FOLIO Peraturan FUTSAL

download FOLIO Peraturan FUTSAL

of 29

  • date post

    26-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    205
  • download

    7

Embed Size (px)

Transcript of FOLIO Peraturan FUTSAL

Peraturan 1 Padang Ukuran Padang harus persegi panjang. Panjang garis batas kanan dan kiri lapangan (touch line) harus lebih panjang dari garis gawang. Ukuran : Panjang : Minimum 25 m Maksimum 42 m Lebar : Minimum 15 m Maksimum 25 m Padang Internasional Panjang : Minimum 38 m Maksimum 42 m Lebar : Minimum 18 m Maksimum 25 m Tanda/Batas Padang Padang ditandai dengan garis-garis yang melekat pada lapangan dan garis-garis tersebut berfungsi sebagai pembatas. Dua garis terluar yang lebih panjang disebut sebagai garis pembatas lapangan. Dua garis yang lebih pendek disebut garis gawang. Semua garis memiliki lebar 8 cm. Lapangan dibahagi menjadi dua yang dibelah oleh garis tengah lapangan. Tanda/titik tengah ditandai dengan sebuah titik ditengah-tengah garis tengah lapangan. Titik tengah dikelilingi oleh sebuah lingkaran dengan radius 3 meter. Lapangan dan perangkatnya adalah seperti diperlihatkan dalam gambar dibawah ini :

Gelanggang Futsal

Wilayah penalti Wilayah (daerah) pinalti ditentukan pada setiap sisi akhir dari lapangan sebagai berikut: Seperempat lingkaran dengan radius 6 meter digambarkan berada ditengah-tengah pada garis gawang. Seperempat lingkaran digambarkan dari garis gawang sampai bertemu dengan garis bayangan yang digambarkan berada ditengah pada sudut kanan padagaris gawang dari sisi luar posisi tiang gawang. Bagian atas dari masing-masing seperempat lingkaran dihubungkan oleh garis sepanjang 3.16 meter yang membentang sejajar dengan garis gawang. Garis kurva yang terbentuk merupakan garis terluar dari daerah pinalti yang dikenal sebagai Garis Wilayah Pinalti.

Titik pinalti Titik pinalti berjarak 6 meter dari titik tengah antara posisi tiang gawang vertikal dan jaraknya sama diantara kedua tiang tersebut. Titik pinalti kedua Titik pinalti kedua berjarak 10 meter dari titik tengan antara posisi tiang gawang vertical dan jaraknya sama diantara kedua tiang tersebut.

Kawasan sudut

Seperempat lingkaran dengan radius 25 cm di setiap sudut lapangan.

PERATURAN 2 BOLASifat dan ukuran Bola adalah : berbentuk bulatan sempurna; terbuat dari kulit atau bahan lainnya yang layak untuk itu; keliling bola tidak kurang dari 62 cm dan tidak lebih dari 64 cm; pada saat pertandingan dimulai, berat bola minimum 400 gram dan maksimum 440 gram; memiliki tekanan sama dengan 0,4-0,6 atmosfir (400-600/cm2) pada permukaan laut.

Pengantian bola cacat Jika pecah atau menjadi cacat dalam sebuah pertandingan: Pertandingan dihentikan Pertandingan dilanjutkan kembali denagn menjatuhkan bola pengganti pada tempat dimana bola pertama cacat. Jika bola pecah menjadi cacat sementara tidsak dalam permainan (pada saat permainan dimulai, tendangan gawang, tendangan sudut, tendangan penalty atau tendangan kedalam): Pertandingan akan dilanjutkan kembali sesuai peraturan pertandingan sebagaimana biasanya.

Bola tidak dapat diganti selama pertandingan tanpa izin wasit. Keputusan dan penegasan 1. bola dari bahan yang berbulu tidak diperbolehkan dalam pertandingan internasional. 2. bola tidak boleh melambung dari permukaan lapangan kurang dari 50 cm dan tidak boleh lebih dari 65 cm ketika dijatuhkan dari ketinggian dari 2 meter. Didalam kejuaraan, hanya bola yang memenuhi persyaratan teknis minimum sebagaimana ditentukan dalam peraturan 2 yang boleh yg dipakai. Didalam pertandingan kompetisi FIFA dan kompetisi organisasi dibawah naungan dari konfederasi, pengguna bola futsal untuk dipakai adalah tergantung kepada salah satu persyaratan ketentuan pemakaian bola futsal dari ketiga ketetapan yang ditandai dengan pencantuman logo/tanda,sebagai berikut: Lambang Resmi dari FIFA APROAVED atau lambang : FIFA INSPECTED atau Referensi : INTERNASIONL STANDAR MATCBALL Sebuah ketetapan seperti didalam sepak bola/futsal menunjukan bahwa bola tersebut telah secara resmi diuji dan telah sesuai dengan persyaratan teknis yang telah ditentukan sebelumnya, berbeda untuk setiap kategori dan tambahan kepada spesifikasi minimum seperti yang telah ditentukan di dalam peraturan no.2 dari daftar ketentuan persyaratan tambahan kepada setiap dari kategori masing-masing akan dikeluarkan oleh FIFA. Institusi yang akan mengadakan pengujian ditunjuk oleh FIFA. Kompetisi Asosiasi dapat mempersyaratkan penggunaan ketentuan bola setiap satu dari ketiga ketetapan . dalam semua pertandingan , bola yang digunakan harus memenuhi persyaratan No.2. Apabila asosiasi memberlakukan ketentuan bola dengan lambing FIFA APPRROVED Atau FIFA INSPECTED untuk kompetisinya sendiri,asosiasi harus juga mengijinkan penggunaan dari ketentuan bola dengan ketentuan bola fengan referensi International Matchball standar bebas royalty. Didalam pertadinagn kompetisi FIFA dan didalam pertandingan kompetisidi bawah naungan-naungan konfederasi asosiasi-asosiasi,tidak diizinkan adanya iklan komersil semacam apapun pada bola, kecuali untuk tanda kompetisi, pelaku/penyedia kompetisi resmi dari pemiliknya/pembuatnya.Peraturan kompetisi dapat membatasi ukuran dan jumlah dari logo-logo/tanda-tanda tersebut.

PERATURAN 3 JUMLAH PEMAINPemain Setiap pertandingan dimainkan oleh dua tim, setiap tim terdiri dari tidak lebih dari lima pemain, salah satu diantaranya adalah penjaga gawang. Prosedur Pergantian Pemain Pergantian pemain dapat digunakan di dalam setiap pertandingan yang dimainkan di bawah peraturan dari Kompetisi Resmi pada tingkat FIFA, konfederasi atau asosiasi.

Jumlah maksimum pemain pengganti (cadangan) adalah tujuh pemain. Jumlah pergatian pemain selama pertandingan adalah tidak terbatas. Seorang pemain yang telah digantikan dapat kembali ke lapangan sebagai pemain pengganti untuk pemain lainnya. Pergantian pemain dilakukan ketika bola masih berada di dalam atau keluar dari lapangan permainan dan kondisi berikut adlah yang perlu diperhatikan : Pemain meninggalkan lapangan harus dilakukan dari zona atau wilayah pergantian timnya sendiri.

Pemain yang memasuki lapangan harus juga melakukannya dari zona wilayah penggantiannya sendiri tetapi tidak sampai pemain yang meninggalkan lapangan telah melewati garis pembatas lapangan. Penggantian pemain sangat bergantung pada kewenangan dan jurisdiksi dari wasit apakah dipanggil untuk bermain atau tidak. Penggantian dianggap selesai ketyika pengganti masuk ke dalam lapangan, dimana saat itu dia menjadi pemain aktif dan pemain yang digantikan olehnya berhenti berperan sebagai seorang pemain aktif. Penjaga gawang dapat berganti tempat dengan setiap pemain lainnya. Pelanggaran dan Sanksi Jika sementara penggantian pemain sedang dilakukan, pemain pengganti memasuki lapangan sebelum pemain yang digantikannya belum meninggalkan lapangan maka : pemain di berhentikan; pemain yang digantikan diintruksikan untuk meninggalkan lapangan; pengganti diberi peringatan dan diberikan kartu kuning; Permainan diulang kembali dengan sebuah tendangan bebas tidak langsung yang diambil oleh tim lawannya dari tempat dimana bola berada ketika permainan dihentikan. Jika bola berada di dalam wilayah pinalti, tendangan bebas tidak langsung dilakukan dari garis wilayah pinalti pada tempat terdekat dengan posisi dari bola saat permainan diberhentikan. Jika sementara penggantian pemain dilakukan, pemain pengganti memasuki lapangan atau seorang pemain yang digantikan meninggalkan lapangan bukan dari tempat zona penggantian pemain timnya sendiri, maka :

Permainan dihentikan; Pemain yang melakukan kesalahan diperingati dan diberikan kartu kuning; Permainan diulang kembali dengan sebuah tendangan bebas tidak langsung yang diambil oleh tim lawanya dari tempat dimana bola berada ketika permainan dihentikan. Bagaimanapun juga jika bola berada di dalam wilayah pinalti, tendangan bebas tidak langsung dilakukan dari garis wilayah pinalti

pada tempat terdekat kepada posisi dari bola ketika permainan yang sedang berlangsung dihentikan. Keputusan dan penegasan 1. pada awal permainan, setiap tim harus bermain dengan lima pemain. 2. Jika, dalam satu kejadian beberapa pemain dikeluarkan, pemain yang tersisa darisatu tim lebih sedikit dari tiga pemain (termasuk penjaga gawang), maka pertandingan harus dibatalkan.

PERATURAN 4 PERLENGKAPAN PEMAINKeselamatan Seorang pemaian dilarang keras menggunakan perlengkaoan atau menggunakan segala yang membahayakan dirinya atau pemain lainnya,termasuk setiap jenis perhiasan. Perlengkapan dasar Perlengkapan dasar yang diwajibkan dari seorang pemain adalah: seragam atau pakaian; celana pendek jika celana pendek berbahan panas yang dipakai, warnanya harus sama dengan warna utama; kaos kaki; pengaman kaki; alas kaki (sepatu)- jenis sepatu yang diizinkan adalah sepatu kanvas atau kulit lembut atau sepatu gymnastic dengan alas yang terbuat dari karet atau bahan sejenisnya. Seragam atau Pakaian Nomor/angka 1 sapai dengan 15 orang harus tampak di belakang/punggung dari seragam dari seragam/pakaian pemain.

Warna dari nomor/angka harus kontras/berbeda dengan jelas dengan warna seragam. Untuk pertandingan internasional, nomor/angka harus juga terlihat di bagian depan seragam/pakaian pemain dalam ukuran yang lebih kecil. Pengaman kaki (Shinguard) Seluruh bagiannya harus dapat ditutupi oleh kaos kaki; Harus terbuat dari bahan-bahan yang layak (karet, plastic atau bahan-bahan sejenisnya); Harus memberikan tingkat perlindungan yang cukup.

Penjaga Gawang Penjaga gawng diperbolehkan untuk menggunakan celana panjang. Setiap penjaga gawang harus menggunakan warna yang dapat secara mudah membedakan diriya dari pemain lainnya dan Wasit. Jika seorang pemain yang berada diluar lapangan menggantikan seorang penjaga gawang, baju seragam penjaga gawang yang dipakai oleh pemain harus ditandai dengan nomor punggung pemain itu sendiri. Pelanggaran dan Sanksi Untuk setiap pelanggaran dari Peraturan ini : Pemain yang melakukan kesalahan diinstruksikan oleh wasit untuk meninggalkan lapangan untuk melengkapi salah satu perlengkapan yang belum dipaka