Enterprise resources planning

download Enterprise resources planning

of 12

  • date post

    17-Jul-2015
  • Category

    Education

  • view

    146
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Enterprise resources planning

ENTERPRISE RESOURCES PLANNING

ENTERPRISE RESOURCES PLANNINGOleh : MUHAMMAD NURSALLILatar BelakangUntuk menjawab tantangan kebutuhan informasi dan pengambilan keputusan yang semakin butuh kecepatan dan ketepatan, Sistem informasi konvensional tampaknya belum cukup. Orang berpikir bagaimana membuat sebuahsistem informasi dengan domain informasi seluruh bagian perusahaan, baik dalam satu lokasi maupun di lokasi yang terpisah. Hal inilah yang melatarbelakangi konsep ENTERPRISE RESOURCES PLANNING.

Apa itu ENTERPRISE RESOURCES PLANNING ?Enterprise Resource Planning (ERP) atau dalam bahasa indonesia perencanaan sumber daya manusia yaitu sebuah sistem informasi yang digunakan oleh sebuah perusahaan barang ataupun jasa yang berguna untuk mengintegrasikan semua proses jalannya perusahaan dari segala aspek baik proses produksi, proses operasional, proses distribusi, dan segala proses lainnya dari produk ataupun jasa dari perusahaan tersebut. Karakteristik dari ERPKualitas informasi :

1. Flexible2. Menghasilkan informasi yang benar3. Meghasilkan informasi berkala4. Meghasilkan informasi relevant5. Menghasilkan informasi yang komplet6. Menghasilkan informasi yang valid

User Interface :

1. Mempunyai GUI yang bagus2. User Interfacenya harus user friendly3. Memungkinkan acces yang aman ke informasi4. Dapat diakses dari banyak tempat5. Menyediakan cara pengaksesan informasi yang cepat dan mudah

Modul modul ERPa). Modul Operasi, terdiri atas :

General Logistik, adalah proses aliran pendistribusian yang efisien dalam pemnyimpanan barang dari titik asal / titik prosuksi ke titik konsumsi. Modul ini juga terintegrsi dengan modul lainnya,misalnyaproduction & planning, enterprise controlling,dll.

Sales and Distribution, merupakan ujung tombak dari suatu perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan.Saleslebih menitikberatkan pada pencarian pasar dan produk. Sedangkandistributiondifokuskan pada penggunaan strategi yang sensitif terhadap perubahan yang terjadi di pasar.

Material and Management, merupakan modul yang bertujuan untuk mengoptimasi semua proses yang terkait dengan perencanaan, pengadaan, pembelian, sampai penyimpanan material.

b). Financial Accounting Module

merupakan inti/core atau dasar dari kebanyakan sistem software ERP. Karena Modul Finasial ini mampu untuk mengumpulkan data keuangan dari berbagai departemen fungsional, dan mampu untuk menghasilkan laporan keuangan yang sangat berharga . Beberapa fungsifinancial accounting module :

Menghandle semua account yang berhubungan dengan masukan atau entri dan menghandel dampak dari entri tersebut terhadap system secara keseluruhan.Mencatat semua proses keuangan yang masuk dan juga mencatat semua bagaimana keuangan tersebut digunakan.Dengan adanya Modul ini, maka para pemilik perusahaan akan diberikan gambaran mengenai posisi keuangan meraka dan akan sangat membantu mereka dalam mengambil keputusan yang sifatnya sangat strategis.Dengan adanya software finasial ini pula, manajemen dapat mengetahui kondisi finansial perusahaan mereka kapan saja dan dimana saja.

c). Human Resources Module

merupakan perluasan dari ERP module. HR modul memetakan secara tegas tentang managerial sumber daya manusia dan juga meletakkan tenaga kerja itu sebagai asset atau capital. HR modul secara rutin akan memaintain secara lengkap database kepegawaian termasuk diantaranya informasi informasi mengenai detail penggajian, data krhadiran pegawai, data evaluasi performance karyawan, dan data promosi karyawan. Pada dasarnya Modul ERP ini memiliki sebuah software khusus yang mengintegrasikan semua informasi dari berbagai macam aplikasi yang disatukan kedalam sebuah database.Keuntungan ERP bagi perusahaanPemanfaatan ERP secara tepat akan memberikankeuntungan dan nilai lebih bagi perusahaan, antara lain:

Sistem yang terintegrasi akan memberikan tingkat kevalidan data yang lebih tinggi serta menghilangkan duplikasi atau redudansi data.Informasi yang diperlukan perusahaan dapat diperoleh dengan lebih cepat, bahkan secarareal time.Hanya ada satu portal akses sistem bagi seluruh pengguna dan menyajikanuser interfaceyang cenderung sama sehingga pengguna lebih mudah menggunakannya.Pemanfaatan sistem yang terintegrasi akan menjadikan proses bisnis lebih cepat dan bersifatpaperlesskarena dihilangkannya beberapa proses manual yang tidak diperlukan lagi.Kontrol terhadap keamanan, ketersediaan dan kehandalan sistem menjadi lebih mudah karena semua sistem yang digunakan masing-masing fungsional telah terintegrasi.

Kekurangan ERP bagi perusahaanKebutuhan akan ERP dalam perusahaan muncul dikarenakankekurangandari model sistem informasi tradisional yang bersifat terpisah, yaitu:

Banyaknya duplikasi atau redudansi data karena sistem yang dimiliki masing-masing fungsional berbeda dan tidak terintegrasi.Pihak manajemen dan strategis kesulitan mendapatkan informasi yang melibatkan data dari berbagai fungsional bisnis karena diperlukan proses untuk mengintegrasikan data-data yang ada.Data yang bersifat terpisah memiliki resiko ketidakvalidan yang tinggi.Pengguna yang harus mengakses sistem dari beberapa fungsional bisnis direpotkan oleh banyaknya akun yang perlu diingat untuk mengakses masing-masing sistem serta modeluser interfaceyang terkadang berbeda pada masing-masing sistem sehingga perlu dipelajari secara khusus.

KesimpulanEnterprise Resources Planning (ERP) merupakan pengembangan konsep CBIS dan DSS yang dioptimasi untuk menyelesaikan permasalahan perusahaan atau organisasi secara menyeluruh, dengan batasan-batasan: corporate wide system, holistic information, business intelligent. Adapun kemampuan yang dimiliki oleh EIS yang baik, adalah : drill down path, critical success factor, status access, analisis, navigasi informasi, audio dan visual, dan komunikasi.Organizational DSS adalah EIS yang lebih khusus memasukkan DSS dalam arsitekturnya, yang digunakan untuk mendukung keputusan yang difokuskan pada tugas-tugas organisatoris atau kegiatan yang melibatkan banyak proses danpelaku.Banyak perusahaan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengoptimisasi proses bisnis yang dimilikinya, tapi mereka kadang masih membangun solusi dengan sistem yang tidak terintegrasi. Sistem tersebut terpisah berdasarkan unit kerja maupun berdasarkan proses bisnis. Hal ini akan menjadi halangan ketika suatu proses membutuhkan kolaborasi dengan proses lain untuk dapat menyelesaikan jalannya proses tersebut. Manajemen Proses Bisnis (BPM) adalah solusi yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengelola proses bisnis yang mereka miliki Dengan BPM perusahaan dapat dengan mudah memodelkan dan mengubah proses bisnis sesuai kebutuhan agar dapat dioptimisasi, yang pada akhirnya akan mengurangi ongkos produksi, meningkatkan efisiensi karyawan, meningkatkan kepuasan pelanggan, memperbaiki hubungan dengan partner bisnis, dan pada akhirnya adalah meningkatkan keuntungan perusahaan.

Sumber :http://pengertianx.blogspot.com/2013/05/pengertian-erp-enterprise-resources-planning.htmlhttp://12puby.wordpress.com/2011/03/03/pengertian-enterprise-sistem-informasi/https://aliandidoni.wordpress.com/2013/04/10/mengenal-modul-modul-enterpsrise-resource-planning-erp/http://stevchristo.com/index.php/2013/06/berkenalan-dengan-enterprise-resource-planning-erp/

Sekian dan Terima kasih