Erina Yunia Safitri_ximia5-Uji Kompetensi Biologi Bab 1,2,3,4

21
NAMA : ERINA YUNIA SAFITRI/NO. ABSEN :9 KELAS : XI-MIA 5 UJI KOMPETENSI BAB 1, 2, 3, DAN 4 UJI KOMPETENSI BAB 1 (SEL)

description

bagus

Transcript of Erina Yunia Safitri_ximia5-Uji Kompetensi Biologi Bab 1,2,3,4

UJI KOMPETENSI BAB 1, 2, 3, DAN 4

UJI KOMPETENSI BAB 1(SEL)[ ]K

NAMA : ERINA YUNIA SAFITRI/NO. ABSEN :9

KELAS : XI-MIA 51. |Biologi

2. Pernyataan yang tidak sesuai dengan teori sel, yaituJawaban :C. Pertumbuhan inti sel penyebab pertumbuhan organismeAlasan :Penyataan tersebut benar tetapi tidak termasuk dalam teori sel.

3. Sel yang pertama kali di amati Robert Hooke, diambil dari.Jawaban:D. Gabus TumbuhanAlasan:Pada tahun 1665 Robert Hooke mengamati sel gabus dari dinding sel tumbuhan yang sudah mati dengan mikroskop sederhana

4. Karbohidrat yang termasuk golongan monosakarida, antara lainJawaban:D. Glukosa dan galaktosaAlasan:Monosakarida adalah karbohidrat yang memiliki atom C berjumlah sekitar 3-7 atom. Glukosa dan galaktosa merupakan senyawa-senyawa yang termasuk monosakarida. Struktur antara glukosa dan galaktosa hanya berbeda dalam penempatan bagian-bagian di sekitar karbon asimetris.

5. Gangguan aterosklerosis terjadi jika di darah mengandung kelebihanJawaban :A. KolesterolAlasan:Aterosklerosis adalah sebuah gangguan umum di mana terjadi pengerasan arteri yang disebabkan oleh pembentukan endapan lemak, kolesterol dan substansi lain, yang bersama-sama dikenal sebagai plak di dinding arteri selama bertahun-tahun.

6. Basa nitrogen yang tidak di miliki DNA yaituJawaban:B. UrasilAlasan:Urasil adalah basa nitrogen yang di miliki oleh RNA. Sedangkan DNA memiliki basa urasil timin.

7. Proses pembentukan lisosom, melibatkan organel pada nomorJawaban:C.5 dan 6Alasan:Lisosom dibuat di RE Kasar , kemudian ditransfer dan di proses lebih lanjut di badan Golgi. Organel nomor 5 dan 6 menujukkan RE kasar dan badan golgi.

8. Bagian sel yang menyimpan informasi genetik yaituJawaban:A.1Alasan:Nukleus adalah organel yang menyimpan informasi genetik.

9. Organel nomor 13, berfungsi dalam proses.Jawaban:E. Pembelahan SelJawaban:Organel nomor 13 menunjukkan organel sentriol yang berfungsi dalam pembelahan sel.

10. Respirasi sel terjadi pada organel nomorJawaban:E. 9Alasan:Organel nomor 9 merupakan Mitokondria yang berfungsi untuk respirasi sel

11. Organel yang tidak terdapat pada gambar sel hewan tersebut, adalahJawaban :B. PlastidaAlasan:Plastida hanya terdapat di sel tumbuhan, karena berfungsi untuk fotosintesis.

12. Organel sel semiotonom yang memiliki DNA dan ribosom, adalahJawaban:D. Mitokondria dan reticulum endoplasmaAlasan:Mitokondria adalah organel yang memiliki DNA. Dan RE adalah organel yang memiliki ribosom.

13. Manakah pernyataan berikut yang tidak benar?Jawaban:D. Sel tumbuhan tidak memiliki peroksisomAlasan:Sel tumbuhan memiliki peroksisom, dapat ditemukan di dekat kloroplas dan mitokondria pada sel-sel daun.

14. Organel sel yang berfungsi untuk mengatur tekanan osmosis adalahJawaban:B. Vakuola kontraktilAlasan:Vakuola kontraktil berfungsi sebagai osmoregulator yaitu pengatur osmosis sel dengan cara memompa air yang berlebihan keluar sel.

15. Matriks yang mengandung enzim dan DNA , di tunjukan oleh nomorJawaban:D. 4Alasan:No 4 menunjukan matriks.

16. Tilakoid ditunjukkan oleh nomor..Jawaban:A. 1Alasan:No 1 menunjukkan tilakoid16. Manakah pernyataan yang benar tentang sitoskeleton pada gambar?Jawaban:C. Filamen intermediet yang tersusun dari subunit protein keratin.Alasan: Filamen intermediet adalah serabut protein dengan diameter 8-12 nm yang menggulung seperti kabel dan lebih tebal dari mikrofilamen.17.Transpor zat yang di lakukan oleh sel berikut di sebutJawaban:C. PinositosisAlasan:Pinositosis terjadi saat fluida ekstraseluler masuk ke dalam lipatan membrane plasma yang membentuk vesikula kecil.18. Apabila sel hewan berada pada lingkungan yang hipertonik, sel menjadiJawaban:A. KrenasiAlasan: Pada lingkungan hipertonik dengan kondisi konsentrasi air di luar sel lebih rendah daripada di dalam sel, mengakibatkan air di dalam sel akan mengalir ke luar sel hingga mengkerut (krenasi).19. Pernyataan tentang transpor melewati membrane plasma:1. Melawan gradient konsentrasi2. Tidak membutuhkan energi3. Partikel bergerak dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi yang lebih rendah4. Melewati selaput semi permeable5. Molekul air bergerak dari hipotonik ke hipertonikPernyataan yang menggambarkan proses osmosis adalah pernyataan nomorJawaban:C. 2, 3, dan 4Alasan:Nomor 2, 3,4 menunjukan proses osmosis (transpor pasif). Sedangkan 1 dan 5 menunjukan transpor aktif.20.Salah satu jenis transport aktif melalui membran, kecualiJawaban:E. OsmosisAlasan:Osmosis adalah salah satu jenis transport pasif.

UJI KOMPETENSI BAB 2(STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN)1. Pernyataan manakah yang paling benar tentang jaringanJawaban:C. Sel-sel dengan struktur, bentuk, sifat, dan fungsi yang sama.Alasan: Jaringan adalah kumpulan sel yang mempunyai struktur, bentuk, sifat, fungsi yang sama.

2. Berikut adalah ciri-ciri jaringan pada tumbuhan:1. Sel memiliki vakuola yang sangat kecil2. Susunan sel sangat rapat3. Memilki ruang antar sel4. Inti sel (nucleus) berukuran besar5. Sel mengandung sedikit sitoplasmaCiri-ciri jaringan meristem di tunjukkan olehJawaban:A. 1, 2, dan 4Alasan: Jaringan meritem tidak memiliki ruang antar sel karena susunan selnya sangat rapat dan selnya mengandung banyak sitoplasma.

3. Jaringan tumbuhan yang sel-selnya aktif membelah secara mitosis, yaituJawaban:D.MeristemAlasan:Jaringan meristem adalah jaringan yang sel-selnya aktif membelah diri secara mitosis.

4. Jaringan tumbuhan tingkat tinggi yang dinding selnya mengalami penebalan tidak teratur adalahJawaban:A. KolenkimAlasan: Kolenkim mengalami penebalan tidak teratur .Hanya memiliki dinding sel primer yang lunak, lentur, dan tidak berlignin.Namun, pada kolenkim dewasa bersifat kurang lentur, lebih keras, dan lebih rapuh di bandingkan kolenkim muda.

5. Jaringan penyusun akar tumbuhan dikotil yang memiliki karakteristik seperti meristem adalahJawaban:A. Epidermis

6. Cabang akar (akar lateral) terbentuk dari pembelahan sel-selJawaban:C. PerisikelAlasan: Perisikel dapat tumbuh ke arah samping membentuk cabang akar (akar lateral)

7. Kambium tidak di temukan pada tumbuhan batang monokotil, kecuali pada tumbuhanJawaban:C. Dracaena sp.

8. Pemanjang ruas-ruas batang tumbuhan golongsn rumput-rumputan di sebabkan olehJawaban:C. Meristem InterkalerAlasan:Meritem interkaler merupakan daerah meristematic karena terputus dari daerah meristematic yang terisolasi di subapikal batang, kemudian berkembang menuju pengkal (besipetal). Sel-selnya membelah untuk membentuk rangkaian sel yang sejajar.

9. Bagian tumbuhan berikum merupakan derivat epidermis, kecualiJawaban:D. KutikulaAlasan:Kutikula adalah lapisan bukan sel yang berada di atas lapisan epidermis, dapat berupa permukaan yang halus, kasar, bergelombang, atau beralur.

10. Biji pada jambu biji (Psidium guajava) merupakan jaringanJawaban: D. Sklerenkim

11. Pada akar gantung anggrek terdapat sel-sel mati yang berfungsi untuk menyimpan air di sebutJawaban:B. VelamenAlasan:Velamen tersusun dari sel-sel mati yang terdapat di bagian dalam epidermis akar gantung (akar udara) pada tumbuhan epifit (tumbuhan yang menempel pada benda/tumbuhan lain).

12. Daun Avicennia sp. Memiliki trikoma glanduler yang menyekresikan.Jawaban:D. GaramAlasan: Garam di sekresikan oleh sitoplasma ke dalam vakuola besar, sel sekresi, menjadi kering sejaland engan umur daun sehingga garamnya tertinggal di permukaan daun.

13. Berikut pernyataan yang berkaitan dengan stomata daun.1. Stomata berfungsi untuk pertukaran udara pada proses respirasi2. Stomata berfungsi untuk pertukaran udara pada proses fotosintesis3. Pada malam hari stomata akan terbuka4. Stomata akan menutup pada siang hari5. Stomata banyak terdapat pada epidermis daun bagian bawahPernyataan yang paling benar adalah.Jawaban:E.1,2, dan 5Alasan:Stomata terbuka pada siang hari dan menutup pada malam hari.

14. Aktivitas meristem primer akan mengakibatkan Jawaban:A. Pemanjangan akar dan batangAlasan: Meristem primer berada di ujung batang dan ujung akar.

15. Stomata daun akan terbuka jikaJawaban:B. Sel-sel penjaga mengakumulasikan ion K+Alasan:Stomata membuka ketika sel-sel penjaga secara aktif mengakumulasi ion kalium dari sel-sel tetangga di sekitarnya.

16. Aerenkim dapat di temukan padaJawaban:D. Alat pengapung eceng gondokAlasan:Aerenkim adalah parenkim yang menyimpan udara, karena memiliki ruang antar sel yang besar.

17. Linen yang berasal dari tumbuhan Linum usitatissimum sudah di gunakan untuk membuat pakaian sejak 6000 tahun yang lalu di mesir kuno. Linen sebenarnya merupakan jaringanJawaban:B. SkelerenkimAlasan:Sklerenkim adalah serat yang bisa di temukan di berbagai tumbuhan dalam bentuk untaian atau lingkaran.

18. Tempurung kelapa atau kulit kenari bersifat keras karena mengandung sel-selJawaban:D. SklereidAlasan:Sklereid merupakan sel-sel yang mati saat dewasa, tetapi protoplasnya tetap aktif sepanjang hidup organ tersebut.

19. Perbedaan jaringan kolenkim dengan sklerenkim yang paling benar adalahJawaban:A. Kolenkim terdiri atas sel-sel hidup, sedangkan skelerenkim terdiri atas sel-sel mati

20. Gambar tersebut menunjukan penampang batang dengan tipe berkas pengangkutJawaban:A.Radial 21. Jaringan yang bertanggung jawab terhadap pertambahan besar tumbuhan ke arah samping adalah meristemJawaban:D. LateralAlasan:Meristem lateral terletak memanjang sejajar permukaan batang atau akar.

22. Organ generatif tumbuhan adalahJawaban:C.Bunga, Buah, BijiAlasan:Organ generatif yaitu bunga, buah dan biji sedangan organ vegetatif adalah akar, batang, daun.

23. Manakah pernyataan yang paling tepat tentang perbedaan anatomi tumbuhan dikotil dengan monokotil?Jawaban:B. Sel sel parenkim daun monokotil memiliki struktur dan ukuran yang seragam, sedangkan sel sel parenkim daun dikotil tidak seragam

24. Manakah pernyataan yang paling tepat?Jawaban:C. Floem terdiri atas sel sel mati dan hidup, serta berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis

25. Empulur pada batang bambu berfungsi untuk..Jawaban:C. Menyimpan udaraAlasan:Pada bambu, empulur membentuk rongga memanjang berisi udara.

26. Zat yang biasa di gunakan untuk sterilisasi eksplan pada teknik kultur jaringan antara lainJawaban:B. Alkohol dan HgCl2Alasan:Sterilisasi eksplandapat dilakukan dengan menggunakan alcohol, bahan pemutih pakaian, atau HgCl2.

27. Pengambilan eksplan dari bagian tanaman yang akan di kultur di sebutJawaban:E. InisiasiAlasan:Inisiasi adakag pengambilan eksplan dari bagian tanaman yang akan di kultur.

28. Pembibitan dengan teknik kultur jaringan memiliki keunggulan, kecuali.Jawaban:E.Dapat di lakukan oleh petani langsung di areal pertanianAlasan:Kultur jaringan harus di lakukan di tempat yang steril.

29. Sifat totipotensi merupakan kemampuan sel-sel tumbuhan untuk.Jawaban:C. Tumbuh menjadi individu baruAlasan:Totipotensi adalah kemampuan setiap sel tumbuhan untuk tumbuh menajdi individu baru yang sempurna.

30. Teknik kultur jaringan dengan menggunakan eksplan dari serbuk sari di sebut.Jawaban:E. Pollen cultureAlasan:Pollen culture adalah teknik culture jaringan dengan menggunakan eksplan dari serbuk sari atau benang sari.

UJI KOMPETENSI BAB 3 (STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN HEWAN)

1. Manusia merupakan organisme multiseluler yang memiliki beberapa macam jaringan. Berbagai jenis jaringan pada manusia di pelajari pada cabang biologiJawaban:C. HistologiAlasan :Histologi adalah ilmu yang mempelajari jaringan makhluk hidup.

2. Jaringan berikut terdapat pada sepotong paha ayam segar, kecualiJawaban:C. Tulang lunak

3. Ciri-ciri tulang epitel adalahJawaban:C. Sel-sel tersusun rapatAlasan: Sel-sel tulang epitel tersusun rapat tanpa atau sedikit substansi interseluler. Sesuai dengan fungsinya sebagai proteksi maka tulang epitel harus memiliki sel yang rapat agar bisa melindungi organ dari pengaruh luar.

4. Perhatikan gambar jaringan epitel berikut. Jaringan epitel tersebut terdapat padaJawaban:A. Nefron pada ginjalAlasan: Gambar tersebut menunjukan jaringan pipih selapis. Yang terdapat pada endothelium, mesotelium, lapisan parietal kapsul bowman dan lengkung henle pada ginjal, alveolus paru-paru , selaput pada telinga tengah dan selaput pada telinga dalam.

5. Perhatikan gambar jaringan epitel berikut. Jaringan epitel tersebut dapat di temukan padaJawaban:D. Lambung dan usus halusAlasan: Gambar di atas menunjukan jaringan silindris selapis tidak bersilia yang terdapat pada sebagian besar saluran pencernaan.6. Epitel kubus selapis di tunjukan oleh gambarJawaban:B

7. Jaringan yang bukan termasuk ke dalam jaringan ikat adalahJawaban:E. Jaringan EpitelAlasan: Jaringan epitel bukan bagian dari jaringan ikat karena jaringan epitel berada paling luar dari organ.

8. Jaringan tulang keras bersifat kaku karena matriks penyusunnya mengandung.Jawaban:C. Kondroitin sulfatAlasan: Komponen utama substansi amorf adalah glikosaminoglikans. Glikosaminoglikans bersulfat yang paling banyak terdapat pada jaringan ikat adalah kondroitin sulfat.Semakin banyak kondroitin sulfat, maka matriks semakin kaku, contohnya pada tulang rawan dan tulang keras.

9. Jaringan limfoid mengandung banyak seratJawaban:C. Retikular Alasan: Jaringan reticular membentuk kerangka organ-organ limfoid, sumsum tulang dan hati.

10. Sel-sel berikut ini terdapat pada jaringan ikat, kecuali.Jawaban:D. OsteositAlasan: Osteosit merupakan sel tulang kompak/keras.

11. Jenis sel pada jaringan ikat yang menghasilkan melanin adalahJawaban:A. Sel pigmenAlasan: Sel pigmen jenis melanosit mengandung melanosom. Pigmen melanin berfungsi untuk menyerap cahaya.

12. Sel punca embrionik berbeda dengan sel punca dewasa karena bersifatJawaban:B. PluripotensiAlasan: Dengan sifat tersebut, secara logis tidak ada satupun penyakit degenerative yang tidak dapat di obati.

13. Biasanya dokter menginjeksikan jarum suntiknya ke pasien pada jaringan ikat longgarJawaban:B. AreolarAlasan: Jaringan areolar bersifat fleksible dengan substansi dasar yang relative cair.

14. Berikut adalah ciri-ciri jaringan tulang rawan : (I) Berwarna putih kebiruan(II) Berwarna kuning(III) Bersifat lentur, tidak mengalami kalsifikasi(IV) Mengandung banyak serat kolagen(V) Mengandung banyak serat elastic.Pernyataan yang merupakan ciri-ciri jaringan tulang rawan hialin, adalah pernyataan nomorJawaban:D. 1 dan 4

15. Jaringan tulang rawan elastic terdapat padaJawaban:A. Daun TelingaAlasan: Berwarna kuning, di bungkus oleh perikondrium, bersifat lentur, dan tidak mengalami kalsifikasi.

16. Tulang yang terdapat di bagian tubuh yang banyak mengalami tarikan, misalnya pada ruang di antara ruas tulang belakang dan simfisis pubis adalahJawaban:A. FibrokartilagoAlasan:Berwarna gelap keruh, jaringan tulang rawan yang paling kuat, dan berada menyatu dengan tulang rawan hialin di dekatnya / jaringan ikat padat fibrosa.

17. Jaringan tulang keras di tunjukkan oleh gambarJawaban:D.

18. Komponen sel yang tidak terdapat pada tulang keras adalahJawaban:E. KondrositAlasan:Kondrosit merupakan sel tulang rawan.

19. Sel tulang yang mampu mengeluarkan enzim proteolitik yang dapat menghancurkan jaringan tulang itu sendiri adalahJawaban:A. OsteoklasAlasan:Osteoklas mengeluarkan kolagenase dan enzim proteolitik yang berfungsi dalam proses resorpsi tulang atau osteolisis (Penghancuran tulang)

20. Struktur tulang kompak yang mengandung pembuluh darah, limfa, dan serabut saraf terdapat pada bagianJawaban:D. Saluran haversAlasan:Saluran havers adalah saluran yang berisi pembuluh darah, limfa, dan serabut saraf.

21. Perhatikan sketsa struktur tulang kompak berikutOsteosit terdapat di bagian nomor.Jawaban:C.3Alasan:osteosit ada pada lakuna

22. Tumor yang di tandai dengan benjolan akibat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkontrol, dapat di pengaruhi oleh factor eksternal berikut, kecualiJawaban:E.KeturunanAlasan:Keturunan dalah faktor internal yang sudah di bawa dari lahir.

23. Persamaan otot rangka dengan otot jantung adalah.Jawaban:C.Pada serat otot tampak pita gelap dan pita terang.

24. Gambar yang menunjukan otot jantung adalahJawaban:C.

25. Sebagian besar daging ayam yang biasa kita makan merupakan jaringan.Jawaban:A. Otot rangkaAlasan:Daging pada ayam menempel pada tulang ayam. Daging yang menempel pada tulang ayam adalah otot rangka.

26. Pernyataan yang benar berkaitan dengan jaringan saraf kecualiJawaban:A. Tersusun dari sel-sel saraf yang mampu berregenerasi dengan membelah diri.Alasan:Jaringan saraf tersusun dari sel-sel saraf yang tidak mampu membelah diri , tetapi bisa pulih kembali

27. Organ yang tidak termasuk dalam sistem indra adalah organJawaban:A. TanganAlasan:Sistem indra terdiri dari Hidung, lidah, mata, telinga, dan kulit.

28. 29. Hubungan yang benar antara jenis epitel, fungsi, dan tempatnya adalahJenis EpitelFungsiTempat

B.Epitel kubus selapisAbsorpsiTubulus kontortus ginjal

30. Manakah hubungan yang paling benar antara sel-sel penyusun jaringan ikat, ciri-ciri dan fungsinya?Jenis SelCiri-ciriFungsi

D.MakrofagSel berbentuk tidak beraturan, bercabang-cabangSekresi enzim-enzim

31. Manakah hubungan yang paling beanr antara jenis otot, ciri-ciri, dan letaknya?Jenis OtotCiri-CiriLetak

E.Otot JantungSel silindris bercabang, lurik, sistem saraf otonom, inti sel berjumlah satu di tengah sel, tidak mudah lelahJantung

1. Manakah pernyataan yang paling tepat berkaitan dengan tulang penyusun rangka pada tubuh manusia?Jawaban : B. Tulang penyusun rangka pada tubuh manusia adalah endoskeleton Karena rangka pada tubuh manusia ditutupi oleh otot dan kulit, sehingga terletak di dalam dan disebut endoskeleton (endo = dalam)

2. Pernyataan berikut merupakan fungsi system organ:1. Menyimpan vitamin B12. Menyimpan energy dalam bentuk lemak.3. Mnyimpan garam mineral kalsium karbonat4. Membentuk sel-sel darah merah.5. Menghasilkansel-sel imunitasPernyataan yang bukan merupakan fungsi system rangka, yaitu..Jawaban: A. 1

3. Tulang yang termasuk tulang aksial, yaitu..Jawaban: C. Tulang telinga dalam

4. Tulang scapula dan klavikula termasuk tulangJawaban: D.

5. Manakah pernyataan yang paling benar tentang tulang rusuk?Jawaban: C. Tulang rusuk melayang berjumlah 4 pasang

6. Perhatikan gambar tulang belakang berikut. Tulang kelangkang ditunjukkan oleh nomorJawaban: E. 5

7. Perhatikan gambar ruas tulang belakang tersebut. Foramen vertebra ditunjukkan bagian nomorJawaban: A. 1

8. Tulang jari-jari tangan disebutJawaban: C. Falangus

9. Tulang yang berbentuk pipa terdapat pada tulangJawaban: B. Radius dan Ulna

10. Tulang belakang memiliki fungsi sebagai berikut, kecuali..Jawaban: D. Sebagai alat gerak aktif

11. Tulang terdiri atas lapian-lapisan yang jika disebutkan dari arah luar kearah dalam secara berurutan, yaitu..Jawaban: C. Periosteum tulang kompak tulang spons endosteum sumsum tulang

12. Tulang yang berbentuk tidak beraturan, yaitu..Jawaban: A. Ruas tulang belakang

13. Tulang yang ditunjuk oleh X pada gambar, berbentuk..Jawaban: C. Pendek

14. Bagian tulang pipa yang berkemampuan tumbuh memanjang adalah.Jawaban: D. Cakram epifisis

15. Jaringan tulang spons ditunjukkan oleh nomor .Jawaban: E. 5

16. Manakah pernyataan yang paling benar tentang osifikasi (penulangan)?Jawaban: C.Pada osifikasi intra membrane terjadi penggantian tulang rawan menjadi tulang keras

17. Jaringan tulang kompak tersusun dari sel-sel ..Jawaban: C. Osteosis

18. Komponen penyusun persendian tulang, kecuali .Jawaban: E. serat Sharpey

19. Jenis persendian tulang pada rangka berikut adalah ..Jawaban: A. Sinartrosis

20. Sendi engsel terdapat pada tulang .Jawaban: B. ruas jari,lutut, dan siku

21. Tipe persendian yang terjadi antara tulang atlas dengan tulang tengkorak, yaitu .Jawaban: D. Putar

22. Perhatikan gambar persendian berikut. Tipe persendian tersebut adalah .Jawaban: C. Peluru

23. Manakah pernyataan tentang sifat otot rangka yang paling benar?Jawaban: B. Tonus, yaitu tidak memiliki ketegangan sedikit pun saat relaksasi

24. Bagian ujung otot yang melekat pada tulang yang tidak bergerak ketika otot berkontraksi yaitu .Jawaban: D. Origo

25. Setiap bagian otot dibungkus oleh selubung jaringanikat. Selotot yang berbentuk serat dibungkus oleh .Jawaban: B. Premisium

26. Struktur serat otot rangka menunjukkan adanya pita gelap dan pita terang yang merupakan kombinasi protein kontraktil mioflamen tebal dan tipis. Mioflamen tebal disusun oleh protein.Jawaban: A. Miosin

27. Untuk melakukan gerak otot diperlukan energi. Zat x pada reaksi pengubahan sumber energi di bawah ini adalah .glikogen X glukosa+ asamlaktatglukosa + O2 CO2 + H2O + energyJawaban: B. Laksatidogen

28. Tahapan mekanisme kerja otot.1) Impuls saraf tiba di neuromuscular junction2) Ion Ca2+ keluar dari reticulum sarkoplasma3) Pembebasan asetilkolin4) Daerah aktif tropomiosin yang tertutup troponin terbuka5) Terjadi pemendekan otot6) Ion Ca2+ terikat oleh troponin7) Myosin dan aktin berikatan membentukak tomiosinTahapan mekanisme kontraksi otot secara berurutan, yaitu .Jawaban: E. 1-3-2-6-4-7-5

29. Pernyataan yang tidak benar tentang teori kontraksi otot sliding filament menurut Andrew F. Huxley .Jawaban: C. Panjang sarkomer akan bertambah saat kontraksi

30. Setelah otot bekerja terus-menerus akan terasa lelah. Hal ini disebabkan .Jawaban: B. Penimbunan asam laktat

31. Energy kontraksi otot dapat berasal dari beberapa sumber, kecuali ..Jawaban: E. Kalsium fosfat

32. Keadaan otot bisep dan trisep ketika kita mengangkat lengan bawah adalah ..Jawaban: B. Otot bisep relaksasi, sedangkan otot trisep kontraksi

33. Gerakan antagonis yang ditunjukkan pada gambar adalah ..Jawaban: B. Abduksi-adduksi

34. Gerakan yang merupakan gerak supinasi, adalah .Jawaban: D. Telapak tangan menengadah

35. Pada saat kita menarik napas, otot-otot antar tulang rusuk berkontraksi. Hal ini merupakan contoh kerja otot .Jawaban: A. Sinergis

36. Perhatikan gambar kelainan tulang berikut. Kelainan tulang belakang pada gambar disebut .Jawaban: C. Kifosis

37. Kerusakan dan keausan tulang rawan pada persendian disebut ..Jawaban: A. Osteoartritis

38. Kekurangan hormone kelamin dan asupan kalsium dapat mengakibatkan tulang menjadi rapur, keropos, dan mudah patah. Gangguan fisiologis ini disebut .Jawaban: B. Osteoporosis

39. Metode berikut yang bukan merupakan usaha penyembuhan kanker tulang adalah ..Jawaban: E. pemasangan gips dan pembidaian

40. Perkembangan teknologi telah berhasil membuat kaki yang fungsional. Teknologi ini disebut .Jawaban: E. Kaki bionik