FARMAKOLOGI EPILEPSI

download FARMAKOLOGI EPILEPSI

of 45

  • date post

    30-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    124
  • download

    19

Embed Size (px)

description

Farmakologi Epilepsi

Transcript of FARMAKOLOGI EPILEPSI

OBAT-OBAT YANG EFEKTIF DALAM TERAPI EPILEPSI

OBAT-OBAT YANG EFEKTIF DALAM TERAPI EPILEPSI

KELOMPOK 1 FARMASI B-D

ANNISA NURUL A.IDA AYU PURNAMAATI MARYANTIMERYZA SONIAARINI EKA PRATIWIM. AL FATTAHEVI NURUL HIDAYATI

INTEN NOVITA SARISUBHAN ASFARININDYA NURFITRIANIBERYL ZAHYINANA YULIANAAHMAD RIFQIISTILAH DAN PENGGOLONGAN SEIZURE EPILEPTIKIstilah seizure menunjukan perilaku sementara karena perangsangan populasi neuron-neuron otak yang tergangu, bersamaan, dan ritmik. Istilah epilepsi menunjukan suatu gangguan fungsi otak yang ditandai dengan terjadinya seizure secara berkala dan tidak dapat diperkirakan. Seizure dapat bersifat nonepilepik jika terjadi pada otak normal karena penanganan seperti elektrosyok atau konvulsan kimiawi atau bersifat epileptik jika terjadi tanpa pemicu yang jelas. Senyawa farmakologis yang saat ini digunakan secara klinis menghambat seizure, dengan demikian disebut sebagai obat antiseizure.Seizure diduga muncul dari korteks serebral, dan bukan dari struktur SSP yang lain seperti talamus, batang otak, atau serebelum. Seizure epileptik digolongkan menjadi:- Seizure parsial yaitu yang memulainya terpusat di tempat korteks- Seizure menyeluruh yaitu yang banyak melibatkan kedua hemisfer sejak awal.

TIPE SEIZURECIRI-CIRIOBAT ANTISEIZURE KONVENSIONALOBAT ANTISEIZURE YANG BARU DIKEMBANGKANSEIZURE PARSIALParsial sederhanaBanyak manifestasi yang ditentukan oleh daerah korteks yang diaktovasi oleh seizureKarbamazepin, fenitoin,valproatGabapentin, lamortigin, levetirasetam, tiagabin, topiramat, zonisamidParsial kompleksGanguan kesadaran berlangsung selama 30 detik sampai 2 menit, sering disertai dengan gerakan tanpa arti.Parsial yang disertai seizure tonik-klonik menyeluruh sekunderseizure tonik-klonik disertai dengan kehilangan kesadaran dan kontraksi otot terus menerus di seluruh tubuh diikuti dengan periode kontraksi otot bergantian dengan periode relaksasi. Biasanya berlangsung 1-2menitKarbamazepin, fenobarbital, fenitoin,valproat, primidonISTILAH DAN PENGGOLONGAN SEIZURE EPILEPTIKManifestasi seizure pada prilaku ditentukan oleh fungsi yang biasanya dijalankan oleh tempat korteks yang merupakan tempat munculnya seizure. Seizure parsial sederhana berkaitan dengan bertahanya kesadaran. Seizure parsial kompleks berkaitan dengan ganguan kesadaran. Kebanyakan parsial kompleks berasal dari lobus temporal. Contoh seizure menyeluruh meliputi absence seizure, seizure miklonik, dan seizure tonik-klonik. SEIZURE MENYELURUHAbsence seizureOnset ganguan kesadaran muncul tiba-tiba disertai dengan mata membelalak dan aktivitas yang sedang berlangsung terhenti, biasanya berlangsung kurang dari 30 detikEtosuksimid, valporatLamotriginSeizure mioklonikKontraksi oto singkat yang mirip syok yang dapat terbatas pada bagian dari satu anggota gerak atau kemungkinan menyeluruhValporatLamotrigin, topiramatSeizure tonik-klonikSeperti dijelaskan di atas untuk seizure parsial yang disertai seizure tonik-klonik menyeluruh sekunder namun serangan ini tidak didahului dengan seizur parsialKarbamazepin, fenobarbital, fenitoin,valproat, primidonLamotrigin, topiramatISTILAH DAN PENGGOLONGAN SEIZURE EPILEPTIKSifat dan mekanisme seizure dan obat-obat anti seizureMenurut john hughlings jackson bahwa seizure disebabkan oleh pelepasan materi abu-abu yang terjadi secara lokal, tiba-tiba, berlebihan, dan cepat, dan kejang menyeluruh terjadi jika jaringan otak normal diserang oleh aktivitas seizure yang berawal dipusat abnormal tersebut.

Elektroensefalogram (EEG) berfungsi sebagai perekam aktivitas elektrik dari kulit kepala manusia yang menderita epilepsi dan terbukti epilepsi merupakan gangguan eksitabilitas neuron.Peran sinaps sangat penting , karena fungsi sinaps yang tidak sempurna dapat menyebabkan penurunan aktivitas sinaps inhibitori atau peningkatan aktivitas sinaps eksikatori yang dapat memicu suatu seizure.Dari hasil penelitian bahwa mikroinjeksi antagonis reseptor Asam gama-amino butirat (GABA), atau agonis subtipe reseptor glutamat yang berbeda (NMDA, AMPA, atau asam kainat) memicu seizure pada hewan uji in vivo.Peristiwa elektrografik yang direkam selama seizure in vivo dihasilkan pada irisan hipokampus dengan berbagai metode, termasuk mengubah konstituen ion dalam media yang merendam irisan otak seperti Ca2+ rendah, Mg2+ nol, atau K+ Tinggi.model in vitro menyatakan bahwa sedikit penurunan fungsi sinaps inhibitori (misalnya 20%) dapat menyebabkan aktivitas seperti epilepsi dan aktivasi sinaps eksikatori dapat menjadi sangat penting dalam inisiasi seizure.

Seizure parsial: 1. parsial sederhana 2. parsial kompleks 3. parsial yang disertai seizure tonik-klonik menyeluruh sekunder.Tipe seizure seizure menyeluruh : 1. absence parsial 2. seizure mioklonik 3. seizure tonik-klonikYang dapat menyebabkan seizure :Tidak sempurnanya fungsi sinaps.Menurunkan sinaps inhibitori atau meningkatkan sinaps eksikatori. Ada neurontransmitter yang memperantarai transmisi sinaps beberapa asam-asam amino, yaitu asam gama-amino butirat (GABA) ya merupakan neurotransmitter penghambat utama dan glutamat merupakan neurotransmitter eksikatori utama.Seizure parsialEpilepsi parsial dapat terjadi berbulan-bulan sampai bertahun-tahun setelah cedera korteks yang terus berlangsung akibat stroke, trauma, atau faktor lain. Namu, belum ada sinyal antiepileptogenik yang efektif dan sudah teridentifikasi.Analisis elektrofisiologis masing-masing neuron selama seizure parsial.

Neuron mengalami depolarisasi dan merangsang aksi pada frekuensi tinggiTerjadi seizure dan aktivitas fisiologis neuron tidak lazimDihambat pada pola perangsangMeningkatnya seizure dengan efek tidak diinginkan minim. Contoh : karbamazepin, lamotrigin, fenitoin, dll.Parsial sederhanaBermacam-macam manifestasi yang ditentukan oleh daerah korteks yang diaktivasi oleh seizure, contoh jika korteks motorik mencerminkan ibu jari tangan kiri maka dihasilkan gerakan tiba-tiba klonik ibu jari tangan kiri, jika korteks somatosensori mencerminkan ibu jari tangan kiri maka terjadi peratesia ibu jari tangan kiri, yang berlangsung sekitar 20-60 detik. Ciri kunci adalah bertahanya kesadaran.b. Parsial kompleksGangguan kesadaran berlangsung selama 30 deik sampai 2 menit, sering disertai dengan gerakan tanpa arti seperti mengecupkan bibir atau memijitkan tangan.c. parsial yang disertai seizure tonik-klonik menyeluruh sekunder.Seizure parsial sederhana atau kompleks berkembang menjadi seizure tonik-klonik disertai dengan kehilangan kesadaran dan kontraksi otot terus-menerus diseluruh tubuh diikuti dengan periode kontraksi otot bergantian dengan periode relaksasi, biasanya berlangsung 1-2 menit.

2. Seizure menyeluruhAbsence seizureOnset gangguan kesadaran muncul tiba-tiba disertai dengan kehilangan mata mebelalak dan aktivitas yang sedang berlangsung terhenti, biasanya berlangsung kurang 30 detik.b. Seizure mioklonikKontraksi otot singkat (barang kali satu detik) yang mirip syok yang dapat terbatas pada bagian dari satu anggota gerak atau kemungkinan menyeluruh.c. Seizure tonik-klonikPercobaan pada hewan ( model kindling ), diinduksi dengan pemberian stimulasi elektrik singkat dengan intensitas rendah pada amigdala secara periodik.

Stimulasi awalMeningkatkan seizure singkat yang terekam oleh EEG tanpa perubahan perilakuStimulasi berulang ( 10-20 stimulasi )Meningkatnya seizure tonik-klonikMeningkatnya kepekaan terhadap stimulasi elektrik terus-menerus seumur hidup hewan tersebutMeskipun telah peka dengan seizure yang kuat, seizure tidak akan terjadi sampai diberikan 100-200 stimulasi.Prinsip mekanisme obat antiseizure :Penghambatan saluran ion yang diatur tegangan merupakan mekanise umum kerja obat antiseizure, yaitu obat seizure parsial yang menghambat saluran Na+ yang diaktivasi tegangan dan obat anti absence seizure yAng menghambat saluran Ca2+ yang diaktivasi tegangannya.obat-obat antiseizure meliputi kanal ion yang dioperasikan oleh perubahan voltase serta fungsi sinaps inhibitorik dan eksikatorik. Kanal na+ yang bergantung pada perubahan tegangan listrik memasuki suatu keadaan tidak aktif setelah terjadi suatu potensial aksi. Dengan penekanan aktivitas rangsangan yang berulang cepat pada neuron yang terisolasi dan proteksi terhadap elektrik maksimal di fokal seizure pada manusia. Arus ca2+ nilai ambang rendah berperan mengatur respons oskilatori didalam neuron talamus. pengurangan arus ini oleh ethosuximide atau dimethadione merupakan efek dari senyawa-senyawa pada seizure absen.Dengan penguatan yang dilakukan oleh GABA dapat dihasilkan melalui kerja langsung pada kompleks kanal ion klorida-reseptor GABA (barbiturate) Atau kerja pada pengambilan kembali (reuptake) atau metabolisme GABA (tiagabine). Mekanisme ini memberikan proteksi terhadap seizure umum dan seizure fokal.Pendekatan genetik terhadap epilepsiGenetik merupakan satu-satu yng bertanggung jawab beberapa bentuk epilepsi, genetik juga merupakan penyebab epilepsi mioklonik remaja atau pada absence epilepsi, gangguan yang kemungkinan disebabkan penurunan 2 atau lebih gen yang rentan. Contoh : dominan autosom atau resesif autosom. Sejarah OBAT-OBAT ANTISEIZURE

Fenobarbital merupakan senyawa organik sintetis pertama yang diketahui memiliki aktivitas antiseizure. Sifat sedatifnya mendorong para peneliti untuk menguji keefektifannya menekan seizure. Merrit dan Putnam mengembangkan uji seizure elektrosyok pada hewan percobaan untuk menapis senyawa kimia yang efektif sebagai antiseizure. Selama penapisan berbagai obat, mereka menemukan bahwa fenitoin menekan seizure tanpa adanya efek-efek sedatif. Uji penapisan ini sampai sekarang masih bermanfaat.

Segi Terapeutik OBAT-OBAT ANTISEIZURE Obat antiseizure yang ideal dapat menekan semua seizure tanpa menyebabkan efek yang tidak diinginkanPengukuran dosis dan konsentrasi obat dalam plasma memudahkan pengobatan antiseizure.HIDANTOINFENITOIN (turunan hidantoin).Fen