Ekologi manusia

Click here to load reader

  • date post

    01-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    57
  • download

    2

Embed Size (px)

description

Pertumbuhan manusia dan daya dukung lingkungan

Transcript of Ekologi manusia

  • OLEHMAYA F. ROMAN /NIM 1211030003MERY RAMBU DJ/NIM 1211030006RUDOLF SAEN / NIM 1211030018TRI U WIBOWO / NIM 1211030013

    PENDUDUK DAN DAYA DUKUNG LINGKUNGAN

  • Perkembangan Penduduk dunia dalam angka mulai di hitung 1jt tahun yang lalu sekitar 125 ribu jiwa, dan setelah 700 tahun kemudian menjadi 1jt jiwa.Hingga awal masehi jumlah penduduk dunia telah mencapai 200jt jiwa dan semakin meningkat ketika ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju yang dapat menurunkan angka mortalitas.

    Latar belakang Peningkatan penduduk membutuhkan ketersediaan sumber daya yang cukup untuk dapat menopang kehidupan tiap-tiap penduduk bumi, hal ini mendorong manusia untuk terus melakukan inovasi teknologi agar dapat tetap bertahan hidup.

    Pada mula nya sumber daya alam masih melimpah dan cukup memenuhi kebutuhan manusia, seiring dengan jumlah penduduk yang makin meningkat maka sumber daya yang melimpah semakin berkurang seiring dengan penggunaan nya dan jika tidak di kelola secara bijak di kuatirkan pada suatu saat lingkungan tidak dapat lagi mendukung kehidupan manusia yang semakin meningkat jumlah nya.

  • Pokok MasalahBagaimana hubungan antar komponen Penduduk dan Lingkungan?Bagaimana Peran manusia dalam Komponen-komponen tersebut?Tujuan dan Manfaat Penulisan Sebagi Tugas Kelompok Mata Kuliah Ekologi LingkunganUntuk mengetahui Hubungan Penduduk dan Daya Dukung Lingkungan

  • Ruang Lingkup PenulisanPokok Bahasan berhubungan dengan Penduduk dan Daya Dukung LingkunganMetode PenulisanPenulisan menggunakan Metode Kajian Pustaka

  • Pengertian Penduduk Penduduk adalah orang-orang yang berada di dalam suatuwilayah yang terikat oleh aturan-aturan yang berlaku dan salingberinteraksi satu sama lain secara terus menerus / kontinu. Dalamsosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang menempatiwilayah geografi dan ruang tertentu. Penduduk suatu negara ataudaerahbisa didefinisikan menjadi dua:Orang yang tinggal di daerah tersebutOrang yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut.Dengan kata lain orang yang mempunyai surat resmi untuk tinggal di situ. Misalkan bukti kewarganegaraan, tetapi memilih tinggal didaerah lain.Konseptual

  • Daya Dukung Lingkungan Hidup adalah kemampuan lingkungan hidup untuk mendukung perikehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

    Pelestarian Daya Dukung Lingkungan Hidup adalah rangkaian upaya untuk melindungi kemampuan lingkungan hidup terhadap tekanan perubahan dan/atau dampak negatif yang ditimbulkan oleh suatu kegiatan agar tetap mampu mendukung perikehidupan manusia dan makhluk hidup lain. Daya Tampung Lingkungan Hidup adalah kemampuan lingkungan hidup untuk menyerap zat, energi, dan atau komponen lain yang masuk atau dimasukkan ke dalamnya.

    Pelestarian Daya Tampung Lingkungan Hidup adalah rangkaian upaya untuk melindungi kemampuan lingkungan hidup untuk menyerap zat, energi, dan/atau komponen lain yang dibuang ke dalamnya.

  • Dalam Ekologi manusia Komponen-komponen yang saling mempengaruhi adalah :

    Manusia (Penduduk)Daya Dukung LingkunganIPTEKKomponen Organisasi

  • Manusia merupakan komponen utama semakin bertambah, tentu nya semakin membutuhkan Sumbar daya alam untuk menunjang kehidupan dan keberadaannya di muka bumi, pengelolaan ini tentunya tergantung dari daya dukung lingkungan menyediakan sumber daya yang dapat di olah manusia.

    Dalam pengelolaan nya manusia membutuhkan ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan semakin baik jika di dukung oleh pengorganisasian yang baik pula.

    Dimana ada peran-peran yang di lakukan elemen kelompok dalam manusia yang secara terstruktur membangun suatu organisasi . Mulai dari sebagai masyarakat hingga pemerintah mempunyai peran masing masing dalam menjalankan kebijakan dan arahan organisasi.

  • Untuk menjaga keberlangsungan Daya Dukung Lingkungan maka di perlukan kebijakan Organisasi yang terlibat di dalam nyaPemeliharaan dan pengembangan lingkungan hidup harus dilakukan dengan cara yang rasional antara lain sebagai berikut : 1. Memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dengan hati-hati dan efisien, misalnya: air, tanah dan udara; 2. Menggunakan bahan pengganti, misalnya hasil metalurgi (campuran);3. Mengembangkan metoda menambang dan memproses yang efisien, serta pendaurulangan (recycling);4. Melaksanakan etika lingkungan berdasarkan falsafah hidup secara damai dengan alam.

  • Lanjutan.5. Pengembangan Teknologi yang menudukung ketersediaan pangan, ketersediaan air, ketersediaan bahan tambang . Dimana teknologi tersebut ramah terhadap lingkungan.

    6. Pengembangan Teknologi untuk melihat perubahan area pengelolaan Sumber daya dan perubahan dinamika lingkungan yang terjadi sehingga dapat di ambil langkah-langkah penanangan lebih lanjut.

  • Pengendalian kependudukan perlu di lakukan desain yang tepat sehingga tidak melampaui daya Dukung dan daya tampung lingkungan.Dalam Grand Design Pembangunan Kependudukan di Indonesia, meliputi 5 (lima) aspek yakni :Pengendalian Kuantitas Penduduk;Pengendalian Kualitas Penduduk;Pengarahan Mobilitas Penduduk;Pembangunan Keluarga dan Pembangunan Database Kependudukan.

  • Kesimpulan :Ada hubungan yang saling mempengaruhi antar komponen dalam ekologi manusia, yaitu Komponen manusia , Komponen Lingkungan, Komponen Iptek, dan Komponen Organisasi. Manusia merupakan komponen utama yang dengan kemampuan nya dapat menghasilkan Komponen IPTEK yang dapat mengolah Komponenlingkungan. Hal ini dapat berjalan jika di dukung dengan pengorganisasian yang baik dimana ada kerja sama yang baik antar kelompok kelompok masyarakat beserta pemerintah sebagai regulator.

  • Saran-Saran :Daya Dukung Lingkungan hanya dapat di pertahankan jika adanya keterlibatan tiap Komponen-Komponen dalam Ekologi manusiaPenggunaan Teknologi yang ramah lingkungan perlu di lakukan dalam pemanfataan Sumber daya LingkunganPengendalian Kependudukan perlu di lakukan dengan melakukan : pengendalian Kuantitas(Jumlah) penduduk, Peningkatan Kualitas Penduduk( Ilmu pengetahuan dan Teknologi), Penyebaran Penduduk(Mobilisasi) , Pembangunan Keluarga(Peningkatan Kesejahteraan), dan Pembangunan database Kependudukan

  • TERIMA KASIHSelamat Belajar dan Sukses