Effective & creative ad

of 23 /23
EFFECTIVE & CREATIVE ADVERTISING MESSAGES DELIVERED BY GROUP 2

Embed Size (px)

Transcript of Effective & creative ad

17 Businesses to Start Now!

EFFECTIVE & CREATIVE ADVERTISING MESSAGESDELIVERED BY GROUP 2

1

GROUP 2Reynaldi Oktaviano (125020207111031)Suci Meidina Riswandi(135020200111013)Yushar Reza Pandudiary(135020207111002)Sheptian Duwi Gusdianto(135020207111015)Jatmiko Utomo(135020207111036)

PengenalanPesan iklan harus cukup kreatif untuk mendapatkan perhatian penerima dan mencapai tujuan yang lebih ambisius seperti meningkatkan citra merek dan prospek memotivasi untuk membeli produk yang diiklankan.

Pengiklan di kebanyakan kategori produk, termasuk B2B serta B2C, umumnya menghadapi konteks iklan di mana konsumen terus-menerus diperlihatkan oleh iklan.

Iklan yang EfektifMemberikan kesan strategi pemasaran yang luasIklan yang efektif dapat mengambil pandangan konsumenMenemukan cara yang unik untuk mendapat perhatian konsumenTidak pernah menjanjikan mendapatkan lebih dari produk yang diiklankanMenggunakan ide kreatif dan strategi dalam periklanan

4

THE CAN ELEMENTSKeterhubunganKelayakanKebaruan

Ilustrasi Kreatif dan Eksekusi Iklan yang StickyBeberapa iklan yang menggunakan SUCCESS model :Absolut Vodka (simplicity)The Aflac Duck (simplicity and concreteness) Nike Shoes (simplicity, unexpectedness, concreteness, and emotionality)Honda U.K (Simplicity, unexpectedness, and concreteness)Guinness Beer in Africa (concreteness, credibility, emotionality, and storytelling)

Keberhasilan dan Kesalahan dalam Periklanan

Keberhasilan dan Kegagalan dalam Periklanan

I like to speak spontaneously, so I use PowerPoint as an outline to keep me on track. Its best to keep your PowerPoint text brief, simply reinforcing key points you will talk about at more length. You can use this slide template to convey a series of steps or related points in a short format.8

Membangun Creative BriefCreative brief adalah dokumen dari perjanjian informal antara agen dan kliennya yang bersepakat mengenai kampanye iklan yang akan dicapai bersama.

Specify?BackgroundTarget AudienceThoughts and FeelingsObjectives and MeasuresNitty-Gritty DetailsSpecify?Objective MeasuresBehavioral OutcomePositioningMessage and MediumStrategy

A plain old bulleted list can get boring, so use graphics to liven it up. An image that conveys what youre saying in visual format (like this diagram) can reinforce your ideas in the audiences mind.

10

Ragam Alternatif Dari Iklan KreatifSection Summary

I often use color and graphics to add excitement to a presentation. Just because its about business doesnt mean it has to be staidyou need movement, energy and color, as in this slide template. Use this slide template to illustrate relationships or processes. In this slide, I used it to show how demographic trends create a new consumer group and what products that group purchases. You could also use it to illustrate your sales cycle or relationships among departments in your company.

11

Ragam Alternatif dari Iklan EfektifRagam ini mengasosiasikan simbol-simbol sehagai identitas dan karakteristik merek. Brand image yang kreatif memiliki karakteristik transformasional, yaitu menggabungkan pengalaman mengguakan karakteristik psikologi yang unik, dengan cara ini merek tersebut akan menyatu dengan iklan tersebut termasuk brand ambassador, scenes, dan event didalamnya.Ragam ini menunjukan adanya physical differentiation. Tujuannya adalah mengidentifikasi perbedaan dengan pesaingnya. Ragam ini cocok untuk perusahaan dengan merek yang memiliki keunggulan kompetitif yang relatif tinggi, seperti penyedia layanan canggih berbasis teknologi.Brand Image yang KreatifGaya Penjualan yang Unik

Resonance Creative StyleSebuah iklan beresonansi (pola) pengalaman hidup penonton. Sebuah strategi iklan resonan memanjang dari penelitian dan struktur psikografis kampanye iklan untuk pola orientasi gaya hidup yang berlaku dari segmen pasar yang dituju. iklan resonansi tidak berfokus pada klaim produk atau citra merek melainkan berusaha untuk menyajikan keadaan atau situasi yang menemukan rekan-rekan dalam pengalaman nyata atau dibayangkan dari target audiens.

Contoh Iklan

Dove Unilever brand of soap memperkenalkan kampanye yang terkait merek dengan wanita "nyata" yaitu, wanita yang sebenarnya.

Ragam Alternatif dari Iklan EfektifPreemptive Creative Style, teknik kategori-dominasi kedua, digunakan ketika pengiklan membuat jenis klaim secara generic tapi tidak begitu istimewa. Iklan preemptive adalah strategi cerdas bila klaim superioritas terbuat karena hal tersebut menghalangi pesaing secara efektif dari mengatakan hal yang sama.

Banyak iklan kontemporer bertujuan untuk mencapai konsumen pada level mendalam melalui penggunaan strategi emosional. Banyak praktisi periklanan dan sarjana mengakui bahwa produk sering dibeli atas dasar faktor emosional dan yang menarik bagi emosi bisa sangat sukses jika digunakan secara tepat dan dengan merek yang tepat.Contoh : Iklan Parfum Axe jelas untuk daya tarik asmaraPreemptive Creative StyleEmotional Creative Style

Generic Creative StylePengiklan menggunakan gaya generik ketika membuat klaim bahwa setiap perusahaan yang memasarkan merek dalam kategori produk bisa membuatnya. Dalam hal demikian, perusahaan membuat klaim generik akan menikmati pangsa besar setiap permintaan primer dirangsang oleh iklan. Sebagai contoh, Campbell mendominasi pasar siap-sup di Amerika Serikat, menjual hampir dua pertiga dari semua sup.

Means-End Chaining and the Method of Laddering as Guides to Creative Advertising InformationAttributes Consequences Value

Means EndAttributes adalah fitur atau aspek dari brand yang diiklankan (example : size, kapasitas, performa, dll)Consequences adalah apa yang konsumen harapkan untuk didapat (benefit) atau dihindari (detriments) saat mengkonsumsi sebuat merek.Values mewakili apa yang masyarakat yakini (apa yang penting di dalam hidup mereka)

The Nature of ValuesSelf-directionSecurityStimulationConformityHedonismTraditionAchevementBenevolencePowerUniversalism

The Meccas ModelSebuah model formal, berupa konsep yg mempunyai komponen tentang strategi beriklan, menyediakan prosedur untuk menerapkan konsep rantai akhir untuk menciptakan arti pesan dari sebuah iklan kepada konsumen.

ComponentDefinitionValue Orientation

Brand Consequences

Brand Attributes

Creative Strategy and Leverage PointNilai akhir yg difokuskan pada iklan: berfungsi sebagai kekuatan pendorong untuk eksekusi iklan.

Konsekuensi sebuah merek, iklan berkomunikasi secara visual dan verbal pada konsumen.

Atribute atau fitur khusus dari sebuah merek yg digunakan sebagai penunjang untuk mengkomunikasikan sebuah merek.

Skenario untuk mengkomunikasikan sebuah orientasi nilai, dimana iklan akan memasuki tahap, mencapai atau mengaktifkan nilai kunci yang berfungsi sebagai kekuatan pendorong iklan.

Mecca Model Conceptualization

Teknik penelitian yang telah dikembangkan untuk mengidentifikasi hubungan antara atribut ( A ) , konsekuensi ( C ) , dan nilai-nilai ( V )

The Method of Laddering

THANK YOU

23