Filter Pasif dan Filter Aktif.docx

download Filter Pasif dan Filter Aktif.docx

of 21

  • date post

    26-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    78
  • download

    2

Embed Size (px)

Transcript of Filter Pasif dan Filter Aktif.docx

FILTER PASIF DAN FILTER AKTIFMAKALAHDisusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Elektronika Telekomunikasi

Disusun Oleh:Bayu Ramadhan H.115060301111032Dandy Budi Kusuma115060301111027Farhan Kurniawan115060300111007Hafis Pradana Putra115060300111020Hanif Yahya Muhtadin115060301111010Irfan Mujahidin115060301111021

Jurusan Teknik ElektroFakultas TeknikUniversitas BrawijayaMalang2014

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat dan kasih karunia-Nyalah sehingga kami dapat menyelesaikan makalah mengenai Filter Pasif dan Filter Aktif ini tepat pada waktunya. Di mana makalah ini diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Elektronika Telekomunikasi.Pada kesempatan ini kami juga tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih untuk semua bimbingan, arahan, dukungan dari berbagai pihak yang membantu sehingga makalah Filter Pasif dan Filter Aktif ini dapat selesai.Kami menyadari bahwa penulisan makalah mengenai Filter Pasif dan Filter Aktif ini masih sangat sederhana dan masih belum sempurna, sehingga kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.Akhir kata kami mengucapkan terima kasih, semoga penulisan makalah mengenai Filter Pasif dan Filter Aktif ini dapat bermanfaat dan diterima dangan baik.

Malang, Mei 2014

Penulis

DAFTAR ISIKATA PENGANTAR ...............................................................................iDAFTAR ISI ..............................................................................................iiBAB I PENDAHULUAN .........................................................................11.1 LATAR BELAKANG .........................................................................11.2 RUMUSAN MASALAH ....................................................................11.3 TUJUAN PENULISAN ......................................................................2BAB II PEMBAHASAN ..........................................................................32.1 FILTER ...............................................................................................32.2 FILTER PASIF ...................................................................................42.2.1 Low pass filter ...........................................................................52.2.2 High pass filter ...........................................................................62.2.3 Band pass filter ..........................................................................72.2.4 Stop band filter ..........................................................................82.3 FILTER AKTIF ....................................................................................92.3.1 Filter Lolos Bawah (Low Pass Filter) ........................................92.3.2 Filter Lolos Atas (High Pass Filter) ...........................................102.3.3 Filter Lolos Pita (Band Pass Filter) ...........................................112.3.4 Filter Tolak Rendah (Band Stop Filter) .....................................12BAB III PENUTUP ..................................................................................143.1 KESIMPULAN ....................................................................................143.2 SARAN ................................................................................................14DAFTAR PUSTAKA ..............................................................................15

elektronika telekomunikasi_filer aktif dan filter pasif15

BAB IPENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANGDalam pemrosesan sinyal, filter juga berarti penyaringan. Dalam hal ini Filter adalah sebuah alat atau proses untuk menyaring suatu komponen atau fitur yang tidak diinginkan dari sebuah sinyal dengan cara menghapus komponen yang tidak diinginkan tersebut. Jadi, filter menangkap frekuensi yang dibutuhkan dan membuang frekuensi yang tidak dibutuhkan. Tujuannya adalah mengurangi kebisingan. Filter tidak hanya digunakan pada frekuensi domain, dalam pengolahan gambar pun filter dapat digunakan. Filter adalah suatu rangkaian yang digunakan untuk membuang tegangan output pada frekuensi tertentu. Untuk merancang rangkaian filter dapat digunakan komponen pasif (R,L,C) dan komponen aktif (Op-Amp, transistor). Dengan demikian filter dapat dikelompokkan menjadi filter pasif dan filter aktif. Pada makalah ini akan dibahas mengenai filter pasif dan filter aktif.

1.2 RUMUSAN MASALAHAdapun masalah yang diangkat berdasarkan latar belakang adalah sebagai berikut. Apakah yang maksud Filter? Apa saja jenis Filter? Bagaimana Rangkain Filter? Apa kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis Filter?

1.3 TUJUAN PENULISANAdapun tujuan dari penulisan ini adalah sebagai berikut. Mengetahui pengertian Filter. Mengetahui jenis-jenis Filter. Mengetahui Rangkaian Filter. Mengeahui kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis Filter.

BAB IIPEMBAHASAN

2.1 FILTERFilter adalah suatu device yang memilih sinyal listrik berdasarkan pada frekuensi dari sinyal tersebut. Filter akan melewatkan gelombang/sinyal listrik pada batasan frekuensi tertentu sehingga apabila terdapat sinyal/gelombang listrik dengan frekuensi yang lain (tidak sesuai dengan spesifikasi filter) tidak akan dilewatkan. Rangkaian filter dapat diaplikasikan secara luas, baik untuk menyaring sinyal pada frekuensi rendah, frekuensi audio, frekuensi tinggi, atau pada frekuensi-frekuensi tertentu saja.Filter adalah suatu sistem yang dapat memisahkan sinyal berdasarkan frekuensinya; ada frekuensi yang diterima, dalam hal ini dibiarkan lewat; dan ada pula frekuensi yang ditolak, dalam hal ini secara praktis dilemahkan. Hubungan keluaran masukan suatu filter dinyatakan dengan fungsi alih (transfer function).Pada dasarnya filter dapat dikelompokkan berdasarkan response (tanggapan) frekuensinya menjadi 4 jenis:1. Filter lolos rendah/ Low pass Filter.2. Filter lolos tinggi/ High Pass Filter.3. Filter lolos rentang/ Band Pass Filter.4. Filter tolah rentang/Band stop Filter or Notch Filter.Magnitude (nilai besar) dari fungsi alih dinyatakan dengan |T|, dengan satuan dalam desibel (dB). Filter dapat diklasifikasikan menurut fungsi yang ditampilkan, dalam term jangkauan frekuensi, yaitu passband dan stopband. Dalam pass band ideal, magnitude-nya adalah 1 (= 0 dB), sementara pada stop band, magnitude-nya adalah nol.Berdasarkan hal ini filter dapat dibagi menjadi 4, yaitu1. Filter lolos bawah (low pass filter), pass band berawal dari w = 2pf = 0 radian/detik sampai dengan w = w0 radian/detik, dimana w0 adalah frekuensi cut-off.2. Filter lolos atas (high pass filter), berkebalikan dengan filter lolos bawah, stop band berawal dari w = 0 radian/detik sampai dengan w = w0 radian/detik, dimana w0 adalah frekuensi cut-off.3. Filter lolos pita (band pass filter), frekuensi dari w1 radian/detik sampai w2 radian/detik adalah dilewatkan, sementara frekuensi lain ditolak.4. Filter stop band, berkebalikan dengan filter lolos pita, frekuensi dari w1 radian/detik sampai w2 radian/detik adalah ditolak, sementara frekuensi lain diteruskan.

2.2 FILTER PASIFFilter ini banyak digunakan untuk memberikan sirkuit seperti amplifier, osilator dan sirkuit power supply karakteristik frekuensi yang diperlukan.Beberapa contoh diberikan di bawah ini.Mereka menggunakan kombinasi dari R, L dan CInduktor dan Kapasitor bereaksi terhadap perubahan frekuensi dengan cara yang berlawanan.Melihat sirkuit untuk filter lolos rendah, baik LR dan kombinasi CR menunjukkan telah efek yang sama, tapi perhatikan bagaimana posisi L dan C tempat perubahan dibandingkan dengan R untuk mencapai hasil yang sama.Kelebihan filter pasif dibanding filter aktif adalah dapat digunakan untuk frekuensi tinggi. Namun kekurangannya adalah dimensinya lebih besar daripada filter aktif.

2.2.1 Low pass filter.

Rangkaian RC seri ini mirip dengan rangkaian pembagi tegangan dari dua buah hambatan seri, sehingga tegangan out putnya adalah

Filter lolos rendah digunakan untuk menghapus atau menipiskan frekuensi yang lebih tinggi di sirkuit seperti amplifier audio, mereka memberikan respon frekuensi yang diperlukan untuk rangkaian penguat.Frekuensi di mana filter low pass mulai mengurangi amplitudo sinyal dapat dibuat disesuaikan.Teknik ini dapat digunakan dalam penguat audio sebagai "TONE" atau "TREBLE CUT" kontrol.LR filter low pass filter dan high pass CR juga digunakan dalam sistem speaker untuk band rute yang sesuai frekuensi untuk desain yang berbeda dari speaker (yaitu 'woofer' untuk frekuensi rendah, dan 'Tweeters' untuk reproduksi frekuensi tinggi).Pada aplikasi ini kombinasi pass filter tinggi dan rendah disebut "crossover filter".Kedua filter CR dan LC lolos rendah yang menghilangkan hampir SEMUA frekuensi di atas hanya beberapa Hz digunakan dalam rangkaian power supply, di mana hanya DC (nol Hz) diperlukan pada output.

2.2.2 High pass filter.

Dengan memanfaatkan rangkaian pembagi tegangan maka dapatlah outputnya

Pass filter tinggi digunakan untuk menghilangkan atau meredam frekuensi yang lebih rendah di amplifier, terutama audio amplifier mana ia dapat disebut "BASS CUT" sirkuit. Dalam beberapa kasus ini juga dapat dilakukan disesuaikan.

2.2.3 Band pass filter.

Band pass filter mengizinkan hanya sebuah band frekuensi yang diperlukan untuk lolos, dan menolak sinyal di semua frekuensi di atas dan di bawah band ini.Desain tertentu disebut filter T karena cara komponen digambar dalam diagram skematik.Filter T terdiri dari tiga unsur, dua seri terhubung LC sirkuit antara input dan output, yang membentuk jalan impedansi rendah untuk sinyal dari frekuensi yang diperlukan, namun memiliki impedansi tinggi untuk semua frekuensi lainnya.Selain itu, LC paralel sirkuit terhubung antara jalur sinyal (di persimpangan dari dua sirkuit seri) dan tanah untuk membentuk impedansi tinggi pada frekuensi yang