Facebook & konstruksi identitas

download Facebook & konstruksi identitas

of 31

Embed Size (px)

Transcript of Facebook & konstruksi identitas

KONSTRUKSI IDENTITAS

321 START

Assalamualaikum Wr. Wb.

Fanny berlian ulfaNIM : B76214069F - 2

6

Fitria yuninda mrNIM : B76214070F - 2

7

MUHAMMAD HAQQIR RIDHONIM : B96214100F - 2

8FACEBOOK & KONSTRUKSI IDENTITASMEDIA SOSIALAdalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual

FASE BERMEDIA SOSIALJandy E. Luik menyatakan, dalam media sosial, setidaknya ada fase penting dalam presentasi diri yaitu :- Fase awal perkenalan- Fase berteman

STRATEGI PRESENTASI DIRI DI MEDIA SOSIAL (ONLINE)INGRATIATIONTujuan : agar ia disukai oleh orang lain. Beberapa karakteristik yang dimiliki adalah mengatakan hal positif tentang orang lain atau mengatakan sedikit hal negatif tentang diri sendiri untuk menyatakan kesederhanaan, keakraban, dan humor.

COMPETENCETujuan : agar dianggap terampil dan berkualitaskarakteristik umum meliputi pengakuan tentang kemampuan, prestasi, kinerja, dan kualifikasi.

INTIMIDATIONTujuan : Memperoleh kekuasaankarakteristik umum yang dimiliki adalah ancaman, pernyataan kemarahan, dan kemungkinan ketidaksenangan.

EXEMPLIFICATIONTujuan : agar dianggap secara moral lebih unggul atau memiliki standar moral yang lebih tinggi.karakter umumnya adalah komitmen ideologis atau militansi, pengorbanan diri dan kedisiplinan diri.

SUPPLICATIONTujuan : merawat atau tampak tidak berdaya sehingga orang lain akan datang untuk ,membantu orang tersebut.karakteristik umum meliputi memohon bantuan dan rendah diri.

FUNGSI MEDIA SOSIALMedia untuk berkomunikasi satu sama lainPenyaluran aspirasiBerjualan Persahabatan Perkumpulan Sumber ilmu

JENIS-JENIS MEDIA SOSIAL (Online)FACEBOOK

MANFAAT FACEBOOKMenjalin tali silaturahmi antar sesamaMedia berbisnisMedia menyalurkan aspirasi (sharing)

DAMPAK NEGATIVE FACEBOOKDigunakan sebagai penipuanMedia meluapkan amarah atau kebencian seseorangkecanduan

TWITTER

FRIENDSTER

Mig33

KONSTRUKSI IDENTITASKonstruksi identitas adalah prubahan suatu esensi yang dapat dimaknai melalui tanda selera, kepercayaan, sikap, dan gaya hidup.

Bentuk IdentitasIdentitas budayaidentitas budaya merupakan ciri yang muncul karena seseorang itu merupakan anggota dari sebuah kelompok etnik tertentu.

Identitas sosialidentitas sosial terbentuk sebagai akibat dari keanggotaan kita dalam satu kelompok kebudayaan kita.

Identitas pribadiidentitas personal didasarkan pada keunikan karakteristik pribadi seseorang.FACEBOOK & KONSTRUKSI IDENTITAS(PERSPEKTIVE ISLAM)FACEBOOK dalam perspective islam diperbolehkan asal tujuannya untuk kebaikan

Konstruksi Identitas dalam perspective islam diharuskan untuk mencantumkan identitas yg sesungguhnya sebab jika tidak maka termaksud dalam pembohongan public. Islam pun mengajarkan kita untuk tidak berbohong walau hanya kebohongan kecil.

Thanks For Watching our presentation GOOD LUCK !!!

wassalamualaikum Wr. Wb.