Edisi ke VI 2014

48

description

Adobe Illustrator

Transcript of Edisi ke VI 2014

Page 1: Edisi ke VI 2014
Page 2: Edisi ke VI 2014

REDAKSICYBER MEDIA

INTERNET CLUB

Pelindung :Dr. H. Hasan AbdulRozak,SH., CN, M.M

Pembina :Jeffri Alfa Razaq,M.Kom

Penanggung Jawab :Fadil

Pimpinan Redaksi :Wahyu Diska Larasati

Editor :Novi Endah Herawati

Layout :Ika Anismawati

Redaksi :Departemen Internal Internet Club

Cyber Media Edisi VI 2014

TIM REDAKSI

Cyber Media : Diterbitkan oleh UKM Internet Club Universitas Stikubank Semarang. Bagi perusahaan yang berminat bergabung dan bekerjasama dalam kegiatan Internet Club dapat menghubungi Redaksi. Redaksi terbuka dan menerima artikel atau naskah apapun. Naskah bisa berupa softcopy atau hardcopy dan dikirim ke alamatRedaksi : UKM Internet Club Lt. 1 Universitas Stikubank atauEmail : [email protected]

Page 3: Edisi ke VI 2014

Salam RedaksiAssalamualaikum wr.wb Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan Rahmat dan Karunia-Nya kami team redaksi majalah Cyber Media dapat menerbit-kan majalah Cyber Media edisi ke- VIKami selalu berusaha untuk memberikan in-formasi yang bermanfaat , menarik, dan ide ide yang selalu berbeda bagi pembaca setiap bulanya.Pada edisi ini team redaksi Cyber Media men-gangkat tema tentang Adobe Illustrator. Ado-be Illustrator adalah sebuah perangkat lunak yang secara umum digunakan untuk meng-gambar , maupun mendesain poster. Seputar perangkat ini akan kami ulas dan kami rangkum menjadi info wawasan teknologi yang bermanfaat untuk para pem-baca. Tidak hanya itu kami juga mengulas tentang tutorial ,Tips and Trick dan Iformasi teknologi lainya.Kami berharap dengan terbitnya majalah cy-ber media edisi ke-VI ini, dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi para pembaca mengenai hal yang berhubungan dengan teknologi tersebut. Akhir kata kami mohon maaf apabila ada kesalahan maupun penulisanya. Majalah Cyber media menampung kritik dan saran dari pembaca.Selamat Membaca.

Wassalamualaikum wr.wb

Indonesia Digtal Learning

Cerpen

Tips dan Trik

Cyber Event

Tutorial Expert

Tutorial Basic

Cyber Voice

Puisi

Topik Utama 3

39373230155

41Adverticing 43

Daftar Isi

Page 4: Edisi ke VI 2014

ADOBE ILLUSTRATORHay , Sahabat Cymed di Edisi kali ini Cymed akan membahas tentang Adobe illustrator. Adobe Illustrator merupakan sebuah program perangkat lunak untuk menggambar, yang diciptakan oleh Adobe

Systems menggunakan vektor. Diciptakan pertama kali pada tahun 1986, dan dirancang untuk bekerja dengan computer Macintosh. Pertama kali dirilis Adobe Illustrator, mereka sudah memprediksi pasti keberhasilan program tersebut. Perangkat lunak yang mampu menantang Adobe Illustrator adalah LaserWriter, alat yang diproduksi oleh Apple.Adobe Illustrator adalah alat ampuh yang memiliki kurva belajar rendah. Banyak orang telah menemukan Adobe Illustrator untuk menjadi alternatif yang berguna untuk alat desain kompleks seperti AutoCad.

Autor : Anisa Nabella Pupitasarie-mail : [email protected]

Cyber Media Edisi VI 2014

Topi

k U

tam

a

3

Page 5: Edisi ke VI 2014

Nah Sahabat Cymed alat utama yang digunakan di Adobe Illustrator adalah kurva Bezier. Sebuah kurva

dapat dibuat, dan lingkaran atau busur dapat dibuat dari itu. Illustrator juga mendukung file Post Script juga. Dukungan untuk Post Script diperbolehkan pengembang untuk menciptakan program yang secara khusus dirancang untuk membuat file Illustrator. Ketika Adobe Illustrator 1.1 diperkenalkan, itu menampilkan video yang menunjukkan John Warnock pengajaran penggunaan program. Kekurangan Illustrator untuk jangka waktu yang panjang adalah campuran atau gradien. Bahkan, fitur ini tidak akan sering terlihat sampai rilis dari Adobe Illustrator 5. Sebagai sebuah perusahaan, Adobe dikenal karena mengambil risiko dengan rilis Illustrator, terutama ketika datang ke antarmuka.Kelebihan Adobe illustrator Adobe illustrator sendiri memiliki beberapa kelebihan dibanding dengan perangkat lunak yang sejenis yaitu :• Fitur yang diberikan lebih lengkap.• Sangat baik untuk pembuatan illustrasi, logo, poster dan sebagainya.• Mampu untuk load file besar, diatas 50mb.•Jika gambar di zoom tidak akan.

pecah.• Warna-warna yang disediakan sangat baik dan halus, tidak jauh beda dengan hasil print nantinya.• Terintegrasi dengan software adobe yang lain, seperti adobe photo shop.

Kekurangan Adobe illustratorSahabat Cymed setelah kita tahu kelebihan dari Adobe Illustrator, ada beberapa kekurangan yang harus kalian ketahui, yaitu:• Walaupun fitur lengkap tapi cukup ribet untuk pengerjaan layout.• Tidak User friendly untuk fitur power clip-nya• Tempat produksi terkadang ada yang tidak support

Indonesia Digital Learning

Topik Utam

a

4

Page 6: Edisi ke VI 2014

Adobe illustrator? Yang terpikir adalah sebuah software untuk membuat gambar illustrasi , yap! Benar, illustrator sendiri adalah salah satu software yang digunakan untuk membuat gambar ilustrasi. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengenal adobe illustrator, software yang bersaudara dengan adobe photoshop ini sebenarnya sama-sama pengolah desain. Namun, adobe illustrator lebih memfokuskan diri kepada pembuatan gambar illustrasi. Gambar illustrasi merupakan karya seni rupa 2 dimensi yang bertujuan memperjelas suatu pengertian. Jadi, illustrasi bisa dikatan membuat gambar dengan tujuan untuk menyampaikan pesan/hal yang ingin disampaikan dari gambar tersebut dengan jelas . Lingkungan kerja Adobe Illustrator ini, adalah hal dasar yang harus dipelajari dan dipahami di dalam ilmu adobe illustratror, jadi disini cyber media akan membahas tools ( alat-alat ) yang terdapat pada illustrator. Sebelumnya, ada banyak versi adobe illustrator, mulai dari versi paling lama yaitu adobe CS3 hingga sekarang ada adobe CC. Sebenarnya tools di setiap versi sama saja,terdapat perubahan pada tata letak. Langsung saja!

Membuat Bunga matahari dengan Adobe Illustrator

Author : NoviantoTwitter : @ian17_official

Cyber Media Edisi VI 2014

Tuto

rial B

asic

5

Page 7: Edisi ke VI 2014

Keterangan gambar : 1. Bagian nomer satu adalah baris menu, yang berisi kumpulan perintah untuk menjalankan Illustrator. 2. Bagian yang di tunjuk nomer dua adalah palet options, menyimpan pilihan tool yang sedang aktif. 3. Bagian yang ditunjuk nomer tiga adalah tabulasi dokumen (document tab), menampikan tabulasi dari lembar kerja (stage area) yang sedang dikerjakan. 4. Bagian nomer empat adalan panel tools ( tools panel), berisi kumpu lan tools atau peralatan yang digunakan dalam menjalankan program Illustrator. 5. Bagian ini merupakan lembar kerja (stage area) Photoshop. 6. Bagian ini berisi kumpulan grup palet.

Perhatikan gambar di bawah ini :

Indonesia Digital Learning

Tutorial Basic

6

Page 8: Edisi ke VI 2014

Keterangan Gambar

1. Selection Tool (V), Tool yang digunakan untuk memilih/menyeleksi satu atau banyak objek.

2. Direct Selection Tool (A), Untuk menyeleksi titik atau ruas kurva didalam objek.

3. Magic Wand Tool (Y), Untuk memilih/menyeleksi satu atau banyak objek.

4. Lasso Tool (Q), Untuk menyeleksi titik atau ruas kurva secara laso di dalam objek.

5. Pen Tool (P), Digunakan untuk menggambar garis lurus ata garis lengkung (kurva).

6. Type Tool (T), Digunakan untuk menulis huruf.7. Line Segment Tool (\), Untuk menggambar bidang

garis.8. Elipse Tool (L), Untuk menggambar lingkaran.9. Paintbrush Tool (B), Untuk menggambar sesuai

pilihan brush yang sedang aktif.10. Pencil Tool (N), Untuk menggambar garis bebas

dan mengedit garis.11. Blob Brush Tool (Shift+B), Untuk menggambar

bebas seperti melukis.12. Eraser Tool (Shift+E), Untuk menghapus bidang

objek.13. Rotate Tool (R), Untuk memutar objek atau

gambar dengan besar angka tertentu.14. Scale Tool (S), Untuk merubah ukuran dimensi

objek dengan angka tertentu.15. Warp Tool (Shift+R), Untuk melakukan distorasi

terhadap garis maupun bentuk kurva.16. Free Transform Tool (E), Untuk langsung

mengubah dimensi, memutar atau memiringkan (skew) objek setelah diseleksi.

17. Symbol Sprayer Tool (Shift+S), Untuk menggambar bebas berdasarkan

Simbol yang sedang aktif.18. Column Grapth Tool (J), Untuk menggambar

grafik statistik.

Cyber Media Edisi VI 2014

Tuto

rial B

asic

7

Page 9: Edisi ke VI 2014

19. Mesh Tool (U), Digunakan untuk membuat objekyang mempunyai beragam warna gradasi yang di buat dengan mengatur titik titik mesh.

20. Gradien Tool (G), Digunakan untuk membuat warna gradasi.21. Eyedropper Tool (I), Untuk mengambil contoh warna dari sebuah objek.22. Blend Tool (W), Digunakan untuk mencampur warna (blend) objek.23. Live Paint Bucket Tool (K), Untuk mengisi warna fill pada objek

yangTerpilih atau terseleksi.24. Live paint selection Tool (Shift+L), Untuk menyeleksi warna fill pada

sebuah objek.25. Artboard Tool (Shift+O), Untuk menyeleksi, menggeser, merubah posisi

artboard.26. Slice Tool (Shift+K), Digunakan untuk mengiris atau memotong objek.27. Hand Tool (H), Digunakan untuk mggeser lembar kerja.28. Zoom Tool (Z), Digunakan untuk memperbasar tampilan gambar.29. Fill (X), Digunakan untuk memilih warna dalam.30. Stroke (X), Digunakan untuk memilih warna garis.31. Color (<), Untuk mengaktifkan palet color.32. None (/), Menyatakan tidak ada warna sama sekali.33. Change Screen Mode (F), Untuk memilih tampilan layar.34. Gradient (>), Untuk mengaktifkan palet gradient.

Setelah, mengenal menu-menu yang ada di illustrator, kita lanjutkan pada pembahasan, kita akan membuat sebuah desain sederhana yakni membuat bunga dengan adobe illustrator.

Indonesia Digital Learning

Tutorial Basic

8

Page 10: Edisi ke VI 2014

Step_ 1Buat dua buah bentuk ellipse menggunakan ellipse tool (L), posisikan dan beri warna seperti pada gambar dibawah.

Step 2 Ubah Blending Mode dari kedua ellipse tersebut menjadi Multiply.

Cyber Media Edisi VI 2014

Tuto

rial B

asic

9

Page 11: Edisi ke VI 2014

Step_ 1Buat dua buah bentuk ellipse menggunakan ellipse tool (L), posisikan dan beri warna seperti pada gambar dibawah.

Step 3Ubah Blending Mode dari kedua ellipse tersebut menjadi Multiply.

Step 4Seleksi kedua ellipse tersebut, tahan tombol Alt di keyboard, kemudian drag kebawah untuk membuat kopiannya.

Indonesia Digital Learning

Tutorial Basic

10

Page 12: Edisi ke VI 2014

Step 5Seleksi seluruh ellipse yang ada, kemudian pilih Object > Transform > Rotate. Pada jendela Rotate, isi bagian Angle = 22.5, lalu klik tombol copy.

Step 6Tekan tombol Ctrl+D di keyboard untuk mengulang proses kopian sampai objek ellipse tadi membentuk visual seperti gambar dibawah. Jika sudah, seleksi semua ellipse lalu tekan tombol Ctrl+G di keyboard untuk men-groupkannya.

Cyber Media Edisi VI 2014

Tuto

rial B

asic

11

Page 13: Edisi ke VI 2014

Step 7Buat sebuah lingkaran, dan beri warna gradasi dengan Gradient tool (G) seperti gambar dibawah. Seleksi semua objek (grup ellipse dan ling-karan), klik pada grup ellipse, lalu klik ikon vertical dan horizontal pada Align palette. Langkah ini untuk membuat objek lingkaran berada tepat ditengah-tengah kumpulan objek ellipse.

Indonesia Digital Learning

Tutorial Basic

12

Page 14: Edisi ke VI 2014

Step 8Jika sudah, seleksi objek lingkaran, kemudian buka Appearance palette. Pada Appearance palette, klik list icon disudut kanan atas lalu pilih Add new fill, Maka sebuah fill baru akan ditambahkan untuk objek lingkaran

Step 9Klik tanda panah di bagian warna pada fill baru tersebut, kemudian klik ikon swatch libraries menu, lalu pilih Pattern > Basic Graphic > Basic Graphic Textures , Pilih tekstur bernama Stiple Irregular.

Cyber Media Edisi VI 2014

Tuto

rial

Basi

c

13

Page 15: Edisi ke VI 2014

Step 8Jika sudah, seleksi objek lingkaran, kemudian buka Appearance palette. Pada Appearance palette, klik list icon disudut kanan atas lalu pilih Add new fill, Maka sebuah fill baru akan ditambahkan untuk objek lingkaran

Step 9Klik tanda panah di bagian warna pada fill baru tersebut, kemudian klik ikon swatch libraries menu, lalu pilih Pattern > Basic Graphic > Basic Graphic Textures , Pilih tekstur bernama Stiple Irregular.

Step 10Ubah blend mode dari fill baru tersebut menjadi Overlay.

Hasil Akhir

Ini adalah hasil akhir setelah ditambahkan sedikit teks dan soft back-ground. Semoga tutorial illustrator bermanfaat dan dapat diimprove leb-ih jauh, sehingga menghasilkan karya yang lebih baik, Selamat mencoba! Salam hangat dari cyber media.

Indonesia Digital Learning

Tutorial Basic

14

Page 16: Edisi ke VI 2014

Source : Litbang

Colorfull Android Jelly Bean With Blender 3D

hai guys!untuk edisi ini kita akan membuat si android jellybean yang colorful,penasaran seperti apa?let’s check this out!

1. Pertama,buka aplikasi blender yang sudah terinstal pada laptop kalian,tampilan pertama saat blender mulai dijalankan adalah seperti gambar diatas.

Cyber Media Edisi VI 2014

Topi

k Ex

pert

15

Page 17: Edisi ke VI 2014

2. Hapus objek default yaitu cube dan gantilah dengan objek cilynder dengan cara klik add->mesh->cilynder,atau dengan shortcut shift+a ->mesh->cilynder.

3. Ubah tampilan kamera menjadi tampak depan menggunakan numpad 1 seperti gambar diatas,agar kita lebih mudah melakukan aktivitas editing.

Indonesia Digital Learning

Topik Expert

16

Page 18: Edisi ke VI 2014

Masuk ke edit mode (Tab) dan pilih sisi (face) bawah dari silinder tersebut,lalu extrude (E) sesuai dengan keinginan kita.

4

Langkah selanjutnya gunakan fungsi scale (S) agar bagian face bawah ob-jek menjadi lebih kecil seperti gambar diatas.

5.

Cyber Media Edisi VI 2014

Tuto

rial E

xper

t

17

Page 19: Edisi ke VI 2014

Lalu ubah mode kamera ke tampilan biasa,dan sekarang pilih face bagian atas dari objek silinder kalian,hapus facenya dengan cara tekan (x)->delete faces.

6

Maka tampilan atas dari silinder akan bolong seperti halnya gelas,seperti gambar diatas.

7

Indonesia Digital Learning

Tutorila Expert

18

Page 20: Edisi ke VI 2014

Oke modeling bagian tubuh udah jadi,sekarang kita lanjut ke kepala si android ini,tambahkan objek baru yaitu UV Sphere yang berbentuk seperti bola.

8.

Masuk ke edit mode dan viewport diganti ke wireframe mode (Z) yaitu mode transparan,lalu blok setengah bagian dari UV Sphere menggunakan shortcut (B),seperti gambar diatas.

9.

Cyber Media Edisi VI 2014

Topi

k U

tam

a

19

Page 21: Edisi ke VI 2014

Maka akan terseleksi seperti ini.10.

Lalu hapus bagian tersebut (X)->delete faces.11.

Indonesia Digital Learning

Topik Utam

a

20

Page 22: Edisi ke VI 2014

Maka akan terpotong menjadi stengah lingkaran seperti ini,mudah kan,bagian kepala 40% udah jadi.

12.

Next kita akan buat kuping dari si android,tambahkan objek baru UV Sphere,blok setengah seperti halnya kepalanya tadi,namun kali ini tidak untuk dihapus.

13

Cyber Media Edisi VI 2014

Topi

k U

tam

a

21

Page 23: Edisi ke VI 2014

Tekan (S)->(Z) maka objek akan memanjang sesuai dengan sumbu Z seperti gambar diatas,lakukan agar objek berbentuk seperti kapsul.

14

Edit lagi menggunakan kombinasi Scale (S) dengan sumbu X,Y,Z,agar ter-bentuk seperti gambar diatas.

15.

Indonesia Digital Learning

Tutorial Expert

22

Page 24: Edisi ke VI 2014

16. Next gabungkan kuping dengan kepala yang udah kita buat tadi,kalian bisa gunakan sumbu X,Y,Z untuk memindahkan objek,atu dengan fungsi translate (G),jangan lupa rotate (R) dan duplicate objek (Shift+D) seperti gambar diatas.

Next untuk mata gunakan objek UV Sphere dan letakkan sesuai gambar diatas,maka kepala si android udah jadi

17.

Cyber Media Edisi VI 2014

Tuto

rial E

xper

t

23

Page 25: Edisi ke VI 2014

Selanjutnya kita akan membuat Jellybeannya (kacangannya),lakukan sepeti membentuk kuping tadi.

18.

Tekan (Ctrl+R) untuk membagi objek,dan tekan 20 agar objek terbagi menjadi 20 bagian,

19.

Indonesia Digital Learning

Tutorial Expert

24

Page 26: Edisi ke VI 2014

Klik kiri jika sudah,lalu enable proporsional editing,ini dilakukan agar objek dapat menjadi lebih halus dalam proses editingnya

20.

Pilih salah satu garis yang sekiranya ada ditengah,lalu scale (S)->(X) kombinasikan dengan scroll sampai membentuk seperti gambar diatas.

21.

Cyber Media Edisi VI 2014

Tuto

rial E

xper

t

25

Page 27: Edisi ke VI 2014

Jika udah,maka bentuknya akan seperti ini…22.

Lanjut ke tahap akhir yaitu pewarnaan,sebelumnya ubah dulu render defaultnya menjadi cycles render,agar hasilnya dapat lebih bagus.

23.

Indonesia Digital Learning

Tutorial Expert

26

Page 28: Edisi ke VI 2014

Dibagian surface gantilah menjadi glass,dan warnanya adalah putih default,lalu klik assign agar warna tertempel pada objek,untuk mengetes klik deselect lalu klik select,jika objek terseleksi semua berarti kalian salah,jika terseleksi bagian yang diseleksi saja,berarti benar.

24

Sekarang untuk bagian bawah,beri warna hijau,sesuai dengan karakter warna asli si android.

25

Cyber Media Edisi VI 2014

Tuto

rial E

xper

t

27

Page 29: Edisi ke VI 2014

Begitu juga dengan kepala dan jellybeannya,untuk kepala berilah warna hijau kecuali matanya berwarna hitam saja,dan untuk jellybeannya jangan lupa untuk diduplikat (Shift+D),dan berilah jellybeanmu warna warni agar terlihat menarik

26.

Next finally tinggal memindahkan jellybean kedalam tubuh si android deh,usahakan penempatan rapid an terlihat penuh

27

Indonesia Digital Learning

Tutorial Expert

28

Page 30: Edisi ke VI 2014

Nah kalian dapat menambahkan objek-objek lain untuk memaniskan tampilan render kalian nantinya,agar terkesan lebih menawan dan enak untuk dilihat,jangan lupa atur kamera render dengan cara tekan short-cut (0) lalu geser kemanapun kalian suka,jika udah tekan (F12) untuk merender hasil kerja kita.

27.

Berikut adalah hasil jadinya,terlihat lucu ddan warna-warni kan? mungkin sekian dulu untuk tutorial kali ini,di edisi mendatang bakal ada tutorial yang lebih menarik juga tentunya, jadi jangan kelewatan yaa see you guys!

Cyber Media Edisi VI 2014

Tuto

rial E

xper

t

29

Page 31: Edisi ke VI 2014

Autor : Rezki Alhidayat Twitter : @G12_RAS

Hay Sahabat Cymed ,kali ini ada Cyber Event menarik. Sabtu , 22 November

kemarin diadakan sebuah pameran bertemakan “Robotik” yang berlokasi di Gedung Lawang Sewu Semarang.Dalam event tersebut para pelajar dari kalangan SMK dan Universitas, memamerkan hasil karya mereka yang berbau robotik, dari pintu masuk banyak stan-stan berjualan yang berjejer dan dibagian dalam gedung di beberapa bilik ada pameran karya dari masing-masing peserta diantaranya. Disalah satu ruangan ada pameran Robotik dan Software

baru dari mahasiswa UDINUS Semarang, mereka menampilkan 2 robot rakitan mereka, robot NEO dan BILOID. Kedua robot ini dirakit oleh mahasiswa UDINUS, untuk robot bahan baku mereka datangkan dari negara Jepang dengan harga 300 juta mereka berhasil mendatangkan robot ini, robot buatan

Jepang ini saat sampai mahasiswa UDINUS langsung dirakit dan dimasukan program berupa gerakan-gerakan, robot ini mampu melakukan berbagai macam gerakan layaknya manusia. dan kekompakan dalam tim. Software yang digunakan untuk pembuatan game ini pertamakali timbul karena adanya niat dari salah satu dosen Fasikom Udinus, yaitu Bapak Hary Maulana untuk memetakan cagar budaya yang ada di Kota Semarang ini,salah satu yang telah selesai dikerjakan adalah aplikasi tentang ini,

Pameran Industri

Cyber Event

Technologi

Indonesia Digital Learning

Cyber Event

30

Page 32: Edisi ke VI 2014

dalam aplikasi ini bangunan Lawang Sewu dibuat dalam bentuk 3D sehingga hampir mirip dengan bangunan aslinya, menggunakan aplikasi unity untuk dijalankan 7 mahasiswa didikan bapak Hary berhasil menyelesaikan aplikasi ini, mereka membuatnya detail dalam waktu 6 bulan saja bisa selesai. Dalam pembuatan aplikasi ini banyak kendala yang menghadang, antara lain waktu dan isi kantong mahasiswa terkuras karena harus bolak- balik menghitung dengan teliti luas bangunan dan semua yang ada di dalam kawasan lawangsewu, juga kekompakan tim. “Satu masalah yang belum terselesaikan adalah membuat aplikasi ini ke mobile mengingat ukuran aplikasi ini sangat besar maka harus dikecilkan terlebih dahulu baru bisa di jalankan di mobilephone”Ujar Pak Hari disela-sela perbincangan kami dengan beliau. Dan saat ditanya target selanjutnya yang ingin dicapai beliau langsung menjawab. “Kami akan memetakan wisata budaya yang tersisa yang ada di Semarang agar orang-orang tidak kebingunggan mencari informasi tentang wisata budaya yang ada di Semarang ini”Dibilik lain ada pameran robot juga dari mahasiswa Unisula Semarang . Robot pemanjat tangga buatan

mahasiswa Unisula ini baru-baru ini mereka ikutkan dalam perlombaan robotik tingkat nasional, pembuatan robot ini menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan seperti rangka robot mereka buat dari besi yang mereka bentuk menjadi rangka robot, sedangkan motor buat penggerak robot mereka pesan via online, robot ini beroperasi dengan remot kontrol dan sensor di bagian kepala yang akan menghentikan gerakan robot saat ada objek yang menghalang, dalam pembuatan robot ini memerlukan 7 mahasiswa Fakultas Teknik Industri (FTI) Unisula, yang bekerja sesuai keahlian mereka masing-masing dalam bidang Robotika, banyak kendala yang mereka temui salah satunya, saat diwawancara mas Ulu mengutarakan:“Yang paling sulit dari pembuatan robot ini adaah kekompakan dari tim pembuatnya, karna jika salah seorang salah maka akan m e n g h a m b a t kerja yang lain”.N a m u n mereka tetap semangat dan akan mengikuti k o m p e t i s i Robotika yang akan datang.

Cyber Media Edisi VI 2014

Cybe

r Eve

nt

31

Page 33: Edisi ke VI 2014

Cara Mudah Membuat Floating Tab di Google chrome

Hai sahabat Cymed. Ingin aktivitas browsing kamu lebih produk-tif? Dengan mengikuti tips ini, kamu dapat membuat layar Google Chrome menjadi berbentuk panel yang dapat kamu set posisinya sehingga dalam satu layar dapat terdiri dari banyak panel. Keuntungannya ialah kamu dapat melihat banyak web tanpa ha-rus berpindah-pindah tab. Sebelumnya, pastikan bahwa Google Chrome yang kamu pakai merupakan versi yang terbaru. Lalu buka link di bawah ini https://chrome.google.com/webstore/detail/panel-tabs/cafiainad-jhopgdkmgcjiokknjkbhbha

Apabila sudah, aktifkan extension tersebut dengan mengklik icon Panel Tabs di sudut kanan atas Chrome.

Autor : Tidy Yuniardy SiregarTwitter : @tidysiregar

Indonesia Digital Learning

Tips And Trick

32

Page 34: Edisi ke VI 2014

Lalu akan muncul gambar seperti dibawah ini, selanjutnya klik Open the Flags page.

Cyber Media Edisi VI 2014

Tips

And

Tric

k

33

Page 35: Edisi ke VI 2014

Klik enable pada Enable Panels, lalu restart Chrome anda

Setelah Chrome terbuka kembali klik Test panelsdan akan muncul seperti dibawah ini lalu klik Finish

Indonesia Digital Learning

Tips And Trick

34

Page 36: Edisi ke VI 2014

Lalu untuk menfloatingnya klik icon seperti gambar dibawah ini.

Dan klik pop this tab into a panel.

Cyber Media Edisi VI 2014

Tips

And

Tric

k

35

Page 37: Edisi ke VI 2014

Seperti inilah tampilannya

(Catatan: Extension ini berfungsi dengan sangat baik bagi website yang memiliki tampilan responsif atau fleksibel, menyesuaikan den-gan ukuran jendela browser)

Indonesia Digital Learning

Tips And Trick

36

Page 38: Edisi ke VI 2014

CINTAKU BUKAN LISAN TAPI DENGAN DO’A DAN TINDAKAN

Senja menyapa, Mentari nan elok mulai sirna dari peraduannya. Sore berganti malam berhias bintang. Bersama sinar rembulan menawan, cinta yang menyatukan insan sesuai titah Tuhan. Cinta entah apa itu, jika aku bertanya kapada orangtuaku, dengan santai ia menjawab. “Belum waktunya sayang, kalau cinta sudah datang nanti kamu juga akan tahu,” itulah jawaban orangtuaku jika aku bertanya. Kata mereka yang terpenting sekarang adalah belajar untuk mengejar impian. Tapi, semakin aku mengacuhkan cinta, hati ini semakin meronta ketika kupandang seseorang yang senyumnya menggoda hati. Seraya hati ini menjerit sangat keras bahwa cinta ini telah hadir dalam hatiku atas jawaban lelaki itu. Awalku dikelas XI SMA aku baru merasakan yang namanya jatuh cinta kepada seorang perempuan yang solekhah, manis dan pintar, namun aku tak berani untuk mengatakanya, karena malu dengan diriku yang merasa belum pantas tuk memilikinya. Mungkin, aku harus memperbaiki diri dahulu. Teringat akan sebuah kalimat dalam Al-Quran, wanita yang baik untuk laki-laki yang baik. Sebaliknya, wanita yang hina untuk laki-laki yang hina pula.

Namun, aku selalu berdo’a agar bisa dekat dengannya. Awalnya aku bertanya dengan temen dekatnya. Hingga dia tau perasaan ini, jika aku suka dengannya. Hal ini memunculkan kabar,

Relax Cerpen

Page 39: Edisi ke VI 2014

Dan akhirnya di kelas XII SMA mungkin sebagian besar lebih fokus ke UN, tapi aku masih mememendam rasa ini dan selalu berdoa kepadaNya agar aku bisa dekat denganny. Disaat itu, aku juga pernah memberikannya sebuah roti dan “Alhamdulillah”, ujarku, bisa diterima. Tak ku sangka dia juga memberiku sebuah tasbih, yang berwarna hijau muda. Ternyata tasbih itu, kembar dengan tasbihnya. Saat ulang tahunya, aku pun memberikan sebuah kejuatan dengam mengucapkan ulang tahun sembari memegang roti yang berhiaskan lilin. Dalam hati kecil, “ia akan meniupnya bersamaku”. Tak lupa aku memberinya kado yang didalamnya ada sebuah surat dan seiring berjalanya waktu, aku dan dia semakin dekat. Namun, kita tidak pacaran melainkan lebih mengenal pribadi masing – masing dengan cara memahi dan mengerti. Aku tak pernah menyangka bila dia juga memiliki perasaan yang sama. Dari sinilah awal kami berjanji tuk selalu menjaga hati ini sampai nanti Allah menemukan kita. Dalam harapku,”semoga bisa menjadi cinta pertama dan terakhirku.”

Autor : Alfun Adam Twitter : @alfunadam23

Relax Cerpen

tentang perasaanku hingga menyebar luas di sekolah. Bahakan dia yang selama ini kukagumi tau, kalau aku menyimpan perasaan untuknya. Pertama kalinya ia

Page 40: Edisi ke VI 2014

RELAX PUISIK AU GORESK AN LUK A DI HATI

Page 41: Edisi ke VI 2014

KAU GORESKAN LUKA DI HATI

Ada sesuatu yang terasa hampaSendiri dan sepi, kini kurasakanMenelusuri mimpi yang tak kunjung menepiMungkin aku adalah salah satu korban cintamu.

Berharap setiap mimpi akan menjadi nyataDari rasa suka berubah menjadi sayangHingga, kau gantungkan perasaan ini

Entah kapan ini berakhir

Ku akui, kau begitu sempurnaNamun,kuhanya bisa mengagumimuTanpa harus kaucintai dan sayangiCukupku pendam perasaan ini

Terimakasih, untukmuYang telah memberikan harapanEntah kapan akan terwujudDan,kan ku bawa segenggam luka ini

Semoga kau bahagia bersamanya.

Relax Puisi

Author : Bayu MargaTwitter: @BayuMarga_LF

Page 42: Edisi ke VI 2014

OPINIONHay Sahabat Cymed Pasti kalian tidak asing tentang dunia robot kan ?. Mesin yang mulai menghiasi dunia dan mengambil alih pekerjaan manusia. Perkeban-gan robot di era global sekarangpun mulai diperbincangkan. Gimana sih, pendapat sahabat Cymed tentang ilmu Robotika dan perkembangan robot di era sekarang. Yuuk, simak komentar mereka :D

Nama :Ahmad Fatori

1. Setahu saya besi yang bisa bergerak seperti manusia 2. Perkembangnya sangat pesat terbukti sekarang banyak sebuah kom-

petisi tentang robot,dan banyak mahasiswa yang mulai meneliti tentang robot.

Nama : Ditama Prasetya

1. Suatu rangkaian elektronik yang di gabungkan menjadi gerakan patah patah yang biasa di sebut robot.

2. Semakin meningkat karna di dukung oleh generasi muda yang banyak mengambil konsentrasi pada bidang robotik. Dan negara - negara maju yang mulai mengembangkan ataupun menciptakan robot untuk mem-bantu meringankan pekerjaan manusia.

Page 43: Edisi ke VI 2014

Nama:Andre Nugroho,P

1. ilmu yang mempelajari tentang robot dan mesin2. sekarang banyak Negara maju yang menggunakan robot , salah satu

contohnya robot2 yang menyererupai manusia yang di sebut human-roid. Tidak menutup kemungkinan jika besok dunia ini didominasi dengan robot.

Nama:Iva

1. Semacam Elek tronik yang di rangkai secara on/ off2. Sangat pesat dari di Negara-negara maju seperti Jepang yang semua

aktivitasnya sudah didominasi dengan robot. Karena robot sangat ber-manfaat

Nama : Pratama P

1. Ilmu yang mempelajari tentang teknlogi yang ada pada robot2. Sangat pesat karena robot bisa membantu kegiatan manusia, dan mem-

permudah semua kegiatan.

Attention : Bagi kamu sahabat cymed yang mau berbagi opini sama kita, bisa langsung aja ke redaksi Cyber media di akun Twitter : @CyberMediaMagz Facebook : Cyber Media Magz dan kita tunggu opini kamu.

Page 44: Edisi ke VI 2014
Page 45: Edisi ke VI 2014

Space Iklan Hubungi Marketing: (Riskia) 089667776474

Page 46: Edisi ke VI 2014

Note

Page 47: Edisi ke VI 2014

Note

Page 48: Edisi ke VI 2014