Perusahaan Berisikan tentang sejarah berdirinya Perusahaan, gambaran umum tentang jumlah dan spesifikasi sumber daya manusia/tenaga kerja, jenis produk / jasa yang dihasilkan dan proses produksi yang dilakukkan. II.2. Struktur Organisasi

Memuat struktur/bagian organisasi Perusahaan termasuk menyatakan Struktur Organisasi jenis yang bagaimana yang digunakan Perusahaan. Disamping itu juga menguraikan deskripsi jabatan secara umum yang terdapat diperusahaan tersebut serta personil yang ada dalam struktur organisasi. II.3. Mekanisme Sistem yang berlangsung. Pembahasan Sistem yang berlangsung pada instansi/perusahaan sesuai dengan judul. III. ANALISA DAN PERANCANGAN III.1. Analisa Masalah Dalam hal ini peserta mengamati sisten kerja operasional instansi/perusahaan tempat PKL, selama pengamatan dilakukan, diuraikan apa kelemahan yang dapat ditemukan atau ada permasalahaan pada bidang tertentu yang perlu mendapat perhatian. Hal tersebut dikemukakan berdasarkan perbandingan dengan ilmu yang dipelajari. III.1.1. Analisa Input Berisikan dokumen inputan yang berkaitan dengan masalah III.1.2. Analisa Proses Berisikan Alur Kegiatan yang dinyatakan dalam Flow Of Dokumen (FOD) III. Analisa Output Berisikan dokumen laporan yang berkaitan dengan masalah III.2. Mekanisme Sistem yang berjalan III.3. Evaluasi Sistem yang Berjalan III.4. Strategi Pemecahan Masalah

III.5. Perancangan Bagian ini memuat bagaimana usaha-usaha yang mungkin dilakukan untuk membahas / menganalisis dan mencari solusi/pemecahan dari kelemahan yang ditemukan atau permasalahan yang dihadapi perusahaan tersebut. III.5.1. Konteks Diagram III.5.2. Data Flow Diagram (DFD) III.5.3. Desain Form III.5.4. Normalisasi dan Desain Database III.5.4.1. Normalisasi III.5.4.2. Desain Database III.5.4.3. Relasi Tabel III.5.4.4. ERD III.5.5. Flowchat IV. KESIMPULAN DAN SARAN IV.1. Kesimpulan Memuat hal-hal tentang hasil pengamatan dan pembahasan yang dilakukan terhadap kelemahan ataupun masalah yang dihadapi. IV.2. Saran Menyajikan beberapa pendapat berupa saran yang dianggap berguna dan dapat mengatasi kelemahan yang ditemukan atau memberi solusi/pemecahan terhadap masalah yang dihadapi. DAFTAR PUSTAKA Daftar pustaka berisi semua sumber yang digunakan sebagai acuan atau rujukan dalam pelaksanaan penelitian. Penulisan daftar pustaka dilakukan tata cara sebagai berikut:

1. 2. 3.

Diketik 1 (satu) spasi dengan jarak 2 (dua) Spasi untuk sumber Disusun secara Alpabet (menurut abjad) dan tidak diberi nomor urut. Urutan penulisan : Nama penulis/pengarang, Tahun Terbit, judul buku

berikutnya.

(sumber informasi), Cetakan, Edisi, Tempat/Kota Penerbit, Judul buku, (sumber informasi) digaris bawahi atau dicetak dalam huruf miring. 4. a. Berbagai contoh penulisan Daftar Pustaka: Satu penulisan/pengarang: Djarwanto, PS, 1984, Pokok-pokok Metode Riset dan Bimbingan Teknis Penulisan Laporan, Cetakan Kelima, edisi Ketiga, Yogyakarta, Liberty. b. Dua penulis/pengarang

A.M. Kadarman dan Yusuf Udaya, 1994, Pengantar Ilmu Manajemen. Cetakan keempat, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. c. Tiga penulisan/pengarang atau lebih: Ridwan Yusuf, M.H., Marpaung, dkk, 1999, Penuntun Penulis Skripsi dan Paper, Andi, Semarang. d. Tidak ada penulis/pengarang: Sejarah Kalimantan Barat, Pontianak : Kapuas, 1981. e. Ikatan/Assosiasi sebagai penulis/penngarang: Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), 2001, Kampus Bisnis dan Keuangan Indonesia, LP-FEUI, Jakarta. Badan/Instansi Pemerintah sebagai penulis: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, 2001, Pedoman Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat oleh Perguruan tinggi, Erlangga , Jakarta. Badan/Instansi Swasta sebagai penulis: PT. Indosat, 1989, Pemasaran Jasa Komunikasi Indonesia, Gramedia, Jakarta Karya Terjemahan: Ivar Lisser, The Other Side Migdnight, Diterjemahkan oleh Intan Maria, Gramedia , Jakarta Buletin, Majalah: Adi Sumorta, 1989, Prospek Pasaran Ekspor Indonesia, hal, 68-84.

f.

g.

h.

i.

j.

Surat Kabar: Sarlito Wirrawan, 12 Januari 2001, Sosiologi Mahasiswa, Sinar Harapan, hal. VI, Ko;om 6-9. A. DAFTAR LAMPIRAN Daftar lampiran berisi hal-hal yang sifatnya melengkapi dan mendukung laporan terutama menyangkut analisis dan evaluasi. Daftar lampiran di cantumkan secara berurutan dan sistimatis sesuai dengan isi laporan tugas akhir. Pada halaman kiri atas ditulis lampiran 1,2,3 dst atau A,B,C dst secara konsisten. Sibawahnya ditulis nama/identitas lampiran tersebut.

BAB V ATURAN PENGETIKAN PKL A. Jenis dan Ukuran Kertas Laporan PKL diketik pada kertas HVS berukuran A4 dengan dua spasi. 1. Ruang Untuk Ketikan Ruang pada kertas yang tersedia untuk ketikan dibatasi sebagai berikut: 1. Jarak dari tepi atas 2. Jarak dari tepi bawah 3. Jarak dari tepi kiri 4. Jarak dari tepi kanan : 4 cm : 3 cm : 4 cm : 3 cm

B. Pengetikan Jarak antara Bab, Sub-Bab dan anak Sub-Bab serta kalimat pertamanya Jarak pengetikan adalah sebagai berikut: 1. 2. 3. 4. pertama Antara nomor Bab dengan nama Bab Antara nama Bab dengan Sub-Bab Antara Sub-Bab dengan anak Sub-Bab : : 2 spasi : 4 spasi : 2 spasi 2 spasi

Antara Sub-Bab maupun anak Sub-Bab dengan kalimat

C. Pengetikan Kalimat Setiap Alinea Pengetikan kalimat/teks PKL pada awal setiap alinea dimulai agak masuk kedalam sejauh 7 (tujuh) karakter.

D. Pengetikan Nomor Halaman Nomor halaman awal dimulai dari kata pengantar, daftar table, gambar dan lampiran. Pengetikan nomor halaman awal digunakan angka romawi kecil (i, ii, iv, dst ) dan diketik pada tengah halaman bagian bawah. Nomor halaman berikutnya (isi PKL) dimulai dari Bab I hingga Bab IV. Pengetikan untuk nomor halaman ini (isi PKL) digunakan angka arab (1, 2, 3, 4, dsb) dengan pengetikan sebagai berikut: 1. 2. Untuk setiap judul Bab, nomor halaman diketik sebelah bawah pada Untuk setiap halaman berikutnya, nomor halaman diketik disebelah bagian tengah. kanan atas halaman. F. Pengetikan Kutipan Teks/kalimat yangdikutip harus sesuai dengan hasilnya tanpa dikurangi. Cara pengetikan kutipan sangat banyak dan beragam, tetapi untuk keragaman dan konsistensi digunakan cara teknik berikut: 5. 6. 7. 8. 9. Subekti (1984) menyatakan bahwa Menurut Subekti (1984).. Halaman ini sesuai dengan pendapat Subekti (1984) yaitu.. Subekti dan Kansil (1984), berpendapat bahwa.. Subekti dan Kansil, dkk. (1988) mernyatakan bahwa

G. Pengetikan Nama Bab dan Bagian-Bagiannya Untuk keseragaman dan konsitensi, maka pengetikan nomor Bab dan bagianbagiannya dipergunakan cara berikut: No 1 2 3 4 5 Bab dan bagiannya Bab Sub-Bab Anak Sub-Bab (Seksi) Anak Seksi Pasal Penomoran I, II, III dst I.1, I.2, I.3, dst 1, 2, 3, dst a, b, c dst 1), 2), 3) dst

6 7 8

Anak Pasal Ayat Anak Ayat

a), b), c) dst (1), (2), (3) dst (a), (b), (c) dst

B.

Penomoran Tabel dan Gambar Lihat Tabel III.1 berada pada bab III tabel pertama. Penomoran tabel didasarkan pada Judul tabel diletakkan pada bagian kiri atas tabel. Contoh : Tabel III.1 Jumlah Siswa pada SMU 1 pada tahun ajaran 2004/2005 No 1 2 3 Kelas I II III Jumlah Siswa 100 200 300

Sumber : Nama Pengarang : Tahun Terbit: hal Cara tersebut diatas dapat digunakan untuk penulisan daftar isi dan bagianbagianya serta penulisan bab dan bagiannya dalam isi laporan PKL. CATATAN : tata cara pengetikan PKL sama dengan pengetikan Skripsi/TA.

Contoh sampul luar PKL. Lampiran 1 format sampul luar PKL.

Times New Roman / 14/bold/Capital

SISTEM INFORMASI PENJUALAN PT. MAJU MEDAN

Times New

Roman /12/bold /

Capital

LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN

Oleh:

Times New Roman / 12

Times New Roman / 12/ Bold/Kapital

KALAMULLAH NIM. XXXXXXXX

Logo 5x5

Times New Roman / 14/ Bold/Kapital

JENJANG PENDIDIKAN ............... PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER STMIK POTENSI UTAMA

MEDAN Lampiran 2 Lembaran Pengesahaan PKL LEMBAR PENGESAHAANTimes New Roman / 12/Bold/Kapital

SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA PT. MAJU MEDAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN Salah Satu Syarat Untuk Penulisan ................. Pada Program Studi ___________________ Jenjang Pendidikan __________Times New Roman / 14/Bold/Kapital

Times New Roman / 12/Bold/Title Case

OLEH : KALAMULLAH 03300001 Disetujui Oleh: Ketua Program Studi Dosen Pembimbing

(.) Disyahkan Oleh: Pembantu Ketua I

(....)

(.) Contoh Kata Pengantar PKL

2 Spasi

KATA PENGANTAR

Satu Tab (1.27cm)

Times New Roman / 14/ Bold/Kapital

Ucapan syukur-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------(Mengapa PKL dilakukan)-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------(Dimana PKL dilakukan)-------------------------------------------------------------------------------------Ucapan terima kasih-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------1. --------------------, selaku Pembimbing-------------------------------------------2. --------------------, selaku Ketua Yayasan ------------------------------------------3. --------------------, selaku Ketua BPH STMIK Potensi Utama---------------------4. --------------------, selaku Ketua STMIK Potensi Utama----------------------------5. --------------------, Puket I--------------------------------------------------------------6. --------------------, Ketua Program Studi---------------------------------------------7. Perusahaan ---------------------------------------8. ---------------------------------------------9. ---------------------------------------------Kekurangan dan kelebihan--------------------------------------------------------------------Times New Roman/12 1 Spasi

Medan, bulan-tahun Penulis,

Kalamullah

Lihat Kata pengantar

Contoh Daftar isi PKL DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ........................................................................................i DAFTAR ISI .......................................................................................................ii DAFTAR GAMBAR........................................................................................... DAFTAR TABEL ............................................................................................... DAFTAR LAMPIRAN....................................................................................... BAB I. PENDAHULUAN ................................................................................. I.1. Latar Belakang PKL......................................................................... I.2. Tujuan dan Manfaat PKL ................................................................. I.3. Ruang Lingkup.................................................................................. I.4. Metode Pengumpulan Data............................................................... I.5. Lokasi PKL....................................................................................... BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN ............................................. II.1. Sejarah Singkat Perusahaan ............................................................ II.2. Struktur Organisasi.......................................................................... II.3. Mekanisme Sistem yang berjalan.................................................... BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN ................................................... III.1. Analisa Masalah............................................................................. III.2. Perancangan................................................................................... BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN ........................................................... IV.1. Kesimpulan ................................................................................... IV.2. Saran............................................................................................... DAFTAR PUSTAKA ......................................................................................... LAMPIRAN Spasi 1

Lihat Kata pengantar

DAFTAR GAMBAR

Gambar II.1. Struktur Organisasi PT.________ ................................................... Gambar II.1. ---------..............................................................................................

DAFTAR TABELTabel II.1. Tabel Daftar Barang yang dipasarkan PT.________........................... Tabel II.1. ---------.................................................................................................

Lihat Kata pengantar

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran-1 Data Penjualan Per Tahun................................................................. Lampiran-2. ..........................................................................................................

BAB IUntuk SubBab Font: Times New Roman Ukuran : 12 Spasi : 2 Spasi

PENDAHULUAN

Untuk Judul BAB Font: Times New Roman Ukuran : 14 Spasi : 2 Spasi

I.1. Latar Belakang PKL Berisikan tentang alasan dilakukan PKL dan alasan pemilihan judul serta perusahaan yang akan ditinjau.

I.2. Ruang Lingkup PKL Berisikan data-data apa saja yang akan dikumpulkan untuk tujuan PKL ini.

I.2.1. Identifikasi Masalah Berisikan temuan masalah berdasarkan dari pengamatan yang dilakukan oleh penulis.

I.2.2. Rumusan Masalah Berisikan bagaimana masalah tersebut diselesaikan.

I.2.3. Batasan Masalah

Batasan-batasan masalah dari sistem yang akan dirancang.

I.3. Tujuan dan Manfaat I.3.1. Tujuan Berisikan tujuan dari pada penulisan dari laporan PKL yang dilaksanakan.

I.3.2. Manfaat Berisikan manfaat dari pada penulisan dari laporan PKL yang dilaksanakan.

I.4. Metode Pengumpulan Data Berisikan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data ataupun bahan lainnya yang terkait.

I.5. Lokasi PKL Berisikan lokasi pelaksanaan PKL serta lokasi lainnya yang menjadi pendukung daripada PKL yang dilakukan.

BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

II.1. Sejarah Singkat Perusahaan Berisikan tentang sejarah berdirinya perusahaan, gambaran umum tenaga kerja, gambaran umum produksi yang dilakukan, gambaran umum produk yang dipasarkan.

II.2. Struktur Organisasi Berisikan bagan perusahaan beserta diskripsi jabatan secara umum yang terdapat pada perusahaan tersebut.

II.3. Mekanisme Sistem Yang Berjalan Berisikan sistem apa yang sudah digunakan oleh perusahaan, apa sudah menggunakan sistem yang telah terprogram komputer ataupun masih bersifat manual untuk mekanisme sistem yang ada.

BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN

III.1. Analisa Masalah Berisikan tentang hasil pengumpulan semua data serta metode pengolahan data yang berlaku pada perusahaan yang terkait dengan tujuan dan ruang lingkup yang diuraikan sebelumnya.

III.1.1. Analisa Input Berisikan dokumen inputan yang berkaitan dengan masalah III.1.2. Analisa Proses Berisikan Alur Kegiatan yang dinyatakan dalam Flow Of Dokumen (FOD) III.1.3. Analisa Output Berisikan dokumen laporan yang berkaitan dengan masalah III.2. Evaluasi Sistem yang Berjalan Berisikan kelemahan dan kelebihan dari sistem yang berjalan III.3. Strategi Pemecahan Masalah

Berisikan metode pemecahan masalah dari kekurangan sistem yang berjalan.

III.4. Perancangan Berisikan hasil pengumpulan data dan dibandingkan dengan metode yang digunakan pada perusahaan tersebut dengan metode yang terdapat pada teori. Uraikan juga keunggulan dan kelemahan daripada metode/sistem yang dilaksanakan perusahaan tersebut.

III.4.1. Konteks Diagram Berisakan alur data yang akan dirancang, berisikan arus data dari entitas ke sistem dan dari sistem ke entitas.

III.4.2. Data Flow Diagram (DFD) Berisikan arus data dari entitas ke proses (pengembangan dari diagram konteks)

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN

IV.1. Kesimpulan Berisikan kesimpulan dari hasil analisa deskriptif terhadap data yang diperoleh dari pengamatan yang dilakukan pada lokasi PKL. (Kesimpulan bukan dari hasil pengamatan).

IV.2. Saran Berisikan hal-hal yang dianggap penting untuk diperhatikan atau dijalankan pada masa yang akan datang untuk kesempurnaan jalannya sistem.

DAFTAR PUSTAKAA.M. Kadarman dan Yusuf Udaya, 2001, Pengantar Ilmu Manajemen, Cetakan keempat, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Djarwanto, PS, 2009, Pokok-pokok Metode Riset dan Bimbingan Teknis Penulisan Laporan, Cetakan Kelima, edisi Ketiga, Liberty, Yogyakarta.

Daftar Pustaka diatas Tahun 2000

STMIK POTENSI UTAMATitle:

Document No. : F-PK1-02-10 Revision No. : 00 Date of Issue : 01 Juli 2009 Page : 1 of 1

JADWAL BIMBINGAN LAPORAN PKL

JADWAL BIMBINGAN LAPORAN PKL Nama Mahasiswa NIM Program Studi Judul : : ... : : .. .. NO TANGGAL MATERI BIMBINGAN T. TANGAN PEMBIMBING

Ketua Program Studi

Dosen Pembimbing

(.)

Document No. : F-PK1-02-09 (..) Revision No. : 01 STMIK POTENSI UTAMA Date of Issue : 01 Juli 2009 Page : 1 of 1 Title: SURAT PERSETUJUAN JUDUL PKL

SURAT PERSETUJUAN JUDUL PKL

1. Nama Mahasiswa 2. NIM 3. Program studi 4. Jenjang studi 5. Judul

: .. : .. : .. : .. : ..

Medan , Diketahui oleh , Ketua Program Studi . Disetujui oleh, Dosen Pembinbing

()

( .. )

STMIK POTENSI UTAMATitle:

Document No. : F-PK1-02-06 Revision No. : 01 Date of Issue : 01 Juli 2009 Page : 1 of 1

SURAT PERNYATAAN BERSEDIA MEMBIMBING PKL SURAT PERNYATAAN BERSEDIA MEMBIMBING PKL Saya yang bertanda tangan dibawah ini Nama Jabatan Alamat : .. : .. : .. Pangkat/ Golongan : ..

Dengan ini menyatakan kesedian saya untuk memberikan bimbingan PKL atas nama mahasiswa berikut: Nama NIM Program Bidang Studi Jenjang Pendidikan : . : . : . : .

Demikian surat pernyataan diperbuat dengan sebenarnya untuk dapat digunakan seperlunya

Medan,20

(.) Document No. : F-PK1-02-08 Revision No. : 01 STMIK POTENSI UTAMA Date of Issue : 01 Juli 2009 Page : 1 of 1 Title: DAFTAR NILAI PESERTA PKL DARI PEMBIMBING PERUSAHAAN LAPORAN NILAI PESERTA DARI PERUSAHAAN /INSTANSI TEMPAT PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN Nama Perusahaan /Instansi Alamat No. Telp/Fax Pemb. lapangan Jabatan Nama Mahasiswa NIM Program Studi Tanggal mulai PKL Tanggal selesai PKL Faktor yang Dinilai 1. Disiplin 2. Kerapian 3. Insiatif 4. Motivasi 5. Kerjasama Total Nilai : : : : : : : : : : Nilai Huruf

Angka

Komentar dari Perusahaan/ Instansi tempat PKL : ....................................... .......................................

....................................... Pimpinan Perusahaan

STMIK POTENSI UTAMATitle:

Document No. : F-PK1-02-11 Revision No. : 01 (Nama) Date of Issue :Jabatan 2009 01 Juli Page : 1 of 1

DAFTAR NILAI PKL DARI DOSEN PEMBIMBING

LAPORAN NILAI PESERTA DARI DOSEN PEMBIMBING PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) Dosen Pembimbing Jabatan Nama Mahasiswa NIM Program Studi Tanggal mulai PKL Tanggal selesai PKL : ......................................................................................... : ......................................................................................... : ......................................................................................... : ......................................................................................... : ......................................................................................... : ......................................................................................... : ......................................................................................... Nilai Huruf

Faktor yang Dinilai Sistematika Penulisan Laporan PKL Bahasa Penulisan Laporan PKL Relevansi Laporan PKL Disiplin dan Kemandirian Mahasiswa Kerapian dan Kesopanan Total

Angka

Catatan

: ..................................................................................................................... ..................................................................................................................... ..................................................................................................................... Dosen Pembimbing ()

STMIK POTENSI UTAMATitle:

Document No. : F-PK1-02-06 Revision No. : 01 Date of Issue : 01 Juli 2009 Page : 1 of 1

REKAP NILAI PKL

NILAI PRAKTEK KERJA LAPANGAN Nama Mahasiswa NIM Program Studi Jenjang Pendidikan : : : :

Penilaian : 1. Nilai Lapangan (50%) 2. Nilai Laporan (50%) No UraianLaporan 1 Pembimbing Kriteria Penilaian Laporan PKL Perusahaan 2 Pembimbing Perusahaan Total Nilai Rata-Rata Nilai Akhir Nilai Yudisium Disiplin Keterampilan Kerapian Inisiatif Kerjasama Sistematika Penulisan Laporan PKL

Kriteria Penilaian Laporan PKLBahasa Penulisan Laporan PKL Relevansi Laporan PKL Disiplin dan Kemandirian Mahasiswa Kerapian dan Kesopanan

RataRata

.....

Pembimbing Perusahaan ( .. )

Medan, Pembanding ( .. )

disetujui, Ketua Program Studi .. ( ..) Interval penilaian 1. A (80-100 ) 2. A- (77.5-79.99 ) 3. B+ ( 75-77.49) 5. B- (67.5-69.99 ) 6. C+ (65-67.49) 7. C (60-64.99) 9. E (10-49) 4. B (70-74,99) 8. D (50-59)

STMIK POTENSI UTAMATitle:

Document No. : F-PK1-02-06 Revision No. : 01 Date of Issue : 01 Juli 2009 Page : 1 of 1

DAFTAR HADIR PKL

KARTU ABSENSI PRAKTEK KERJA LAPANGAN Nama Mahasiswa Semester NIM Program Studi Lokasi PKL .................................................................................. .................................................................................. .................................................................................. .................................................................................. .................................................................................. .................................................................................. .................................................................................. WAKTU T. TANGAN TANGGAL PEMBIMBING MASUK PULANG1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24

: : : : :

NO 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24

HARI

Medan, Pembimbing Perusahaan (stempel) (.) Catatan : 1. 2. Kartu absensi ini harap dibawa setiap hari sewaktu PKL Kartu absensi ini harap diisi sesuai pelaksanaan

SKEDUL KEGIATAN PELAKSANAAN PKL/TP D-3 dan S-1 No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16Catatan:

Tanggal 01 Mei 2011 06 Juni 2011 03 Juni 2011 10 Juni 2011 08 Juni 2011 17 Juni 2011 05 Juni 2011 20 Juni 2011 26 Juni 2011 08 Juli 2011 10 Juli 2011

s/d s/d s/d s/d s/d

Kegiatan Mulai mencari lokasi PKL Mengambil surat pengantar dari Ketua STMIK Surat balasan dari perusahaan sudah harus diterima Lokasi PKL sudah harus diperoleh Ujian UAS Perkuliahan dan persiapan PKL Pelaksanaan PKL/ Pemberangkatan Peserta PKL Melakukan Tugas PKL Melakukan Tugas PKL Mulai menulis laporan, sambil melaksanakan PKL Penyerahan dan pemeriksaan laporan ke Dosen Pembimbing /ACC Penyerahan dan pemeriksaan laporan ke Dosen Pembimbing /ACC Penyerahan dan pemeriksaan laporan ke Dosen Pembimbing /ACC Penyerahan dan pemeriksaan laporan ke Dosen Pembimbing /ACC Revisi/Perbaikan (di setujui oleh pembimbing) Revisi dan cetak lux Laporan PKL Penyerahan Laporan PKL ke lembaga dan perusahaan

10 Juli 2011 s/d 10 Agustus 2011 15 Juli 2011 s/d 19 Agustus 2011 19 s/d 21 Agustus 2011 22 Agustus s/d 24 Agustus 2011 22 Agustus s/d 24 Agustus 2011 31 Agust 2011 01, 02 September 2011 04 September 2006 s/d 09 September 2011 04 s/d 09 September 2011 11 September 2006 s/d 16 September 2011

Jadwal diatas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebutuhan