epaper andalas edisi rabu 18 juli 2012

download epaper andalas edisi rabu 18 juli 2012

of 12

  • date post

    27-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    247
  • download

    3

Embed Size (px)

description

harian andalas lugas dan cerdas

Transcript of epaper andalas edisi rabu 18 juli 2012

  • andalasHARIAN

    L U G A S D A N C E R D A SRabu, 18 Juli 2012 | No: 2234/Tahun VII | E-Mail:andalasmedan@gmail.com | Harga Eceran Rp2.000; Langganan+ongkos kirim Rp75.000; Luar Kota: Rp2.500

    Jalan Raya di SumutJadi 'Ladang Pembantaian'

    Sumber Bank Indonesia

    Mata UangAUDCNYEURGBPHKD

    Jual9802

    15071171514914

    1227

    Beli97011492

    1159514765

    1215

    Kurs dan Harga Logam Mulia, 17 Juli 2012Mata UangJPYMYRSGDUSD

    Jual120.68

    301175459521

    Beli119.46

    297874699427

    SIAPA saja yang datang ke Desa Kodinhi di Kerala,India pasti akan kesulitan mengenali setiappenduduk aslinya. Wajar saja, sebab sedikitnyaterdapat 250 pasang manusia kembar di desa ini.

    Bersambung ke Hal. 15

    Medan-andalasJelang bulan suci Ramadan, Satuan Sabhara

    Polresta Medan menggelar Operasi Cipta Kondisi2012 di beberapa lokasi, Selasa (17/7) siang.Hasilnya, petugas mengamankan 30 orang juruparkir (jukir) ilegal di berbagai tempat. Bersamaberbagai barang bukti yang disita, seluruhnyadiboyong ke Mako Sat Sabhara Polresta Medan.

    Kasat Shabara Polresta Medan Beny M Saragihmenjelaskan operasi ini dilakukan sebagai salahsatu bentuk upaya untuk menciptakan kondisi amandalam menyambut bulan suci Ramadan 1433 H.

    Ke-30 jukir ilegal ini diamankan petugas darisejumah lokasi di antaranya Jalan Cirebon, JalanBandung, Jalan Brigjen Katamso, dan Jalan Pandu."Keseluruhan jukir yang terjaring itu kebanyakantidak memiliki kartu identitas petugas parkir. "Adajuga yang punya tetapi masa berlakunya sudahmati," terang Beny.

    Keseluruhan jukir yang diamankan tersebutkemudian didata. Setelah itu akan pulangkankepada pihak keluarga masing-masing, namunterlebih dahulu harus membuat surat pernyataan.

    Puluhan jukir ilegal yang diamankan tersebutdi antaranya Anton Sitompul (44) warga JalanPalang Merah, Lando H Harahap (31) warga JalanPalangkaraya, M Yusuf (24) warga Jalan Perniagaan,

    Bersambung ke Hal. 15

    30 Jukir IlegalTerjaring RaziaPolisi Juga Menangkap 6 Penjudi

    Bersambung ke Hal. 15

    ANEH tapi NYATA

    Bersambung ke Hal. 15

    Anggota Komisi A DPRDSumut Drs Tunggul Siagian

    menilai, saat ini kondisiperlalulintasan di Sumut

    sangat mengerikan. Sebab,jalan raya sudah berubah

    menjadi 'ladangpembantaian' (the killing

    fields) terhadap parapengguna jalan, sehinggalebih banyak korban laka

    lantas daripada korban'perang' di masa merebut

    kemerdekaan RI.

    PLN Jamin RamadanTak Ada Pemadaman

    Medan-andalasPT PLN Wilayah Sumatera

    Utara (Sumut) menjaminpasokan listrik di wilayahSumut selama bulan Ramadandan Idul Fitri 1433 H dalamkeadaan baik dan mencukupi.Jika terjadi pemadaman listrikselama Ramadan, hal itu bukankarena defisit daya, tetapikarena kerusakan jaringanakibat gangguan alam sepertihujan dan angin.

    Medan-andalasSebuah posko yang menjadi Kantor

    Ikatan Pemuda Karya (IPK) PAC LabuhanDeli di Jalan Serbaguna, Gang Lanjar No10, Desa Helvetia, Deli Serdang, dirusakdan dilempar molotov oleh sekelompokorang tak dikenal bersenjata tajam danbalok, Selasa (17/7) dini hari.

    Dua penjaga posko yang tengah tertidur

    lelap, nyaris tewas terbakar di dalam possaat penyerangan terjadi. Beruntung,kedua penjaga yang masih berstatus bapak-anak berhasil selamat berkat teriakanwarga yang membangunkan mereka.

    Peristiwa itu sempat membuat wargaJalan Kampung Banten, yang merupakanlokasi tempat kejadian tersebut, menjadicemas dan ketakutan.

    Jaya Krisna alias Dempet (50), kepadasejumlah wartawan menuturkan peristiwaitu terjadi saat dirinya sedang tertidur lelapdi dalam posko. Dia dibangunkan putranya,Fauzan Muhammad Azis alias Rohid (12),yang melihat ada belasan orang mengamuk,menghancurkan kaca, dan berteriak

    KampungManusia Kembar

    Kantor IPK Diserang OTK

    Bersambung ke Hal. 15

    Pekanbaru-andalasPesawat Garuda Indonesia Boeing 737-800 NG

    dengan nomor penerbangan GA 174 mengalamiover run di Bandara Sultan Syarif Kasim II,Pekanbaru, Selasa (17/7).

    Pesawat tersebut membawa 162 penumpang,150 di kelas ekonomi dan 12 di kelas bisnis,

    GarudaDitumpangiMenteriTergelincir

    MENDAMENDAMENDAMENDAMENDATTTTTA A A A A - Sejumlahpetugas polisisedang mendatajuru parkir yangdiamankan kemarkas Sat SabharaPolresta Medan,Selasa (17/7).Puluhan juru parkirtersebut terjaringrazia petugaskarena beroperasitanpa dilengkapisurat resmi.

    andalas/rizki mulya

    POLRESTA Medan menggelar pertemuanuntuk membangun kesepakatan perdamaianantara ormas Pemuda Pancasila (PP) KotaMedan dengan Ikatan Pemuda Karya (IPK)

    Polresta MedanJembatani PP - IPK

    Masyarakat Bisa Lakukan Gugatan Class Action

    Drs Tunggul Siagian

    "Saat ini, kemampuan pasokan daya dariseluruh pembangkit dalamkondisi normal ada sekitar1.539 megawatt (MW) denganperkiraan beban puncak sekitar1.444 MW. Artinya, dalamkondisi normal masih adacadangan daya sekitar 94 MW,"kata Deputi Manager Komu-nikasi PT PLN Wilayah SumutRaidir Sigalingging kepadawartawan, Selasa (17/7).

    Raidir Sigalingging yangdidampingi Manager BidangPerencanaan Hery Triambodo, Manager

    Teknik Hidayat R Pane, dan Manager PT PLNCabang Medan Haris Nasutionmengungkapkan, PT PLN Wi-layah Sumut akan melakukansiaga untuk memastikan agarseluruh pasokan listrik dalamkeadaan baik selama bulan Rama-dan yang diperkirakan jatuh padatanggal 21 Juli mendatang.

    "Pasokan listrik selama bulanRamadan mencukupi bahkanberlebih sekitar 94 MW. Jikaterjadi pemadaman, itu bukankarena defisit, tapi karena keru-

    sakan jaringan akibat gangguan alam seperti

    hujan atau angin," ujarnya.Raidir mengatakan, untuk mengantisipasi

    hal-hal yang tidak diinginkan seperti gangguanalam seperti hujan, badai, petir, pohontumbang, dan lainnya, tim siaga yang tersebardi setiap kantor unit PLN siap melakukanpercepatan pemulihan.

    "Namun demikian kami juga meng-harapkan bantuan dan kerja sama masyarakatuntuk dapat segera menginformasikan kepetugas PLN terdekat atau menghubingicontact center 123, apabila mengetahui adaterjadi gangguan listrik," jelasnya.

    "SANGAT mengerikan, sejumlah ruasjalan di Sumut sudah menjadi 'ladangpembantaian' terhadap pengguna jalan.Seperti Jalan jurusan Medan-TebingTinggi-Kisaran, maupun Jalan Medan-Binjai-Langkat, dalam kurun waktu Januari-Juli 2012 sudah ratusan orang mati sia-siaakibat laka lantas di jalan tersebut," beber

    politisi Demokrat ini, Selasa (17/7).Hal ini disebabkan, kondisi jalan dengan

    beban atau jumlah transportasi yangmelintas tidak mampu lagimenampungnya, serta kualitas jalan yangtidak memenuhi standar maupun struktur

    Bersambung ke Hal. 15

    dok.andalas

    PADAT - Terlihat kepadatan arus lalu lintas di ruas Jalinsum Medan-Tebing Tinggi yang tidak sebandingdengan sempitnya badan jalan, beberapa waktu lalu. Kondisi ini rentan memicu terjadinya kecelakaan lalulintas di jalur yang setiap harinya sangat tinggi dengan volume kendaraan tersebut. Bersambung ke Hal. 15

    sindikasi.net

    TERGELINCIR - Pesawat Garuda yang tergelincir diBandara Sultan Syarief Kasim, Pekanbaru, Riau.

  • DDDDDPW PW PW PW PW Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN)Sumut, DPD Partai Gerakan Indonesia Raya(Gerindra) Sumut dan DPD Partai PerjuanganIndonesia Baru (PPIB) Sumut, sepakat membangunkoalisi menghadapi pemilihan Gubernur/WakilGubernur Sumut, Maret 2013 mendatang.

    Koalisi yang diberi nama Sumut Baru Bersatu itu,ditandatangani Ketua Drs Nurdin Pustaha Manurung,Sekretaris Hamdan SE (PPRN), Ketua Ir Ramses SimbolonMSc, Sekretaris Sri Kumala SE MM (Gerindra), KetuaSonny Firdaus SH, Sekretaris Henri Siagian (PPIB).Penandatanganan juga disaksikan Wakil Ketua OKKPPRN, Ir Washington Pane MSc, Wakil Ketua Amin Thomas,Bendahara PPRN Richard Sidabutar SE, Wakil Ketua OKKAstrayuda Bangun dan para pengurus ketiga partai yangsekaligus sebagai tim pemrakarsa koalisi, dilakukan dalamsuatu pertemuan di Medan, Selasa (17/7).

    Wakil Ketua PPRN Sumut, Washington Panemengatakan, penjajakan koalisi ini sudah berlangsungsejak sebulan lalu. Koalisi ini berangkat dari keinginanbersama untuk turut berpartisipasi dalam Pilgubsumendatang dengan mengusung sosok terbaik untukmewujudkan Sumut baru."Yakni Sumut yang lebih majuberbasis kepedulian pada peningkatan kesejahteraanrakyat," kata Ketua Komisi B DPRDSU ini.

    Dengan persyaratan pencalonan yang mensyaratkansebuah parpol harus memiliki kursi 15 % di DPRDSumut, baru memenuhi persyaratan mengajukan calonsendiri, dapat dipastikan hanya Partai Demokrat yangbisa mengajukan cagubsu sendiri, tanpa harusberkoalisi. Dengan kata lain parpol lain, termasuk parpolpapan atas seperti Partai Golkar dan PDI Perjuangan,harus membangun koalisi, agar bisa mengusungcagubsu/ cawagubsu. Begitu juga parpol papanmenengah semisal PAN, PKS dan PPP, mutlak harusmelakukan koalisi.

    Karenanya, apa yang dilakukan tiga parpol di atas(PPRN, Gerindra, dan PPIB) merupakan sebuah langkahmaju. Dengan demikian peta koalisi menghadapiPilgubsu 2013, mulai menemukan titik terang. Bisajadi koalisi tiga partai ini, akan semakin menguat denganbergabungnya sejumlah parpol kecil lainnya di DPRDSumut, semisal PKB, PBB dan PBR.

    Dalam konteks demikian, parpol lain pun dipastikantidak akan tinggal diam. Tidak tertutup kemungkinan,Golkar akan membangun koalisi dengan PAN, PPP,Hanura atau PKS. Sedangkan, PDI Perjuangan bisa jadiakan berkoalisi dengan Partai Damai Sejahtera (PDS),atau partai lainnya. Peta koalisi pada Pilgubsu 2013nanti, dipastikan akan sangat banyak dipengaruhi olehfaktor kecocokan antara kandidat yang hendakdipasangkan. Partai sekaliber Golkar, PDI Perjuangan,dan PKS, mungkin akan ngotot menempatkanpilihannya sebagai cagubsu dan rekan koalisinya diberijatah mengusung cawagubsu.

    Sementara, Partai Demokrat walaupun sudahmelenggang dengan calon sendiri, dipastikan masihakan berupaya menggandeng rekan koalisi, denga