Evolusi Evan

download Evolusi Evan

of 29

  • date post

    15-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    98
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Evolusi Evan

EVAN VRIA ANDESMORA 12695/2009 BIOLOGI NK

POLIPLOIDI DAN DOMESTIKASI MANUSIA DALAM HUBUNGANNYA DENGAN EVOLUSI

POLIPLOIDIPoliploidi adalah kondisi pada suatu organisme yang memiliki set kromosom (genom) lebih dari sepasang.

POLIPLOIDIAutopoliploid Allopoliploid

Poliploidi bisa terjadi secara alami maupun secara buatan. Poliploidi secara buatan melibatkan campur tangan manusia sedangkan poliploidi alami terjadi tanpa unsur kesengajaan. Penyebab terjadinya poliploidi secara alami adalah karena faktor-faktor lingkungan sekitar makhluk hidup yang meliputi faktor suhu, tekanan, ketinggian tempat, dan lain-lain (Ayala, dkk., 1984 dalam Firdaus, 2002). Selain itu poliploidi alami juga bisa disebabkan oleh persilangan individu poliploid yang diikuti dengan gangguan selama proses pembelahan sel. Nickerson (1990 dalam Abidah 2000) menjelaskan bahwa poliploidi juga bisa terjadi karena kegagalan meiosis sehingga terbentuk gamet diploid (2n) yang nantinya akan dibuahi gamet haploid (1n) sehingga akan dihasilkan individu triploid (3n).

Autopoliploidterjadi apabila suatu spesies, karena salah satu sebab di atas, menggandakan set kromosomnya dan kemudian saling kawin dengan autopoliploid lain.

Pada autopoliploidis tidak dilibatkan spesies yang lain jadi seluruh perangkat kromosom yang ada berasal dari spesies yang sama. Autotriploid dapat terjadi karena pembuahan suatu gamet diploid dengan gamet haploid. Gamet diploid yang terbentuk adalah hasil kegagalan pemisahan seluruh perangkat kromosom selama meiosis.

Allopoliploidterjadi karena persilangan antarspesies dengan genom yang berbeda tanpa diikuti reduksi jumlah sel dalam meiosis.

Pada allopoliploidi, peristiwa poliploidi tersebut melibatkan spesies yang lain. Biasanya perangkat kromosom yang lain tersebut berasal dari spesies yang berkerabat dekat (Klug dan Cummings, 2000). Allopoliploidi terjadi karena adanya perkawinan antara dua spesies yang berkerabat dekat.

DomestikasiDomestikasi merupakan pengadopsian tumbuhan dan hewan dari kehidupan liar ke dalam lingkungan kehidupan sehari-hari manusia.

Bukti tertua adanya hewan peliharaan adalah kerangka anjing berusia sekitar lima bulan di sisi kerangka seorang perempuan yang ditemukan di dekat Ain Mahalla (Israel), yang berusia hampir 10.000 tahun SM. Kerangkakerangka anjing dari masa antara 8.000 dan 7.000 SM juga ditemukan pada situs-situs purbakala di banyak tempat. Kerangka kucing peliharaan tertua ditemukan di Siprus, berasal dari sekitar 6.000 tahun SM. Diperkirakan, kucing dipelihara untuk mengatasi gangguan tikus di lumbung pangan. Perkiraan untuk hewan ternak domestik adalah 7.000 SM pada domba dan kambing. Terlihat bahwa dulu hewan tersebut memiliki tanduk yang melengkung, yang pada ternak modern telah berubah menjadi pendek saja akibat seleksi.

enam kriteria agar dapat dipertimbangkan untuk didomestikasi:1. Pakannya mudah didapatkan. Hewan tersebut harus mau memakan makanan yang berada di luar piramida makanan manusia (gandum atau jagung), pakannnya tidak digunakan oleh manusia (rumput, dan sebagainya), dan ekonomis untuk penyimpanannya. 2. Pertumbuhannya dengan cepat sehingga mempercepat proses perkembangbiakkan dan dimanfaatkan. Hewan besar seperti gajah membutuhkan waktu tahunan hingga dapat dipergunakan. 3. Memungkinkan untuk dikembangbiakkan dalam penangkaran. 4. Tidak agresif. 5. Tidak mudah stres. 6. Memiliki hierarki sosial yang dapat dimodifikasi.

CONTOH HEWAN DOMESTIKASIHewan peliharaan : Anjing (Canis lupus familiaris) Awal proses : sebelum 10.000 SM

Moyang liar : Serigala (Canis lupus lupus)Tempat awal Asia Timur

CONTOH KEDUAHewan peliharaan : Kambing (Capra aegagrus hircus) Awal proses : 7.000 SM

Moyang liar : Kambing gunungTempat awal Pegunungan Zagros, Irak, Iran

Contoh ketigaHewan peliharaan : Ayam (Gallus gallus domesticus) Awal proses : 6.000 SM

Moyang liar : Ayam hutanTempat awal Lembah Sungai Indus, Asia Tenggara

Contoh tumbuhanTanaman : Jagung (Zea mays ssp. mays) Awal proses (tahun) : 7.000 SM

Moyang liar : Teosinte (Zea spp.)Tempat awal Meksiko

2. PadiTanaman : Padi (Asia: Oryza sativa, Afrika: O. glaberrima) Awal proses (tahun) : 9.500 SM

Moyang liar : O. rufipogon, O. nivara (Asia) O. barthii (Afrika)Tempat awal lembah Sungai Gangga dan Sungai Yangtze

KEKERABATAN MANUSIA DENGAN HEWANORGAN TUBUH MANUSIA TIDAK YANG PALING DEKAT JAUH BERBEDA DARI KEKERABATAN MAMMALIA SEPERTI DENGAN MANUSIA : KELENJAR ADALAH SIMPANSE MAMMAE, KELENJAR DAN GORILLA KERINGAT DAN RAMBUT.

BEBERAPA HAL YANG MEMBEDAKAN MANUSIA DARI HEWAN YANG LAIN

SEGI FISIO LOGI

SEGI TINGKAH LAKU

SEGI ANATOM I

RAMBUT DI PERMUKAAN TUBUH SEBAGIAN BESAR SUDAH MENYUSUT HIDUNG LEBIH MANCUNG GIGI TARING LEBIH KECIL LIDAH, TENGGOROK DAN PITA SUARA BERKEMBANG LEBIH BAIK KAKI LEBIH PANJANG DARI TANGANNYA

SEGI ANATOMI

SEGI FISIOLOGI PADA MANUSIA TIDAK DIDAPATKAN MUSIN KAWIN UMURNYA RELATIF PANJANG TAHAP PERKEMBANGAN MEMERLUKAN WAKTU YANG RELATIF LAMA UNTUK MENJADI DEWASA

TINGKAH LAKU MANUSIA BERKOMUNIKASI LEWAT ISYARAT DAN BAHASA YANG JAUH LEBIH KOMPLEKS. SAELAMA MASA PERKEMBANGAN MANUSIA LEBIH MUDA BELAJAR DARI MANUSIA YANG LEBIH DEWASA.

Radiasi Primata Perkembangan evolusi primata dimulai dari moyang yang berupa hewan mammalia pemakan serangga menurunkan Prosimian yang hidup pada zaman Paleosin. Hewan ini bertubuh kecil seperti cecurut, bermoncong, dan berekor panjang. Mereka tangkas dan cerdas, mempunyai organ-organ penggenggan dan lima jari. Dari prosimian perkembangan radiasi evolusi menuju 4 golongan besar yang masih tetap hidup sekarang ini.

a) Prosimian Modern Kelompok besar pertama yakni prosimian modern. Yang termasuk kelompok ini adalah lemur dan loris, sekarang hidup di pulau Madagaskar. Hewan-hewan ini masih mempunyai moncong dan ekor yang panjang, berkuku, bukan cakar dengan kemampuan untuk memanipulasi obyek, hal ini merupakan ciri utama primata.

b) Ceboidea (Monyet Dunia Baru) Ceboidea hanya hidup pada lingkungan pohon dan ditemukan di daerah hutan-hutan sebelah selatan Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Mereka terbagi menjadi dua famili, yakni Callithricidae dan Cebidae.

c) Cercopithecoidea (Monyet Dunia Lama) Semua primata dunia lama kecuali prosimian adalah catarrhini (hidung terbelah). Monyetmonyet dunia lama diklasifikasikan dalam satu famili yakni Cercopithecidae yang terbagi menjadi 2 sub famili, yaitu Cercopithecinae (Monyet babon) dan Colobinae (monyet pemakan daun).

D. Hominoidea Kelompok ini muncul pada zaman Paleosin. Selama niosin awal radiasi Hominoidae bercabang menjadi dua yakni Anthropoidea (kera) dan Hominidae (keluarga manusia). Kedua famili ini ditandai dengan hilangnya ekor dan berkembangnya ukuran besar badan. Otak Anthropoidae dan Hominiidae jauh lebih berkembang dan demikian fungsi lebih kompleks. Kera-kera hidup sekarang dibagi 4 genus, yakni gibbon, orangutan,simpanse, dan gorila.

Perbedaanfaktor hidung Kapasitas otak Manusia kera Lebar