Edisi II | 1 Februari - 15 Februari 2013

24
Edisi II / 01 Februari - 15 Februari 2013 email : [email protected]| Harga Rp. 3000,- Informasi Bisnis Terpercaya www.liputanbisnis.com Design Menarik Pengunjung Tertarik halaman 17 Ikan Patin Mendulang Rupiah Bisnis ikan patin yang digeluti warga Desa Koto Mesjid Provinsi Riau sangat menjanjikan. Olahan ikan patin dalam sebulannya dapat menghasilkan lebih dari ratusan juta rupiah. halaman 12-13

description

Informasi Bisnis Terpecaya

Transcript of Edisi II | 1 Februari - 15 Februari 2013

Page 1: Edisi II | 1 Februari - 15 Februari 2013

Edisi II / 01 Februari - 15 Februari 2013 email : [email protected]| Harga Rp. 3000,-

Informasi Bisnis Terpercaya www.liputanbisnis.com

Design MenarikPengunjung Tertarik

ha

lam

an

17

Ikan Patin Mendulang RupiahBisnis ikan patin yang digelutiwarga Desa Koto Mesjid ProvinsiRiau sangat menjanjikan. Olahanikan patin dalam sebulannyadapat menghasilkan lebih dariratusan juta rupiah. halaman 12-13

Page 2: Edisi II | 1 Februari - 15 Februari 2013

Penerbit: PT. Sentrum Multi Media DinamikaPimpinan Umum: Ir. Paulus Tamie, MMPimpinan Perusahaan: Nagian Toni, SSi. MMWakil Pimpinan Perusahaan: Hendra W. Kusuma, BCom, MBusPimpinan Redaksi: Haslan M TambunanWakil Pimpinan Redaksi: Erwinsyah Putra ParinduriDewan Redaksi: Laksamana A. Tarigan- Dr. Ferry Yonawan -Ir. Martono A. Purba, SH. MM. MHum - Nagian Toni, SSi. MM - Ade PNasution, SE - H. Syaiful Hadi JL - Ir. Perry Iskandar - Hendra, SE -Ir. Paulus Tamie, MM - Ir Tommi Wistan - Hendra W Kusuma, BCom.MBus - Chairuddin PasaribuDewan Penasehat: Parlindungan Purba, SH. MM - Prof. BismarNasution, SH. MH - Prof. Dr. H.M. Yamin Lubis, SH MS. CNPenasehat Hukum: Johan Brien, SE. SH. MM. MBA -DR Haposan Siallagan, SH. MHRedaktur Pelaksana: RidhoRedaktur: Darwinsyah PurbaReporter: Wahyu - AmiSekretaris Redaksi: Hairunnisyah SPSekretaris Perusahaan/Keuangan: Sumini Salem, BSc. MM. MBAIklan: Jimmy Chanaka, SKom. MBAPemasaran: MartinDesain / Layout: Ahmad RivaiAlamat Redaksi: Jalan Haji Misbah Komplek Multatuli Blok GNo. 7 Medan - Telp: (061) 4555668email: [email protected]: www.liputanbisnis.comReporter liputanBISNIS dibekali dengan Surat Tugas atau KartuIdentitas dari Redaksi

DAFTAR ISI

Tajuk2. Jakarta darurat,ambil hikmahnya

Regulasi3. Langkah LaranganImpor Buah Dipuji

LaporanUtama4-6. Denyut nadiharga komoditas;Krisis AS - Eropaberdampak global;Pulp Indonesia penuhipermintaan dunia;Petani di Sumut ogah

tanam kedelai

Seremoni7. Lions Club MedanApindosu Distrik 307A2, mengabdi untukmasyarakat

MarketReview8. Menelaah bisnispusat perbelanjaanbersama Ketua APPBIPaulus Tamie: Designmenarik, pengunjung

tertarik

Gadget9. ALCATEL onetouchD662: Smartphoneandroid dual SIM

Hot Profile10. Putra Sawahlunto'kuasai' dunia usahaJakarta

Corporate& Startegy12-13. Melirik mitrabinaan Telkom diDesa Koto MesjidRiau: Ikan patinmendulang rupiah

Citizen14-15. Mahkota Groupkembangkanpemasaran CPO:Petani lokal mitra bisnissejati; Benih berkualitas& pemanfaatan limbah;Singapore jajakipeluang bisnis MahkotaGroup

Feng Shui16. kebangkitanekonomi Indonesia ditahun Ular Air

Community17. Fastlink tawarkanImlek Fairkonsep China Town

Society18. Jalinankerjasama berbuahCSR

Showbiz21. Minoz rogohkocek Rp600 ribu-Rp2,25 juta; Bisnisbulu mata; SepatuAriel cuma Rp1 juta;Koleksi 13 mobilmewah

Kiat Sukses22. Kekhasan bumbutetap dijaga

Jakarta Darurat, Ambil Hikmahnya

JAKARTA KalangKabut. Bahkan,

beberapa mediamenyebutnyas e b a g a i :Darurat! Banjiryang meluluh

l a n t a k k a nJakarta itumemang tanpa

kecuali. Mulai dari rumah di tepi kaliCiliwung, Pusat Belanja, bahkan istananegara pun dihajar.

Terlepas daripada siklus tahunan. Yangpasti, darurat Jakarta harus menjadiperhatian serius pemimpin negeri ini.Tidak usah lagi beretorika dengan segalawacana. Kumpulkan ahli, mintadukungan semua pihak dan putuskan.

Terserah apakah akan membangunwaduk raksasa di batas wilayah antaraJakarta, Banten dan Jawa Barat,normalisasi sungai, membuat kanal-kanal atau membangun ribuan resapanair di ibu kota. Yang pasti, saat ini wargabutuh solusi.

Warga berterimakasih kepadaGubernur DKI Jokowi yang memangpeduli dan sensitif dengan masalah dantanggungjawab yang dihadapinya.Khususnya selama 100 hari masakepemimpinannya. Blusukan Jokowikeberbagai daerah pasca banjir danpenanggulangan bencana yangdilakukan dapat mengurangi beban danderita rakyat.

Tapi blusukan dan bantuan ituhanyalah upaya temporer yang dapatdilakukan. Sedang akar masalahnyaadalah :solusi total! Solusisesungguhnya adalah: sinergypemerintah pusat, pemerintah DKI dansemua komponen, termasuk dukunganDPRRI dan DPRD DKI. Karena untuk satukebijakan solusi, Jakarta butuh danatriliunan rupiah.

Banjir Jakarta telah menimbulkandampak ekonomi yang besar. Daribeberapa analis menyebutkan kerugianbanjir Jakarta kali ini mencapai Rp 43triliun. Belum lagi bila dihitung dampakpsikologi yang dederita masyarakatyang sulit untuk dikonversi ke rupiah.

Jakarta kini memang mengandungsekian banyak masalah yang sangatkomplek dan berdampak ekonomi yangsangat tinggi. Sebutlah; banjir, macet,polusi, 70% peredaran uang ada diJakarta, ekonomi biaya tinggim Tentusaja, leadakan dan populasi pendudukyang terus meningkat drastis,urbanisasi yang tidak teratasi,pengangguran karena kelangkaanpekerjaan di daerah.

Hal lain yang takkalah ruwetnyaadalah; birokrasi yang berbelit, danayang tidak tersedia, pembebasan tanahdan pembangunan yang lama tidakmenyelesaikan masalah malahan akanmenambah masalah.

Bagi investor, tentu saja semua masalahitu menjadi indikator penting untukmengevaluasi apakah investasinya masihakan bertahan di Jakarta dan sekitarnyaatau harus direlokasi ke daerah ataubahkan keluar dari Indonesia. Faktorkeamanan, tingginya angka pengupahandan rendahnya SDM pekerja Indonesiabisa mendorong kekuatiran itu menjadilebih cepat terjadi.

Di tengah sengkarutnya masalah yangdihadapi Jakarta itu kembali mencuatide; memindahkan ibukota negara dariJakarta.

Pemindahan ibukota tentu saja bukanseperti membalikkan telapan tangan.Kita harus sadari bahwa pemindahanibukota merupakan pemindahkansebuah peradaban kemanusiaan yangbesar. Bukan hanya status, namun segalaaspek yang multidimensional terkaitstruktur negara, personil, infrastruktur,suprastruktur, sistem informasi danteknologi, dll.

Pemindahan ibukota negara.Sesungguhnya pernah dilakukan

beberapa negara maju. Barangkali kitabisa belajar dari Amerika, Australiabahkan Afrika.

Dari beberapa wacana dan diskusipemindahan ibukota negara dapatmembagi fungsi ibukota sebagai pusatpemerintahan dan pusat bisnis.Beberapa negara juga pernahmengalami fenomena yang sama. Daripengalaman beberapa negara yang adadi dunia, beberapa pola pembagianfungsi ibukota dilakukan, yaitu fungsiibukota sebagai pusat pemerintahandan fungsi sebagai pusat bisnis.Beberapa negara yang pernahmemindahkan ibukota negaranyaseperti: Afrika Selatan dengan membagiCapetown dan Johansburg sebagaiibukota negara dan sebagai pusatpemerintahan.

Negara jiran Malaysia, bisa dijadikancontoh lain, dengan membagi ibukotanegara di kota Kuala Lumpur sedangkanPutra Jaya sebagai ibukota pusatpemerintahan. Negara yang lain adalahPakistan yang memindahkanibukotanya ke kota Islamabad.

Bagi banyak pemerintahan di daerahmaka carut-marutnya Jakarta harusdijadikan evaluasi dan kajian tim.Banyak kesalahan yang dilakukanJakarta seharusnya tidak diulang ataudaerah dapat cepat mengatasinya.Sebelum masalahnya semakin pelik.

Kota Medan, misalnya, saat inimengandung masalah yang nyarissama. Beban populasi penduduk,macet dan banjir yang mulai terjadidimana-mana. Angka pengangguranyang tinggi serta tingkat gangguankeamanan yang mulai mengkuatirkan.Demikian juga dengan keseimbanganlingkungan antara utara dan selatan,bila tak cepat diatas akan menjadi bomwaktu.

Belajar dari Jakarta, apakah Medanperlu memikirkan satu pengembangankota baru? Satu pertanyaan yangmenarik untuk didiskusikan para ahli!|Dewan Redaksi liputanBISNIS |

By | Syaiful Hadi J.L

PRESIDEN KUNJUNGI POSKPRESIDEN KUNJUNGI POSKPRESIDEN KUNJUNGI POSKPRESIDEN KUNJUNGI POSKPRESIDEN KUNJUNGI POSKO TELKO TELKO TELKO TELKO TELKOM. OM. OM. OM. OM. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Direktur Human Capital and General

Affair Telkom, Priyantono Rudito (dua kiri), Direktur Complaint and Risk Management Telkom, Ririek Adriansyah (tiga kiri) serta

Direktur Enterprise and Wholesale Telkom, Muhammad Awaluddin, mengunjungi Posko Telkom Group Peduli korban banjir di lokasi

area Gedung Olah Raga (GOR) Jakarta Timur, 20 Januari 2013. Posko menyediakan layanan kesehatan 24 jam, telepon dan internet

gratis di lokasi area Gedung Olah Raga (GOR) Jakarta Timur sejak 18 s/d 27 Januari 2013.

2 Edisi II01 Februari - 15 Februari 2013

TAJUK

Page 3: Edisi II | 1 Februari - 15 Februari 2013

Said Didu menilai langkahpemerintah sudah tepat untukmelindungi para petani buah lokal.

"Sebagai Ketua Alumni sayasampaikan ini adalah langkah yangtepat dan sangat bagus karenatidak sedikit dilakukan oleh negaralain," kata Said.

Seperti diketahui, pemerintahmenutup sementara importasienam produk buah. Keenamproduk buah tersebut adalahdurian, nanas, melon, pisang,mangga, dan pepaya.

Penghentian sementara imporini adalah untuk periode Januari-Juni 2013. Said menambahkanlangkah dan kebijakanpemerintah ini sudah sangattepat terlebih untuk melindungipetani lokal.

"Ini adalah langkah yang tepatterutama untuk rakyat kecil danmelindungi petani buah lokal,"imbuhnya.

Tidak hanya itu, Said memintapemerintah untukmemperpanjang masa eksekusipenghentian impor buah ini ini.Menurutnya langkah penghentianimpor buah bakal menguntungkankarena produk buah lokal danpetani buah bisa mendapatkanperlindungan dari adanyakebijakan ini.

"Semakin diperpanjang semakinbaik. Ini adalah langkah konkretuntuk melindungi buah lokal danpetani buah lokal," cetusnya.

Protes

Kebijakan pemerintahmenghentikan sementara impor13 produk hortikultura termasukbuah dan sayur selama Januari-Juni 2013 di atas diprotes olehpengusaha supermarket atau tokomoderen yang tergabung dalamAsosiasi Pengusaha Ritel Indonesia(Aprindo).

Dikatakan Wakil Sekjen AprindoSatria Hamid, kebijakan ini tidak tepatdi saat cuaca ekstrem seperti ini.

"Kebijakan yang dilakukanpemerintah kurang tepat di saat cuacaekstrem seperti ini," ungkap Satria.

Menurut Satria, dengan adanyakebijakan ini pasokan atau stokbuah dan sayuran di toko-toko ritelseperti supermarket danhipermarket akan terganggu.Ditambah pasokan buah dan sayur

dari lokal masih terganggu karenaadanya banjir yang disebabkanoleh cuaca ekstrem.

"Kebijakan ini saya sampaikankurang tepat. Pasokan lokal masihterkendala dan terganggu karenabanjir dan jelas akan semakinberantakan," katanya.

Satria berharap pemerintahberpikir ulang soal perpanjangankebijakan ini, bahkan jika inginmenjadikan kebijakan ini

REGULASI

Langkah Larangan

Impor Buah DipujiLangkah pemerintahmenghentikan sementaraimportasi 13 produkhortikultura terutama 6jenis buah mendapatpujian karena akhirnyaberani membela produsenbuah lokal dari banjirnyabuah impor.

Himpunan Alumni Institut Per-

tanian Bogor (HA-IPB)

permanen. Menurutnya stok buahdan sayuran lokal masih belumbisa memenuhi kebutuhan toko-toko ritel dan para konsumen, baikdari sisi kualitas mapun kuantitas.

"Saya mewakili Aprindomengatakan, pemerintah bi lamemberlakukan ini bisa melihatefek ke depan, baik efek yangditimbulkan dari para ritelmaupun keputusan konsumen.Karena kita semua tahu mutu

kemampuan dan suplai dari lokalbelum bisa memenuhi aspek pararitel baik dari harga maupunkualitas yang kompetitif. Saat inijalur distribusi dan pola cocoktanam agak terganggu karenacuaca ekstrem itu yang harusdipertimbangkan. Produk lokalbelum bisa kompetitif baik dari sisibranding dan mutu yang belumbisa diseragamkan," jelas Satria.

(int/ridho)

10 Perusahaan Korsel Hengkang

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo)

tidak akan mempublikasikan 10 perusa-

haan padat karya asal Korea Selatan (Kor-

sel) yang berniat untuk hengkang dari In-

donesia tahun ini.

Alasannya, pihak perusahaan takut jikadipublikasi bakal menjadi bumerang.

"Kalau dipublikasi, nanti mereka di-

demo lagi, kan mereka susah," ungkap

Wakil Sekretaris Jenderal Apindo Franky

Sibarani.

Imbas yang cukup terasa adalah

bakal di PHK-nya 10.000 pekerja yang

bekerja di perusahaan Korsel terse-

but.

Diktator Incar Hyundai Equus

Mobil terbaru buatan Hyundai, Equus

bakal jadi buruan para diktator bahkan se-

orang gembong narkoba. Bagaimana tidak,

mobil asal negeri Gingseng itu bisa mem-

berikan rasa aman ketika mendapat seran-gan senjata api. Tidak main-main, untuk

mengembangkan sistem keamanan lapis

baja ini, Hyundai menggaet produsen per-

angkat baja anti peluru, Armor Tech.

Selain itu, beberapa piranti dilengkapi

keamanan seperti baterai ekstra, engsel pin-

tu, engine fire suppressant system, hydrau-

lic window lifter, komunikasi interkom ser-

ta tangki bahan bakar lebih kuat untuk

mencegah kebocoran.

CPO dan Karet Direkom ke APEC

Setelah gagal dalam Konferensi Tingkat

Tinggi (KTT) APEC di Rusia 2012 silam, pe-

merintah akan kembali mendaftarkan crude

palm oil (CPO) agar masuk katagori produk

ramah lingkungan atau Environment GoodList. Hal ini akan disampaikan pemerintah

di Kongres APEC 2013 di Nusa Dua, Bali akhir

tahun ini.

"APEC tahun lalu di Vladivostok Rusia CPO

belum dimasukan dalam Environment Good

List karena belum ada proses dari EPA (Envi-

ronmental Protection Agency) Amerika Serikat.

Sehingga kita akan masukan CPO ke dalam list

tahun ini," ungkap Wakil Menteri Perdagangan

Bayu Krisnamurthi.(berbagai sumber)GL

OB

AL

IS

AS

I

3Edisi II01 Februari - 15 Februari 2013

Page 4: Edisi II | 1 Februari - 15 Februari 2013

4

LAPORAN UTAMA

Edisi II01 Februari - 15 Februari 2013

Akhir 2012 merupakan'petaka' bagi pengusahadan petani, terutama ko-moditi sawit maupunkaret. Masalahnya adalahharga komoditi tersebutsering tidak normal, aliasnaik-turun. Bahkan, peri-odik November lalu, har-ga karet anjlok. Sementa-ra derasnya ekspansi in-vestor perkebunan sawitasing melebarkan sayapn-ya di negeri seribu pulauini. Bukan tidak mungkin,pengusaha lokal bakaltergerus dari kerajaan bis-nis di daerahnya sendiri.

By|Ridho - Erwin - Ucup

“Denyut nadi komoditas

terus berdetak seiring

dengan terjadinya

fluktuasi harga di tingkat

nasional maupun

internasional. Pemerintah

diminta untuk mengambil

kebijakan membuat

regulasi sehingga harga

komoditas bisa

terkendali.”

sekitar 3,2% akibat hujan deras

yang terus mengguyur sebagian

besar wilayah produksi karet uta-

ma di Indonesia, yaitu Sumatera

dan Kalimantan.

Menurut Ketua Asosiasi Karet In-

donesia, Asril Sutan Amir, jumlah

produksi tahun ini bisa menurundari 3,1 juta ton di tahun 2011

menjadi hanya 3 juta ton. Padahal,

asosiasi tersebut sebelumnya

memperkirakan angka produksi

karet sebesar 3,3 juta ton tahun

ini. Asril juga menyatakan jumlah

ekspor karet alam Indonesia kemu-

ngkinan berkurang dari 2,6 juta

ton menjadi 2,45 juta ton.

Begitu juga melorotnya harga

Tandan Buah Segar (TBS) kelapa

sawit hingga akhir 2012 lalu. DariRp 1.000 turun ke posisi Rp 400/

Kg. Menanggapi anjloknya harga

sawit, Ketua Gabungan Pengusa-

ha Kelapa Sawit (Gapki) Sumatera

Utara, Balaman Tarigan mengata-

kan, turunnya harga TBS dipicu

produksi kelapa sawit dari petani

melimpah dan harus antri panjang

untuk masuk ke Pabrik Kelapa

Sawit (PKS).

Untuk keberadaan PKS di Sumut

sampai saat ini sudah seimbangdengan luas tanam perkebunan

kelapa sawit 1,1 juta hektar. Rata-

rata kemampuan produksi PKS se-

banyak 700 ton TBS/hari. "Tapi

karena produksinya banyak, ya PKS

tidak bisa menerima TBS semuan-

ya. Kalau dipaksa nanti malah PKS

yang mogok. Kan kita semua yang

susah," imbuhnya.

Melemahnya harga TBS, menu-

rut Bendahara Gapki Sumut Laksa-mana Adiyaksa, merupakan dam-

pak dari krisis global yang masih

dirasakan. Menurunnya per-

mintaan ekspor mendorong penu-

runan harga di pasar internasion-

al yang tentunya linier dengan har-

ga di tingkat lokal.

Adanya penurunan ekspor CPO

yang diduga kuat sebagai

penyebab melemahnya harga jual

di tingkat lokal dan ini dapat data

Badan Pusat Statistik (BPS). BPSmencatat volume ekspor CPO di

Semester I-2012 turun sebesar

merupakan perkebunan kelapa

sawit.

Namun demikian, Plt Gubernur

Sumatra Utara Gatot Pujo Nugro-

ho menyatakan, belum menyetu-

jui luas lahan 677.000 hektar un-

tuk dijadikan sebagai kawasan

yang masuk dalam RTRW Sumut."Pemprov Sumut masih terus

melakukan negosiasi kepada Ke-

menterian Kehutanan untuk mem-

inta tambahan maksimal dari luas

lahan. Karena awalnya Pemprov

Sumut telah mengusulkan lahan

seluas 1,2 juta hektar, namun yang

disetujui hanya 677.000 hektar,"

kata Gatot.

Kajian Gapki

Gapki meminta, pemerintah un-

tuk membantu masalah yang di-

hadapi industri sawit nasional.

Setidaknya, menurut kajian Gap-

ki, ada tiga permasalahan men-

dasar yang hingga kini belum di-

selesaikan pemerintah.

Sekjen Gapki Joko Supriyono

mengatakan, ada beberapa hal

yang harus diperbaiki untuk mem-

benahi industri sawit nasional.

"Kepastian hukum, infrastrukturdan moratorium izin baru itu ad-

alah salah satunya," kata Joko di

Jakarta.

Dijelaskan Joko, masalah kepas-

tian hukum mengenai tata ruang

dan lahan yang menjadi kendala

yang penuh ketidakpastian. Seper-

ti di beberapa provinsi, banyak la-

han sawit yang masih berada di ka-

wasan hutan, padahal sudah

beroperasi puluhan/ratusantahun.

Masalah lain yang yang dihada-

pi industri sawit di Indonesia ad-

alah kebijakan moratorium pem-

berian izin lahan baru untuk sawit

yang tidak sesuai dengan penera-

pan di lapangan. "Moratorium

harus segera diselesaikan dan ber-

fungsi dengan baik, sehingga tidak

mengakibatkan potensial loss yang

seharusnya bisa menjadi sumber

pendapatan peningkatan ekonomiIndonesia," urainya.

Terkait permintaan pengusaha

tersebut, Menteri Perdagangan,

Gita Wirjawan berjanji, akan

menurunkan tarif bea keluar (BK)

minyak sawit mentah (crude palm

oil/CPO) Indonesia, agar minyak

sawit Indonesia mempunyai daya

saing dengan produk sejenis dari

Malaysia.

Gita menjelaskan, Malaysia

saat ini memberlakukan BK CPOmenjadi nol persen, sehingga

saat ini harga komoditas asal

Malaysia itu lebih murah diband-

ing produk sejenis asal Indone-

sia. Saat ini, BK CPO Indonesia

sebesar 9 persen.

Lain halnya Wakil Menteri Per-

dagangan Bayu Krisnamurthi. Ka-

tanya, menurunkan bea keluar

(BK) bukan satu-satunya cara men-

gambil solusi dari persaingan har-

ga CPO Indonesia dan Malaysia."Soal BK dari Malaysia berkisar

perbedaan hanya 3%, atau hanya

sekitar US$ 25/ton. Tetapi, cara itu

tidak akan mengangkat (persoalan

CPO)," ungkap Bayu seraya me-

nambahkan, solusi agar persoalan

CPO dapat diminilisir dengan me-

nambah jumlah tangki penampu-

ngan dan peningkatan konsumsi

biofuel.

"Sebulan itu hanya bisa menam-pung 2-2,5 juta ton produksi. Kita

harus siapkan tangki lebih besar

lagi menjadi 5-8 juta tangki yang

harus kita siapkan," imbuhnya.

6,51 persen dibandingkan semes-

ter yang sama tahun lalu.

Informasi lain diperoleh, pen-

jualan kelapa sawit di Sumatera

Utara berpotensi mengalami

kerugian sebesar Rp9 triliun pertahun, bila pemerintah pusat

hanya menyetujui 677.000 hektar

perkebunan berada di luar ka-

wasan hutan dalam Rancangan

Tata Ruang Wilayah (RTRW)

provinsi ini.

Pasalnya, Pemerintah Provinsi

Sumut telah mengusulkan 1,2 juta

hektar lahan perkebunan yang di-

usulkan berada di luar hutan. Bila

hanya disetujui 677.00 hektarartinya masih ada 523.000 hektar

lahan yang dinggap masuk dalam

kawasan hutan, sementara itu se-

kitar 300.000 hektar di antaranya

Ikaret dan sawit terbesar di dunia.

Data diperoleh liputanBISNIS pada

2011, Indonesia menguasi 25%-

27% kebutuhan karet alam dunia.

Menurut prediksi sejumlah pen-gamat, pada 2015 produksi karet

alam Indonesia akan melampaui

Thailand.

Saat ini, luas areal karet Indone-

sia 85% didominasi oleh perke-

bunan rakyat yang sebagian besar

areal perkebunan rakyat tersebut

masih dikelola secara tradisional,

sisanya sebesar 7% dikelola oleh

perkebunan besar negara (PT

Perkebunan Nusantara), dan 8%dikelola oleh perkebunan besar

swasta (PBS).

Produksi karet alam Indonesia

pada 2012 diperkirakan berkurang

ndonesia, Malaysia dan Thailand

adalah negara pemasok

Page 5: Edisi II | 1 Februari - 15 Februari 2013

5

LAPORAN UTAMA

Edisi II01 Februari - 15 Februari 2013

Target 2013 Naik 16%

Para pengusaha sawit akan ter-

us meningkatkan ekspor minyak

sawit mentah atau crude palm oil

(CPO) pada tahun 2013. Tahun ini

diperkirakan ada ekspor CPO se-

banyak 21 juta ton atau naik 16%dari tahun lalu yang hanya 18,1

juta ton.

"Tahun ini, kita ekspor 21 juta

ton. Ini berdasarkan tanaman yang

ada yang akan menghasilkan CPO

yang jauh lebih banyak lagi," un-

gkap Kepala Bidang Pemasaran

Gabungan Pengusaha Kelapa Sa-

wit Indonesia (Gapki), Susanto.

Tahun 2012, menurut catatan

Gapki total produksi CPO Indo-

nesia mencapai 26,5 juta ton.

Untuk total ekspor CPO dan tu-

runannya 2012 tercatat 18,1

juta ton. Produk turunan yang

dimaksud adalah olein dan

biodiesel. Sedangkan, Gapki

memperkirakan total produksi

CPO mencapai 28 juta ton padatahun ini.

"Jadi total produksi tahun 2013

mencapai 28 juta ton, 21 juta ton

untuk ekspor dan selebihnya un-

tuk kebutuhan domestik," tu-

turnya.

Untuk penyerapan konsumsi do-

mestik, Susanto mengharapkan,

produk turunan CPO, yaitu biodie-

sel dapat dimaksimalkan peng-

gunaannya.

Kesepakatan 3 Negara

Di sisi lain, menungkiknya harga

karet jadi pembahasan serius tiga

Negara di Asia Tenggara. Indone-

sia, Malaysia dan Thailand masih

akan terus mengurangi ekspor

karet hingga Maret 2013 untukmenaikkan harga jual komoditas

itu yang tren menurun pada tahun

lalu.

Penasehat di DPP Gabungan Pe-

rusahaaan Karet Indonesia (Gap-

kindo) Tjoe Min Fat merincikan

direncanakan pengurangan hingga

300.000 ton, dengan harapan har-

ga bisa pulih di atas US$3.

Menurut dia, kebijakan pen-

gurangan ekspor itu terlihat ber-

manfaat meski tidak secara otom-

atis, di mana harga karet mulai

sedikit membaik menjelang akhir

2012 dan diharapkan semakin

membaik pada tahun ini.

Di pasar bursa Singapura, pada

awal Januari 2013, harga SIR 20

ditutup sebesar US$3,06 per kguntuk pengapalan Februari. Harga

itu naik dari harga penutupan di

bursa pada 31 Desember 2012

yang sebesar US$2,988 untuk pe-

ngapalan Januari dan US$3,012

bagi Februari.

Sekretaris Eksekutif Gapkindo

Sumut, Edy Irwansyah menyebut-

kan, volume ekspor karet Sumut

pada 2012 turun 9,3% akibat dam-

pak krisis global. Pada 2012 hing-

ga November, volume ekspor karet

Sumut tinggal 449.091 ton dari

periode sama 2011 yang sudah

495.046 ton. "Penyebab turunnya

ekspor karet karena dampak krisis

global yang menyebabkan daya

beli melemah," katanya.

Penurunan nilai ekspor Sumutitu otomatis berdampak pada nilai

ekspor komoditas itu, apalagi har-

ga jual juga tren melemah.

Kepala Badan Pusat Statistik

(BPS) Sumut, Suharno menyebut-

kan, berdasarkan data, nilai ekspor

produk karet dan barang dari karet

Sumut tahun lalu turun 33,31%

menjadi US$2,186 miliar dari pe-

riode sama 2011 yang sebesar

US$3,279 miliar. (***)

Kekhawatiran perolehan devisa

ini juga dilontarkan Sekretaris

Asosiasi Pengusaha Indonesia

(Apindo) Sumut, Laksamana Adiy-

aksa. "Kita mengkhawatirkan

raihan devisa yang melemah pada2012 akan berlanjut hingga

2013," katanya kepada liputan-

BISNIS, kemarin.

Tercatat devisa dari ekspor le-

mak dan minyak hewan/nabati

Sumut pada 2012 tinggal 3,564

miliar dolar AS atau turun hingga

5,93 persen dibanding periode

yang sama tahun 2011 yang sudah

mencapai 3,789 miliar dolar AS.

Penurunan ekspor yang lebih

besar atau mencapai 34,49 pers-en bahkan terjadi pada komoditas

karet dan barang dari karet, dima-

na pada tahun ini hanya 2,006 mil-

iar dolar AS dari 3,062 miliar dolar

AS pada 2011.

Menurut Laksamana, masih ber-

lanjutnya krisis di Amerika Serikat

dan Eropa berimbas ke negara-

negara lain yang juga menjadi

pasar utama berbagai barang ek-

spor Sumut.

Krisis ekonomi bukan hanyadikhawatirkan menekan harga

jual, tetapi juga permintaan. "Bay-

angkan saja kalau permintaan juga

anjlok di tengah harga jual yang

turun. Tentu sangat mengkhawat-irkan," katanya.

Padahal, menurut Laksamana,

Sumut sangat tergantung dengan

pasar ekspor, karena diakui produk

yang dihasilkan industri daerah itu

juga sebagian besar masih berupa

bahan baku atau setengah jadi.

"Dengan kondisi dewasa ini, me-

mang sudah seharusnya pengusa-

ha menyadari pentingya mem-

produksi barang jadi agar

produknya bisa langsung dipasar-kan di dalam negeri alias tidak ter-

gantung dengan ekspor," tambah-

nya.

Lain halnya gambaran Ketua Ka-

mar Dagang dan Industri Indone-

sia (Kadin) Sumut, Ivan Iskandar

Batubara. Dia optimis, krisis

ekonomi di berbagai negara yang

minimal dinilai dapat memacu

peningkatan permintaan ekspor

dari Sumut.

Tahun 2012 saja, kata dia, di ten-gah krisis ekonomi yang masih lu-

mayan parah, volume ekspor

Sumut masih bertumbuh atau

mencapai 6.927.958 ton dari peri-

ode sama tahun 2011 yang hanya

6.429.982 ton.

"Kalau volume ekspor bisa lebih

naik, maka harga jual yang turun

bisa agak tertutupi," katanya me-

nambahkan. Pihaknya mengaku

semakin optimistis karena belajar

dari permasalahan di krisis mon-eter pada periode 1997/1998 dan

krisis global, dimana pengusaha

semakin menyadari pentingnya

perluasan pasar termasuk di dalam

negeri dan pengembangan produk

khususnya untuk memproduksi

produk jadi.

Ketua Umum Dewan Minyak

Sawit Indonesia (DMSI) Derom

Bangun mengakui, dengan penu-

runan harga ekspor CPO pengusa-

ha semakin menyadari perlunyapembuatan produk jadi termasuk

biodiesel. "Pemerintah diharapkan

bisa membuat regulasi yang bisa

semakin memacu semangat pen-

gusaha untuk memproduksiproduk jadi, seperti mendorong

penggunaan biodiesel," katanya.

Penguasaan Asing

Penguasaan lahan perkebunan

khususnya sawit dan karet oleh

perusahaan asing di Sumut masih

terus berlangsung.

"Ada penguasaan secara terang-

terangan dengan mengganti nama

dan manajemen dan ada yang di-lakukan secara terselubung. Yang

pasti jumlah penguasaan asing

atas lahan perkebunan di Sumut

seperti daerah lainnya di Indone-

sia tren menguat,"kata Sekretaris

Gabungan Pengusaha Kelapa Saw-

it Indonesia (Gapki) Sumut, Timbas

Prasad Ginting.

Karena tidak semua penguasaan

asing dilakukan secara transparan,

kata dia, maka tidak juga bisa di-

pastikan luasan kebun sepertikebun sawit yang

dikuasai asing,

tetapi ada

parkiraan sudah di

atas 50%. Total

luas kebun sawit

di Sumut sekitar 1,2

juta hektare.

Menurut dia, pengua-

saan asing atas kebun itu

semakin meluas disebab-

kan beberapa faktor mu-lai dari tawaran harga

yang menjanjikan

hingga karena ke-

sulitan pengusa-

ha mengem-

bangkan bis-

nisnya den-

gan terjad-

i n y a

ketidakpastian hukum atau perlin-dungan investasi di dalam negeri.

Dia memberi contoh ketidakpas-

tian hukum dimana banyak kebun

yang sudah beroperasi lama tiba-

tiba dinyatakan masuk dalam ka-

wasan hutan.

Dia menyebutkan, penguasaan

asing yang semakin besar atas

perkebunan itu jelas mengancam

perdaganan hasi l komoditas

Sumut dan bahkan secara nasion-

Krisis AS - Eropa Berdampak GlobalBy | Erwinsyah Parinduri

Krisis yang terjadi diAmerika Serikat dansejumlah Negara Eropaberdampak global. Imbas-nya, negara bidikan eksporIndonesia, seperti Chinadan India mengurangipengucuran pembeliankomoditas karet mau punsawit. Penurunan devisaini dapat dilihat pada 2012lalu dan dikhawatirkanbakal berlanjut hinggapertengahan 2013 ini.

al, mengingat Sumut termasuksalah satu daerah produsen utama

sawit Indonesia.

"Sudah saatnya ada aturan tegas

untuk pembatasan penguasan la-

han kebun oleh asing dan terma-

suk melindungi kebun rakyat," ka-

tanya sembari menambahkan, ka-

lau nanti lahan perkebunan swas-

ta, dan rakyat termasuk BUMN

dikuasai asing, bagaimana nasib

perekonomian bangsa ini. (***)

Page 6: Edisi II | 1 Februari - 15 Februari 2013

6

LAPORAN UTAMA

Edisi II01 Februari - 15 Februari 2013

Kendati padat modal, dibutuh-

kan 1 miliar dollar AS untuk mem-

bangun industri berkapasitas 1

juta ton per tahun, dan berjangka

waktu antara 7-8 tahun sejak pe-

nyiapan tanaman hingga panen,

bisnis pulp dan kertas tetap me-

narik.

Diketahui juga bahwa industri

pulp Indonesia termasuk satu daritiga industri yang mengincar pasar

Pulp Indonesia Penuhi Permintaan DuniaMeski harga komoditaskaret dan sawit masih cen-gap-cengap di pasar dun-ia, tapi beda dengan in-sutri pulp tanah air. Bah-kan, Indonesia tercatatadalah pemasok kertasterbesar ke-9 di dunia,atau terbesar keempat diAsia setelah China,Jepang, dan Korea Selatan.

strategis China. Dua lainnya indus-

tri maritim dan industri makanan

minuman.

Industri pulp Indonesia memili-

ki keunggulan komparatif diband-

ingkan industri pulp di negara-

negara lainnya. Pengapalan ekspor

ke China dari Indonesia ke China

hanya butuh waktu 7 hari. Sedan-gkan dari Eropa butuh 40-50 hari,

dari AS 30 hari, dan dari Amerika

Latin 40-60 hari. Jadi dari sisi bi-

aya, Indonesia sudah unggul.

Selain ini, di negara tropis sep-

erti Indonesia, tanaman akasia

bisa panen setiap 4-5 tahun, se-

mentara di negara sub-tropis bu-

tuh waktu 20-25 tahun.

Brasil sebagai negara tropis

sama seperti Indonesia, namun

jarak Brasil ke China lebih jauh.Sampai tahun ini, produsen pulp

no 1 dunia masih tetap Amerika

Serikat. Indonesia berada di per-

ingkat ke-9 dunia. Seharusnya

posisi Indonesia bisa lebih baik

lagi.

Posisi kedua ditempati Kanada,

ketiga Brasil, keempat Jepang, ke-

lima Swedia, keenam Finlandia,

ketujuh Rusia, kedelapan China.

Sementara itu, produksi pulp In-

donesia hanya naik 30 persen se-

jak 2005 sedangkan Brasil naik 69persen. Sementara permintaan

pulp China naik 139 persen sejak

2005. "Indonesia belum memaksi-

malkan potensi seutuhnya.

Apa yang harus dilakukan industri

pulp sekarang adalah, pentingnya pe-

merintah membangun infrastruktur,

terutama pelabuhan, dan memper-

baiki regulasi agar ada kepastian hu-

kum dalam dunia usaha. Selain itu

Indonesia Inc juga harus ada.

Belum adanya kepastian hukumdi Indonesia, membuat beberapa

pemain pulp dunia beralih ke Bra-

sil, dan berinvestasi di negeri

Amerika Latin itu. (***)

Keunggulan KomoditasIndonesia di Dunia:

Petani di Sumut Ogah Tanam Kedelai

Anjloknya harga jual komoditi

Kedelai di pasaran lokal dan na-

sional menyebabkan petani men-

gurungkan niat untuk bercocok

tanam.

Hal itu terjadi di Sumatera Utara.

Keengganan petani diperparah lagi

dengan minat untuk menanamkedelai masih sangat kecil.

Mereka (petani) 'ogah' menan-

am Kedelai, karena harga jual yang

murah dan tingkat produksi yang

cenderung lebih sedikit.

Demikian dikatakan, Staf Sub

Bagian Program Dinas Pertanian

Sumut, Mugiono kepada liputan-

bisnis, baru-baru ini.

Mugiono mengatakan, kebany-

akan petani yang menanam kede-

lai hanya sebagai sampingan. Itu-pun dilakukan diatas lahan bekas

garapan padi yang telah panen.

Saat ini, harga jual di tingkat pet-

ani hanya Rp6500-Rp7000 perkilo-

gram.

“Petani Kedelai minim, karena

kebanyakan petani hanya menan-

am tanaman tersebut sebagai sel-

ingan. Ditambah lagi tingkat

produksi hanya 1,2 ton per hek-

tare. Sementara harga jual murah.Belum lagi bersaing dengan ser-

buan kedelai impor. Yang

masyarakat cenderung lebih suka

membeli yang impor,” terangnya.

Mugiono menambahkan,

kurangnya minat petani menanam

kedelai, telah menggerus tingkat

produksi kedelai di Sumut. Pada

2012 saja, capaian produksinya

dibawah 11 ribu ton. Padahal

tingkat produksi ditargetkan hing-

ga diatas 17 ribu ton. Melihat re-alisasi produksi tersebut, pihakn-

ya berharap agar impor kedelai

dapat mulai dikendalikan.

Produksi Kedelai Anjlok

Produksi komoditas kedelai di

tahun 2012 mengkhawatirkan.

Karena mengalami penurunan

hingga 7,99% dibanding tahun

2011.

“Kinerja produksi kedelai men-

galami penurunan dari 851.000

ton tahun 2011 menjadi 783.000

ton tahun 2012 (7,99%),” kata

Menteri Pertanian (Mentan), Sus-

wono, di Kementerian Pertanian,

Ragunan, Jakarta Selatan, baru-

baru ini.

Turunnya produksi karena

kurangnya perluasan areal lahankedelai. Selain itu, faktor kurang-

nya produktivitas kedelai yang di-

picu dari berkurangnya ketertari-

kan petani untuk menanam kede-

lai karena dianggap tak lagi men-

guntungkan.

“Permasalahan utama yang men-

gakibatkan tak tercapainya produk-

si kedelai ini adalah program per-

luasan areal tanam kedelai tidak

berjalan. Di samping itu budidaya

kedelai dari sisi ekonomis saat inikalah bersaing dengan komoditas

tanaman lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Menko Pereko-

nomian Hatta Rajasa mengatakan,

impor kedelai masih akan tetap

dilakukan. Dalam hal ini Bulog

didaulat sebagai importir. Menu-

rutnya, impor kedelai dilakukan

untuk mengantisipasi stok komod-

iti ini di dalam negeri, dan menja-

ga stabilitas harga.

“Sehingga jika terjadi harga ting-gi, harga tetap stabil dan pengra-

jin tahu dan tempe kita tetap

hidup,” katanya.

Kendati demikian, Hatta meny-

erahkan sepenuhnya volume im-

por kedelai ini ke Kementerian Per-

dagangan. “Nanti Mendag yang

akan mengatur,” katanya. (***)

1. Produsen dan eksportir minyak sawit mentah terbesar

pertama di dunia

2. Produsen dan eksportir rempah-rempah terbesar pertama

di dunia

3. Eksportir batubara terbesar kedua di dunia

4. Produsen dan eksportir timah terbesar di dunia

5. Produsen dan eksportir nikel terbesar keempat di dunia

6. Produsen dan eksportir tembaga terbesar ke-11 di dunia

7. Produsen dan eksportir bauksit terbesar ketujuh di dunia

8. Produsen dan eksportir biji besi terbesar kelima di dunia

9. Produsen emas terbesar ke-12 di dunia10. Produsen gas terbesar ketujuh di dunia

11. Produsen dan eksportir tekstil terbesar ke-7 di dunia, dan

terbesar ke-11 untuk garmen

12. Produsen dan eksportir minyak zaitun (bahan baku parfum)

terbesar di dunia

13. Produsen dan eksportir kopi terbesar ketujuh di dunia

14. Produsen dan eksportir alas kaki terbesar kelima di dunia

15. Produsen dan eksportir karet terbesar kelima di dunia

16. Produsen dan eksportir kertas dan pulp terbesar kesembilan

di dunia

17. Produsen dan eksportir biji kakao terbesar ketiga di dunia

18. Produsen dan eksportir rotan terbesar ketiga di dunia19. Produsen dan eksportir teh terbesar ke-7 di dunia

By: Wahyu

Page 7: Edisi II | 1 Februari - 15 Februari 2013

7

SEREMONI

Edisi II01 Februari - 15 Februari 2013

"Lakukan apa yang Anda cintai,

dan mencintai apa yang Anda laku-

kan. Hari ini harus lebih baik dari

hari kemarin dan besok harus leb-ih baik dari hari ini. Lakukan den-

gan penuh gairah dan cita,"

demikian translet yang diucapkan

Charter Presiden Lions Club Med-

an Apindosu Charity Distrik 307

A2, Johan Brien, SH, SE, MM, MBA

Ketua Lions Club Medan Apindosu

Distrik 307 A2 terpilih, Johan

Brien, SH di hotel Hermes Place

Lantai 10, Jalan Pemuda No 22

Medan, 25 Januari 2013.

Acara pelantikan dan penyerah-an sertifikat Charter Lions Club

Apindosu Distrik 307 A2 dihadiri

Gubernur Distrik 307 A2 Lions Club

Indonesia, Ferry Yonawan Foeh,

Presiden LCM Deli, Ir Fuad Hali-

moen, Guiding Lions Club, Ir Suna-

rlim Satio, Eva Tjeng Gek Hoa dan

para pengurus/anggota Charter

Lions Club Medan Apindosu beser-

ta para partisipasi fellow lions

maupun para undangan. Dan, ac-

ara ini disponsori oleh Lions ClubMedan Deli.

Menurut Jhan Brien, untuk

membentuk dan melaksanakan

Charter Night adalah kegiatan

yang mudah dan biasa dilakukan

oleh setiap club.

Namun, bagi dia bahwa Charter

Night merupakan malam komit-

men untuk berbuat sesuatu kepa-

da masyarakat yang membutuh-

kan bantuan."Ini merupakan malam komit-

men kita untuk memberikan peng-

abdian kepada masyarakat," ujarn-

ya.

Lions Club Medan Apindosu Distrik 307 A2

Mengabdi Untuk Masyarakat

"Do what you love, and love what you do. Todayshould be better than yesterday and tomorrowshould be better than today. Do it passion and love"

Sebagai club yang baru Lions

Club Medan Apindosu, Johan

Brien berharap untuk tetap

mendapatkan pengarahan dan

dukungan dari semua pihak seh-

ingga Lions Club Medan Apindosutetap berjalan sesuai yang telah

ditentukan oleh visi-misi.

"Karena kami masih muda di

mana para senior dapat memberi-

kan petunjuk, sehingga kita dapat

melaksanakan segala harapan di

Lions Club. Dan, tetaplah berbuat

untuk club serta dapat memban-

tu bagi yang membutuhkannya.

Lions Club Medan Apindosu siap

mengabdi kepada masyarakat dan

negara," tambahnya.Akhir kata Johan Brien mengu-

capkan terimakasih kepada Guber-

nur Distrik 307 A2 Lions Club In-

donesia, Ferry Yonawan, Presiden

dan pengurus Lions Club Medan

Deli, Ketua Daerah IIA, para peja-

bat distrik serta semua pihak yang

telah mendukung sejak awal pem-

bentukan hingga sahnya Lions

Club Medan Apindosu di tingkat

internasional.

Sementara Gubernur Distrik 307A2 Lions Club Indonesia Ferry Yo-

nawan Foeh merasa terhormat

dapat hadir di tengah-tengah fel-

low Lions pada acara malam pel-

antikan dan penyerahan sertifikat

Charter Lions Club Medan Apin-

dosu Distrik 307 A2.

Dikatakan Ferry, membentuk

satu club bukanlah pekerjaan

mudah, diperlukan kepeloporan,

ketekunan dan kerja keras yangmelibatkan pengurus mulai dari

tingkat club, daerah, wilayah dan

distrik. Diawali dari rekrutmen ca-

lon anggota, orientasi Lions, men-

gurus persyaratan-persyaratan ad-

minitrasi baik untuk distrik mau-

pun internasional.

"Kerja keras ini tidak terhentihingga di acara charter ini saja

tetapi setelah itu pekerjaan akan

lebih sulit dan penuh tantangan

terutama di club yang menspon-

sori dan para Guilding Lions yang

harus terus menerus memberikan

bimbingan dan pembinaan serta

menjaga agar club baru ini dapat

tumbuh dan berkembang menja-

di club yang mandiri, mantap ser-

ta bermutu," ujar Ferry Yonawan

Foeh sembari berkata selamat ber-gabung dalam organisasi pengab-

dian masyarakat terbesar di dun-

ia, di mana Lions Club Internasion-

al dan keluarga besar Lions Club In-

donesia Distrik 307 A2.

"Segeralah memiliki proyek

pengabdian yang menjadi modal

dasar yang dapat menjamin

perkembangan club anda kede-

pan. Semoga pengabdian anda

benar-benar dirasakan manfaat-

nya oleh masyarakat yang kurang

mampu mendambakan uluran

tangan kita saat ini," pungkasnya.

LCMA Anak ke 9

Club Medan Deli kembali men-

gukir prestasi dengan menambah

sebuah Club Lions baru, yaitu Li-

ons Club Medan Apindosu (LCMA).

"Lions Club Medan Apindosu

merupakan anak ke 9 setelah la-

hirnya Lions Club Medan Liberty,

Lions Club Medan Polonia, Lions

Club Alumni '87, Lions Club Med-an Mulia, Lions Club Binjai Sejati,

Lions Club Medan Yes Ceria, Lions

Club Medan Prima dan Lions Club

Medan Ceria," sambut Presiden

LCM Deli, Ir Fuad Halimoen usai

melantik Ketua dan Pengurus Li-

ons Club Medan Apindosu Distrik

307 A2.

Diakui Fuad, bahwa dibentukn-

ya Lions Club Medan Apindosu Dis-

trik 307 A2 merupakan kebang-

gaan tersendiri bagi LCM Deli."Kenapa, karena di masa jabatan

kami sebagai Presiden Club dapat

melahirkan satu club lagi sesuai

dengan harapan pengembangan

Lions Club di Indonesia khusunya

di Distrik 307 A2," imbuh Fuad Hal-

imoen.

Fuad mendefinisikan, Lions Club

Medan Apindosu ini merupakan

kumpulan pengusaha dari berb-

agai profesi yang ingin berbagai

dan bersosial melaksanakan tugaskemulian dalam melayani

masyarakat kurang mampu mela-

lui Lions Club. Dengan terbentukn-

ya Lions Club Medan Apindosu, dia

berharap, para anggotanya dapat

By | Mhd Darwinsyah Purba

memberi semangat pengabdian ke

masyarakat.

"Selain itu mampu memberikan

kontribusi dan manfaat bagi

masyarakat umumnya serta mem-

bantu program-program pemerin-

tah sesuai motto Lions Club yaitu

WE SERVE," akhirinya.

Semangat Kebersamaan

Ketua Panitia Charter Night, Ir

Paulus Tamie MM menyebutkan,

ini sebuah kehormatan mendapat

kepercayaan sebagai ketua panitia

penyelengara Charter Night Club

Medan Apindosu.

"Atas nama panitia saya banyak

berterimakasih kepada rekan-re-

kan yang bekerja keras agar terse-

langgaranya kegiatan yang kita cin-tai ini. Di mana sejak tahun lalu,

Charter Lions Club Apindosu Med-

an telah direncanakan dibentuk.

Namun, dengan susah payah re-

kan-rekan dengan semangat ke-

bersamaan ternyata tidak menga-

nggap mudah dalam membentuk

Charter Lions Club Apindosu Med-

an ini. Dengan begitu, sebenarnya

yang lebih sulit lagi adalah bagaim-

ana program Charter Night Club

Medan Apindosu mengaplikasikandalam melayani masyarakat nanti

kelak," katannya.

Dijelaskannya, para pengurus

dan anggota yang tergabung

dalam Charter Lions Club Medan

Apindosu akan terus mengem-

bangkan dan melaksanakan tugas

mulia dari Lions Club dengan

sepenuh hati.

"Kita juga meminta petunjuk

serta dukungan dari senior

bagaimana dan langkah apa se-baiknya Charter Lions Club Med-

an Apindosu bisa maju kedepan-

nya, sehingga cita-cita luhur kita

dapat menjadi satu kesatuan

dalam pengabdiannya di tengah

masyarakat maupun pemerintah,"

paparnya.

Dia menambahkan, sebagai Ket-

ua Panitia berserta seluruh anggo-

ta menyampaikan permohonan

maaf apabila ada kekurangan dan

kesalahan dalam acara CharterNight ini. "Tak ada gading yang tak

retak dan terimakasih atas kehad-

iran serta partisipasi fellow Lions,"

tandasnya. (***)

FFFFFOOOOOTTTTTO BERSAMAO BERSAMAO BERSAMAO BERSAMAO BERSAMA. . . . . Usai

melantik, Gubernur Distrik

307 A2 Lions Club Indone-

sia Ferry Yonawan Foeh

berfoto bersama dengan

Pengurus Lions Club

Medan APINDOSU.

Gubernur Distrik 307 A2

Lions Club Indonesia Ferry

Yonawan Foeh

menyerahkan piagam

sertifikat kepada President

Lions Club Medan

APINDOSU, Johan Brien.

Page 8: Edisi II | 1 Februari - 15 Februari 2013

8 Edisi II01 Februari - 15 Februari 2013

MARKET REVIEW

mengelola sebuah propertitunggal. Pada lokasi properti inidisediakan juga tempat parkir.Tujuan dan ukuran besar daripusat perbelanjaan ini umumnyaditentukan dari karakteristik pasaryang dilayani. Untuk Kota Medansendiri ada sejumlah pusat

perbelanjaan, di antaranyaCambridge City Square, Deli Plaza,Grand Palladium Mall, MedanMall, Plaza Medan Fair, PlazaMillenium, Sun Plaza, ThamrinPlaza dan Hermes Place Plaza.Apalagi masyarakat yangbermukim di Kota Medan sekarangini ingin yang praktis, hegienis,mudah dan murah. Bahkankebanyakan pusat perbelanjaanmemberikan fasilitas yang layak,antara lain tempat bermain bagianak-anak, lokasi hiburan dansebagainya. Dengan segala fasilitasyang ditawarkan, konsumensenantiasa akan datang.

"Menurut hemat saya masih adapeluang bagi design pusatperbelanjaan yang memiliki salahsatu atau lebih karakteristik,seperti thematic, modern, desainyang memasukkan unsur budayaetnis yang ada di Sumut," kataKetua Asosiasi Pengelola PusatBelanja Indonesia (APPBI) Sumut,Paulus Tamie, kepadaliputanBISNIS, kemarin.

Diakui Paulus suatu pusatperbelanjaan yang dapat menarikpengunjung, dimulai dengandesain yang baik, memiliki mutubangunan yang mumpuni, lokasidengan akses kendaraan/pengunjung yang mudah, tenantmixed dan fasilitas sesuai denganthema pusat perbelanjaan. Selainitu, kenyamanan, kebersihan dankeamanan dalam gedung, kegiataneksibisi dan promosi yangdilakukan.

"Dalam kurun waktu 2010-2013,hanya Hermes Place Polonia yangbaru beroperasi. Sun Plaza sudahmencapai tingkat optimumnya,Hermes Plaza Polonia berpotensimenarik crowd, dengan syarat bilagedung parkir yang sedangdibangun selesai. Potensi ke depanadalah Centre Point, North CotePedestrian Mall dan Deli Plaza,"urainya.

Bahkan, katanya, dalam tahun2013, Hermes Plaza akan full inoperation setelah car park selesai.Ada pengembangan pusat belanja,ke daerah outer ring road JalanGagak Hitam. "Fokal point ke arahKabupaten Deli Serdang,Northcote Pedestrian Mall.CentrePoint juga direncanakanberoperasi plus Focal Point di JalanGagak Hitam. Juga ada bangunanextention untuk ICT di PlazaMillennium," ungkap pria lowprofile ini.

Terkait hambatan utama yangdialami pengelola pusatperbelanjaan, Paulus Tamiemenjelaskan kendala masihberkutat soal lokasi pusat belanjayang ada di sekitar pusat KotaMedan. Hal ini menimbulkankepadatan lalulintas kendaraan.Disamping itu keterbatasan dayasuplai listrik dari PLN dan suplai

Design Menarik, Pengunjung TertarikMenelaah Bisnis Pusat Perbelanjaan Bersama Ketua APPBI Paulus Tamie

Bisnis properti pusat perbelanjaan (shopping center) diKota Medan masih punya peluang. Dengan penduduk2,9 juta, commuter 40 ribuan orang dipengaruhi lagi dayabeli masyarakat yang baik. Dan ini dapat dilihat dari per-tumbuhan ekonomi di atas rata-rata nasional, sementa-ra inflasi di bawah rata-rata nasional.

penjual eceran dan usahawankomersi l lainnya yangmerencanakan, mengembangkan,mendirikan, memiliki serta

By| M. Darwinsyah Purba

P usat perbelanjaan didefisini-

kan sebagai sekelompok

gas negara (PGN) faktor yangmenghambat pertimbanganinvestor.

Kenaikan TDLMemberatkan

Imbas kenaikan Tarif Dasar Listrik(TDL) yang dirilis pemerintah padaJanuari 2013, boleh dikata sangatmembias. Mulai dari usaha kecilmenegah, mikro dan perusahaanbertaraf nasional. Bahkan,pengelola pusat perbelanjaan punbakal mengerutkan dahi. Sebab,otomatis terjadi kenaikan servicecharge (tergantung malnya)mencapai 20 % serta kenaikanpemakaian kWh Meter penyewagedung.

"Kenaikan TDL tentumemberatkan pengelola gedungpusat perbelanjaan, mengingatsekitar 40-50 % biaya operasionaladalah biaya listrik," sebut PaulusTamie.

Kenaikan TDL PLN, diakui PaulusTamie, akan menambah biayaoperational gedung dan parapenyewa (tenant). "Akan tetapisemua pusat belanja mengalamihal yang serupa sehingga yangterjadi adalah persaingan dalam

bidang efisiensi biaya operasional,"sahut Paulus Tamie lagi.

Malah, Paulus Tamiememastikan tak ada solusimengatasi kenaikan TDL. Hanyasatu solusinya yaitu melakukanprotes kepada PLN (surat dari DPPAPPBI sudah dilayangkan kepadaDirjen KetenagalistrikanKementerian ESDM RI) sertamelakukan efisiensi dalam bidangoperasional.

Pertumbuhan Daerah

Kapasitas pusat perbelanjaan diKota Medan sudah memadai.Diperlukan cuma pengembangankomplek pusat perbelanjaan saja.Salah satunya adalahpengembangan komplek Deli PlazaMedan. Untuk ke depan, PaulusTamie berharap pengembanganpusat perbelanjaan ke arah KualaNamu, arah Belawan, dan bagianBarat Kota Medan.

"K ita harapkan jugapertumbuhan pusat-pusatperbelanjaan di daerah denganpenduduk lebih dari 400.000orang. Seperti di Rantau Prapat,Padang Sidempuan, PematangSiantar," akhiri Paulus Tamie. (***)

Page 9: Edisi II | 1 Februari - 15 Februari 2013

9Edisi II01 Februari - 15 Februari 2013

GADGET

JAKARTA | TCT Mobi le (TCLCommunication TechnologyHoldings Limited), perusahaanproduk telekomunikasi globalsecara resmi meluncurkan produksmartphone terbarunya, Alcatelonetouch D662 awal tahun 2013ini di Indonesia. Alcatel onetouchD662 ini adalah ponsel cerdasberfitur dual sim (GSM & CDMA 3GEVDO) sekaligus dual mode on,dengan prosesor Snapdragon dariQualcomm bertenaga 1 GHz(Chipset Qualcomm SnapdragonS1 MSM 7627A) serta display layarsentuh kapasitif 4.0 inchiberesolusi tinggi (480 x 800) 16MTFT.

“Smartphone Alcatel onetouchD662 ini secara istimewadirancang untuk menjawabkebutuhan masyarakat kelasmenengah yang ingin memilikiponsel cerdas Android berkualitasdengan harga terjangkau.”paparnya Country Manager CDMAIndonesia dan ChiefRepresentative Alcatel onetouch,Sentot Andalas baru-baru ini.

Lebih jauh dikemukakan bahwarangkaian produk Alcatelonetouch selama beberapa tahunsejak diluncurkannya telahmampu diterima dengan baik olehmasyarakat luas di berbagai

negara, ini diperlihatkan dengantelah terjualnya lebih dari 30 jutaunit ponsel dan produktelekomunikasi lainnya di tahun2012 di Asia, terutama China, sertanegara-negara di Eropa danAmerika.

Alcatel bekerjasama denganTelkom Indonesia (Telkomsel danTelkomFlexi) menawarkanprogram bundling istimewa yaitupembelian Smartphone Alcatelonetouch D662 langsungmendapatkan nomor Simpatidengan Paket Combo Spesial Rp.50,000 untuk 60 menit voice, 100SMS dan 50MB data per bulanselama 6 bulan dan Telkom Flexidengan otomatis Paket DataSpesial (free 1 GB/bulan, apabilaisi ulang 50rb per bulan selama 9bulan). Paket spesial ini jugamemberikan gratis MicroSD 2 GB.

Pelanggan yang membeli paketbundling Alcatel D662 semakinmendapatkan kenyamananberkomunikasi maupun dalammemanfaatkan fitur-fitur menarikyang ada pada ponsel berkatdukungan jaringan berkualitasTelkomsel melalui penggelaranlebih dari 54.000 Base TransceiverStation (BTS), termasuk lebih dari15.000 Node B (BTS 3G) yangtersebar di berbagai wilayahIndonesia.

Smartphone Alcatel onetouchD662 yang dilengkapi dengan

sistem operasi Android 2.3(Gingerbread) serta masing-masing DDR RAM sebesar 512MBdan Nand Flash ROM sebesar512MB ini dipasarkan dengan duapilihan warna; hitam dan putih,

ALALALALALCACACACACATEL LTEL LTEL LTEL LTEL LUNCURKAN ALUNCURKAN ALUNCURKAN ALUNCURKAN ALUNCURKAN ALCACACACACATEL oneTEL oneTEL oneTEL oneTEL onetttttouch D662 Smarouch D662 Smarouch D662 Smarouch D662 Smarouch D662 Smartphone Ttphone Ttphone Ttphone Ttphone Terbaru :erbaru :erbaru :erbaru :erbaru : (ki-ka) Onang Prihadi, Head of Device Sales Management Division Telkomsel, Ruby Handojo, Deputi Executive GM Service Telkom Flexi

dan Sentot Andalas, Country Manager CDMA Indonesia & Chief Representative Alcatel onetouch sedang memamerkan smartphone Alcatel onetouch D662 pada saat momen peluncurannya (16/1)

By| M. Darwinsyah Purbajuga dilengkapi dengan fitur-fiturstandar ponsel cerdas seperti : Duakamera - 3,2MP (Kamera Utama)CMOS, Audio Player, V ideoRecorder & Player. D662 juga tentusaja dilengkapi fasilitas WIFI, GPS,

Bluetooth, browser internet danmasih banyak lagi fitur lain yangmemastikan penggunannya dapatmemanfaatkan smartphone iniuntuk kebutuhan kerja maupunhiburan.[winsah]

TCT Mobi le - ALCATELmerancang, memproduksi danmemasarkan secara globalrangkaian produk telepongenggam dan internet yangdidesain secara khusus agarbegitu sesuai dengan kebutuhanpara penggunannya. Sebagaisalah satu dari 10 perusahaantelepon genggam denganpertumbuhan terbesar di dunia,ALCATEL onetouch memberikanakses bagi gaya hidup mobilemasa kini dengan rangkaianproduk dengan desain menarikdan kemudahaan penggunaanserta teknologi terkini yangpaling dibutuhkan khalayakdengan harga terjangkau.ALCATEL onetouch adalahsebuah merek dagang dari TCTMobile, sebuah perusahaanpublik yang terdaftar di BursaSaham Hong Kong (2618.HK) danbagian dari TCL Corporation,salah satu dari perusahaanelektronik terbesar di dunia.

Sekilas TCT MobileALCATEL

ALCATEL onetouch D662SMARTPHONE ANDROID DUAL SIM

Page 10: Edisi II | 1 Februari - 15 Februari 2013

10 Edisi II01 Februari - 15 Februari 2013

pada tingkat lima pada 1965.Seiring dunia politik yangdigelutinya, gayung punbersambut.

Sofjan Wanandi tercatatmenjadi anggota DPR dantermasuk anggota termuda saatitu bersama 10 rekan mahasiswalainnya yakni Cosmas Batubara,Nono Makarim, Fahmi Idris, AbdulGafur, David Napitupulu dan MarieMuhammad.

Beralih ke Bisnis

Menjadi politik tak sertamertamenyenangkan jiwa SofjanWanandi. Apalagi ditambah darahusaha telah mengalir di tubuhnya.Nyatanya, akhir 1970 beberapasaat setelah peristiwa Malari 15Januari 1974, dia memutuskanbanting setir menjadi pengusaha.Hal itu dilakukan setelahberkonsultasi dengan saudara-saudaranya, termasuk sang kakak,Jusuf Wanandi.

Keputusan tersebut didasarilatar belakang pendidikannya.Banyak kalangan yang menudingdia terlibat dalam peristiwa Malaritersebut.

Kemudian, berawal dari PTPakarti Yoga, Sofjan merintisbisnisnya di Grup Gemala. Dengansurat tanah rumah ayahnya dangedung CSIS, perusahaanmendapatkan modal awal.Gedung CSIS digadaikan setelahmemperoleh lampu hijau dari AliMurtopo.

Awalnya, dia mengerjakanproyek-proyek pemerintah sepertiPT Pertamina dan PN Timah.Namun, belakangan setelah mulaimengkritik Soeharto, dia tidakpernah lagi berurusan denganproyek pemerintah.

Sofjan mengingat bahwahubungannya dengan mantanPresiden Soeharto mengalamipasang surut. Sepuluh tahunpertama dia katakan sebagai bulanmadu.

Kemudian, 15 tahun berikutnyasebagai masa vakum. Setelah masaitu, dia merupakan salah seorangyang tidak disenangi Soeharto.

HOT PROFIL

melanjutkan sekolahnya. Saat itudia masuk ke SMA Kanisius Jakarta(lulus 1960). Kemudianmelanjutkan studi ke FakultasEkonomi Uiversitas Indoonesia.Ketika menjadi mahasiswa,kiprahnya beralih ke dunia aktivis.Bahkan, Sofjan Wanandi punsempat tinggal di Bandung ketikaditerima di Fakultas EkonomiUniversitas Padjajaran. Hanya saja,saat bersamaan pula rupanya adikpolitisi Jusuf Wanandi ini lebihmemilih ke UI.

Di Universitas Indonesia SofjanWanandi terpilih menjadi KetuaPerhimpunan Mahasiswa KatolikIndonesia (PMKRI). Ketika pecahinsiden G-30-S/PKI, dia terlibatdalam pertengkaran ideologidengan Partai Komunis Indonesia(PKI). Karier aktivismenyadilanjutkan dengan menjabatKetua KAMI Jaya.

Demi perlawanan atas pahamkomunis, tanpa menghitunguntung rugi ia langsung terjun kelapangan. Sebagai salah seorangKetua KAMI Jaya, Sofjan Wanandimemimpin berbagai aksi hinggaakhirnya, dia harus dibui olehpemerintahan Soekarno. Lima hariitu pun dihabiskan Sofjan Wanandidi dalam sel penjara dan kemudiandilepas kembali.

Selepas pemerintahanSoekarno, beralih lah kepemerintahan Soeharto. Arahpolitik pun telah dilirik SofjanWanandi. Terbukti, dia bergabungdengan Partai Golkar.

Sofjan yang dikenal dekatdengan Ali Murtopo ternyata ikutmembantu menjadi sekretarispribadi Soejono Humardani yangsaat itu merupakan orang-orang dilingkaran dalam kekuasaanSoeharto.

Karena terlalu sibuk, sebenarnyaia meminta cuti pada Soejonountuk menyelesaikan skripsi.Akhirnya ia diminta berhentikuliah saja dan Sofjan benar-benarberhenti kuliah ketika telah berada

Berbicara ekonomi dan bisnis tak terlepas dari seorangnama Sofjan Wanandi. Sejak 2008 hingga 2013, priaSawahlunto, Sumatera Barat ini dipercaya sebagai Ket-ua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo). Memang,dunia usaha tak pernah lekang di mata lelaki kelahiran 3Maret 1941 ini. Pasalnya, sejak usia SMP Sofjan Wanan-di sudah menjadi penjaga toko kelontong dan binatumilik ayahnya sendiri.

Namun, selepas SMP (1975),

dia pindah ke Jakarta untuk

Lepas era Soeharto, masuk pulaera reformasi ditandai krisismoneter. Wakil Presiden Habibieyang saat itu menggantikan dinilaisebagai salah seorang yang tidaksenang kepada dirinya.

Sempat tersirat dalampikirannya bahwa dirinya akantinggal di luar negeri. Toh,kredibilitasnya juga diakui di luarnegeri. Beberapa perusahaanternama seperti Deutsche Bank(Jerman) dan Tiss (Australia)menjadikan dirinya sebagaipenasihat.

Namun, suksesi politik yangcepat membuat takdir Sofjanharus kembali ke tanah air. GusDur naik sebagai presiden danmeminta dirinya menjadipenasihat serta ketua KomisiPemulihan Ekonomi Nasional(KPEN).

Gus Dur yang tidak lamamenjabat sebagai presidenmembuat Sofjan harus tiarap lagi.Penggantinya, Presiden Megawati,adalah putri ProklamatorSoekarno yang sempat dia tentangsaat menjadi mahasiswa.

Kini, buah kerja kerasnya, GrupGemala, yang mempekerjakanlebih dari 15 ribu tenaga kerjatelah berkiprah di mancanegara(Australia dan Kanada).Membawahkan asuransi WahanaTata, pabrik aki PT Yuasa BatteryIndonesia, pabrik farmasi, danlainnya.

Saat ini, hanya jabatan komisarisyang dia sandang. Rodaoperasional perusahaan telahdiserahkan kepada anak-anak laki-lakinya. Yakni, Lestarto, Lukito, danWitarsa yang namanya diberi olehalmarhum Kapolri Jenderal (pur)Hoegeng.

Berbagai pencapaian tersebutmembuat Sofjan merasa perluberterima kasih kepada negeri ini.Karena itu, energinya dicurahkanuntuk kepentingan nasional. Diantaranya, menjadi ketua umumApindo yang terpilih dalam MunasVIII di Hotel Borobudur, 27-29Maret 2008. Dia sebenarnya inginpensiun, namun masih banyakyang menginginkan dirinyamenjabat lagi.

Salah satu dasar yang diletakkanSofjan, pertentangan kelas yangmenjadi dasar pemikiran dalammenjelaskan hubungan antaraburuh dengan pengusaha dinilaitidak lagi relevan. Denganparadigma itu, Apindomemosisikan peran serta fungsinyasebagai salah satu lembaga yang

bertanggung jawab untuk menarikinvestasi padat karya di Indonesia.

Perubahan tersebut tergolongsignifikan. Mengingat, selama ini,Apindo hanya mengurusi masalah-masalah perselisihan hubunganindustrial yang menyangkutketenagakerjaan.

Sofjan mengistilahkan, tujuanutama Apindo adalahmenciptakan labor peace yangakan membuat investor luar negerib e r b o n d o n g - b o n d o n gmenanamkan investasi diIndonesia. Tujuan tersebut bisadiperoleh dengan tiga programutama. Yakni, memiliki hubunganbaik dengan buruh, melakukanpenguatan organisasi, sertamenyiapkan tim advokasi bagiperusahaan yang bersengketadengan buruh.

Bila tiga program itu terwujud,labor peace akan tercipta dan bisameraup potensi investasi ke tanahair. Salah satu potensi yang bisadiraih adalah rencana ribuan

perusahaan Taiwan merelokasiinvestasinya dari Tiongkok.

Meski demikian, target tersebuttidak mudah dicapai. Sebab,pemerintah, pengusaha, dan buruhmemiliki pekerjaan rumah yangharus diselesaikan dengan baik.

Pengusaha, ujar Sofjan, sangatmembutuhkan organisasi buruhyang kuat. Hubungan mitra kerjamembutuhkan kesetaraanpengetahuan.

Hal itulah yang coba dijembatanidengan membina hubunganbipartit (pengusaha-buruh)dengan membentuk sekretariatbersama bipartit menggandengtiga konfederasi organisasi buruh.

Menurut pandangan SofjanWanandi perbaikan di sisipemerintah juga perlu dilakukan.Selama ini, pemerintah masihmenjadi bagian dari masalah (partof problems) daripada menjadisolusi (part of solutions). Kualitassumber daya manusia di birokrasijuga harus terus ditingkatkan. (***)

PENDIDIKAN• SMP Padang (1957)• SMA Kanisius Jakarta (1960)• Fakultas Ekonomi Universias Indonesia (tk. V 1965).KARIR• Wakil Presiden Direktur PT Dharma Kencana Sakti (1974)• pemilik Gemala GroupOrganization:• Ketua Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia

(PMKRI)• Ketua KAMI Jaya.• Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) untuk periode

2008-2013

Putra Sawahlunto 'Kuasai'

Dunia Usaha Jakarta

By: Erwin / Berbagai Sumber

Page 11: Edisi II | 1 Februari - 15 Februari 2013

11Edisi II01 Februari - 15 Februari 2013

Page 12: Edisi II | 1 Februari - 15 Februari 2013

12

CORPORATE & STRATEGY

Edisi II01 Februari - 15 Februari 2013

Provinsi Riau, liputanBISNISbersama Pokja Telkom melakukankunjungan, 23 Januari 2013, untukmengungkapnya. Dari KotaPekanbaru, LiputanBisnis bersamarombongan Pokja Telkom yangdidampingi Telkom Area RiauDaratan melakukan perjalananselama hampir tiga jam menujuKoto Mesjid.

Untuk menemukan Koto Mesjidtidak lah susah. Di pinggir jalanlintas Sumatera menuju ProvinsiSumatera Barat (Sumbar) yangdilalui tim terpampang gapuradengan pilar berwana biru danberplang kuning berlogokan PTTelkom. Namun itu bukan identikdengan promosi, melainkan

Ikan Patin Mendulang RupiahMelirik Mitra Binaan Telkom di Desa Koto Mesjid Riau

Mulanya hanya selingan. Namun seiring denganperkembangannya, masyarakat Desa Koto Mesjid Kabu-paten Kampar Provinsi Riau kini berduyun-duyun ber-ternak ikan patin. Bahkan, pertumbuhan petani ikan pa-tin setiap tahunnya melonjak. Kok bisa? Padahal, pen-duduk Desa Koto Mesjid Kabupaten Kampar merupakaneks relokasi Desa Koto Panjang.

Melirik potensi Desa Koto

Mesjid Kabupaten Kampar

melambangkan bahwa Desa KotoMesjid merupakan Desa Binaan PTTelkom yang bekerjasama denganPemkab Kampar.

Sebelum masuk lebih dalam,liputanBISNIS bersamarombongan mengabadikannyadalam sebuah rekaman lensa. Usaiberfoto bersama rombonganTelkom Area Riau Daratan yang'dikawal' Asisten Manager CDTelkom, Adlin, tim melanjutkankembali perjalan menuju DesaKoto Mesjid.

Setiba ditujuan, rombongandisambut oleh masyarakat DesaKoto Mesjid yang diwakili Suhaimiyang juga Ketua Forum MitraBinaan Desa Koto Mesjid."Terimakasih atas kedatanganrombongan dari Medan ke DesaKoto Mesjid," sambutnya dengansenyum.

Memulai dialog yang penuhdengan sambutan hangat,Suhaimi menjelaskan, tahun2002 ada sekitar 335 KKpenduduk direlokasi dari DesaKoto Panjang ke Desa KotoMesjid. "Awalnya kami menolakuntuk dipindahkan olehpemerintah. Namun apalah dayakami sebagai rakyat keci l.Dengan bermodalkan janjipemerintah memberikan kamilapak dua hektar lahan per KKdan ditambah rumah kayu untukditempati, akhirnya wargabersedia direlokasikan," katanya.

Warga Desa Koto Mesjid matapencariannya sehari-hari sebagaipetani karet. Hasil yang didapatdari karet tidak lah bisa mencukupikebutuhan masyarakat.

Suhaimi mengungkapkan,dengan perpindahan ke daerahdaratan tinggi, penduduk berpikirbahwa tidak akan bisa makan ikan.Karena jarak 'medan' ke pusat KotaKabupaten Kampar harusmenempuh berjam-jam lamanya.Apalagi, dulu infrastruktur jalan diDesa Koto Mesjid sangat buruk.

Takut tidak mengkonsumsi ikan,rupanya ada satu atau duapenduduk yang selinganberbudidaya ikan. Tapi, bukan ikanpatin melainkan ikan lele dan jenisikan tawar lainnya.

Beban kehidupan masyakatDesa Koto Mesjid makin tinggi.Seiring itu, uang simpanan dariganti rugi eks relokasi makinmenipis. Di tengah ekonomimasyarakat terhimpit, adasekelompok orang datang ke desatersebut.

Maksudnya untuk memberikanpelatihan dan pengetahuankepada masyarakat seputarbudidaya ikan patin. Karenapotensi daratan tinggi yangdidiami oleh masyarakat Desa KotoMesjid sangat bagus berbudiyaikan patin.

Tertarik dengan budidaya ikan,namun masyarakat terkendalamodal usaha pembibitan ikanpatin. Di tahun 2003, muncullah PTTelkom. Melalui ProgramKemitraan Bna Lingkungan (PKBL),PT Telkom Area Riau Daratanmenawarkan kerjasama mitrabinaan dalam pemberian bantuanmodal usaha.

Tawaran itu langsung ditampungoleh penduduk Desa Koto Mesjid.Mulanya ada 8 mitra binaan petani

ikan patin diberikan bantuanmodal sebesar Rp 125 juta.

Modal yang diberikan PT Telkommelalui Area Riau Daratan tidakdisia-siakan masyarakat Desa KotoMesjid. Dalam setahun itu,perekonomian masyarakat mulaiterangkat.

Seiring dengan berkembanganusaha perikanan kolam ikan patin,guliran bantuan PKBL dari Telkombertambah pula setiap tahunnya.Tahun 2004 dialokasikan Rp472.500.000 dengan 22 mitrabinaan, tahun 2005 Rp622.500.000 (25 mitra binaan)hingga pada tahun 2012 mencapaiRp 9 mi liar lebih denganpeningkatan 202 mitra binaan.

K isah kemajuan Desa KotoMesjid Kabupaten Kampar,

RRRRROMBONGOMBONGOMBONGOMBONGOMBONGAN PERS TAN PERS TAN PERS TAN PERS TAN PERS TOUR. OUR. OUR. OUR. OUR. Tim Redaksi liputanliputanliputanliputanliputanBISNISBISNISBISNISBISNISBISNIS bersama rombongan Pers Tour Pokja Telko Medan melakukan

kunjungan ke Desa Koto Mesjid Kabupaten Kampar Riau, Provinsi Riau.

PPPPPANEN IKAN PANEN IKAN PANEN IKAN PANEN IKAN PANEN IKAN PAAAAATIN. TIN. TIN. TIN. TIN. Petani ikan patin binaan PT. Telkom sedang melakukan

panen ikan.

By : Ucup Tambunan

Page 13: Edisi II | 1 Februari - 15 Februari 2013

13

CORPORATE & STRATEGY

Edisi II01 Februari - 15 Februari 2013

Provinsi Riau pun akhirnya dilirikoleh Pemerintah Daerah. Sebagaidukungannya kepada Desa KotoMesjid yang telah banyakmembawa kemajuan, makapemda memperbaiki infrastrukturjalan, agar suplai produksi darihasil penduduk dapatterdistribusikan dengan baik demimeningkatkan PAD (PendapatanAnggaran Daerah) PemkabKampar.

Jajaki Pasar Ekspor

Pengolahan ikan patin yangdigeluti masyarakat Desa KotoMesjid Kabupaten Kampar,Provinsi Riau sudah diakui banyakdaerah. Produksi olahan ikanpatin, seperti asapan patin,kerupuk, bakso, abon ikan, nuggetdan ikan asin telah menjelajahiekspor lokal.

“Olahan ikan patin sudah diakuibanyak daerah. Mulanya kitapasarkan ke sejumlah daerahKabupaten Kampar hingga ProvinsiRiau. Tapi, kini telah diekspor keBatam, Jambi dan seluruh daerahSumatra,” kata Suhaimi.

Bahkan, ketika Suhaimi keMalaysia ada menjumpai di pusatperbelanjaan menjual olahan ikanpatin Desa Koto Mesjid. “Kamicukup bangga, produksi ikan patinsudah banyak orang yang nikmati,”ucapnya.

Untuk mengembangkan usahaolahan ikan patin Desa KotoMesjid, Suhaimi berharap,dukungan dari pemda maupunintitusi lainnya. “Selama ini, DesaKoto Mesjid dibina oleh Telkom,dan kami juga terbuka bagiinstitusi lainnya yang inginbekerjasama untuk memberikantambahan modal kepadamasyarakat Desa Koto Mesjid,”pungkasnya.

Bisnis Larva Menggiurkan

Selain olahan ikan patin yangdi bisniskan, Suhaimi juga'melego' larva ikan patin. Hasillarva (benih) ikan patin bisa

cukup menggiurkan. Usahapembenihan ikan patin yangdigeluti Suhaimi warga DesaKoto Mesjid Kabupaten KamparProvinsi Riau dap atmenghasilkan uang dari menjuallarva ikan patin hinggamencapai Rp 160 juta per ekorinduk patin.

Suhaimi mengungkapkan, satuekor induk ikan patin berat 1 kgyang sudah masa bertelur dapatmenghasilkan 70 ribu larva.

“Bayangkan saja, kalau satu ekorinduk ikan patin ukuran berat 5 kg,larva yang dihasilkannya mencapai1 juta. Kita bisa untungnya besar,”kata Suhaimi.

Ia mengungkapkan, usaha ikanpatin sudah ditekuninya sejaktahun 2002. “Alhamdulillah, usahaikan patin binaan Telkom bisameningkatkan pendapatan

penduduk Desa Koto Mesjid,”ucapnya.

Menurutnya, larva ikan patinyang dibudidayakan dapat dijualketika berusia 20 hari. “Harga perekornya Rp 160. Tapi, jika dikalikan1 juta larva, hasilnya bisamencapai Rp 160 juta. Ini barusatu induk ekor patin. Bila adalebih banyak yang ditelurkan,maka hasilnya bisa lebih besarlagi,” cetusnya.

Selain pembelinya dari KotaMesjid sendiri, juga diminati olehdi luar Kabupaten Kampar.

Dana Kemitraan Telkom

Sementara itu, Asisten ManagerCD Telkom Area Riau Daratan,Adlin mengukapkan, Desa KotoMesjid merupakan binaan PTTelkom sejak tahun 2003. Melalui

Progam Kemitraan BinaLingkungan (PKBL), Telkommembantu permodalan usahaikan patin masyarakat tersebut.

Adlin menambahkan, realisasipenyaluran dana kemitraan Telkomdi Desa Koto Mesjid KabupatenKampar meningkat setiap tahunnya."Bukan hanya dana kemitraan yangdisalurkan meningkat, juga memacupenambahan mitra binaan," katanya.

Tahun 2003, lanjutnya, Telkommenyalurkan Rp 125 juta kepada 8mitra binaan, 2004 sebanyak Rp472.500.000 dengan 22 mitra binaan,2005 sebesar Rp 622.500.000 dengan25 mitra binaan. Di tahun berikutnya2006, alokasi dana kemitraan yangdisalurkan Telkom kembali naik Rp897.500.000 kepada 28 mitra binaan."2007 Rp 1.357.500.000 dengan 36mitra binaan, 2008 Rp 3.064.500.000dengan 86 mitra binaan, 2009 Rp3.596.100.000 dengan 102 mitrabinaan, 2010 Rp 4.994.100.000dengan 116 mitra binaan, 2011 Rp6.982.100.000 dengan 164 mitrabinaan. Dan di tahun 2012

MENINJMENINJMENINJMENINJMENINJAAAAAUUUUU. . . . . Asisten Manager CD Telkom Area Riau Daratan didampingi Suhaimi, Ketua Forum Mitra Binaan Desa Koto Mesjid meninjau pembenihan larva

ikan patin yang beromset ratusan juta rupiah.

penyaluran semakin meningkat Rp9.002.100.000 dengan 202 mitrabinaan," katanya.

Penyaluran dana kemitraan inimerupakan komitmen PT Telkomuntuk membantu pemberianmodal usaha kepada masyarakatyang membutuhkannya. "Bungadana kemitraan dari Telkom cukupkecil dibandingkan denganperbankan. Hanya 0,5 persen /bulan atau 6 persen selamasetahun. Alhamdulillah, petani ikanpatin di Desa Koto Mesjid semakinsejahtera saat ini," cetusnya.

Bukan hanya segmen perikananyang dibantu Telkom. Danakemitraan lainnya yang digulirkandiperuntukan bagi industri,perdagangan, jasa, perkembunandan lainnya. "Selain itu, Telkomjuga menyediakan wadah PusatPelatihan Komputer yang dapatdimanfaatkan masyarakat. Selaindijadikan pusat informasi bisnis,masyarakat dapat mengaksessegala informasi yangdibutuhkan," kata Adlin.***OLAHAN OLAHAN OLAHAN OLAHAN OLAHAN IKAN PIKAN PIKAN PIKAN PIKAN PAAAAATIN. TIN. TIN. TIN. TIN. Olahan ikan patin berupa asapan (salai) telah menjajaki pasar ekspor lokal hingga luar negeri.

REALISASI PENYALURAN DANA KEMITRAANPT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA TbkDI DESA KOTO MESJID KAB, KAMPAR

NO S/D TAHUN JUMLAH (MB) JUMLAH (Rp)1 2003 8 MB Rp. 125,000,0002 2004 22 MB Rp. 472,500,0003 2005 25 MB Rp. 622,500,0004 2006 28 MB Rp. 897,500,0005 2007 36 MB Rp. 1,357,500,0006 2008 86 MB Rp. 3,064,500,0007 2009 102 MB Rp. 3,596,100,0008 2010 116 MB Rp. 4,994,100,0009 2011 164 MB Rp. 6,982,100,000

10 2012 202 MB Rp. 9,002,100,000

Page 14: Edisi II | 1 Februari - 15 Februari 2013

14 Edisi II01 Februari - 15 Februari 2013

CITIZEN

Petani Lokal Mitra Bisnis SejatiMahkota Group Kembangkan Pemasaran CPO

Di tengah ketatnya ekspor dan impor pemasaran crude palm oil (CPO),PT Mahkota Group ikut andil sebagai perusahaan yang bergerak dibidang industri kelapa sawit. Kendati baru berusia tiga tahun, PT Mah-kota Group memiliki cita-cita tinggi ingin menjadi Holding Company.Sementara, visinya menjadikan Mahkota Group sebagai salah satuperusahaan terbaik di dunia.

pada Mahkota Group yang harganya dise-

suaikan dari harga pasaran. Jadi, Mahkota

Grup juga memposisikan petani lokal sebagai

mitra bisnis. Karena sebagian besar bahan

baku berasal dari penduduk lokal, di manaPKS berada," ungkap Evi.

Penghargaan ISO 14001

Untuk memahami konsep keberlanjutan,

Mahkota Group mengakui mencapai ke-

makmuran ekonomi sangat penting. Na-

mun, menjaga lingkungan lebih sangat

penting. Paradigma Berkelanjutan dan

kesejahteraan pemangku kepentingan

harus bekerja bergandengan tangan, bukan

salah satu dari yang lain.Praktik pertanian berkelanjutan, pen-

gelolaan perkebunan yang bertanggung

jawab, limbah produksi dan pelestarian

energi merupakan aspek inti dalam prak-

tik-praktik berkelanjutan.

"Hasilnya, Mahkota Group memperoleh

sertifikasi ISO 14001 dan ISO 9001. Untuk

mempertahankan 'ISO', Mahkota Group

melakukan audit rutin dan pengawasan. Se-

lain itu, perusahaan juga mengadopsi kebi-

jakan manajemen zero waste yang memberi-

kan kontribusi signifikan dalam melestarikanlingkungan. Setiap limbah diperlakukan un-

tuk selanjutnya digunakan untuk tujuan

penggilingan atau perkebunan.

Hal ini tidak terlepas menyelamatkan

alam kita dari eksploitasi dan untuk mem-

bantu lingkungan juga seperti desa-desa

didekatnya. Perusahaan juga melakukan

penelitian khusus untuk mengubah limbah

menjadi sumber energi," ujarnya.

Pada dasarnya, lanjut Evi, ide itu untuk

mengkonversi energi dalam limbah menjadi

listrik. Kemudian cairan limbah akan diprosesuntuk penggunaan umum aman dan substansi

beracun yang tersisa dari limbah diolah men-

jadi energi. “Listrik yang dihasilkan adalah sum-

ber berharga yang akan membantu banyak

desa di mana listrik langka. Alam serta man-

faat masyarakat melalui proyek ini," tandas Evi.

Kebijakan Mahkota Group yang paling

ramah lingkungan diikuti untuk kedua pen-anaman kembali dan tujuan pembukaan

lahan. Meskipun membakar lahan untuk

penanaman kembali tampaknya cukup

efisien dan cara yang ekonomis untuk mem-

bersihkan lahan untuk perkebunan, namun

polusi meningkatkan gas rumah kaca (GHG)

emisi, yang berbahaya bagi ozon. Ini akan

memperburuk efek dari pemanasan global.

"Adalah pengembalian lengkap dari ba-

han organik ke dalam tanah tidak diperolehdengan membakar. Meningkatkan keseim-

bangan dan melestarikan bahan kimia

tanah dapat dicapai dengan zero-burning,

kebijakan sebagai bagian dari cara untuk

mencapai keberlanjutan," tutupnya. (***)

F okus Mahkota Group saat ini adalah

wilayah Sumatera. Hanya saja, tidak

tertutup kemungkinan Mahkota Group

bakal ekspansi ke daerah lain di luar pulau

Sumatera. Kepada liputanBisnis, Manager

Marketing, Elvi didampingi Jaya (Manager

Produksi) menjelaskan, prioritas perusa-

haannya adalah meningkatkan kesejahte-

raan petani lokal, menciptakan sumber daya

manusia yang kompeten, handal dalam

bidang teknologi dan sistem informasi de-

ngan struktur keuangan yang kuat. Intinya,

keberadaan Mahkota Group di wilayah

Sumatera tidak hanya menguntungkan pi-hak perusahaan, tapi juga seluruh

masyarakat sekitarnya.

"Yang kita mau adalah perusahaan sehat,

petani dan warga sejahtera," ujar Evi.

Evi merincikan, Mahkota Group berdiri di

beberapa wilayah seluas 15 ribu hektar

areal lahan, dengan 7 pabrik kelapa sawit

(PKS). "Dua PKS di Sumut, tiga di Riau dan

dua di Sumatera Selatan," terangnya.

Segmen penyaluran produksi pengolah-

an CPO yang dihasilkan Mahkota Group di

antaranya ke Musi Mas Group, WilmarGroup, Asian Agri Group, Pacific Group, Si-

nar Mas Group dan sejumlah perusahaan

lain di Indonesia.

Ketika ditanya pencapaian produksi Tan-

dan Buah Segar (TBS) kelapa sawit yang di-

olah menjadi CPO, Evi menguraikan produksi

Mahkota Group perjam 45 - 90 ton CPO.

Dengan 360 ribu ton pertahun untuk mas-

ing-masing pabrik kelapa sawit. "Sehingga

CPO dihasilkan mencapai 70-90 ribu ton per-

tahun. Sedangkan pasokan bahan baku TBS

kelapa sawit berkisar 25 persen dari kebunsendiri, sementara yang terbesar dari 75 per-

sen berasal dari penjualan masyarakat ke-

Dalam sistem pengolahan sawit, PT Mah-

kota Group menggunakan benih yang

berkualitas dalam proses budidaya sawit.

Pupuk superior dan aplikasi yang konsisten

adalah prioritas utama. Proses panen tan-

aman dilakukan secara tepat waktu

mengikuti SOP/Pemanenan standar.

"Dalam rangka untuk mengekstrak min-

yak maksimum dan mendapatkan tingkat

FFA terbaik, panen pada saat yang tepat

sangat penting. Untuk melakukannya, kita

menggunakan keahlian agribisnis kamipada semua tahap termasuk proses penan-

aman, pemanenan dan peraturan. Diduku-

ng oleh sistem transportasi yang baik, buah

dipanen segera dipasok ke pabrik Kelapa

Sawit terletak di dekat lokasi," jelas Evi.

Soal mengenai masalah limbah, Mahko-

ta Group secara tegas mendukung pengo-

lahan sisa produksi secara baik. Sehingga

limbah tersebut bisa digunakan kembali

oleh masyarakat dan pabrik kepala sawit.

"Dalam rangka untuk melestarikan lingku-

ngan, kami gunakan semua limbah yang di-hasilkan dalam proses penggilingan. Abu boil-

er, solid, limbah, cangkang sawit, serat dan

tandan kosong adalah limbah yang dihasilkan

dari proses. Limbah ini digunakan dalam lang-

kah-langkah yang berbeda dari pengolahan

limbah. Misalnya, serat dan cangkang sawit

digunakan sebagai bahan bakar untuk boiler

menghasilkan abu boiler, yang kemudian di-

gunakan dalam tujuan fertilisasi.

Dengan pengawasan dari keahlian kami,

kami mengolah limbah lain seperti tandan

kosong dan limbah cair melalui metodezero waste yang menghasilkan pupuk ko-

mpos," beber Evi.

Untuk pengadaan mesin pengolah limbah

ini, Mahkota Group sengaja mendatangkan

dan membeli mesin berteknologi canggih

dari Jerman. Nilai investasi mesin pengola-

han limbah pihak perusahaan harus

merogoh kocek Rp3,5 miliar.

"Sekarang mesin tersebut sudah berop-

erasi di Sumatera Selatan. Prosesnya cuk-

up ketat dalam pengawasan selama 45

hari setelah diolah. Seperti tandan sawit

cincang dan siram dengan limbah cair, set-

elah itu baru dibagi kemasyarakat dan se-bagian juga dipakai kembali oleh PKS,"

kata manager marketing Mahkota Group

tersebut. (***)

Benih Berkualitas & Pemanfaatan Limbah

Kualifikasi yang Diterima DaftarSertifikasi Mahkota Group1. PT. Mutiara Unggul Lestari

ISO 9001 (Sistem Manajemen Mutu)

ISO 14000 (Sistem Manajemen Lingkungan)

Proper Biru Tingkat Nasional

Zero Accident award tahun 2006 dan

2008

2. PT. Intan Sejati Andalan

ISO 9001 (Sistem Manajemen Mutu)

ISO 14000 (Sistem Manajemen Lingkungan)

3. PT. Bumi Sawindo Permai

ISO 9001 (Sistem Manajemen Mutu)

ISO 14000 (Sistem Manajemen Lingkungan)

PT. Bumi Sawindo Permai dan PT. Mah-

kota Andalan Sawit adalah 2 Perusahaan

Mahkota Group yang sudah menerapkan

sistem zero waste dimana limbah cair

dan limbah padat diolah menjadi pupuk

kompos

By| Ridho

Page 15: Edisi II | 1 Februari - 15 Februari 2013

15Edisi II01 Februari - 15 Februari 2013

CITIZEN

Singapore mulai menjajaki peluang dan kerjasama diSumatera Utara terutama di bidang pariwisata yangmemiliki potensi strategis di Asia untuk dikembangkansecara baik. Oleh sebab itu, pihak Singapore memutus-kan untuk berkunjung ke PT Mahkota Group di JalanPamatang Pasir No 7 Medan untuk mencari potensi in-formasi industri, komoditi, perhotelan dan pariwisatayang ada saat ini.

Singapore Jajaki Peluang BisnisMahkota Group

gapore sebagai data peluang mana

yang bisa memiliki potensi. Untuk

saat ini pihaknya lebih kepada riset

campany perusahaan ya… tidak

meutup peluang jika ada prospekbisnis kedepannya di PT Mahkota

Group,” papar Jesse.

Dia menerangkan, Sumut memi-

liki potensi yang sangat dominan

di komoditi seperti sawit dan di

sektor pariwisata memiliki poten-

si apalagi saat ini Bandara Kualan-

amu hampir rampung di mana

akan banyak yang datang berkun-

jung ke Sumut melalui bandara

tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Dep-uty MD PT Mahkota Group, Nagi-

an Toni mengatakan, pihak mere-

ka mengetahui profile perusahaan

dari website:http://

mahkotagroup.com dan melaku-

kan kunjungan langsung ke peru-

sahan dalam rangka mencari infor-

masi perkembangan bisnis yang di

Sumut terutama di Kota Medan.

Pihaknya, sempat berdiskusi mem-

bahas beberapa peluang yang ada.“Kita saat ini mengelola perke-

bunan sawit, industri, properti,

pendidikan dan perhotelan serta

media massa saat ini. Jadi, kita se-

rahkan kepada pihak mereka di

bidang mana yang memiliki poten-

si kedepannya. Jika, berhubungan

dengan komoditi kita dapat berk-

erja sama dalam bidang perke-

bunan sawit dan jika bergerak di

bidang pariwisata sektor perhote-

lan memiliki peluang besar nantin-ya. Artinya, kita membuka peluang

sebesar-besarnya kepada setiap

negara untuk memajukan potensi

yang ada di Sumut,” ungkap Nagi-

an Toni.

Dia mengungkapkan, kunjungan

ini semoga mendapat apresiasi

kepada pihak Singapore di mana

saat mereka kembali ke negara

dengan membawa informasi yang

ada pihak Singapore dapat menja-

lin kerja sama yang baik. Dan, pi-hak PT Mahkota Group siap mem-

bantu dan memfasilitasinya se-

bagai mitra.

“Ya, kalau beberbicara lebih ke

sektor pariwisata kita bisa

mengembangan potensi perhote-

lan karena kawasan pariwisata

membutuhkan hotel untuk pengi-napan bagi para wisatawan,” pa-

par Nagian Toni.

Dia menambahkan, Mahkota

Group memiliki sejumlah perke-

bunan yang terletak terutama di

Sumatera Selatan dan Riau,

menyebar di lokasi yang berbeda

dari kedua provinsi. Kami meng-

gunakan benih yang berkualitas

dalam proses budidaya sawit. Pu-

puk superior dan aplikasi yang

konsisten adalah prioritas utamakami juga. Proses panen tanaman

dilakukan secara tepat waktu

mengikuti SOP kami / Pemanenan

standar. Dalam rangka untuk

mengekstrak minyak maksimum

dan mendapatkan tingkat FFA ter-

baik, panen pada saat yang tepat

sangat penting.

“Untuk melakukannya, kita

menggunakan keahlian agribisnis

kami pada semua tahap terma-

suk proses penanaman, pe-manenan dan peraturan. Diduku-

ng oleh sistem transportasi yang

baik, buah dipanen segera dipa-

sok ke pabrik Kelapa Sawit kami

terletak di dekatnya,” jelas Nagi-

an Toni.

Dia menambahkan, Mahkota

Group telah mencapai kualifikasi

dan beberapa penghargaan dari

anak perusahaan diantaranya, ser-

tifikat ISO 9001 dan 14001 untuk

PT. Bumi Sawindo Permai, ZeroAccident Award untuk PT. Intan

Sejati Andalan dan PT Mutiara

Unggul Lestari. (***)

TERIMA KUNJUNGTERIMA KUNJUNGTERIMA KUNJUNGTERIMA KUNJUNGTERIMA KUNJUNGAN.AN.AN.AN.AN.

Kunjungan Centre Director

For Jakarta yang mewakili

IE Singapore, Jesse Satria

Oeni diterima oleh Deputy

MD PT Mahkota Group,

Nagian Toni.

mewakili IE Singapore, Jesse Satria

Oeni kepada LiputanBisnis, 23 Jan-

uari 2013. Jesse menjelaskan, kun-jungan ini untuk pertama kali ke

PT Mahkota Group dalam menje-

jaki peluang-peluang apa saja yang

dapat dijadikan kerjasama nantin-

ya. Di mana PT Mahkota merupa-

D emikian dikatakan Centre Di-

rector For Jakarta yang

By: Darwinsyah Purbakan perusahan yang bergerak di

berbagai bidang seperti perke-

bunan sawit, industri, properti,

pendidikan dan perhotelan. Jadi,

pihaknya hanya masih mencari

berbagai informasi prospek kede-

pannya.

“Kunjungan ini masih dalam

bentuk mempelajari potensi yang

ada di Sumut saat ini. kita akan

mendata dalam bentuk laporan ke

Kementerian Perindustrian Sin-

Page 16: Edisi II | 1 Februari - 15 Februari 2013

16 Edisi II01 Februari - 15 Februari 2013

FENGSHUI

Ahli fengshui Xiangyi telah memprediksi kebang-

kitan ekonomi Indonesia pada tahun naga 2013 se-

jak delapantahun lalu. Kunci kebangkitan itu pada

tahun ular. Ia menuturkan pada 2004 atau 2005 lalu

banyak yang bertanya kapan Indonesia bangkit lagi.

Ia telah memperkirakan sekitar 2013.

"Kenyataannya sudah bisa dilihat dari tingkat in-

vestasi yang mulai naik pada akhir tahun ini,” kata

ahli fengshui Xiangyi, di Jakarta.

Xiangyi menjelaskan ekonomi Indonesia pada

1998 "ngos-ngosan". Kalau bertemu dengan sang

naga akan membaik. "Tahun ini berarti kekuatan

untuk naik,” kata Xiangyi.

Berdasarkan pengamatannya Xiangyi melihat

ekonomi di Tanah Air akan tetap bagus di tahun naga

air. “Investasi masih akan tetap di Indonesia, tapi

yang paling penting penguasa harus bisa menyiap-

kan prasarana dengan baik, seperti infrastruktur,”

katanya.

Kondisi ekonomi yang bagus bisa menjadi lah-

an bagus untuk mengembangkan usaha. Di Indo-

nesia bisnis properti bakal makin baik, saham akan

bergejolak, dan ada peluang menjadi orang kaya

baru.

Sementara menurut pakar fengshui Kang Hong

Kian mengatakan pada tahun Ular pada 2013 unsur

air kuat, tapi unsur api tumbuhnya juga kuat. Sama-

sama kuat saling tarik menarik. Inilah kata kunci pada

tahun 2013. Tapi perlambang ular lebih mengiden-

tikkan diri sebagai “sang pembaharu.” Berikut

wawancara dengan Kang Hong Kian.

Apa yang dimaksud dengan lambang “pembaha-

ru”?

Apa yang dilakukan tidak semuanya positif,

bisa juga negatif. Hal yang bersifat permanen

dan tak mudah berubah, pada umumnya sep-

utar kekurang pedulian dirinya terhadap ber-

bagai gagasan, pandangan, ataupun berbagai

hal lain yang dikemukakan pihak manapun.

Terlebih lagi yang bukan diajukan kelompokn-

ya. Sebaliknya, kobaran semangat yang sukar

terpadamkan, patut mendapat acungan jem-

pol.

Apa pengaruhnya Tahun Ular Air terhadap kehidu-

pan sehari-hari terhadap lingkungan?

Kuatnya unsur air dan api, bencana alam bisa ter-

jadi karena bahaya longsor, banjir dan gunung

berapi. Airnya yang kuat tapi tanah lemah, itu

sebabnya akan terjadi longsor. Begitu juga dengan

api terlalu aktif, menyebabkan gunung berapi juga

aktif.

Bagaimana dengan perekonomian Indonesia pada

tahun Ular Air 2013? Perekonomian terbilang san-

gat bagus, karena tahun ular sangat menunjang In-

donesia. Begitu juga dengan China mengalami po-

tensi yang sama. Artinya kerjasama kedua negara

akan ada peningkatan yang signifikan dan hubunga-

nnya semakin ‘mesra’.

Bagaimana hubungan Indonesia dengan negara

lain?

Hubungan bilateral Indonesia dengan negara lain

seperti Australia relatif baik. Tapi dengan Amerika

Serikat, bisa disebutkan kurang bagus, karena nega-

ra adikuasa itu sendiri pada tahun 2013 akan men-

galami kesulitan. (***)

1 Februari Cakap, berani, lembut, suka akan musik dan kesenian serta teknik. Ia

bisa berhasil dalam menempuh perjalanan hidupnya. ..

2 Februari Gembira, ingin bebas, optimis dan murah hati. Ia bisa berhasil dalam

bidang asmara dan kalau melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan teknik

dapat mendatangkan hasil yang lumayan. ..

3 Februari Giat, gagah berani, murah hati, optimis, pandai, ramah-tamah dan

dapat dipercaya serta suka mempelajari segala sesuatu dan bisa memperoleh

kedudukan baik dalam penghidupannya. ..

4 Februari Pandai, berani maju karena kemauannya keras dan pikirannya asli ser-

ta bisa sukses kalau bekerja di kalangan ketentaraan atau karang-mengarang. ..

5 Februari Gagah, gesit, bertanggung jawab, segala sepak terjang mereka tegas,

menawan hati orang dan suka akan keindahan, kesusasteraan dan musik. Mereka

bisa amat mujur dalam penghidupannya. ..

6 Februari Suka mengubah keadaan yang sudah lapuk. Adakalanya ia suka bert-

ingkah aneh tetapi mereka tidak gila. Ia bisa mendapatkan penemuan yang asli,

bukan jiplakan. ..

7 Februari Pandai, memiliki banyak akal tetapi nasibnya tidak menentu sebab

peruntungannya naik turun seperti ombak laut dan memiliki kecakapan yang

cukup mendalam dibidang ilmu pengetahuan. Dalam urusan asmara atau per-

sahabatan ia bisa mengalami kekecewaan. ..

8 Februari Memiliki rejeki besar dan cerdas. Ia bisa berhasil dalam bidang kewar-

tawanan atau karang-mengarang tetapi dalam urusan niaga atau perdagangan

umumnya kurang mujur. ..

9 Februari Cerdik, panjang akal, pemikiran yang luas dan rajin belajar serta me-

nonjol dalam hal kebatinan tetapi dalam peruntungan yang bersifat material

umumnya kurang beruntung. Mereka cocok menjadi seorang pendeta atau ahli

kebatinan yang jujur. ..

10 Februari Cerdik tetapi agak keras kepala dan adakalanya sepak terjangnya sedi-

kit aneh. Ia bisa mengalami kegagalan dalam urusan asmara dan merasa kecewa

dalam urusan persahabatan. ..

11 Februari Sering terlibat dalam urusan pengadilan tetapi ini tidak berarti se-

bagai terdakwa melainkan bisa juga sebagai seorang pengacara atau hakim. Ter-

hadap orang tua, ia sering mengalami kerewelan atau rasa menyesal. Ia bisa

bersikap belas kasih tetapi sayangnya mereka mudah tersinggung. Namun ber-

kat kecerdikannya, ia dapat mendatangkan keuntungan. ..

12 Februari Memiliki hidup yang tidak menentu dan bisa mengalami kegagalan

dalam urusan asmara atau mungkin tertipu oleh teman-teman palsu. Meskipun

demikian, ia bisa beruntung juga. ..

13 Februari Pandai dan berani, namun kurang beruntung dalam urusan keuan-

gan. Tenaganya dapat dimanfaatkan oleh orang yang bermodal dengan ia sendiri

hidup sederhana. ..

14 Februari Memiliki cara kerja yang berlainan dari yang biasa dan wataknya sulit

dipahami orang lain serta pada umumnya mereka suka gugup, bekerja tergesa-

gesa dan sedikit brangasan. ..

15 Februari Ramah-tamah, berpikiran sehat, tidak suka melamun dan sangat

senang bila dipuja, serta suka mengejar nama dan kedudukan namun seman-

gat bekerjanya memang baik sekali. Kecakapan berbuat dan kecerdasannya bisa

membuatnya sukses dan dapat menjadi seorang penasehat yang baik. ..

Watak Anda Kelahiran Bulan Februari

Page 17: Edisi II | 1 Februari - 15 Februari 2013

17Edisi II01 Februari - 15 Februari 2013

COMMUNITY

China Town. Kegiatan tersebut

dalam rangka memeriahkan Tahun

Baru China. Demikian dikatakan

Ketua Penyelenggara Imlek Fair

2013, Edwin Winata ketika ditemui

liputanBISNIS, kemarin.

"Konsep China Town seperti di

negara-negara lain akan menjadi

daya tarik tersendiri karena kon-

sep memiliki ciri khas sendiri darikonsep-konsep lainnya. Seperti

China Town di Malaysia sungguh

luar biasa yang ditampilkan oleh

negara jiran tetangga seraya di

tengah-tengah kota China saat di

sana. Jadi, konsep China Town ini

akan menjadi icon tersendiri di

kota Medan agar para pengunjung

dapat merasakannya," papar Ed-

win.

Ketika ditanya soal hiburan dimana pihak mencoba menampil-

kan artis lokal untuk mencari tal-

enta lokal yang dapat dikembang-

kan di Medan. Oleh sebab itu, pi-

haknya akan menyelenggarakan

acara mencari bakat dalam ajang

Festival Singing Competion, Festi-

val Dance, Festival Modeling untuk

mencari bakat lokal kaum remaja

Medan.

Namun, tujuan dari penyeleng-

garaan ini disamping untuk meles-

tarikan tradisi dan adat istiadat

yang turun menurun dari para le-

luhur. Di mana Fastlink yakin den-

gan adanya kerja sama dari ber-

bagai pihak dapat membuat acara

tersebut berjalan dengan baik, lan-

car dan sukses sehingga akan ter-

cipta hubungan yang harmonis

yang berkelanjutan dikemudian

hari.

Dia berharap, melalui pameranmulitiusaha yang diselenggara-

kan pada event Imlek Fair 2013

ini mendapat pengakuan dan ci-

tra yang baik di semua kalangan

dengan visa menciptakan kerjas-

ama dalam meningkatkan aktivi-

tas iklim perdagangan di Suma-

tera Utara terutama di kota Me-

dan.

"Imlek Fair ini memadukan hibu-

ran, seni budaya dan ajang pame-

ran produk unggulan dari mul-

tiusaha dan UKM (Usaha Kecil

Menengah) yang menjadi daya

tarik bagi para pengunjung nanti-

nya," tegasnya.

Apalagi lokasi acara di Yanglim

Plaza merupakan salah satu titik

pusat keramaian di kota Medan

sehingga berpotensi dapat men-yerap pengunjung hingga ribuan.

Fasilitas parkir luas, para pengun-

jung apabila berbelanja murah

karena bukan bazar dengan meng-

gunakan uang tunai. Selain itu,

profit 100% adalah hak penyewa

artinya tidak dipungut persen dari

pihak penyelenggara. Dan, kegia-

tan ini dapat mengangkat sektor

pariwisata jika dikelola dengan

baik dan didukung oleh pemer-

intah."Yang pasti acara akan dime-

riah oleh hiburan menarik sep-

erti atraksi barongsai, aneka ko-

mpetisi, modeling, live band

performance, magican, tarian

seribu tangan dan artis-artis

papan atas kota Medan," imbu-

hnya.

Bermacam Festival

Imlek Fair merupakan eventdalam menyambut Tahun Baru

Sin Tjia, sebuah perayaan

tahunan terpenting bagi

masyarakat Tionghoa. "Di mana

acara ini secara turun menurun

dilakukan dan telah menjadi tr-

Fastlink Tawarkan Imlek FairKonsep China Town

Dalam menyambut per-ayaan Tahun Baru Imlek2013 pihak Fastlink Groupmenciptakan sebuah evenyang bertajuk 'Imlek Fair' diYanglim Plaza pada 2 - 8Februari 2013.

S alah satu konsep yang di-

gunakan adalah suasana

By| Mhd Darwinsyah Purba

adisi serta adat istiadat seperti

meliputi sembayang kepada sang

pencipta serta leluhur sebagai

wujud syukur dengan memanjat-

kan doa agar tahun ini mendapat-

kan rezeki lebih banyak, kebahagi-

an, kesehatan juga keselamatan,"

ujar Ketua Penyelenggara Imlek

Fair 2013, Can Edwin di Yanglim

Plaza.

Pada tahun 2000 yang silamdijelaskkannya, Indonesia menda-

patkan kebebasan dalam meraya-

kan tahun baru Imlek. Lalu, pada

2002 Imlek resmi dinyatakan se-

bagai salah satu hari Libur Nasio-

nal oleh Presiden Megawati dan

tahun baru Imlek saat ini sudah

menjadi bagian budaya tradisio-

nal Indonesia yang berbeda tetapi

sudah menjadi satu kesatuan yang

utuh di Indonesia saat ini.

Bahkan, katanya lagi, pengun-jung akan dimanjakan dengan ber-

bagai hiburan dan perlombaan

bergengsi dalam opening nanti

yang meliputi, Festival Singging

Competion, Festival Dance, Festi-

val Modeling, concert live band

performance, barongsai dan tari-

an seribu tangan.Bagi peserta stand pameran da-

pat adalah individu, komunitas,

UKM dan perusahaan mencakup,

pernak-pernik Imlek, aneka ma-

kanan dan minuman, kue imlek,

fashion/aksesoris, handicraft/ke-

senian, beauty produk, mainan

anak-anak, elektronik, pameran

motor dan mobil, bridal and wed-

ding shop, school/campus, bank-

ing/insurance dan lain sebagai-

nya.Sementara untuk tipe stand fa-

silitas 1 buah meja ukuran 1,2

meter x 60 cm, 1 buah dengan lis-

trik 2 ampere dengan harga Rp3,5

juta per 7 hari. (***)

Page 18: Edisi II | 1 Februari - 15 Februari 2013

18 Edisi II01 Februari - 15 Februari 2013

SOCIETY

Kali ini, melalui unit bisnisnya PT

Indo Sepadan Jaya mengalokasi-

kan bantuan untuk Mesjid Baitur-

rohman, berupa pemasangan

batako untuk halaman mesjid dan

pemasangan AC (Air Conditioner).

Munculnya bantuan tersebut

merupakan hasil diskusi tim CSR

CPC Labuhan Batu, khususnya Ke-bun Tanjung Selamat dengan

masyarakat Dusun Lestari, Desa

Kampung Padang. Pemasangan

batako dilakukan pada halaman

depan dan samping mesjid dengan

menghabiskan 12.000 batang

batako, sedangkan bantuan AC se-

banyak 4 unit telah terpasang pada

bulan Agustus 2012.

Dusun Lestari merupakan salah

satu dusun yang berada disekitar

perusahaan, dan dusun tersebutjuga merupakan lintasan transpor-

tasi PT Indo Sepadan Jaya (PT ISJ)

dan juga masyarakat lain. Sejak

berdirinya PT Indo Sepadan Jaya

hubungan perusahaan dengan

masyarakat sudah terjalin dengan

baik. Hal ini terlihat dari keakraban

antara managemen PT Indo Sepa-

dan Jaya dengan masyarakat saat

peresmian bantuan.

Peresmian pembagunan hala-

man mesjid dilakukan pada 22 Ja-nuari 2013 di halaman Masjid

Baiturrohim, Dusun Lestari, acara

peresmian tersebut dihadiri oleh

Kepala Desa dan Perangkat Desa

lainnya, Kepala Kantor Urusan

Agama (KUA) Pangkatan,

masyarakat, serta managemen PT

ISJ, seperti Group Manager, Man-

ager Kebun, Humas, KTU, serta

Staff CSR Regional Sumut.

Group Manager Kebun Tanjung

Selamat, Ir Hadi Wijaya mengata-kan, pihaknya mengucapkan teri-

makasih pada masyarakat Dusun

Lestari yang telah mendukung

pengerjaan pemasangan batako

halaman masjid sehingga selesai

dengan baik.

Kehadiran PT ISJ haruslah mem-

berikan warna yaitu manfaat

positif bagi masyarakat, dan saat

ini kami mewujudkan hal terse-

but. PT ISJ telah melakukan pro-

gram CSR untuk masyarakat seki-tar, di mana pada tahun 2012 pro-

gram yang telah dilakukan adalah

Bantuan Pemasangan AC 4 unit

dan Pemasangan Batu Batako

Mesjid Baiturrohim, Pencucian

Parit Outlet di Desa Sennah sepa-

njang 5 Km, Bantuan Rehab Ba-

ngunan dan Pembuatan MCK

Gereja di Dusun Aek Nauli, Pem-

bagian Bingkisan Lebaran dan

Natal, serta safari ramadhan ke

masjid-masjid sekitar perusa-haan.

“Program CSR Asian Agri mela-

lui unit bisnis PT ISJ tidak akan

berhenti disini saja, kita akan ter-

us menjalankan program sesuai

dengan kebutuhan masyarakat,

dan tentunya kekuatan manage-

men perusahaan. Tidak semua

kebutuhan masyarakat kita ban-

tu, tetapi kita akan mengkaji ke-

butuhan yang terpenting bagi

masyarakat. Kami berharap sila-turahmi antara perusahaan dan

masyarakat bisa sering kita lak-

sanakan, baik untuk diskusi per-

masalahan yang muncul ataupun

menjalin silaturahmi, sehingga

tercipta hubungan baik perusa-

haan dengan masyarakat dalam

suasana yang kondusif,” tambah

Hadi Wijaya.

Pada acara tersebut dilakukan

peninjauan hasil pengerjaan ban-

tuan, sholat ashar berjamaah, tau-siah Agama Islam oleh Kepala KUA

Pangkatan, serah terima bantuan

Jalinan Kerjasama Berbuah CSRAsian Agri Group melaluiunit bisnisnya selaluberkomitmen menyalur-kan program CorporateSosial Responsibility (CSR)sesuai dengan ketentuandari pemerintah.

dan juga jamuan makan bersama

yang disediakan oleh masyarakat.

Ketua Umum Pembangunan

Masjid, P Hasibuan sangat ber-

syukur kepada Allah SWT atas

terjalinnya hubungan baik antara

masyarakat dengan perusahaan,

dan juga kepedulian PT ISJ pada

masyarakat sekitar perusahaan.“Atas bantuan AC dan pemban-

gunan halaman mesjid kami ucap-

kan terima kasih, kami tidak bisa

membalas pemberian perusahaan

tersebut. Kami hanya berdo’a se-

moga perusahaan bisa menjalan-

kan operasional dengan lancar. Se-

bagai rasa syukur dan ucapan ter-

ima kasih pada PT ISJ, kami senga-

ja menyediakan jamuan makan

bersama,” ucapnya.

Selain itu, salah satu TokohMasyarakat Agus Sunarso juga men-

gatakan, pemasangan batako hala-

man mesjid oleh PT ISJ sangat besar

manfaatnya, dimana halaman mesjid

tidak becek lagi jika musim hujan, dan

pada hari raya idul fitri dan idul adha

bisa dimanfaatkan untuk sholat.

Pada acara tersebut, Kepala

Desa Kampung Padang Bapak Ali

menyampaikan, bantuan dari PT

ISJ harus kita syukuri dan kita ra-wat dengan baik, sehingga hala-

man masjid ini akan tahan lama,

dan apabila kita rawat akan terli-

hat bersih dan indah.

“Kami yakin keberadaan PT ISJ

akan membawa kemajuan di desa

kami, adanya program CSR PT ISJ

sangat kami harapkan untuk pem-

bangunan Desa Kampung Padang,

khususnya dusun-dusun yang ber-

dampingan dengan perusahaan.

Kami sebagai pemerintahan desasangat mendukung program-pro-

gram tersebut,” jelasnya. (***)

FOFOFOFOFOTTTTTO BERSAMAO BERSAMAO BERSAMAO BERSAMAO BERSAMA. . . . . Managemen PT ISJ berManagemen PT ISJ berManagemen PT ISJ berManagemen PT ISJ berManagemen PT ISJ berfffffooooottttto bero bero bero bero bersama dengansama dengansama dengansama dengansama dengan

pengurus masjid dan masypengurus masjid dan masypengurus masjid dan masypengurus masjid dan masypengurus masjid dan masyarakarakarakarakarakat.at.at.at.at.

Penandatanganan Berita

Acara Serah Terima Bantuan

By: Ucup Tambunan

Page 19: Edisi II | 1 Februari - 15 Februari 2013

19Edisi II01 Februari - 15 Februari 2013

Page 20: Edisi II | 1 Februari - 15 Februari 2013

20 Edisi II01 Februari - 15 Februari 2013

Page 21: Edisi II | 1 Februari - 15 Februari 2013

21Edisi II01 Februari - 15 Februari 2013

SHOWBIZ

liputanBISNIS (Jakarta) - Baru-baru ini, Syahrini menekuni bisnis baru

dengan merilis bulu mata palsu. Bulu mata palsu itu diberi nama unik.

Syahrini berharap bisnis barunya itu akan mendunia. Ia pun berharap,

suatu saat bulu mata palsunya itu akan dipakai selebriti dunia.

"Itu kami produksi untuk bisa dipakai para selebriti dunia. Nantinya,

ini akan diekspor dan Madonna, Beyonce, Rihanna, harus pakai bulu

mata ini," ujar Syahrini.

Bulu mata palsu dengan merek "Princess Syahrini Lashes by D'Eyeko"

diciptakan sendiri oleh Syahrini, yang bekerja sama dengan perusahaan

kecantikan D'Eyeko.Ia mengaku, dirinya benar-benar turun langsung mengatur bisnis baru-

nya tersebut. Dan ia sangat bangga dan menikmati bisnis yang sedang

digelutinya tersebut.

"Semua yang namain aku, aku yang desain juga. Jadi, industri kary-

aku yang riil ada di sini. Aku produk- si, aku pun memakainya,"

ujarnya.

"Sebenarnya, demand-

nya sudah memuncak

dari tahun 2012. Tapi,

karena aku sibuk,

waktunya belum te-

pat aja, konsumenpemakainya juga

semakin bany-

ak," tuturnya.

(int/ridho)

Bisnis Bulu MataBisnis Bulu MataBisnis Bulu MataBisnis Bulu MataBisnis Bulu Mata

Mau Jumpa Lee Min Hoo

Minoz Rogoh Kocek

Rp600 Ribu- Rp2,25 JutaliputanBISNIS (Jakar-

ta) - Aktor tampan

asal Korea Selatan,

Lee Min Ho dipasti-

kan akan datang ke

Jakarta menyapa

para Minoz (sebu-

tan penggemar Min

Ho) dalam acara

jumpa fans yang

bertajuk 'Lee Min

Ho Global FanMeeting'.

Acara itu akan

digelar 23 Maret

2013 mendatang di Plenary Hall

Jakarta Convention Centre (JCC).

Menurut rilis yang diterima, pi-

hak promotor, Munial Sport Grup

juga telah mengumumkan harga

tiket untuk jumpa fans tersebut.

Tiket tersedia dalam empat

kelas. Dimulai dari kelas Bronze Rp

600 ribu, Silver Rp 850 ribu, Gold

Rp 1,25 juta, dan yang paling ma-

hal Rp 2,25 juta.

Para Minoz bisa mendapatkantiket pre-sale yang akan dimulai

penjualannya 26 Januari menda-

tang pukul 10.00 WIB. Promotor

menyiapkan 1000 tiket pertama

untuk kategori Gold, Silver, dan

Bronze dengan potongan harga

sebesar 10 persen.

Menurut direktur MSG, Mulya-

wan Munial, jumpa fans ini akan

menjadi event yang ditunggu-tung-

gu. Lee Min Ho akan menyapa para

penggemarnya, mereka pun bisa

lebih intim berinteraksi dengan pe-

main Boys Over Flowers itu.

"Ini event yang ditunggu-tung-gu. Kami akan hadirkan LMH (se-

butan untuk Lee Min Ho) ke Jakar-

ta, 23 Maret mendatang di Plena-

ry Hall, JCC. Belum pernah ada fans

meeting di Plenary Hall," ujar

Mulyawan.

Di acara fans meeting ini, Min Ho

juga akan bernyanyi 2-3 lagu. "Ada

game juga, berinteraksi Lee Min

Ho dengan fansnya, tanya jawab

juga ada. Kami berusaha buat sedi-

kit beda," ujarnya.

Tiket dijual secara online di

www.kiostix.com (021-53163240)

serta outlet Indomaret di seluruhIndonesia dan di beberapa outlet

Kiostix yang tersebar di mal-mal di

Jakarta. (int/ridho)

Sepatu Ariel Cuma Rp1 JutaliputanBISNIS (Jakarta) -Obrolan ringan tak sekadar

ngalor ngidul. Namun ditanggapi serius oleh vokalisband NOAH ini. Dialah Ariel 'NOAH' yang menapaki

jejak bisnis sepatu dengan harga cuma Rp 1 juta. Kata

pria 31 ini, ketertarikannya menggeluti bisnis sepatu

bukan semata-mata mencari sampingan, tapi lebih

mengembangkan usaha dengan modal keseriusan.

Apalagi, katanya, banyak kalangan artis mengem-

bangkan sayap membuka usaha yang dinilai mum-

puni.

"Cuma ngobrol ringan saja, kok malah aku tertarik

buka toko sepatu. Awalnya ngobrol ringan dengan

Aji Handoko beberapa tahun lalu. Dan hasilnya,sekarang usaha ini telah ku buka di Jalan Dago 94,

Bandung," sebut pemilik nama Nazriel Ilham ini

kepada wartawan.

Label merek sepatu Ariel pun tak jauh dari naman-

ya yaitu ARL By Hardware.

"Jadi mulai dari desain, modal dan bahan sepatu

telah kami sepakat. Ditambah lagi aku kan pecinta

dan pengoleksi sepatu," imbuhnya.

Diceritakan putra daerah Pangkalan Brandan, Sumut

ini lagi, butuh waktu lebih dari dua tahun untuk me-

nentukan nama, desain, logo hingga hak cipta. Sebe-

lum dilempar ke pasaran, pria kelahiran 16 Septem-ber 1981 ini mencoba mengenakan sepatu buatannya.

"Sebenarnya sudah saya pakai waktu tour lima nega-

ra, coba tes kenyamanan. Lumayan lama saya pakai ya.

Kalau sampai Jakarta enggak bisa jalan, berarti enggak

lulus tes sepatunya," tuturnya yang disambut dengan

tawa mereka yang hadir.

Saat ini ARL by Hardware hanya memproduksi

sepatu kasual untuk pria. Dengan kisaran harga

Rp 300 ribu hingga Rp 800 ribu.

Sebagai service kepada konsumen, lima puluh

pembeli pertama mendapat tanda tangan langsungdari Ariel. Bahkan, beberapa dari mereka meman-

faatkan kesempatan tersebut untuk berfoto bareng

Ariel. (int/ridho)

Koleksi 13 Mobil MewahliputanBISNIS (madrid) - Megabintang Real

Madrid, Cristiano Ronaldo ternyata sangat

gemar mengoleksi mobil mewah. Gaji selan-

git yang diterimanya di Los Blancos men-

dukungnya untuk membeli berbagai mobil

mewah itu.

CR7 menambah koleksi mobil mewahnya.

Seperti dilansir Marca, Ronaldo membeli

mobil mewah McLaren MP4-12C Spyder. Ke-

hadiran mobil senilai Rp2,5 miliar itu me-

nambah koleksi mobil mewah di garasi ru-

mah Ronaldo.Tentunya, bukan itu saja mobil yang di-

miliki oleh pemain 27 tahun itu. Sedikitnya

ada 13 mobil supermewah yang dikoleksi

Ronaldo.

Sebut saja Bentley Continental GT, Mer-

cedes-Benz C-Class Sports Coupé, Porsche 911

Carrera 2S Cabriolet, Maserati GranCa, Porsche

Cayenne Turbo, Audi R8, Ferrari 599 GTB Fio-

rano, Mercedes-Benz C220 CDI, Audi RS6,

Audi Q7, Bugatti Veyron, Aston

Martin DB9, dan BMW M6.

(int/ridho)

Page 22: Edisi II | 1 Februari - 15 Februari 2013

22 Edisi II01 Februari - 15 Februari 2013

KIAT SUKSES

ta. Apalagi harga yang ditawarkan

tak bakal menguras kocek penik-mat martabak. Variasi harga dari

Rp5 ribuan -Rp9 ribuan per porsi.

"Kami sekarang sudah memiliki

25 outlet, sejak setahun delapan

bulan lalu merintis pasar," jelas

Manager Martabak Mak Yung, Jo-

hansyah saat ditemui tim redaksi

liputanBISNIS, di salah satu outlet-

nya, Foodcourt Amaliun samping

Yuki Simpang Raya, kemarin.

Kepada liputanBISNIS, Johanmenjelaskan citarasa Indonesia

benar-benar dipertahankan Mar-

tabak Mak Yung. Sebab, beda

negara beda pula lidah penikmat-

nya. Meski demikian racikan bum-

bu tetap menyatukan iklim Mesir,

India dan yang paling umum aro-

ma bumbu Indonesia. Pasalnya,

martabak ini sendiri berasal dari

negeri Seribu Pyramid perpaduan

India.

"Citarasa kami memang beda,bisa dibandingkan apabila pengge-

mar kuliner makan martabak di

tempat lain, dengan yang kita pu-

nya. Selain kulit martabaknya yang

tipis dan kriuk, tidak membuat

enek di lidah. Pastinya kuah mar-

tabak mesir ataupun martabak te-

lur biasa, dirasa memiliki rasa

tersendiri. Dan yang paling pen-

ting adalah 1000 persen halal," ter-

ang Johan yang dipercaya untuk

m e n g e l o l asekaligus men-

gontrol belasan

outlet franchise

tersebar di

seantero Medan

dan luar Suma-

tera Utara ini.

Bermula 2Outlet

Dimulai dari 2outlet pertama

yaitu bertempat di Simpang Bha-

yangkara dan Unimed mampu

menggugah konsumen martabak

akhirnya dengan mengembangkan

dan menciptakan varian martabak

dengan tema makanan tren tercip-

talah produk baru beraneka Mar-

tabak Seafood. Antara lain, Mar-

tabak Ikan Tuna, Martabak Jamur

yang merupakan varian dari Mar-tabak Mesir, kemudian Martabak

telur dengan cita rasa khas Mak

Yung, Aneka roti canai, canai ori-

ginal, cane coklat, cane keju dan

cane fruit (durian/ banana) yang

merupakan makanan yang sudah

sangat dikenal hingga akhirnya

mengundang para calon mitra un-

tuk bergabung di Martabak Mak

Yung. Maka Cabang Krakatau pun

dibuka kemudian menyusul Ama-

liun Food Court, Asia Mega Mas,cabang Tuasan, Cabang Katamso,

Cabang Simpang Asrama Haji, Ca-

bang Pringadi, Cabang Pasar 7,

Cabang Pasar 10 tembung, Cabang

Jalan Padang, Cabang Candi Foot

Court (hotel Candi), hingga akhir-

nya cabang Banda Aceh pun di

buka di akhir 2012, dan dengan

menyandang visi baru sebagai

martabaknya dunia kedepan mas-

ter plan martabak mak yung ad-

alah merambah nusantara dan

dunia dengan sistem yang sudah

berangsur matang. Bahkan untuk

Kunci Sukses Martabak Mak Yung

Beragam kuliner dapatditemukan di Kota Medan,termasuk sajian martabak.Mulai dari inti kota hinggasudut Kota Medan, ma-kanan khas India ini gam-pang diperoleh. Hanyasaja, beda outlet bedapula nama, harga danrasanya. Dan, di antarakeberagaman martabakmesir di Ibukota SumateraUtara ini, cuma satu yangkerap melekat di lidahpenikmatnya yaitu Mar-tabak Mak Yung.

By| Ridho

Kekhasan Bumbu Tetap Dijagamenyeragamkan rasa di setiap out-

let Martabak Mak Yung, tentunya

koki (juru masak) harus dilatih se-

cara intensif.

"Kita latih/trainer koki baru se-

lama tujuh hari,

agar citarasanya

tetap sama. Kare-

na kualitas inilah

Martabak Yungtetap digemari

pecinta kuliner.

M e n g e n a i

masalah harga

martabak, kita

sesuaikan den-

gan lokasi/lapak

berjualan. Kalau

di emperan toko

dan tepi jalan, tentunya harga leb-

ih murah karena tidak dibebani pa-

jak. Sedangkan yang memakai ge-dung, tentunya harga sedikit

berubah. Tapi tetap saja bisa ter-

jangkau masyarakat, karena Mar-

tabak Mak Yung ini kita hadirkan

demi memenuhi selera pelang-

gan," jelas Johan.

Selain membuka outlet, mar-

tabak Mak Yung juga melayani per-

mintaan catering pesta, meeting

kantor, pengajian ibu-ibu dan lain-

lain. Untuk pemesan pun Johan tak

segan-segan memberikan nomor

costumer ke 085761015677. "Jum-

lah terjual dalam semalam di out-

let Martabak Mak Yung Foodcourt

Amaliun bisa mencapai sebanyak

120 porsi masakan, dengan rata-

rata pendapatan Rp400 ribu-Rp700 ribu permalam," sebutnya.

Prospek 2013

Join dan Kemitraan yang di-

tawarkan franchise Martabak Mak

Yung ini, sebenarnya tergolong

hemat namun bisa menghasilkan

untung dalam waktu yang singkat.

Asalkan pengelolaan keuangan

dan bahan baku, serta lokasi pen-

jualan menu sesuai pangsa pasar."Untuk sistem boothing (geroba-

kan) kita tawarkan Rp20 juta. Se-

dangkan untuk yang bertipe resto-

ran, berkisar Rp200 juta- Rp400

Juta. Hal ini termasuk alat-alat res-

to, gerobakan dan koki namun di

luar bangunan atau sewa gedung,"

beber Johan.

Dari belasan outlet yang sudah

bergabung adalah Cabang sentosa

baru, Cabang Pasar 7 tembung

(depan ACC Mart), Cabang Amali-un Food Court, Cabang Tuasan,

Cabang Bhayangkara (perempatan

metrologi dan pancing), Cabang

Asia Mega Mas, Cabang Milenium,

Cabang Simpang Beo Arah Bandar

Khalifah, Cabang Pasar 10 Tem-

bung, Cabang Jalan Padang se-

belah Maju Bersama market, Ca-

bang Katamso, Cabang Deli Tua

(Indomaret Deli Tua).

telinga warga Medan. Kekhasan

rasa dan racikan bumbu rahasia

hingga kini tetap dipertahankanMartabak Mak Yung sejak tahun

1986. Perlahan tapi pasti, Mar-

tabak Mak Yung terus melakukan

inovasi serta pengembangan usa-

ha. Alhasil, sejak berdiri hingga

sekarang Martabak Mak Yung te-

lah mempunyai 25 outlet yang

tersebar di Medan, Aceh, Riau,

Jakarta, Bandung hingga Yogyakar-

M emang, Martabak Mak

Yung tak asing lagi di

Page 23: Edisi II | 1 Februari - 15 Februari 2013

23Edisi II01 Februari - 15 Februari 2013

Page 24: Edisi II | 1 Februari - 15 Februari 2013