Filsafat Seni Ugm 2008

download Filsafat Seni Ugm 2008

of 16

Transcript of Filsafat Seni Ugm 2008

  • FILSAFAT SENISumartono

  • PENGERTIAN FILSAFATKata filsafat berasal dari kata bahasa Yunani philosophia; philo berarti cinta dan sophia berarti kebijaksanaan.Filsafat adalah kajian yang mempelajari semua fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis.Filsafat, terutama Filsafat barat muncul di Yunani sejak kira-kira abad ke 7 S.M.Filsafat muncul ketika manusia mulai memikirkan dan mendiskusikan tentang keadaan alam, dunia, dan lingkungan di sekitar mereka tanpa terikat pada agama.

  • PENGERTIAN FILSAFATMengapa filsafat muncul pertama kali di Yunani? Karena di Yunani, tidak seperti di tempat-tempat lain, tidak ada kasta pendeta sehingga secara intelektual orang lebih bebas berpikir.Filsafat Barat adalah ilmu yang biasa dipelajari secara akademis di universitas-universitas di Eropa dan daerah-daerah yang semula menjadi jajahan mereka. Filsafat ini berkembang dari tradisi filsafat Yunani kuno.

  • PENGERTIAN FILSAFATPEMBIDANGAN DALAM TRADISI FILSAFAT BARAT

    Ontologi membahas tentang masalah "keberadaan" (eksistensi) sesuatu yang dapat dilihat dan dibedakan secara empiris, misalnya tentang keberadaan alam semesta, makhluk hidup, atau tata surya.Epistemologi mengkaji tentang pengetahuan (episteme secara harafiah berarti pengetahuan). Epistemologi membahas berbagai hal tentang pengetahuan seperti batas, sumber, serta kebenaran suatu pengetahuan. Dari epistemologi inilah lahir berbagai cabang ilmu pengetahuan (sains) yang dikenal sekarang.Aksiologi membahas masalah nilai atau norma sosial yang berlaku pada kehidupan manusia. Dari aksiologi lahirlah dua cabang filsafat yang membahas aspek kualitas hidup manusia: etika dan estetika.Etika membahas tentang perilaku menuju kehidupan yang baik. Di dalamnya dibahas aspek kebenaran, tanggung jawab, peran, dan sebagainya.Estetika membahas mengenai keindahan dan implikasinya pada kehidupan. Dari estetika lahirlah berbagai macam teori mengenai kesenian atau aspek seni dari berbagai macam hasil budaya.

  • FILSAFAT SENI SEBAGAI BAGIAN DARI ESTETIKAAda yang mengartikan estetika sebagai filsafat seni, tetapi pandangan ini keliruFilsafat seni adalah bagian dari estetikaFilsafat seni adalah filsafat yang objeknya terbatas pada seni, sementara itu estetika tidak hanya menyangkut tentang seni tetapi juga tentang non-seni. Sebagai contoh: orang bisa memiliki pengalaman estetis tidak hanya ketika berinteraksi dengan seni tetapi juga dengan non-seni.Estetika dan filsafat seni memiliki otoritas sendiri di luar otoritas kesenimanan. Pemikiran estetikawan dan filsuf seni bisa sangat bertentangan dengan pandangan seniman.

  • PENGERTIAN SENI (Zaman Yunani-Romawi)TIGA KONSEP AWAL PEMBENTUKPENGERTIAN SENI:1. Techne/ars2. Poiesis3. Ars rethoricaDi masa itu estetika belum merupakan sebuah konsep yang menyatu seperti yangdikonsepkan oleh Baumgarten (1714-1762)

  • PENGERTIAN SENI (Zaman Yunani-Romawi)Techne/ars1. Kata techne (Yunani) dan ars (Romawi) mengandung arti teknik atau ketrampilan2. Masa Yunani-Romawi mengenal dua pembagian: artes serviles (pertukangan) dan artes liberales (keprofesian)3. Seni lukis, musik, dan desain, yang sekarang paling bergengsi, dulu termasuk dalam kategori artes serviles (pertukangan)

  • PENGERTIAN SENI (Zaman Yunani-Romawi)Poiesis Pembentuk kata poetika (poetics), bidangyang berkaitan dengan permasalahan teknisseperti bagaimana cara menyusun puisi, terutama yang susunannya panjang.Ars Rethoricapembentuk kata retorika, bidang yang berkaitan dengan permasalahan umum pembahasan dan pengajaran cara mengutarakan pembicaraan (speech).

  • PENGERTIAN SENI (Zaman Yunani-Romawi)PLATO 1. Dalam Republik dll: seni adalah representasional atau mimetik (kadang-kadang diartikan imitatif) 2. Secara ontologis karya seni bergantung pada, danlebih rendah/inferior daripada benda-benda fisis biasa.3. Secara ontologis benda-benda fisis biasa bergantung pada, dan lebih rendah daripada apa yang paling nyata, Bentuk-bentuk non-fisis

  • PENGERTIAN SENI (Zaman Renaisans dan Romantik)KONTAMINASI KONSEP1. Seni (termasuk seni lukis, musik, dan desain yang dulu dianggap sebagai bagian dari artes servile/pertukangan) di masa ini dianggap sebagai sesuatu yang langka dan berharga.2. Seniman seperti pelukis dan penyair, yang dulu dipinggirkan oleh Plato, sekarang dijunjung tinggi (sebagian sebagai maestro).

  • PENGERTIAN SENI (Zaman Renaisans dan Romantik) Lukisan Monalisa karya Leonardo da Vinci.

    Keramik Yunani

  • PENGERTIAN SENI (Zaman Modernitas)IMMANUEL KANT (1724-1804)Seni adalah sejenis representasi yang bersifat purposif dalam dirinya sendiri dan, meskipun tanpa sebuah akhir, tetapi mengutamakan kultivasi kekuatan-kekuatan mental dalam rangka komunikasi sosial. LUDWIG WITTGENSTEIN (1889-1951)Konsep familienahnlichkeit (family resemblance atau keserupaan dalam keluarga sering digunakan untuk menyadari susahnya memahami seni.MORRIS WEITZ (1916-1981)Seni tidak bisa didefinisikan

  • PENGERTIAN SENI (Zaman Modern)Marcel Duchamp, Pancuran Minum (Fountain), 1917 Marcel Duchamp, LHOOQ, 1919

  • PENGERTIAN SENI (Zaman Posmodernitas)Definisi seni menjadi sangat tidak stabildan menuju ke arah dedefinisi, definisi seni tergantung siapa yang mendefinisikan . Tentu saja hal ini mendorong pertentangan yang hebat.Seni rupa konseptual (conceptual art), misalnya, bahkan bisa tidak memiliki rupa, meskipun disebut seni rupa. Contohnya: ada karya yg hanya berupa tiga paku yang ditancapkan di tiga daerah berbeda; orang hanya disuruh membayangkan bentuk segitiga dengan menghubungan tiga titik paku itu dalam angan-angan.Kata seni (art) seringkali juga digunakan untuk menyebut sesuatu yang telah mencapai puncak pencapaiannya, misalnya karya desain (mobil dsb.), arsitektur, bedah mulut, operasi kosmetik, dll. Istilah yg populer: state of the art.

  • KETIDAKJELASAN ANTARA DEFINISI SENI RUPA DAN DESAINDESAINER TOP KARIM RASHID, Meja Sungai Nil

  • KETIDAKJELASAN ANTARA DEFINISI SENI RUPA DAN DESAINDESAIN POSMODERN, KARIM RASHID interior toko sepatu