Elastisitas Permintaan Dan Elastisitas Penawaran

download Elastisitas Permintaan Dan Elastisitas Penawaran

of 21

  • date post

    14-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    150
  • download

    8

Embed Size (px)

Transcript of Elastisitas Permintaan Dan Elastisitas Penawaran

Elastisitas Permintaan dan Elastisitas Penawaran

Dalam kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh suatu masyarakat atau negara menunjukkan bahwa kegiatan permintaan dan penawaran sangat dipengaruhi oleh tinggi rendahnya harga barang yang berlaku. Dengan demikian perubahan harga akan memengaruhi besarnya jumlah barang yang diminta (permintaan) dan jumlah barang yang ditawarkan (penawaran). Seberapa besar pengaruh perubahan harga terhadap jumlah barang dapat dihitung dengan menggunakan rumus elastisitas.

Wawasan EkonomiHarga adalah nilai barang yang ditentukan dengan uang atau alat tukar lain yang senilai, yang harus dibayarkan untuk barang dan jasa pada waktu tertentu di pasar tertentu.

1. Definisi ElastisitasElastisitas (pemuluran) adalah pengaruh perubahan harga terhadap jumlah barang yang diminta atau yang ditawarkan. Dengan kata lain elastisitas adalah tingkat kepekaan (perubahan) suatu gejala ekonomi terhadap perubahan gejala ekonomi yang lain.

Elastisitas terbagi dalam tiga macam, yaitu sebagai berikut.

a. Elastisitas harga (price elasticity) yaitu persentase perubahan jumlah barang yang diminta atau yang ditawarkan, yang disebabkan oleh persentase perubahan harga barang tersebut.

b. Elastisitas silang (cross elasticity) adalah persentase perubahan jumlah barang x yang diminta, yang disebabkan oleh persentase perubahan harga barang lain (y).

c. Elastisitas pendapatan (income elasticity) yaitu persentase perubahan permintaan akan suatu barang yang diakibatkan oleh persentase perubahan pendapatan (income) riil konsumen.

2. Elastisitas PermintaanElastisitas permintaan (elasticity of demand) adalah pengaruh perubahan harga terhadap besar kecilnya jumlah barang yang diminta atau tingkat kepekaan perubahan jumlah barang yang diminta terhadap perubahan harga barang. Sedangkan besar kecilnya perubahan tersebut dinyatakan dalam koefisien elastisitas atau angka elastisitas yang disingkat E, yang dinyatakan dengan rumus berikut ini.

Keterangan:Q : perubahan jumlah permintaanP : perubahan harga barangP : harga mula-mulaQ : jumlah permintaan mula-mulaEd : elastisitas permintaan

Contoh:Pada saat harga Rp400,00 jumlah barang yang diminta 30 unit, kemudian harga turun menjadi Rp360,00 jumlah barang yang diminta 60 unit. Hitunglah besar koefisien elastisitasnya!

Jawab:

a. Macam-Macam Elastisitas PermintaanElastisitas permintaan terdiri atas lima macam.

Keterangan:% Qd = Persentase perubahan jumlah barang yang diminta% Pd = Persentase perubahan harga barang

b. Kurva Elastisitas Permintaan

Kurva Elastisitas Permintaan

c. Menghitung Elastisitas Permintaan secara Matematis

Dari rumus elastistas:

menunjukkan, bahwa:

adalah turunan pertama dari Q atau Q1.

Contoh 1:Fungsi permintaan suatu barang ditunjukkan oleh persamaan Q = 50 -P. Tentukan besar elastisitas permintaan pada tingkat harga P = 80!

Jawab:Jika P = 80, maka Q = 50 1/2 (80)Q = 50 40Q = 10

Contoh 2:Diketahui fungsi permintaan P = 100 2Q. Hitung elastisitas permintaan pada tingkat harga P = 50!

Jawab:

3. Elastisitas PenawaranElastisitas penawaraan (elasticity of supply) adalah pengaruh perubahan harga terhadap besar kecilnya jumlah barang yang ditawarkan atau tingkat kepekaan perubahan jumlah barang yang ditawarkan terhadap perubahan harga barang. Adapun yang dimaksud koefisien elastisitas penawaran adalah angka yang menunjukkan perbandingan antara perubahan jumlah barang yang ditawarkan dengan perubahan harganya. Besar kecilnya koefisien elastisitas penawaran dapat dihitung dapat dengan rumus sebagai berkut.

Keterangan:Q : perubahan jumlah penawaranP : perubahan harga barangP : harga barang mula-mulaQ : jumlah penawaran mula-mulaEs : elastisitas penawaran

Contoh:Pada saat harga Rp500,00 jumlah barang yang ditawarkan 40 unit, kemudian harga turun menjadi Rp300,00 jumlah barang yang ditawarkan 32 unit. Hitunglah besarnya koefisien elastisitas penawarannya!

Jawab:

a. Macam-Macam Elastisitas PenawaranSeperti halnya elastisitas permintaan, elastisitas penawaran juga terdapat lima macam, yaitu:

Keterangan:% Qs : Persentase perubahan jumlah barang yang ditawarkan% Ps : Persentase perubahan harga barang

b. Kurva Elastisitas Penawaran

Kurva Elastisitas Penawaran

Cara praktis menentukan besarnya elastisitas tanpa mencari turunan Q atau Q1, yaitu:

1) Jika persamaan fungsi menunjukkan P = a bQ (fungsi permintaan) dan P = a + bQ (fungsi Penawaran), maka rumus elastisitasnya adalah sebagai berikut.

Contoh 1:Diketahui fungsi permintaan P = 100 2Q. Hitung elastisitas permintaan pada tingkat harga P = 50!

Jawab:Dengan cara biasa Jika P = 50, maka

50 = 100 2Q2Q = 50Q = 25

Contoh 2:Diketahui fungsi penawaran P = 100 + 2Q. Hitunglah elastisitas penawaran pada tingkat harga P = 500!

Jawab:Dengan cara biasa Jika P = 500, maka

500 = 100 + 2Q-2Q = -400Q = 200

Contoh 3:Diketahui Fungsi penawaran P = -100 + 2Q. Hitung elastisitas penawaran pada tingkat harga P = 400!

Jawab:Dengan cara biasa Jika P = 400, maka

400 = -100 + 2Q-2Q = -500Q = 250

2) Jika persamaan fungsi menunjukkan Q = a bP (fungsi permintaan) dan Q = a + bP (fungsi penawaran), maka rumus elastisitasnya adalah sebagai berkut.

Contoh 1:Fungsi permintaan suatu barang ditunjukkan oleh persamaan Q =50 1/2 P.Tentukan besar elastisitas permintaan pada tingkat harga P = 80!

Jawab:Dengan cara biasaJika P = 80, maka Q =50 1/2 (80)Q = 50 40Q = 10

Contoh 2:Fungsi penawaran suatu barang ditunjukkan oleh persamaan Q = 50 + 2P. Tentukan besar elastisitas penawaran pada tingkat harga P = 50!

Jawab:Dengan cara biasaJika P = 50, maka Q = 50 + 2(50)Q = 50 + 100Q = 150

HYPERLINK "http://www.plengdut.com/2013/01/elastisitas-permintaan-dan-elastisitas.html" http://www.plengdut.com/2013/01/elastisitas-permintaan-dan-elastisitas.html

ELASTISITAS PERMINTAAN DAN PENAWARAN

Elastisitas Permintaan Dan PenawaranA.Pengertian ElastisitasSalah satu pokok bahasan yang paling penting dari aplikasi ekonomi adalah konsep elastisitas. Pemahaman dari elastisitas harga dari permintaan dan penawaran membantu para ahli ekonomi untuk menjawab suatu pertanyaan, yakni apa yang akan terjadi terhadap permintaan dan penawaran, jika ada perubahan harga? Apa yang terjadi pada keseimbangan harga bila factor-faktor yang mempengaruhi kurva demand dan supply berubah? Dan beberapa besar pengaruhnya?

Untuk menjawab ini pakailah konsep elastisitas.

Secara umum, elastisitas adalah suatu pengertian yang menggambarkan drajat kepekaan atau respon dari jumlah barang yang diminta atau ditawarkan akibat perubahan factor yang mempengaruhinya. Dalam pembahasan ini akan diterangkan cara untuk menghitung elastisitas permintaan dan penewaran dan factor-faktor yang mempengaruhi masing-masing elastisitas tersebut.

B.Elastisitas PermintaanElasstisitas permintaan adalah suatu alat atau konsep yang digunakan untuk mengukur derajat kepekaan atau respon perubahan jumlah atau kualitas barang yang dibeli sebagai akibat perubahan factor yang mempengaruhi. Dalam hal ini pada dasarnya ada tiga variable pertama yang mempengaruhi, maka dikenal tiga elastisitas permintaan, yaitu: Elastisitas Harga Permintaan, Elastisitas Silang, Dan Elastisitas Pendapatan.Elastisitas Harga PermintaanElastisitas harga permintaan adalah derajat kepekaan atau respon jumlah permintaan akibat berubahan harga barang atau dengan kata lain merupakan perbandingan dari pada presentasi perubahan jumlah barang yang diminta dengan prosentase perubahan denganharga dipasar, sesuai dengan hokum permintaan, dimana jika harga naik, maka kuantitas barang turun dan sebaliknya.[1]Dalam analisis, elastisitas harga permintaan lebih kerap dinyatakan sebagaielastisitas permintaan. Nilai perbandingan antara persentasi perubahan jumlah diminta dengan persentasi perubahan harga disebutkoefisien elastisitas permintaan.

Rumus perhitunganKoefesien elastisitas permintaan adalah suatu angka penunjuk yang menggambarkan sampai seberapa besarkah perubahan jumlah barang yang diminta apabila dibandingkan dengan perubahan harga. Koefesien elastisitas permintaan dihitung dengan menggunakan rumus dibawah ini:

Ed=Persentasi Perubahan Jumlah Barang Yang Diminta

Presentasi perubahan harga

Misalnya harga berubah dari P menjadi P1dan jumlah barang yang diminta berubah dari Q menjadi Q1. dengan permisalan ini rumus diatas dapat dinyatakan sebagai berikut:

Q1 Q

INCLUDEPICTURE "C:\\DOCUME~1\\PC_CLI~1\\LOCALS~1\\Temp\\msohtmlclip1\\01\\clip_image007.gif" \* MERGEFORMATINET

INCLUDEPICTURE "C:\\DOCUME~1\\PC_CLI~1\\LOCALS~1\\Temp\\msohtmlclip1\\01\\clip_image007.gif" \* MERGEFORMATINET Ed=Q

P1 P

P

Dengan rumus yang telah diterangkan diatas sekarang dapatlah dihitung besarnya koefesien elastisitas permintaan atau dengan singkat elastisitas permintaan, apabila diketahui besarnya perubahan harga dan perubahan jumlah yang diminta. Untuk tujuan ini perhatikanlah dua contoh berikut, yaitu: (i) kasus harga meningkat dan (ii) kasus harga menurun.

oKasus Harga Menurun

Misalkan kita ingin mengetahui besarnya koefesien elastisitas dari permintaan keatas beras. Didapati bahwa pada waktu harga beras adalah Rp. 4000 sekilogram, jumlah beras yang dibeli konsumenadalah 10.000 kg; dan pada waktu harga Rp. 3000 sekilogram, jumlah berah yang ingin dibeli adalah 15.000 kg. Dengan menggunakan rumus yang telah diterangkan dan dengan menggantikan nilai-nilai diatas dalam rumus tersebut, dapatlah elastisitas permintaan beras dihitung. Nilai koefesien elastisitas yang diperoleh adalah:

15.000 10.000

Ed=10.000

3000 4000

4000

50001/2