Eko Sugiono Prakerin

download Eko Sugiono Prakerin

of 25

  • date post

    02-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    4
  • download

    0

Embed Size (px)

description

ini adalah laporan prakerin yang telah dilaksanakan paa bulan juli sampai bulan september, selama 3 bulan. laporan ini dibuat sebagai ajang sharing dan sebagai syarat untuk ikut ujian nanti ada bulan juni.

Transcript of Eko Sugiono Prakerin

LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI MENGGANTI KOPLING TOYOTA AVANZADI PT. NASMOCO PRATAMA MOTOR KOTA TEGAL

Penyusun :Nama : EKO SUGIONONIS : 11.11636Program Diklat : Teknik Kendaraan Ringan

SMK NEGERI 1 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL2013/2014

PENGESAHAN

Laporan Praktik Kerja Industri ini telah disetujui dan disahkan,Di: AdiwernaPada tanggal: 22 Oktober 2013

Yang Menyetujui :

Ketua Jurusan Guru Pembimbing

Bpk.Mukhtarom, Spd Bpk.Mukhtarom, SpdNIP.19700616 199402 1 002 NIP.19700616 199402 1 002

MOTTO DAN PERSEMBAHANMOTTO :Batas tipis antara orang pintar dan orang bodoh hanyalah satu kata MENYERAH " Orang bodoh paham betul dengan kata menyerah sedangkan orang pintar sama sekali tidak tau kata menyerah. Menyerah hanya mengikis kita dalam jurang kemalasan dan kegagalan. PERSEMBAHAN:Laporan praktek kerja industri ini penulis persembahkan kepada:1. .Kedua orang tua tercinta2. Bapak dan ibu guru SMK N 1 Adiwerna sang penerang dalam gulita3. Teman-teman dan adik-adik kelas

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga karya tulis berupa LAPORAN PRAKERIN ini dapat disusun.Laporan ini merupakan buah karya yang penulis buat sehubungan dengan telah berakhirnya kegiatan praktik kerja industri yang telah dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan September 2013 serta merupakan salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Sekolah (UAS) dan Ujian Nasional (UN) tahun 2014. Penulis menyadari bahwa keberhasilan dan ketrampilan dalam belajar tidak hanya ditentukan oleh kemampuan dan ketrampilan siswa dalam megikuti pembelajaran disekolah, tetapi juga ketrampilan dan pembelajaran yang didapatkan di industri seperti halnya kegiatan prakerin ini. Laporan ini memuat tentang proses, cara dan langkah dalam melakukan praktek pengerjaan komponen kendaraan yang diimbangi dengan pengembangan dari materi / kompetensi yang didapatkan selama melaksanakan pengerjaan praktek.Dalam kesempatan ini penulis megucapkan terima kasih kepada:1. Kedua orang tua atas semua doa dan dukungan2. Bpk. Dr. Anon Priyantoro Spd, Mpd. selaku Kepala SMK N 1 Adiwerna3. Bapak- bapak guru jurusan Teknik Kendaraan Ringan4. Pembimbing PrakerinOrang bijak mengatakan Tiada gading yang tak retak sehingga laporan ini pun tidak luput dari kesalahan dan kekurangan segala kritik dan saran yang membangun dari semua pihak sangat saya harapkan demi kesempurnaan penyusunan laporaan ini.

Penulis,

Eko Sugiono

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDULIHALAMAN PENGESAHANIIMOTTO DAN PERSEMBAHANIIIKATA PENGANTARIVDAFTAR ISIVBAB I PENDAHULUANA. LATAR BELAKANG1. Secara Umum12. Secara Khusus2B. TUJUAN1. Umum 32. Khusus4BAB II PENYELESAIAN MENGGANTI KOPLING TOYOTA AVANZAA. Waktu dan Tempat pelaksanaan5B. Alat dan Bahan6C. Gambar kerja dan Proses pengerjaan8D. Hasil yang dicapai9

BAB III PENUTUPA. SIMPULAN10B. SARAN SARAN1. Sekolah112. Peserta didik12 LAMPIRAN

BAB IPENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG1. SECARA UMUMBerdasarkan dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang program Pendidikan Sistem Ganda atau Praktek Kerja Industri untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khususnya jurusan Teknik Kendaraan Ringan (Otomotif) maka setiap siswa disekolah kejuruan wajib mengikuti dan melaksanakan kegiatan tersebut dalam periode atau waktu yang telah ditentukan. Program tersebut merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk menunjang dan mengembangkan pembelajaran dan kompetensi yang ada di sekolah. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan di perusahaan atau industri baik berada di dalam kota maupun luar kota yang sebelumnya telah melalui persetujuan dari pihak sekolah dan industri. Adapun tujuan dari pelaksanaan prakerin ini yaitu sebagai bahan gambaran atau ilustrasi sebagaimana mestinya siswa bekerja di industri tersebut. Siswa juga dituntut untuk mematuhi dan menaati tata tertib serta bekerja secara professional sesuai prosedur yang telah ditetapkan. Kemampuan dan keterampilan siswa akan diolah dan dikembangkan selama berada di industri. Berkaitan dengan kegiatan ini yang nantinya juga akan membawa siswa ke dunia industri setelah lulus dari sekolah sehingga siswa diharapkan mampu beradaptasi dengan kondisi yang akan dihadapinya.Pasca pelaksanaan kegiatan tersebut selanjutnya siswa diharapkan dapat mengembangkan, merangkai dan menuangkan kemampuan serta ketrampilan yang diperoleh berupa uraian atau ikhtisar dalam bentuk karya tulis laporan prakerin. Penyajian laporan tersebut didukung dengan pembalajaran yang bersifat kontekstual, utamanya terkait dengan kegiatan di industri. Adapun sistematika penulisan laporan ini meliputi kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, latar belakang, tujuan, isi, penutup, simpulan dan saran-saran.

2. SECARA KHUSUSKendaran sebagai alat angkut haruslah terandalkan, aman dan mudah dioperasikan. Terandalkan artinya kendaraan tersebut harus dapat digunakan setiap saat tanpa mengalami gangguan. Kendaran yang aman artinya bebas dari gangguan yang menimbulkan bahaya bagi pengendara maupun orang disektarnya.Kendaraan tersusun atas sejumlah alat, setiap alat maupun umur pakai yang berbeda-beda tergantung pada banyak faktor. Agar kendaraan terandalkan dan aman, kendaraan tersebut haruslah mendapatkan pemeliharaan yang sesuai. Pemeliharaan ialah semua pekerjaan yang dilakukan untuk mempertahankan keandalan, mempertahankan nilai dengan meminimalkan keausan dan kerusakan yang dilakukan secara ekonomis dalam jangka panjang. Salah satu pekerjaan pemeliharaan diantaranya ialah over houl.Over houl yaitu membongkar suatu alat secara menyeluruh, membersihkan, memeriksa seluruh komponen dan merakit kembali dengan menggunakan komponen bawaan atau komponen yang baru serta membuat penyetelan agar alat dapat berfungsi kembali sebagai mana mestinya.Kopling adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan dua putaran poros yang berada di dalam perangkat mobil yaitu poros penggerak dan poros pemindah daya atau dari putaran mesin ke transmisi. Pemindah daya merupakan salah satu bagian kendaraan bermotor yang berfungsi untuk memindahkan daya yang dibangkitkan oleh mesin ke roda kendaraan. Pada laporan ini, akan dibahas salah satu pemindah daya dengan pekerjaan over houl kopling.

B. TUJUAN

1. TUJUAN UMUM Adapun tujuan umum dari pembuatan laporan ini adalah :a. Membekali siswa dengan keahlian dan ketrampilan untuk melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan prakerin.b. Melatih siswa untuk bekerja sesuai dengan prosedur yang berlaku.c. Memantapkan ketrampilan dalam bidang otomotif.d. Mengembangkan ketrampilan dan kompetensi yang didapatkan di sekolah. e. Mempersiapakan siswa dalam mendekati dunia industri.

2. TUJUAN KHUSUS Adapun tujuan khusus dari pembuatan laporan ini adalah : a. Dapat memahami proses pengerjaan dan perbaikan system pemindah daya.b. Dapat melaksanakan pekerjaan sesuai dengan prosedur.c. Dapat mengidentifikasi komponen dan fungsi dari unit kopling.d. Dapat melakukan over houl kopling.

BAB IIPENYELESAIAN MENGGANTI KOPLING TOYOTA AVANZA

A. Waktu dan Tempat PelaksanaanKegiatan Praktek Kerja Industi ini dilaksanakan mulai Tanggal 2 September sampai 30 September 2013 dengan jam kerja mulai pukul 07.00 s/d 17.00 WIB di PT. NASMOCO PRATAMA MOTOR ( NASMOCO TEGAL) yang beralamat di Jalan Martoloyo 115 TEGAL.B. Alat dan Bahan Beberapa alat dan bahan yang digunakan untuk mengganti kopling pada mobil TOYOTA AVANZA adalah sebagai berikut :1. Impact2. Dongkrak Transmisi3. Kunci Shock lengkap4. Kunci Ring dan Pas 10,12,14,17,19,22.5. Pipa6. Center Clutch7. Obeng (-)8. Palu

Bahan :1. Plat Kopling2. Release Bearing dan Bantalan Pilot3. Clutch Cover4. Kertas Amplas dan GemukC. Gambar Kerja dan Proses PengerjaanLANDASAN TEORISecara umum, kopling adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan dua putaran poros yang ada di dalam perangkat mobil yaitu poros penggerak dan poros pemindah daya atau dari mesin ke transmisi.

Syarat syarat kopling diantaranya: 1. Mampu memutuskan dan menghubungkan putaran mesin ke transmisi dengan lembut.2. Waktu terputus dan terhubungkan putaran dapat berlangsung dengan relatif cepat.Komponen Kopling : 1. Tutup Kopling ( clutch cover )2. Plat Kopling3. Bantalan Pembebas ( release bearing )4. Pegas Kopling5. Garpu Pembebas ( release fork )6. Silinder Pembebas Kopling ( release cylinder )7. Plat Penekan ( pressure plate )

Laporan ini akan membahas tentang pengerjaan over houl / penggantian unit kopling pada kendaraan TOYOTA AVANZA. Namun sebelum kita melakukan pekerjaan tersebut tentunya, kita harus mengetahui beberapa gangguan pada kopling. Kopling yang berfungsi sebagai pemutus dan penghubung tenaga putar dari mesin ke transmisi yang diteruskan ke masing masing roda penggerak harus dapat berfungsi dengan baik . Dalam kenyataannya, tidak jarang pengendara mengeluh karena fungsi kopling tidak sempurna. Hal ini dirasakan apabila pada kendaraan terjadi perubahan dari biasanya.Pada umumnya, gangguan yang terjadi pada unit kopling menyebabkan tenaga berkurang secara abnormal, kendaraan terasa bergetar dan lain lain. Berikut beberapa keluhan pengendara dan kemungkinan penyebab serta penanggulangannya :

1. Kanvas kopling yang menipisSeiring waktu kanvas kopling akan aus dan menipis. Akibatnya mur penyetel harus dimajukan lagi. Setelah beberapa kali penyetelan sudut cakupan tuas pembebas antara kedudukan terputus dan terhubung menjadi sangat kecil. Kondisi ini akan membuat kedudukan pedal kopling lebih rendah kelantai kendaraan, artinya jarak bebas pedal kopling menjadi lebih dekat. Keadaan seperti ini menandakan bahwa kanvas telah menipis. Saat itu penggantian plat kopling harus segera di lakukan untuk menghindari rusaknya pemukaaan roda daya atau plat penekan akibat gesekan atau garukan yang dilakukan paku keeling. Jika tidak segera dilakukan maka biaya perbaikan akan semakin mahal, Kar