eE,l-' Disdikpora -...

Click here to load reader

  • date post

    14-May-2018
  • Category

    Documents

  • view

    218
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of eE,l-' Disdikpora -...

  • Sub Bagian Humas dan Tata Usaha BPK Rl Perwakilan Provinsi Bali\ rr 6-

    W Bali Post\eE,l-'

    Edisi

    Hal

    i Jvuvab , 2o Mt'Y{- zots\3

    DisdikporaRancang

    Perbup Biayr

    Ditarget Rampung April"t[T;H#io""j"il"r"" yangkerap nitihcul di kalangan orangtua siswa khusus-,ro. -.."iih'p6nerimaan siswa baru disikapi oleh

    Dinas Pendidikan Pemuda danOirttr.g. lDi"dikpo"a) Tabanan dengan merancang peraturan bupati (perbup)bi;il;;;ifisaitpo"a) Tabanan dengan merancang peraturan bupati (perbup)rentangan biaYa Pendidikan

    ' Kepala Disdikpel6 Taban-an Putu Santika mengatakanperbup tersebut ditargetkan.TgqpunC April mendataqg.ranapannya tlnggal me-re_rrcw.ekhtr, untuk perbup inikamr Juga sudah koordinasidengan para guru dan dewanpendidikan," ujarnya, Kamis(19/3) kemarin.

    ,.- _Dij.elgs,kannya. pihaknyaJuga telah mengumpulkinpara. kepala sekolah untukmembenkan saran dan masu_xan dalam menyempurnakanrsr perbup. Ifisinggung terkaitadanya penolakan dan se-Jumlah guru dalam menen_ll51l,:tu"aardisasi biayapendrdrkan, putu Santika

    mengatakan, hal itu waiarm_engingat jika mengacu'keManajemen Berbasis Sekolah(NIBS) memang biaya pendidi-kan'tidak boleh disianharkan.'T^."S diperbolehkan hany-alah membuat rentangan-nya," imbuhnya.

    Untuk nilai rentangannya,akan diambil titik tengitrdengan melihat dasar per-encanaan yang dibuat olehsekolah. Artinya tidak bisadisamakan.

    -Sementara di tempat terpi-sah, Ketua Dewan PendidikanTabanan, Wayan Madra Su-artana, mengatakan, perbupyang mengatur rentanganbiaya pendidikan ini sangardiperluhan sebagai payunghukum biaya pendiditian. Hajini agar tidak ada lagi gejolakyang muncul antara pihaksekolah dan orang tua muridkhususnya dalam mengawalitahun ajaran baru.

    Di satu sisi, sekolah jugaharus pintar-pintar men-jalankan roda pendidikar-r-nya di tengah keterbatasananggaran yang diberikanpemerintah pusat. "Terka-dang jadi sebuah pertanyaanbesar tentang ada tidaknyabantuan masyarakat untukpendidikan. Di sini tentuterjadi dilematis, satu pihaksekolah dilarang memungutbiaya kepada siswa, semen-tara pihak sekolah tidak bisamembiayai dirinya denganbantuan pemerintah saja,"jelasnya. (kmb28)

    Tabanan (Bali Post) -

    rentangan biaYt

    Pendidikan

  • Sub Bagian Humas dan Tata Usaha BpK Rt perwakilan provinsi Bali

    &{*iar.4t

    Qp Bali Post

    Capaian Kinerja dalam Pembangunan lnfrastruktur

    Jalan di Badung 100 PersenDalam Kondisi Mantap

    INFRASTRUKTUR - Bupati Bodung A.A- Gdc Agung hetihomeninj a u pembongunan infraa|luktur d.i wiloyah Kabu patenBad,ung.

    PROGRAM infrastrukturberupa peningkatan jalan diKabupaten Badung telah ter-capai. Bahkan, telah melebihitarget yang dicanangkan padaakhir RPJMD Tahun 2015sebesar 99,75 persen. Hal itudiungkapkan Bupati Badungmelalui Kabag Humas PemkabBadung A.A. Raka Yuda, Kamis(19/3) kemarin.

    Dikatakannya, tahun 2014kondisi kemantapan jalan diBadung (alan yang kondisi se-dang dan baik) telah mencapai100 persen. "Artinya, di Badungtidak terdapat jalan yang rusakyang menghambat pelayanan ke-pada pemakai jalan," ujarnya.

    Begitu juga di bidang pen-gairan. Raka Yuda mengatakan,melalui program pengembangandan pengelolaan jaringan iri-gasi, rawa dan jaringan irigasilainnya yang terfokus pada per-baikan jaringan/saluran irigasi,telah pula menunjuklan pening-katan yang signifikan. Sanpaitahun 2014, saluran idgasi yangkondisinya baik mencapai 94,45persen dari target yang ditetap-kan sampai tahun 2015 sebesar92,09 persen.

    Untuk progran peningkatansarana-prasarana aparatur,

    sampai tahun 2014 mencakupkegiatan fisik antara lain pem-bangunan kantor lurah, kantorcamat, penataan rnterror, Pem'bangunan gedung di kawasanPusat Pemerintahan KabupatenBadung, pembangunan GedungRSUD, lapangan, irenataan puradan renovasi wantilan. Programpenyehatan Iingkungan dengankegiatan penyediaan sarana airbersih, sampai tahun 2014 telahmencapai 23 unit dan akan dik-erjakan 4 unit pada tahun 2015.Sedangkan kegiatan sambunganrumah air li-mbah, tahun 2014 te"lah mencapai 3 paket dan 1 Paketdilaksanakan pada tahun 2015.Untuk nro-stzrplon, dilaksanakantahun 2015 sebanyak 1 paket.

    Kementerian Pekerjaan Umum,Dinas Bina Marga dan Pen-gairan Kabupaten Badung tidakdiikutkan penilaian pada tahun2013 untuk memberi keseruPir-tan daerah lain. "Tahun 201'lPemerintah Kabup:rten Badungdiikutkan kembali dalam Penila-ian dan kembali berhasil mem-peroleh penghargaan Peringkati Siau"g Pengelolaan JalanTerbaik Kabupaten dt Indonesiadari Kementerian PekerjaanUmum." kata Raka Yuda.

    Capaian kinerja pada bidangurusan perumahan, melaluiProgram Lingkungan SehatPerumahan, sampai tahun 2014telah mencapai 255 paket pen-ingkatan jalan lingkungan, 52kegiatan konsultansi dan 1l keg-iatan operasional. Sedangkandalam bidang urusan penataanruang, juga terdapat capaian ki-nerja yang terukur. Ini mengacupada pedoman penyelenggaraanpenataan ruang di KabupatenBadung berdasarkan rencanaumum berupa Rencana TataRuang Wilayah Kabupaten. Iniditindaklanjuti dengan peny-ugunan rencana rlncl oerupaRencana Detail Tata RuangKabupaten dan Rencana TataRuang Kawasan Strategis Ka-

    bupaten.Berdasarkan amanah Un-

    dang-undang Nomor 26 Tahun2007 tentang Penataan Ruang.diharapkan kabupaten/kotamenetapkan Peraturan Daerahtentang RTRW Kabupaten pal-ing lambat tiga tahun sejakperaturan ini ditetapkan. Set-elah melalui pembahasan dan

    Dari pengelolaan jalan, Pem-kab Badung melalui Dinas BinaMarga dan Pengairan KabupatenBadung telah memperoleh trofipenghargaan peringkat pertamabidang pengelolaan jal.an terbailkabupaten di Indonesia dariKementerian Pekerjaan Umum.Penghargaan ini berturut-turutdari tahun 2009, 2010, 2011 dantrofi khusus pada tahun 2012atas kinerja terbaik tiga kalisecara berturut-turut. Atas ke-tentuan lomba Penilaian KineiaPerangkat Daerah (PKPD) dari

    evaluasi, akhirnya tahun 2013ditetapkan Peraturan DaerahKabupaten Badung Nomor 2{iTahun 2013 tentang RencanaTata Ruang Wilayah KabupatenBadung Tahun 2013-2O33. Ta-hun 2014 ditindaklanjuti denganPenyusunan Ranperda RDTRdan diharapkan tuntas menjadrPerda pada tahun 2015. (ad4)

    Edisi

    Hal

    7unat, t-o I'brot, Zntft

  • Sub Bagian Humas dan Tata Usaha BPK Rl Perwakilan Provinsi Bali

    \:B.rW Bali Post

    Dituntut 1,5 Tahun

    Oknum DPRD GianyarMintaDibebaskan

    Denpasar (Bali Post) -Setelah dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana ko-

    ruosi dana hi6ah bansos dan dituntut hukuman satu tahun enam bulantt.b tahun) peniara, oknum DPRD Gianyar, terdakwa Ngakan Putu Tirtai"a-ooo, natri tfAtA) lalu, diberikat kesempatan melakukan pembelaan(pledoi). Terdakwa melalui kuasa hukumnya, Ngakan Kompiang Dirgatian Neakan Putu Putra Arnaya, di depan majelis hakim pimpinan Ah-mad P-aten Sili, menyatakan bahwa pihaknya tidak sependapat denganpeDuntut umum.

    Salah satunya soal du- berkantor di Bangli itu. persidangan, P-ramonogaan penyalihgunaan Pun soal kerugian neg' melalui kuasa hukum'f"*utt"ttg".t, ku"""otpatan ara. Kuasa hukum terdak- nya' menyatakan tidakyang ada- pada terdakwa wa di depan persidangan terbukti secara hukumLarina ia6atannva atau mengatakan, Ngakan Putu arelakukan korupsi, seba-kecludukannya. Kompiang Tirta Pragrono, tidak per- gaimana dakwaan jaksa'Dirga mengatakan, api nah merugikanleuangan "Oleh karena itu' jikauun"e dituk.li"tt turdakwa negara. Dijelaskan, dana majelis hakim sependapattukin merupakan peny' hibah yang diajukan da- dengan kami' menurutalahgunaan le*uttangatt. dia itu ke petugas bagian hul

  • Sub Bagian Humas dan Tata Usaha BPK Rl Perwakilan Provinsi Bali

    !\ ePl!:tr' rtr'.U*-|ltIH# Bali Post\ISD-'

    Edisi

    Hal

    : 4uvab, % W*L zotg

    .t3

    Pipa Distribusi Jauh I

    Puluhan Calon Pelanggad

    PDAM Belum TerlayaniTabanan (Bali Post) -

    Meski masih memil iki seki-tar 4.000 sambungan, namunmasih ada calon pelangganPDAM yang tidak terlayani.Berdasarkan data 2014,masih ada 30 calon Pelang'gan yang masih menungguium6.ttter.t PDAM. Belumterlayaninya puluhan calonpelanggannya ini menurutKepala Bagian HubunganPelanggan PDAM Tabanan.I.B. Marjaya Wirata, Kamis(19/3) kemarin, karena lokasipemasangan jauh dari PiPadistribusi sehingga membu'*ifh].on waktu dan dana.': I5rasanya untuK oana pe-masangan dibebankan ke-pada konsumen. Untuk Pe-masangan satu titik saja bagilokasi yang dekat dengan PiPadistribusi adalah RP 2,2 juta.Aear tidak membebankankonsumen, pihak PDAM men'yarankan sebelum melakukanpemasangan pipa, konsumendiminta untuk mengumPul-kan dana secara kolektif."Kalau mendanai sendiritentu berat, oleh karenanYadisarankan secara kolektif.Biasanya ini yang membuatliama karena mengumPulkanorang dulu," ujar Wirata.

    Menurutnya, untuk daer-ah Kota seperti Tabanan

    dan Kediri hampir tidak ber-masalah dengan pemasanganbaru terutama yang dekatdengan pipa distribusi. Jikaada antrean biasanya terjadipada perumahan yang belumada sambungan PDAM danlokasinya jauh dari pipa dis-tribusi. Apabila memerlukanwaktu yang lama dalam Pe-masangannya, lanjut Wirata,biasanya konsumen membuatsumur. "Jika menurut mer-eka lebih murah dana untukmembuat sumur dariPadamembuat sambungan baru,biasanya konsumen beralihke sumur," paparnya.

    Mengenai kesiapan men-jelang Nyepi, Wirata mema-parkan jika pihak PDAM t-lah melakukan pemeriksaanpompa air selama semingguini. "Selama pengecekan initidak ada permasalah berarti.Diharapkan ketersediaan airselama Nyepi tidak menga-lami masalah," paparnya.Selain itu, pihak PDAM jugamelakukan koordinasi padaPIN apabila ada rencana Pe-madaman terutama di daer-ah-daerah PDAM yang pom-panya tergantung listrik seh-ingga bisa diantisipasi. PDAMjuga menyiagakan petugasjaga selama 24 jam di masing-masing pos. (kmb24)

  • Sub Bagian Humas dan Tata Usaha BPK Rl Perwakilan Provinsi Bali

    L9i&lW# flal i 1\Er-? ^ Post

    P,asti kan Pengelolaan 4lggaran Transparan

    Saatnya Pemkab Tabanan

    Gunakan "E-Budgeting"

    PENGELOLAAN ang-garan yang masrn menggu-nakan sistem manual kianmembuka kesempatan paraoknum koruptor melakukanpenyelewengan dan pencu-rian anggaran. Apalagi, tidakada pengawasan dan kontrolketat terhadap penggunaananggaran tersebut, ini bisamenjadi pemicu munculnyaanggaran-anggaran silumanyang justru pemanfaatannyatak sesuai dengan programkerja pemerintah.

    Penyelenggara negara bisaberkaca dari kasus dugaanmuirculnya anggaran silu-man yang membuat GubernurDKI Jakarta Basuki TjahajaPurnama berseteru denganDPRD DKI Jakarta. Ada yangmenarik dari konflik ini, yaknimulai kelihatan betapa urgen-nya pemerintah menerapkane - b u d ge ti n g untuk melakukanpcngawasan penggunaa nanggaran dari oknum takbertanggung jawab yang bisadatang. baik dari eksekutifmaupun legislatif.

    Pengelolaan anggaran den-gan sistem e-budqeting mel]-jadi perhatian serius calonBupati Tabanan dari jalur in-dependen A.A. Ngurah PanjiAstika, S.T. Tokoh dari PuriAnom Tabanan ini menilai.pengelolaan anggaran dengansistem e-6odgetirrg sudahsaatnya diterapkan pemerin-tah daerah di Bali, termasukKabupaten Tabanan. Menu-rut Panji Asti.ka, sistem kelolaa nCc_qlgMllla online ini

    mampu menghindari adanyaupaya penyelewengan daqpencurian anggatan. Selainitu, para pemiiDpin daerahjuga mampu mengawasi danmengontrol pengeluaran ang-garan di dinas-dinas terkait.

    "Sudah saatnya pemer-intah di Bali menggunakanslsteu e-budgetitl,g. Jila tidak,sangat rawan terjadi penyele-wengan anggaran oleh oknumtertentu. Selain itu. sistemini juga bisa mengefektilkanpengeluaran daerah terhadapprogram-program kerjanya.Jika ada anggaran- yang taksesuar rencana pemDangunanjangka menengah daerah,maka akan ketahuan danditolak sisten," bgber PanjiAstika.

    Pengusaha rnuda ini mem-beri contoh betapa pertum-buhan ekonomi Kota Sura-baya terus merangkak naikdi bawah kepemimpinan WaliKota Tri Rismaharini. Kenai-kan itu bukan tanpa sebab.Dalam menjalankan sistempeme.rintahannya, Risma taklagi menggunakan secarikkertas dalam menentukankebijakan atau menjalankanproyek pembangunan. Semuabisa berjalan dengan baik dantransparan dengan sisteme- butlgeting.

    "Ibu Risma sudah suksesmenerapkan sistem ini. Pen-geluaran di tiap satuan kerjaperangkat daerah juga bisadikontrol. Kita bisa terapkanini di seluruh sektor sepertikesehatan, pendidikan, per-.

    A.A. Ngurah PtnjiAstiha, S,T.

    baikan jalan, pajak, sampaidengan kenaikan pangkat,"jelas suami Anak Agung Sa-gung Mas Dewi Rahmayanitnl,

    Panji Astika meyakini jikasislerr e-bud.geting ini dikom-binasikan dengan penerapane -ptocurc ment (l,ayanan pen-gadaan secaia elektronik/LPSE) dan e-sorlrclng (sistempendukung pengadaan ba-rang), akan menjadi cara yangampu}r untuk menangkal pel-bagai macam modus korupsi.Misalnya, manipulasi spesi-filiasi barang, penggelembun-gan harga, manipulasi prosestendcr, dan realisasi peng-gunaan anggaran yang tidakwajar. Hal ini sesuai denganmisi Panji Astika yakni zerotolerance to corruption.

    "Semua pengelolaan ang-garan bisa diakses ia online.Jadi masyarakat juga nenge-tahui anggaran pemerintahitu digunakan untuk apa.Masyarakat punya hak un-tirk itu, karena anggaran inicermin dari pembangunan di

    hql. 'l

    Edisi

    Hal

    : .).J.naL, 20 MareL 2DIs

    >.

    \fi

  • Sub Bagian Humas dan Tata Usaha BPK Rl Perwakilan Provinsi Bali

    W Bali PostSaubtngau.

    Val-z

    Edisi

    Hal

    z Jrra&, 2o lvarcL za99

    daerah. Dengan sistem ini,niscaya pengelolaan pemerin-tahan yang jujur, profesionaldan kerja keras akan terwu-jud. Ini akan sayd mulai diTabanan," sebutnya.

    Tak selesai di sistem e-budgeting. Panji Astika jugaingin ketika dirinya diberimandat oleh rakyat untukmemimpin Tabanan, pemer-intah di Tabanan juga mener'apkan e - controllin g. Sistem inibertujuan untuk melakukankontrol langsung terhadaPhasil kerja satuan pemerintahdaerah, termasuk penggunaananggarannya. Jika sedikti sajaada penyelewengan, makaakan cepat ketahuan. Dengansistem ini pula, lanjut PanjiAstika, ketika ada proYek,masyarakat bisa melaYang-kan protes langsung. JSdisistem itu dibuat benar-behartransparan dan melibatkanmasyarakat sebagai Penga-was. "Sekali lagi sudah saat-nya pemerintah di Bali men-erapkan sistem e'budgeting,e - p rocLlr e nl,e n t, e' c o ntrolli n gdan e-sourcing dalam satukesatuan sist em e - gott er n nt entyang utuh. Di negara maju.penerapan pelbagai qistemlayanan elektronik itu bu-kan hanya terbukti suksesmeminimalkan potensi ter-jadinya korupsi. tetapi jugaberdampak positif pada Pen-ingkatan pelayanan Publik.Ketika saya diberi kePer-cayaan memimpin Tabanan,sistem ini akan saya teraP-kan pertama kali di PemkabTabanan. Sehingga tak adaoknum yang bisa melakukan'korupsi anggaran APBD. Ang-garan yang dikelola secaratransparan ini daPat digu-nakan untuk pembenahaninfrastruktur, salah satunYajalan," tutupnya. (ad1)