Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Kontrasepsi ... 7. Mengapa ibu memilih KB Suntik dan bukan

download Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Kontrasepsi ... 7. Mengapa ibu memilih KB Suntik dan bukan

If you can't read please download the document

  • date post

    13-Apr-2019
  • Category

    Documents

  • view

    218
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Kontrasepsi ... 7. Mengapa ibu memilih KB Suntik dan bukan

91

92

Lampiran 1

Pedoman Wawancara

1. Apakah ibu mengikuti KB?

2. Apa yang ibu ketahui tentang KB?

3. Kontrasepsi apa yang ibu gunakan?

4. Sudah berapa lama ibu mengikuti KB suntik?

5. Awalnya ibu menggunakan KB apa?

6. Apa yang ibu alami selama menggunakan KB tersebut?

7. Mengapa ibu memilih KB Suntik dan bukan KB yang lainya?

8. Apa yang ibu ketahui tentang kerugian dan keuntungan dari

penggunaan KB suntik?

9. Apakah dalam memilih KB suntik tersebut berdasarkan diskusi

dengan suami, orang tua,dorongan orang lain, coba-coba atau kah

ada pengetahuan tersendiri?

10. Selama waktu menggunakan KB suntik apa yang ibu rasakan?

11. Apakah hal tersebut dapat mengganggu aktivitas ibu?

12. Jika hal tersebut dapat mengganggu aktivitas ibu apa yang ibu

lakukan, apakah ibu mengkonsulkan hal tersebut ke tenaga

kesehatan atau yang lainnya?

13. Bagaimana tanggapan suami ibu dengan perubahan yang ada?

14. Apakah memperoleh KB suntik ibu membutuhkan dana?

93

15. Bagaimana dengan kegiatan ibadah ibu, apakah hal tersebut tidak

mengganggu?

16. Apakah ada norma dan budaya dalam masyarakat yang mendukung

penggunaan KB suntik?

91

Lampiran 2

VERBATIM

A. Responden 1

Nama : Ny. R

Umur : 31 tahun

Pendidikan : SLTP

Agama : Islam

Pekerjaan : Buruh Pabrik Makanan

Alamat : Dsn. Gamol, RW 06, RT 03, kel. Kecandran-Sidomukti, Salatiga

Verbatim kode

P R1 P R1 P

Selamat sore bu... Ia, selamat sore mba... monggo-monggo masuk mba.. Duduk mba, maaf ini tempatnya kotor mba Ia ibu makasi oh gak paapa kok bu.... Gimana mba. Maaf mengganggu ibu, saya Sisilia mahasiswi UKSW, seperti yang suda ibu Fatniah (kader setempat) bilang sebelumnya ibu...

1

5

92

R1 P R1 P R1 P R1 P R1 P R1 P R1 P R1 P

O.... ia mba, yang mau nanya tentang KB Suntik itu ya mba Ia ibu, ini untuk penelitian saya ibu, kebetulan sekarang saya suda semester akhir dan sudah harus skripsi, jadi saya ingin melakukan penelitian di Dusun Gamol tentang KB Suntik, saya ingin tahu apa alasan ibu-ibu di Dusun Gamol memilih KB Suntik O ia mba, gak paapa. (sambil ketawa).... o gak paapa mba, tapi maaf mba disini ributtempatnya kotor Mba.... tehnya diminum dulu ia ibu.... saya tanya ibu sambil minum ya bu?? O ia mba... monggo mau ditanya apa, mudah-mudah saya bisa jawab ya mba?? (sambil tertawa).... ia ibu.... saya mau tanya....gimana gambaran ibu tentang KB Ya, kalau gambaran nya KB sich anu ya mba ya?.. itukan salah satu program pemerintah untuk itu....penekanan itu ya?? (sambil tertawa).... program keluarga berencana itu to.... ya istilahnya satu itu kita sebagai warga negara ya.... aaa ikut apa, ikut menyukseskannya.. istilahnya ya.... yang keduakan sekarang biaya hidup, biaya pendidikankan sekarang semakin meninggka, semakin mahal to mba.... itukan dari kita ya Sekarang ibu pake KB suntik ya bu?? Sudah berapa lama ibu? Udah..... berapa tahun ya???, ya sekitar 6 tahun mba.... Sudah 6 tahun ya bu???....Anaknya sudah brapa bu? Satu mba, umur 9 tahun O.... jadi setelah adik yang pertama ini ibu langsung KB suntik atau gimana bu?? Pertama saya tusuk jarum 3 tahun, itu setelah selasai saya pindah kesuntik Oo, alasan pindah kesuntik apa bu? Dulu itu saya, nganu mba? saya gak cocok sama tusuk jarum, menstruasi itu gak berhenti-henti, kadang 1 bulan, o....gak ada satu minggu lah mba itu berhentinya, setelah itu langsung men lagi, gitu terus, awalnya 6 bulan pertama pemasangan ini gak menstruasi sama sekali, setelah 6 itu.... terus.... paling lama paling 1 minggu istrihat terus, habis itu saya pindah suntik mba, Pas pakai susuk mensnya banyak gak bu?

10

15

20

25

30

35

93

R1 P R1 P R1 P R1 P R1 P R1 P R1 P R1 P R1

Ya...,gimana.... kayak kita nganu mba?? Kalau sekitar men apa ya.... 3 harinan itu mba Ok ibu, selama ibu pakai KB tusuk jarum itu rasanya gimana bu? Anu.... pas saya gak menskan gemuk, setelah 6 bulan gak mens itu.... setelah mens terus itu saya mala kurus mba, sampai itu, apa katanya pengaruh ke HB, HBnya rendah gitu ya.. trus di suru ganti.. O ia ibu. jadi setelah tidak cocok itu, ibu memutuskan ke KB Suntik atau gimana ibu? Dulunya saya ke pa Pauzi mantri mba, tapi awalnya itukan alasan mens gak perna berhenti mba..jadi sekarangkan mala jadi kurus mba?? Ok, trus waktu itu konsul kesiapa bu?? Ia, sayakan cerita, trus sebaiknya ganti aja gitu, memang katanya begitukan gak cocok mba, mens terus.... harusnya kalau cocokkan normal siklusnya, itukan gak normal, terus saya putuskan untuk ganti.. Waktu ibu putuskan ganti KB Suntik.. gimana bu?? Ibu memutuskan sendiri atau diskusi dulu sama bapak? O ia.. kan 3 tahun sudah habis itu ya?? Jadi putuskan ganti... dulukan saya perna kerja di Rumah Sakitkan itu mba, aa.... itukan ya sering ngomong-ngomong gitukan mba , o itu ganti aja mba.... Jadi ibu awalnya disarankan sama teman ya bu? Ia mba, Setelah ganti ke KB Suntik rasanya gimana bu? Saya pakainya dulu yang 3 bulan sekali, sekarang saya pakai yang 1 bulan sekali..ini udah hamper 2 tahun, awalnya, 3 bulan sekali trus itu berat badannya naiknya (ketawa), naik terus, kadang 1 kg, 2,3 bisa lebih.... paling gak stenga kilo itu naik tiap suntik mba, setelah itu saya ganti yang 1 bulan sekali mensnya lancer, berat badannya juga turun mba.... ibu, waktu ibu pakai KB Suntik yang 3 bulan sekali itu , berat badannya naik berapa kg ibu? 46 sampai 56 kg mba... Wah, banyak juga naiknya bu?, gimana perasaan waktu itu ibu? Yaaaa, nganu mbaa....apa yaa.... malu to mba....malu.... udah pendek saya... waktu itu masi mudah juga mba....sekarangya anu.. habis pindah ke yang 1 bulan sekali ini.. stabil

40

45

50

55

60

65

94

P R1 P R1 P R1 P R1 P R1 P R1 P R1 P R1

lahh..kalau gak....ya naik 1,2 kg nanti turun lagi. Gak langsung naik yang kaya 3 bulan itu.. Waktu yang 3 bulan sekali keluhannya gimana bu? Itu gak anu, siklusnya gak normal mba kayaknya, gak mens sama sekali, paling kalau mens itu kayak bercak tok itu lo mba, paling juga cuman sehari, dua hari itu mba, tapi kalu yang 1 bulan sekali ini normal saya mba, setiap mau habis mau suntik lagi pasti mens mba.... Trus kira-kira ada keluhan lain lagi ibu? Kayaknya apa ya mba.... kalau gak mens sich kayak badan gak enak mba, mungkinkan sugesti juga mba.. apa kayak apa ya, kaya nyilu, mungkinkan sugesti kalau menskan darah kotor keluar...Gitu lo mba, tapi kalau yang sekarang gak ada keluhan mba. Maaf ibu, bole tanya yang sedikit mendalam..kalau hubungan sama sumai gimana bu?? huhunmmm, gak paapa mba....kayaknya gak ada keluhan mba.... biasa-biasa aja.. Trus pandangan bapa waktu badan ibu gemuk gimana bu? ia.... ia....(ketawa).... ya itu biasa mba....kalau.. kan mungkin pribadi masing-masing ya.... kalau suami saya satu juga orangnya humoris, orangnya juga masi mudah...,itukan suka apa.. ya kalau bercanda sering dibilang bundar gitu...uda pendek.... panggilnya bundarrr Jadi panggilannya bukan sayang lagi ya bu....jadi setelah itu ibu beralih ke KB 1 bulan ya bu, bisa diceritakan gak ibu? Itu ya.... semuanya kembali ke normal aja mba....bisa mens setiap siklusnya.... kalau sayakan siklusnya pasti 27, 28 hari mba.... sudah nyaman mba sama suntiknya.. kalau KB suntik ibu kemana ya?? ke mantri mba..dulu udah kayak apa ya mba.... jarang gitu bidan mba, adanya mantra-mantri mba, udah cocok juga sama kita mba.. O gitu ya bu.... kalau ke mantri biayanya gimana bu? kalau saya suntik yang sekarang yang 1 bulan 20rb, kalau dulu yang 3 bulan sekali lebih murah mba.... 15rb tiap suntik.... ibu-ibu di Dusun Gamol memang kebanyakan pakenya yang pribadi ya bu, gak ke puskesmas? Ada mba, sebagian, gak tau dulu saya, pernah juga ke Puskesmas awalnya dulu, yang waktu itu yang 3 bulan pernah nyoba sekali, duakali tapi gak mens gitu.... maunya sayakan

70

75

80

85

90

95

P R1 P R1 P R1

tetap mens.... tetap normal, trus pilihannya ke mantri atau dokterkan bisa sewaktu-waktu mba, malam hari juga bisa... dulu waktu kerjakan bisa disesuaikan gitu mba.... udah nyaman mba.... Ibu, gimana padangan agama ibu tentang KB? Gak ada mba, kalau saya gini aja mba, kalau lagi mens ya gak ke masjid untuk ibadah yang Pokok, kalau ibadah gak pokok ya boleh-boleh aja gitu mba.... waktu saya pakai yang 3 bualan sekali mala gak mens mba, jadi gak mengganggu.... Trus kepercayaan dimasyarakat sendiri giamana bu? Kayaknya sini hamper rata-rata pakai suntik mba..sebaya saya itu kebanyakn pakai suntik mba....mungkin kalau itu nganu mba, mungkin ada yang takut itu mba, kalau suntikkan 3 bulan sekali itu mba, istilahnyakan lebih opo ya.. lebih enak juga mba... itu kakak saya dulu pakai implant mba, tapi sakit-sakitan mba.. makanya di sarankan sama dokter pake suntik.. sekarang udah 4 tahun mba gak sakit-sakit lagi mba..udah cocok mba Pandangan ibu terhadap KB secara umum gimana bu? Kalau saya sich gini mba, mungkin semua itu bagus, tapi saya percaya juga kalau semuanya juga ada efek mba... kalau menurut saya sich tergantung masing-masing aja mba... tergantung cocok aja mba....cuman..ya.... kalau gak KB itu efeknya lebih parah mbajadi tergantung masing-masing aja mba.seng enak e wae mba....ne opo-opo kan kita juga mba seng ngerasain kan

95

100

105

110

96

B. Responden 2

Identitas responden :

Nama : Ny. F

Umur : 24 tahun

Pendidikan : SMA